1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan rambut
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Conditioner Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Conditioner Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Conditioner Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Conditioner Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Conditioner Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Conditioner Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Conditioner Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kondisioner merupakan produk perawatan rambut yang diaplikasikan setelah keramas. Berbeda dengan sampo, kondisioner digunakan pada batang rambut. Produk ini memiliki banyak manfaat sesuai kebutuhan rambut Anda, mulai dari menutrisi hingga memperbaiki rambut rusak. Meski begitu, penggunaannya perlu diperhatikan agar efeknya optimal.

Agar Anda tidak salah memilih kondisioner, simak dahulu tips dari kami dalam artikel ini. Berbagai merek kondisioner yang bagus juga akan kami rekomendasikan untuk Anda, seperti TRESemmé, L'Oréal, Dove, dan Makarizo. Temukan juga cara menggunakan kondisioner dengan benar agar rambut lebih sehat. Selamat membaca!
Diperbaharui 08-15-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Rambut halus dengan menggunakan conditioner sehabis keramas

Rambut halus dengan menggunakan conditioner sehabis keramas

Setelah keramas, rambut akan lebih kering dan dapat menghasilkan listrik statis. Kondisioner berperan untuk memberikan lapisan pada rambut setelah keramas. Setelah menggunakan kondisioner, Anda akan mendapatkan helaian rambut yang halus dan dapat disisir dengan jari. 

Sekilas memang tidak ada perbedaan yang signifikan antara kondisioner dengan hair mask yang juga merupakan produk perawatan rambut. Namun, jika diperhatikan secara saksama, keduanya memiliki perbedaan dalam kandungan bahan-bahannya. Kondisioner mengandung lebih sedikit silikon dan bahan pelembap dibandingkan hair mask.


Pada dasarnya, semua produk kondisioner bisa digunakan untuk pria, tidak hanya untuk wanita. Jadi, Anda sebenarnya tidak perlu mencari kondisioner khusus rambut pria. Kondisioner yang ada di pasaran sudah menawarkan solusi untuk hampir semua permasalahan rambut sehari-hari.

Cara memilih conditioner

Apa saja yang harus diperhatikan agar dapat memilih kondisioner yang tepat? Berikut ini tipsnya untuk Anda!

① Pilih berdasarkan permasalahan rambut Anda

Pemilihan kondisioner harus disesuaikan dengan permasalahan rambut Anda. Kami akan jelaskan kandungan dalam kondisioner yang cocok untuk kebutuhan rambut Anda.

Conditioner dengan kandungan tinggi pelembap, tepat untuk rambut kering dan kusam

Conditioner dengan kandungan tinggi pelembap, tepat untuk rambut kering dan kusam

Rambut kering umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari, terlalu sering menggunakan pengering rambut, dan sering melakukan styling rambut. Rambut yang tampak tebal pada bagian akar, tetapi tampak tipis pada bagian ujungnya merupakan tanda umum rambut kering


Kondisi tersebut tak jarang diikuti dengan rambut tampak kusam dan ujung rambut yang terlihat bercabang. Jika rambut Anda mengalami hal tersebut, kemungkinan rambut Anda kering dan perlu segera dirawat. Salah satunya dengan memilih kondisioner yang kaya akan kandungan pelembap. 


Berikut bahan-bahan pelembap yang biasanya digunakan untuk perawatan rambut kering:

  • Aloe vera
  • Banana juice
  • Coconut oil
  • Glycerin
  • Ceramide
  • Panthenol


Bahan pelembap lain yang umumnya digunakan adalah silicone. Bahan ini memiliki beragam turunan, seperti dimethicone, amodimethicone, dan dimethiconol. Fungsinya adalah untuk melapisi batang rambut, mengunci kelembapan, dan memberikan efek lembut dan halus. Namun, silicone juga bisa menghalangi nutrisi-nutrisi lainnya masuk ke dalam folikel rambut. 


Dalam penggunaan dengan jumlah wajar dan tidak terlalu sering, sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah. Anda hanya perlu mencuci rambut dengan lebih bersih untuk mencegah terjadinya penumpukan residu di rambut. Namun, Anda tetap masih bisa menemukan kondisioner dengan formula bebas silikon jika tidak cocok dengan produk yang mengandung silikon.

Conditioner dengan kandungan protein, cocok untuk rambut rusak

Conditioner dengan kandungan protein, cocok untuk rambut rusak

Apakah Anda mengalami rambut rusak akibat pewarnaan, perm, bleaching, dan rangkaian hair styling lainnya? Kandungan protein dan pelembap dalam kondisioner dapat mengembalikan kilau rambut Anda.


Rambut rusak memiliki masalah yang lebih kompleks daripada rambut kering. Rambut tidak hanya kusam, tetapi juga kusut, rapuh, bahkan rontok. Rambut yang rusak akibat diwarnai akan kekurangan protein. 


Nah, kandungan protein di dalam kondisioner dapat menguatkan struktur rambut Anda. Dengan begitu, rambut tidak akan mudah kehilangan kelembapannya. Berikut ini adalah kandungan protein sekaligus pelembap yang bagus untuk rambut rusak:

  • Hydrolyzed keratin
  • Pro-keratin
  • Citric acid
  • Coconut fruit extract

Apabila Anda mengalami kerusakan rambut yang cukup parah, kondisioner saja tidak cukup. Kami sarankan Anda menggunakan produk perawatan rambut lainnya untuk memperbaiki kerusakan dan mengembalikan kilau alami rambut.

Conditioner dengan bahan alami, sesuai untuk rambut rontok

Conditioner dengan bahan alami, sesuai untuk rambut rontok

Rambut rontok karena patah merupakan salah satu masalah rambut yang dialami banyak orang. Apabila Anda salah satunya, mulailah menggunakan produk perawatan rambut khusus rambut rontok. 


Kondisioner untuk rambut rontok sebaiknya mengandung bahan-bahan alami yang menutrisi rambut dan menguatkan akar rambut, antara lain:

  • Sunflower seed oil
  • Grape seed oil
  • Aloe vera
  • Calendula extract 


Jika kerontokan tidak berkurang setelah penggunaan kondisioner secara rutin, ada kemungkinan produk tidak bekerja dengan baik pada rambut Anda. Kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter jika kerontokan rambut sudah dirasa mengkhawatirkan.

Conditioner dengan kandungan minyak esensial, pas untuk rambut kusut dan mengembang

Conditioner dengan kandungan minyak esensial, pas untuk rambut kusut dan mengembang

Masalah rambut kusut dan mengembang berhubungan dengan masalah rambut kering. Karena itu, kondisioner untuk masalah rambut ini pun umumnya juga bisa digunakan untuk rambut kering. 


Penyebab rambut kusut dan mengembang adalah rusaknya kutikula rambut sehingga rambut tak bisa lagi mempertahankan kelembapannya. Efeknya, rambut pun megar dan sulit ditata. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan kondisioner yang kaya akan kandungan minyak esensial dan pelembap, seperti:

  • Argan oil
  • Coconut oil
  • Mineral oil
  • Softening agents

② Dapatkan jenis conditioner yang sesuai dengan kebutuhan

Setidaknya ada tiga jenis kondisioner yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli produk yang tepat. Kenali ketiga jenisnya berikut ini. 

Post shampoo conditioner, nutrisi untuk rambut lebih sehat dan lembut usai keramas

Post shampoo conditioner, nutrisi untuk rambut lebih sehat dan lembut usai keramas

Post shampoo conditioner atau rinse-out conditioner merupakan jenis kondisioner yang paling umum. Anda hanya perlu mengusapkannya ke rambut basah setelah keramas, lalu mendiamkannya setidaknya tiga menit. Setelah itu, Anda bisa membilasnya hingga bersih.


Kondisioner ini bekerja dengan menutup dan merapikan sisik kutikula rambut sehingga rambut lebih halus dan mudah diatur. Efeknya akan langsung terasa setelah Anda membilas rambut. Jika Anda menginginkan rambut terlihat lebih lembap, sehat, dan lembut setelah keramas, kondisioner ini pas untuk Anda.

Deep conditioner, formula khusus untuk perawatan rambut kering dan rusak

Deep conditioner, formula khusus untuk perawatan rambut kering dan rusak

Deep conditioner juga digunakan setelah Anda selesai keramas. Namun, kondisioner ini diformulasikan khusus untuk perawatan yang lebih intensif pada rambut kering dan rusak. Meski begitu, bahan-bahan di dalamnya umumnya tidak terlalu berat dibandingkan kondisioner lainnya. 


Kandungan yang umum terdapat pada kondisioner ini adalah behentrimonium methosulfate, cetearyl alcohol, emollients (oils, butters), dan propylene glycol. Kondisioner ini tak jarang digunakan untuk merekondisi kembali rambut berkat formulanya tersebut.

Leave-in conditioner, solusi praktis untuk mencegah rambut kering dan kusut tanpa bilas

Leave-in conditioner, solusi praktis untuk mencegah rambut kering dan kusut tanpa bilas

Kondisioner tanpa bilas memiliki karakteristik yang lebih ringan dan tipis dibandingkan kondisioner jenis lainnya. Hasilnya, kondisioner ini tidak terasa berat di rambut. Leave-in conditioner bisa berupa krim yang langsung dioleskan ke rambut, bisa juga berupa spray.

 
Agar lebih terserap rambut dengan optimal, Anda sebaiknya menggunakannya saat rambut dalam keadaan setengah kering. Meskipun praktis, Anda perlu mengaplikasikannya dengan benar agar rambut tidak lepek, terutama jika rambut Anda mudah berminyak.

③ Tidak masalah memilih sampo dan conditioner dari merek yang berbeda

Tidak masalah memilih sampo dan conditioner dari merek yang berbeda

Memilih sampo dan kondisioner dari merek dan varian yang sama akan lebih mudah digunakan. Anda juga akan mendapatkan aroma yang selaras antara sampo dan kondisioner.

Namun, Anda bisa saja mendapat efek yang lebih maksimal saat menggunakan sampo dan kondisioner dari merek atau varian berbeda. Saat memilih sampo, pilihlah produk yang dapat mengatasi permasalahan kulit kepala Anda. Nah, ketika memilih kondisioner, sesuaikanlah dengan permasalahan rambut Anda.

10 Rekomendasi conditioner terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk conditioner terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Unilever

TRESemmé Keratin Smooth Conditioner Kualitas Salon

Unilever TRESemmé Keratin Smooth Conditioner Kualitas Salon 1枚目

Hasilkan rambut selembut kualitas salon tanpa perlu keluar rumah

2

Procter & Gamble

Pantene Pro-V Perfect On Kondisioner Tanpa Bilas

Procter & Gamble Pantene Pro-V Perfect On Kondisioner Tanpa Bilas 1枚目

Tidak lengket di rambut dan sangat travel-friendly

3

L’Oréal

L'Oréal Paris Elseve Total Repair 5 Conditioner

 L’Oréal   L'Oréal Paris Elseve Total Repair 5 Conditioner 1枚目

Cukup dengan satu kondisioner untuk mengatasi lima tanda rambut rusak

4

Unilever

Dove Serum Conditioner Perawatan Rambut Rontok

Unilever Dove Serum Conditioner Perawatan Rambut Rontok 1枚目

Serum conditioner untuk rambut rontok karena patah

5

Unilever

Love Beauty and Planet Smooth & Serene - Argan Oil & Lavender Conditioner

Unilever Love Beauty and Planet Smooth & Serene - Argan Oil & Lavender Conditioner 1枚目

Peduli dengan masalah rambut Anda dan lingkungan!

6

Akasha Wira International

Makarizo Professional Salon Daily Professional Conditioner

Akasha Wira International  Makarizo Professional Salon Daily Professional Conditioner 1枚目

Conditioner salon dengan formula deep conditioning agent!

7

Procter & Gamble

Herbal Essences Hello Hydration Deep Moisture Conditioner

Procter & Gamble  Herbal Essences Hello Hydration Deep Moisture Conditioner 1枚目

Deep moisture conditioner dengan aroma buah kelapa yang segar

8

L’Oréal

Kérastase Paris Discipline Fondant Fluidealiste Conditioner

L’Oréal Kérastase Paris Discipline Fondant Fluidealiste Conditioner 1枚目

Jadikan rambut keriting bebas kusut dan tetap cantik

9

L'Oréal

Garnier Fructis Hairfood Nourishing Banana Conditioner

L'Oréal  Garnier Fructis Hairfood Nourishing Banana Conditioner 1枚目

Conditioner untuk rambut kering dengan formula vegan-friendly

10

Sachajuan

Leave in Conditioner

Sachajuan  Leave in Conditioner 1枚目

Leave in conditioner dengan formula ringan dan bebas minyak

Perincian produk
Close
No.1

UnileverTRESemmé Keratin Smooth Conditioner Kualitas Salon

Mulai dari Rp39.100,00

Hasilkan rambut selembut kualitas salon tanpa perlu keluar rumah

Kelebihan:

  • Menjadikan rambut mudah diatur dan selembut kualitas salon
  • Tidak membuat rambut lepek
  • Ada review yang menyatakan bahwa wangi conditioner ini lumayan tahan lama

Kekurangan:

  • Kemasannya kurang travel-friendly
  • Ada pengulas yang mengatakan kurang melembapkan untuk rambut yang sangat kering

Untuk Anda yang mencari kondisioner yang dapat melembutkan rambut dalam jangka waktu lama, tak ada salahnya mempertimbangkan produk ini. Kandungan hydrolyzed keratin-nya dapat menutrisi rambut kering dan susah diatur sehingga bisa lembut dan lembap lebih lama. Bahkan, kondisioner keratin TRESemmé ini diklaim mampu memberikan efek rambut lembut yang bisa bertahan hingga 48 jam.

No.2

Procter & GamblePantene Pro-V Perfect On Kondisioner Tanpa Bilas

Mulai dari Rp15.200,00

Tidak lengket di rambut dan sangat travel-friendly

Kelebihan:

  • Teksturnya mudah diserap rambut
  • Pada varian ukuran mini dilengkapi karet pengait sehingga lebih travel-friendly
  • Harganya terjangkau dibandingkan kondisioner tanpa bilas lainnya

Kekurangan:

  • Beberapa pengulas mengatakan bahwa efek lembapnya hanya bertahan sebentar

Kondisioner tanpa bilas yang bagus dari Pantene ini dapat Anda gunakan kapan saja. Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, kondisioner ini akan menjadikan rambut Anda tetap lembap dan halus. Anda tak perlu khawatir lagi jika rambut acak-acakan saat harus segera menghadiri rapat penting. Formulanya tidak lengket di rambut serta membuat rambut lebih mudah diatur.

No.3

L’Oréal L'Oréal Paris Elseve Total Repair 5 Conditioner

Mulai dari Rp46.000,00

Cukup dengan satu kondisioner untuk mengatasi lima tanda rambut rusak

Kelebihan:

  • Membantu melawan masalah rambut patah, kering, kusam, rapuh, dan bercabang sekaligus
  • Beberapa ulasan menyatakan kondisioner ini cocok untuk mengatasi masalah rambut mengembang

Kekurangan:

  • Ada pengulas yang mengatakan bahwa kondisioner ini membuat rambut menjadi kering

Rambut patah, kering, kusam, rapuh, dan bercabang merupakan tanda kerusakan rambut yang harus diatasi. Dengan kondisioner ini, Anda bisa melawan kelima tanda kerusakan rambut tersebut sekaligus. Produk ini memiliki formula double action yang terdiri dari ceramide dan pro-keratin. Kombinasi keduanya akan membantu memperbaiki batang rambut dari dalam dan melindungi dari luar.

No.4

UnileverDove Serum Conditioner Perawatan Rambut Rontok

Mulai dari Rp67.700,00

Serum conditioner untuk rambut rontok karena patah

Kelebihan:

  • Dapat menguatkan akar rambut dan melembutkan rambut
  • Wanginya manis dan kalem, tidak mencolok 
  • Tersedia dalam kemasan saset

Kekurangan:

  • Ada pengulas yang mengatakan rambutnya sulit dibilas saat menggunakan produk ini

Apabila Anda memiliki masalah rambut rontok, kondisioner Dove ini bisa dicoba. Produk ini memiliki formula Nutri Serum dan Dynazinc untuk menutrisi rambut dari akar. Conditioner ini diklaim dapat mengurangi rambut rontok karena patah hingga 99%. Namun, Anda harus memakainya secara teratur bersama rangkaian perawatan rambut rontok Dove.

No.5

UnileverLove Beauty and Planet Smooth & Serene - Argan Oil & Lavender Conditioner

Mulai dari Rp53.600,00

Peduli dengan masalah rambut Anda dan lingkungan!

Kelebihan:

  • Kondisioner tanpa silikon, paraben, sulfat, dan pewarna
  • Menggunakan teknologi cepat bilas sehingga lebih hemat air
  • Vegan-certified dan dikemas dalam 100% botol daur ulang

Kekurangan:

  • Beberapa pengulas mengatakan kondisioner agak sulit dikeluarkan dari botol sehingga perlu lebih banyak upaya 
  • Ada ulasan yang menyebutkan efeknya tidak terlalu terlihat untuk mengatasi rambut kering dan kusut

Anda butuh kondisioner yang tak hanya ramah untuk rambut, tetapi juga ramah lingkungan? Kondisioner yang mengandung argan oil ini kami rekomendasikan untuk Anda. Selain bebas silikon, paraben, sulfat, dan pewarna, kondisioner ini dikemas dalam botol yang 100% bahan daur ulang. Teknologi cepat bilasnya pun menjadikan Anda lebih hemat air.

No.6

Akasha Wira International Makarizo Professional Salon Daily Professional Conditioner

Mulai dari Rp93.800,00

Conditioner salon dengan formula deep conditioning agent!

Kelebihan:

  • Memiliki tekstur yang mudah diaplikasikan
  • Aroma wanginya khas perawatan salon

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran besar

Jika berbicara tentang kondisioner salon yang bagus, produk ini tak boleh Anda lewatkan. Deep conditioning agent yang dikandungnya diklaim bisa merevitalisasi semua jenis rambut, bahkan yang rusak sekalipun. Kondisioner ini juga mengandung ekstrak lidah buaya dan minyak mineral yang mampu menutrisi, melembapkan, dan melembutkan rambut.

No.7

Procter & Gamble Herbal Essences Hello Hydration Deep Moisture Conditioner

Mulai dari Rp35.300,00

Deep moisture conditioner dengan aroma buah kelapa yang segar

Kelebihan:

  • Menghidrasi dan melembapkan rambut dengan optimal tanpa membuatnya berminyak
  • Memiliki aroma buah kelapa yang segar dan lembut

Kekurangan:

  • Ada ulasan yang mengatakan bahwa kondisioner ini tidak cukup menghidrasi untuk rambut ikal dan tebal

Kondisioner ini mengandung moisturizer untuk menghidrasi optimal rambut bermasalah tanpa membuatnya jadi lepek atau berminyak. Produk ini juga memiliki pH seimbang dan tidak merusak warna rambut alami Anda. 


Ekstrak kelapa yang dikandungnya mampu menutrisi dan mengembalikan keratin pada rambut rusak. Selain itu, Anda akan merasakan aroma segar buah kelapa yang menenangkan. Bagi Anda yang alergi dengan paraben, kondisioner ini cocok untuk dipilih.

No.8

L’OréalKérastase Paris Discipline Fondant Fluidealiste Conditioner

Mulai dari Rp470.000,00

Jadikan rambut keriting bebas kusut dan tetap cantik

Kelebihan:
  • Cocok untuk rambut keriting agar lebih lembut dan tidak mengembang
  • Membuat rambut lebih mudah diatur 
  • Beberapa ulasan menyebutkan wanginya tahan lama

Kekurangan:

  • Beberapa menyatakan bahwa kondisioner ini lebih cocok untuk rambut keriting dan tebal
  • Ada beberapa ulasan yang menyebutkan kondisioner ini membuat rambut menjadi kering

Rambut keriting cenderung lebih mudah kusut dan mengembang sehingga memerlukan perhatian lebih. Apabila Anda memiliki memiliki rambut keriting, produk ini patut dicoba. Kondisioner Kérastase ini dilengkapi dengan softening agents yang membuat rambut keriting Anda terasa lebih halus dan lembap.


Lipid agents di dalamnya membantu menguatkan rambut dan mencegahnya dari kekusutan. Selain itu, Morpho-Kératine complex-nya akan akan bekerja aktif untuk mengontrol frizz sehingga rambut terasa lebih lembut dan mudah diatur.

No.9

L'Oréal Garnier Fructis Hairfood Nourishing Banana Conditioner

Mulai dari Rp130.000,00

Conditioner untuk rambut kering dengan formula vegan-friendly

Kelebihan:

  • Menggunakan 98% formula alami
  • Bebas silikon, paraben, dan pewarna buatan

Kekurangan:

  • Produk ini tidak cocok bagi yang kurang suka dengan aroma pisang
  • Beberapa pengulas mengatakan bahwa efek hidrasinya biasa saja

Beberapa orang tidak cocok dengan kandungan silikon, paraben, dan pewarna buatan. Jika Anda salah satunya, kondisioner rambut kering dari Garnier ini layak dipertimbangkan. Pasalnya, kondisioner ini diformulasikan dengan 98% bahan alami. Produk ini mengandung jus pisang, buah yang dikenal dapat melembutkan dan menutrisi rambut. Dengan rutin memakainya, rambut kering akan ternutrisi secara intensif.

No.10

Sachajuan Leave in Conditioner

Mulai dari Rp407.000,00

Leave in conditioner dengan formula ringan dan bebas minyak

Kelebihan:

  • Formulanya ringan dan bebas minyak
  • Cocok untuk semua jenis rambut
  • Dapat diaplikasikan ke kulit kepala jika diperlukan

Kekurangan:
  • Tidak tersedia dalam ukuran yang lebih travel-friendly
  • Aromanya mungkin cukup kuat untuk beberapa orang

Produk ini merupakan salah satu leave-in conditioner terbaik bagi Anda yang mencari kondisioner bebas minyak. Sachajuan Leave in Conditioner ini tidak hanya dirancang untuk menjaga kesehatan rambut. Formulanya juga bisa meningkatkan kesehatan kulit kepala, lho. Kondisioner tanpa bilas ini bagus untuk digunakan segala tipe rambut, terutama untuk rambut kering dan rambut tipis.

Tips menggunakan conditioner secara tepat

Tips menggunakan conditioner secara tepat

Beberapa orang mungkin menggunakan kondisioner tanpa takaran. Namun, sebaiknya Anda memeriksa dahulu cara penggunaan kondisioner di bagian belakang kemasan. ika jumlah pemakaiannya dituliskan, Anda harus mengikuti petunjuk tersebut. Setiap produk memiliki kandungan bahan aktif yang berbeda sehingga penggunaannya juga perlu disesuaikan.


Untuk kondisioner yang perlu dibilas, Anda dapat menggunakannya setelah keramas. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian sebelum menggunakan kondisioner. Hal ini dilakukan agar kondisioner dapat melapisi setiap bagian rambut dengan sempurna.
  2. Aplikasikan kondisioner hanya pada batang rambut, mulai dari tengah hingga ujung rambut. Jangan diaplikasikan mengenai kulit kepala.
  3. Diamkan kondisioner selama beberapa saat sebelum dibilas. 
  4. Saat membilas, jangan sampai lapisan kondisioner hilang seluruhnya. Lapisan kondisioner ditandai dengan hasil yang licin ketika terkena air. Biarkan sedikit lapisan kondisioner tetap melapisi rambut Anda.

Ada beberapa bahan kondisioner yang tidak ramah di kulit sehingga menyebabkan iritasi jika menempel pada kulit. Apabila ada sisa kondisioner yang menempel pada kulit Anda, segeralah membilasnya sampai bersih.

Baca juga rekomendasi produk conditioner lainnya di sini

Pemilihan kondisioner memang harus disesuaikan dengan kebutuhan rambut Anda. Kami juga memiliki artikel lainnya terkait dengan kondisioner. Klik tautan di bawah ini untuk informasi lebih detail.

Kesimpulan

Setiap orang memiliki masalah rambut masing-masing. Karena itu, pastikan Anda memilih kondisioner sesuai kebutuhan rambut. Jika Anda rutin menggunakan kondisioner yang tepat untuk masalah rambut, keadaan rambut akan membaik dan menjadi lebih sehat.

 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih kondisioner. Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner dengan benar agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Selamat mendapatkan rambut sehat dan berkilau!
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer