• 10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Snack kucing merupakan makanan ringan yang dikonsumsi di sela makanan utama. Seperti halnya makanan utama, snack juga mengandung nutrisi penunjang kesehatan untuk kitten dan kucing dewasa. Di samping itu, pemberian snack kucing yang bagus bisa menjadi selingan agar anabul tidak bosan dengan makanan utamanya.


Kali ini kami akan memberi tips memilih snack kucing terbaik untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari berbagai merek. Snack kering Friskies dan Me-O Creamy Treats pastinya ada. Artikel ini merupakan hasil kolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Simak sampai habis, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drh. Bella Fortuna
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 03 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Bella Fortuna

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Bella Fortuna

drh. Bella adalah seorang dokter hewan muda yang telah selesai menempuh profesi dokter hewan di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Ia merupakan founder dokterhewanku.com, situs untuk konsultasi online hewan kesayangan.

drh. Bella berpengalaman dalam telemedicine selama 1 tahun lebih dengan ratusan client setiap bulannya. Ia juga menerima konsultasi online melalui aplikasi khusus tentang hewan peliharaan. Selain itu, ia juga seorang dokter praktisi di klinik hewan kecil di Kota Ngawi, Jawa Timur.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih snack kucing

Ragam snack kucing yang tersedia saat ini memberikan manfaat yang berbeda-beda. Mari kenali berbagai varian produknya bersama kami.

Temukan tekstur snack favorit kucing Anda

Camilan kucing punya empat jenis tekstur yang berbeda. Manakah yang paling disukai kucing Anda? Berikut kami jelaskan karakteristiknya masing-masing untuk Anda.

Pasta, kudapan yang mudah dicerna

Pasta, kudapan yang mudah dicerna

Snack kucing dengan tekstur pasta memiliki kandungan air yang tinggi. Teksturnya lembut dan ideal untuk kucing yang tidak bisa atau kurang suka dengan makanan bertekstur keras. Kandungan air pada komposisinya juga baik bagi kucing yang kurang minum atau menyukai makanan kering saja.


Produknya pun cocok dikonsumsi oleh kucing yang sudah berumur atau kucing yang beranjak dewasa. Pasta adalah salah satu snack kucing yang populer dan memiliki banyak varian rasa. Snack ini tetap bisa Anda berikan secara langsung pada kucing tanpa alas makan. Dengan cara itu, kucing Anda akan menikmatinya secara perlahan.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Snack kucing diberikan dengan tujuan sebagai makanan selingan agar kucing tidak bosan. Snack kucing juga bisa menambah nafsu makan. Kucing yang kehilangan nafsu makan karena sakit bisa diberikan snack dalam tekstur pasta. Snack ini lebih mudah dicerna tanpa perlu dikunyah dan hanya tinggal ditelan.

Kering, dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian kucing

Kering, dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian kucing

Camilan kucing ini punya tekstur yang padat dan kering. Umumnya camilan kering dikemas dalam wadah kecil yang praktis dibawa ke mana saja. Kemasannya yang kecil akan membantu Anda untuk menyesuaikan porsi makan yang dibutuhkan kucing Anda.


Snack kering ini biasa digunakan untuk memancing perhatian atau untuk melatih kedisiplinan kucing Anda. Misalnya, Anda dapat memberikan snack kering ini sebagai reward ketika kucing Anda berhasil saat toilet training.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Beragam jenis snack telah umum disajikan, mulai dari varian rasa hingga teksturnya. Snack bertekstur kering mirip dengan dry food. Namun, biasanya snack dengan tekstur kering diberikan hanya untuk selingan dan memenuhi kebutuhan.


Snack ini bisa diberikan untuk kucing yang bosan dengan makanannya. Snack kering bisa mengurangi risiko penyakit pada gigi kucing, seperti periodontitis karena plak gigi. Snack dengan tekstur kering mewajibkan kucing untuk mengunyah. Dengan demikian, dari pergerakan kunyahan ini akan keluar saliva yang berfungsi membunuh bakteri atau patogen di dalam mulut.

Lembek, alternatif bagi kucing yang pemilih

Lembek, alternatif bagi kucing yang pemilih

Tekstur camilan kucing ini merupakan alternatif bagi kucing yang cenderung pemilih dalam hal makanan. Snack ini cocok sekali dikonsumsi kucing yang tidak bisa makan makanan yang keras.


Teksturnya lembek dan cara makannya memang lebih sulit daripada snack pasta. Namun, camilan dengan bentuk seperti ini biasanya lebih disukai dari segi bentuk, rasa, dan komposisi.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Kelebihan dari snack lembek yaitu memudahkan kucing untuk mengunyah. Snack ini cocok untuk kucing dewasa hingga geriatric karena struktur giginya yang tak lagi kuat. Bahkan, ada beberapa kucing geriatric yang mulai kehilangan giginya. Karena itu, memilih snack bertekstur lembek adalah pilihan yang cocok untuk kucing geriatric.

Freeze-dried, untuk topping dan nutrisi tambahan

Freeze-dried, untuk topping dan nutrisi tambahan

Freeze-dried merupakan camilan kucing yang melalui proses pengeringan atau dibekukan. Umumnya camilan ini memiliki bahan yang sederhana, seperti ikan sarden. Bahan-bahan yang dibekukan ini dapat menyimpan nutrisi lebih baik.


Karena itu, snack ini direkomendasikan bagi kucing yang cenderung kekurangan nutrisi. Biasanya freeze-dried juga dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Snack kucing telah tersedia dalam berbagai bentuk dan tekstur, antara lain stik, pasta, pellet, dan kibble. Fungsi dan kegunaannya juga berbeda sesuai kebutuhan. Snack jenis freeze dan dried lebih cocok digunakan untuk topping atau dimakan bersamaan dengan makanan utama.

Cermati komposisi dan manfaat snack kucing

Nutrisi yang dibutuhkan setiap hewan peliharaan bisa berbeda-beda. Pemilihan snack yang tepat akan membantu Anda memenuhi kebutuhan kucing kesayangan. 

Berserat tinggi, cocok untuk kucing yang suka menelan bulu

Berserat tinggi, cocok untuk kucing yang suka menelan bulu

Beberapa kucing sering memuntahkan bulu yang tertelan (hairball). Hal ini sering terjadi pada kucing berbulu panjang. Anda bisa mengatasinya dengan memilih snack yang mengandung serat tinggi.


Kandungan serat pada makanan kucing akan membantu pencernaan menjadi lebih lancar. Bulu-bulu yang tertelan oleh kucing Anda bisa keluar dengan mudah bersamaan dengan kotorannya. Selain itu, snack ini cocok untuk kucing yang kurang suka dengan rumput kucing.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Kucing yang mempunyai aktivitas di dalam rumah tidak bisa mendapatkan rumput untuk dimakan. Rumput berfungsi untuk membantu kinerja sistem pencernaan, termasuk membantu mengeluarkan hairball yang berada di saluran pencernaan dengan cara dimuntahkan. Sebagai gantinya, pilihlah snack yang memiliki kandungan serat untuk membantu kucing rumahan yang tidak bisa menemukan rumput.

Perawatan mulut dan gigi, untuk nafas yang lebih segar

Perawatan mulut dan gigi, untuk nafas yang lebih segar

Gigi dan mulut kucing yang kurang bersih juga bisa menimbulkan bau tak sedap, lho. Untuk itu, berilah kucing Anda snack yang juga bisa membantu membersihkan area mulut dan gigi kucing. Snack ini biasanya mengandung klorofil. 


Saat kucing mengunyah snack ini, gerakannya akan merangsang sekresi air liur yang akan membersihkan mulut dan giginya. Namun, Anda tidak bisa mengandalkan snack ini saja untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi kucing Anda, ya. Agar lebih optimal, sebaiknya Anda tetap menyikat gigi kucing Anda secara rutin.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Kualitas snack yang rendah bisa menyebabkan terbentuknya plak atau karang gigi pada kucing. Hal ini disebabkan oleh sisa makanan yang masih tertinggal di mulut bercampur dengan bakteri pembusuk di gigi dan menjadi plak.


Plak jika dibiarkan akan membentuk karang gigi. Karang gigi bisa menginfeksi gusi dan menimbulkan peradangan sehingga kucing akan kehilangan nafsu makan dan terus meneteskan air liur.


Kini banyak produk snack yang menambahkan komposisi untuk mencegah terjadinya plak. Snack ini diformulasikan secara khusus untuk kesehatan gigi dan mulut kucing.

Menyehatkan ginjal, dianjurkan bagi kucing usia lanjut

Menyehatkan ginjal, dianjurkan bagi kucing usia lanjut

Kucing yang sudah cukup tua rentan terhadap penyakit berat. Maka dari itu, diperlukan snack dengan nutrisi khusus untuk menjaga kesehatannya, tak terkecuali ginjal. Pencegahan penyakit ginjal bisa Anda lakukan sejak kucing berusia 7 tahun, lho. Jadi, Anda bisa memberikan snack ini sedini mungkin.


Namun, porsi yang diberikan haruslah seimbang dan sesuai kebutuhan meski snack ini punya manfaat yang baik. Pemberian makanan yang berlebihan juga tidak baik untuk kucing Anda nantinya.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Makin lanjut usia, kucing akan mengalami penurunan fungsi organ. Snack dengan kandungan protein yang tinggi bisa membuat kerja ginjal menjadi berat. Gagal ginjal sering terjadi pada kucing usia lanjut, tetapi Anda bisa mencegahnya sedini mungkin.

Cari tahu rasa yang digemari kucing Anda

Soal makanan, kucing memang punya selera masing-masing. Ayo, cari tahu rasa apa yang disukai kucing Anda!

Aroma yang kuat, menggugah selera

Aroma yang kuat, menggugah selera

Kucing memiliki indra penciuman yang baik. Karena itu, kucing cenderung menyukai makanan yang beraroma kuat, seperti daging dan ikan. Agar kucing Anda mau menghabiskan snack, pilihlah yang aromanya menggugah selera si kucing.


Namun, aroma yang kuat tidak akan Anda temui pada camilan kucing berbahan alami. Snack yang bebas bahan aditif lebih mementingkan keamanannya. Jadi, snack berbahan alami biasanya mengesampingkan kelezatan dan aroma yang menyengat.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Kucing memiliki indra pengecap yang kurang sensitif sehingga kucing hanya mengandalkan indra penciuman untuk makan. Tidak hanya makan, beberapa kegiatan kucing melibatkan indra penciumannya. Misalnya, kucing jantan yang mencari kucing betina dengan cara mendeteksi hormon yang dikeluarkan kucing betina. 


Begitu juga saat kucing jantan melakukan spraying (kencing sembarangan). Hal ini dilakukan untuk menandai wilayah kekuasaan. Kucing jantan menggunakan indra penciuman untuk mengetahui batas wilayah yang belum di-spraying oleh kucing jantan lainnya.


Jadi, kucing mau memakan makanannya karena aroma yang kuat. Makin kuat aroma makanan, makin bertambah nafsu makannya.

Rasa yang beragam, variasi agar kucing tidak bosan

Rasa yang beragam, variasi agar kucing tidak bosan

Rasa snack yang itu-itu saja bisa membuat kucing bosan. Agar kucing senantiasa nafsu makan, kami menganjurkan Anda untuk memiliki varian rasa snack yang berbeda-beda. Satu merek snack kucing tak jarang memiliki berbagai macam varian rasa. Dengan begitu, Anda bisa mengganti variannya setiap saat.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Seperti halnya manusia, kucing juga memiliki rasa bosan terhadap makanan. Ketika bosan, kucing cenderung menolak makanan. Karena itu, kita bisa mengganti varian rasa. Namun, usahakanlah dari produk yang sama.

Perhatikan kandungan kalori snack kucing

Perhatikan kandungan kalori snack kucing

Pemberian makanan berkalori tinggi dapat menyebabkan obesitas pada kucing Anda. Agar terhindar dari obesitas, pilihlah snack rendah kalori.


Porsi ideal untuk camilan kucing adalah 20% dari asupan kalori harian yang dibutuhkan. Misalnya, kucing berbobot 4 kg mempunyai kebutuhan kalori harian sebanyak 190 kkal. Maka, idealnya snack yang diberikan tidak lebih dari 38 kkal. Kalori yang diberikan sebaiknya juga tidak kurang sebab camilan perlu dikunyah dengan baik agar penyerapan nutrisinya optimal.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Snack kucing dengan kalori tinggi bisa menyebabkan obesitas, apalagi pada kucing berumur tua. Obesitas memicu banyak penyakit, seperti gagal jantung, diabetes, dan disfungsi hepar. Jadi, sesuaikanlah kebutuhan kalori dengan kondisi dan kebutuhan kucing kita.

Pilih komposisi bahan yang sederhana

Pilih komposisi bahan yang sederhana

Cara terbaik untuk mengetahui komposisi snack kucing Anda adalah dengan memeriksa label kemasannya. Pilihlah snack dengan bahan yang sederhana tanpa banyak campuran bahan lain. Sebaiknya temukan snack kucing yang hanya mengandung satu bahan baku utama.


Sebelum membeli snack kucing, periksalah daftar label informasinya. Perhatikan kandungan zat aditif, pengawet dan pewarna, serta daftar bahan bakunya. Hal ini akan membantu Anda memilih produk yang sehat untuk kucing Anda.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Makanan yang mengandung komposisi sederhana akan mudah dicerna oleh tubuh kucing. Sederhana yang dimaksud adalah tidak banyak mengandung pengawet dan pewarna makanan. Pengawet sintetis yang terakumulasi di dalam tubuh kucing akan menimbulkan kanker dan masalah serius yang lain. Maka dari itu, pilihlah snack yang mengandung pengawet alami, seperti vitamin E atau omega 3.

10 Rekomendasi snack kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk snack kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Bella Fortuna

10
TeksturKering
Isi 85 g
VarianChicken, chicken and fish, duck and fish, salmon
9
TeksturFreeze-dried
Isi 45 g
VarianChicken, duck, salmon
8
TeksturKering
Isi 51 g
VarianSalmon, chicken
7
TeksturKering
Isi 18 g
VarianSalmon and trout, cod and tuna, poultry and liver, duck and rabbit, turkey and lamb, chicken and cat grass
6

WhiskasTemptations Savoury Flavour

Mulai dari Rp 13.650,00

TeksturKering, lembut
Isi 30 g, 45 g, dan 85 g
VarianSavoury salmon, tempting tuna, tasty chicken, creamy dairy, seafood medley, hearty beef
5
TeksturPasta
Isi 4 x 12 g
VarianTuna mix, katsuo and salmon, tuna and seafood, chicken whitefish
4
TeksturKering
Isi 60 g
VarianBeef, chicken, lamb, tuna, salmon, seafood
3
TeksturPasta
Isi 4 x 14 hingga 50 x 14 g
VarianTuna with viber, tuna (maguro), tuna (katsuo), sasami, tuna with collagen, whitemeat and scallop, chicken and squid, dan lain-lain
2
TeksturKering
Isi 60 g
VarianClassic, mixed grill, beachside
1
TeksturPasta
Isi 2 x 15 g, 4 x 15 g, 20 x 15 g
VarianBonito, chicken liver, crab, tuna katsuo, tuna maguro, tuna with scallop, salmon

Tabel perbandingan produk snack kucing terbaik

Gambar produk
1
PCG Me-O Creamy Treats 1

PCG

2
Purina Friskies Party Mix 1

Purina

3
INABA CIAO Churu  1

INABA

4
Kit Cat Breath Bites 1

Kit Cat

5
Mars Sheba Melty Snack 1

Mars

6
Whiskas Temptations Savoury Flavour 1

Whiskas

7
Vitakraft Cat Stick Classic 1

Vitakraft

8
Purina DentaLife Cat Treats 1

Purina

9
CatSense  Freeze Dried Pet Food 1

CatSense

10
Jerhigh Vitapet Cat Treat 1

Jerhigh

Nama produk

Me-O Creamy Treats

Friskies Party Mix

CIAO Churu

Breath Bites

Sheba Melty Snack

Temptations Savoury Flavour

Cat Stick Classic

DentaLife Cat Treats

Freeze Dried Pet Food

Vitapet Cat Treat

Keunggulan

Creamy treats untuk kucing dengan aroma dan rasa yang sulit ditolak

Isinya banyak dan ringan, bisa untuk selingan

Teksturnya lebih cair, makin mudah dicerna kucing

Nafas segar, bebas bermain seharian!

Tersedia varian dengan rasa mix

Tekstur ganda yang pasti disukai kucing Anda

Snack aromatik tanpa bahan berbahaya

Teruji ilmiah mengurangi pembentukan karang gigi

Murni dibuat dari daging, enak dan menyehatkan

Camilan lezat untuk diet sehat

Harga mulai dariRp 18.000,00Rp 21.730,00Rp 26.000,00Rp 14.000,00Rp 28.700,00Rp 13.650,00Rp 20.100,00Rp 31.482,00Rp 45.000,00Rp 36.000,00
TeksturPastaKeringPastaKeringPastaKering, lembutKeringKeringFreeze-driedKering
Isi 2 x 15 g, 4 x 15 g, 20 x 15 g60 g4 x 14 hingga 50 x 14 g60 g4 x 12 g30 g, 45 g, dan 85 g18 g51 g45 g85 g
VarianBonito, chicken liver, crab, tuna katsuo, tuna maguro, tuna with scallop, salmonClassic, mixed grill, beachsideTuna with viber, tuna (maguro), tuna (katsuo), sasami, tuna with collagen, whitemeat and scallop, chicken and squid, dan lain-lainBeef, chicken, lamb, tuna, salmon, seafoodTuna mix, katsuo and salmon, tuna and seafood, chicken whitefishSavoury salmon, tempting tuna, tasty chicken, creamy dairy, seafood medley, hearty beefSalmon and trout, cod and tuna, poultry and liver, duck and rabbit, turkey and lamb, chicken and cat grassSalmon, chickenChicken, duck, salmonChicken, chicken and fish, duck and fish, salmon
Tautan produk

Poin yang perlu diperhatikan saat memberikan snack untuk kucing

Pemberian snack pada kucing sebaiknya mengikuti saran penyajiannya. Meski snack Anda berkualitas, hasilnya tidak baik juga jika pemberiannya salah. Berikut adalah empat hal yang perlu diperhatikan saat memberi snack pada kucing Anda.

Pilih snack yang sesuai usia kucing Anda

Pilih snack yang sesuai usia kucing Anda

Pemberian snack perlu disesuaikan dengan usia kucing Anda. Hal ini disebabkan oleh kondisi pencernaan yang berbeda antara anak kucing dan kucing dewasa. Untuk itu, Anda perlu mencermati keterangan batas usia yang tertera pada kemasan snack.


Sedikit tips, hindari terlalu sering memberi snack pada anak kucing, ya. Hal tersebut berisiko menyebabkan kucing Anda kurang menyukai makanan utamanya.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Sebagaimana makanan kucing, snack juga memiliki nutrisi yang berbeda berdasarkan usia kucing. Kucing kategori usia kitten membutuhkan nutrisi tiga kali lebih besar daripada kucing biasa. Dalam hal ini, nutrisi tersebut adalah protein dan kalori. Protein dan kalori dibutuhkan untuk menunjang kesehatan kitten


Berbeda dengan kucing dewasa yang fungsi organnya mengalami penurunan. Organ kucing dewasa akan bekerja lebih keras jika diberikan snack dengan kandungan nutrisi khusus untuk kitten. Untuk itu, pilihlah snack berdasarkan usia kucing Anda.

Berikan porsi yang sesuai

Berikan porsi yang sesuai

Seperti yang sudah dikatakan, idealnya snack yang dikonsumsi kucing Anda tidak melebihi 20% dari kebutuhan kalori harian. Maka dari itu, Anda perlu membaca dengan cermat saran penyajian pada kemasan. Informasi nutrisi yang pas akan membantu Anda menghitung porsi yang tepat.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Kelebihan nutrisi karena porsi yang berlebih mengakibatkan tubuh kucing mengalami obesitas. Obesitas pada kucing memicu berbagai masalah kesehatan, seperti gagal ginjal dan penyumbatan pembuluh darah. Sebaiknya memberikan snack pada kucing tidak perlu setiap hari. Untuk mengembalikan nafsu makan dan menghilangkan rasa bosan, kita bisa memberinya tiga kali dalam seminggu.

Simpan dengan benar dan habiskan segera setelah dibuka

Simpan dengan benar dan habiskan segera setelah dibuka

Saat membeli snack, pastikan untuk memeriksa cara penyimpanannya. Beberapa produk perlu disimpan di dalam lemari es, meski banyak juga yang menyimpannya pada suhu ruang.


Ingat juga untuk mengecek tanggal kedaluwarsa snack kucing Anda. Setelah kemasannya dibuka, simpan dengan prosedur penyimpanan yang benar dan sebisa mungkin segera dihabiskan.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Setelah memberikan snack, segera habiskan atau simpan di kulkas dengan cara ditutup rapat. Hal ini dilakukan karena suhu di kulkas menghambat perkembangan bakteri aerob


Namun, lebih baik segera dihabiskan saat itu juga. Ketika kemasan sudah dibuka, bakteri aerob yang ada di udara akan masuk dan mengontaminasi snack. Snack yang terkontaminasi akan mengakibatkan timbul masalah pencernaan pada kucing.

Tetap berikan nutrisi utama dengan makanan kucing

Tetap berikan nutrisi utama dengan makanan kucing

Camilan kucing berguna saat melatih kucing. Tak jarang camilan berfungsi sebagai hadiah saat kucing merespons perintah Anda. Snack kucing juga sering hadir dengan kandungan nutrisi tambahan.


Namun, perlu diingat bahwa nutrisi utama tetaplah diberikan melalui makanan utama. Jadi, tetap berikan makanan utama pada kucing Anda, ya.

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Ketika memberikan snack pada kucing, pemilik harus tetap memberikan makanan utama untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Hal ini disebabkan oleh snack yang sifatnya hanya sebagai selingan. Snack diberikan paling tidak tiga kali dalam seminggu.

Alternatif pilihan camilan lainnya

Selain produk yang telah kami perkenalkan, masih banyak jenis snack kucing lainnya. Ketahui varian snack lainnya untuk kegiatan makan yang menyenangkan bagi kucing.

Rumput kucing, solusi untuk masalah hairball

Rumput kucing, solusi untuk masalah hairball

Rumput kucing merupakan alternatif pilihan untuk kucing yang bermasalah dengan hairball. Rumput kucing berfungsi memudahkan hairball keluar dari tubuh. Selain itu, rumput kucing membantu melancarkan pencernaan serta mengandung vitamin.


Jika Anda tertarik untuk mencoba rumput kucing, kami juga telah membahasnya untuk Anda. Silakan baca ulasan dan rekomendasi produknya dari kami di artikel berikut!

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Rumput kucing cocok digunakan untuk kucing yang beraktivitas di dalam ruangan karena tidak mempunyai kesempatan untuk mencari rumput di luar. Rumput kucing juga pilihan tepat bagi pemilik yang memelihara kucing di apartemen karena tidak memungkinkan untuk menemukan rumput. 


Secara alami kucing akan mencari rumput jika sinyal dari sistem pencernaan terganggu. Selain itu, rumput mampu mengeluarkan hairball yang tidak bisa dicerna oleh tubuh.

Catnip, solusi untuk kucing yang sulit makan

Catnip, solusi untuk kucing yang sulit makan

Bila kucing Anda tergolong susah makan, cobalah tambahkan catnip bersama snack atau makanan utamanya. Catnip akan membantu meningkatkan nafsu makan kucing Anda.


Namun, berhati-hatilah memberikannya pada anak kucing atau kucing yang sudah berumur. Hal ini berisiko menyebabkan kucing tersedak dan sulit bernafas. Pastikan Anda memberikan catnip dengan porsi yang seimbang, ya.


Kami juga telah mengulas tentang catnip, lho. Jika Anda sedang membutuhkannya, silakan baca informasi lengkap dan rekomendasi produknya pada tautan di bawah ini!

drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

Catnip digunakan untuk kucing yang mengalami stres atau kucing yang sedang birahi. Kucing yang sedang birahi cenderung agresif. Catnip berfungsi untuk membantu hormon ketenangan berjalan sehingga kucing menjadi relaks.

Baca juga rekomendasi produk makanan kucing lainnya di sini

Selain artikel mengenai snack kucing, kami juga punya beragam ulasan makanan kucing lainnya. Anda bisa memilih makanan kering/dry food atau makanan basah/wet food. Anda ingin tahu lebih lanjut? Yuk, baca ulasan selengkapnya di artikel-artikel berikut!

Kesimpulan

Snack kucing memang tidak harus diberikan setiap hari. Namun, pemberian snack sebagai variasi kudapan membuat kucing tidak bosan sehingga nafsu makannya terjaga. Anda pasti juga senang saat melihat kucing Anda makan dengan lahap, bukan?


Pada artikel ini, kami telah mengulas cara memilih dan membagikan rekomendasi snack kucing terbaik untuk Anda. Semoga Anda dapat menemukan snack kucing yang bagus untuk anabul di rumah, ya. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merek banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merek tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Wet food untuk kucing adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan memiliki kandungan air lebih dari 60%. Wet food biasanya memiliki tekstur lembut dan berair sehingga mudah dimakan. Beberapa merek bahkan memakai bahan utama yang berkelas dan grain free.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan rekomendasi makanan basah terbaik untuk kucing. Ada merek Royal Canin, Whiskas, Friskies, hingga Fancy Feast. Poin berikut ini bisa dijadikan acuan sebelum memilih makanan kucing tipe basah yang bagus. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan.
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, produknya juga praktis untuk disimpan. Merek makanan kering kucing yang bagus di antaranya adalah Royal Canin, Purina, dan Whiskas. Anda bisa mendapatkan makanan kesehatan untuk kitten umur 2 bulan hingga yang sepuh.Kali ini kami akan menjelaskan tips cara memilih dry food kucing terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi dry food kucing untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Yuk, temukan produk yang aman untuk kucing Anda!
    Makanan hewan
  • 10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena telur dan dagingnya bisa dikonsumsi serta diperjualbelikan. Untuk mendapatkan telur dan daging berkualitas, Anda harus memperhatikan pakan yang diberikan. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, kualitas telur dan daging ayam yang dihasilkan tidak akan maksimal.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara memilih pakan ayam yang bagus. Kami juga merekomendasikan beberapa produk pakan ayam terbaik dari merek ternama, seperti Comfeed, Egg Pro, dan Hi-Pro-Vite. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Makanan hewan
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Anjing membutuhkan susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan serta menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, apalagi jika susunya mengandung laktosa yang dikhawatirkan dapat menyebabkan diare. Ada banyak jenis susu untuk anjing, mulai dari merek lokal hingga impor, seperti Royal Canin atau Ameri Pro.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk susu yang bagus untuk anjing, baik untuk anjing yang baru lahir sampai yang sudah tua. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak sampai tuntas, yuk!
    Makanan hewan
  • 10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Landak yang umum dijadikan peliharaan adalah jenis landak mini atau hedgehog. Landak mini termasuk hewan omnivora yang memakan daging dan tumbuhan. Oleh sebab itu, pakan landak mini yang tersedia di pasaran cukup beragam.Makanan landak tentu dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan nutrisinya. Jika Anda bingung dalam menentukan pilihan, ada beberapa produk yang terkenal, seperti merek Mazuri dan Hamsgehog. Kali ini, kami akan merekomendasikan makanan landak yang bagus dan tepat. Sebelum memberikan rekomendasi produk, simak dahulu cara memilih makanan landak berikut, ya!
    Makanan hewan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori