1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kursi Bayi Terbaik untuk Belajar Duduk (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kursi Bayi Terbaik untuk Belajar Duduk (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kursi Bayi Terbaik untuk Belajar Duduk (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kursi Bayi Terbaik untuk Belajar Duduk (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kursi Bayi Terbaik untuk Belajar Duduk (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kursi Bayi Terbaik untuk Belajar Duduk (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kursi Bayi Terbaik untuk Belajar Duduk (Terbaru Tahun 2023)

Kursi bayi menjadi alat bantu untuk belajar duduk dengan stabil. Saat Anda mencari kursi bayi, jangan lupa memeriksa usia yang disarankan. Ada produk untuk bayi 4 bulan, 5 bulan, dan 6 bulan ke atas. Jenisnya pun beragam, seperti kursi makan, kursi mandi, dan kursi lipat.

Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kursi bayi terbaik untuk belajar duduk. Kami juga akan berbagi rekomendasi kursi bayi yang bagus dari berbagai merek, seperti Babydoes dan Pliko. Anda bisa memilih kursi busa yang lembut seperti sofa hingga kursi tiup yang praktis. Selamat membaca!

Diperbaharui 10-31-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Kapan sebaiknya bayi belajar duduk di kursi?

Kapan sebaiknya bayi belajar duduk di kursi?

Anda bisa memulai mengajarkan bayi duduk saat ia mulai mengangkat kepala dan tengkurap. Fase ini terjadi pada usia 3 atau 4 bulan. Bayi mulai mencoba duduk dengan memiringkan badannya. Selanjutnya, ia akan belajar mengangkat lengan untuk menopang badannya secara perlahan-lahan.


Pada usia 5 atau 6 bulan, otot punggung bayi sudah cukup kuat. Di usia ini bayi sudah berusaha duduk meski belum stabil dan harus dibantu dengan lengan. Seiring dengan perkembangannya, otot punggung bisa membuat posisi duduk bayi makin stabil. Pada usia ini, Anda masih harus menjaga keseimbangan tubuh bayi.


Saat memasuki usia 6–7 bulan, bayi mulai belajar meraih dan menggenggam benda di sekitarnya. Anda bisa mengajarkannya duduk dengan stabil sambil melatih otot motorik tangan bayi dengan menggunakan kursi bayi. Jenis kursi ini didesain untuk menjaga bayi tetap nyaman dengan banyak fitur pengaman. Silakan baca artikel ini untuk memahaminya!

Cara memilih kursi bayi untuk belajar duduk

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih kursi bayi untuk belajar duduk. Produk tersebut haruslah aman dan nyaman, serta membuat bayi Anda bisa duduk dengan senang sambil bermain. Kami akan membahasnya secara detail di sini!

① Sesuaikan jenis kursi dengan kebutuhan aktivitas bayi

Mengajarkan bayi duduk bisa dilakukan bersamaan dengan aktivitas bayi sehari-hari. Ada beberapa jenis kursi bayi yang tersedia di pasaran, seperti kursi main, kursi makan, kursi mandi, dan kursi outdoor.

Kursi main, didesain agar bayi bisa nyaman duduk lebih lama

Salah satu karakteristik kursi bayi untuk main adalah memiliki busa tebal di berbagai sisi. Hal ini bertujuan agar bayi bisa duduk dengan nyaman.


Ada juga kursi main bayi yang diberi play tray warna-warni untuk menarik perhatian bayi. Dengan begitu, bayi bisa tenang di kursi sehingga terbiasa duduk dengan stabil lebih lama.

Kursi makan, dilengkapi tatakan untuk meletakkan makanan

Kursi makan, dilengkapi tatakan untuk meletakkan makanan

Bayi Anda bisa belajar duduk sembari makan, lho! Salah satu ciri dari kursi makan adalah punya tatakan makanan. Bayi bisa langsung mengambil makanan di tatakannya sambil duduk.


Tatakan pada kursi ini juga bisa digunakan untuk meletakkan mainan kesenangan bayi Anda. Beberapa kursi makan bahkan juga punya play tray.


Jika Anda mencari kursi makan bayi, kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda. Baca ulasannya di artikel berikut!

Kursi mandi, aman digunakan sambil basah-basahan

Kursi mandi, aman digunakan sambil basah-basahan

Beberapa kursi mandi untuk bayi memiliki fungsi ganda, yakni sebagai kursi belajar duduk untuk bayi juga. Kursi ini terbuat dari bahan yang aman dan tidak licin saat digunakan di kamar mandi.


Terdapat dua pilihan kursi mandi. Pertama, tipe rebah untuk bayi berusia 1 atau 2 bulan. Ada juga tipe duduk untuk bayi berusia 6 bulan ke atas. Anda bisa memilih tipe yang sesuai dengan usia bayi.


Kami juga sudah membahas kursi mandi untuk bayi secara khusus. Kunjungi artikel di bawah ini untuk membaca ulasannya!

Kursi outdoor, ringan dan compact

Kursi outdoor, ringan dan compact
Jika Anda hendak membawa kursi bayi saat bepergian, pilihlah kursi yang ringan dengan berat kurang dari 2 kg. Kami menyarankan Anda untuk membawa kursi bayi tipe compact yang bisa dilipat.

Selain tidak makan banyak tempat, kursi yang compact lebih praktis dibawa. Ada beberapa kursi dengan tipe lipat yang dapat Anda pilih, seperti tipe yang dilipat ke luar, ke dalam, dan lipat sederhana.

② Pilih kursi bayi dengan fitur yang nyaman dan aman

Pilih kursi bayi dengan fitur yang nyaman dan aman
Agar bayi dapat belajar duduk dengan nyaman, periksalah fitur-fitur yang memengaruhi kenyamanan dan keamanan kursi. Mari kita bahas satu per satu!

  • Ceruk

Ceruk adalah bagian dudukan kursi yang lebih melengkung. Adanya ceruk pada kursi bayi bisa menjadi penyangga tambahan sehingga gerak bayi lebih terbatas. Posisi duduk bayi pun bisa lebih stabil. Pastikan ceruknya tidak terlalu kecil untuk pantat bayi.


  • Bantalan busa

Adanya bantalan busa menambah rasa nyaman saat bayi belajar duduk. Umumnya bantalan ini ada di dudukan dan punggung kursi. Ada juga kursi dengan bantalan di dudukan, punggung, serta bagian samping. Makin banyak dan makin lembut bantalan kursi, makin nyaman juga bayi duduk.


  • Belt pengaman

Belt pengaman berfungsi mencegah anak Anda tergelincir dan keluar dari kursi. Fungsi belt sangat penting, terutama untuk anak yang baru belajar duduk. Ada dua jenis belt kursi bayi, yakni belt yang hanya menahan area pinggang dan belt yang menahan dari segala sisi. Pilihlah belt yang nyaman untuk bayi Anda.

③ Pastikan kursi tidak sempit untuk bayi Anda

Pastikan kursi tidak sempit untuk bayi Anda

Kursi yang terlalu sempit akan menyakiti otot bayi yang masih belajar duduk. Tidak semua bayi usia 3–12 bulan dapat menggunakan produk yang direkomendasikan untuk usia 3–12 bulan juga


Hal ini karena produsen peralatan bayi biasanya menggunakan postur bayi rata-rata. Jika bayi Anda lebih besar dari rata-rata bayi seusianya, sebaiknya gunakan kursi yang lebih besar.

④ Ketahui jenis bahan kursi bayi

Ketahui jenis bahan kursi bayi

Bahan yang digunakan pada kursi bayi punya pengaruh terhadap kenyamanan penggunaan serta perawatannya. Maka dari itu, kami merekomendasikan kursi dengan bahan yang menurut Anda cocok untuk bayi dan mudah dirawat. Berikut pilihannya.


  • Kain

Kain merupakan material yang breathable dan dapat menyerap keringat. Biasanya kain digunakan sebagai pelapis luar (cover) busa pada kursi. Kami menyarankan Anda untuk memilih kursi yang cover kainnya bisa dilepas. Hal ini untuk memudahkannya saat dicuci dan agar busa kursi tidak ikut basah.


  • Busa

Untuk bayi yang baru mulai belajar duduk, kami menyarankan kursi dengan banyak busa. Busa memiliki sifat lembut dan lentur sehingga bisa membuat bayi duduk nyaman lebih lama. Kami merekomendasikan busa yang tebal dan tidak kaku sehingga kelenturannya bisa bertahan lebih lama.


  • Plastik

Plastik dikenal mudah dibersihkan. Anda cukup menyekanya dengan kain lap yang basah. Bahan yang umum digunakan adalah polypropylene (PP). Kursi plastik juga tahan untuk penggunaan yang lama. Hanya saja beberapa bayi tidak menyukai material plastik karena terasa keras dan kurang hangat. Ada juga bunyi decitan yang muncul ketika terjadi gesekan yang membuat bayi kurang nyaman.

⑤ Cek fitur lain di kursi untuk kenyamanan bayi

Cek fitur lain di kursi untuk kenyamanan bayi

Terakhir, jangan lupa juga untuk memeriksa apakah masih ada fitur-fitur penunjang lain dari kursi bayi. Berikut beberapa fitur penunjang lain dari kursi bayi.


  • Antijamur dan antibakteri: kursi jadi lebih higienis setelah dibersihkan
  • Antiselip: membantu posisi kursi lebih stabil dan tidak mudah bergeser agar bayi lebih stabil saat aktif bergerak
  • Water-repellent: kursi mudah dibersihkan dan dapat kering dengan cepat
  • Breathable: kursi dengan sirkulasi udara yang baik dan menyerap keringat sehingga tidak mudah lengket saat panas

Berkat fitur-fitur tersebut, penggunaan dan perawatan kursi bayi jadi lebih praktis. Jadi, jangan lupa untuk memeriksanya lebih teliti lagi, ya!

10 Rekomendasi kursi bayi terbaik untuk belajar duduk

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kursi bayi terbaik untuk belajar duduk yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sugar Baby

My Chair (Baby Booster & High Chair) : 6 Growing Stages

Sugar Baby  My Chair (Baby Booster & High Chair) : 6 Growing Stages 1枚目

Kursi multiguna untuk jadi teman tumbuh kembang si kecil

2

Honey Boo

Kursi Pompa

Honey Boo Kursi Pompa 1枚目

Ringan, praktis, dan fleksibel, bisa dilipat jadi kecil!

3

Pliko

Folding Booster Seat Baby

Pliko  Folding Booster Seat Baby 1枚目

Buat belajar duduk dan makan makin menyenangkan

4

Babyhai

Harvey Sofa

Babyhai Harvey Sofa 1枚目

Harganya terjangkau dengan material full busa yang lembut

5

Yakada

Baby Chair

Yakada Baby Chair 1枚目

Desainnya elegan dan ergonomis untuk bayi

6

Babydoes

Toddler Booster Seat & Activity Chair

Babydoes Toddler Booster Seat & Activity Chair 1枚目

Jaga bayi yang aktif bergerak tetap aman saat duduk

7

Cocolatte

Highchair Multiswitch Wbb

Cocolatte  Highchair Multiswitch Wbb 1枚目

Ada mejanya yang bisa digunakan hingga si kecil besar

8

Mamas & Papas

Baby Snug with Play Tray

Mamas & Papas  Baby Snug with Play Tray  1枚目

Ada play tray untuk main dan melatih otot motorik bayi

9

Fisher Price

Deluxe Infant-to-Toddler Rocker

Fisher Price  Deluxe Infant-to-Toddler Rocker 1枚目

Kursi berayunnya membuat bayi bisa duduk lebih relaks

10

Summer Infant

Learn-to-Sit Stages 3-position Seat

Summer Infant Learn-to-Sit Stages 3-position Seat 1枚目

Pilihan untuk bayi belajar duduk pertama kalinya

Perincian produk
Close
No.1

Sugar Baby My Chair (Baby Booster & High Chair) : 6 Growing Stages

Mulai dari Rp585.000,00

Kursi multiguna untuk jadi teman tumbuh kembang si kecil

Kelebihan:

  • Cushion empuk dilapisi kulit sintetis dan mudah dibersihkan
  • BPA free, aman digunakan untuk anak-anak

Kekurangan:

  • Ukurannya kecil, kurang nyaman dan penggunaannya lebih singkat untuk bayi dengan postur bongsor


Apakah Anda mencari kursi bayi yang multiguna untuk jadi teman tumbuh kembang si kecil? Anda bisa mempertimbangkan produk ini. Kursi bayi dari Sugar Baby ini didesain agar bentuknya bisa diubah mengikuti kebutuhan bayi. Ada enam level dari kursi ini, mulai dari kursi makan tinggi hingga kursi roda untuk bermain.


Ketinggian kursi serta posisi mejanya juga bisa Anda atur sesuai kebutuhan. Untuk kenyamanan si kecil, tempat duduk bayi ini diberi bantalan busa yang empuk. Bantalannya water-repellent sehingga mudah dibersihkan. Kaki kursi ini juga stabil dengan fitur antiselip. Posisi bayi Anda akan tetap aman meski banyak bergerak.

No.2

Honey BooKursi PompaKP02

Mulai dari Rp160.000,00

Ringan, praktis, dan fleksibel, bisa dilipat jadi kecil!

Kelebihan:

  • Mudah ditiup sehingga bisa dikemas ulang agar dapat dibawa
  • Tidak terbuat dari material yang keras dan tajam sehingga aman untuk bayi

Kekurangan:

  • Kursi rentan bocor, perlu dijauhkan dari benda-benda tajam

Honey Boo menawarkan kursi mandi dan kursi outdoor yang fleksibel. Kursi bayi untuk belajar duduk ini terbuat dari PVC yang diisi udara sehingga bisa dikembangkan dan dikempiskan. Alhasil produk ini praktis untuk dibawa bepergian. Anda bisa mengempiskannya agar makin kecil.


Kursi ini juga cukup stabil karena jarak dari lantai saat bayi duduk hanya 5 cm. Bentuknya yang lucu seperti bebek juga bisa membuat bayi lebih riang saat duduk. Bagian leher dan kepala bebeknya bisa dijadikan sebagai pengaman agar bayi tidak jatuh ke depan ataupun ke belakang.

No.3

Pliko Folding Booster Seat BabyPK-8216

Mulai dari Rp350.000,00

Buat belajar duduk dan makan makin menyenangkan

Kelebihan:

  • Ada play tray untuk menarik perhatian bayi agar duduk lama lebih nyaman
  • Seat pad bisa dilepas dan pasang, mudah untuk dibersihkan
  • Ada tiga titik tali pengaman untuk menjaga bayi tetap aman

Kekurangan:

  • Seat pad tidak terlalu tebal

Tentu sangat menyenangkan jika buah hati bisa makan dan main dengan riang. Jika Anda mencari jenis kursi bayi yang bisa mendukung hal tersebut, kami menyarankan produk ini.


Produk Pliko ini merupakan kursi makan yang punya play tray di salah satu sisinya. Jadi, bayi Anda bisa makan sekaligus memainkan play tray-nya. Untuk menjaga bayi Anda, booster seat untuk bayi belum bisa duduk ini punya tiga titik tali pengaman.

No.4

Harganya terjangkau dengan material full busa yang lembut

Kelebihan:

  • Material full busanya nyaman untuk bayi duduk lama
  • Pilihan pola dan warnanya beragam
  • Ada belt pengaman untuk menjaga posisi duduk dengan benar

Kekurangan:

  • Perawatan kurang mudah karena seluruh sofa berlapis kain

Bila Anda mencari rekomendasi sofa bayi yang budget-friendly, inilah sofa bayi terbaik yang bisa Anda pilih. Babyhai Harvey Sofa memiliki harga yang terjangkau sehingga Anda tidak perlu menyiapkan bujet besar. Sofa bayi belajar duduk ini terbuat dari material full busa sehingga lembut untuk bayi. Ada juga sandaran yang tinggi untuk melatih bayi terbiasa duduk tegap.

No.5

Desainnya elegan dan ergonomis untuk bayi

Kelebihan:

  • Tray dapat dilepas dan pasang sesuai dengan kebutuhan
  • Tidak terbuat dari material tajam yang berbahaya untuk bayi

Kekurangan:

  • Belum bisa digunakan untuk bayi di bawah 1 tahun

Jika Anda mencari kursi makan dengan desain elegan untuk bayi yang belum bisa duduk, pilih produk ini. Yakada Baby Chair Y010 menampilkan gaya Japanese yang minimalis sehingga bentuk dan tampilannya enak dilihat.


Kursi ini juga nyaman untuk bayi, lho. Hal ini berkat bagian punggung kursi yang menyesuaikan bentuk punggung bayi. Selain itu, bagian tray-nya dapat dilepas dan pasang sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

No.6

BabydoesToddler Booster Seat & Activity Chair

Mulai dari Rp399.000,00

Jaga bayi yang aktif bergerak tetap aman saat duduk

Kelebihan:

  • Tersedia tiga pilihan warna dan karakter yang lucu untuk anak
  • Dapat dilipat dan disediakan travel bag

Kekurangan:

  • Dudukan kursi tidak ada busanya, bayi bisa kurang nyaman duduk lama

Apakah bayi Anda tergolong anak yang aktif? Anda bisa mempertimbangkan booster seat untuk bayi yang belum bisa duduk ini. Produk ini diberi belt pengaman tiga sisi. Sistemnya mampu mencegah bayi jatuh ke depan, ke belakang, ataupun ke samping.


Keunggulan lain tempat duduk bayi 6 bulan ini adalah compact karena bisa dilipat kecil. Anda juga akan mendapatkan travel bag sebagai tempat penyimpanannya. Bayi bisa menggunakan kursi ini, baik di rumah maupun saat bepergian bersama keluarga.

No.7

Cocolatte Highchair Multiswitch WbbGrizz-23295

Mulai dari Rp1.099.000,00

Ada mejanya yang bisa digunakan hingga si kecil besar

Kelebihan:

  • Ada meja pada paket pembelian produknya
  • Desainnya menarik untuk anak-anak

Kekurangan:

  • Kursi tidak bisa dilipat, kurang praktis untuk dibawa dan dipindahkan

Keunggulan kursi makan untuk bayi yang belum bisa duduk ini adalah Anda langsung mendapatkan meja dalam paketnya. Selain dapat dipisah, mejanya bisa jadi anak tangga agar kursi lebih tinggi. Alhasil, kursi ini punya tiga fungsi, yakni high chair, low chair, dan toddle table set. Produk ini cocok dipilih bila Anda mencari set kursi yang multifungsi. Tema We Bare Bears pada kursi ini juga menarik buat si kecil, lho!

No.8

Mamas & Papas Baby Snug with Play Tray

Mulai dari Rp1.450.000,00

Ada play tray untuk main dan melatih otot motorik bayi

Kelebihan:

  • Kursi dan tray-nya mudah serta aman dibersihkan
  • Ada fitur antiselip sehingga kursi tidak mudah bergerak

Kekurangan:

  • Dudukan kursi tidak ada busanya, bayi bisa kurang nyaman duduk lama

Mamas & Papas menawarkan kursi bayi dengan play tray yang banyak dan bervariasi. Jenis kursi ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin melatih otot motorik bayi sembari bermain. Tempat duduknya yang lapang membuat bayi bisa leluasa bergerak di kursi ini. Karena seluruh bagiannya terbuat dari plastik, kursi bayi ini tahan lama dan mudah dibersihkan. Ada fitur antiselip juga sehingga kursi tidak mudah bergeser.

No.9

Fisher Price Deluxe Infant-to-Toddler Rocker

Mulai dari Rp1.419.900,00

Kursi berayunnya membuat bayi bisa duduk lebih relaks

Kelebihan:

  • Foldable, kursi bisa dilipat lebih kecil sehingga mudah dibawa
  • Sandaran kursinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Kekurangan:

  • Harga kursi cukup tinggi, kurang cocok untuk Anda dengan bujet terbatas

Kursi bayi untuk belajar duduk dari Fisher Price ini memiliki kaki dengan bentuk melengkung. Anda bisa mengayunkannya supaya bayi bisa duduk dan berbaring di kursi lebih relaks. Sandaran tempat duduk bayi ini juga dapat disesuaikan, mulai dari posisi berbaring hingga duduk tegak. Produk ini cocok untuk Anda yang tidak hanya ingin mengajarkan bayi duduk, tetapi juga ingin menenangkan bayi.

No.10

Summer InfantLearn-to-Sit Stages 3-position Seat

Mulai dari Rp825.000,00

Pilihan untuk bayi belajar duduk pertama kalinya

Kelebihan:

  • Struktur dan material kursi didesain nyaman untuk bayi
  • Ada tiga pilihan posisi sesuai perkembangan bayi

Kekurangan:

  • Usia yang disarankan untuk menggunakan kursi terbatas, hanya sampai bayi 1 tahun

Jika Anda ingin mengajarkan si kecil duduk sejak dini, Anda bisa menggunakan kursi bayi ini. Produk ini bisa digunakan untuk bayi yang berusia mulai 4 bulan, lho. Kursi ini menyediakan tiga posisi berbeda menyesuaikan dengan tahap perkembangan bayi, yakni berbaring dan dua posisi tegak. Jadi, si kecil bisa nyaman belajar duduk sesuai kemampuan dan usianya pada tempat duduk bayi 4 bulan ini.

Hal yang perlu diperhatikan saat bayi belajar duduk

Hal yang perlu diperhatikan saat bayi belajar duduk

Saat menggunakan kursi bayi untuk belajar duduk, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Ikutilah petunjuk di bawah ini agar Anda bisa menggunakan kursi bayi dengan aman dan nyaman.


  • Hindari memaksa bayi duduk

Rata-rata bayi mulai belajar duduk pada umur 6–7 bulan dan mulai stabil duduk pada usia 8–9 bulan. Bayi akan siap belajar duduk saat tulang lehernya sudah bisa menopang kepalanya. Belajar duduk merupakan sebuah proses yang tidak instan. Jadi, sebaiknya jangan Anda paksakan apabila bayi Anda belum siap. Jika Anda tetap memaksakan, tulang punggung bayi bisa cedera.


  • Pastikan bayi dalam pengawasan Anda

Meski kursi bayi untuk belajar duduk ditujukan melatih bayi duduk sendiri, tetaplah awasi bayi Anda saat menggunakannya. Kursi bayi memang dirancang untuk menopang tubuh bayi, tetapi bukan berarti risiko terjatuh dari kursi hilang sepenuhnya.


Pastikan Anda selalu mengawasi bayi selama duduk di kursi tersebut karena Anda tidak tahu hal apa yang mungkin terjadi. Selain itu, ingatlah untuk menjauhkan barang-barang berbahaya dari sekitar bayi Anda.

Baca juga rekomendasi perlengkapan bayi lainnya di sini

Tidak hanya kursi, Anda juga bisa memilih gendongan untuk membuat bayi duduk. Kami sudah menyiapkan rekomendasi produk hipseat, gendongan kaos, hingga gendongan bayi tipe depan. Simak ulasan selengkapnya di artikel-artikel berikut!

Kesimpulan

Apakah bayi Anda sudah siap untuk belajar duduk? Anda bisa mengikuti tips yang kami sampaikan di atas. Dengan begitu, Anda mendapatkan kursi bayi terbaik untuk belajar duduk bagi bayi Anda.

Perlu diingat bahwa hal terpenting yang harus diperhatikan adalah keamanan dan kenyamanan bayi Anda saat menggunakannya. Dengan kursi yang tepat, beban akan berkurang dan Anda bisa menghabiskan waktu yang menyenangkan bersama si kecil. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer