10 Rekomendasi Sabun Pencuci Botol Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sabun Pencuci Botol Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Botol atau dot susu bayi harus selalu steril agar kesehatan si bayi tetap terjaga. Anda akan membutuhkan sabun pencuci botol susu bayi untuk membersihkannya. Berbagai merek sabun pencuci botol bayi, seperti Cussons Baby, Baby Huki, atau Pure Baby banyak beredar di pasaran sehingga Anda mungkin bingung harus memilih yang mana.

Banyak faktor yang dapat dijadikan pertimbangan dalam pemilihannya. Karena itu, kami akan jelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi sabun pencuci botol bayi terbaik. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda agar bayi Anda tetap sehat dan ceria sepanjang hari!

Daftar isi

Cara memilih sabun pencuci botol bayi

Ketika Anda mencari sabun pencuci botol bayi, Anda akan menemukan produk dengan label disinfektan dan sabun pencuci. Kami akan menjelaskan keduanya dengan tetap memfokuskan pembahasan pada sabun pencuci botol bayi.

Periksa keamanan komposisi bahannya

Periksa keamanan komposisi bahannya

Sabun pencuci botol bayi memiliki kandungan surfaktan lebih rendah dibanding sabun pencuci piring biasa. Surfaktan sendiri dapat berasal dari bahan alami atau pun bahan kimia buatan. Keduanya sama-sama memiliki daya pembersih yang baik, tetapi surfaktan dari bahan kimia buatan memiliki daya pembersih lebih baik daripada surfaktan dari bahan alami.

Surfaktan dari bahan kimia buatan pun cenderung lebih sulit untuk dibilas sehingga akan meninggalkan residu yang dapat membahayakan kesehatan bayi. Karena itu, ketika memilih sabun pencuci botol bayi hindari produk yang mengandung surfaktan dari bahan kimia buatan seperti sulfuric acid atau sulfonic acid.

Tidak hanya itu, ada juga sabun pencuci botol bayi yang mengandung metal sequestrants, stabilizing agent, antiseptik, dan sebagainya. Bila bahan-bahan ini masuk ke dalam tubuh, bisa saja timbul masalah pada kesehatan bayi Anda. Namun, hal tersebut bukanlah masalah bila Anda membilasnya hingga bersih. Bila Anda ingin menghindari bahan-bahan berbahaya seperti itu, Anda juga sebaiknya menghindari produk yang mengandung tambahan pewangi.

Periksa kemampuan berbusa dan kemudahan pembilasannya

Periksa kemampuan berbusa dan kemudahan pembilasannya

Kebanyakan sabun pencuci botol bayi dapat langsung berbusa banyak saat dikeluarkan dari wadahnya. Bahkan ada produk yang hanya mengeluarkan busa saja dari wadahnya. Apa pun sabun pencuci botol bayi yang Anda pilih, pastikan bahwa produk tersebut tidak akan meninggalkan residu di dalam botol bayi Anda. Apalagi, baik susu maupun ASI (air susu ibu) mengandung banyak lemak sehingga sisa-sisanya akan tertinggal dalam botol bila Anda tidak membersihkannya dengan sempurna. Karena itu, pastikan Anda membilas dengan sempurna dan pilihlah produk yang tidak hanya berbusa, tetapi juga ampuh membersihkan sekaligus mudah dibilas.

Lalu, Anda juga bisa memastikan daya pembersih suatu produk dengan cara mengeceknya melalui review pengguna. Selain itu, pastikan bahwa setelah Anda selesai membilas botol bayi Anda, Anda tetap membersihkannya dengan air mengalir selama kurang lebih 10 detik. Hal tersebut dimaksudkan untuk memastikan bahwa tidak ada residu yang tertinggal karena sisa sabun dapat menimbulkan reaksi alergi kepada bayi.

Pilih berdasarkan jenis wadahnya

Terdapat 2 tipe wadah untuk sabun pencuci botol bayi. Berikut akan kami jelaskan secara lengkap agar Anda dapat memilih yang paling mudah digunakan bagi Anda.

Push type, mudah untuk menakar dan mengontrol jumlah sabun

Push type, mudah untuk menakar dan mengontrol jumlah sabun

Anda tidak akan selalu mencuci banyak botol setiap kali mencuci, bukan? Bisa saja pada saat tertentu Anda hanya mencuci satu botol dot saja. Dengan memakai wadah push type, Anda bisa dengan mudah menyesuaikan kuantitas sabun dengan jumlah botol atau dot yang harus Anda bersihkan. Meski terasa agak sulit digunakan ketika tangan Anda basah atau licin, kemudahan mengontrol jumlah sabun yang dikeluarkan membuat wadah tipe ini lebih ekonomis dan tetap layak untuk dipilih. Selain itu, sabun pencuci botol bayi yang dikemas dalam wadah push type biasanya tersedia pula dalam kemasan kecil sehingga cocok untuk Anda yang baru ingin mencoba suatu produk.

Spray type, mudah digunakan dengan satu tangan

Spray type, mudah digunakan dengan satu tangan

Bila Anda sudah mengetahui merek sabun pencuci botol bayi yang Anda sukai, Anda bisa mencoba menggunakan produk dengan wadah spray type. Umumnya produk seperti ini dijual dalam volume besar sehingga harganya lebih ekonomis. Selain itu, produk dengan wadah seperti ini sangat mudah Anda pegang dengan satu tangan, misalnya saat tangan Anda yang satu lagi sedang memegang botol atau menggendong bayi.

Meski begitu, bila ternyata Anda tidak menyukai produk tersebut dan ingin menggantinya dengan produk lain, Anda jadi malah rugi karena sudah terlanjur membelinya dalam volume cukup banyak.

Selain itu, di Indonesia masih jarang ditemukan sabun pencuci botol dalam wadah spray type. Namun, selain push type sabun pencuci botol yang dikemas dalam wadah bertipe pompa juga sering dijumpai di pasaran. Tipe seperti ini juga relatif mudah digunakan bahkan dengan satu tangan.

Kombinasikan dengan disinfektan agar lebih steril

Tidak semua sabun pencuci botol bayi juga memiliki fungsi sebagai disinfektan. Karena itu, bila Anda hendak mensterilkan botol bayi, Anda harus menggunakan cairan disinfektan secara terpisah setelah mencucinya dengan sabun. Umumnya, produk disinfektan digunakan dengan diencerkan atau dilarutkan ke dalam air. Setelah botol bayi Anda direndam dalam larutan disinfektan tersebut selama kurun waktu 10 menit sampai 1 jam, botol pun akan steril dan bebas kuman.

Kemudian, ada juga produk disinfektan yang dapat digunakan berulang kali selama masih dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, ada pula sebagian ibu yang menggunakan sabun cuci biasa untuk membersihkan botol bayi, kemudian merendamnya dalam cairan disinfektan khusus botol bayi. Karena itu, Anda bisa menyesuaikan penggunaan sabun pencuci botol bayi dan disinfektan sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia.

Pahami bahan-bahan disinfektan untuk botol susu bayi Anda

Pahami bahan-bahan disinfektan untuk botol susu bayi Anda

Bahan yang sangat sering dijadikan disinfektan untuk botol bayi adalah natrium hipoklorit. Senyawa ini sangat efektif untuk membasmi norovirus dan banyak digunakan sebagai disinfektan.

Berhubung secara kuantitas dapat digunakan lebih sedikit dibanding jenis agen disinfektan lainnya, umumnya botol bayi tak lagi memerlukan pembilasan dengan air biasa setelahnya. Meski begitu, tetaplah baca petunjuk penggunaan pada kemasan produk agar lebih aman. Bila terasa mengganjal, Anda tetap boleh membilas botol dengan air pascaperendaman dengan disinfektan meski pada kemasan produk tertulis “tidak perlu dibilas”.

10 Rekomendasi sabun pencuci botol bayi terbaik

Kini, kami akan segera memberikan sepuluh rekomendasi sabun pencuci botol bayi terbaik. Pilihlah produk dengan kelebihan, fungsi, dan kemasan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

10. MY BABY Bottle, Nipple & Baby Accessories Cleanser

10. MY BABY Bottle, Nipple & Baby Accessories Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 27.500

Antislip dengan desainnya yang ergonomis

Dikemas dalam wadah push type, produk ini tetap bisa Anda genggam dengan erat karena memiliki desain botol berlekuk unik yang pas di tangan Anda. Tentunya sangat pas untuk Anda yang mencari sabun pencuci botol bayi berdesain ergonomis, mudah digenggam, dan mudah ditakar jumlah sabun yang dikeluarkannya.

Selain itu, Anda juga akan semakin nyaman menggunakan produk ini karena teksturnya terasa lembut di tangan. Lalu, seandainya residu produk ini masih tersisa di dalam botol bayi Anda dan tidak sengaja tertelan, produk ini dijamin tidak akan mengganggu pencernaan karena sudah diproses khusus dan memiliki sertifikasi food grade.

Bahan pembersih utama Bahan alami
Jenis wadah Push type

9. Cussons Baby Liquid Cleanser

9. Cussons Baby Liquid Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 24.300

Makin segar dan bebas kuman dengan lime extract

Bersifat biodegradable, sabun pencuci botol ini sangat ramah lingkungan dan mudah terurai residunya. Lalu, produk ini pun aman ketika tidak sengaja tertelan karena sudah memiliki sertifikasi food grade. Selain itu, produk ini juga diklaim mudah untuk Anda bilas dan tidak akan menyisakan residu di dalam botol bayi Anda.

Produk ini juga mengandung lime extract yang berfungsi sebagai pembersih alami, penghilang bau tak sedap, dan pembasmi bakteri di dalam botol bayi Anda. Bila Anda mencari sabun pencuci botol bayi yang mampu membasmi aroma sisa susu atau makanan lainnya dan bakteri secara optimal, tidak perlu ragu untuk membeli produk ini.

Bahan pembersih utama Bahan alami dan lime extract
Jenis wadah Push type

8. Baby Huki Liquid Cleanser

8. Baby Huki Liquid Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 22.500

Lebih ekonomis di kantong dengan kemasan besar

Sabun pencuci botol bayi keluaran Baby Huki ini dibuat dari bahan alami dan mampu membersihkan botol bayi dengan optimal. Tidak membuat tangan Anda kering dan iritasi, sabun ini terasa lembut di tangan dan Anda pun akan semakin betah menggunakannya.

Dikemas dalam ukuran besar dengan volume isi 700 ml dan wadah berkepala pump type, produk ini praktis digunakan meski hanya dengan satu tangan. Bila Anda mencari sabun pencuci botol bayi berkualitas dengan wadah yang praktis digunakan dan memiliki harga sangat ekonomis, produk ini tentu wajib untuk Anda pertimbangkan.

Bahan pembersih utama Bahan alami
Jenis wadah Pump type

7. Pigeon Liquid Cleanser For Nursing Products

7. Pigeon Liquid Cleanser For Nursing Products

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 49.725

Basmi bakteri hingga 99,9%, makin higienis!

Mampu menyingkirkan bakteri bahkan hingga 99,99%, produk ini wajib dimiliki bila Anda ingin botol bayi Anda bebas berbagai jenis kuman dan bakteri. Selain itu, sabun ini dibuat dari bahan berkualitas yang edible dan sangat ampuh untuk membersihkan botol bayi Anda dari bermacam-macam lemak, minyak, atau sisa makanan.

Tenang saja, meski sangat ampuh mengangkat berbagai kotoran, produk ini juga tetap terasa lembut di tangan, Anda tak akan iritasi mesti mencuci menggunakan sabun ini setiap hari. Jika dibutuhkan, Anda juga bisa menggunakan produk ini untuk membersihkan pestisida dari buah atau sayur.

Bahan pembersih utama Bahan alami
Jenis wadah Push type

6. Sleek Baby Bottle Nipple

6. Sleek Baby Bottle Nipple

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 9.000

Bebas paraben, harganya pun bersahabat

Saat digunakan, produk ini tidak akan menyebabkan iritasi dan terasa lembut di tangan. Produk ini juga semakin aman bagi si kecil karena bebas kandungan paraben yang berbahaya. Mengingat harganya sangat terjangkau, produk ini wajib dipilih bila Anda memiliki dana terbatas dan menginginkan produk yang bebas bahan berbahaya.

Kemudian, produk food grade ini juga mengandung Stain Removal Formula sehingga mampu menghilangkan berbagai noda dan bau tak sedap di dalam botol bayi Anda. Tidak hanya itu, adanya formula Natural Antibacterial juga memungkinkan sabun pencuci botol ini untuk membasmi berbagai jenis bakteri di dalam botol bayi Anda.

Bahan pembersih utama Natural Antibacterial dan Stain Removal Formula
Jenis wadah Push type

5. NUK Baby Bottle Cleanser

5. NUK Baby Bottle Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 62.300

Mampu bersihkan segala jenis botol bayi

Bila Anda membutuhkan sabun pencuci botol bayi yang cocok digunakan untuk membersihkan semua jenis botol bayi, produk ini adalah solusinya. Apa pun material pembuat botol bayinya, produk ini mampu membersihkan secara optimal berkat enzim alaminya yang efektif mengangkat sisa lemak dari susu, sisa jus, atau minyak.

Tidak hanya itu, sabun pencuci botol bayi ini juga bebas BPA (bisphenol A) sehingga semakin aman untuk bayi. Dengan kadar pH yang netral, produk ini pun terasa lembut dan tidak akan membuat tangan Anda iritasi. Apalagi, produk ini juga mudah larut dengan air dan sangat mudah untuk Anda bilas sehingga menjadi semakin praktis.

Bahan pembersih utama Bahan alami dan enzim khusus
Jenis wadah Push type

4. Babymax Baby-Safe Bottle and Utensils Cleanser

4. Babymax Baby-Safe Bottle and Utensils Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 45.750

Pembersih berbahan alami dengan keharuman bergamot

Produk ini aman untuk Anda gunakan karena membersihkan dengan plant-based surfactant yang telah lolos sertifikasi food grade. Selain itu, harum segar bergamot-nya sangat efektif menghilangkan bau tak sedap. Bila Anda butuh sabun pencuci botol bayi yang sangat natural dengan keharuman eksklusif, produk ini adalah solusi tepat.

Bahan pembersih utama Plant-based surfactant
Jenis wadah Pump type

3. Little Tree Dish & Bottle Cleaning Foam

3. Little Tree Dish & Bottle Cleaning Foam

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 109.000

Ampuh membersihkan dengan ekstrak buah plus tea tree

Mengandung bahan alami dan ekstrak anggur, jeruk, serta tea tree, sabun pencuci botol bayi ini efektif untuk membersihkan botol bayi Anda dari sisa lemak dan berbagai residu lainnya. Untuk Anda yang menyukai produk berbasis ekstrak buah dan tanaman alami, produk ini wajib diperhitungkan.

Sabun pencuci botol bayi berbahan dasar air ini ternyata diformulasikan khusus sebagai produk hemat air sehingga mudah untuk Anda bilas bahkan dengan sedikit air saja. Tersedia dalam kemasan botol pump type, Anda semakin mudah mencuci botol bayi bahkan dengan satu tangan saja.

Bahan pembersih utama Ekstrak anggur, jeruk, dan tea tree
Jenis wadah Pump type

2. Cradle Baby Bottle & Nipple Cleanser

2. Cradle Baby Bottle & Nipple Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 100.000

Bebas waswas meski tertelan dengan bahan non-toxic

Sabun pencuci botol bayi keluaran Cradle ini dibuat dari bahan-bahan natural dan diproses secara khusus sehingga diklaim bebas bahan beracun dan tak berbahaya bahkan saat tertelan. Bila Anda ingin bayi Anda tetap sehat meski tak sengaja menelan residu sabun yang mungkin tersisa di botol, ini dia jawabannya!

Tidak hanya bebas bahan berbahaya, produk ini pun telah diformulasikan secara khusus sehingga bersifat edible dan dapat dengan mudah mengangkat lemak dari susu atau ASI dan membersihkannya secara sempurna. Ampuh juga hilangkan bau tak sedap, rasa susu bayi Anda pun semakin terjaga.

Bahan pembersih utama Bahan natural dan non-toxic
Jenis wadah Pump type

1. Purebaby Liquid Cleanser

1. Purebaby Liquid Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 75.000

Singkirkan bakteri secara maksimal meski tanpa SLS

Tak mengandung SLS, produk ini hanya menghasilkan sedikit busa dan sangat mudah dibilas. Namun, produk ini tetap ampuh membersihkan karena mengandung antibakteri alami dari minyak kelapa, gula jagung, dan lemon. Bila Anda ingin produk yang mudah dibilas dan efektif bunuh kuman, produk ini jawabannya.

Selain itu, sabun pencuci botol bayi biodegradeable ini juga tidak mengandung paraben, alkohol, pewarna buatan, dan parfum sehingga menjadi semakin aman untuk bayi Anda. Meski tanpa parfum, tetapi produk yang sudah tersertifikasi food grade ini masih tetap efektif hilangkan bau sisa susu yang menempel pada botol, kok!

Bahan pembersih utama Minyak kelapa, gula jagung, dan lemon
Jenis wadah Pump type

Baca juga rekomendasi sikat botol bayi di sini

Tidak hanya sabun, Anda juga perlu menggunakan sikat botol bayi agar botol bayi yang Anda cuci bisa bersih sempurna. Anda bisa membaca lebih detail mengenai cara memilih dan rekomendasi sikat botol bayi terbaik dalam artikel di bawah ini. Selamat membaca!

Kesimpulan

Dengan menggunakan sabun pencuci botol bayi, botol bayi Anda akan tetap steril sehingga bayi Anda pun semakin sehat. Saat memilih sabun pencuci botol bayi, Anda harus mengetahui kandungan bahan, memilih produk yang ampuh membersihkan dan mudah dibilas, serta mengecek jenis wadahnya.

Perlu untuk diingat, tidak semua sabun berfungsi sebagai disinfektan. Jika dibutuhkan, Anda bisa memadukannya dengan disinfektan tambahan. Pilihlah produk yang paling sesuai kebutuhan Anda, ya!