• 10 Obat Diare - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Obat Diare - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Obat Diare - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Obat Diare - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Obat Diare - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Obat Diare - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

Ada berbagai jenis gejala diare yang umum dialami orang, seperti mencret, mual, dan sakit perut. Obat diare biasanya ampuh mengatasi gejala-gejala tersebut. Untungnya, kini Anda bisa mendapatkan obat diare di warung ataupun apotek terdekat. Agar tidak salah pilih, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih obat diare terbaik untuk dewasa dan anak.


Produk-produk dari sejumlah merek terkenal, seperti Norit, Diatabs, Entrostop, dan Diapet juga akan kami rekomendasikan. Tidak lupa, temukan juga tips tambahan dari dokter umum, Annisa, di artikel ini. Pastikan Anda menyimaknya karena informasi ini akan berguna untuk Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Annisa
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Annisa

Profil pakar: Dokter umum, dr. Annisa

Annisa merupakan seorang dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Selain bekerja sebagai dokter di RSUD Pondok Gede Bekasi, Dokter Annisa juga menangani pasien di salah satu klinik di Jakarta. Wanita yang aktif mengikuti kegiatan pelatihan di bidangnya ini juga sering melakukan edukasi mengenai kesehatan lewat media sosialnya.

Apa gejala diare yang dapat ditangani secara mandiri?

Apa gejala diare yang dapat ditangani secara mandiri?

Obat diare umumnya dapat dibeli tanpa resep dokter. Obat semacam ini disebut juga obat bebas. Namun, sebelum memilih obat, Anda harus mengetahui apakah penyebab diare Anda dapat diatasi tanpa perlu ke dokter.


Diare bisa disebabkan oleh makan berlebihan, stres, kedinginan, dan sebagainya. Jika diare yang Anda alami tidak kronis, penggunaan obat bebas sudah cukup untuk mengatasinya. Tentukanlah obat yang tepat dengan menyesuaikan pada gejala yang dialami seperti akan kami jelaskan di bawah ini.


Nah, jika penyebab diare adalah virus atau bakteri, Anda akan sulit memilih obat yang sesuai dengan tingkat keparahan diare. Untuk kasus ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum membeli obat diare. Selain itu, hindari pengobatan mandiri jika mengalami diare yang disertai demam dan feses bercampur darah atau lendir. Segeralah memeriksakan diri ke rumah sakit.

dr. Annisa
Dokter umum
dr. Annisa

Diare akut merupakan penyakit yang sering dijumpai dan sebenarnya dapat diobati sendiri di rumah. Namun, ada beberapa gejala yang perlu Anda waspadai. Perhatikanlah gejala atau kondisi diare akut berikut ini.


  • Demam mencapai 38 derajat Celsius atau lebih

  • Nyeri perut hebat

  • Terdapat darah dan lendir pada tinja

  • Buang air besar enam kali atau lebih dalam waktu 24 jam

  • Gejala dehidrasi berat (pusing, haus berat, penurunan jumlah urine)

  • Mual dan muntah terus menerus


Jika Anda mengalami gejala seperti di atas, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih obat diare

Apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli obat diare? Berikut paparan selengkapnya agar Anda tahu cara memilih obat diare yang benar.

Pilih obat yang menekan kontraksi usus jika penyebabnya stres atau kedinginan

Pilih obat yang menekan kontraksi usus jika penyebabnya stres atau kedinginan

Diare yang disebabkan oleh rasa tegang, stres, kedinginan, dan makan berlebihan disebut diare hiperkinetik. Apabila Anda mengalaminya, pilihlah obat yang bekerja menormalkan pergerakan usus.


Ekstrak tumbuhan adas dapat digunakan untuk mengatasi gejala diare dan nyeri perut. Namun, bagi penderita glaukoma, penyakit jantung, atau pembesaran prostat jinak, hindari obat yang mengandung ekstrak ini.

dr. Annisa
Dokter umum
dr. Annisa

Faktor psikologi dapat memengaruhi terjadinya peningkatan pergerakan usus pada tubuh. Meningkatnya pergerakan usus ini bisa berpengaruh terhadap proses penyerapan makanan. Hal ini akhirnya dapat menyebabkan diare.


Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi obat antidiare. Selain itu, Anda juga dapat mengurangi keluhan dengan mengatasi terlebih dahulu sumber stres. Amati terlebih dahulu gejala yang dirasakan karena pemicunya mungkin saja adalah faktor psikologi.

Jika penyebabnya masalah pencernaan, pilih obat yang memperbaiki sistem pencernaan

Jika penyebabnya masalah pencernaan, pilih obat yang memperbaiki sistem pencernaan

Diare dapat terjadi saat seseorang mengonsumsi terlalu banyak pemanis buatan sehingga menyebabkan dispepsia. Diare semacam ini disebut diare osmosis. Anda cukup menggunakan obat diare biasa untuk mengatasinya.


Untuk itu, kami sarankan Anda memilih obat dengan komponen yang dapat mengontrol ritme kerja usus. Sebagai contoh, pilihlah obat yang mengandung bakteri asam laktat seperti Bifidobacteria dan Lactomin.

dr. Annisa
Dokter umum
dr. Annisa

Kandungan probiotik terdiri dari lactobacillus dan bifidobacterial. Apabila jumlahnya cukup banyak dalam saluran pencernaan, probiotik dapat memberikan manfaat positif. Hal ini karena kandungan probiotik akan berkompetisi untuk menutrisi dan menjadi reseptor saluran cerna. Probiotik sendiri berfungsi untuk mengurangi atau menghilangkan diare jika diberikan dalam jumlah yang sesuai.

Untuk mengatasi keracunan makanan, pilih obat yang dapat membunuh bakteri

Untuk mengatasi keracunan makanan, pilih obat yang dapat membunuh bakteri
Untuk diare akibat keracunan makanan atau minuman, pilihlah obat yang mengandung fungisida atau memiliki efek astringen. Bakterisida seperti acrinol efektif menekan pertumbuhan bakteri jahat di pencernaan. 


Sementara itu, senyawa albumin tannate berfungsi sebagai astrigen yang sekaligus melindungi lapisan mukosa dan menekan pergerakan usus. Ada juga senyawa berberine yang mampu menekan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit pada usus dan membuatnya steril.


Akan tetapi, seperti yang telah dituliskan di atas, segeralah memeriksakan diri ke dokter jika diperlukan. Periksakan lebih awal jika gejala bertambah parah setelah mengonsumsi obat.

dr. Annisa
Dokter umum
dr. Annisa

Umumnya, diare akibat keracunan makanan disebabkan oleh makanan atau minuman yang mengandung bakteri, virus, atau parasit yang dapat menginfeksi saluran cerna. Diare karena infeksi dapat disertai dengan gejala mual, muntah, demam, serta nyeri atau kejang perut.


Pengobatan untuk diare ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti rehidrasi cairan, obat diare, dan obat antibiotik. Namun, jika kondisi tidak kunjung membaik, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Pada kondisi darurat, pilihlah obat yang cepat bereaksi

Pada kondisi darurat, pilihlah obat yang cepat bereaksi
Ketika diare muncul saat berada dalam kereta, di tengah rapat, atau sebelum ujian, kami rekomendasikan obat yang reaksinya cepat. Loperamide hydrochloride dapat menjadi pilihan karena segera memberikan efek setelah Anda konsumsi. Selain itu, obat ini efektif untuk mengatasi gejala diare yang parah.

Perlu diingat bahwa loperamide bekerja menghentikan pergerakan usus sehingga tidak cocok untuk diare yang disebabkan bakteri. Efek samping seperti sakit kepala dapat terjadi pada penggunaan loperamide. Karena itu, berhati-hatilah dan gunakan hanya pada saat terdesak. Tentu saja Anda juga tidak bisa mengonsumsinya secara rutin.

dr. Annisa
Dokter umum
dr. Annisa

Loperamide memiliki efek meningkatkan penyerapan cairan di saluran cerna seperti usus. Karena itu, kandungan ini dapat memperbaiki konsistensi feses dan mengurangi frekuensi diare. Loperamide cukup efektif mengatasi gejala diare yang disebabkan oleh alasan yang tidak spesifik. Jika dikonsumsi dengan benar, kandungan ini dapat mengurangi frekuensi buang air besar hingga delapan puluh persen.

Saat bepergian, pertimbangkanlah obat yang bisa diminum tanpa air

Saat bepergian, pertimbangkanlah obat yang bisa diminum tanpa air

Jika Anda sedang dalam perjalanan, lebih disarankan untuk membawa obat yang bisa segera dikonsumsi tanpa air. Ada beberapa obat diare berbentuk tablet yang mudah larut di mulut meski tanpa meminum air. Untuk Anda yang sering mendadak diare, ada baiknya membawa obat tipe ini. Meski begitu, sayangnya tipe obat seperti ini masih sulit ditemui di Indonesia.

10 Rekomendasi obat diare

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk obat diare yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa. 

KegunaanMengobati sakit perut, mulas, mual, diare karena keracunan makanan
TipeTablet
Pilihan isi10 tablet
Target usiaAnak-anak (6–12 tahun) dan dewasa
KegunaanMengobati diare akut dan kronis, meningkatkan kepadatan feses
TipeTablet
Pilihan isi10 tablet/strip
Target usiaDewasa
KegunaanMengobati diare karena keracunan makanan
TipeTablet
Pilihan isi4 tablet
Target usiaAnak-anak (6–12 tahun) dan dewasa
KegunaanMengobati mencret dan diare, memadatkan feses, meredakan rasa mulas akibat diare
TipeKapsul
Pilihan isi4 kapsul, 10 kapsul
Target usiaDewasa
KegunaanMenghentikan diare, menghangatkan badan, membuang racun, menghentikan mulas
TipeSirop
Pilihan isi1 kotak isi 6 saset (10 ml/saset)
Target usiaAnak-anak (di atas 5 tahun) dan dewasa
KegunaanMengatasi diare nonspesifik, menyerap bakteri dan racun pada saluran pencernaan, meningkatkan kepadatan feses
TipeSirop
Pilihan isi120 ml
Target usiaAnak-anak (di atas 6 tahun) dan dewasa
KegunaanMempercepat penyembuhan diare, mencegah diare akibat penggunaan antibiotik, mengurangi gejala intoleransi laktosa, mengatasi konstipasi
TipeBubuk (dicampurkan ke dalam minuman)
Pilihan isi10 saset
Target usiaAnak-anak (1–12 tahun)
KegunaanMengurangi frekuensi diare, memadatkan tinja, meredakan sakit perut, kembung
TipeBubuk (diseduh dengan air)
Pilihan isiBoks isi 12 saset (2 g/saset)
Target usiaAnak-anak dan dewasa
KegunaanMengobati diare, keracunan makanan atau minuman, detoksifikasi saluran pencernaan, menguatkan perut
TipeTablet
Pilihan isi100 tablet
Target usiaAnak-anak (di atas 5 tahun) dan dewasa
KegunaanMengatasi diare, perut kembung, gangguan lambung, keracunan makanan
TipeTablet
Pilihan isi40 tablet
Target usiaAnak-anak dan dewasa

Tabel perbandingan produk obat diare

Gambar produk
Cap Lang  Norit 1

Cap Lang

Taiko Seirogan 1

Taiko

Bintang Kupu Kupu Tay Pin San 1

Bintang Kupu Kupu

Novell Pharmaceutical  Lacto-B 1

Novell Pharmaceutical

Sanbe Farma Neo Kaolana 1

Sanbe Farma

Kalbe Entrostop Herbal Anak 1

Kalbe

SOHO Diapet Kapsul 1

SOHO

Medifarma New Diatabs 1

Medifarma

Janssen Imodium 1

Janssen

Tempo Scan Pacific Scantoma 1

Tempo Scan Pacific

Nama produk

Norit

Seirogan

Tay Pin San

Lacto-B

Neo Kaolana

Entrostop Herbal Anak

Diapet Kapsul

New Diatabs

Imodium

Scantoma

Keunggulan

Dengan karbon aktif, diare pun menyingkir!

Rahasia kesehatan pencernaan masyarakat Jepang

Atasi masalah pencernaan dengan ramuan tradisional

Kembalikan kesehatan usus si buah hati dengan bakteri baik

Meredakan diare nonspesifik dengan cepat

Rasa jambu bijinya pasti disukai anak-anak!

Diformulasikan dengan bahan-bahan alami untuk mengatasi diare

Kandungan activated attapulgite-nya efektif menyerap racun

Efektif mengatasi diare yang menyerang tiba-tiba

Diare karena keracunan makanan? Minum segera Scantoma!

Harga mulai dariRp 20.116,00Rp 165.000,00Rp 40.300,00Rp 78.000,00Rp 15.500,00Rp 15.500,00Rp 3.450,00Rp 2.500,00Rp 84.000,00Rp 18.000,00
KegunaanMengatasi diare, perut kembung, gangguan lambung, keracunan makananMengobati diare, keracunan makanan atau minuman, detoksifikasi saluran pencernaan, menguatkan perutMengurangi frekuensi diare, memadatkan tinja, meredakan sakit perut, kembungMempercepat penyembuhan diare, mencegah diare akibat penggunaan antibiotik, mengurangi gejala intoleransi laktosa, mengatasi konstipasiMengatasi diare nonspesifik, menyerap bakteri dan racun pada saluran pencernaan, meningkatkan kepadatan fesesMenghentikan diare, menghangatkan badan, membuang racun, menghentikan mulasMengobati mencret dan diare, memadatkan feses, meredakan rasa mulas akibat diareMengobati diare karena keracunan makananMengobati diare akut dan kronis, meningkatkan kepadatan fesesMengobati sakit perut, mulas, mual, diare karena keracunan makanan
TipeTabletTabletBubuk (diseduh dengan air)Bubuk (dicampurkan ke dalam minuman)SiropSiropKapsulTabletTabletTablet
Pilihan isi40 tablet100 tabletBoks isi 12 saset (2 g/saset)10 saset120 ml1 kotak isi 6 saset (10 ml/saset)4 kapsul, 10 kapsul4 tablet10 tablet/strip10 tablet
Target usiaAnak-anak dan dewasaAnak-anak (di atas 5 tahun) dan dewasaAnak-anak dan dewasaAnak-anak (1–12 tahun)Anak-anak (di atas 6 tahun) dan dewasaAnak-anak (di atas 5 tahun) dan dewasaDewasaAnak-anak (6–12 tahun) dan dewasaDewasaAnak-anak (6–12 tahun) dan dewasa
Tautan produk

Hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi obat diare

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi obat diare. Selalu ikuti takaran dosis dan aturan penggunaan obat dengan baik agar obat tepat guna.

Utamakan penyembuhan alami melalui proses defekasi

Utamakan penyembuhan alami melalui proses defekasi
Diare yang disebabkan bakteri sebaiknya tidak dihentikan dengan obat-obatan. Diare merupakan reaksi perlindungan diri dengan mengeluarkan bakteri dan penyebab diare dari dalam tubuh. Itu sebabnya, penggunaan obat yang menghentikan pergerakan usus malah akan berbahaya bagi tubuh.

Apabila diare tidak terlalu mengganggu aktivitas, biarkan diare sembuh secara alami tanpa obat. Berkonsultasilah dengan dokter sesegera mungkin jika diare tidak kunjung reda setelah mengonsumsi obat. Pada saat tubuh Anda dalam kondisi tidak memungkinkan untuk mengonsumsi obat, Anda juga harus mencari pertolongan kepada institusi kesehatan.

dr. Annisa
Dokter umum
dr. Annisa

Jika tidak terjadi komplikasi, diare akut pada orang dewasa biasanya hanya berlangsung sebentar saja. Diare akut ini biasanya juga bisa sembuh sendiri. Prinsip pengobatan yang umum dilakukan adalah menghilangkan penyebab diare. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan antibiotik yang sesuai dengan penyebab diare dan terapi hidrasi cairan.

Waspada terhadap traveler's diarrhea ketika bepergian jauh

Waspada terhadap traveler's diarrhea ketika bepergian jauh
Menurut survei, 2050% wisatawan mengalami diare dalam waktu kurang dari 3 hari setelah tiba di tujuan. Hal ini bisa disebabkan oleh stres akibat berada di lingkungan yang asing. Akan tetapi, kadang kala diare ini bisa disebabkan juga oleh infeksi bakteri.

Selama berwisata, sebisa mungkin hindari meminum air yang belum diproses. Lalu, hindari pula tempat makan yang tidak terjaga kebersihannya. Tidak masalah membawa obat diare untuk berjaga-jaga. Namun, bila diare akibat bakteri tidak membaik, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

dr. Annisa
Dokter umum
dr. Annisa

Traveler’s diarrhea disebabkan oleh makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh bakteri atau virus. Untuk mencegah terjadinya hal ini, pastikan Anda mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan. Lalu, jangan mengonsumsi makanan mentah serta minumlah air minum kemasan yang aman dan bersih. Sebisa mungkin, hindari juga es pada minuman.

Pentingnya mengonsumsi cairan agar terhindar dari dehidrasi

Pentingnya mengonsumsi cairan agar terhindar dari dehidrasi
Saat terserang diare, tubuh Anda akan kehilangan kandungan alkali sehingga keseimbangan cairan di dalam tubuh pun terganggu. Untuk mengatasinya, konsumsilah cairan yang cukup agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Sebaiknya konsumsi sports drink yang mengandung banyak mineral daripada hanya meminum air putih saja.
dr. Annisa
Dokter umum
dr. Annisa

Ketika mengalami diare, penting sekali untuk menjaga hidrasi dan keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Kehilangan cairan ini dapat menyebabkan rasa haus, berat badan berkurang, mata cekung, lidah kering, serta suara serak.

Tips dari dokter umum kami, dr. Annisa

Tips dari dokter umum kami, dr. Annisa

Masalah lain yang sering dialami orang saat mengonsumsi obat diare adalah kesulitan menelan obat, baik dengan maupun tanpa air. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah beberapa tips berikut ini:


  • Konsumsilah air sebelum meminum obat untuk membasahi tenggorokan. Dengan begitu, obat pun akan lebih mudah tertelan. 
  • Apabila setelah minum obat tenggorokan masih terasa mengganjal, segeralah minum lebih banyak air.
  • Perhatikan posisi duduk Anda. Jangan meminum obat sambil bersandar. Setelah obat dan air masuk mulut, tundukan kepala secara perlahan. 
  • Setelah itu, telanlah obat dan air dengan posisi kepala tertunduk agar obat dapat lebih mudah ditelan.
  • Minumlah air melalui botol agar Anda lebih mudah menelan obat. 
  • Telanlah obat bersama dengan makanan lembut, seperti roti, pisang, ataupun jeruk.

Apabila Anda masih kesulitan untuk mengonsumsi obat tablet, pilihlah obat dalam bentuk cair seperti sirop. Bentuk cair ini lebih memudahkan pasien untuk menelan obat serta menutupi rasa tidak enak dari jenis obat tertentu.

Baca juga rekomendasi obat lainnya untuk perut di sini

Selain obat diare yang sudah kami bahas, Anda juga bisa membaca rekomendasi produk lainnya yang mengatasi masalah pencernaan. Ada artikel mengenai obat untuk sembelit, sakit perut, dan mag. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan baca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Apakah Anda sedang mengalami diare? Sering kali diare terjadi tiba-tiba dan Anda membutuhkan pengobatan secepatnya. Mengetahui obat diare yang tepat sebagai pertolongan pertama adalah hal yang bijaksana.


Sebelum membeli obat, Anda perlu mengetahui karakteristik obat berdasarkan penyebab diare. Dengan demikian, Anda bisa menentukan obat yang tepat sesuai kondisi yang dialami. Nah, semoga pemaparan kami memberikan pengetahuan baru bagi Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika musim kemarau tiba, tak jarang kondisi lingkungan menjadi kering serta berdebu sehingga menyebabkan mata gatal dan berair. Pada saat seperti ini, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Namun, karena penyebab mata gatal sebenarnya bermacam-macam, mungkin akan membingungkan untuk memilih obat tetes mata yang tepat.Untuk itu, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai penyebab mata gatal, kandungan obat tetes mata yang tepat untuk mengobatinya, dan memberikan rekomendasi produknya. Ada obat tetes mata yang bagus, seperti dari merk Visine, Insto, Rohto, dan lainnya. Simak pembahasannya berikut ini!
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Produk-produk dari merk ternama, seperti Insto, Rohto, serta Visine pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
  • 8 Rekomendasi Lotion Calamine Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Lotion Calamine Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lotion calamine adalah obat oles yang bermanfaat untuk meredakan gatal dan biduran. Selain itu, calamine lotion juga ampuh mengatasi cacar air, scabies, hingga meringankan reaksi kulit terhadap racun tanaman. Karena memiliki banyak manfaat, lotion calamine tak hanya digunakan orang dewasa, bayi dan ibu hamil juga dapat memakainya.Namun, tentu tak sembarang lotion calamine bisa digunakan, ya. Supaya Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih lotion calamine terbaik. Delapan rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Caladine, juga telah kami siapkan. Harganya pun bervariasi. Jadi, mari disimak!
    Obat-obatan
  • 10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Obat sakit perut dikonsumsi untuk meredakan gangguan perut, seperti mules, nyeri, perut melilit, diare, dan sebagainya. Untuk mengatasinya, banyak masyarakat memilih membeli obat herbal atau obat sakit perut di apotek. Tidak hanya orang dewasa saja, banyak juga anak-anak yang membutuhkan obat sakit perut khusus anak.Anda tentu saja tidak boleh sembarangan memilih obat sakit perut. Bersama dengan dokter umum, Annisa, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih obat sakit perut yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek obat sakit perut yang bagus, seperti Mylanta, Tay Pin San, dan Polysilane.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2022)
    Di zaman serba digital seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada penggunaan gadget, misalnya smartphone dan laptop. Belum lagi penggunaan lensa kontak juga semakin populer. Ketergantungan pada gadget dan lensa kontak dapat memengaruhi kesehatan mata, salah satunya adalah mata kering.Cara mengatasi kondisi tersebut adalah Anda perlu menggunakan obat tetes mata. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih obat tetes mata untuk mengatasi mata kering. Beberapa produk terkenal dari berbagai merk, seperti Insto, Rohto, dan Cendo Lyteers akan kami rekomendasikan untuk Anda. Yuk, simak selengkapnya!
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit merupakan pelindung tubuh dari lingkungan sekitar sehingga rentan mengalami luka. Bila Anda menjalani operasi, proses operasi juga biasanya meninggalkan luka di kulit. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka. Langkah paling sederhana adalah dengan menggunakan salep penghilang bekas luka.Salep penghilang bekas luka memiliki berbagai bahan aktif untuk membuat kulit kembali mulus. Dalam artikel ini, kami akan mengulas tips memilih salep dengan bahan yang pas untuk Anda, serta memberi rekomendasi produk pilihan. Berbagai produk, seperti merk Dermatix, Mederma, dan Laderma, ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2022)
    Penyakit maag atau lambung bukanlah gangguan medis yang asing dan cenderung dekat dengan masyarakat Indonesia. Tidak heran apabila di pasaran tersedia berbagai merk obat maag, antara lain Mylanta, Promag, atau Inpepsa. Jenisnya pun cukup bervariasi seperti obat maag cair dan obat maag tablet.Meskipun tersedia dalam beragam pilihan, tidak semua orang dapat menemukan obat maag yang dibutuhkan dengan mudah. Beberapa di antara Anda mungkin kebingungan saat memilihnya. Untuk itu, berikut ini kami akan memberikan rekomendasi obat maag beserta penjelasan singkat tentang cara memilihnya. Selamat menyimak!
    Obat-obatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori