• 10 Rekomendasi Sabun Pencuci Botol Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sabun Pencuci Botol Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sabun Pencuci Botol Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sabun Pencuci Botol Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sabun Pencuci Botol Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sabun Pencuci Botol Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Botol atau dot susu bayi harus selalu steril agar kesehatan si bayi tetap terjaga. Anda akan membutuhkan sabun pencuci botol susu bayi untuk membersihkannya. Berbagai merek sabun pencuci botol bayi, seperti Cussons Baby, Baby Huki, atau Pure Baby banyak beredar di pasaran sehingga Anda mungkin bingung harus memilih yang mana.

Banyak faktor yang dapat dijadikan pertimbangan dalam pemilihannya. Karena itu, kami akan jelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi sabun pencuci botol bayi terbaik. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda agar bayi Anda tetap sehat dan ceria sepanjang hari!
  • Pembaharuan terakhir: 18 Mei 2020
  • 11.839 Views
Daftar isi

Cara memilih sabun pencuci botol bayi

Ketika Anda mencari sabun pencuci botol bayi, Anda akan menemukan produk dengan label disinfektan dan sabun pencuci. Kami akan menjelaskan keduanya dengan tetap memfokuskan pembahasan pada sabun pencuci botol bayi.

Periksa keamanan komposisi bahannya

Periksa keamanan komposisi bahannya
Sabun pencuci botol bayi memiliki kandungan surfaktan lebih rendah dibanding sabun pencuci piring biasa. Surfaktan sendiri dapat berasal dari bahan alami atau pun bahan kimia buatan. Keduanya sama-sama memiliki daya pembersih yang baik, tetapi surfaktan dari bahan kimia buatan memiliki daya pembersih lebih baik daripada surfaktan dari bahan alami.
Surfaktan dari bahan kimia buatan pun cenderung lebih sulit untuk dibilas sehingga akan meninggalkan residu yang dapat membahayakan kesehatan bayi. Karena itu, ketika memilih sabun pencuci botol bayi hindari produk yang mengandung surfaktan dari bahan kimia buatan seperti sulfuric acid atau sulfonic acid.
Tidak hanya itu, ada juga sabun pencuci botol bayi yang mengandung metal sequestrants, stabilizing agent, antiseptik, dan sebagainya. Bila bahan-bahan ini masuk ke dalam tubuh, bisa saja timbul masalah pada kesehatan bayi Anda. Namun, hal tersebut bukanlah masalah bila Anda membilasnya hingga bersih. Bila Anda ingin menghindari bahan-bahan berbahaya seperti itu, Anda juga sebaiknya menghindari produk yang mengandung tambahan pewangi.

Periksa kemampuan berbusa dan kemudahan pembilasannya

Periksa kemampuan berbusa dan kemudahan pembilasannya
Kebanyakan sabun pencuci botol bayi dapat langsung berbusa banyak saat dikeluarkan dari wadahnya. Bahkan ada produk yang hanya mengeluarkan busa saja dari wadahnya. Apa pun sabun pencuci botol bayi yang Anda pilih, pastikan bahwa produk tersebut tidak akan meninggalkan residu di dalam botol bayi Anda. Apalagi, baik susu maupun ASI (air susu ibu) mengandung banyak lemak sehingga sisa-sisanya akan tertinggal dalam botol bila Anda tidak membersihkannya dengan sempurna. Karena itu, pastikan Anda membilas dengan sempurna dan pilihlah produk yang tidak hanya berbusa, tetapi juga ampuh membersihkan sekaligus mudah dibilas.
Lalu, Anda juga bisa memastikan daya pembersih suatu produk dengan cara mengeceknya melalui review pengguna. Selain itu, pastikan bahwa setelah Anda selesai membilas botol bayi Anda, Anda tetap membersihkannya dengan air mengalir selama kurang lebih 10 detik. Hal tersebut dimaksudkan untuk memastikan bahwa tidak ada residu yang tertinggal karena sisa sabun dapat menimbulkan reaksi alergi kepada bayi.

Pilih berdasarkan jenis wadahnya

Terdapat 2 tipe wadah untuk sabun pencuci botol bayi. Berikut akan kami jelaskan secara lengkap agar Anda dapat memilih yang paling mudah digunakan bagi Anda.

Push type, mudah untuk menakar dan mengontrol jumlah sabun

Push type, mudah untuk menakar dan mengontrol jumlah sabun
Anda tidak akan selalu mencuci banyak botol setiap kali mencuci, bukan? Bisa saja pada saat tertentu Anda hanya mencuci satu botol dot saja. Dengan memakai wadah push type, Anda bisa dengan mudah menyesuaikan kuantitas sabun dengan jumlah botol atau dot yang harus Anda bersihkan. Meski terasa agak sulit digunakan ketika tangan Anda basah atau licin, kemudahan mengontrol jumlah sabun yang dikeluarkan membuat wadah tipe ini lebih ekonomis dan tetap layak untuk dipilih. Selain itu, sabun pencuci botol bayi yang dikemas dalam wadah push type biasanya tersedia pula dalam kemasan kecil sehingga cocok untuk Anda yang baru ingin mencoba suatu produk.

Spray type, mudah digunakan dengan satu tangan

Spray type, mudah digunakan dengan satu tangan
Bila Anda sudah mengetahui merek sabun pencuci botol bayi yang Anda sukai, Anda bisa mencoba menggunakan produk dengan wadah spray type. Umumnya produk seperti ini dijual dalam volume besar sehingga harganya lebih ekonomis. Selain itu, produk dengan wadah seperti ini sangat mudah Anda pegang dengan satu tangan, misalnya saat tangan Anda yang satu lagi sedang memegang botol atau menggendong bayi.
Meski begitu, bila ternyata Anda tidak menyukai produk tersebut dan ingin menggantinya dengan produk lain, Anda jadi malah rugi karena sudah terlanjur membelinya dalam volume cukup banyak.
Selain itu, di Indonesia masih jarang ditemukan sabun pencuci botol dalam wadah spray type. Namun, selain push type sabun pencuci botol yang dikemas dalam wadah bertipe pompa juga sering dijumpai di pasaran. Tipe seperti ini juga relatif mudah digunakan bahkan dengan satu tangan.

Kombinasikan dengan disinfektan agar lebih steril

Tidak semua sabun pencuci botol bayi juga memiliki fungsi sebagai disinfektan. Karena itu, bila Anda hendak mensterilkan botol bayi, Anda harus menggunakan cairan disinfektan secara terpisah setelah mencucinya dengan sabun. Umumnya, produk disinfektan digunakan dengan diencerkan atau dilarutkan ke dalam air. Setelah botol bayi Anda direndam dalam larutan disinfektan tersebut selama kurun waktu 10 menit sampai 1 jam, botol pun akan steril dan bebas kuman.
Kemudian, ada juga produk disinfektan yang dapat digunakan berulang kali selama masih dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, ada pula sebagian ibu yang menggunakan sabun cuci biasa untuk membersihkan botol bayi, kemudian merendamnya dalam cairan disinfektan khusus botol bayi. Karena itu, Anda bisa menyesuaikan penggunaan sabun pencuci botol bayi dan disinfektan sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia.

Pahami bahan-bahan disinfektan untuk botol susu bayi Anda

Pahami bahan-bahan disinfektan untuk botol susu bayi Anda
Bahan yang sangat sering dijadikan disinfektan untuk botol bayi adalah natrium hipoklorit. Senyawa ini sangat efektif untuk membasmi norovirus dan banyak digunakan sebagai disinfektan.
Berhubung secara kuantitas dapat digunakan lebih sedikit dibanding jenis agen disinfektan lainnya, umumnya botol bayi tak lagi memerlukan pembilasan dengan air biasa setelahnya. Meski begitu, tetaplah baca petunjuk penggunaan pada kemasan produk agar lebih aman. Bila terasa mengganjal, Anda tetap boleh membilas botol dengan air pascaperendaman dengan disinfektan meski pada kemasan produk tertulis “tidak perlu dibilas”.

10 Rekomendasi sabun pencuci botol bayi terbaik

Kini, kami akan segera memberikan sepuluh rekomendasi sabun pencuci botol bayi terbaik. Pilihlah produk dengan kelebihan, fungsi, dan kemasan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
10
Bahan pembersih utamaBahan alami
Jenis wadahPush type
9
Bahan pembersih utamaBahan alami dan lime extract
Jenis wadahPush type
8
Bahan pembersih utamaBahan alami
Jenis wadahPump type
7
Bahan pembersih utamaBahan alami
Jenis wadahPush type
6
Bahan pembersih utamaNatural Antibacterial dan Stain Removal Formula
Jenis wadahPush type
5
Bahan pembersih utamaBahan alami dan enzim khusus
Jenis wadahPush type
4
Bahan pembersih utamaPlant-based surfactant
Jenis wadahPump type
3
Bahan pembersih utamaEkstrak anggur, jeruk, dan tea tree
Jenis wadahPump type
2
Bahan pembersih utamaBahan natural dan non-toxic
Jenis wadahPump type
1
Bahan pembersih utamaMinyak kelapa, gula jagung, dan lemon
Jenis wadahPump type

Tabel perbandingan produk sabun pencuci botol bayi terbaik

Gambar produk
1
Purebaby Liquid Cleanser 1

Purebaby

2
Cradle Baby Bottle & Nipple Cleanser 1

Cradle

3
Little Tree Dish & Bottle Cleaning Foam 1

Little Tree

4
Babymax Baby-Safe Bottle and Utensils Cleanser 1

Babymax

5
NUK Baby Bottle Cleanser 1

NUK

6
Sleek Baby Bottle Nipple 1

Sleek

7
Pigeon Liquid Cleanser For Nursing Products 1

Pigeon

8
Baby Huki Liquid Cleanser 1

Baby Huki

9
Cussons Baby Liquid Cleanser 1

Cussons Baby

10
MY BABY Bottle, Nipple & Baby Accessories Cleanser 1

MY BABY

Nama produk

Liquid Cleanser

Baby Bottle & Nipple Cleanser

Dish & Bottle Cleaning Foam

Baby-Safe Bottle and Utensils Cleanser

Baby Bottle Cleanser

Baby Bottle Nipple

Liquid Cleanser For Nursing Products

Liquid Cleanser

Liquid Cleanser

Bottle, Nipple & Baby Accessories Cleanser

KeunggulanSingkirkan bakteri secara m...Bebas waswas meski tertelan...Ampuh membersihkan dengan e...Pembersih berbahan alami de...Mampu bersihkan segala jeni...Bebas paraben, harganya pun...Basmi bakteri hingga 99,9%,...Lebih ekonomis di kantong d...Makin segar dan bebas kuman...Antislip dengan desainnya y...
HargaRp 67.500,00Rp 80.000,00Rp 109.000,00Rp 65.000,00Rp 69.999,00Rp 9.000,00Rp 35.000,00Rp 44.800,00Rp 25.500,00Rp 19.500,00
Bahan pembersih utamaMinyak kelapa, gula jagung, dan lemonBahan natural dan non-toxicEkstrak anggur, jeruk, dan tea treePlant-based surfactantBahan alami dan enzim khususNatural Antibacterial dan Stain Removal FormulaBahan alamiBahan alamiBahan alami dan lime extractBahan alami
Jenis wadahPump typePump typePump typePump typePush typePush typePush typePump typePush typePush type
Tautan produk

Baca juga rekomendasi sikat botol bayi di sini

Tidak hanya sabun, Anda juga perlu menggunakan sikat botol bayi agar botol bayi yang Anda cuci bisa bersih sempurna. Anda bisa membaca lebih detail mengenai cara memilih dan rekomendasi sikat botol bayi terbaik dalam artikel di bawah ini. Selamat membaca!

Kesimpulan

Dengan menggunakan sabun pencuci botol bayi, botol bayi Anda akan tetap steril sehingga bayi Anda pun semakin sehat. Saat memilih sabun pencuci botol bayi, Anda harus mengetahui kandungan bahan, memilih produk yang ampuh membersihkan dan mudah dibilas, serta mengecek jenis wadahnya.
Perlu untuk diingat, tidak semua sabun berfungsi sebagai disinfektan. Jika dibutuhkan, Anda bisa memadukannya dengan disinfektan tambahan. Pilihlah produk yang paling sesuai kebutuhan Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    247.785 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan sembarangan. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit membuat ibu kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    109.727 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    133.666 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream pada kulit bayi Anda. Ada berbagai merek baby cream yang seringkali membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih baby cream terbaik untuk bayi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya, mulai dari Zwitsal, Cussons, hingga Mustela. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    81.585 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Ibu & anak
    79.444 Views
  • 10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika makin besar, bayi Anda akan membutuhkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Bubur bayi merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan karena memiliki berbagai rasa, kandungan vitamin dan mineral, dan lain sebagainya. Namun, banyaknya produk yang beredar mungkin membuat Anda bingung untuk memilihnya.Karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak dan sehat, serta memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik untuk bayi Anda. Produk-produk ternama dari Milna, Promina, SUN, dan sebagainya pun tak ketinggalan untuk kami ulas. Yuk, simak ulasan kami!
    Ibu & anak
    69.172 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Boot Hujan Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Boot Hujan Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020)
    Sepatu boot hujan biasa digunakan oleh anak-anak mulai dari usia TK sampai sekolah dasar untuk melindungi kakinya dari air. Berbagai tipe boots dengan desain modis serta menggemaskan pun sudah banyak tersedia di pasaran.Dengan banyaknya tipe tersebut, Anda mungkin akan bingung memilih boots yang sesuai untuk anak Anda. Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting yang perlu diperhatikan ketika memilih boots hujan untuk anak. Tak lupa, ada sepuluh rekomendasi produk terbaik yang sudah kami siapkan. Yuk, kita mulai!
    Ibu & anak
    1.483 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori