10 Rekomendasi Botol Minum Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Botol Minum Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pada saat ini, sekolah TK dan SD umumnya mewajibkan murid untuk membawa minum di botol minum sendiri. Selain untuk memenuhi kebutuhan minum harian, botol minum juga dibutuhkan ketika anak akan bertamasya dan berolahraga. Ternyata, botol minum untuk anak memiliki banyak variasi bahan, tipe, dan desain yang unik dan lucu.

Di dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendetail mengenai berbagai jenis botol minum anak dan macam-macam fiturnya. Tidak hanya itu, kami juga memberi rekomendasi botol minum terbaik untuk anak. Anda dapat memilih yang sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih botol minum anak terbaik

Pertama-tama, kami akan mengulas lebih lengkap mengenai karakteristik dari setiap botol minum, serta cara memilih produk yang tepat untuk anak Anda.

Pilih botol minum anak berdasarkan materialnya: plastik atau stainless steel

Material yang digunakan untuk membuat botol minum terbagi menjadi dua jenis, yaitu plastik dan stainless steel. Anda dapat memilih material yang paling sesuai dengan usia anak serta tujuan penggunaannya.

Plastik, ringan dan mudah dibawa

Plastik, ringan dan mudah dibawa

Ciri khas dari botol minum plastik adalah ringan. Bobotnya langsung terasa berbeda setelah Anda mengisinya dengan minuman. Dengan bobot yang ringan, botol ini cocok untuk anak-anak karena tidak akan membuat mereka kelelahan jika harus membawanya sendiri. Sayangnya, bahan plastik tidak dapat menjaga suhu minuman supaya tetap dingin atau hangat. Jadi, minuman dingin akan terasa kurang menyegarkan jika diminum saat cuaca sedang panas. Botol minum plastik direkomendasikan untuk anak-anak yang masih TK karena waktu belajarnya di sekolah belum terlalu panjang. Dengan demikian, suhu minuman di dalam botol mereka masih terjaga.

Stainless steel, dapat menjaga minuman tetap dingin dan hangat

Stainless steel, dapat menjaga minuman tetap dingin dan hangat

Botol minum stainless steel memiliki kemampuan untuk menjaga suhu minuman tetap dingin atau tetap hangat. Seperti botol minum stainless steel untuk orang dewasa, Anda dapat mengisinya dengan minuman dingin dan menambahkan es batu di dalamnya. Suhu dinginnya pun akan tetap terjaga untuk waktu yang lama. Botol ini juga paling cocok digunakan ketika cuaca sedang panas. Hanya saja, botol berbahan stainless steel memiliki bobot yang cukup berat.

Anak-anak yang masih berusia TK akan merasa lelah jika harus membawa botol ini di dalam tas ransel mereka. Terlebih lagi, jika mereka harus menyelempangkan botol stainless steel ini di bahu ketika bertamasya. Apabila Anda ingin memilih botol ini untuk anak yang masih TK, sebaiknya Anda mempertimbangkan ukuran yang sesuai. Botol minum stainless steel lebih direkomendasikan untuk anak yang sudah SD karena tubuh mereka sudah lebih kuat.

Namun, anak yang masih berusia TK dapat membawa botol minum stainless steel jika hendak bepergian bersama orangtuanya, misalnya ketika hendak berolahraga bersama. Dengan demikian, orangtua dapat membantu membawakan botol minum jika anak sudah mulai kelelahan.

Pilih tipe botol minum anak berdasarkan cara minumnya

Berikutnya, mari kita bahas mengenai bagian mulut botol yang akan digunakan oleh anak. Terdapat tiga tipe botol minum anak, yaitu tipe langsung, tipe sedotan, dan tipe cangkir.

Tipe langsung, mudah dibawa dan diminum

Tipe langsung, mudah dibawa dan diminum

Untuk botol minum tipe langsung, anak minum dengan cara meneguk air dari botol langsung ke mulutnya. Botol tipe ini cukup populer karena cara minumnya sangat mudah, sama dengan ketika Anda minum dari botol air mineral. Di samping itu, botol ini mudah untuk dibersihkan dan tidak memiliki banyak bagian-bagian kecil. Apabila Anda mencari botol minum untuk pemakaian setiap hari, penting untuk memilih produk yang mudah dibersihkan.

