10 Rekomendasi Kursi Bayi Terbaik untuk Belajar Duduk (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kursi Bayi Terbaik untuk Belajar Duduk (Terbaru Tahun 2018)

Bisa duduk sendiri adalah salah satu tahap perkembangan pada bayi. Pada umumnya, bayi berumur 3–5 bulan sudah bisa duduk dengan ditopang. Setelah umur 6 bulan, biasanya bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa dibantu.

Salah satu cara untuk membantu bayi belajar duduk adalah dengan menggunakan kursi bayi yang bisa menopang seluruh tubuh bayi dengan baik. Banyak kursi-kursi bayi untuk belajar duduk yang diproduksi, tetapi bagaimana cara memilih kursi bayi terbaik? Selamat menyimak tips memilih dari kami!

Daftar isi

Cara memilih kursi bayi untuk belajar duduk

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih kursi bayi untuk belajar duduk. Produk tersebut haruslah aman dan nyaman, serta membuat bayi Anda bisa duduk dengan senang sambil bermain.

Pilih berdasarkan keamanannya

Kursi bayi untuk belajar duduk digunakan saat bayi belum bisa duduk dengan mandiri. Jadi, pastikan kursi ini aman untuk digunakan bayi Anda yang sedang belajar duduk karena keselamatannya adalah hal yang utama.

Pilih yang bisa mendukung posisi duduk dengan kuat

Pilih yang bisa mendukung posisi duduk dengan kuat

Kami merekomendasikan kursi bayi yang dapat menopang bayi saat duduk dengan ceruk pada bagian pantat bayi. Desain kursi yang dapat menopang punggung bayi agar tidak terjatuh ke belakang atau kursi yang pusat gravitasinya cukup rendah juga sebaiknya Anda pilih.

Kemudian, ada kursi dengan desain yang bisa mencegah bayi untuk kabur dari kursi serta tipe yang terdapat sabuk tambahan lagi. Beberapa kursi bayi juga dirancang untuk menahan bayi dari segala sisi atau sudut 360o.

Pilih yang memiliki standar keamanan

Pilih yang memiliki standar keamanan

Pada beberapa jenis perlengkapan untuk bayi, terdapat sertifikasi yang dikeluarkan oleh pihak ketiga yang menguji keamanannya terlebih dahulu. Di Amerika Serikat, misalnya, produk untuk bayi dan anak-anak hanya dapat diimpor setelah disetujui oleh CPSIA (Consumer Product Safety Improvement Act). Bahkan, negara-negara di Eropa pun memiliki standar terhadap zat kimia tersendiri dalam produk sesuai dengan regulasi EC (European Commission) nomor 1907/2006. Untuk produk yang bersifat global, Anda bisa menganggapnya aman jika telah memenuhi standar ini.

Untuk produk buatan Jepang, adanya tanda SG (Safe Goods) merupakan salah satu kriteria. Untuk produk peralatan bayi yang tidak diletakkan di mulut pun sebaiknya menggunakan bahan yang sesuai UU tentang Kesehatan dan UU tentang Pangan. Di Indonesia sendiri, pastikan produk telah memiliki tanda SNI (Standar Nasional Indonesia). Namun, berhubung cukup jarang penjual online shop yang menuliskan info ini, sebaiknya Anda menanyakannya langsung terlebih dahulu atau mencari info lain dari review pengguna atau website resmi produk.

Pilih berdasarkan jenis kegiatan dan lokasinya

Kursi bayi untuk belajar duduk tidak hanya bisa digunakan di satu ruangan saja. Anda bisa membawanya ke berbagai tempat lain, bahkan membawanya ke kamar mandi. Jadi, pilihlah kursi bayi yang cocok dengan kegiatan dan lokasi penggunaannya.

Ringan dan ringkas untuk kegiatan luar ruangan

Ringan dan ringkas untuk kegiatan luar ruangan

Jika Anda kemungkinan sering membawa kursi bayi ini keluar ruangan, sebaiknya pilihlah yang ringkas, ringan, dan berukuran cukup besar. Pilih yang beratnya kurang dari 2 kg jika yang sering mengangkat dan memindahkannya adalah Anda sebagai ibu. Tipe ringkas yang bisa dilipat merupakan suatu kelebihan yang membuat produk ini mudah dibawa-bawa. Ada beberapa tipe lipatan yang dapat Anda pilih, seperti tipe yang dilipat keluar, dilipat ke dalam, dan tipe lipat sederhana.

Jika ingin menggunakannya saat mandi, gunakan kursi mandi

Jika ingin menggunakannya saat mandi, gunakan kursi mandi

Jika Anda ingin menggunakan kursi bayi untuk belajar duduk di kamar mandi, Anda bisa memilih kursi mandi untuk bayi. Mungkin cukup sulit menemukan kursi mandi yang dapat menopang tubuh bayi saat duduk. Namun, terdapat produk yang memiliki fungsi ganda sebagai kursi belajar duduk untuk bayi juga. Solusi lainnya, Anda bisa memilih kursi bayi untuk belajar duduk yang terbuat dari bahan yang aman dan tidak licin saat digunakan di kamar mandi.

Pilih yang mudah dibersihkan

Kebersihan pada perlengkapan bayi adalah hal yang penting agar bayi tetap nyaman dan sehat. Karena itu, pilihlah kursi bayi untuk belajar duduk yang dapat dibersihkan.

Gampang dibersihkan hanya dengan menyekanya

Gampang dibersihkan hanya dengan menyekanya

Kursi bayi yang paling mudah dibersihkan adalah tipe kursi yang bisa dibersihkan hanya dengan diseka menggunakan kain bersih. Pada produk yang terbuat dari kayu dan kain, kotoran mudah meresap ke kursi dan sulit dibersihkan hanya dengan menyekanya saja. Namun, kursi bayi yang terbuat dari bahan plastik dan polyresin akan mudah dibersihkan menggunakan kain bersih.

Jika kursi terbuat dari kain, pilih yang bisa dicuci

Jika kursi terbuat dari kain, pilih yang bisa dicuci

Jika Anda memilih kursi bayi untuk belajar duduk yang terbuat dari kain, pilihlah yang bisa dicuci. Tergantung bahan pengisinya, Anda harus memastikan apakah kursi tersebut memang bisa dicuci untuk mencegah terjadinya kerusakan. Karena itu, akan lebih baik jika Anda memilih kursi yang cover-nya dapat dilepas dan dicuci sehingga isiannya tetap aman.

Pilih yang membuat bayi Anda senang duduk di dalamnya

Selain poin-poin di atas, ada hal yang harus Anda pastikan dalam memilih kursi bayi untuk belajar duduk, yakni apakah bayi Anda merasa nyaman dan senang saat didudukkan di kursi tersebut. Untuk itu, simaklah tiga poin yang dapat mempengaruhi kenyamanan bayi Anda berikut ini.

Pilih kursi yang ada bantalannya

Pilih kursi yang ada bantalannya

Pastikan kursi bayi untuk belajar duduk pilihan Anda memiliki bantalan. Jika tidak terdapat bantalan, mungkin bayi Anda tidak akan mau duduk di dalamnya karena rasa tidak nyaman. Ada kursi mandi dan sejenisnya yang tidak dilengkapi bantalan, lalu ada juga kursi dengan bahan isian yang menggumpal sehingga tidak nyaman digunakan oleh bayi Anda. Karena itu, pastikan Anda memilih yang tepat.

Pilih kursi yang tidak sempit

Pilih kursi yang tidak sempit

Penting juga untuk memilih kursi yang tidak sempit untuk bayi. Kursi yang terlalu sempit akan menyakiti otot bayi yang masih belajar duduk. Contohnya, tidak semua bayi usia 3–12 bulan dapat menggunakan produk yang direkomendasikan untuk usia 3–12 bulan juga. Sebab, produsen peralatan bayi biasanya menggunakan ukuran bayi rata-rata saat membuat produknya. Karena itu, bila bayi Anda berukuran lebih besar daripada rata-rata bayi seusianya, bisa jadi kursi yang Anda pilih terlalu sempit untuknya. Jadi, pilihlah kursi yang sesuai dengan besar badan bayi Anda.

Ada produk kursi bayi yang dirancang sedemikian rupa agar bayi yang belum bisa menopang tubuhnya sendiri bisa duduk dengan postur tubuh yang benar, salah satunya adalah merek Bumbo. Kursi tersebut memiliki bentuk sedemikian rupa sehingga pas di bagian tertentu dan longgar di bagian lainnya. Jika kursi tersebut masih kurang nyaman dipakai bayi Anda, sebaiknya Anda menggunakannya lagi setelah bayi Anda mulai merangkak.

Pilih kursi dengan bahan yang nyaman

Pilih kursi dengan bahan yang nyaman

Pilihlah kursi dengan bahan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Perhatikan bahan kursi tersebut terutama pada bagian punggung dan pantat yang menempel langsung pada kulit bayi, terlebih jika kursi tersebut merangkap sebagai kursi mandi. Pastikan bagian tersebut bisa menyerap keringat dan tidak mudah lengket akibat keringat saat cuaca panas. Untuk bahan yang lebih nyaman, pilihlah kursi berbahan kain atau dilapisi bahan kain lagi.

Pilih berdasarkan usia bayi agar bisa digunakan dalam waktu lama

Pilih berdasarkan usia bayi agar bisa digunakan dalam waktu lama

Kursi bayi untuk belajar duduk biasanya digunakan tidak terlalu lama, sesuai namanya hanya digunakan untuk belajar duduk hingga otot kuat dan bayi bisa duduk tegak. Anda bisa menggunakannya setidaknya selama satu tahun.

Namun, jika Anda ingin menggunakan produk ini dalam waktu lama, Anda bisa memilih kursi dengan fungsi-fungsi lainnya. Sesuaikanlah usia bayi Anda, fungsi-fungsi lain yang ingin digunakan, serta rentang umur rekomendasi untuk produk tersebut. Beberapa kursi bayi bisa digunakan hingga 2 tahun, bahkan ada juga yang bisa digunakan lebih lama.

10 Rekomendasi kursi bayi terbaik untuk belajar duduk

Di bawah ini akan kami berikan 10 rekomendasi kursi bayi terbaik untuk belajar duduk. Beberapa produk merupakan kursi bayi yang fungsinya hanya untuk belajar duduk saja, tetapi ada juga yang bisa digunakan sebagai kursi mandi. Nah, selamat memilih!

10. Richell Airy Baby Chair

10. Richell Airy Baby Chair

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 310.000

Ringan dan praktis, Anda hanya perlu mengisinya dengan udara!

Kursi bayi untuk belajar duduk ini sangat ringan karena berisi udara. Lalu, kursi ini pun multifungsi karena bisa digunakan untuk si kecil belajar duduk dan digunakan sebagai kursi mandinya sekaligus. Seluruh bagiannya empuk sehingga bayi tidak mudah pegal saat belajar duduk.

Kursi ini cukup stabil saat digunakan karena pusat gravitasinya rendah, jarak dari lantai saat bayi duduk hanya 5 cm. Kursi ini bisa dilipat dalam keadaan tidak diisi udara serta hanya membutuhkan 2 menit saja untuk mengisinya sampai penuh. Karena itu, kursi ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai kepraktisan.

9. Summer Infant 3-in-1 SupportMe Seat

9. Summer Infant 3-in-1 SupportMe Seat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 690.000

Kursi bayi yang bisa digunakan hingga balita

Produk 3-in-1 ini akan mendampingi anak Anda selama masa pertumbuhannya, mulai dari usia 4 bulan hingga balita. Karena itu, produk ini pas untuk Anda yang mencari produk yang dapat digunakan dalam waktu lama untuk bayi Anda. Agar bayi Anda lebih aman, terdapat pula sabuk tambahan untuk menjaga bayi tetap stabil pada kursi.

Kursi ini memiliki baki yang cukup lebar untuk digunakan si kecil belajar makan atau melakukan aktivitas lainnya. Bentuk kursinya pun lebar di bagian bawah sehingga tetap stabil meskipun bayi bergerak-gerak saat duduk. Kursi ini dilengkapi lapisan busa tipis yang nyaman dan mudah dibersihkan.

8. Kids II Ingenuity Baby Base 2-in-1 Seat Poppy

8. Kids II Ingenuity Baby Base 2-in-1 Seat Poppy

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 600.000

Kursi dengan laci baki di bawahnya, praktis!

Kursi bayi untuk belajar duduk ini memiliki dua fungsi, yaitu untuk belajar duduk saat diletakkan di lantai serta sebagai booster yang dapat dipasang di atas kursi. Anda pun dapat meletakkannya dengan mudah di mobil saat Anda sedang berjalan-jalan dengan bayi Anda.

Keamanan bayi Anda juga akan terjaga berkat sabuk pengaman yang menempel pada kursi. Produk ini disertai dengan baki tambahan untuk menyimpan makanan serta cekungan untuk menyimpan minuman agar lebih stabil. Jadi, bila Anda ingin bayi Anda belajar duduk sembari menyuapinya makan, kursi ini adalah pilihan tepat.

7. Prince Lionheart BébéPOD Flex Plus

7. Prince Lionheart BébéPOD Flex Plus

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.039.000

Motif alas makannya menarik dan mudah dibersihkan!

Biasanya kursi bayi untuk belajar duduk digunakan juga sebagai kursi makan. Produk ini disertai lembar alas makan bergambar buah-buahan menarik dan mudah dibersihkan sehingga kegiatan makan tidak membosankan bagi bayi Anda. Anda mencari kursi yang bisa digunakan makan dan dibersihkan dengan cepat? Kursi ini cocok untuk Anda.

Terbuat dari foam berkualitas tinggi, kursi ini sangat nyaman bagi bayi yang belajar duduk. Seluruh sisinya dapat menopang tubuh bayi dengan nyaman. Bakinya terpasang dengan kencang dan tidak mudah lepas, juga disertai mainan yang bisa ditempel di baki agar bayi Anda tetap bisa bermain sembari duduk.

6. Summer Infant Island Giggles Deluxe Super Seat

6. Summer Infant Island Giggles Deluxe Super Seat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 980.000

Lebih atraktif dengan mainan yang bisa berputar untuk perkembangan sensori anak

Kursi bayi untuk belajar duduk ini dilengkapi dengan mainan yang menarik di sekelilingnya. Baki mainannya dapat berputar 360o sehingga bayi tidak mudah bosan duduk di kursi ini. Dengan mainan gantung pada lengkungan yang bisa dilepas, kursi ini cocok untuk Anda yang ingin melatih perkembangan sensori anak sekaligus latihan duduk.

Kursi ini memiliki alas foam yang empuk, membantu menopang tubuh bayi dengan lebih baik serta dibantu dengan harness yang terpasang pada kursi. Kursi ini sangat stabil dengan bagian bawah yang lebar. Jika baki dan lengkungan dilepas, Anda akan mendapatkan booster kursi untuk dipasang di atas kursi lain.

5. Mamas & Papas Baby Snug and Activity Tray

5. Mamas & Papas Baby Snug and Activity Tray

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.165.000

Kursi mungil untuk makan dan bermain

Kursi bayi ini memiliki bentuk ergonomis yang dapat menopang tubuh bayi dengan baik dan menunjang kenyamanannya saat duduk. Dilengkapi dengan baki kecil dan berbagai jenis mainan, kursi ini akan membuat si kecil tidak bosan saat bermain atau makan. Jika bayi Anda senang bermain sambil makan, kursi ini patut Anda miliki.

Floor seat ini memiliki bentuk mungil dengan berat hanya 1,7 kg yang memudahkan Anda untuk membawanya saat diperlukan. Baki dan alas duduknya dapat dilepas sehingga dapat Anda sesuaikan dengan ukuran bayi Anda. Untuk membersihkannya pun sangat mudah, cukup dengan tisu atau lap basah saja.

4. Kids II Baby Einstein 3-in-1 Snack & Discover Seat

4. Kids II Baby Einstein 3-in-1 Snack & Discover Seat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 940.000

Kursi bayi yang membantu perkembangan motorik bayi Anda

Sesuai namanya, kursi bayi untuk belajar duduk ini dimaksudkan untuk digunakan saat bayi beraktivitas baik saat makan maupun bermain. Kursi ini dilengkapi mainan yang memperkaya pengembangan motorik kasar dan halus bayi. Dengan mainan yang menempel di sekeliling kursi, bayi akan mudah menggapainya.

Bagian dudukan kursi ini bisa berputar sehingga bayi bisa mengobservasi sekelilingnya dengan nyaman. Kursi ini bisa digunakan di atas lantai dan di atas kursi sesuai keinginan Anda. Jika Anda mencari kursi yang bisa menunjang perkembangan bayi Anda, produk ini adalah salah satu pilihan terbaik.

3. Bumbo Floor Seat

3. Bumbo Floor Seat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 950.400

Pelopor floor seat yang menjaga tubuh bayi saat belajar duduk

Kursi bayi ini merupakan pelopor floor seat untuk bayi yang belajar duduk. Selain berbahan plastik yang aman untuk bayi, kursi ini mampu menahan punggung, pantat, pinggang, dan kaki bayi dengan kokoh saat belajar duduk. Jika Anda mencari floor seat nyaman yang mampu menyokong tubuh bayi dengan baik, produk inilah jawabannya.

Kursi ini mengikuti kontur tubuh bayi yang sedang belajar duduk. Produk ini ringan, hanya sekitar 1,3 kg, memiliki desain yang sederhana, serta mudah dibersihkan dengan lap basah. Kemudian, Anda bisa menggabungkan kursi ini dengan baki yang dijual terpisah untuk tempat menaruh makanan atau mainan bayi.

2. Hugaboo Baby Floor Seat Snuggle Buns

2. Hugaboo Baby Floor Seat Snuggle Buns

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.420.000

Topang tubuh bayi Anda secara sempurna dari segala sisi

Dengan adanya lubang di tengah, floor seat ini bisa menopang bayi dari semua sisi, yakni punggung, bagian kanan dan kiri, serta bagian kaki. Terbuat dari 100% kain polyester yang lembut dan empuk, bayi Anda bisa belajar duduk dengan nyaman. Bahannya yang sangat lembut juga tidak akan mengiritasi kulit bayi Anda.

Bagian bawah kursi ini dibuat untuk mencegah bayi Anda tergelincir atau merosot saat belajar duduk. Karena itu, kursi ini sangat cocok untuk bayi yang banyak bergerak. Cover kursi ini pun mudah dilepas dan dicuci jika kotor, bahkan kursinya sendiri bisa dicuci menggunakan mesin cuci jenis front loading.

1. Fisher Price Sit-Me-Up Floor Seat

1. Fisher Price Sit-Me-Up Floor Seat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.393.000

Kursi bayi yang bisa dilipat dan ringkas

Produk ini bisa digunakan untuk bayi yang sudah dapat menopang leher sendiri. Kursi ini juga dilengkapi dua mainan yang aman untuk digigit serta berbunyi untuk membantu perkembangan sensoris dan motorik bayi. Dudukannya terbuat dari kain lembut tidak akan membuat bayi Anda kegerahan saat duduk lama di atasnya.

Berhubung terbuat dari bahan kain, Anda bisa mencucinya dengan mudah untuk menjaga kebersihannya. Selain itu, kursi bayi ini mudah dibawa-bawa dan disimpan karena bisa dilipat dan berbobot ringan. Jika Anda ingin menggunakannya ke mana pun Anda pergi, kursi bayi ini sesuai untuk Anda.

Penting untuk diperhatikan!

Saat menggunakan kursi bayi untuk belajar duduk, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Ikutilah petunjuk berikut agar bisa menggunakan kursi bayi dengan aman dan nyaman.

Jangan paksa bayi Anda untuk duduk

Jangan paksa bayi Anda untuk duduk

Rata-rata usia bayi mulai belajar duduk adalah pada umur 6–7 bulan dan mulai stabil duduk pada umur 8–9 bulan. Bayi akan siap untuk belajar duduk saat tulang lehernya sudah bisa menopang kepalanya. Belajar duduk adalah sebuah proses yang tidak instan, jadi bila bayi Anda belum siap untuk duduk sebaiknya jangan Anda paksakan. Tulang punggung bayi bisa cedera apabila hal ini dipaksakan.

Pastikan bayi Anda dalam pengawasan saat menggunakan kursi untuk belajar duduk

Pastikan bayi Anda dalam pengawasan saat menggunakan kursi untuk belajar duduk

Meskipun kursi bayi untuk belajar duduk ditujukan untuk melatih bayi duduk sendiri, jangan tinggalkan bayi Anda tanpa pengawasan saat menggunakan kursi tersebut. Kursi bayi dirancang untuk menopang tubuh bayi Anda, tetapi bukan berarti risiko terjatuh dari kursi hilang sepenuhnya. Pastikan Anda selalu mengawasi bayi selama duduk di kursi tersebut karena Anda tidak tahu hal apa yang mungkin terjadi. Kemudian, ingat untuk menjauhkan barang-barang berbahaya dari sekitar bayi Anda.

Kesimpulan

Apakah bayi Anda sudah siap untuk belajar duduk? Anda bisa mengikuti tips dari kami seperti yang kami sampaikan di atas untuk mendapatkan kursi bayi terbaik untuk belajar duduk bagi bayi Anda. Perlu diingat, hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah keamanan dan kenyamanan bayi Anda saat menggunakannya. Dengan kursi yang tepat, beban ibu akan berkurang dan Anda juga akan menghabiskan waktu yang menyenangkan dengan bayi Anda.