• 10 Rekomendasi Masker Antidebu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Masker Antidebu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Masker Antidebu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Masker Antidebu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Masker Antidebu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Masker Antidebu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Dalam kondisi gempa, bencana alam, atau untuk menghalau polusi udara, kita biasa menggunakan masker antidebu. Selain itu, para pekerja bangunan atau orang yang bekerja di laboratorium juga banyak yang menggunakan masker untuk bekerja.

Masker antidebu yang sesuai tidak hanya mampu mencegah masuknya debu, tetapi juga menjaga agar Anda tidak tertular virus. Dengan demikian, Anda dapat lebih menjaga kesehatan. Temukan masker antidebu terbaik dari merek seperti 3M dan Xiaomi di dalam artikel rekomendasi kami!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 21.287 Views
Daftar isi

Cara memilih masker antidebu

Sebagian dari Anda mungkin sama sekali belum mengetahui cara memilih masker antidebu. Maka dari itu, simak beberapa poin di bawah ini dan temukan masker yang sesuai untuk Anda!

Pilihlah masker yang memenuhi standar internasional

Secara umum, beberapa produk masker antidebu telah melalui uji kriteria terhadap debu padat atau cair, serta memiliki filter yang telah berstandar internasional. Ketahuilah jenis-jenis masker antidebu yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Sesuaikan dengan kebutuhan: Tipe disposable (D) untuk masker sekali pakai atau replaceable (R) untuk dipakai berulang kali

Sesuaikan dengan kebutuhan: Tipe disposable (D) untuk masker sekali pakai atau replaceable (R) untuk dipakai berulang kali
Masker antidebu terbagi dalam dua tipe yaitu tipe masker sekali pakai (disposable) dan masker tipe filter (replaceable) yang hanya perlu diganti filternya saja. Umumnya, masker tipe filter memiliki desain yang menutupi seluruh wajah seperti yang terlihat di gambar.
Untuk dipakai di rumah atau di industri kecil rumahan yang kadar debunya tinggi, sebaiknya Anda menggunakan masker tipe filter ini. Namun, untuk dipakai pada kegiatan sehari-hari atau bencana alam, gunakanlah masker tipe sekali pakai.
Di pasaran, banyak masker yang terlihat seperti masker sekali pakai, tetapi sebenarnya itu adalah masker tipe filter. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perbedaan masker tersebut. Anda dapat mengecek spesifikasi Standards/Approvals dari suatu produk. Jika tertulis “D” (disposable) berarti masker tersebut adalah masker sekali pakai dan masker “R” (replaceable) berarti masker tipe filter.

Pilih masker yang sesuai dengan lingkungan kerja: Tipe solid dust (S) yang tahan debu padat atau tipe liquid (L) yang tahan zat cair

Pilih masker yang sesuai dengan lingkungan kerja: Tipe solid dust (S) yang tahan debu padat atau tipe liquid (L) yang tahan zat cair
Masker antidebu diuji dengan beberapa tolak ukur. Masker yang lolos uji terhadap debu padat adalah tipe solid dust (S) dan masker yang lolos uji terhadap benda cair dilabeli tipe liquid (L). Untuk lolos kriteria debu padat, sebuah masker diuji memiliki ketahanan terhadap partikel halus hingga PM 2,5 seperti serbuk kecil atau serbuk kayu. Sementara itu, patokan untuk lolos kriteria L adalah sebuah masker telah lolos uji zat cair seperti kabut minyak. Maka dari itu, pilihlah masker yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan kerja Anda.

Perhatikan saringan filternya: Golongan 2 ke atas lebih baik

Perhatikan saringan filternya: Golongan 2 ke atas lebih baik
Berikutnya, periksalah penggolongan terhadap filter masker antidebu. Berdasarkan kemampuan daya serapnya, filter masker antidebu dibagi menjadi tiga golongan. Golongan 1 adalah masker yang memiliki efisiensi pengumpulan partikel sebesar 80% atau lebih, golongan 2 sebesar 95% atau lebih, dan golongan 3 sebesar 99% atau lebih. Semakin tinggi angkanya, semakin bagus pula saringan filter maskernya. Untuk digunakan di industri rumah tangga atau menghalau polusi, memakai masker golongan 2 ke atas merupakan ide yang bagus. Sayangnya kebanyakan produk di Indonesia tidak mencantumkan penggolongan masker seperti yang telah dijelaskan di atas.
Biasanya, klasifikasi filter masker antidebu tertera di setiap kemasan produknya. Klasifikasi tersebut menunjukkan tipe masker atau untuk industri golongan apa masker tersebut diciptakan. Dengan begitu, Anda dapat membedakan mana masker jenis filter dan mana masker sekali pakai pada saat memilih.

Pilih ukuran masker yang pas dengan wajah Anda

Pilih ukuran masker yang pas dengan wajah Anda
Ketika memilih masker antidebu, penting juga untuk menyesuaikannya dengan bentuk wajah Anda. Meskipun berbentuk masker helm standar internasional, apabila terdapat celah di bagian sampingnya, zat berbahaya dapat masuk dengan mudah. Karena itu, bacalah penjelasan produk dengan cermat dan pilihlah yang dirancang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Terdapat ukuran S, M, dan L untuk masker antidebu yang dijual di pasaran. Apabila Anda tidak mengerti ukuran yang pas untuk wajah, Anda dapat membeli beberapa helai masker terlebih dahulu untuk mencobanya. Ada juga beberapa produsen yang menjual masker antidebu dengan sistem made by order. Untuk Anda yang menggunakan masker untuk bekerja setiap hari, Anda dapat memesan ukuran custom yang sesuai dengan ukuran wajah.

10 Rekomendasi masker antidebu terbaik

Selanjutnya, yang Anda tunggu-tunggu! Ya, kami akan merekomendasikan produk masker antidebu terbaik spesial untuk Anda. Silakan disimak dan temukan produk favorit Anda!
UkuranStandar
TipeDisposable
FilterPartikel, debu, kotoran, dan mikroorganisme
StandarLolos tes BFE
UkuranMedium
TipeReusable
FilterPartikulat, gas, uap air
StandarNIOSH approval

8. 3M Full Facepiece Reusable Respirator 6800 Medium 4 EA/Case

Rp 1.450.000,00

UkuranMedium
TipeReusable
FilterPartikulat, gas, uap air
StandarANSI Z87.1-2003 & NIOSH approvals
Ukuran50 cm x 28 cm (elastis)
TipeReusable
FilterPolusi udara, debu
StandarTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
TipeReusable
FilterPartikulat, debu
StandarStandar Eropa dengan kode klasifikasi EN149 FFP1 (s)

5. 3M Particulate Respirator 8210, N95 160 EA/Case

Rp 185.000,00

UkuranStandar
TipeDisposable
FilterPartikel non-oil
StandarN95, NIOSH approvals
Ukuran16 cm (jika dilipat). 11.5cm (ukuran lebar)
TipeReusable
FilterPartikel PM2.5 (bakteri, debu, serbuk sari, kabut)
StandarTidak disebutkan
Ukuran17.7 cm x 15.5 cm x 6.3 cm
TipeReusable
FilterPartikel mikroskopis PM2.5 (bakteri, polutan, polusi kendaraan bermotor dengan ukuran partikel 0,3 micron)
StandarSertifikasi RoHS, PM2.5 Standard, Oe-Ko-Tex100
UkuranStandar
TipeDisposable
FilterPartikel PM2.5 (debu, alergi, polutan, kabut)
StandarN95, NIOSH approvals, AS/NZS 1716:2003 P1, China KN90 GB2626-2006

1. 3M Particulate Respirator 8247, R95, with Nuisance Level Organic Vapor Relief 120 EA/Case

Rp 693.000,00

UkuranStandar
TipeDisposable
FilterPartikel oil & non-oil. Partikulat gas, uap air organik, debu solid
StandarR95, NIOSH approvals

Kesimpulan

Bagaimana dengan produk masker antidebu yang kami rekomendasikan? Sejauh ini, tampaknya tidak banyak orang yang memperhatikan masker antidebu. Namun, karena banyaknya bencana alam dan polusi udara yang meningkat, sudah banyak orang mulai memakai masker antidebu. Akhir kata, semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai masker antidebu dan membantu Anda memilih masker antidebu yang sesuai!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda lipat adalah sepeda yang dapat dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana. Saat ini sudah banyak produsen sepeda lipat, seperti Apollo, Evergreen, United Trifold, dan lainnya. Masing-masing produk memiliki karakteristiknya sendiri, sehingga seringkali membuat kita bingung saat memilih.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih sepeda lipat. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepeda lipat terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!
    Outdoor & sports
    76.611 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam lingkungan, mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti merasa bingung karena ada begitu banyak jenis sepeda gunung yang bisa dipilih.Apalagi, produsen sepeda terkenal seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga sudah banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan 10 sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai, ya!
    Outdoor & sports
    53.283 Views
  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Olahraga bulu tangkis adalah salah satu dari sekian banyak olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, dapat memainkan olahraga ini. Raket, menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.Kali ini, kami akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis yang bagus dan berkualitas seperti Yonex, Adidas, Li-Ning, dan sebagainya, yang dapat digunakan untuk pemula atau untuk Anda yang sudah profesional. Namun, sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih raket bulu tangkis. Silakan disimak!
    Outdoor & sports
    35.960 Views
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ada pepatah mengatakan sedialah payung sebelum hujan. Namun, bagaimana jika Anda sedang mengendarai motor atau sepeda? Jas hujan tentu menjadi barang yang lebih Anda pilih dibandingkan payung. Jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian Anda basah.Berbagai macam merek jas hujan, seperti Yamaha, Respiro, Axio, Eiger, dan lainnya dapat Anda temukan dengan mudah di toko online. Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi produk-produk jas hujan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk berbagai aktivitas. Jangan dilewatkan, ya!
    Outdoor & sports
    40.445 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda balap atau road bike merupakan salah satu moda transportasi yang simple dan digunakan tidak hanya oleh para pesepeda. Road bike yang saat ini beredar di pasaran memiliki banyak jenis, antara lain road bike keluaran merek-merek ternama seperti Polygon, United, Element, dan sebagainya. Selain itu, komponen-komponennya pun tergolong banyak sehingga sering kali membuat para pemula menjadi bingung.Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan mengenai poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih road bike. Kemudian kami akan memperkenalkan rekomendasi produk road bike dalam format ranking. Produk road bike yang akan kami perkenalkan di sini memiliki banyak variasi untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan bersepeda Anda.
    Outdoor & sports
    25.446 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sepatu merupakan perlengkapan paling penting dalam olahraga lari maupun jogging. Akhir-akhir ini, kita sering menjumpai orang-orang yang memakai sepatu lari yang trendi. Banyak produsen seperti Adidas, Asics, dan Nike mengeluarkan sepatu lari dengan kualitas terbaik, dilengkapi keunikan dan keunggulan dari masing-masing merek.Semakin banyak variasi produk, mungkin membuat Anda yang masih pemula bingung saat memilih. Kali ini kami akan membahas tips memilih sepatu lari dan memperkenalkan sepuluh produk sepatu lari terbaik untuk Anda. Silakan menyimak ulasannya dan temukan sepatu lari yang cocok untuk Anda!
    Outdoor & sports
    26.586 Views
  • 10 Rekomendasi Knee Supporter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Knee Supporter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lutut adalah bagian tubuh yang penting dalam menopang badan Anda. Jika lutut cedera, beraktivitas pun akan terasa sangat menyulitkan. Untuk menghindari cedera lutut ataupun membantu penyembuhannya, dibutuhkan penyokong lutut atau knee supporter. Knee supporter juga biasa digunakan untuk manula yang terkena artritis.Menggunakan knee supporter yang sesuai akan membuat Anda lebih nyaman dalam beraktivitas. Kali ini kami akan membahas berbagai tips dalam memilih knee supporter yang tepat. Setelahnya, kami akan memberikan rekomendasi knee supporter terbaik keluaran LP Support, Mueller Sports Medicine, dan sebagainya. Yuk, disimak!
    Outdoor & sports
    4.769 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori