10 Rekomendasi Speaker Pasif Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Speaker Pasif Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Bila ingin menikmati kualitas audio secara optimal, Anda wajib melengkapi sound system Anda dengan speaker pasif. Anda akan menemukan berbagai merek speaker pasif berkualitas, seperti Bose, JBL, harman/kardon, Yamaha, dan sebagainya. Semuanya berlomba-lomba menciptakan speaker pasif dengan kualitas suara menakjubkan.

Sebelum mulai mempertimbangkan berbagai produk speaker pasif di pasaran, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi speaker pasif terbaik agar Anda bisa menemukan produk yang tepat. Nikmati kualitas audio yang mantap dengan speaker pasif favorit Anda!

Daftar isi

Apa itu speaker pasif?

Apa itu speaker pasif?

Speaker yang tidak dilengkapi dengan amplifier disebut dengan speaker pasif. Sementara itu, speaker yang sudah dilengkapi dengan amplifier disebut speaker aktif. Absennya amplifier membuat speaker pasif memiliki ukuran lebih compact dan kualitas suara yang jernih.

Meski begitu, Anda tetap bisa mengombinasikan speaker pasif dengan amplifier tambahan dan mengesetnya agar menghasilkan kualitas suara yang Anda inginkan. Zaman sekarang ini, telah banyak orang yang menitikberatkan audio pada kualitas suara, bahkan memperhatikan hingga ke detail-detail perangkat audio yang mereka pilih. Nah, bagaimana dengan Anda?

Cara memilih speaker pasif

Terdapat hal-hal penting yang harus Anda perhatikan agar bisa memilih speaker pasif yang sesuai dengan selera Anda. Berikut akan kami jelaskan satu-persatu.

Agar tidak mudah bosan, pilihlah speaker yang memiliki desain menarik

Agar tidak mudah bosan, pilihlah speaker yang memiliki desain menarik

Beragam desain yang memanjakan mata, dari motif serat kayu hingga finishing mengilap dan mewah ala piano, tersedia di pasaran. Sebagian besar produk pun hadir dengan warna kayu asli, cokelat, atau hitam.

Sebagian besar speaker dapat diganti rangka luarnya. Sebelum memilih rangka yang tepat, cobalah Anda bandingkan saat rangka luarnya dilepas dan saat dipasang. Pilihlah produk yang memiliki desain menarik dan paling pas dengan selera Anda.

Pilih berdasarkan kualitas suaranya

 

Pilih berdasarkan kualitas suaranya

Genre musik seperti apa yang sering Anda dengar? Sekalipun Anda telah mendengarkan lagu favorit Anda berulang kali, lagu tersebut bisa terdengar berbeda ketika Anda menggunakan speaker yang berbeda.

Bila Anda menyukai lagu pop dan ingin menonjolkan kualitas vokal dalam lagu, Anda bisa memilih speaker pasif yang menonjolkan mid-high range tone. Lalu, bila Anda ingin merasakan kualitas suara seperti opera, pilihlah produk dengan treble yang mumpuni. Di sisi lain, bila Anda menyukai jazz atau orkestra, Anda bisa memilih speaker pasif yang karakter suaranya seimbang. Untuk kepuasan optimal, pilihlah speaker pasif dengan kualitas suara sesuai selera musik Anda!

Pilih produk dengan ukuran sesuai lokasi penempatannya

Pilih produk dengan ukuran sesuai lokasi penempatannya

Apakah Anda hendak meletakkan speaker pasif di atas meja, di ruang tamu, atau di ruangan khusus yang kedap suara? Sesuaikan ukuran speaker pasif tersebut dengan lokasi penempatan dan ukuran ruangannya. Penting untuk diperhatikan, speaker pasif berukuran kecil biasanya tidak menghasilkan suara bass yang memadai.

Pilih setelah mempertimbangkan review konsumen

Pilih setelah mempertimbangkan review konsumen

Setelah Anda memiliki beberapa kandidat produk speaker pasif untuk dipilih, Anda bisa mencari informasi tambahan mengenai seluruh speaker tersebut melalui review konsumen lain. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencari informasi dengan cara membaca berbagai informasi mengenai genre musik favorit Anda agar semakin memiliki gambaran mengenai kualitas suara yang Anda cari. Seluruh informasi tersebut akan sangat berguna dan membantu Anda dalam memilih speaker yang paling tepat.

10 Rekomendasi speaker pasif terbaik

Sekarang, kami akan memberikan 10 rekomendasi produk speaker pasif terbaik. Anda akan menemukan berbagai speaker pasif berkualitas mumpuni dalam daftar rekomendasi ini. Selamat membaca!

10. Nakamichi N-Power

10. Nakamichi N-Power

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 699.000

Compact plus tahan air dan debu, makin asyik untuk kegiatan outdoor

Memiliki ukuran hanya sebesar telapak tangan Anda, produk ini sangat compact dan mudah disimpan. Meski kecil, produk ini sudah dilengkapi passive bass sehingga mampu memberi Anda suara bass yang menggetarkan. Dengan durasi pengisian daya 2 jam, produk ini akan menemani Anda menikmati lagu kesukaan selama 6 jam.

Tidak hanya itu, produk ini juga memiliki sertifikasi IP66 sehingga tidak mudah rusak baik oleh air maupun debu saat Anda gunakan di alam bebas. Ditambah dengan adanya silicon sleeve, speaker pasif ini juga semakin tahan banting. Bila Anda membutuhkan speaker pasif untuk menemani petualangan outdoor Anda, produk ini pilihannya!

Input maksimum Tidak disebutkan
Frekuensi 150 Hz – 18 kHz
Bobot 700 gr / unit
Impedansi Tidak disebutkan
Ukuran Tidak disebutkan

9. Yamaha VS6

9. Yamaha VS6

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.360.000

Suara mantap dengan bodi besar, tetapi tetap portabel!

Dibuat menggunakan HIPS (high impact polystyrene sheet), produk ini menjadi kuat dan tahan air. Bahan tersebut juga membuat produk yang ukurannya cukup besar ini semakin mudah untuk dipindahkan. Bila Anda menyukai speaker pasif berukuran besar dengan bobot yang minim, produk inilah pilihannya.

Apalagi, produk yang memiliki SPL (sound pressure level) sebesar 110 dB ini juga memiliki fitur overload protection circuit sehingga komponen-komponen penting di dalamnya semakin terlindungi. Speaker pasif ini pun sudah dilengkapi dome tweeter yang mampu menghasilkan suara treble menakjubkan untuk puaskan indera pendengaran Anda.

Input maksimum 100 w
Frekuensi 80 Hz-20 kHz
Bobot 2,8 kg / unit
Impedansi 8 Ω
Ukuran 19 x 30,8 x 21,9 cm

8. Nakamichi My Meiryo Space Speaker Wireless Bluetooth

8. Nakamichi My Meiryo Space Speaker Wireless Bluetooth

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 774.000

Kualitas suara vokal mumpuni dengan harga yang bikin happy

Mengedepankan mid-high range tone, speaker pasif ini mampu menghasilkan suara vokal yang terdengar begitu jernih dan memukau. Harganya pun termasuk terjangkau untuk kualitas selevel itu. Bila Anda memiliki dana terbatas, tetapi menginginkan speaker pasif dengan suara vokal mencengangkan, produk ini layak diperhitungkan.

Tidak hanya itu, desain dan bentuknya cukup simpel dan elegan, semakin cocok untuk Anda letakkan di dalam ruangan. Selain itu, bodinya dibuat dari aluminium sehingga tidak mudah berkarat, ringan, dan cukup kuat untuk Anda gunakan secara rutin. Dengan bobot hanya 583 gram, produk ini tidak akan membebani meski diajak mobile.

Input maksimum Tidak disebutkan
Frekuensi 20 Hz – 20 kHz
Bobot 583 gr / unit
Impedansi 4 Ω
Ukuran Diameter 18,06 cm

7. BMB CS-252 V

7. BMB CS-252 V

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.600.000

Buat momen karaokean Anda jadi makin asyik!

Bila Anda mencari speaker pasif yang mampu membuat saat karaoke semakin menyenangkan, produk dengan enclosure bass reflex ini adalah salah satu solusi tepat. Dengan rentang frekuensi suara yang luas, yaitu 50 Hz-20 kHz, produk ini mampu memberi Anda suara menggelegar mulai dari nada bass rendah hingga berbagai nada treble yang cukup tinggi.

Apalagi, produk ini sudah dilengkapi dengan woofer tipe cone sehingga mampu menyuguhkan kepada Anda nada rendah yang terdengar bulat, jernih, dan menghentak. Dipadukan dengan tweeter yang membuat setiap nada tinggi terdengar jelas, produk ini siap menjadikan momen karaoke Anda menjadi semakin menyenangkan!

Input maksimum 300 w
Frekuensi 50 Hz – 20 kHz
Bobot 3,81 kg / unit
Impedansi 8 Ω
Ukuran 44,6 x 26,7 x 25,3 cm

6. Behringer EUROCOM SL4240

6. Behringer EUROCOM SL4240

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.890.000

Lebih mudah arahkan fokus suara dengan mounting dual axis

Dibuat dari material pilihan, produk ini dapat Anda pasang baik di dalam maupun di luar ruangan. Selain itu, Anda dapat menggunakan speaker pasif yang satu ini untuk memutar file AV (audiovisual), lho! Dengan daya listrik 100 watt, produk ini mampu menghasilkan suara memukau dan menyebarkannya secara merata ke segala arah.

Meski begitu, Anda tetap bisa mengubah arah speaker dan memfokuskan suaranya ke area tertentu karena produk ini memiliki mounting dual axis dan dapat diubah sudutnya sebesar 90º vertikal dan 180º horizontalBila Anda butuh speaker pasif dengan sistem pengaturan fokus suara yang sangat fleksibel, produk ini layak dipertimbangkan.

Input maksimum 100 w
Frekuensi Tidak disebutkan
Bobot Tidak disebutkan
Impedansi  8 Ω
Ukuran Tidak disebutkan

5. JBL Control 25AV

5. JBL Control 25AV

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.300.000

Tangguh! Suara tetap stabil meski digunakan berjam-jam

Bila Anda mencari speaker pasif yang tangguh dan tahan lama, produk ini bisa dimasukkan dalam daftar belanja Anda. Anda tidak perlu khawatir dengan karat karena bagian grill-nya dibuat dari material stainless steel. Lalu, woofer pada produk ini pun telah dilapisi dengan polipropilena sehingga siap untuk Anda gunakan berjam-jam.

Tidak hanya itu, tweeter-nya dilapisi titanium sehingga menjadi semakin kuat dan mampu menghasilkan suara yang sangat halus sekalipun telah Anda gunakan cukup lama. Apalagi, produk dengan SPL sebesar 113dB ini memiliki fitur SonicGuard overload protection, tentu menjadi semakin aman untuk Anda gunakan baik di dalam maupun di luar ruangan.

Input maksimum 200 w
Frekuensi 70 Hz – 23 kHz
Bobot 4 kg / unit
Impedansi 8 Ω
Ukuran 23,6 x 18,6 x 15,9 cm

4. Audioengine P4 Passive Speakers

4. Audioengine P4 Passive Speakers

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.999.000

Sensasi suara mid range yang memukau

Speaker pasif yang termasuk dalam kategori bookshelf speaker ini cocok untuk Anda tempatkan di atas meja, di rak buku, atau di area lain. Selain itu, produk ini pun cukup versatile karena bagian dalamnya mudah dimodifikasi dan juga dapat Anda kombinasikan dengan stereo receiver, serta amplifier tipe hybrid, integrated, dan tube.

Kemudian, bila Anda menginginkan speaker pasif dengan kualitas suara mid range yang spesial, tidak perlu ragu untuk membeli produk ini. Speaker pasif ini mampu menghasilkan suara mid-range dengan bass dan treble yang sangat seimbang sehingga setiap lantunan lagu akan terdengar semakin harmonis dan nyaman didengar telinga.

Input maksimum Tidak disebutkan
Frekuensi 58 Hz – 22 kHz
Bobot 2,75 kg / unit
Impedansi 4 Ω
Ukuran 22,8 x 14 x 16,5 cm

3. harman/kardon Go + Play

3. harman/kardon Go + Play

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 4.099.000

Fitur berkelas dengan tampilan mewah

Speaker pasif wireless ini memiliki ukuran cukup compact, cocok untuk Anda letakkan di atas meja. Apalagi, produk ini memiliki gagang stainless steel dan diberi finishing fabric sehingga terlihat begitu berkelas. Bila Anda mencari speaker pasif dengan desain yang terlihat mewah dan elegan, produk ini adalah salah satu pilihan terbaik.

Tidak hanya itu, speaker pasif ini juga dilengkapi dengan 2 tweeter dan 2 woofer sehingga mampu memberi Anda kualitas suara yang mumpuni dan balance, cocok untuk musik jazz atau orkestra. Selain itu, adanya fitur noise and echo cancelling membuat suaranya tetap jernih bahkan saat Anda gunakan untuk conference call.

Input maksimum 100 w
Frekuensi 50 Hz – 20 kHz
Bobot 3,4 kg / unit
Impedansi Tidak disebutkan
Ukuran 21,1 x 41,7 x 18,1 cm

2. Audioengine HDP6 Passive Speakers

2. Audioengine HDP6 Passive Speakers

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.499.000

Dirancang secara khusus untuk meminimalisir resonansi

Bila Anda tidak ingin terganggu dengan resonansi saat mendengarkan lagu favorit, speaker pasif ini wajib Anda miliki. Dengan adanya tweeter yang selalu didinginkan oleh ferrofluid, produk ini mampu bekerja secara optimal dan akan mengeluarkan suara yang sangat halus bahkan di nada tinggi atau saat volumenya dinaikkan.

Kemudian, woofer pada speaker pasif ini menggunakan aramid fiber dan dikelilingi karet sehingga tidak akan menimbulkan resonansi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memasang atau melepas rangka luarnya sesuka Anda, sesuaikan saja dengan mood Anda hari itu atau dengan interior ruangan Anda!

Input maksimum Tidak disebutkan
Frekuensi 50 Hz – 22 kHz
Bobot 5,5 kg / unit
Impedansi 4 Ω
Ukuran 30 x 18,5 x 25 cm

1. Bose FreeSpace 3 Surface-Mount Satellites

1. Bose FreeSpace 3 Surface-Mount Satellites

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 16.500.000

Suara menakjubkan tanpa makan banyak tempat

Ketika Anda membeli produk ini, Anda akan memperoleh 1 unit Acoustimass Bass Module plus 4 Mount Sattelites yang ukurannya hanya sebesar gelas kopi. Seluruh item tersebut dapat dengan mudah Anda pasang di dinding atau sudut ruangan sehingga tidak akan membutuhkan space khusus dan suaranya pun rata tersebar.

Meski ukurannya kecil, produk ini ber-SPL 99 dB ini mampu membuat Anda terkesima dengan perpaduan hentakan bass dan tone-nya yang sangat jernih, padat, dan penuh tenaga bahkan di ruangan yang luas. Bila Anda mencari speaker pasif dengan audio berkualitas ciamik yang hemat space, produk ini adalah pilihan terbaik.

Input maksimum 800 w
Frekuensi 50 Hz-16 kHz
Bobot 0,8 kg (satellite) / unit; 7,9 kg (accoustimass)
Impedansi 6 Ω
Ukuran 35,6 x 19,1 x 34,2 cm (Accoustimass)

7,7 x 10,2 x 7,7 cm (Satellites)

Baca juga rekomendasi speaker lainnya di sini

Setiap orang memiliki kebutuhan dan seleranya masing-masing. Untuk Anda yang sedang mencari speaker dengan fungsi-fungsi tertentu, Anda bisa membaca rekomendasi speaker lainnya melalui artikel ini!

Kesimpulan

Anda akan semakin menikmati lagu favorit Anda ketika mendengarkannya menggunakan speaker pasif. Bila kemampuannya dalam menghasilkan suara sudah mumpuni, tentu hal lain yang ingin Anda perhatikan adalah desainnya yang menarik.

Kemudian, sebelum membeli speaker pasif pastikan terlebih dahulu bahwa ukurannya sesuai dengan lokasi penempatan yang telah Anda rencanakan. Anda juga bisa membaca review konsumen mengenai speaker pasif atau genre musik favorit Anda, agar semakin yakin saat hendak memilih speaker pasif.