10 Rekomendasi Obat Diare Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Obat Diare Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Saat ini berbagai jenis obat diare dapat dengan mudah ditemui di apotek. Meskipun memiliki tujuan yang sama, masing-masing obat seperti Norit, Diapet, dan lain-lain, memiliki efek samping dan cara kerja yang berbeda. Kami menyarankan Anda untuk mempelajari terlebih dahulu obat diare yang Anda beli sebelum mengonsumsinya.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama dan juga memberikan tips memilih obat diare yang bagus dan tepat. Nah, semoga informasi di bawah ini dapat berguna untuk Anda!

Daftar isi

Seperti apakah gejala diare?

Seperti apakah gejala diare?

Obat diare pada umumnya digunakan untuk meredakan gejala dan diare itu sendiri. Namun, sebelum memilih obat yang sesuai, Anda harus mengetahui dengan pasti penyebab diare yang Anda alami terlebih dahulu.

Diare bisa disebabkan oleh minuman, makanan, stres, kedinginan, alergi makanan, dan sebagainya. Jika diare yang Anda alami tidak kronis, penggunaan obat generik sudah cukup untuk mengatasinya. Namun, tentu obat akan bekerja lebih efektif bila sesuai dengan gejala dan penyebab diare yang Anda alami.

Jika diare disebabkan oleh virus atau bakteri, biasanya obat saja sudah cukup untuk mengatasinya. Apabila diare bertambah parah, seperti disertai demam dan feses bercampur darah, kami sarankan untuk Anda berkonsultasi dengan dokter.

Cara memilih obat diare

Diare dapat terjadi kapan saja sehingga selalu sedia obat diare di rumah adalah solusi terbaik untuk pertolongan pertama. Obat diare pun sebaiknya dipilih berdasarkan gejala yang Anda alami. Berikut paparan selengkapnya!

Jika disebabkan oleh stres atau kedinginan, pilihlah obat yang menekan kontraksi usus

Jika disebabkan oleh stres atau kedinginan, pilihlah obat yang menekan kontraksi usus

Diare yang disebabkan oleh rasa tegang, stres, kedinginan, dan makan atau minum berlebihan, disebut diare hiperkinesis. Apabila Anda mengalaminya, pilihlah obat yang bekerja dengan menekan kontraksi usus.

Salah satu contohnya adalah ekstrak Scopolia japonica yang menekan gejala diare dan rasa sakit. Namun, bila Anda penderita glaukoma dan penyakit jantung, lebih baik hindari jenis obat ini.

Jika disebabkan oleh masalah pencernaan, pilihlah obat yang memperbaiki kerja sistem pencernaan

Jika disebabkan oleh masalah pencernaan, pilihlah obat yang memperbaiki kerja sistem pencernaan

Diare yang disebabkan oleh gangguan pencernaan, biasanya disebut sebagai diare osmotik. Diare tipe ini juga disebabkan oleh adanya tekanan osmotik di usus halus akibat obat-obatan dan terjadinya malabsorbsi usus. Untuk diare ini, obat dengan kandungan bakteri asam laktat dan bakteri bifidus sangat direkomendasikan untuk mengembalikan fungsi usus.

Selain itu, senyawa lain seperti acrinolberberine chlorine agent, dan creosote dari kayu, sangat efektif untuk mengembalikan gerak peristaltik usus kembali normal dalam waktu singkat. Beberapa produk juga memiliki efek untuk menekan proses fermentasi abnormal di pencernaan.

Jika disebabkan oleh keracunan makanan atau minuman, pilihlah obat dengan efek sterilisasi atau astringen

Jika disebabkan oleh keracunan makanan atau minuman, pilihlah obat dengan efek sterilisasi atau astringen

Untuk diare yang disebabkan oleh keracunan makanan atau minuman, pilihlah obat dengan efek disinfektan atau astringen. Seperti yang disampaikan sebelumnya, bakterisida seperti acrinol dan creosote dari kayu sangat efektif untuk menekan bakteri jahat di pencernaan.

Salah satu contoh senyawa astringen, yaitu albumin tannate, memiliki kemampuan untuk melindungi lapisan mukosa usus dan menekan gerakan peristaltik usus. Meski ada sedikit efek samping, obat ini tetap aman dikonsumsi oleh anak-anak.

Jika disertai rasa sakit tak tertahankan, pilihlah obat yang cepat bereaksi

Jika disertai rasa sakit tak tertahankan, pilihlah obat yang cepat bereaksi

Ketika diare tiba-tiba melanda di saat-saat genting, seperti ketika berada di dalam kendaraan umum, rapat penting, ataupun sebelum ujian, kami merekomendasikan obat yang cepat bereaksi. Obat berkandungan loperamide hydrochloride dapat menjadi pilihan karena segera memberikan efek setelah Anda mengonsumsinya. Obat seperti ini akan sangat menolong Anda ketika gejala diare yang Anda rasakan cukup kuat.

Perlu Anda perhatikan bahwa obat ini bekerja dengan menghentikan pergerakan usus sehingga kurang dianjurkan untuk diare yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu, obat ini juga memiliki efek samping, seperti sakit kepala. Karena itu, berhati-hatilah dan gunakan hanya pada saat terdesak.

Obat yang bisa diminum tanpa air, pilihan tepat saat bepergian

Obat yang bisa diminum tanpa air, pilihan tepat saat bepergian

Jika Anda ingin membawa obat diare untuk berjaga-jaga saat berada jauh dari rumah, ada baiknya Anda membawa obat yang mudah diminum tanpa air. Ada beberapa obat berbentuk tablet yang mudah larut di dalam mulut dan bisa ditelan tanpa air. Untuk Anda yang sering mengalami diare tiba-tiba, ada baiknya membawa obat diare tipe ini demi kenyamanan Anda.

10 Rekomendasi obat diare terbaik

Cara terbaik untuk memilih obat diare adalah mengetahui penyebab diare agar Anda dapat menentukan obat yang tepat. Di bawah ini adalah jajaran rekomendasi produk obat diare terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Salah satunya barangkali cocok untuk meredakan diare yang sering Anda alami.

10. Tempo Scan Pacific Scantoma

10. Tempo Scan Pacific Scantoma

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.000

Sembuhkan diare dan mual akibat serangan bakteri jahat

Obat ini mengandung bismuth subsalicylate sebagai bahan aktifnya. Bahan ini mampu bekerja sebagai agen sitoprotektif yang membentuk lapisan pelindung dan melindungi usus dari bakteri penyebab diare. Aktivitasnya menghambat perkembangan mikroorganisme penyebab diare agar usus Anda bisa cepat memulihkan diri.

Obat ini sangat direkomendasikan untuk menyembuhkan diare yang disebabkan oleh serangan bakteri jahat, misalkan keracunan makanan. Penggunaan obat ini juga bisa mengurangi rasa mual dan menenangkan usus yang terasa bergemuruh. Cocok juga disediakan di rumah sebagai pertolongan pertama saat terjadi diare.

9. Samcofarma Diaramid Loperamide HCl

9. Samcofarma Diaramid Loperamide HCl

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 40.000

Kurangi diare dengan mencegah sekresi berlebihan pada usus

Seperti namanya, obat ini mengandung loperamide HCl sebagai bahan aktifnya yang memiliki efek antimotilitas atau mengurangi kontraksi otot usus sehingga sekresi cairan yang berlebihan oleh usus bisa ditekan. Alhasil, penggunaan obat ini akan membantu mencegah tubuh kekurangan cairan dan membuat feses menjadi lebih padat.

Obat ini bisa digunakan untuk diare yang disebabkan oleh pergerakan usus yang abnormal seperti saat mengalami tegang dan panik. Bereaksi cepat, obat ini direkomendasikan sebagai pertolongan pertama ketika diare datang menyerang di saat genting. Bisa memiliki efek samping berupa sakit kepala, berhati-hatilah saat mengonsumsinya, ya.

8. Biomedis New Diatabs Activated Attapulgite

8. Biomedis New Diatabs Activated Attapulgite

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.500

Hilangkan bakteri dan racun penyebab diare dengan cepat

Senyawa aktif pada obat ini adalah activated attapulgite atau magnesium aluminium phyllosilicate yang memiliki kemampuan adsorbent yang baik. Obat ini bekerja dengan menyerap racun, air, toksin, dan bakteri penyebab diare dari usus Anda. Setelah mengonsumsi obat ini, Anda tak akan bolak-balik ke toilet karena feses akan berangsur mengeras.

Tablet pereda diare ini sangat direkomendasikan untuk diare yang disebabkan infeksi virus dan bakteri, misalnya saat mengalami keracunan makanan. Perlu diperhatikan, konsumsilah obat ini sesuai dosis yang dianjurkan. Konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan sembelit karena penyerapan kadar air berlebihan oleh efek obat.

7. SOHO Diapet Kapsul untuk Mencret

7. SOHO Diapet Kapsul untuk Mencret

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 45.200

Sembuhkan diare dengan kebaikan formula tradisional dari alam

Zaman sekarang, menyembuhkan diare dengan obat tradisional lebih disukai karena diklaim lebih aman. Namun, tentu saja akan merepotkan bila Anda harus meracik sendiri obatnya. Kini khasiat formula tradisional yang dibuat dari bahan-bahan alami dapat Anda nikmati manfaatnya dengan praktis melalui Diapet Kapsul untuk Mencret.

Diapet terbuat dari perpaduan ekstrak daun jambu biji, kunyit, buah mojokeling, dan kulit buah delima. Campuran bahan herbal ini akan menyembuhkan diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri akibat keracunan makanan dan minuman. Namun, perlu diperhatikan, obat ini tidak cocok untuk anak dibawah 5 tahun karena efeknya yang kuat.

6. Kalbe Farma Neo Entrostop Herbal Anak

6. Kalbe Farma Neo Entrostop Herbal Anak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.800

Paduan bahan herbal tradisional yang aman untuk anak-anak

Anak-anak memiliki sistem pencernaan yang belum setangguh orang dewasa sehingga lebih rentan terhadap diare. Merawat anak yang diare juga tidak boleh sembarangan. Untuk meredakan diare si kecil, Anda dapat menggunakan Neo Entrostop Herbal Anak yang diklaim sebagai obat diare khusus untuk anak-anak pertama di dunia.

Menggunakan perpaduan tanaman herbal sebagai komponen utama, seperti ekstrak daun jambu biji, daun teh, kunyit, dan jahe, produk ini aman dikonsumsi anak-anak berusia di atas 2 tahun. Tidak hanya mengatasi diare, obat sirup dengan rasa yang disukai anak ini juga akan membantu mencegah perut kembung dan menghangatkan perutnya.

5. SANBE Neo Kaolana

5. SANBE Neo Kaolana

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.200

Meredakan gejala diare nonspesifik yang mengganggu dengan cepat

Diare nonspesifik umumnya dipicu oleh ketidakmampuan tubuh dalam mencerna laktosa atau jenis makanan tertentu. Diare seperti ini umumnya datang tak terduga dan dialami orang yang mengonsumsi makanan yang tak biasa dikonsumsi. Bila Anda sering bepergian ke tempat baru atau bertualang kuliner, obat ini sebaiknya selalu tersedia di tas Anda.

Berbentuk suspensi, obat ini memberikan reaksi yang lebih cepat daripada obat tablet atau kapsul. Mengandung senyawa kaolin dan pektin, obat ini bekerja dengan menyerap zat pemicu diare di dalam usus. Meski begitu, tetaplah konsumsi obat ini sesuai dengan anjuran pemakaian agar Anda tidak mengalami kekurangan elektrolit dan dehidrasi.

4. Novell Pharmaceutical Lacto B

4. Novell Pharmaceutical Lacto B

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.700

Kembalikan kesehatan usus dengan bakteri baik

Berbeda dengan obat lainnya, Lacto B menyembuhkan secara tak langsung dengan mengembalikan kondisi flora bakteri usus agar kembali normal. Kandungan bakteri baik yang dikandungnya akan menekan pertumbuhan bakteri jahat di usus. Mengkonsumsinya secara berkala juga diklaim ampuh mencegah diare pada anak-anak dan bayi.

Selain bakteri baik, Lacto B juga mengandung vitamin, protein, dan zink yang mampu menyokong kesehatan pencernaan si kecil sehingga diare sembuh lebih cepat dan bebas dari efek konstipasi. Obat diare khusus bayi dan anak ini juga mudah dikonsumi karena dapat dicampurkan ke dalam minumam. Diare anak reda, ibu pun lega.

3. Kwong Chung Tak Powder

3. Kwong Chung Tak Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.000

Obat herbal tradisional asli Tiongkok untuk segala jenis masalah pencernaan

Obat herbal yang satu ini dibuat dari racikan jamu herbal khas Tiongkok yang terkenal ampuh mengatasi diare. Dengan campuran berbagai ekstrak tumbuhan, Kwong Chung Tak mampu meredakan rasa nyeri, keram, dan mulas akibat diare. Tak hanya itu, obat ini juga mampu memadatkan kembali feses yang terlalu lunak.

Meskipun terbuat dari bahan tradisional, teknologi dan metode produksi yang digunakan sudah modern sehingga terjamin kualitasnya. Berbentuk serbuk, obat ini bisa diserap dengan cepat dan dapat langsung dirasakan manfaatnya. Perut akan terasa hangat setelah mengonsumsinya sehingga cocok bagi Anda yang sering terserang diare saat kedinginan.

2. Taiko Pharmaceutical Trumpet Brand Seirogan

2. Taiko Pharmaceutical Trumpet Brand Seirogan

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 350.000

Rahasia kesehatan pencernaan masyarakat Jepang dalam genggaman Anda!

Produk ini telah memiliki sejarah panjang di Jepang dan dipercaya sebagai salah satu obat yang manjur mengatasi gangguan pencernaan. Obat pencernaan ini bekerja dengan mengendalikan sekresi cairan di usus besar dan menormalkan kembali gerak peristaltik usus. Berwujud tablet berlapis sukrosa, obat ini tak berbau saat dikonsumsi.

Gangguan pencernaan dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti keracunan makanan. Akibatnya, feses pun menjadi terlalu lunak, sakit perut, bahkan muntah-muntah. Bila Anda memiliki pencernaan yang sensitif terhadap rangsangan zat dari luar tubuh, obat berbahan utama creosote ini dapat membantu Anda di berbagai kesempatan.

1. Cap Lang Norit Activated Carbon

1. Cap Lang Norit Activated Carbon

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.000

Buang racun dari pencernaan hingga tuntas

Ketika mengalami keracunan ringan akibat salah makan, langsung memeriksakan diri ke dokter mungkin terasa berlebihan. Bagi Anda yang berpemikiran serupa, sebaiknya selalu sediakan Norit di kotak P3K Anda. Obat yang berbahan utama karbon aktif tanaman ini akan bekerja cepat dalam membuang racun dari dalam pencernaan Anda.

Bekerja dengan cara menyerap racun dan membuang bakteri melalui sekresi, obat yang mudah dibeli di mana saja ini cocok digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak (dengan dosis tepat). Karena kemungkinan sekresi akan banyak dikeluarkan melalui feses, pastikan Anda berada di tempat yang dekat dengan toilet setelah mengonsumsinya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi obat diare

Ada beberapa hal penting yang sebaiknya diperhatikan saat Anda mengonsumsi obat diare. Jangan sepelekan poin-poin di bawah ini agar diare Anda tidak semakin parah.

Pentingnya sekresi dalam proses penyembuhan

Pentingnya sekresi dalam proses penyembuhan

Bakteri penyebab diare harus dikeluarkan dari dalam tubuh kita. Untuk itu, obat yang memicu sekresi lebih baik daripada obat yang hanya menghentikan diare saja. Pada dasarnya, diare merupakan reaksi tubuh untuk melindungi diri dengan cara mengeluarkan bakteri dan zat-zat yang tak diperlukan dari dalam tubuh. Itulah sebabnya, penggunaan obat diare yang menekan kerja pencernaan malah akan berakibat kurang baik bagi tubuh kita.

Bila memang diare tidak terlalu mengganggu aktivitas, biarkanlah diare sembuh secara alami. Perhatikan juga pentingnya berkonsultasi ke dokter ketika diare tak kunjung mereda setelah konsumsi obat atau ketika tubuh Anda dalam kondisi tak memungkinkan untuk konsumsi obat diare.

Pentingnya memperhatikan higienitas saat berada di tempat yang asing

Pentingnya memperhatikan higienitas saat berada di tempat yang asing

Menurut penelitian, 20-50% persen orang yang pergi ke luar negeri dalam jangka waktu kurang dari 3 hari akan terkena diare. Hal ini bisa disebabkan oleh stres akibat lingkungan yang asing, tetapi infeksi bakteri kadang juga tak luput menjadi penyebabnya.

Ketika pergi ke luar negeri, hindari meminum air mentah. Makan dan minumlah dari kedai atau restoran yang terjamin higienitasnya. Lebih aman bila Anda membawa obat diare sendiri, tetapi bila infeksi bakteri semakin parah, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter.

Pentingnya mengonsumsi cairan agar terhindar dari dehidrasi

Pentingnya mengonsumsi cairan agar terhindar dari dehidrasi

Saat terserang diare, tubuh kita kehilangan kandungan alkali sehingga keseimbangan cairan di dalam tubuh pun terganggu. Untuk mengatasinya, konsumsilah cairan yang cukup agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Akan lebih baik bila Anda mengonsumsi sport drinks yang mengandung banyak mineral.

Kesimpulan

Berkonsultasi dengan dokter bisa menjadi solusi terbaik ketika Anda direpotkan dengan masalah diare. Namun, seringkali diare terjadi tiba-tiba dan Anda membutuhkan pengobatan secepatnya. Untuk itu, mengetahui obat diare yang tepat untuk tindakan pertolongan pertama bagi diri Anda sendiri adalah hal yang bijaksana.

Sebelum membeli obat diare, Anda tentu harus memilih karakteristik obat yang akan Anda konsumsi berdasarkan penyebab diare agar khasiatnya semakin efektif. Nah, semoga artikel ini dapat berguna dan memberikan pengetahuan baru bagi Anda!