10 Rekomendasi Foundation dengan Sunscreen Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Foundation dengan Sunscreen Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Penggunaan foundation dengan sunscreen pada makeup sehari-hari bisa membantu Anda melindungi kulit dari sinar UV. Akhir-akhir ini banyak merek foundation yang menambahkan sunscreen pada produknya. Akan tetapi, Anda perlu mempertimbangkan efek yang dihasilkan, ketahanannya, serta beban yang diakibatkan pada kulit.

Kali ini, kami akan membahas cara memilih foundation dengan sunscreen yang tepat beserta rekomendasi produk terbaiknya. Mulai dari Sulwhasoo, Make Over, hingga Maybelline, Anda bisa memilih dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Simak pembahasan ini sampai habis dan dapatkan produk yang paling pas untuk Anda, ya!

Daftar isi

Cara memilih foundation dengan sunscreen

Sebelum membeli, Anda wajib mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih foundation dengan sunscreen. Misalnya, jenis dan efek yang dihasilkan dari produk tersebut. Untuk itu, kami akan menjelaskannya secara mendetail untuk Anda.

Pilih jenis foundation berdasarkan cara penggunaannya

Ada beberapa jenis foundation dengan sunscreen, di antaranya adalah jenis powder dan liquid. Pastikan Anda memilih jenis yang tepat sesuai cara penggunaannya untuk mendapatkan manfaat sunscreen yang optimal.

Powder foundation yang memudahkan Anda saat membutuhkan touch up

Powder foundation yang memudahkan Anda saat membutuhkan touch up

Powder foundation umumnya memiliki efek sunscreen yang cukup tinggi dan mudah digunakan untuk touch up. Meski dipoleskan berlapis-lapis, powder foundation tidak terasa berat dan akan melekat kuat pada wajah untuk menghalangi sinar UV. Saat makeup mulai hilang akibat keringat maupun sebum, Anda bisa touch up dengan mudah menggunakan foundation jenis ini.

Powder foundation tidak terlalu membebani kulit Anda seperti produk-produk sunscreen lainnya. Bahkan saat tidak menggunakan sunscreen di atas makeup base, Anda bisa mendapatkan efek perlindungan yang cukup. Produk ini tepat untuk Anda yang kulitnya mudah kasar akibat produk sunscreen.

Liquid dan cream foundation yang melembapkan dan mencegah wajah menjadi kering

Liquid dan cream foundation yang melembapkan dan mencegah wajah menjadi kering

Liquid dan cream foundation cocok digunakan ketika Anda membutuhkan makeup yang tebal mengingat daya coverage-nya yang tinggi. Foundation jenis ini juga memiliki efek melembapkan sehingga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki kulit cenderung kering. Efek melembapkan ini juga berfungsi mencegah kulit menjadi kering akibat sinar UV.

Namun, efek sunscreen yang ditawarkan liquid atau cream foundation semakin lama akan menghilang. Dengan demikian, sulit untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari jika hanya mengandalkan efek dari foundation. Untuk itu, Anda dapat menggunakan sunscreen tambahan dalam bentuk spray atau powder yang bisa diaplikasikan di atas makeup.

Cushion foundation yang mempersingkat waktu Anda ber-makeup

Cushion foundation yang mempersingkat waktu Anda ber-makeup

Kelebihan dari cushion foundation adalah Anda dapat menyelesaikan base makeup dengan cepat hanya dengan satu produk. Anda bahkan tidak perlu lagi mengaplikasikan primer maupun liquid foundation! Oleh karena cushion foundation tidak mudah luntur, jenis ini cocok untuk Anda yang menginginkan makeup yang tahan lama.

Di samping itu, cushion foundation juga tergolong mudah digunakan untuk touch up. Sayangnya, efek sunscreen dari foundation jenis ini lebih mudah hilang dibandingkan powder foundation. Namun, Anda bisa mempertahankan efek sunscreen dengan touch up setiap beberapa jam sekali.

Sesuaikan angka SPF dan PA dengan kebutuhan

Sesuaikan angka SPF dan PA dengan kebutuhan

SPF dan PA adalah gambaran efek sunscreen dalam suatu produk. Semakin besar angkanya, semakin besar pula beban yang diberikan ke kulit wajah. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memilih foundation dengan SPF dan PA sesuai kebutuhan.

SPF 50+ dengan PA++++ dinilai paling efektif dalam memberikan proteksi. Sebagai ganti tingginya efek sunscreen yang diberikan, kulit pun akan semakin terbebani. Oleh karena itu, gunakan SPF tinggi di saat tertentu saja, seperti ketika berlibur atau melakukan kegiatan outdoor dalam waktu lama. Untuk penggunaan sehari-hari, SPF 15 hingga 25 dengan PA++ sudah cukup untuk melindungi kulit Anda.

Sebagai perlengkapan makeup yang digunakan setiap hari, foundation akan menempel di kulit wajah Anda dalam waktu yang lama. Maka dari itu, pilihlah foundation dengan sunscreen yang tidak terlalu membebani kulit.

Bagi Anda pemilik kulit sensitif, periksa kandungannya dengan teliti

Bagi Anda pemilik kulit sensitif, periksa kandungannya dengan teliti

Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebisa mungkin hindarilah bahan-bahan yang dapat memicu iritasi. Kami sarankan agar Anda memilih powder foundation karena jenis ini adalah jenis yang paling efek iritasinya. Selain itu, pilihlah foundation dengan kandungan SPF dan PA yang rendah agar kulit tidak terlalu terbebani.

Pilihan yang paling aman adalah foundation dengan kandungan bahan mineral atau bahan organik. Jika produk incaran Anda bukan produk organik, sebisa mungkin hindari kandungan mineral oils, surfaktan, pengawet, pewarna, dan pewangi buatan. Perhatikan komposisi bahannya sebelum membeli, ya!

Pilih produk yang waterproof untuk kegiatan olahraga dan outdoor

Pilih produk yang waterproof untuk kegiatan olahraga dan outdoor

Keringat dan sebum sering kali membuat foundation luntur. Oleh sebab itu, gunakan foundation yang waterproof saat Anda hendak berolahraga atau melakukan kegiatan outdoor. Bahkan, Anda bisa menggunakannya untuk berenang!

Hanya saja, foundation yang waterproof memerlukan perhatian lebih untuk menghapusnya. Pastikan foundation benar-benar bersih dan tidak bersisa di wajah Anda saat membersihkannya.

10 Rekomendasi foundation dengan sunscreen terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan 10 rekomendasi produk foundation dengan sunscreen terbaik yang bisa Anda pilih. Jangan lupa untuk menyesuaikan jenis dan angka SPF dengan kebutuhan Anda!

10. Make Over Ultra Cover Liquid Matt Foundation

10. Make Over Ultra Cover Liquid Matt Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 105.000

Dilengkapi pearl extract yang mencerahkan

Anda mencari foundation dengan efek mencerahkan? Jika iya, foundation yang satu ini pas untuk Anda! Make Over Ultra Cover Liquid Matt Foundation dilengkapi dengan pearl extract yang mampu menjadikan kulit wajah lebih cerah. Selain itu, produk ini menggandeng jojoba oil untuk menjaga kulit agar selalu lembap.

Apabila ingin menyamarkan garis halus di wajah, foundation ini bisa mewujudkannya untuk Anda dengan soft focus agent-nya. Bahkan flek hitam dan kerutan juga dapat tertutup dengan sempurna! Pemilik kulit berminyak akan menyukai foundation ini karena formula oil absorber yang dapat mencegah wajah terlihat mengilap.

Jenis Liquid
SPF/PA SPF 31
Bahan penyebab iritasi Tocopherol, Simmondsia chinensis seed oil
Waterproof ×

9. Maybelline Super Cushion Ultra Cover

9. Maybelline Super Cushion Ultra Cover

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 180.000

Super coverage, super longlasting, super light, dan super protection!

Maybelline menawarkan cushion dengan kemampuan cover layaknya foundation. Walau demikian, produk ini terasa ringan seperti hanya menggunakan BB cream. Bagi Anda yang butuh ekstra coverage, tetapi menghindari foundation yang berat, cushion ini dapat dijadikan pilihan!

Selain itu, formulanya juga longlasting dan tahan hingga 14 jam. Tidak lupa sebagai proteksi dari sinar UV, Maybelline juga melengkapi cushion ini dengan SPF 50++. Dengan menggunakan foundation ini, Anda hanya membutuhkan satu tap saja untuk meng-cover seluruh wajah. Jadi, produknya tidak akan cepat habis!

Jenis Cushion
SPF/PA SPF 50++
Bahan penyebab iritasi Tocopherol
Waterproof ×

8. Maybelline Fit Me! Dewy + Smooth

8. Maybelline Fit Me! Dewy + Smooth

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 102.500

Memberi efek dewy untuk si kulit kering

Meninggalkan hasil akhir yang dewy, foundation ini akan membuat kulit Anda terlihat lebih bercahaya. Dengan menggunakan produk ini, hasil makeup Anda juga akan terlihat lebih natural. Formulanya difokuskan untuk menghidrasi kulit agar terlihat lebih halus, cocok untuk Anda yang berkulit normal hingga kering.

Meski telah dilengkapi dengan SPF 18, sebaiknya Anda juga menggunakan sunscreen terpisah saat berkegiatan outdoor dalam waktu lama. Dengan kandungan yang non comedogenic dan telah teruji secara dermatologi, Maybelline Fit Me! Dewy + Smooth dapat Anda gunakan setiap hari tanpa khawatir.

Jenis Liquid
SPF/PA SPF 18
Bahan penyebab iritasi Tocopherol
Waterproof ×

7. BareMinerals Original Loose Powder Foundation SPF 15

7. BareMinerals Original Loose Powder Foundation SPF 15

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 501.000

Komposisinya minimalis dan super aman untuk kulit

Powder foundation ini mengandung non-chemical sunscreen untuk perlindungan dari sinar UV yang efektif dan lebih aman. Dibuat dengan lima kandungan mineral, kulit Anda akan terlihat lebih halus dan sehat sepanjang hari saat menggunakannya. Anda juga dapat mengatur daya coverage dari sheer hingga full sesuai kebutuhan dengan hasil akhir makeup yang bercahaya.

BareMinerals Original Loose Powder Foundation SPF 15 sangat cocok digunakan oleh Anda yang berkulit sensitif. Selain komposisinya yang minimalis, produk ini tidak mengandung bahan penyebab iritas, bebas talc, paraben, phthalates, maupun pewangi buatan. Tidak menimbulkan komedo, jerawat, dan alergi pula. Super aman untuk kulit Anda!

Jenis Powder
SPF/PA SPF 15
Bahan penyebab iritasi Tidak ada
Waterproof ×

6. Revlon Powdery Foundation

6. Revlon Powdery Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 100.000

Mewujudkan tampilan matte dan dewy dalam satu produk

Meski memiliki tekstur cream yang solid, foundation dari Revlon ini perlahan akan berubah menjadi powder di wajah Anda. Jadi, Anda bisa lebih mudah memulas makeup lain seperti blush on atau bronzer setelahnya. Ditambah dengan medium to full coverage yang ditawarkan, dapatkan wajah yang terlihat mulus sempurna!

Anda bisa menyesuaikan hasil akhir yang diinginkan dengan produk ini. Jika ingin matte, Anda hanya tinggal memulaskannya dengan spons kering. Apabila ingin tampilan dewy, Anda cukup membasahi spons sebelum menggunakannya. Produk tepat untuk Anda yang suka mencoba berbagai tampilan.

Jenis Cream
SPF/PA SPF 15/PA++
Bahan penyebab iritasi Tocopherol
Waterproof Tidak tercantum

5. The Face Shop BB Power Perfection Cushion SPF50+ PA+++ V201

5. The Face Shop BB Power Perfection Cushion SPF50+ PA+++

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 168.300

Perlindungan ekstra saat berkegiatan outdoor atau ketika berlibur

Diperkaya kandungan African walnut oil dan sea buckthron fruit extract, cushion ini mampu melembapkan, mencerahkan, dan menghaluskan kulit Anda. Produk ini akan menutupi berbagai masalah kulit wajah seperti keriput dan noda hitam secara instan dengan kemampuan power corrects yang dimilikinya. Dapatkan hasil akhir yang tampak sehat, kenyal, dan glowing.

Anda sering melakukan kegiatan outdoor dalam waktu yang cukup lama atau banyak terpapar matahari ketika berlibur? Tidak masalah! Dengan kandungan SPF 50+ dengan PA+++, cushion ini akan memberi perlindungan ekstra bagi kulit wajah.

Jenis Cushion
SPF/PA SPF 50+/PA+++
Bahan penyebab iritasi Beeswax, tocopherol
Waterproof ×

4. Estee Lauder Double Wear Stay-in-Place Makeup SPF 10

4. Estee Lauder Double Wear Stay-in-Place Makeup

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 545.000

Foundation dengan fitur waterproof untuk tampil flawless sepanjang hari!

Foundation yang satu ini diklaim dapat bertahan hingga 24 jam dengan hasil yang matte, flawless, dan natural. Dengan medium to full coverage, produk ini memungkinkan Anda untuk mengatur coverage sesuai keinginan. Selain itu, SPF 10 sudah melengkapi foundation ini sehingga dapat digunakan untuk perlindungan sehari-hari dari efek sinar matahari.

Walau tahan lama, Estee Lauder Double Wear Stay-in-Place Makeup tetap terasa ringan dan nyaman digunakan. Formulanya yang waterproof membuat foundation ini tidak akan luntur oleh air atau keringat. Jika Anda akan menghadiri acara penting dalam waktu lama dan tidak memungkinkan touch up, produk satu ini pantas dicoba!

Jenis Liquid
SPF/PA SPF 10
Bahan penyebab iritasi Tidak ada
Waterproof

3. Chanel Perfection Lumière Extrême

3. Chanel Perfection Lumière Extrême

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 977.000

Tahan di cuaca panas dan lembap!

Dilengkapi dengan formula oil control, Chanel Perfection Lumière Extrême tepat digunakan oleh Anda yang memiliki kulit berminyak. Powder foundation ini mampu memberikan hasil akhir riasan yang seimbang antara efek matte dengan sedikit kilau pada wajah Anda.

Selain itu, produk dari Chanel ini juga tahan lama dan tidak akan mudah luntur meski cuaca panas dan lembap. Sangat cocok digunakan di iklim tropis Indonesia. Produk ini juga bisa melindungi kulit dari matahari, memperbaiki tekstur kulit, menyamarkan pori-pori besar dan kekurangan wajah. Sebuah paket yang lengkap untuk perawatan kulit Anda!

Jenis Powder
SPF/PA SPF 25/PA+++
Bahan penyebab iritasi Tocopherol
Waterproof ×

2. BCL Cream to Powder Compact Foundation SPF 31 PA++

2. BCL Cream to Powder Compact Foundation SPF 31 PA++

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 250.000

Bukan hanya sekadar foundation! Dengan 6 manfaat dalam 1 produk

Bagi Anda yang tidak ingin repot membawa berbagai produk makeup saat bepergian, produk dari BCL ini jawabannya! Tidak hanya berfungsi sebagai foundation, produk ini juga berperan sebagai sunscreen, concealer, primer, bedak wajah, bahkan essence. Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk berdandan.

Pemilik kulit kering akan menyukai produk ini karena mengandung squalane, shea butter oil, dan sodium hyaluronate yang efektif melembapkan kulit. Anda juga bisa menyesuaikan coverage sesuai keinginan, high coverage dengan spons kering atau extra high coverage dengan spons lembap. Wajah akan tampak flawless dan glowing!

Jenis Cream
SPF/PA SPF 31/PA++
Bahan penyebab iritasi Tocopherol
Waterproof ×

1. Sulwhasoo Perfecting Cushion Intense SPF50+/PA+++

1. Sulwhasoo Perfecting Cushion Intense SPF50+/PA+++

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 380.000

Formula antiaging untuk kulit yang bervitalitas dan tampak cerah

Cushion foundation dari brand Sulwhasoo ini mengandung ekstrak red pine yang bermanfaat mengencangkan kulit. Ekstrak plum blossom dan radiance pearl powder-nya juga akan membantu meremajakan kulit dan mencerahkan wajah. Jika Anda ingin foundation yang juga memiliki efek anti-aging, cobalah produk ini!

Foundation ini memberikan Anda satin finish, tidak terlalu matte, juga tidak sebasah dewy. Gunakan satu lapis untuk hasil natural atau tambahkan lapisan jika Anda ingin coverage lebih. Kulit kering dan kusam akan terlihat lebih cerah dan kembali sehat!

Jenis Cushion
SPF/PA SPF 50+/PA+++
Bahan penyebab iritasi Beeswax
Waterproof ×

Gunakan sunscreen terpisah untuk perlindungan yang lebih efektif

Gunakan sunscreen terpisah untuk perlindungan yang lebih efektif

Jika Anda menggunakan sunscreen sebelum foundation yang mengandung SPF, wajah akan mendapat perlindungan lebih terhadap sinar UV. Hal ini dapat menimimalisasi terbakarnya kulit.

Namun, seperti yang telah disebutkan juga sebelumnya, sunscreen dapat menambah beban yang ditimbulkan pada kulit. Meskipun telah menggunakan powder foundation yang tidak terlalu membebani kulit, tambahan pemakaian sunscreen terpisah akan tetap memberikan beban yang tidak diinginkan. Jika Anda memilih untuk mengombinasikan keduanya, pilihlah sunscreen yang rendah efek iritasinya.

Baca juga rekomendasi sunblock spray dan face powder dengan SPF di sini!

Menggunakan foundation dengan sunscreen saja terkadang tidak cukup, terutama jika Anda akan melakukan kegiatan di luar rumah. Anda bisa mengombinasikannya dengan sunblock spray. Selain itu, penggunaan face powder dengan SPF setelah foundation juga akan menambah proteksi ke kulit wajah Anda. Baca juga artikel rekomendasi sunblock spray dan face powder yang mengandung SPF di sini!

Kesimpulan

Foundation dengan sunscreen sangat bermanfaat dan dapat digunakan untuk berbagai kegiatan. Dengan berbagai jenis yang ditawarkan, ada baiknya memilih jenis foundation berdasarkan cara penggunaan. Lalu, sesuaikan angka SPF dan PA dengan kebutuhan.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, periksa kandungannya terlebih dahulu agar aman untuk kulit. Pertimbangkan cara memilih yang telah kami ulas di atas, dan temukan produk paling tepat sesuai keinginan dan kebutuhan!