Hanya saja, ada kemungkinan bahwa aliran air yang masuk ke mulut anak terlalu besar untuk ukuran mulutnya, serta ada risiko minuman mudah tumpah. Di sisi lain, karena mulut botolnya bersentuhan langsung dengan mulut anak, maka botol ini dinilai kurang higienis.

Tipe sedotan, banyak digunakan untuk anak kecil karena tidak mudah tumpah

Tipe sedotan, banyak digunakan untuk anak kecil karena tidak mudah tumpah

Keunggulan dari botol minum tipe ini adalah tidak mudah tumpah. Anak Anda bisa saja suatu saat tidak sengaja menggulingkan atau membalik botol minum. Dalam kondisi seperti itu, minuman tetap tidak akan tumpah jika menggunakan botol tipe sedotan. Botol tipe ini sangat cocok untuk anak kecil karena mudah diminum dan sulit tumpah sehingga tidak akan mengotori pakaian yang dikenakannya. Dengan demikian, akan mengurangi kekhawatiran Anda.

Anak SD yang banyak bergerak juga cocok menggunakan botol minum tipe sedotan. Namun, kelemahan dari botol ini adalah sulit untuk dibersihkan. Anda membutuhkan usaha lebih besar untuk membersihkan bagian sedotan yang kecil dan cenderung sulit dijangkau jari.

Tipe cangkir, higienis dan mudah dibersihkan

Tipe cangkir, higienis dan mudah dibersihkan

Keistimewaan utama dari tipe cangkir adalah lebih higienis. Mulut anak Anda tidak bersentuhan langsung dengan sisa minuman di dalam botol. Dapat dikatakan bahwa botol minum ini adalah tipe yang aspek kebersihannya paling dapat dipercaya.

Sebaliknya, kelemahan botol tipe ini adalah tidak mudah untuk diminum. Misalnya, ketika sedang berolahraga atau bertamasya, anak harus berhenti dahulu untuk menuang minuman ke cangkir. Padahal, belum tentu anak Anda memiliki kesempatan untuk berhenti ketika sedang beraktivitas. Dengan demikian, anak Anda tidak memiliki waktu yang fleksibel untuk minum.

Botol two way, tipe langsung yang dilengkapi dengan cangkir

Botol two way, tipe langsung yang dilengkapi dengan cangkir

Anda juga dapat memilih tipe botol two way, yaitu tipe langsung yang juga dilengkapi dengan cangkir. Dengan demikian, Anda dan anak dapat memilih model penggunaan yang sesuai dengan kebutuhan agar terasa lebih nyaman.

Untuk menjaga minuman di dalam botol tetap higienis, Anda dapat menentukan cara minum sesuai kegiatan yang akan dilakukan. Apabila botol akan digunakan untuk melakukan kegiatan bersama keluarga, anak Anda dapat meminum lewat botol tipe langsung. Namun, jika hendak digunakan untuk kegiatan sekolah, anak Anda dapat menggunakan fitur tipe cangkir.

Pilih botol minum dengan kapasitas yang sesuai dengan usia anak

Pilih botol minum dengan kapasitas yang sesuai dengan usia anak

Kapasitas botol minum juga merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan saat hendak membeli produk tersebut. Sebelum membeli, akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu mengetahui volume minuman yang hendak diisi ke dalam botol.

Secara umum, anak kecil hingga usia TK membutuhkan botol minum dengan kapasitas 350 ml hingga 500 ml. Kapasitas yang melebihi 500 ml akan terasa terlalu berat bagi mereka.

Setelah anak memasuki SD, mereka membutuhkan botol minum dengan kapasitas yang lebih besar dari 500 ml. Apabila mereka masih melanjutkan aktivitas lain setelah selesai sekolah, seperti misalnya mengikuti kursus, Anda dapat menggunakan botol dengan kapasitas 800 ml atau lebih.

Jika Anda ingin menggunakan botol dengan kapasitas 1 liter untuk anak, mungkin akan agak sulit karena tidak banyak botol minum anak dengan kapasitas sebesar itu. Botol minum dengan kapasitas besar lebih cocok digunakan oleh orang dewasa atau untuk berolahraga.

Pertimbangkan bentuk botol minum anak yang hendak dibeli

Pertimbangkan bentuk botol minum anak yang hendak dibeli

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan saat membeli botol minum adalah bentuk dan desain botol. Misalnya, jika anak Anda berusia 4 tahun atau lebih kecil, akan lebih baik jika mereka menggunakan botol tebal yang mudah digenggam. Namun, botol minum dengan tali selempang di bahu akan membuat anak mudah lelah karena harus membawa beban di bahu mereka.

Berbeda lagi jika anak Anda sudah berusia SD atau lebih. Mereka dapat menyelempangkan botol minum di bahu dan juga dapat meletakkannya di dalam tas. Apabila anak Anda meletakkan botol di dalam tas, sebaiknya gunakan botol minum dengan desain yang ramping. Penting sekali untuk Anda memilihkan produk yang mudah dibawa dan mudah diminum oleh anak.

10 Rekomendasi botol minum anak terbaik

Selanjutnya, kami akan memberi rekomendasi botol minum terbaik bagi anak. Anda dapat memilih yang paling menarik dan sesuai dengan kebutuhan anak.

10. Botol Minum Mickey/Minnie 3D

10. Botol Minum Mickey/Minnie 3D

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 112.500

Siapa pun akan tertarik dengan bentuknya yang lucu

Botol minum dengan sedotan ini memiliki desain yang menarik. Dengan bentuk kepala Mickey/Minnie di bagian atas botol, anak-anak akan menyukainya. Ditambah lagi, terdapat aksen warna merah yang membuat botol minum ini terlihat ceria dan sesuai untuk anak-anak. Karena memiliki daya tampung sebesar 400 ml, produk ini cocok digunakan oleh anak yang belum memasuki jenjang SD.

Anda juga tidak perlu khawatir mengenai keamanan dari produk ini. Botol minum plastik ini terbuat dari material food grade sehingga aman dan tidak beracun. Di samping itu, asalkan ditutup dengan rapat, minuman di dalam botol tidak akan tumpah. Dengan demikian, anak-anak dapat membawa botol minum ini ke sekolah dengan nyaman.

9. Termos Cup Animal 500 ml

9. Termos Cup Animal 500 ml

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.000

Ramping. Tas anak Anda tidak akan terasa sesak oleh botol minum

Beberapa botol minum dapat membuat tas sekolah anak terasa sesak karena memiliki dimensi yang terlalu besar. Hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan produk ini. Botol minum stainless steel ini memiliki ukuran yang cukup ramping sehingga hanya membutuhkan sedikit ruang di dalam tas. Tentu hal tersebut sangat bermanfaat agar semua perlengkapan sekolah anak dapat muat di dalam tas.

Meskipun berbentuk ramping, botol tipe cangkir ini memiliki kapasitas sebesar 500 ml untuk mencukupi kebutuhan minum anak di sekolah SD. Selain itu, bagian tutupnya dilengkapi dengan seal untuk menjaga suhu panas dan dingin agar lebih lama. Seal tersebut juga menjaga agar botol tidak bocor. Bukan itu saja, produk ini memiliki banyak pilihan desain dengan beragam gambar hewan.

8. Disney Japan Character Water Bottle

8. Disney Japan Character Water Bottle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 380.000

Siap minum hanya dengan sekali “klik”

Anak Anda dapat membuka botol minumnya dengan mudah karena produk ini memiliki tutup botol dengan tombol. Untuk membukanya, Anda hanya perlu menekan tombol tersebut, kemudian anak dapat segera minum. Botol ini sangat mudah dan efisien untuk digunakan sehingga cocok untuk menemani anak saat beraktivitas di kelas atau melakukan kegiatan fieldtrip sekolah.

Selain itu, untuk memudahkan anak dalam membawa, botol minum ini dilengkapi dengan handle berupa tali pendek. Botol minum ini juga memiliki desain dan warna yang cocok untuk anak laki-laki dan perempuan. Gambar tokoh-tokoh dalam film Toy Story di botolnya pasti akan disukai oleh anak Anda.

7. Eplas Kid Series EGB-480BPA

7. Eplas Kid Series EGB-480BPA

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 140.000

Dengan warna yang transparan, Anda dapat memantau persediaan minum anak

Produk ini memiliki motif berupa gambar kendaraan yang terkesan dinamis dan seru bagi anak-anak. Tidak hanya itu, warna botol yang transparan juga menguntungkan. Anda dapat dengan mudah memeriksa persediaan minum anak di dalam botol. Dengan demikian, Anda dapat segera mengisinya jika hampir habis. Jadi, anak Anda tidak kekurangan minum.

Untuk kenyamanan anak, botol minum ini memiliki sedotan yang terbuat dari bahan silikon yang lembut. Anak Anda akan merasa nyaman saat menyedot minuman dari sedotan. Untuk memenuhi selera anak, produk ini juga memiliki empat pilihan warna dan motif. Biarkan anak Anda memilih motif yang digemarinya!

6. Botol Minum Stainless Steel My Smile 500 ml

6. Botol Minum Stainless Steel My Smile 500 ml

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 114.900

Minuman anak tetap dingin sepanjang hari

Apakah anak Anda selalu ingin minum minuman dingin? Apabila begitu, kami merekomendasikan produk ini. Botol stainless steel ini dapat menjaga minuman tetap dingin hingga 24 jam. Minuman anak Anda pun terasa segar sepanjang hari. Sebaliknya, jika Anda ingin menyediakan minuman hangat, botol ini tetap dapat digunakan untuk menjaga suhu panasnya selama 8 jam.

Sama seperti produk sebelumnya, botol minum ini juga memiliki tutup bermodel kancing atau tombol sehingga memudahkan anak dalam membuka dan menutup botol. Ditambah dengan desain warna-warni dan terkesan aktif, serta tulisan “Smile“, tentu akan menjadi penyemangat anak dalam menjalani aktivitasnya. Semoga anak Anda ikut tersenyum saat membawa botol minum ini.

5. Bros® Flip Mr. Tamacop – Captain Justice 450 ml

5. Bros® Flip Mr. Tamacop - Captain Justice 450 ml

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 157.000

Aman! Produk ini terbuat dari bahan baku yang terpercaya

Dengan produk ini, Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan dari bahan baku yang digunakan. Botol minum plastik ini diproduksi dengan standar yang digunakan di Eropa dan Amerika. Dengan demikian, produk ini aman digunakan sebagai peralatan minum dan tidak mengeluarkan zat beracun meski terkena cairan panas.

Produk ini juga memiliki bentuk yang mudah dibawa oleh anak. Lekukan di bagian tengah botol akan memudahkan anak untuk menggenggam botolnya. Balita Anda yang sedang bersekolah di TK akan dapat membawa botol minum ini dengan nyaman. Ditambah lagi, produk ini memiliki gambar yang keren dan menarik sehingga tidak terasa membosankan bagi anak kecil.

4. Termos Anak Karakter Kartun 600 ml

4. Termos Anak Karakter Kartun 600 ml

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 138.600

Untuk anak Anda yang sudah mulai SD, tetapi terkadang masih menumpahkan minum

Botol minum yang merupakan tipe two way biasanya merupakan gabungan antara botol tipe langsung dengan tipe cangkir. Akan tetapi, produk ini menawarkan hal yang berbeda. Botol minum stainless steel ini dapat diminum dengan menggunakan sedotan dan juga dengan cangkir yang telah disediakan. Hal ini akan sangat membantu anak Anda untuk dapat minum dengan aman tanpa khawatir tumpah.

Daya tampung botol ini juga cukup besar, yaitu 600 ml, yang cukup untuk memenuhi kebutuhan minum anak selama beberapa jam. Di samping itu, produk ini dilengkapi dengan pouch sehingga botol minum anak mudah dibawa dan tidak cepat kotor. Apabila pouch tidak digunakan, botol akan lebih ramping sehingga mudah untuk dimasukkan ke dalam tas anak.

3. Tupperware Kiddos Tumbler

3. Tupperware Kiddos Tumbler

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 114.000

Tipe sedotan, tetapi mudah untuk dibersihkan

Apabila Anda menggunakan produk ini, Anda akan merasa terbantu karena sedotannya dapat dilepaskan. Bukan hanya sedotan, tetapi strap ring dari botol ini juga dapat dibuka. Dengan demikian, setiap bagian botol dapat dibersihkan dengan lebih mudah dan teliti. Di samping itu, tali yang digunakan sebagai handle-nya terbuat dari bahan BPA free yang aman bagi anak.

Anak Anda dapat membawa botol ini ketika bertamasya bersama sekolah atau bersama keluarga. Daya tampung minuman sebesar 500 ml akan dapat mencukupi kebutuhannya. Keunggulan lain dari botol minum ini adalah adanya jaminan bahwa produk ini ketat terhadap cairan. Jadi, minuman di dalam botol ini tidak mudah tumpah. Anda dapat dengan tenang membiarkan balita Anda membawanya.

2. Thermos Vacuum Insulation 2 Way Bottle FHO-800 WF RBP

2. Thermos Vacuum Insulation 2 Way Bottle FHO-800 WF RBP

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 833.000

Kapasitas besar untuk anak Anda yang aktif

Pada saat ini, kegiatan yang diikuti oleh anak sudah semakin banyak. Selain bersekolah, anak-anak biasanya mengikuti kursus atau kegiatan olahraga. Apabila anak Anda memiliki banyak kegiatan, produk ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan kapasitas sebesar 800 ml, tentu akan cukup untuk memenuhi kebutuhan minumnya. Dengan demikian, anak Anda tidak akan mengalami dehidrasi.

Botol minum ini juga dapat Anda gunakan dengan lebih fleksibel karena merupakan tipe langsung yang dilengkapi dengan cangkir. Anak Anda dapat menggunakannya sesuai kebutuhan. Selain itu, botol minum dan pouch produk ini memiliki desain serupa, tetapi dengan sentuhan warna yang berbeda. Oleh karena itu, anak Anda dapat memilih penggunaannya bukan hanya berdasarkan kebutuhan, tetapi juga berdasarkan selera saat itu.

1. Tiger 2 Way Stainless Bottle Bottle with Pouch Sahara Purple Flower

1. Tiger 2 Way Stainless Bottle Bottle with Pouch Sahara Purple Flower

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 644.000

Tahan lama dengan pouch yang kukuh!

Botol minum stainless steel produksi Tiger ini memiliki pouch yang bagian alasnya terbuat dari bahan yang kuat. Dengan demikian, botol minum anak Anda tidak akan mudah rusak ketika terbentur atau jatuh. Mengingat bahwa anak-anak cenderung kurang hati-hati dan mudah menjatuhkan barang, maka fitur tersebut sangatlah bermanfaat. Anda pun jadi dapat menghemat pengeluaran.

Selain itu, botol ini tidak terlalu besar sehingga dapat dimasukkan ke dalam tas. Apabila anak Anda ingin membawa dengan menyampirkan di bahu, produk ini juga memiliki tali panjang. Anak Anda dapat membawa botol minum ini ketika pergi ke mal atau bepergian ke tempat lainnya. Dengan desain botol yang trendi, penampilan anak Anda pun akan terlihat semakin keren.

Kesimpulan

Kami telah mengulas aspek-aspek yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin membeli botol minum untuk anak. Botol minum merupakan peralatan penting yang sangat dibutuhkan anak, baik ketika bersekolah, berolahraga, maupun bepergian. Anak Anda akan menggunakannya dengan cukup sering dan untuk jangka waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda memilih produk yang sesuai untuk anak serta mudah digunakan.  Dari sepuluh produk yang kami rekomendasikan, semoga ada yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda serta anak Anda. Selamat memilih!