10 Rekomendasi Masker Anti Debu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Masker Anti Debu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Dalam kondisi gempa bumi, bencana alam, atau untuk menghalau polusi udara kita biasa menggunakan masker antidebu. Selain itu, para pekerja bangunan atau orang yang bekerja di toko obat juga banyak yang menggunakan masker untuk pekerjaannya. Terdapat berbagai macam masker antidebu, mulai dari yang sekali pakai, memiliki filter debu, sampai yang memenuhi standar internasional.

Memilih masker antidebu yang sesuai dengan kebutuhan, tidak hanya dapat mencegah debu masuk ke dalam tubuh, tetapi juga menjaga tubuh Anda agar tidak tertular virus. Dengan demikian, Anda dapat lebih menjaga kesehatan tubuh Anda. Mari temukan masker antidebu terbaik yang bagus dalam artikel rekomendasi kami ini!

Daftar isi

Poin-poin cara memilih masker antidebu

Beberapa di antara Anda mungkin ada yang tidak tahu sama sekali cara memilih masker antidebu. Maka dari itu, simak beberapa poin di bawah ini dan temukan masker antidebu yang sesuai untuk Anda!

Pilihlah masker yang memenuhi standar internasional

Meskipun berbeda negara, tetapi berbeda juga standarnya. Secara umum terdapat standar konkret tertentu dalam pembuatan produk masker antidebu. Ketahuilah jenis-jenis masker antidebu untuk Anda pilih sesuai kebutuhan.

Sesuaikan dengan kebutuhan: Tipe disposable (D) untuk masker sekali pakai dan replaceable (R) untuk dipakai berulang kali

Sesuaikan dengan kebutuhan: Tipe disposable (D) untuk masker sekali pakai dan replaceable (R) untuk dipakai berulang kali

Masker antidebu terbagi ke dalam dua tipe, yaitu tipe masker sekali pakai dan masker tipe filter yang hanya perlu diganti filternya saja. Umumnya, masker tipe filter terlihat lebih eksotis dengan desain menutup seluruh wajah seperti yang terlihat pada gambar.

Untuk dipakai di rumah atau di industri kecil rumahan yang kadar debunya tinggi, baik untuk menggunakan masker tipe filter ini. Namun, untuk dipakai pada kegiatan sehari-hari atau bencana alam, sebaiknya Anda menggunakan masker tipe sekali pakai.

Di pasaran, biasanya banyak juga tipe masker yang terlihat seperti masker sekali pakai, tetapi sebenarnya itu adalah masker tipe filter. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perbedaan masker tersebut. Anda dapat mengecek spesifikasi Standards Approvals produk. Jika tertulis “D” (disposable) berarti adalah untuk masker sekali pakai dan masker “R” (replaceable) berarti masker tipe filter.

Pilih masker yang sesuai dengan lingkungan kerja: Tipe S yang tahan debu padat dan tipe L yang tahan zat cair

Pilih masker yang sesuai dengan lingkungan kerja: Tipe S yang tahan debu padat dan tipe L yang tahan zat cair

Masker antidebu diuji dengan beberapa tolak ukur, yaitu masker yang lolos uji terhadap debu padat atau solid dust (S) dan lolos uji terhadap benda cair atau liquid (L). Untuk lolos kriteria debu padat, sebuah masker diuji dengan ketentuan tahan terhadap partikel halus hingga PM 2,5, yaitu serbuk kecil seperti serbuk kayu. Sementara itu, patokan untuk lolos pada kriteria L adalah sebuah masker telah lolos uji pada zat cair, seperti kabut minyak, dan lain sebagainya. Maka dari itu, pilihlah masker yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan kerja Anda.

Perhatikan saringan filter yang terdapat pada masker: golongan 2 ke atas lebih baik

Perhatikan saringan filter yang terdapat pada masker: golongan 2 ke atas lebih baik

Berikutnya, mari kita periksa juga penggolongan terhadap filter masker antidebu. Berdasarkan kemampuan daya serapnya, filter masker antidebu dibagi menjadi tiga golongan. Golongan 1 adalah masker yang memiliki efisiensi pengumpulan partikel sebesar 80% atau lebih, golongan 2 sebesar 95% atau lebih, dan golongan 3 sebesar 99% atau lebih. Semakin tinggi angkanya, semakin bagus juga saringan filter maskernya. Untuk digunakan di industri rumah tangga atau menghindari polusi, memakai masker golongan dua ke atas adalah merupakan ide yang bagus.

Biasanya, klasifikasi filter masker antidebu tertera pada setiap kemasan produknya. Hal tersebut menunjukkan tipe masker atau untuk industri golongan apa masker tersebut diciptakan. Dengan demikian, Anda dapat lebih mudah untuk membedakan mana masker jenis filter, dan mana masker untuk sekali pakai pada saat membeli.

Pilih ukuran masker yang pas dengan wajah Anda

Pilih ukuran masker yang pas dengan wajah Anda

Ketika memilih masker antidebu, penting juga untuk menyesuaikan dengan bentuk wajah Anda. Meskipun dengan bentuk masker helm standar internasional, tetapi apabila terdapat celah pada bagian sampingnya, zat berbahaya dapat masuk ke dalamnya dengan mudah. Oleh karena itu, bacalah penjelasan produk dengan cermat dan pilihlah rancangan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Terdapat ukuran S, M, dan L untuk masker antidebu yang dijual di pasaran. Apabila Anda tidak mengerti ukuran yang pas untuk wajah, Anda dapat membeli beberapa lembar dahulu untuk mencobanya. Akan tetapi, beberapa produsen ada juga yang menjual masker antidebu dengan sistem made by order. Untuk Anda yang perlu menggunakan masker untuk pekerjaan setiap hari, Anda bisa memesan ukuran custom yang cocok untuk ukuran wajah Anda.

10 Rekomendasi masker antidebu terbaik

Selanjutnya, yang Anda tunggu-tunggu! Yup, kami akan merekomendasikan produk masker antidebu terbaik spesial untuk Anda. Silakan disimak dan temukan produk favorit Anda!

10. 3M Nexcare Daily (Earloop) Mask (Masker), 36 pieces in a box

10. 3M Nexcare Daily (Earloop) Mask (Masker), 36 pieces in a box

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 78.000

Ringan dan tahan lama, untuk dipakai dalam kegiatan sehari-hari

Masker ini terdiri dari tiga lapisan sehingga sangat efektif untuk menyaring debu dan kotoran yang ada di sekitar. Hal tersebut membuat produk ini cocok untuk Anda gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, seperti untuk pergi sekolah, dipakai ketika sedang pilek, atau untuk pegawai yang bekerja di salon.

Terdapat tali karet elastik di bagian telinganya yang membuat masker ini mudah untuk dipaskan dengan wajah Anda. Selain itu, produk ini juga tidak menyebabkan alergi sehingga aman untuk dipakai oleh Anda yang memiliki kulit sensitif. Karena harganya yang murah dan kualitasnya yang bagus, masker ini juga banyak digunakan di instansi kesehatan, seperti rumah sakit atau PMI.

9. 3M Half Facepiece Refusable Respirator 6200

9. 3M Half Facepiece Refusable Respirator 6200

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 165.000

Tak perlu lagi khawatir terhirup gas atau uap yang beracun dengan masker ini

Tidak hanya dari polusi debu, masker produksi 3M ini juga mampu melindungi Anda dari gas dan uap air beracun yang mematikan. Anda dapat menggunakan masker ini sebagai alat bantu napas sementara pada saat terjadi kebakaran di rumah. Di lain pihak, masker ini juga sering dipakai oleh para pekerja di pabrik-pabrik pengelasan besi, chemical handling, painting, dan lain-lain.

Selain itu, masker ini juga dilengkapi dengan tiga ukuran yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Praktisnya lagi, masker ini kompatibel dengan berbagai macam filter yang diproduksi oleh 3M. Anda jadi tidak sukar mencari refill pengganti untuk filter masker ini.

8. 3M Full Facepiece Reusable Respirator 6800 Medium 4 EA/Case

8. 3M Full Facepiece Reusable Respirator 6800 Medium 4 EA/Case

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.550.000

Tidak hanya bentuknya yang keren, masker ini juga mampu mencegah debu, gas, dan zat kimia berbahaya masuk ke dalam tubuh

Produk high quality yang satu ini cocok untuk Anda yang bekerja di industri yang berhubungan langsung dengan bahan-bahan kimia. Misalnya, seperti industri pertambangan, pengecoran, pengecatan, fogging, dan sebagainya. Dilengkapi dengan kaca full face dan filter pada bagian tengahnya, produk ini mampu menyerap debu sampai dengan partikel paling kecil sekalipun.

Karena menggunakan bahan silikon di sisi tepiannya, masker ini dapat menempel dengan nyaman pada wajah Anda. Diproduksi kecanggihan teknologi masa kini, masker ini sangat aman dan mampu melindungi Anda dari polusi debu dan zat kimia berbahaya baik di tempat kerja maupun di lingkungan sekitar. Bobotnya yang ringan dan seimbang membuatnya nyaman untuk digunakan bekerja seharian.

7. Half Face Masker

7. Half Face Masker

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 23.500

Butuh masker wajah untuk cuaca dingin? Produk ini dapat Anda gunakan!

Berbeda dengan produk masker pada umumnya, produk masker ini menutup wajah Anda sampai ke bagian telinga dan leher. Oleh karenanya, produk ini mampu menjaga wajah Anda tetap hangat. Untuk Anda yang hobi bermain ski pada saat pergi berlibur ke luar negeri atau mendaki gunung, masker ini cocok untuk Anda bawa.

Terdapat rongga penyaring udara pada bagian mulut masker ini sehingga udara yang Anda hirup lebih bersih. Selain itu, masker ini juga terbuat dari bahan yang elastis sehingga cocok dan pas untuk segala bentuk wajah. Produk ini didesain dengan tiga pilihan warna yang dapat Anda pilih sesuai selera.

6. SOS SuperMask- Synthetic Fiber Filter

6. SOS SuperMask- Synthetic Fiber Filter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 32.000

Mampu memfilter debu hingga 0.3 micron, cocok untuk Anda yang alergi debu

Untuk Anda penderita sinusitis atau alergi terhadap debu saat pergi ke luar rumah merupakan hal yang sangat mengkhawatirkan, bukan? Dengan masker ini, Anda mampu mengatasinya. Didesain dengan filter yang mampu menyerap debu kecil hingga ukuran 3 micron, masker ini mampu melindungi Anda dari debu yang mengganggu.

Di samping itu, lubang angin di sisi kiri dan kanan membuat udara dapat bertukar dengan mudah pada produk ini. Hal tersebut membuat Anda dapat bernapas dengan lebih segar. Selanjutnya, desain model masker yang trendy juga membuat Anda tampak keren ketika memakainya.

 5. 3M Particulate Respirator 8210, N95 160 EA/Case

 5. 3M Particulate Respirator 8210, N95 160 EA/Case

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 130.000

Dengan filter yang mampu menyaring debu hingga 95% melindungi Anda dari polusi

Masker keluaran 3M ini secara khusus diciptakan untuk menghalau debu dan partikel padat kecil lainnya hingga 95% penyaringan. Didesain dengan dua tali yang dilas pada kainnya membuat masker ini sangat kuat dan tidak mudah rusak. Selain itu, terdapat bantalan busa untuk hidung di dalamnya sehingga masker ini dapat menempel dengan pas dan nyaman di hidung Anda.

Tidak hanya itu, masker ini dilengkapi dengan nose clip yang dapat Anda rapatkan sesuai dengan bentuk tulang hidung Anda. Hal tersebut berguna agar tidak tercipta celah di antara hidung dan masker yang membuat debu dapat masuk. Anda jadi tidak perlu khawatir tertular virus ataupun terkena paparan radiasi polutan lainnya.

4. Masker Impor Lentur Antidebu

4. Masker Impor Lentur Antidebu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 22.500

Terbuat dari bahan serat nano elastis yang nyaman dan mudah dibersihkan

Sering kesulitan menemukan ukuran masker yang sesuai dengan wajah Anda? Masker lentur ini bisa Anda coba. Dibuat dari bahan nano elastis, produk ini mampu menempel dan menyesuaikan dengan wajah Anda. Hal tersebut membuat masker ini dapat digunakan baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Kelebihannya lagi, masker ini juga dapat dicuci dengan mudah sehingga dapat dipakai berulang kali. Selain nyaman, pastinya produk ini juga mampu melindungi Anda dari debu. Di bagian sampingnya juga terdapat tali karet elastik sehingga memudahkan pemakaian.

3. Xiaomi MiJia Airwear Mask

3. Xiaomi MiJia Airwear Mask

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 219.900

Lebih awet dengan lapisan luar elastis yang terbuat dari kulit

Penelitian di Amerika membuktikan bahwa kualitas udara yang buruk mampu menurunkan kualitas otak dan dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Untuk mencegah hal tersebut, kini hadir produk masker antidebu buatan Cina yang diproduksi khusus untuk menghalau bakteri polutan yang tersebar di udara.

Lapisan luarnya terbuat dari bahan elastis dengan finishing kulit sehingga lebih awet digunakan. Di bagian dalam produk ini terdapat lapisan filter antibakteri yang perlu Anda ganti secara berkala. Dengan tiga pilihan warna yang ditunjang dengan fasilitas yang bagus, produk ini juga dapat Anda pakai sebagai kado ulang tahun bagi rekan atau keluarga.

2. 3M 9001V N95 Disposable Mask with Valve Respirator

2. 3M 9001V N95 Disposable Mask with Valve Respirator

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.650

Untuk penderita asma, masker ini bisa membuat Anda bernapas dengan lebih lega

Ingin memiliki masker antidebu yang tetap membuat Anda untuk bernafas dengan mudah? Masker keluaran 3M ini bisa jadi jawabannya. Dilengkapi dengan filter di bagian permukaan, masker ini membuat Anda dapat bernapas dengan lebih mudah. Hal tersebut tentu sangat berguna sekali bagi Anda para penderita asma yang sangat sensitif terhadap debu.

Terdapat tali karet elastik yang kuat di bagian samping masker sehingga tidak mudah putus meskipun digunakan untuk waktu yang lama. Namun, karena filternya menempel dengan masker, Anda harus membuang dan mengganti produk ini secara berkala ketika mulai terasa susah bernapas saat memakainya.

1. 3M Particulate Respirator 8247, R95, with Nuisance Level Organic Vapor Relief 120 EA/Case

1. 3M Particulate Respirator 8247, R95, with Nuisance Level Organic Vapor Relief 120 EA/Case

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 720.000

Praktis dan efisien! Satu masker yang mampu menghalau debu dan minyak

Produk masker keluaran 3M yang satu ini telah lolos uji standar internasional sehingga layak untuk Anda jadikan pilihan utama. Perpaduan bahan polyester dan karbon membuat masker ini sangat lembut dan nyaman untuk digunakan. Tidak hanya menghalau debu, masker ini juga mampu melindungi Anda dari berbagai macam virus menular sehingga kesehatan Anda lebih terjaga.

Karena dapat menyaring debu dan minyak sampai dengan 95%, masker ini dapat Anda gunakan untuk berbagai macam kegiatan dan keperluan Anda. Anda dapat memakainya untuk mendaki gunung, untuk memotong kayu, bahkan dapat juga dipakai pada berbagai macam kegiatan home industry. Terbuat dari bahan berkualitas dan manfaat yang tak perlu diragukan, produk ini sangat layak untuk Anda miliki!

Kesimpulan

Bagaimana dengan produk masker antidebu yang kami rekomendasikan? Apakah ada yang membuat Anda tertarik untuk membelinya? Sejauh ini, tampaknya tidak banyak orang yang memperhatikan masker antidebu. Namun, karena banyaknya bencana alam serta polusi udara yang meningkat, sudah banyak orang mulai memakai masker antidebu. Akhir kata, semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai masker antidebu dan membantu Anda ketika akan membeli masker antidebu yang sesuai!