• 10 Rekomendasi Botol Minum Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Botol Minum Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Botol Minum Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Botol Minum Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Botol Minum Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Botol Minum Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Botol minum merupakan perlengkapan yang penting untuk anak. Selain untuk memenuhi kebutuhan minum harian, botol minum juga dibutuhkan ketika anak bertamasya dan berolahraga. Ternyata, botol minum untuk anak memiliki banyak variasi bahan, tipe, dan desain yang unik dan lucu.

Kali ini, kami akan membahas secara mendetail mengenai berbagai jenis botol minum anak dan macam-macam fiturnya. Kami juga akan memberi rekomendasi botol minum terbaik untuk anak, seperti Zojirushi, Thermos, Tupperware, dan lainnya. Anda dapat memilih yang sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Isnuansa Maharani
Eko dan Diana
  • Pembaharuan terakhir: 23 Februari 2021
  • 17.945 Views
Daftar isi

Cara memilih botol minum anak

Pertama-tama, kami akan mengulas lebih lengkap mengenai karakteristik dari setiap botol minum. Simak dan temukan yang paling sesuai dengan kebutuhan anak Anda!

Pilih botol minum anak berdasarkan bahannya

Bahan yang digunakan untuk membuat botol minum terbagi menjadi dua jenis yaitu plastik dan stainless steel. Anda dapat memilih bahan yang paling sesuai dengan usia anak serta tujuan penggunaannya.

Plastik, ringan dan mudah dibawa untuk anak usia prasekolah

Plastik, ringan dan mudah dibawa untuk anak usia prasekolah
Botol minum yang terbuat dari plastik memiliki bobot yang ringan. Karena itu, botol jenis ini sangat direkomendasikan untuk anak yang masih kesulitan memegang botol yang berat. Biasanya, botol plastik didesain dengan motif dan gambar karakter yang lucu. Dengan begitu, anak Anda akan tertarik dan menyukai botol minumannya.

Sayangnya, bahan plastik tidak dapat menjaga suhu minuman supaya tetap dingin atau hangat. Selain itu, botol berbahan plastik tidak begitu kuat dan tahan lama. Jadi, botol jenis ini akan cepat rusak jika jatuh atau terlempar secara tidak sengaja oleh anak Anda. Terdapat banyak botol plastik yang dijual dengan harga terjangkau. Untuk itu, Anda bisa membeli botol yang baru ketika anak Anda mulai tumbuh besar.

Stainless steel, dapat menjaga minuman tetap dingin atau hangat

Stainless steel, dapat menjaga minuman tetap dingin atau hangat
Botol minum stainless steel dapat diberikan untuk anak usia sekolah. Botol berbahan ini memiliki kemampuan untuk menjaga suhu minuman tetap dingin atau hangat. Botol ini lebih kuat dan tidak mudah rusak sehingga dapat digunakan untuk waktu yang lebih lama.

Namun, botol berbahan stainless steel memiliki bobot yang cukup berat, terlebih lagi jika botol sudah terisi air. Apabila Anda ingin memilih botol ini untuk anak yang masih TK, sebaiknya Anda mempertimbangkan ukuran yang sesuai. Pilihlah ukuran botol dengan menyesuaikan kemampuan fisik anak Anda.

Sesuaikan tipe botol minum berdasarkan cara minum anak

Selanjutnya, kami akan mengulas mengenai bagian mulut botol minum untuk anak. Terdapat tiga tipe botol minum anak, yaitu tipe langsung, tipe sedotan, dan tipe cangkir.

Tipe langsung, untuk anak yang sudah terbiasa minum dari botol

Jika anak Anda sudah bisa meneguk air langsung dari botol, tipe ini dapat menjadi pilihan Anda. Botol tipe ini cocok untuk anak yang sudah besar karena dapat diminum langsung seperti minum dari botol biasa. Di samping itu, tipe ini cukup praktis karena ada yang dapat dibuka dan ditutup hanya dengan satu tangan saja. Tidak hanya itu, karena modelnya simpel, tipe ini juga mudah untuk dibersihkan.


Hanya saja, minuman di dalamnya akan mudah tumpah apabila botolnya dimiringkan. Anak yang masih belum lancar minum dari botol harus lebih berhati-hati agar tidak tersedak. Di sisi lain, botol ini dinilai kurang higienis karena mulut botolnya bersentuhan langsung dengan mulut anak.

Tipe sedotan, untuk anak yang belum terbiasa minum dari gelas

Keunggulan dari botol minum tipe ini adalah tidak mudah tumpah. Botol tipe ini cocok untuk anak yang masih belum bisa minum langsung dari gelas. Jika menggunakan botol tipe sedotan, minuman tidak akan tumpah meski tanpa sengaja terbentur atau terjatuh. Anak Anda yang aktif bergerak juga cocok menggunakan botol minum tipe sedotan ini.


Namun, kelemahan dari botol ini adalah sulit untuk dibersihkan. Anda membutuhkan usaha lebih besar untuk membersihkan bagian sedotan yang kecil dan cenderung sulit dijangkau jari. 


Saat memilih tipe botol minum ini, sebaiknya Anda juga menyiapkan sikat sedotan untuk membersihkannya. Anda juga bisa berjaga-jaga dengan menyiapkan sedotan cadangan. Dengan begitu, sedotannya dapat dipakai bergantian sambil menunggu sedotan lainnya kering apabila dicuci.

Tipe cangkir, untuk anak yang belum bisa menggunakan sedotan

Botol tipe ini cocok untuk anak yang belum bisa minum melalui sedotan. Keistimewaan utama dari tipe cangkir adalah lebih higienis. Ada kalanya makanan yang menempel pada mulut anak dapat masuk ke dalam botol sehingga tidak higienis. Jika anak Anda menggunakan tipe cangkir, tentu Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini. Tipe ini juga disarankan untuk anak SD yang ingin menuangkan minuman ke cangkir saat makan siang.


Dengan tipe ini, anak Anda harus membuka dan menuangkan air ke tutup botol sebelum minum. Oleh karena itu, tipe ini tidak direkomendasikan untuk anak kecil yang sedang bepergian sendiri. Anda dapat memilih botol minum ini ketika sedang berjalan-jalan bersama keluarga. Dengan begitu, Anda dapat membantu menuangkan minumannya ke cangkir.


Botol ini juga tidak direkomendasikan untuk anak SD yang sedang berkegiatan seperti saat berolahraga atau tamasya. Ada kemungkinan anak tidak memiliki waktu yang fleksibel untuk berhenti dan menuangkan minuman ke cangkir. Selain itu, isi botol ini mudah tumpah jika terlalu penuh atau sering terguncang. 


Anda dapat memilih tipe mulut botol two-way, yaitu tipe langsung yang juga dilengkapi dengan cangkir. Dengan demikian, anak Anda dapat memilih model penggunaan yang sesuai dengan kebutuhan agar terasa lebih nyaman.

Temukan botol minum yang kapasitasnya sesuai usia anak

Temukan botol minum yang kapasitasnya sesuai usia anak

Kapasitas botol minum juga merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan saat hendak membeli produknya. Anda dapat menyesuaikan kapasitas botol minuman sesuai dengan kebutuhan si anak. Secara umum, anak kecil hingga usia TK membutuhkan botol minum dengan kapasitas 350–500 ml.


Setelah masuk SD, anak Anda membutuhkan botol minum dengan kapasitas yang lebih besar dari 500 ml. Terkadang, anak Anda masih harus melanjutkan aktivitas lain setelah selesai sekolah, misalnya mengikuti kursus. Untuk kondisi seperti itu, Anda dapat menggunakan botol dengan kapasitas 800 ml atau lebih.


Namun, tetap perhatikan berat botol minum anak Anda, ya. Meskipun kapasitas yang dipilih sudah sesuai dengan usianya, anak akan kesulitan membawa apabila botolnya terlalu berat. Selain itu, anak juga akan merasa tidak nyaman meminum air dari botol yang terlalu besar. 


Anda dapat menggunakan acuan kapasitas di atas sebagai bahan pertimbangan saja. Selebihnya, perhatikan juga sisi kemudahan meminum dan cara membawanya bagi anak Anda.

Pertimbangkan ada tidaknya tali dan cover pada botol

Botol minuman yang sudah terisi akan terasa berat untuk dibawa anak Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih botol yang dilengkapi cover atau tali bahu agar lebih mudah dibawa. Cover akan melindungi botol dari benturan, sedangkan tali bahu akan membantu mengurangi beban ketika botol sedang dibawa-bawa.


Namun, tali bahu bisa saja jadi tidak diperlukan oleh anak Anda pada saat-saat tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih botol dengan tali bahu yang bisa dilepas pasang. Jadi, Anda dapat menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan anak.

Tentukan pilihan berdasarkan merek botol yang populer

Terdapat berbagai produsen botol minum anak yang terkenal di pasaran. Pada bagian ini, kami akan memperkenalkan tiga merek populer yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Thermos, terkenal dengan produk stainless steel-nya

Di antara berbagai merek, Thermos lebih dipercaya dalam kualitas stainless steel-nya dan cukup populer di kalangan orang dewasa. Akhir-akhir ini, Thermos mengeluarkan produk khusus anak-anak, bahkan mulai ada produk yang memiliki desain imut dan lucu.


Meski harganya sedikit lebih mahal, merek ini menyediakan banyak varian untuk Anda pilih. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikannya dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Produk-produk Thermos sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin memakainya dalam jangka waktu lama.

BabySafe, memiliki berbagai bentuk botol sesuai kebutuhan anak Anda

BabySafe mengeluarkan banyak produk dengan berbagai macam tipe sesuai kebutuhan anak. Karena merek ini memang ditujukan untuk bayi dan anak-anak, tentu saja produknya memiliki desain yang lucu dan menggemaskan. Terdapat banyak produk BabySafe yang dijual dengan harga terjangkau di pasaran. Jadi, jika Anda ingin mengganti botol minum anak sesuai usianya, merek ini cocok untuk menjadi pilihan.

Zojirushi, mempunyai mulut botol yang lebar dan mudah dibersihkan

Meski desain produk-produknya tidak beragam seperti merek lain, Zojirushi populer karena kemudahan perawatannya. Desain mulut botolnya yang cenderung lebar menjadikannya mudah untuk dibersihkan sehingga lebih praktis.


Zojirushi juga memiliki produk pembersih botol khusus keluarannya sendiri. Jadi, Anda tidak perlu kebingungan memilih pembersih botol yang sesuai untuk botol minum anak Anda. Meski harganya mahal, produk ini kuat, tahan lama, dan higienis. Merek ini cocok untuk Anda yang tidak ingin terlalu cepat mengganti botol minum anak Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi botol minum anak terbaik

Selanjutnya, kami akan memberi sepuluh rekomendasi botol minum terbaik bagi anak. Anda dapat memilih yang paling menarik dan sesuai dengan kebutuhan anak Anda.

10

Lion StarPuzzle Sonic Bottle

NN-22 & NN-21

Mulai dari Rp 31.000,00

BahanPlastik
BeratTidak disebutkan
Tipe mulut botolTipe sedotan
Kapasitas550 ml dan 650 ml
Tali bahuAda
CoverTidak ada
9

Carter'sSkip Hop Zoo Stainless Steel Little Kid Straw Bottle

Mulai dari Rp 369.000,00

BahanStainless steel
BeratTidak disebutkan
Tipe mulut botolTipe sedotan
Kapasitas350 ml
Tali bahuTidak ada (ada tali samping)
CoverAda
8

TupperwareKiddos Tumbler - Circus

Mulai dari Rp 205.000,00

BahanPlastik
BeratTidak disebutkan
Tipe mulut botolTipe sedotan
Kapasitas500 ml
Tali bahuAda
CoverTidak ada
7
BahanStainless steel
Berat210 g
Tipe mulut botolTipe sedotan
Kapasitas300 ml
Tali bahuTidak ada
CoverTidak ada
6
BahanPlastik
BeratTidak disebutkan
Tipe mulut botolTipe langsung
Kapasitas600 ml
Tali bahuAda
CoverTidak ada
5

Klean KanteenInsulated Kid Classic

Mulai dari Rp 429.900,00

BahanStainless steel
Berat292 g
Tipe mulut botolTipe langsung
Kapasitas355 ml
Tali bahuTidak ada
CoverTidak ada
4

ZojirushiVacuum Bottle Termos

SC-MC60

Mulai dari Rp 610.000,00

BahanStainless steel
Berat1000 g
Tipe mulut botolTipe cangkir
Kapasitas600 ml
Tali bahuAda
CoverTidak ada
3

Oxone Vacuum Flask Botol Minum (hot/cold) Stainless

OX-500

Mulai dari Rp 229.000,00

BahanStainless steel
Berat650 g
Tipe mulut botolTipe two-way (langsung dan cangkir)
Kapasitas500 ml
Tali bahuAda
CoverAda
2
BahanPolypropylene, tritan, silicone
BeratTidak disebutkan
Tipe mulut botolTipe sedotan
Kapasitas450 ml
Tali bahuAda
CoverAda
1

Zojirushi Cool Style Vacuum Botol Termos

SD-EA08 PL

Mulai dari Rp 980.000,00

BahanStainless steel
Berat1000 g
Tipe mulut botolTipe langsung
Kapasitas800 ml
Tali bahuAda
CoverAda

Tabel perbandingan produk botol minum anak terbaik

Gambar produk
1
Zojirushi  Cool Style Vacuum Botol Termos 1

Zojirushi

2
BabySafe Tritan Water Bottle  1

BabySafe

3
Oxone  Vacuum Flask Botol Minum (hot/cold) Stainless 1

Oxone

4
Zojirushi Vacuum Bottle Termos  1

Zojirushi

5
Klean Kanteen Insulated Kid Classic 1

Klean Kanteen

6
Lock n Lock Kids Water Bottle 1

Lock n Lock

7
Thermos Foogo Straw Bottle 1

Thermos

8
Tupperware Kiddos Tumbler - Circus 1

Tupperware

9
Carter's Skip Hop Zoo Stainless Steel Little Kid Straw Bottle 1

Carter's

10
Lion Star Puzzle Sonic Bottle  1

Lion Star

Nama produk

Cool Style Vacuum Botol Termos

Tritan Water Bottle

Vacuum Flask Botol Minum (hot/cold) Stainless

Vacuum Bottle Termos

Insulated Kid Classic

Kids Water Bottle

Foogo Straw Bottle

Kiddos Tumbler - Circus

Skip Hop Zoo Stainless Steel Little Kid Straw Bottle

Puzzle Sonic Bottle

Keunggulan

Kemampuan menahan panas dan dingin hingga 24 jam

Memungkinkan si kecil minum dari berbagai posisi

Dilengkapi dengan cover pelindung agar lebih tahan lama

Disertai dengan tali bahu dan name tag agar tidak tertukar

Mampu menahan suhu dingin hingga 40 jam!

Memudahkan Anda untuk mengontrol isi botol dengan warna botol yang transparan

Desain sweat-proof agar terhindar dari masalah botol berembun

Hadir dengan warna cerah untuk menambah keceriaan anak Anda

Desain trendi dengan cover silikon agar tidak licin

Dilengkapi dengan puzzle untuk dimainkan si kecil

Harga mulai dariRp 980.000,00Rp 101.500,00Rp 229.000,00Rp 610.000,00Rp 429.900,00Rp 89.000,00Rp 363.000,00Rp 205.000,00Rp 369.000,00Rp 31.000,00
BahanStainless steelPolypropylene, tritan, siliconeStainless steelStainless steelStainless steelPlastikStainless steelPlastikStainless steelPlastik
Berat1000 gTidak disebutkan650 g1000 g292 gTidak disebutkan210 gTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Tipe mulut botolTipe langsungTipe sedotanTipe two-way (langsung dan cangkir)Tipe cangkirTipe langsungTipe langsungTipe sedotanTipe sedotanTipe sedotanTipe sedotan
Kapasitas800 ml450 ml500 ml600 ml355 ml600 ml300 ml500 ml350 ml550 ml dan 650 ml
Tali bahuAdaAdaAdaAdaTidak adaAdaTidak adaAdaTidak ada (ada tali samping)Ada
CoverAdaAdaAdaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaAdaTidak ada
Tautan produk

Baca juga rekomendasi botol minum lainnya di sini

Selain untuk anak, tentu Anda juga membutuhkan botol minum untuk keperluan lain. Saat berolahraga atau beraktivitas sehari-hari, botol minum menjadi sangat diperlukan. Untuk itu, kami telah mengulas beberapa artikel mengenai botol minum yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Cek link di bawah ini untuk membacanya lebih detail, ya!

Kesimpulan

Botol minum merupakan peralatan penting yang sangat dibutuhkan anak, baik ketika bersekolah, berolahraga, maupun bepergian. Anak Anda akan menggunakannya dengan cukup sering dan untuk jangka waktu yang cukup lama. 


Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda memilih produk yang sesuai untuk anak serta mudah digunakan. Semoga Anda menemukan produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda serta anak Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi yang bagus dengan pertimbangan material botol, bentuk botol, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    254.670 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    338.292 Views
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    175.059 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Popok bayi sendiri sangat beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, membuat banyak ibu jadi kebingungan memilih popok terbaik.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    312.805 Views
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Mulai dari bayi yang baru lahir hingga bayi yang sudah mulai belajar bermain di luar ruangan, mandi merupakan hal yang sangat penting. Berhubung sabun bersentuhan langsung dengan kulit bayi, Anda perlu memilih produk yang aman bagi kulitnya. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang bagus, aman, dan tepercaya. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda dari berbagai merk populer, seperti Pigeon, Zwitsal, Johnson’s, dan lainnya. Ada juga komentar dari bidan Ony Christy untuk menambah wawasan Anda. Simak sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    190.095 Views
  • 10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Balsam bayi merupakan obat topikal (obat yang dioleskan pada kulit) yang kerap dipilih orang tua untuk meredakan gejala flu pada bayi. Setelah dioles balsam, tubuh anak menjadi hangat dan hidungnya lega. Balsam bayi juga berfungsi untuk melembapkan dan mencegah iritasi kulit.Berhubung diperuntukkan bagi bayi, tentu saja Anda tidak boleh sembarang memilih, ya. Melalui artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih balsam bayi serta merekomendasikan produk terbaik seperti Transpulmin, Tresno Joyo, hingga Vicks Baby Balsam. Baca artikel ini hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    82.032 Views
  • 10 Training Cup dengan Sedotan Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Training Cup dengan Sedotan Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Saat bayi mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI), penggunaan training cup dengan sedotan akan sangat membantu dalam melatih bayi agar terbiasa minum sendiri. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyediakan minuman bagi bayi ketika sedang bepergian.Berbagai macam botol minum anak dengan sedotan telah banyak tersedia, seperti merek Pigeon, Nuby, dan Dr. Brown’s. Kami akan menyajikan tips memilih training cup dengan sedotan yang bagus. Kami juga berkolaborasi dengan bidan Ony dalam penulisan artikel ini. Tidak lupa, terdapat rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Simak sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    57.718 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori