10 Rekomendasi Rol Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Rol Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Rol rambut merupakan alat yang sering digunakan untuk mengeriting atau blow rambut. Seiring perkembangan mode, tipe rol rambut pun menjadi begitu variatif dengan masing-masing keistimewaannya tersendiri. Akibatnya, di antara Anda, mungkin ada yang merasa kebingungan memilih saat hendak membeli rol rambut.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi rol rambut terbaik untuk Anda, serta cara yang benar untuk menggunakannya. Siapkan diri Anda untuk mencoba model rambut ikal atau keriting yang indah menawan.

Daftar isi

Apa itu rol rambut?

Apa itu rol rambut?

Rol rambut merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengubah tampilan rambut Anda menjadi ikal, bergelombang, atau keriting. Kelebihan terbesar dari rol rambut adalah Anda dapat menggunakannya tanpa alat pemanas sehingga tidak merusak rambut Anda. Anda pun dapat menggunakannya dengan mudah di mana saja tanpa memerlukan tenaga listrik. Bahkan, Anda dapat menggunakannya saat dalam perjalanan untuk menghemat waktu. Praktis, bukan?

Cara memilih rol rambut

Semua tipe rol rambut sebenarnya mempunyai kegunaan yang sama, yaitu untuk membuat rambut indah Anda menjadi ikal, bergelombang, bahkan keriting. Ada berbagai tipe rol rambut yang dijual di pasaran, seperti tipe dengan penjepit, tipe spons, dan lain sebagainya. Agar Anda dapat menentukan tipe yang cocok untuk Anda, simaklah poin-poin cara memilih berikut ini!

Tipe dengan penjepit yang cocok untuk rambut panjang

Tipe dengan penjepit yang cocok untuk rambut panjang

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang, rol rambut yang Anda gunakan biasanya mudah terlepas karena beratnya rambut yang harus ditahan oleh rol. Karena itu, rol rambut dengan penjepit lebih direkomendasikan untuk Anda.

Dengan adanya penjepit pada rol rambut tersebut, rambut panjang Anda akan tetap aman tersangga di dalam rol. Penjepitnya mampu menggenggam rambut dengan kuat sehingga hasilnya pun akan lebih memuaskan.

Tipe spons jika ingin memakainya saat tidur

Tipe spons jika ingin memakainya saat tidur

Kebanyakan wanita menggunakan rol rambut pada waktu tidur untuk lebih efisiensi waktu. Saat Anda melepas rol rambut pada keesokan harinya, ikal atau keriting yang indah pun sudah terbentuk. Namun, rol rambut biasa umumnya terbuat dari bahan plastik yang keras sehingga dapat menyakiti kepala Anda jika digunakan sambil tidur.

Rol rambut berbahan spons memiliki tekstur yang empuk sehingga tidak akan menyakiti kepala Anda serta tidak mudah terlepas dibandingkan dengan rol biasa. Tipe ini tentunya akan cocok Anda gunakan sambil tidur. Ditambah lagi, rol rambut tipe spons ini juga dapat digunakan untuk berbagai tipe dan ketebalan rambut. 

Tipe velcro yang tepat untuk mengeriting poni

Tipe velcro yang tepat untuk mengeriting poni

Rol rambut tipe magic atau magic curler adalah rol rambut terbaik untuk membentuk rambut bagian poni. Pemanas rambut biasa yang menggunakan tenaga panas dapat merusak rambut Anda, tetapi dengan rol rambut tipe velcro ini, Anda tidak perlu lagi khawatir! Sesuai namanya, tipe ini menggunakan bahan velcro yang membuat rambut dapat menempel dengan mudah pada rol tersebut. 

Umumnya, bagian poni memiliki jumlah rambut lebih sedikit dibandingkan dengan rambut bagian samping atau bagian belakang. Dengan tipe ini, Anda dapat melepas atau memasangnya pada bagian poni dengan mudah tanpa khawatir rol akan terlepas dengan sendirinya. Selain itu, rol rambut tipe magic ini tersedia dalam bermacam ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penataan rambut Anda. 

Pakailah rol rambut berukuran besar jika Anda menginginkan rambut ikal dengan kesan alami dan pilihlah rol rambut berukuran kecil untuk menghasilkan rambut keriting yang lebih rapat.

Tipe rol plastik yang mudah dicuci dan dijaga kebersihannya

Tipe rol plastik yang mudah dicuci dan dijaga kebersihannya

Rol rambut biasanya dapat digunakan berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama. Namun, semakin sering dipakai, rol rambut tersebut tentunya akan menjadi kotor. Bagi Anda yang mementingkan aspek kebersihan, rol rambut berbahan plastik dapat menjadi pilihan tepat karena mudah dicuci tanpa merusak keefektifan fungsinya.

Pada umumnya, rol rambut berbahan plastik tidak seempuk rol rambut berbahan spons sehingga kurang cocok untuk dipakai sambil tidur. Akan tetapi, rol rambut tipe ini dapat Anda simpan dalam keadaan bersih dan digunakan saat hendak bepergian.

10 Rekomendasi rol rambut terbaik

Setelah Anda mengetahui berbagai tipe rol rambut, saatnya kami memperkenalkan 10 rekomendasi rol rambut terbaik yang telah kami rangkum untuk Anda. Semoga Anda dapat menemukan produk yang paling cocok untuk gaya rambut Anda.

10. Rol Rambut Berbahan Plastik

10. Rol Rambut Berbahan Plastik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.000

Dapatkan manfaat rol rambut dengan harga ekonomis

Bagi Anda yang mencari produk dengan harga terjangkau, inilah pilihan yang tepat bagi Anda. Dengan harga tak sampai 5 digit rupiah, Anda sudah mendapatkan 5 buah rol sekaligus dalam sekali membeli. Selain itu, produk ini juga tersedia dalam varian warna ungu, hijau, oranye, dan merah muda yang dapat Anda pilih sesuai selera.

Walaupun rol rambut model ini sudah ada sejak lama, tetapi masih saja banyak dicari orang berkat keefektifannya dalam mengeriting rambut. Penjepitnya membuat produk ini mampu menahan rambut di dalam rol dengan baik. Bahannya yang terbuat dari plastik juga membuat produk ini mudah dibersihkan dan tahan lama. 

9. Rol Rambut Wave Curly

9. Rol Rambut Wave Curly

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.000

Ramah helaian dan akar rambut, plus ekstra jepit penjaga

Bagi Anda pemilik rambut yang mudah rontok atau patah, menggunakan rol rambut dengan bahan yang keras tentunya dapat merusak rambut Anda. Dengan produk ini, Anda tidak perlu khawatir lagi. Bahan spons yang lembut dan empuknya mampu menjadikan rambut Anda terlihat ikal alami tanpa merusak helaian rambut Anda.

Ditambah lagi, bobotnya pun ringan sehingga tidak akan membebani akar rambut Anda. Produk ini juga dilengkapi penjepit yang akan menahan rambut Anda agar tidak mudah terlepas dari rolnya. Selain itu, warna abu-abunya juga membuatnya tidak terlihat cepat kotor. Wujudkan rambut ikal tanpa memperparah rambut rontok Anda dengan produk ini!

8. Vortex Heat Retaining Curler Ukuran Kecil

8. Vortex Heat Retaining Curler Ukuran Kecil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 26.000

Heat retaining material untuk rambut ikal lebih cepat

Dengan membeli rol rambut yang berkualitas Anda pun bisa berhemat lebih banyak karena tidak perlu terlalu sering membeli produk baru. Contohnya, produk berbahan material plastik kuat dan berkualitas yang satu ini. Bagi Anda yang tidak punya banyak waktu, produk ini dapat diandalkan untuk tampilan rambut ikal, tidak pakai lama!

Produk ini terbuat plastik berkarakteristik heat retaining yang mampu mempertahankan panas sehingga penggunaannya akan lebih efektif ketika dikombinasikan dengan hair dryer. Tinggal gulung saja rambut Anda dengan rol ini, panaskan dengan hair dryer secukupnya, biarkan beberapa saat, dan rambut ikal pun siap sempurnakan penampilan Anda.

7. Curly Magic Leverage Single Rod Rack

7. Curly Magic Leverage Single Rod Rack

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 44.500

Hasil keriting sempurna seperti dari salon

Rol rambut berikut dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan rambut ikal atau keriting spiral bagaikan di-styling di salon. Bila Anda menginginkan keriting atau ikal bertahan lama, Anda cukup memadukannya dengan hair spray setelah rol dilepas agar tampilan rambut tetap sempurna sepanjang hari.

Cara pemakaiannya memang perlu sedikit ketelatenan dibandingkan dengan rol rambut konvensional, tetapi hal tersebut setimpal dengan hasilnya. Pada tiap set pembelian, Anda akan mendapatkan rol rambut dengan ukuran berbeda, yaitu untuk rambut pendek, sedang, atau panjang. Pilih saja sesuai panjang rambut Anda!

6. Peco Roll Pengeriting Rambut

6. Peco Roll Pengeriting Rambut

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 40.000

Hasil keriting yang kecil untuk menambah kesan rambut tebal

Bagi Anda yang menginginkan rambut dengan keriting atau gelombang yang kecil, rol rambut berikut dapat menjadi pilihan cocok untuk Anda. Tidak seperti rol rambut biasanya, produk ini memiliki bentuk unik yang dapat menghasilkan keriting berukuran kecil serta mampu menjadikan rambut Anda terlihat lebih bervolume.

Biarpun bentuknya tidak biasa, tetapi cara penggunaannya sangat simpel. Lalu, biarpun berukuran kecil, rol ini mampu menahan rambut Anda dengan kuat. Cukup buka katupnya, gulung rambut Anda, kemudian tutup katupnya. Tunggu beberapa saat sebelum dilepas. Rambut keriting yang Anda inginkan pun sudah dapat Anda miliki.

5. Rol Rambut Warna-Warni

5. Rol Rambut Warna-Warni

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.100

Bahan plastiknya terasa ringan dan mudah dibersihkan

Rol rambut yang satu ini terbuat dari bahan plastik yang ringan sehingga dapat Anda gunakan dalam waktu yang lama tanpa menyakiti atau membebani rambut Anda. Anda pun akan nyaman menggunakannya saat melakukan berbagai aktivitas lain tanpa khawatir rolnya terlepas dengan adanya pengait pada kedua ujungnya.

Karena bahannya terbuat dari plastik, produk ini juga mudah dijaga kebersihannya. Cocok bagi Anda yang peduli akan kebersihan barang-barang pribadi Anda. Selain itu, produk dengan variasi ukuran 6,5 cm dan 7,5 cm ini juga tersedia dalam 3 varian warna cerah yang dapat dipilih. Anda pun langsung mendapatkan 6 buah rol dalam setiap pembeliannya.

4. Hair Curler Magic Sponge Strawberry

4. Hair Curler Magic Sponge Strawberry

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 48.000

Rol bentuk lucu yang lembut di rambut

Bentuknya yang imut seakan menjadi daya tarik rol rambut berikut ini. Produk yang terbuat dari bahan spons ini memiliki bentuk stroberi yang menarik bagai buah sungguhan. Bahan sponsnya yang empuk, ringan, serta lembut di rambut juga membuat tidur Anda tetap nyaman dan tidak akan membebani akar rambut Anda.

Bagi Anda yang memiliki rambut cenderung tipis, cobalah rol stroberi ini untuk mendapatkan hasil rambut ikal yang natural sekaligus memberi kesan bervolume pada rambut Anda. Satu setnya berisi 12 rol rambut. Anda dapat menggunakannya bergantian atau membelinya berdua bersama sahabat, kemudian membagi isinya.

3. Clip Hair Curler SD6607

3. Clip Hair Curler SD6607

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.000

Dilengkapi penjepit yang mudah dilepas-pasang

Bagi Anda yang berambut tebal dan panjang, produk ini tentunya akan cocok untuk Anda. Dengan penjepit yang dimiliki produk ini, masalah rol yang bolak-balik lepas karena rambut yang terlalu panjang atau bervolume pun dapat dihindari. Penjepitnya akan menyangga serta menjaga rambut Anda agar tetap berada di dalam rol dengan rapi.

Jepitnya juga mudah dibuka sehingga Anda tidak perlu khawatir rambut Anda akan ikut tercabut. Dengan panjang 7 cm dan diameter 3 cm, produk ini cocok untuk mengeriting rambut bagian bawah agar menghasilkan keriting gantung yang menawan. Produk ini juga tersedia dalam warna biru, kuning, dan pink yang cerah dan menarik.

2. Perfect Hair Roller Spons

2. Perfect Hair Roller Spons

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.000

Tentukan sendiri level keriting yang Anda inginkan

Rol rambut berikut merupakan pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan rambut dengan ukuran keriting yang berbeda-beda. Dengan sisi yang bergerigi miliknya, Anda dapat menentukan sendiri besar keriting yang dihasilkan. Semakin banyak gerigi yang Anda masukan ke dalam lubangnya, semakin kecil ukuran keriting yang dihasilkan.

Produk ini juga terbuat dari bahan spons yang empuk dan cocok digunakan sambil tidur sekalipun. Satu set produk ini terdiri dari 6 buah rol rambut yang mudah digunakan. Anda hanya perlu memasukkan rambut Anda ke bagian tengah produk ini, lalu menggulungnya ke atas, dan menusukkan ujung rol ke bagian yang bolong. Praktis!

1. Beau Roll Rambut Velcro

1. Beau Roll Rambut Velcro

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 39.000

Rambut mudah menempel tanpa kusut dengan bahan velcro

Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba rol rambut, produk ini layak Anda pertimbangkan. Rol rambut ini menggunakan bahan velcro yang mudah menempel dirambut dan tidak memerlukan penjepit tambahan untuk menahannya agar tidak lepas. Produk ini juga cocok Anda gunakan untuk menambah volume pada poni Anda.

Berkat bahan velcro-nya pula, produk ini tidak membuat bagian rambut yang dirol menjadi kusut. Diameter 6,4 cm yang dimilikinya pun menjadikan produk ini mampu menghasilkan ikal yang cukup besar. Anda yang menyukai gaya rambut ikal alami dengan kesan bervolume, pasti juga akan menyukai produk yang satu ini.

Cara menggunakan rol rambut

Walaupun rol rambut termasuk alat yang mudah digunakan, tidak semua orang ahli dalam menggunakan rol rambut. Namun, begitu Anda mengetahui langkah-langkahnya, hal ini akan menjadi sangat mudah. ​Apalagi, menggunakan rol rambut akan mempersingkat waktu Anda dalam menata rambut, terutama di pagi hari yang sibuk. 

1. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian

1. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian

Memisahkan rambut menjadi beberapa bagian adalah salah satu trik keberhasilan dalam memakai rol rambut. Meskipun terdengar sepele, pemisahan rambut akan mempengaruhi hasil akhir dari pengeritingan rambut.

Bagi pemula, pisahkan rambut bagian poni dan bagian belakang rambut menjadi 4 bagian. Ketika Anda sudah mulai terbiasa menggunakan rol rambut, Anda dapat memisahkan bagian rambut menjadi 6 atau 8 bagian dengan membaginya pada area atas dan bawah kepala.

2. Pasangkan rol rambutnya

2. Pasangkan rol rambutnya

Genggamlah sebagian rambut Anda yang tadi sudah dibagi dan letakkan rol rambut di pangkal rambut yang akan digulung. Luncurkan rol rambut tersebut perlahan-lahan sambil menekan rambut Anda. Dengan begini, rambut yang terlepas akan berkurang.

Setelah menggulung sampai ke pangkal rambut, rapikan gulungan tersebut dan biarkan rol rambut bekerja. Ketika Anda perlu mengeriting rambut dalam waktu singkat, Anda dapat menggunakan hair dryer yang tidak terlalu panas agar tidak merusak rambut.

3. Buka rol rambut secara perlahan

3. Buka rol rambut secara perlahan

Bukalah rol rambut Anda perlahan agar bentuk ikalnya tidak rusak. Setelah membuka semua rol rambut, rapikan hasil gulungan sesuai jenis keriting atau ikal yang Anda inginkan. Setelah itu, semprotkan hair spray sedikit demi sedikit agar hasil lebih tahan lama.

Kesimpulan

Kami sudah memberikan rekomendasi rol rambut terbaik untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang cocok untuk Anda? Begitu Anda terbiasa, menggunakan rol rambut untuk mengeriting rambut bukan lagi hal yang sulit.

Bonusnya, Anda pun tidak memerlukan tenaga listrik atau pemanas rambut sehingga Anda dapat memakainya setiap hari tanpa perlu mengkhawatirkan kesehatan rambut Anda. Kreasikanlah berbagai model rambut keriting yang dapat dihasilkan produk-produk rekomendasi dari kami. Selamat mencoba!