10 Rekomendasi Base Makeup Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Base Makeup Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2018)

Kulit kombinasi adalah keadaan kulit yang umumnya berminyak di daerah T dan kering di daerah lainnya. Base makeup yang paling mudah adalah menggunakan BB Cream. Namun, bagi orang dengan kulit kombinasi, primer atau base makeup lebih mampu mencegah penurunan produksi sebum dan menyamarkan pori-pori.

Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi base makeup terbaik untuk kulit kombinasi. Mulai dari Cathy Doll yang dilengkapi dengan SPF, Wet n Wild Coverall Primer yang dapat membuat makeup Anda tahan lama, hingga Benefit The POREfessional untuk menyamarkan pori-pori. Namun sebelumnya, kami akan menunjukkan cara memilih base makeup terbaik untuk Anda.

Daftar isi

Bagaimana memilih base makeup untuk kulit kombinasi?

Mari kita periksa dahulu bagaimana cara memilih base makeup, atau juga sering disebut primer, untuk orang dengan kulit kombinasi. Base makeup apa yang cocok untuk orang dengan kulit kombinasi?

Ada beragam masalah kulit kombinasi

Kulit kombinasi memiliki karakteristik yang berminyak di daerah T, tetapi di bagian pipi, mata, mulut, dan lain-lain bersifat kering. Orang dengan kulit kombinasi memiliki kekhawatiran bahwa base makeup-nya akan mudah rusak. Mari kita mulai dengan memilih produk yang dapat memberikan efek sesuai keinginan Anda.

Pilih base makeup yang tahan lama untuk Anda yang didominasi kulit berminyak

Pilih base makeup yang tahan lama untuk Anda yang didominasi kulit berminyak

Ada banyak orang dengan kulit kombinasi memiliki masalah dengan base makeup yang mudah luntur. Jika Anda merasa seperti itu, kami merekomendasikan base makeup yang memiliki efek tahan lama dan tidak mudah luntur. Jenis ini akan berguna bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk memperbaiki makeup.

Bagi yang didominasi kulit kering, pilih base makeup dengan efek pelembap yang tinggi

Bagi yang didominasi kulit kering, pilih base makeup dengan efek pelembap yang tinggi

Kulit kering disebabkan oleh pengeluaran sebum yang berlebihan. Di beberapa bagian wajah untuk kulit kombinasi, kulit kering juga sering dirasakan. Oleh sebab itu, memilih base makeup yang mengandung bahan pelembap dapat menjadi ide yang baik bagi Anda untuk mengatasi bagian kulit yang kering.

Tipe ini juga direkomendasikan bagi orang-orang yang memiliki kulit kering di daerah mata dan mulut, sedangkan pada area T lebih berminyak. Meskipun ada kelembapan pada bagian tertentu, Anda dapat menggunakan base makeup jenis ini untuk kulit yang lebih nyaman dan ringan.

Perhatikan daya coverage produk bagi Anda yang memiliki pori-pori besar

Perhatikan daya coverage produk bagi Anda yang memiliki pori-pori besar

Jika Anda cemas dengan pori-pori yang mudah terlihat, cobalah memilih base makeup yang dapat menutupi segala ketidaksempurnaan kulit. Anda juga bisa memilih produk yang membuat tekstur kulit lebih kenyal sehingga menyamarkan pori-pori besar, serta meratakan warna kulit. Jika Anda mempersiapkan kulit dengan base makeup jenis ini, kulit Anda akan terlihat lebih mulus, hasil makeup terlihat matte, dan membuat foundation Anda menjadi lebih tahan lama.

Pilih base makeup yang non-comedogenic untuk kulit kombinasi berjerawat

Pilih base makeup yang non-comedogenic untuk kulit kombinasi berjerawat

Ada banyak orang dengan kulit kombinasi yang cenderung mudah berjerawat. Jika Anda salah satunya, kami merekomendasikan untuk memilih produk base makeup yang non-comedogenic untuk membatasi produksi sebum. Perhatikan komposisi bahannya saat membeli.

Gunakanlah base makeup khusus untuk bagian yang mudah berminyak

Gunakanlah base makeup khusus untuk bagian yang mudah berminyak

Base makeup khusus untuk area tertentu, juga cukup sering digunakan oleh orang-orang dengan jenis kulit kombinasi, untuk mengatasi bagian wajah yang mudah berminyak. Untuk Anda yang memiliki kulit wajah kering pada bagian tertentu, gunakanlah base makeup yang dapat melembapkan seluruh area wajah, kemudian gunakanlah base makeup area khusus ini untuk area T untuk menyeimbangkannya. Selain itu, cara lainnya adalah Anda bisa menggunakana tipe base makeup yang dapat mencegah terjadinya minyak berlebih di area mata, yaitu base makeup khusus yang dapat memberikan efek untuk area mata dan mulut saja.

Pilih base makeup yang dilengkapi SPF untuk kegiatan di luar ruangan

Pilih base makeup yang dilengkapi SPF untuk kegiatan di luar ruangan

Ketika memilih base makeup, jangan lupa untuk memeriksa kandungan SPF di dalamnya. Sinar ultraviolet dapat menyebabkan iritasi kulit sehingga dapat mengganggu keseimbangan sebum untuk kulit kombinasi. Selain itu, kandungan sebum yang terlalu banyak teroksidasi oleh sinar ultraviolet dapat membuat kulit Anda menjadi kusam. Untuk mendapatkan kulit sehat dan indah, Anda juga harus melindungi kulit dari sinar UV.

Base makeup jenis ini penting digunakan pada saat cuaca panas di luar ruangan. Jumlah kandungan SPF dalam base makeup dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilihlah produk dengan kandungan SPF yang sesuai tergantung berapa lama waktu yang Anda habiskan di luar ruangan, kondisi cuaca, dan lain-lain

10 Rekomendasi base makeup terbaik untuk kulit kombinasi

Kali ini, kami akan memperkenalkan base makeup untuk orang-orang dengan kulit kombinasi. Produk-produk tersebut memiliki karakteristik berbeda seperti base makeup yang tahan lama, menutupi pori-pori, dan lainnya. Pilihlah base makeup yang sesuai dengan kebutuhan dan efek yang Anda inginkan.

10. Wardah Hydrating Aloe Vera Gel

10. Wardah Hydrating Aloe Vera Gel

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 34.000

Base makeup multifungsi untuk menjaga kelembapan kulit

Gel aloe vera dari Wardah ini diperkaya dengan triple humectant system yang dapat melembapkan kulit secara optimal. Sementara itu, kandungan triple shooting agent dalam produk ini membantu Anda merawat kulit kombinasi yang terkena iritasi akibat polusi dan sengatan sinar matahari.

Walaupun berbentuk gel, produk ini diklaim tidak lengket di kulit. Kandungan lidah buaya dalam produk ini juga dapat memberikan efek menenangkan. Selain berfungsi sebagai primer, produk ini juga dapat digunakan untuk tangan dan seluruh tubuh. Cocok untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit.

9. Beauty Story Pearl Primer Smooth & Luminous

9. Beauty Story Pearl Primer Smooth & Luminous

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 135.000

Untuk hasil makeup yang glowing dan fresh bagi pemilik kulit kombinasi kering

Tampilan wajah yang menakjubkan dimulai dari base makeup yang luar biasa pula. Kelembapan menjadi kunci untuk makeup dapat bertahan lama. Kandungan pearls base gold dan green pearls pada produk ini akan membuat kulit Anda tampil lebih cerah dan sedikit merona.

Gunakan produk ini sebelum memakai foundation agar makeup Anda dapat bertahan lama. Produk ini cocok untuk kulit kombinasi normal to dry karena formulanya akan menjaga kulit wajah Anda selalu lembap bahkan di bagian paling kering seperti di sekitar mata. Dengan demikian Anda akan terlihat fresh, dan tampak lebih muda dengan tampilan riasan luminous glow sepanjang hari.

8. Make Over Corrective Base Make Up

8. Make Over Corrective Base  Make Up

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 69.000

Warna kulit wajah tidak merata? Base makeup ini akan mengatasinya!

Base makeup satu ini memiliki kadar pelembap yang merupakan hasil perpaduan dari aloe vera dan mineral oil yang dapat mencegah kulit terdehidrasi. Sesuai dengan namanya, produk ini dapat mengoreksi warna kulit wajah yang tidak merata yang biasa dialami oleh kulit wajah kombinasi.

Ada dua varian berbeda yang dapat Anda pilih, yaitu Cyanite untuk memberi efek cerah pada kulit kusam dan Greenish untuk kulit agak kemerahan. Tambahan vitamin E sebagai antioksidan juga dapat menjaga kehalusan kulit. Produk ini dapat Anda gunakan setiap hari karena ringan, terasa halus di kulit, dan membuat kulit terlihat lebih bercahaya.

7. E.L.F Blemish Control Face Primer

7. E.L.F Blemish Control Face Primer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 199.000

Dengan salicylic acid dan tea tree extract untuk mencegah timbulnya jerawat baru

Mungkin Anda mengira bahwa produk ini memiliki isi yang berwarna hijau. Namun, base makeup satu ini berwarna putih dengan tekstur krim. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit kombinasi berjerawat. Kandungan salicylic acid sebanyak 2% dan tea tree extract dalam produk ini mampu mengontrol ketidaksempurnaan kulit dan mencegah jerawat baru muncul.

Base makeup ini akan menjaga kelembapan kulit wajah Anda dengan kandungan vitamin E di dalamnya. Mengoleskan produk ini sebelum mengaplikasikan makeup membuat Anda mendapatkan hasil makeup yang matte, flawless, dan tahan lama.

6. Cathy Doll Speed White CC Cream SPF50+ PA+++

6. Cathy Doll Speed White CC Cream SPF50+ PA+++

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 188.000

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan kandungan SPF tingkat tinggi

Control Colour Cream atau CC cream dari Cathy Doll ini dapat berfungsi sebagai base makeup. Kombinasi antara air mineral onsen dengan marine collagen membantu Anda untuk mengontrol kadar minyak di wajah dan membuat kulit tampak cerah. Selain itu, CC cream ini dapat menutupi pori-pori dan noda bekas jerawat.

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, CC cream ini cocok untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV berkat kandungan SPF50+ PA+++. Selain itu, krim ini juga diklaim ampuh untuk meratakan warna kulit. Kulit halus dan makeup sempurna selama 12 jam dapat Anda dapatkan dengan mudah.

5. Wet n Wild Photo Focus Dewy Face Primer

5. Wet n Wild Photo Focus Dewy Face Primer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.000

Miliki kulit wajah yang lebih glowy dengan base makeup yang menawarkan dewy effect

Jadikan wajah Anda memesona dan mulus dengan keajaiban yang dimiliki oleh primer ini. Base makeup ini dapat digunakan sebelum Anda memakai foundation untuk membuat makeup lebih tahan lama, halus, dan lebih menempel. Teksturnya yang berupa krim juga akan meresap secara cepat pada kulit wajah.

Dilengkapi dengan pearl pigments, produk ini membuat kulit Anda terlihat glowy, tetapi tidak berlebihan. Hasil dewy yang ditawarkan produk ini menjadikannya pilihan yang tepat bagi pemilik kulit kombinasi cenderung kering. Tidak ketinggalan, terdapat kandungan vitamin E dan formula yang ringan akan membuat Anda nyaman menggunakannya untuk waktu yang panjang.

4. Tarte Poreless Mattifying Primer

4. Tarte Poreless Mattifying Primer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 525.200

Teknologi matte-blur optik untuk menyempurnakan penampilan Anda

Base makeup yang satu ini diklaim dapat meminimalkan pori-pori dan membuat wajah tetap bersinar selama 12 jam. Produk ini dapat menjadi jawaban bagi kulit Anda yang sering mengalami makeup yang luntur. Fitur waterproof dengan teknologi matte-blur optik untuk menyaring ketidaksempurnaan akan membuat wajah Anda bebas dari minyak.

Berbentuk gel yang halus dan transparan, base makeup ini cocok bagi pemilik kulit kombinasi berminyak terutama pada area T. Base makeup dengan hasil matte ini akan menutupi pori-pori serta meratakan tekstur kulit agar lebih merata. Selain itu, produk ini juga kaya nutrisi dengan ekstrak botani antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas.

3. Maybelline Baby Skin – Pore Eraser

3. Maybelline Baby Skin - Pore Eraser

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 67.450

Kulit wajah semulus kulit bayi? Buktikan dengan produk yang satu ini!

Ingin mencari base makeup dengan harga terjangkau, tetapi hasilnya memuaskan? Coba yang satu ini! Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser Primer mudah ditemukan di drugstore dengan harga yang terjangkau. Produk ini cocok untuk jenis kulit kombinasi berjerawat karena primer ini bersifat non-comedogenic dan fragrance-free sehingga tidak menyumbat pori-pori dan tidak memicu timbulnya jerawat.

Primer ini terasa ringan saat digunakan dan dapat mengecilkan pori-pori. Dilengkapi dengan ekstrak cherry dan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas, produk ini akan memberikan hasil akhir yang halus seperti kulit bayi. Produk ini juga mudah dibawa bepergian karena kemasannya yang berbentuk tube kecil sehingga tidak memakan banyak tempat.

2. Benefit The POREfessional

2. Benefit The POREfessional 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 460.000

Sempurna untuk menyamarkan noda, kerutan, dan pori-pori di kulit wajah!

Benefit The POREfessional memiliki formula bebas minyak dengan warna nude yang dapat menyatu dengan lembut. Primer ini dapat menyamarkan noda, kerutan, dan pori-pori di wajah Anda. Anda dapat menggunakannya sebelum atau sesudah memakai foundation pada daerah yang bermasalah. Teksturnya ringan dan tidak terlihat sehingga cocok untuk semua warna kulit.

Primer ini dapat membantu makeup Anda menjadi tahan lama dan mengurangi kilap pada wajah. Selain itu, primer ini juga diperkaya dengan vitamin E untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Bagi Anda pemilik kulit kombinasi berminyak terutama di bagian T yang biasanya disertai dengan pori-pori besar, base makeup ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

1. Smashbox Photo Finish Foundation Primer

1. Smashbox Photo Finish Foundation Primer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 525.000

Menyempurnakan riasan dan menahannya agar tidak bergeser walau banyak beraktvitas

Produk base makeup satu ini berbentuk gel transparan yang dapat menyamarkan noda dan menghaluskan kulit Anda. Selain itu, primer ini juga dapat menutupi pori-pori, garis halus, dan keriput di wajah Anda. Kandungan antioksidan, vitamin A dan E, ekstrak biji anggur, dan teh hijau juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas.

Primer ini akan membuat makeup Anda tahan sepanjang hari sehingga dinobatkan sebagai “The Best of Sephora Award for Best Primer” dan menjadi bestseller selama 15 tahun. Agar lebih nyaman digunakan, produk ini juga bebas dari sodium lauryl sulfates, wewangian, dan talc. Tekstur yang berupa silikon menahan makeup di atasnya agar tidak luntur, pas untuk pemilik kulit kombinasi berminyak.

Kesimpulan

Kami telah memperkenalkan base makeup yang direkomendasikan untuk kulit kombinasi dan bagaimana cara memilihnya. Namun, orang-orang dengan kulit kombinasi sulit untuk menemukan produk yang cocok karena khawatir kulit menjadi kering atau terlalu berminyak. Jika Anda mencarinya dengan lebih teliti, Anda akan menemukan produk yang cocok dan sesuai dengan keinginan. Silakan mencoba dan menemukan primer atau base makeup terbaik untuk Anda dengan cara yang sudah kami bagikan kepada Anda.