• 10 Rekomendasi Foundation Terbaik dengan Sunscreen (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Foundation Terbaik dengan Sunscreen (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Foundation Terbaik dengan Sunscreen (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Foundation Terbaik dengan Sunscreen (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Foundation Terbaik dengan Sunscreen (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Foundation Terbaik dengan Sunscreen (Terbaru Tahun 2022)

Penggunaan foundation dengan sunscreen pada makeup sehari-hari bisa membantu Anda melindungi kulit dari sinar UV. Akhir-akhir ini banyak merek foundation yang menambahkan sunscreen pada produknya. Akan tetapi, Anda perlu mempertimbangkan dari segi jenis, efek yang dihasilkan, serta beban yang diakibatkan pada kulit.

Kali ini, kami akan membahas cara memilih foundation dengan sunscreen yang tepat. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek produk yang bagus, mulai dari Revlon, Make Over, hingga Maybelline. Anda bisa memilih dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Simak pembahasan ini sampai habis dan dapatkan produk yang bagus untuk Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Liamelqha
Jessica Veranda
Elisabeth Gultom
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih foundation dengan sunscreen

Sebelum membeli, Anda wajib mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih foundation dengan sunscreen. Untuk itu, kami akan menjelaskannya secara mendetail untuk Anda.

Pilih jenis foundation berdasarkan cara penggunaannya

Ada beberapa jenis foundation dengan sunscreen, di antaranya adalah powder dan liquid. Pastikan Anda memilih jenis yang tepat untuk mendapatkan manfaat sunscreen yang optimal.

Powder: Memudahkan saat touch up

Powder: Memudahkan saat touch up
Powder foundation umumnya memiliki efek sunscreen yang cukup tinggi dan mudah digunakan untuk touch up. Meski dipoleskan berlapis-lapis, powder foundation tidak terasa berat. Saat makeup mulai hilang akibat keringat atau sebum, Anda bisa touch up dengan mudah.

Selain itu, powder foundation tidak terlalu membebani kulit Anda seperti produk-produk sunscreen lainnya. Saat tidak menggunakan sunscreen di atas makeup base, Anda bahkan bisa mendapatkan efek perlindungan yang cukup. Produk ini tepat untuk Anda yang kulitnya tidak begitu cocok menggunakan produk sunscreen.

Liquid dan cream: Melembapkan dan mencegah wajah menjadi kering

Liquid dan cream: Melembapkan dan mencegah wajah menjadi kering
Liquid dan cream foundation cocok digunakan ketika Anda membutuhkan makeup tebal mengingat daya coverage-nya yang tinggi. Foundation jenis ini juga memiliki efek melembapkan sehingga cocok untuk Anda yang memiliki kulit cenderung kering. Efek melembapkan ini juga berfungsi mencegah kulit menjadi kering akibat terkena sinar UV.

Namun, efek sunscreen dalam liquid atau cream foundation makin lama akan menghilang. Dengan demikian, sulit untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari jika hanya mengandalkan efek dari foundation saja. Untuk itu, Anda dapat menggunakan sunscreen tambahan dalam bentuk spray atau powder yang bisa diaplikasikan di atas makeup.

Cushion: Mempersingkat waktu makeup

Cushion: Mempersingkat waktu makeup
Kelebihan dari cushion foundation adalah Anda dapat menyelesaikan base makeup dengan cepat hanya dengan satu produk. Anda bahkan tidak perlu lagi mengaplikasikan primer ataupun liquid foundation. Karena cushion foundation tidak mudah luntur, jenis ini cocok untuk Anda yang menginginkan makeup tahan lama.

Di samping itu, cushion foundation juga tergolong mudah digunakan untuk touch up. Sayangnya, efek sunscreen dari foundation jenis ini lebih mudah hilang dibanding powder foundation. Namun, Anda bisa mempertahankan efek sunscreen dengan touch up setiap beberapa jam sekali.

Kami juga memiliki ulasan mengenai produk cushion lainnya di artikel berikut. Simak tautan di bawah ini jika Anda membutuhkannya.

Sesuaikan angka SPF dan PA dengan kebutuhan

Sesuaikan angka SPF dan PA dengan kebutuhan
SPF dan PA adalah gambaran efek sunscreen dalam suatu produk. Makin besar angkanya, makin besar pula beban yang diberikan ke kulit wajah. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memilih foundation dengan SPF dan PA sesuai kebutuhan.

SPF 50+ dengan PA++++ dinilai paling efektif dalam memberikan proteksi. Sebagai ganti tingginya efek sunscreen yang diberikan, kulit pun akan makin terbebani. Jadi, gunakan SPF tinggi pada saat tertentu saja, seperti ketika berlibur atau berkegiatan outdoor dalam waktu lama. Untuk penggunaan sehari-hari, SPF 15 hingga 25 dengan PA++ sudah cukup untuk melindungi kulit Anda.


Foundation merupakan perlengkapan makeup yang akan menempel di kulit wajah Anda dalam waktu yang lama setiap hari. Maka dari itu, pilihlah foundation dengan sunscreen yang tidak terlalu membebani kulit Anda.

Bagi pemilik kulit sensitif, periksa kandungannya dengan teliti

Bagi pemilik kulit sensitif, periksa kandungannya dengan teliti
Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, sebisa mungkin hindarilah bahan-bahan yang dapat memicu iritasi. Kami sarankan agar Anda memilih powder foundation karena jenis ini adalah yang paling ringan dan rendah iritasi. Selain itu, pilihlah foundation dengan kandungan SPF dan PA yang rendah agar kulit tidak terlalu terbebani.

Pilihan yang paling aman adalah foundation dengan kandungan bahan mineral atau bahan organik. Jika bukan produk organik, sebisa mungkin hindari kandungan mineral oil, surfaktan, pengawet, pewarna, dan pewangi buatan. Perhatikan komposisi bahannya dengan teliti sebelum membeli.

Tentukan produk yang waterproof untuk kegiatan olahraga dan outdoor

Tentukan produk yang waterproof untuk kegiatan olahraga dan outdoor
Keringat dan sebum sering kali membuat foundation luntur. Oleh sebab itu, gunakan foundation yang waterproof saat Anda hendak berolahraga atau melakukan kegiatan outdoor. Bahkan, Anda bisa menggunakannya untuk berenang. 

Hanya saja, foundation yang waterproof memerlukan perhatian lebih untuk menghapusnya. Pastikan foundation benar-benar bersih dan tidak bersisa di wajah Anda saat membersihkannya.

Ketahui hasil akhir dari foundation tersebut

Ketahui hasil akhir dari foundation tersebut
Foundation atau makeup memiliki hasil akhir pada wajah yang bisa Anda tentukan sesuai keinginan. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai hasil akhir foundation pada wajah yang bisa Anda simak.

 

  • Dewy: Hasil akhir dewy menunjukkan wajah yang glowing dan tampak kilap. Finish look ini disarankan untuk Anda yang memiliki kulit wajah kering. Sebaliknya, bagi kulit wajah yang berminyak dan berjerawat, hindari penggunaan dewy finish foundation.

  • MatteUntuk kulit wajah kombinasi, foundation dengan hasil akhir matte adalah pilihan tepat. Foundation ini dapat membantu menutupi pori-pori dan lebih bertahan lama di wajah. Selain itu, hasil akhir matte disarankan untuk Anda yang ingin memberikan coverage penuh pada wajah.

  • Satin: Jika Anda menginginkan finish look yang tidak terlalu berkilau ataupun matte, pakailah foundation dengan hasil satin. Setiap jenis kulit wajah cocok menggunakan hasil akhir satin, meskipun bisa jadi terasa berat di kulit.

  • Sheer: Hasil akhir sheer pada wajah membuat wajah terlihat natural. Apabila Anda memiliki kulit wajah normal, foundation dengan hasil akhir sheer adalah pilihan terbaik. Pasalnya, foundation ini memiliki tekstur yang sangat ringan dan low coverage. Hal itu membuat pori-pori yang besar ataupun bekas jerawat tidak cukup tertutupi dengan foundation ini.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion SPF 33 PA++

Mulai dari Rp 185.900,00

Spesialis
mybest

MandomPIXY UV Whitening Stay Last Serum Foundation

Mulai dari Rp 65.000,00

Spesialis
mybest

LanoreBrightening Powder Foundation

Mulai dari Rp 165.000,00

10 Rekomendasi foundation terbaik dengan sunscreen

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk foundation terbaik dengan sunscreen yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

BareMineralsOriginal Loose Powder Foundation SPF 15

Mulai dari Rp 695.000,00

JenisPowder
SPF/PASPF 15
Waterproofx
Hasil akhirSheer
9

Bobbi BrownIntensive Serum Foundation SPF 40/30

Mulai dari Rp 95.000,00

JenisLiquid
SPF/PASPF 40/PA++++
Waterproofx
Hasil akhirSemi matte
8

AmorepacificLANEIGE BB Cushion Pore Control

Mulai dari Rp 560.000,00

JenisCushion
SPF/PASPF 50+/PA+++
WaterproofTidak disebutkan
Hasil akhirMatte
7

Estee LauderDouble Wear Stay-in-Place Makeup SPF 10

Mulai dari Rp 555.000,00

JenisLiquid
SPF/PASPF 10
Waterproof
Hasil akhirMatte
6
JenisCushion
SPF/PASPF 50+/PA+++
Waterproofx
Hasil akhirMatte
5
JenisLiquid
SPF/PASPF 15
Waterproofx
Hasil akhirSemi matte
4
JenisLiquid
SPF/PASPF 35/PA+++
Waterproofx
Hasil akhirDewy
3

RevlonColorStay™ Makeup for Combination/Oily Skin SPF 15

Mulai dari Rp 145.000,00

JenisLiquid
SPF/PASPF 15
Waterproofx
Hasil akhirMatte
2
JenisCushion
SPF/PASPF 23/PA++
WaterproofTidak disebutkan
Hasil akhirDewy
1

Make OverUltra Cover Liquid Matt Foundation

Mulai dari Rp 149.000,00

JenisLiquid
SPF/PASPF 31
Waterproofx
Hasil akhirSemi matte

Tabel perbandingan produk foundation terbaik dengan sunscreen

Gambar produk
1
Make Over Ultra Cover Liquid Matt Foundation 1

Make Over

2
Pixy Make It Glow Dewy Cushion 1

Pixy

3
Revlon ColorStay™ Makeup for Combination/Oily Skin SPF 15 1

Revlon

4
Viva Queen Perfect Look CC Foundation 1

Viva

5
The Body Shop Fresh Nude Foundation 1

The Body Shop

6
Maybelline Super Cushion Ultra Cover 1

Maybelline

7
Estee Lauder Double Wear Stay-in-Place Makeup SPF 10 1

Estee Lauder

8
Amorepacific LANEIGE BB Cushion Pore Control 1

Amorepacific

9
Bobbi Brown Intensive Serum Foundation SPF 40/30 1

Bobbi Brown

10
BareMinerals Original Loose Powder Foundation SPF 15 1

BareMinerals

Nama produk

Ultra Cover Liquid Matt Foundation

Make It Glow Dewy Cushion

ColorStay™ Makeup for Combination/Oily Skin SPF 15

Queen Perfect Look CC Foundation

Fresh Nude Foundation

Super Cushion Ultra Cover

Double Wear Stay-in-Place Makeup SPF 10

LANEIGE BB Cushion Pore Control

Intensive Serum Foundation SPF 40/30

Original Loose Powder Foundation SPF 15

Keunggulan

Dilengkapi pearl extract yang mencerahkan

Tutupi noda hitam di wajah dengan hasil akhir yang dewy

Jadikan kulit flawless bebas minyak seharian!

Foundie lokal berkualitas yang ramah di kantong

Ringan dan menjaga kelembapan kulit sepanjang hari

Super coverage, long-lasting, light, dan super protection!

Foundation dengan fitur waterproof untuk tampil flawless sepanjang hari!

Siap menemani Anda saat berkegiatan outdoor atau berlibur

Mengandung ekstrak buah-buahan sebagai anti-aging

Komposisinya minimalis dan superaman untuk kulit

Harga mulai dariRp 149.000,00Rp 125.000,00Rp 145.000,00Rp 40.300,00Rp 299.000,00Rp 125.000,00Rp 555.000,00Rp 560.000,00Rp 95.000,00Rp 695.000,00
JenisLiquidCushionLiquidLiquidLiquidCushionLiquidCushionLiquidPowder
SPF/PASPF 31SPF 23/PA++SPF 15SPF 35/PA+++SPF 15SPF 50+/PA+++SPF 10SPF 50+/PA+++SPF 40/PA++++SPF 15
WaterproofxTidak disebutkanxxxxTidak disebutkanxx
Hasil akhirSemi matteDewyMatteDewySemi matteMatteMatteMatteSemi matteSheer
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar foundation dengan sunscreen

Pertanyaan umum seputar foundation dengan sunscreen

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami juga memiliki jawaban dari pertanyaan seputar foundation dengan sunscreen. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut, simak jawabannya di bawah ini!

Foundation atau sunscreen terlebih dahulu?

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, Anda perlu menggunakan sunscreen sebelum makeup. Setelah itu, lapisi dengan foundation agar tidak terjadi penumpukan makeup dengan sunscreen. Meski demikian, penggunaan sunscreen secara terpisah akan tetap memberikan tambahan beban pada kulit. Jika Anda memilih untuk memakai keduanya, pilihlah sunscreen dengan efek iritasi yang rendah

Baca juga rekomendasi sunblock atau sunscreen di sini

Hadirnya foundation dengan sunscreen memudahkan Anda dalam penggunaan sehari-hari, terutama jika Anda sering melakukan kegiatan di luar rumah. Namun, penggunaan sunscreen juga perlu digunakan meskipun hanya di dalam rumah saja, lho! Klik tautan di bawah untuk rekomendasi sunscreen atau sunblock terbaik. 

Kesimpulan

Foundation dengan sunscreen sangat bermanfaat dan dapat digunakan untuk berbagai kegiatan. Dengan berbagai jenis yang ditawarkan, ada baiknya memilih jenis foundation berdasarkan cara penggunaan. Sesuaikan pula angka SPF dan PA dengan kebutuhan.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, periksa kandungannya terlebih dahulu agar aman untuk kulit. Pertimbangkan cara memilih yang telah kami ulas di atas dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini, Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merek, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, atau Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Di artikel ini, Anda akan menemukan tips memilih beserta rekomendasi produk bedak tabur yang bagus. Di dalamnya terdapat sepuluh merek bedak tabur terbaik, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Marcks. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah makeup Anda cepat luntur? Jika ya, Anda wajib tahu tentang setting spray. Setting spray berguna untuk mencegah lunturnya makeup karena keringat ataupun minyak di wajah. Saat ini sudah tersedia berbagai setting spray untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit berminyak, berjerawat, kombinasi, dan kering.Di artikel ini Anda akan menemukan berbagai rekomendasi setting spray dari merk yang bagus, seperti PIXY, Wardah, dan Studio Tropik. Baca juga tips memilih tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Yuk, temukan setting spray terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit Anda di sini!
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memiliki tipe kulit berminyak? Jika iya, Anda harus jeli dalam memilih produk makeup, termasuk bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak?Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini. Di artikel ini, kami memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek bedak terbaik untuk kulit berminyak yang bisa digunakan usia remaja hingga dewasa. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola.
    Makeup wajah
  • 10 Face Palette Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Face Palette Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Face palette, atau kadang disebut palette makeup, merupakan item yang kian populer di kalangan wanita. Hal ini disebabkan oleh kepraktisan dan fungsionalitas yang dimiliki. Bayangkan saja, hanya dengan satu benda, Anda sudah bisa memiliki eyeshadow, blush on, contour, bronzer, bahkan lipstik!Kami akan membantu Anda menemukan face palette yang bagus sesuai kebutuhan Anda. Tentu saja kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilihnya. Setelah itu, beragam rekomendasi produk merek Madame Gie, SASC, dan Tarte juga akan kami tampilkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola. Yuk, disimak!
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori