• 10 Obat Sakit Kepala yang juga Ampuh untuk Migrain - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Obat Sakit Kepala yang juga Ampuh untuk Migrain - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Obat Sakit Kepala yang juga Ampuh untuk Migrain - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Obat Sakit Kepala yang juga Ampuh untuk Migrain - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Obat Sakit Kepala yang juga Ampuh untuk Migrain - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Obat Sakit Kepala yang juga Ampuh untuk Migrain - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

Stres dan kelelahan dapat membuat sakit kepala datang secara tiba-tiba. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan obat sakit kepala yang bekerja sebagai penghilang rasa sakit. Namun, Anda juga perlu memperhatikan efek samping obat agar tidak mengganggu aktivitas ataupun kesehatan Anda.


Karena itu, kami akan membahas cara memilih obat sakit kepala yang juga ampuh untuk meredakan migrain. Simak juga rekomendasi produk yang bisa Anda pilih dari berbagai merek, mulai dari Panadol, Paramex, hingga Bodrex. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Yuk, ikuti pembahasannya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Prima Dimalouw
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 08 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw
dr. Prima Dimalouw
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

dr. Prima adalah dokter umum lulusan Universitas Gadjah Mada 2015. Pria yang lulus dengan predikat Cum Laude ini telah berpraktik selama 6 tahun. Beliau memiliki pengalaman kerja di berbagai klinik dan rumah sakit di kota Manokwari, Papua Barat.

Saat ini, dr. Prima mengabdi sebagai dokter di garis depan dalam penanganan COVID-19. Beliau sedang mengabdi di RS Darurat Covid-19, RSUD Provinsi Papua Barat.

Mengenal sakit kepala dan migrain

Mengenal sakit kepala dan migrain

Sakit kepala merupakan rasa nyeri atau tidak nyaman di area kepala, kulit kepala, dan leher. Rasa sakit ini dapat berlangsung beberapa jam hingga berhari-hari. Gejala yang muncul bisa berupa rasa nyeri yang tajam, konstan, tumpul atau nyeri yang disertai dengan sensasi berdenyut.


Berdasarkan penyebabnya, terdapat dua jenis sakit kepala, yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder.


  • Sakit kepala primer
Sakit kepala ini penyebabnya tidak begitu jelas karena tidak memiliki kelainan secara struktural. Sakit kepala tegang adalah salah satu contohnya. Nyeri yang sering timbul di area tempurung kepala dan tengkuk ini sering dikaitkan dengan ketegangan otot-otot sekitar kepala. Namun, secara struktural tidak ada kelainan pada otot–otot tersebut. Contoh lain dari sakit kepala primer adalah migrain, sakit kepala kluster, dan neuralgia trigeminal.

  • Sakit kepala sekunder

Sakit kepala sekunder adalah sakit kepala dengan penyebab yang jelas, yaitu karena memiliki kelainan struktural tertentu. Kelainan struktural tersebut contohnya stroke, sinusitis, meningitis, dan lain-lain.


Seperti yang telah dijelaskan di atas, migrain merupakan jenis sakit kepala primer. Orang yang mengalami migrain akan merasakan sakit yang terasa berdenyut pada salah satu sisi kepala. Selain itu, penderita migrain biasanya merasakan gejala tambahan, seperti mual, muntah, dan sensitif terhadap suara atau cahaya


Belum diketahui penyebab pasti seseorang terserang migrain. Biasanya, migrain dikaitkan dengan penurunan kadar serotonin dalam otak, peningkatan kadar hormon estrogen, stres, atau cemas. Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri, antimual, dan antiemetik untuk mengurangi gejala akibat migrain. Namun, jika sakit kepala terjadi berkepanjangan, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih obat sakit kepala yang juga ampuh untuk migrain

Hal yang terpenting saat memilih obat sakit kepala adalah mengetahui khasiat serta komposisi di dalamnya. Karena itu, kami akan menjelaskannya dengan lebih rinci agar Anda mendapatkan obat sakit kepala yang tepat.

Sesuaikan kandungannya dengan gejala yang muncul

Ada beragam komponen analgesik yang perlu Anda sesuaikan dengan kondisi sakit kepala Anda. Setiap komponen tersebut memiliki karakteristiknya masing-masing. Ada yang bisa memberikan efek langsung, ada juga yang ramah untuk penderita gangguan lambung. Pilihlah yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

Ibuprofen, sesuai untuk sakit kepala yang disertai peradangan

Ibuprofen, sesuai untuk sakit kepala yang disertai peradangan

Untuk sakit kepala yang disertai dengan peradangan, pilihlah obat dengan bahan aktif ibuprofen. Selain efektif mengatasi nyeri dan peradangan, kandungan tersebut juga dapat menurunkan demam. Jadi, Anda bisa menjadikannya sebagai pertolongan pertama di rumah.


Ibuprofen adalah obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) bersifat asam yang bekerja sebagai penghambat nonselektif dari enzim cyclooxygenase (COX). Enzim ini berkontribusi dalam pembentukan prostaglandin, suatu agen pro-inflamasi yang menyebabkan nyeri. Namun, prostaglandin juga merupakan protector dinding lambung karena berperan dalam melindungi lapisan mukosa lambung.


Itu sebabnya, mengonsumsi ibuprofen dalam jangka panjang tidak disarankan karena dapat menyebabkan nyeri bahkan tukak lambungSelain itu, Anda yang sudah bermasalah dengan lambung sebaiknya menghindari obat sakit kepala yang mengandung ibuprofen.

Paracetamol, mampu meredakan sakit kepala tanpa mengiritasi lambung

Paracetamol, mampu meredakan sakit kepala tanpa mengiritasi lambung

Ingin minum obat sakit kepala, tetapi bermasalah dengan lambung? Pilihlah obat yang mengandung paracetamol atau yang disebut asetaminofen. Bahan aktif ini tidak menghambat kerja prostaglandin di lambung sehingga tidak memberikan beban pada lambung Anda. Dengan kata lain, paracetamol aman diminum sebagai antinyeri bagi mereka yang memiliki penyakit lambung.


Sama seperti ibuprofen, paracetamol juga dapat mengatasi nyeri dan menurunkan demam. Akan tetapi, paracetamol tidak dapat mengatasi peradangan. Efek antinyeri paracetamol diteorikan bersumber dari kemampuannya menekan nyeri di saraf pusat melalui descending serotoninergic pain pathway. Meskipun demikian, mekanisme tersebut masih diperdebatkan.

Propyphenazone, dapat mengatasi sakit kepala dengan segera

Propyphenazone, dapat mengatasi sakit kepala dengan segera

Sakit kepala yang menyerang saat tengah beraktivitas memang sangat mengganggu. Apabila Anda ingin meredakannya dengan segera, pilihlah obat dengan kandungan propyphenazone. Biasanya, kandungan ini dikombinasikan dengan aspirin.


Prophyphenazone adalah OAINS pyrazole yang tidak bersifat asam dan memiliki efek antinyeri yang baik dan anti-inflamasi lemah. Senyawa ini bekerja dengan menghambat enzim COX sehingga menurunkan kadar prostaglandin.


Hanya saja, propyphenazone dapat menimbulkan alergi. Untuk itu, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu jika Anda memiliki alergi dan ingin mengonsumsi obat dengan kandungan ini.

Periksalah kandungan penyebab kantuknya

Periksalah kandungan penyebab kantuknya

Obat antinyeri sering dikombinasikan dengan antihistamin untuk memberi rasa kantuk dan melawan gejala lain, seperti flu. Hal ini bertujuan agar pasien bisa beristirahat. Jika ingin tetap beraktivitas, carilah antinyeri yang tidak dikombinasikan dengan antihistamin.


Dexchlorpheniramine maleate adalah salah satu contoh antihistamin yang sering dikombinasikan dengan obat sakit kepala. Senyawa ini dapat mendatangkan rasa kantuk beberapa saat setelah diminum. Karena itu, jika Anda sedang bekerja, belajar, atau beraktivitas, hindarilah obat dengan kandungan tersebut, ya.

Perhatikan batasan usia untuk anak

Perhatikan batasan usia untuk anak

Obat sakit kepala yang dijual bebas umumnya ditujukan untuk orang dewasa. Bahkan, sebagian besar produsen melarang penggunaan untuk anak di bawah usia 12 tahun. Jadi, jika Anda berniat memberikan obat sakit kepala untuk si kecil, pastikan Anda memeriksa batasan usianya.


Di pasaran, ada banyak obat sakit kepala khusus anak-anak. Supaya lebih aman, pilihlah produk obat sakit kepala seperti ini untuk buah hati kesayangan Anda. Perlu Anda ketahui, antinyeri yang umum diberikan kepada anak adalah paracetamol dan ibuprofen dengan penyesuaian dosis.

Ketahui efek sampingnya

Ketahui efek sampingnya

Meski dapat mengatasi nyeri, obat sakit kepala memiliki efek samping yang mungkin timbul saat Anda mengonsumsinya. Oleh karena itu, Anda perlu membaca keterangan obat dengan baik, seperti aturan pemakaian dan anjuran dosis yang disarankan. Hal ini penting untuk meminimalkan efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat secara tidak tepat.


Sebagai contoh, hampir semua OAINS yang beredar memiliki efek samping berupa nyeri lambung. Hal ini khususnya untuk OAINS penghambat COX yang nonselektif (menghambat COX-1 dan COX-2). Penghambatan enzim COX-1 oleh OAINS nonselektif menyebabkan gejala dispepsia hingga tukak lambung pada konsumsi jangka panjang.


OAINS selektif COX-2 bisa menjadi pilihan antinyeri. Namun, OAINS selektif COX-2 tidak disarankan bagi mereka yang memiliki penyakit kardiovaskular. Pasalnya, beberapa penelitian menghubungkan OAINS selektif COX-2 dengan gejala kardiovaskular, kecuali celecoxib. Peneliti memperkirakan gejala kardiovaskular tersebut berhubungan dengan dosis dan lama konsumsi.

10 Rekomendasi obat sakit kepala yang juga ampuh untuk migrain

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh obat sakit kepala yang juga ampuh untuk migrain yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Prima Dimalouw.

GlaxoSmithKline (GSK)Panadol Anak Syrup 1-6 tahun

Mulai dari Rp 36.000,00

Isi30 ml, 60 ml
Bahan aktifParacetamol
Menyebabkan kantukTidak
Batasan usiaAnak usia 1–6 tahun
Efek sampingAdanya reaksi hipersensitivitas seperti kemerahan atau gatal pada kulit, kulit terkelupas, kadang-kadang gangguan pernafasan atau bengkak pada bibir, lidah, tenggorokan, sariawan, memar-memar, pendarahan

GlaxoSmithKline (GSK)Panadol Regular

Mulai dari Rp 11.500,00

Isi1 blister (10 tablet)
Bahan aktifParacetamol
Menyebabkan kantukTidak
Batasan usiaAnak usia 6 tahun hingga dewasa
Efek sampingPusing berputar, sulit tidur, sakit perut, diare, tenggorokan kering, gelisah atau cemas
Isi1 strip (4 tablet)
Bahan aktifParacetamol, aspirin, caffeine
Menyebabkan kantukTidak
Batasan usiaAnak usia >12 tahun hingga dewasa
Efek sampingGangguan hati, iritasi lambung mual, muntah
Isi1 blister (4 tablet)
Bahan aktifParacetamol
Menyebabkan kantukTidak
Batasan usiaAnak usia 6 tahun hingga dewasa
Efek sampingMual, muntah, sembelit, diare
Isi1 blister (10 kaplet)
Bahan aktifIbuprofen
Menyebabkan kantukYa
Batasan usiaDewasa
Efek sampingDiare, sakit perut, perut kembung, kulit gatal
Isi1 blister (4 tablet)
Bahan aktifParacetamol, propyphenazone, caffeine
Menyebabkan kantukTidak
Batasan usiaDewasa
Efek sampingGangguan saluran cerna reaksi alergi, seperti ruam, gatal

KalbeBintang Toedjoe Puyer No. 16

Mulai dari Rp 8.000,00

Isi12 saset
Bahan aktifParacetamol, acetylsalicylic acid, caffeine
Menyebabkan kantukTidak
Batasan usiaAnak usia 6 tahun hingga dewasa
Efek sampingGangguan pencernaan seperti nyeri ulu hati, mual, dan muntah

GlaxoSmithKline (GSK)Panadol Extra

Mulai dari Rp 12.000,00

Isi1 blister (10 tablet)
Bahan aktifParacetamol, caffeine
Menyebabkan kantukTidak
Batasan usiaAnak usia >12 tahun hingga dewasa
Efek sampingPembengkakan bibir, ruam, masalah pernapasan, insomnia, kecemasan, gatal-gatal, mual, sariawan
Isi4 tablet
Bahan aktifParacetamol, propyphenazone, caffeine, dexchlorpheniramine maleate
Menyebabkan kantukYa
Batasan usiaAnak usia >12 tahun hingga dewasa
Efek sampingGelisah, jantung berdebar, mulut kering, sulit tidur, tremor
Isi60 ml
Bahan aktifParacetamol
Menyebabkan kantukTidak disebutkan
Batasan usiaAnak usia 1–6 tahun
Efek sampingDemam, mual, nyeri lambung, kehilangan nafsu makan, urine berwarna gelap

Tabel perbandingan produk obat sakit kepala yang juga ampuh untuk migrain

Gambar produk
Konimex Paramex 1

Konimex

GlaxoSmithKline (GSK) Panadol Extra  1

GlaxoSmithKline (GSK)

GlaxoSmithKline (GSK) Panadol Anak Syrup 1-6 tahun 1

GlaxoSmithKline (GSK)

Sanbe Farma POLDAN MIG 1

Sanbe Farma

Medifarma Laboratories Biogesic 1

Medifarma Laboratories

GlaxoSmithKline (GSK) Panadol Regular 1

GlaxoSmithKline (GSK)

Kalbe Bintang Toedjoe Puyer No. 16 1

Kalbe

Tempo Scan Pacific Bodrex Migra 1

Tempo Scan Pacific

Pharos Proris Ibuprofen 200 mg 1

Pharos

Pharos PRAXION Paracetamol 1

Pharos

Nama produk

Paramex

Panadol Extra

Panadol Anak Syrup 1-6 tahun

POLDAN MIG

Biogesic

Panadol Regular

Bintang Toedjoe Puyer No. 16

Bodrex Migra

Proris Ibuprofen 200 mg

PRAXION Paracetamol

Keunggulan

Mengandung antihistamin, pas untuk nyeri kepala yang disertai alergi

Redakan sakit kepala dengan lebih efektif berkat formula ekstranya

Bantu atasi nyeri dan demam anak saat flu atau imunisasi

Kandungan aspirinnya dapat meringankan gejala migrain dengan segera

Tidak mengiritasi, cocok untuk penderita gangguan lambung

Dapat diminum sebelum makan dan aman untuk ibu hamil

Berbentuk serbuk, cocok untuk Anda yang sulit menelan tablet atau kapsul

Obat sakit kepala tanpa kantuk, tidak mengganggu aktivitas

Pilihan pas untuk mengatasi sakit kepala dan nyeri haid

Hadir dengan rasa buah! Anak-anak pasti suka

Harga mulai dariRp 2.300,00Rp 12.000,00Rp 36.000,00Rp 2.800,00Rp 2.200,00Rp 11.500,00Rp 8.000,00Rp 2.120,00Rp 9.800,00Rp 28.700,00
Isi4 tablet1 blister (10 tablet)30 ml, 60 ml1 strip (4 tablet)1 blister (4 tablet)1 blister (10 tablet)12 saset1 blister (4 tablet)1 blister (10 kaplet)60 ml
Bahan aktifParacetamol, propyphenazone, caffeine, dexchlorpheniramine maleateParacetamol, caffeineParacetamolParacetamol, aspirin, caffeineParacetamolParacetamolParacetamol, acetylsalicylic acid, caffeineParacetamol, propyphenazone, caffeineIbuprofenParacetamol
Menyebabkan kantukYaTidakTidakTidak TidakTidakTidak Tidak YaTidak disebutkan
Batasan usiaAnak usia >12 tahun hingga dewasaAnak usia >12 tahun hingga dewasaAnak usia 1–6 tahunAnak usia >12 tahun hingga dewasaAnak usia 6 tahun hingga dewasaAnak usia 6 tahun hingga dewasaAnak usia 6 tahun hingga dewasaDewasaDewasaAnak usia 1–6 tahun
Efek sampingGelisah, jantung berdebar, mulut kering, sulit tidur, tremorPembengkakan bibir, ruam, masalah pernapasan, insomnia, kecemasan, gatal-gatal, mual, sariawanAdanya reaksi hipersensitivitas seperti kemerahan atau gatal pada kulit, kulit terkelupas, kadang-kadang gangguan pernafasan atau bengkak pada bibir, lidah, tenggorokan, sariawan, memar-memar, pendarahanGangguan hati, iritasi lambung mual, muntahMual, muntah, sembelit, diarePusing berputar, sulit tidur, sakit perut, diare, tenggorokan kering, gelisah atau cemasGangguan pencernaan seperti nyeri ulu hati, mual, dan muntahGangguan saluran cerna reaksi alergi, seperti ruam, gatalDiare, sakit perut, perut kembung, kulit gatalDemam, mual, nyeri lambung, kehilangan nafsu makan, urine berwarna gelap
Tautan produk

Hal yang perlu diperhatikan mengenai obat sakit kepala

Hal yang perlu diperhatikan mengenai obat sakit kepala
Banyak orang yang berpikir bahwa mengonsumsi obat sakit kepala tidak terlalu efektif. Padahal, mungkin bukan obatnya yang tidak memberi efek, tetapi cara pakainya yang kurang tepat. Untuk itu, pastikan Anda memperhatikan aturan pakainya agar obat dapat bekerja dengan baik.

  • Pertama, segeralah minum obat ketika kepala mulai terasa sakit.
Ketika nyeri timbul, suatu kaskade sebab akibat telah berjalan di dalam tubuh (tergantung nyeri kepala primer atau sekunder). Protein dilepaskan dari ujung saraf ke reseptor nyeri. Makin lama dibiarkan, makin banyak protein yang dilepaskan dan ditangkap reseptornya.

Karena itu, sebaiknya obat antinyeri diminum pada awal nyeri sehingga segera memutus kaskade ini. Makin lama ditunda, makin lama nyeri berlangsung. Perlu Anda ingat, obat sakit kepala tidak mampu mengatasi rasa sakit yang sudah intens. Jadi, ketika Anda merasa obat sakit kepala tidak memberikan efek apa pun, cobalah memperbaiki waktu konsumsinya. 


  • Bagi Anda yang bermasalah dengan migrain, konsumsilah obat khusus yang diresepkan oleh dokter.
Gejala migrain biasanya ditandai dengan sakit kepala sebelah dan rasa berdenyut pada saraf mata. Ketika Anda mengalami gejala tersebut, segera periksakan ke dokter dan jangan mengandalkan obat bebas. 

Baca juga rekomendasi lainnya untuk membantu meringankan sakit kepala di sini

Sakit kepala tegang biasanya disebabkan oleh stres dan kelelahan. Untuk membantu mengatasi dua kedua penyebab tersebut, Anda bisa menggunakan aromaterapi dan teh. Kami telah mengulas lilin aromaterapi, teh herbal, serta teh untuk kesehatan terbaik di tautan berikut ini. Untuk Anda yang tertarik, jangan lupa untuk membacanya juga, ya!

Kesimpulan

Demikian rekomendasi obat sakit kepala dari kami. Bagaimana menurut Anda? Obat sakit kepala memang sangat penting. Namun, Anda perlu selektif dalam memilih obat karena tidak semua obat bekerja dengan cara yang sama. Selain itu, perhatikan juga dosis dan efek samping dari setiap produk.


Selanjutnya, pilihlah obat sakit kepala yang sesuai dengan kondisi Anda. Jangan lupa juga untuk selalu memeriksa kandungan bahan aktif obat dan gunakan sesuai petunjuk penggunaan yang diberikan!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2022)
    Di zaman serba digital seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada penggunaan gadget, misalnya smartphone dan laptop. Belum lagi penggunaan lensa kontak juga semakin populer. Ketergantungan pada gadget dan lensa kontak dapat memengaruhi kesehatan mata, salah satunya adalah mata kering.Cara mengatasi kondisi tersebut adalah Anda perlu menggunakan obat tetes mata. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih obat tetes mata untuk mengatasi mata kering. Beberapa produk terkenal dari berbagai merek yang bagus, seperti Insto, Rohto, dan Cendo akan kami rekomendasikan. Yuk, simak selengkapnya!
    Obat-obatan
  • 10 Obat Nyeri Otot - Ditinjau oleh Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Nyeri Otot - Ditinjau oleh Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Nyeri otot dan sendi, pegal linu, serta otot kaku merupakan kondisi umum yang bisa menyerang seluruh bagian tubuh. Pada umumnya kondisi ini bisa diobati dengan terapi atau dengan obat pereda pegal linu di apotek. Namun, apakah Anda tahu cara memilih obat penghilang nyeri otot yang tepat?Kami akan memberikan tips memilih obat nyeri otot yang bagus. Pereda nyeri otot terbaik dari berbagai merek, seperti Counterpain, Voltaren, dan Salonpas ada dalam rekomendasi kami. Temukan juga tips tambahan dari dokter spesialis kedokteran dan olahraga, dr. Andhika Raspati. Simak sampai habis, ya!
    Obat-obatan
  • 10 Obat Diare - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Diare - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Ada berbagai jenis gejala diare yang umum dialami orang, seperti mencret, mual, dan sakit perut. Obat diare biasanya ampuh mengatasi gejala-gejala tersebut. Untungnya, kini Anda bisa mendapatkan obat diare secara online. Agar tidak salah pilih, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih obat diare yang bagus dan ampuh untuk dewasa dan anak.Produk-produk dari sejumlah merek terkenal, seperti Norit, Diatabs, Entrostop, dan Diapet juga akan kami rekomendasikan. Temukan juga tips tambahan dari dokter umum, Annisa, di akhir artikel ini. Pastikan Anda menyimaknya karena informasi ini akan berguna untuk Anda!
    Obat-obatan
  • 10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Saat beraktivitas, Anda bisa saja mengalami kecelakaan, seperti terkena setrika, tersiram air atau minyak panas, dan terkena knalpot. Karena itu, penting untuk menyediakan salep luka bakar yang aman di kotak obat. Namun, salep luka bakar apa yang sebaiknya Anda beli?Untuk mengetahui tentang salep luka bakar, bacalah artikel ini sampai habis. Anda akan mendapatkan tips memilih salep luka bakar yang bagus, serta rekomendasi produknya. Salep dari berbagai merek terkenal, seperti Bioplacenton, Burnazin, dan Mebo, juga akan kami bahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. Selamat membaca!
    Obat-obatan
  • 10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Saat buah hati mengalami batuk, tentu Anda akan segera mencari obat batuk terbaik untuk meredakan batuknya. Di pasaran sendiri, banyak varian obat batuk anak yang dapat Anda temui, seperti merek Anakonidin, OBH Combi, serta Hufagripp BP.Saat memilih obat batuk, Anda pastinya tidak ingin si kecil mengalami efek samping. Untuk itu, kami akan memberikan rekomendasi merk obat batuk anak yang bagus dan dapat diberi secara online. Anda juga tak perlu khawatir karena artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba. 
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Produk Kimia Farma (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Kimia Farma (Terbaru Tahun 2022)
    Obat-obatan dan suplemen merupakan produk penting untuk menunjang kesehatan sehari-hari. Di antara banyaknya produsen obat-obatan yang ada, Kimia Farma merajai pasar di Indonesia. Produk-produk dari Kimia Farma dapat Anda temukan di apotek Kimia Farma terdekat sampai e-commerce.Kali ini kami akan memberikan tips dalam memilih produk yang bagus dari merek Kimia Farma. Agar Anda lebih mengenal produknya, simaklah rekomendasi produk yang kami sajikan. Marcks', Venus, Asifit, Magasida, sampai Fituno ada dalam rekomendasi kami. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak artikel ini sampai habis, ya.
    Obat-obatan
  • 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Selain membuat tidak nyaman, kotoran telinga yang menumpuk juga berisiko memicu terjadinya infeksi. Karena itu, telinga perlu dibersihkan secara rutin, salah satunya memakai cairan pembersih telinga. Anda perlu memilih produk yang aman supaya tidak muncul komplikasi akibat pembersihan yang keliru.Di antara merek cairan pembersih telinga, seperti Debrox, Vital Ear Oil, serta Audisol, manakah yang sebaiknya dipilih? Untuk memudahkan Anda menemukan cairan pembersih telinga yang bagus, kami telah menyiapkan tips memilih dan rekomendasi produknya. Kami berkolaborasi dengan dokter spesialis THT-KL, dr. Agustinus Purba, dalam penulisan artikel ini.  Selamat menyimak!
    Obat-obatan
  • 10 Obat Diare Anak - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Diare Anak - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Diare adalah salah satu gangguan pencernaan yang bisa menyerang siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Supaya kondisinya tidak memburuk, tentu Anda perlu tahu cara mengatasi diare. Sayangnya, para orang tua kadang kebingungan menentukan obat diare anak yang lebih aman untuk dikonsumsi.Beberapa dari Anda mungkin kesulitan memutuskan, terutama terkait obat diare anak balita usia 1 atau 2 tahun. Untuk meredakan diare pada anak, Anda mungkin perlu kombinasi beberapa merek yang bagus, seperti Pedialyte, Zinkid, dan Interlac. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Simak sampai akhir, ya!
    Obat-obatan
  • 10 Obat Kutu Rambut -  Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Kutu Rambut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu permasalahan kepala yang sering terjadi pada anak-anak dan orang dewasa adalah kutu rambut. Jika tidak segera diatasi, kutu rambut akan menyebabkan kulit kepala Anda gatal dan infeksi. Anda atau keluarga Anda terserang kutu rambut? Kalau begitu, cepatlah mencari obat kutu rambut yang ampuh.Kali ini kami akan menyajikan tips memilih serta mengulas beberapa rekomendasi obat kutu rambut. Beberapa merek obat kutu rambut yang bagus, seperti PediTox, Byelice, dan Shirami ada dalam daftar rekomendasi kami. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. Yuk, simak informasinya!
    Obat-obatan
  • 7 Lotion Calamine Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    7 Lotion Calamine Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Lotion calamine adalah obat oles yang bermanfaat untuk meredakan gatal dan biduran. Selain itu, calamine lotion juga ampuh mengatasi cacar air, scabies, hingga meringankan reaksi kulit terhadap racun tanaman. Karena memiliki banyak manfaat, lotion calamine tak hanya digunakan orang dewasa, bayi dan ibu hamil juga dapat memakainya.Supaya Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih lotion calamine terbaik. Rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Caladine, juga telah kami siapkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Jadi, mari disimak!
    Obat-obatan
  • Artikel populer

  • 10 Obat Penghilang Panu - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Penghilang Panu - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun tidak berbahaya, adanya panu pasti membuat Anda kurang percaya diri. Ditambah lagi jika panunya terletak di bagian tubuh yang terlihat, seperti wajah atau leher. Stigma orang yang tidak memedulikan kebersihan bisa melekat pada Anda. Anda perlu obat panu yang bagus agar cepat sembuh dari panu.Kami akan membahas cara memilih dan review obat panu paling ampuh untuk menghilangkan panu. Merek obat panu terbaik yang dijamin membuat panu cepat hilang, yakni Kalpanax, Daktarin, dan Fungiderm ada dalam rekomendasi kami. Simak juga komentar dari dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah, SpKK.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah yang bagus sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Berbagai merek ternama, seperti Insto, Rohto, serta Cendo pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    Kondisi lingkungan saat musim kemarau menjadi kering dan berdebu sehingga dapat memicu mata gatal dan berair. Jika Anda mengalaminya, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Selain kondisi lingkungan, ada bermacam-macam penyebab mata gatal. Oleh karena itu, produk obat tetes mata gatal juga beragam.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan informasi cara memilih obat tetes mata yang bagus. Beberapa rekomendasi merek obat tetes mata gatal juga akan kami berikan. Misalnya saja, ada obat tetes mata merek Insto, Rohto, dan Braito. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silakan baca artikel ini.
    Obat-obatan
  • 10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Saat buah hati mengalami batuk, tentu Anda akan segera mencari obat batuk terbaik untuk meredakan batuknya. Di pasaran sendiri, banyak varian obat batuk anak yang dapat Anda temui, seperti merek Anakonidin, OBH Combi, serta Hufagripp BP.Saat memilih obat batuk, Anda pastinya tidak ingin si kecil mengalami efek samping. Untuk itu, kami akan memberikan rekomendasi merk obat batuk anak yang bagus dan dapat diberi secara online. Anda juga tak perlu khawatir karena artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba. 
    Obat-obatan
  • 10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Saat beraktivitas, Anda bisa saja mengalami kecelakaan, seperti terkena setrika, tersiram air atau minyak panas, dan terkena knalpot. Karena itu, penting untuk menyediakan salep luka bakar yang aman di kotak obat. Namun, salep luka bakar apa yang sebaiknya Anda beli?Untuk mengetahui tentang salep luka bakar, bacalah artikel ini sampai habis. Anda akan mendapatkan tips memilih salep luka bakar yang bagus, serta rekomendasi produknya. Salep dari berbagai merek terkenal, seperti Bioplacenton, Burnazin, dan Mebo, juga akan kami bahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. Selamat membaca!
    Obat-obatan
  • 10 Plester Mata Ikan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Plester Mata Ikan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Plester mata ikan menjadi sahabat bagi Anda yang sedang diserang mata ikan. Plester ini dibubuhi obat di bagian tengah yang bertujuan melunakkan mata ikan dan jaringan kulit di sekitarnya. Prosesnya bisa memakan waktu seminggu atau bahkan lebih. Kami akan memaparkan cara memilih plester mata ikan yang bagus dan merekomendasikan sejumlah merek. Anda akan menjumpai plester mata ikan populer dari Ji Yan Gao, Hansaplast, hingga Sumifun. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Lanjutkan membaca dan temukan produk yang tepat untuk masalah Anda.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Kotak P3K Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kotak P3K Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) adalah kotak yang berisi berbagai obat dan peralatan untuk kondisi sakit atau darurat kecelakaan. Kotak P3K biasa disebut juga kotak obat dan tersedia mulai dari yang besar hingga portabel. Kotak P3K yang disimpan di rumah biasanya berukuran besar dan bisa jadi memiliki desain menarik.Agar Anda makin mudah menemukan produk yang bagus, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilihnya. Setelahnya, kami juga akan merekomendasi kotak P3K terbaik dalam artikel ini. Kotak P3K dengan merek OneMed, KenMaster, dan Maspion juga masuk dalam rekomendasi kami.
    Obat-obatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori