10 Rekomendasi Conditioner Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Conditioner Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Conditioner diaplikasikan pada rambut setelah keramas. Berbeda dari perawatan rambut lain yang bekerja di kulit kepala, conditioner bekerja di permukaan rambut. Conditioner sendiri memiliki berbagai varian sesuai efek yang ditawarkan. Oleh sebab itu, kali ini kami akan membahas cara memilih conditioner yang tepat.

Tidak ketinggalan, kami juga akan memberikan rekomendasi beberapa produk terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Anda dapat menemukan brand conditioner terbaik, seperti Kérastase, L’Oreal, atau Dove di sana. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih conditioner

Apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih conditioner yang tepat? Simak ulasannya di bawah ini!

Pilih conditioner berdasarkan kandungannya

Umumnya, dua kandungan yang sering ditemukan di dalam formula conditioner adalah asam amino dan minyak. Namun, kedua kandungan tersebut mempunyai peran yang berbeda.

Kandungan asam amino, mengatasi rambut yang kaku dan kasar

kandungan asam amino, mengatasi rambut yang kaku dan kasar

Jika Anda memilih conditioner untuk membuat rambut lebih halus, lengket, dan tidak kaku, pilihlah produk dengan kandungan asam amino. Sebenarnya, rambut terbuat dari protein keratin yang mengandung asam amino. Oleh sebab itu, conditioner dengan asam amino sudah pasti cocok untuk rambut.

Conditioner yang mengandung asam amino tidak akan meninggalkan banyak minyak di rambut Anda, sehingga rambut akan terasa ringan. Rambut sehat yang Anda dambakan pun dapat Anda peroleh, dengan penggunaan teratur.

Kandungan minyak, efektif untuk melembapkan rambut

Kandungan minyak, efektif untuk melembapkan rambut

Masalah lain yang sering menjadi keluhan adalah rambut kering. Untuk Anda yang bermasalah dengan rambut kering, pilih conditioner dengan kandungan minyak terutama minyak nabati. Dengan minyak tersebut, rambut akan terasa lembap dan terhindar dari kekeringan. Conditioner jenis ini juga dapat dijadikan perawatan rambut untuk memperbaiki rambut rusak.

Setelah dibilas, rambut akan terasa sedikit lebih berat dan sedikit oily, tetapi lembap dan jatuh dengan cantik. Conditioner dengan kandungan minyak ini juga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang mengharapkan efek rambut berkilau.

Periksa kandungannya dan pilih conditioner yang sesuai dengan permasalahan rambut Anda

Setiap produk conditioner mengandung bahan pelembap dan formula untuk mengatasi masalah kerusakan rambut. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi rambut dan hasil yang ingin Anda dapatkan.

Pilih conditioner dengan kandungan susu atau sedikit minyak untuk rambut yang tipis

Pilih conditioner dengan kandungan susu atau sedikit minyak untuk rambut yang tipis

Jika Anda memiliki rambut tipis, hindari conditioner yang mengandung minyak dalam jumlah besar karena akan semakin mengurangi volume rambut. Anda dapat memilih produk dengan kandungan susu atau minyak yang proporsinya lebih kecil. Salah satu jenis minyak yang kami rekomendasikan untuk pemilik rambut tipis adalah minyak jojoba.

Selain itu, Anda juga dapat memilih produk dengan kandungan almond milk yang ringan, tetapi kaya mineral. Kandungan tersebut memiliki efek antioksidan sehingga baik untuk menutrisi rambut.

Ekstrak rumput laut atau ganggang efektif menghaluskan dan melembapkan rambut

Ekstrak rumput laut atau ganggang efektif menghaluskan dan melembapkan rambut

Untuk rambut yang lebih halus dan lembap, Anda dapat memilih conditioner dengan kandungan ekstrak rumput laut. Selain itu, ada pula kandungan ganggang cokelat untuk memperbaiki kesehatan rambut, ganggang merah untuk melembapkan rambut, dan ganggang hijau untuk membuat rambut berkilau.

Kandungan Coenzyme Q10 (ubiquinone) juga memiliki kemampuan melembapkan yang tinggi dan dapat menjaga rambut selalu lembap. Dengan demikian, rambut Anda menjadi lebih mudah ditata.

Untuk memperbaiki rambut rusak, pilih conditioner dengan kandungan tinggi pelembap

Untuk memperbaiki rambut rusak, pilih conditioner dengan kandungan tinggi pelembap

Bagi Anda yang memiliki rambut rusak karena diwarnai atau diluruskan, pilih conditioner dengan kandungan yang efektif mengatasi kerusakan dan tentunya juga melembapkan. Minyak zaitun berperan dalam melapisi rambut untuk melindunginya dari kerusakan. Sementara itu, kandungan asam oleat mampu melembapkan rambut. Selain minyak zaitun, asam oleat juga dapat ditemukan dalam alpukat.

Shea butter juga memiliki daya pelembap yang tinggi dan sering ditemukan dalam produk conditioner. Jika Anda sedang mengalami kondisi rambut rusak akibat pewarnaan atau akibat sering dicatok, pilihlah conditioner dengan kandungan pelembap yang tinggi.

Pilih conditioner dengan hasil akhir yang ringan untuk pria

Pilih conditioner dengan hasil akhir yang ringan untuk pria

Pria memproduksi sebum yang lebih banyak dibandingkan wanita. Oleh sebab itu, conditioner yang memberikan efek akhir berat akan membuat rambut pria terasa lengket. Pada umumnya, pria lebih menyukai conditioner dengan sensasi menyegarkan, yang akan membuat rambut terasa ringan.

Namun, conditioner yang menawarkan hasil akhir ringan lebih banyak Anda temukan dari produk khusus wanita. Untuk mengatasinya, Anda dapat memilih produk dengan kandungan minyak jojoba atau almond milk seperti yang sudah kami jelaskan di atas.

Bagi pemilik kulit sensitif, conditioner berbahan organik dapat jadi pilihan

Bagi pemilik kulit sensitif, conditioner berbahan organik dapat jadi pilihan

Conditioner dengan kandungan bahan organik atau produk eksklusif salon ternama direkomendasikan untuk anak-anak atau Anda yang memiliki kulit sensitif. Sebisa mungkin, hindari conditioner dengan kandungan asam sulfat dan alkohol yang dapat mengiritasi kulit.

Anda dapat menggunakannya dengan lebih nyaman jika conditioner berbahan organik tersebut tidak mengandung stimulan dan berasal dari tanaman. Walau harganya lebih mahal, tetapi produk ini dinilai memiliki kualitas tinggi dan tidak akan memicu iritasi.

Mengandung silikon atau bebas silikon? Sesuaikan dengan kondisi rambut Anda

Poin penting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah kandungan silikon dalam produk conditioner.

Conditioner berbahan silikon: Direkomendasikan untuk rambut panjang dan rambut rusak

Conditioner berbahan silikon: Direkomendasikan untuk rambut panjang dan rambut rusak

Jika Anda memiliki rambut panjang, rambut rusak, atau rambut tebal, pilih conditioner yang mengandung silikon. Komponen silikon akan membungkus rambut dan melindunginya dari kerusakan, serta mencegah rambut bercabang. Silikon akan mengurangi gesekan antar rambut yang menyebabkan rambut mudah kusut.

Dikatakan bahwa silikon tidak baik untuk rambut dan kulit kepala karena akan menetap dan merusak kesehatan. Akan tetapi, ini merupakan kesalahpahaman dan tidak ada faktanya. Nyatanya, silikon dalam produk conditioner adalah salah satu komponen yang baik untuk rambut rusak.

Conditioner tanpa silikon: Cocok untuk rambut yang tipis, beruban, dan diwarnai

Conditioner tanpa silikon: Cocok untuk rambut yang tipis, beruban, dan diwarnai

Conditioner tanpa silikon direkomendasikan bagi Anda yang memiliki volume rambut tipis dan pendek. Karena silikon bekerja melapisi rambut, rambut menjadi lebih berat. Hal tersebut justru akan semakin mengurangi volume rambut Anda.

Selain itu, apabila menggunakan produk berbahan silikon, produk tersebut akan sulit menembus rambut yang diwarnai atau rambut beruban. Jika Anda memilih conditioner nonsilikon, produk tersebut akan lebih mudah menyerap ke tiap helai rambut untuk menutrisi jenis rambut yang beruban atau yang terbiasa diwarnai.

10 Rekomendasi conditioner terbaik

Setelah Anda mengetahui tips cara memilih conditioner, kami akan memberikan rekomendasi sepuluh produk terbaik. Pilihlah conditioner sesuai kondisi rambut agar rambut yang sehat dan berkilau dapat Anda miliki.

10. Naturals By Watson Aloe Vera Conditioner

10. Naturals By Watson Aloe Vera Conditioner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 62.900

Tampil memukau setiap hari dengan rambut yang terurai cantik dan mudah diatur

Diperkaya Aloe vera, conditioner dari Watson ini mampu membuat rambut lebih mudah diatur secara instan. Selain membuat rambut lebih sehat dan kuat, kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang mengharapkan rambut berkilau. Kandungan alga di dalamnya efektif dalam mewujudkan hal tersebut.

Isi 100 ml dan 490 ml
Diformulasikan untuk Membuat rambut lembut, berkilau, mudah diatur
Kandungan silikon Tidak disebutkan

9. The Body Shop Rainforest Shine Conditioner

9. The Body Shop Rainforest Shine Conditioner

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 99.000

Formula minyak zaitun memperbaiki keadaan rambut rusak karena sering diwarnai

Rambut yang sering diwarnai umumnya akan menjadi lebih kering. Kondisi ini biasanya juga dirasakan oleh Anda yang rutin menyemir rambut karena timbulnya uban. Kami merekomendasikan The Body Shop Rainforest Shine Conditioner untuk mengatasi masalah tersebut.

Conditioner nonsilikon ini diperkaya kandungan minyak zaitun yang memiliki kemampuan untuk mengatasi kerusakan rambut. Di samping itu, produk ini juga tidak mengandung paraben dan pewarna sehingga tidak akan membuat rambut Anda kering dan kasar.

Isi 60 ml dan 250 ml
Diformulasikan untuk Rambut kering karena sering diwarnai/disemir
Kandungan silikon Tidak ada

8. Makarizo T1 Pure Moisturizing Conditioner

8. Makarizo T1 Pure Moisturizing Conditioner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 62.500

Menutrisi rambut sebelum styling agar sehat berkilau dan terhindar dari kerusakan

Dilengkapi dengan bioactive protein, conditioner ini akan memulihkan ujung kutikula rambut yang sering kali kering dan bercabang. Conditioner ini dapat jadi pilihan untuk Anda yang hobi styling rambut dengan alat elektronik yang membuat rambut menjadi panas.

Kandungan dalam produk ini akan mengembalikan kesehatan rambut Anda dari pangkal, batang, hingga ke ujung rambut. Menggunakan conditioner ini setelah keramas akan memudahkan penataan rambut. Tidak hanya itu, kelembutan dan kilau alami rambut juga akan Anda miliki kembali.

Isi 250 ml
Diformulasikan untuk Melembapkan dan mempersiapkan rambut sebelum styling
Kandungan silikon Tidak disebutkan

7. Coconut & Almond Oil Conditioner

7. Coconut & Almond Oil Conditioner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 85.000

Kandungan almond oil-nya menjaga rambut Anda tetap lembut setelah menerjang polusi

Sering bepergian dengan sepeda motor menyebabkan rambut sangat kering karena panas, debu, dan polusi. Jika Anda mengalami hal tersebut, conditioner ini pas untuk Anda. Kandungan almond oil dalam produk ini bekerja melindungi dan menutrisi rambut Anda. Rambut Anda pun tetap sehat dan lembut setelah berpanas-panasan!

Isi 250 ml
Diformulasikan untuk Melembapkan dan melindungi rambut dari dampak polusi
Kandungan silikon Tidak disebutkan

6. L’oreal Smooth Intense Conditioner

6. L’oreal Smooth Intense Conditioner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 41.90

Rambut bebas kusut hingga 48 jam? Buktikan sendiri!

Anda memiliki masalah dengan rambut mudah kusut? Jika iya, conditioner yang satu ini dapat menjadi pilihan. L’oreal Smooth Intense Conditioner menjadikan rambut Anda empat kali lebih lembut dan antikusut hingga 48 jam.

Dengan kandungan argan oil, rambut kusut Anda akan ternutrisi sehingga lebih halus. Selain itu, thermo-protect agent dalam produk ini akan merawat dan melindungi rambut agar tidak mudah lepek dan tidak mengembang. Gunakan conditioner ini pada pagi hari untuk rambut yang indah sepanjang hari!

Isi 165 ml, 200 ml, dan 330 ml
Diformulasikan untuk Melembutkan, membuat rambut mudah diatur, dan mencegah rambut kusut
Kandungan silikon Tidak disebutkan

5. Mcpherson A’kin Purifying Jojoba & Geranium Conditioner

5. Mcpherson A'kin Purifying Jojoba & Geranium Conditioner

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 245.000

Tepat dijadikan pilihan bagi pemilik rambut yang mudah berminyak

Pilih produk ini apabila Anda mempunyai tipe rambut yang mudah lepek karena berminyak. Conditioner yang dilengkapi kandungan jojoba oil dan geranium ini akan mengontrol produksi minyak di kulit kepala, tetapi tetap menutrisi rambut. Dengan begitu, rambut Anda tetap lembap tanpa terasa berat.

Isi 225 ml dan 500 ml
Diformulasikan untuk Rambut yang mudah berminyak
Kandungan silikon Tidak ada

4. Kérastase Discipline Fondant Fluidealiste Conditioner

4. Kérastase Discipline Fondant Fluidealiste Conditioner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 319.000

Dengan morpho-keratine technology, rambut keriting Anda jadi lebih mudah ditata

Rambut keriting cenderung lebih mudah kusut dan mengembang sehingga memerlukan perhatian lebih terutama untuk penataannya. Conditioner Kérastase ini dilengkapi dengan softening agents yang membuat rambut keriting Anda terasa lebih halus, tetapi tetap ringan.

Untuk mencegah rambut menjadi kusut, Anda akan mendapat manfaat dari lipid agents dalam conditioner ini. Selain itu, morpho-keratine technology akan mengembalikan fleksibilitas rambut, memberi kelembapan, dan membuat rambut keriting Anda menjadi lebih tenang agar tidak mudah mengembang.

Isi 200 ml, 1 liter
Diformulasikan untuk Rambut keriting dan mengembang
Kandungan silikon Ada (Amodimethicone )

3. Avalon Organics Volumizing Rosemary Conditioner

3. Avalon Organics Volumizing Rosemary Conditioner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 148.000

Miliki rambut yang lebih bervolume dari akar hingga ke ujung rambut

Diperkaya kandungan rosemary essential oil, quinoa protein, dan vitamin E, conditioner ini akan membantu menutrisi rambut dan membuat rambut Anda terlihat lebih tebal dan padat. Karena itu, produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki rambut tipis dan mudah lepek.

Produk ini juga tidak mengandung paraben, pewangi, pewarna, dan sudah mendapat certified organic ingredient, aman bagi kulit kepala sensitif. Pemakaian rutin conditioner ini akan membuat Anda memiliki rambut yang lebih berkilau, tebal, dan terlihat penuh secara menyeluruh.

Isi 312 gram
Diformulasikan untuk Membuat rambut lebih bervolume
Kandungan silikon Tidak ada

2. L’oreal Conditioner Vitamino Color A-OX

2. L’oreal Conditioner Vitamino Color A-OX

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 157.000

Rambut kering dan patah karena terlalu sering diwarnai? Tidak lagi jika menggunakan conditioner ini!

Diperkaya kandungan vitamin E, conditioner dari L’oreal ini akan memberi perawatan lebih terhadap rambut yang diwarnai. Formulanya tidak hanya menutrisi, tetapi juga menjaga warna rambut Anda agar tidak cepat memudar.

Selain itu, kandungan active wheat protein juga dipilih sebagai salah satu komposisi untuk mengembalikan kilau dan kelembutan rambut. Dalam formulanya juga terdapat kandungan neohespiridin sebagai antioksidan dan tocopherol, serta panthenol sebagai hair protection.

Isi 200 ml
Diformulasikan untuk Rambut diwarnai
Kandungan silikon Tidak disebutkan

1. Kérastase Résistance Ciment Anti-Usure Conditioner

1. Kérastase Résistance Ciment Anti-Usure Conditioner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 320.000

Formulanya merekonstruksi kutikula rambut untuk rambut yang lebih sehat

Berbagai masalah rambut dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan berakibat pada kerontokan. Bagi Anda yang memiliki masalah serupa, mungkin conditioner ini dapat jadi pilihan. Formula yang terkandung dalam Kérastase Résistance Ciment Anti-Usure Conditioner membuat rambut Anda menjadi lebih kuat.

Dilengkapi kandungan pro-keratin yang kaya akan asam amino, conditioner ini akan memperbaiki keadaan rambut yang rusak. Conditioner ini juga akan memperbaiki kondisi rambut langsung ke jaringannya untuk membangun kembali struktur internal rambut. Dapatkan rambut yang kuat dan sehat dengan memilih produk ini!

Isi 200 ml
Diformulasikan untuk Memperbaiki rambut yang rusak
Kandungan silikon Tidak ada

Tips menggunakan conditioner yang tepat

Tips menggunakan conditioner yang tepat

Conditioner digunakan setelah keramas. Sebelumnya, Anda dapat memilih produk perawatan rambut lain yang bekerja di bagian dalam rambut. Setelahnya, gunakan conditioner untuk melapisi bagian luar rambut.

Hindari mengaplikasikan conditioner di kulit kepala, kecuali produk tersebut diklaim untuk perawatan kulit kepala. Oleskan conditioner dari pusat hingga ujung rambut. Produk yang menempel di kulit kepala kemungkinan akan sulit dibersihkan dan menyebabkan penyumbatan pori-pori. Anda juga dapat membagi rambut menjadi dua atau tiga bagian sebelum mengaplikasikan conditioner.

Untuk rambut yang rusak, Anda dapat menggunakan masker rambut untuk melengkapi perawatan rambut.

Baca juga rekomendasi produk perawatan rambut lainnya di sini!

Selain conditioner, masker rambut juga menjadi pilihan tepat untuk menjaga kesehatan rambut. Untuk itu, kami telah menyiapkan artikel terkait yang membahas produk masker rambut terbaik. Cek link di bawah ini!

Kesimpulan

Setiap orang memiliki masalah rambutnya masing-masing, pastikan Anda memilih conditioner sesuai kebutuhan. Jika Anda rutin menggunakan conditioner untuk rambut bermasalah, perlahan keadaan rambut Anda akan membaik. Rambut menjadi lebih halus, lembap, dan berkilau. Semoga artikel ini dapat membantu mengatasi masalah rambut yang sedang Anda alami. Jangan lupa juga untuk mengecek produk sebelum membeli agar Anda dapat menemukan conditioner sesuai kebutuhan.