• 10 Rekomendasi Tempat Tidur Tingkat Terbaik yang Terbuat dari Kayu (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tempat Tidur Tingkat Terbaik yang Terbuat dari Kayu (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tempat Tidur Tingkat Terbaik yang Terbuat dari Kayu (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tempat Tidur Tingkat Terbaik yang Terbuat dari Kayu (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tempat Tidur Tingkat Terbaik yang Terbuat dari Kayu (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tempat Tidur Tingkat Terbaik yang Terbuat dari Kayu (Terbaru Tahun 2020)

Jika ingin membuat suasana kamar terlihat lebih luas, tempat tidur model tingkat layak dicoba. Berbeda dengan ranjang susun, tempat tidur tingkat memiliki ruang leluasa di bagian bawah. Di antara beberapa bahan pilihan, tempat tidur tingkat dari kayu paling mampu memberikan kesan natural untuk kamar Anda.

Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tempat tidur tingkat terbaik yang terbuat dari kayu. Kami juga merekomendasikan beberapa tempat tidur yang tidak hanya bisa dipakai oleh anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Dari merek IKEA hingga produk buatan lokal dapat Anda temukan di sini!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 3.763 Views
Daftar isi

Cara memilih tempat tidur tingkat yang terbuat dari kayu

Pertama-tama, kami akan menjelaskan beberapa poin yang dapat Anda jadikan referensi ketika akan membeli tempat tidur tingkat berbahan kayu. Anda disarankan memilih yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan di kamar. Yuk, disimak!

Pilih ketinggian tempat tidur berdasarkan kebutuhan Anda

Jika Anda memiliki langit-langit kamar yang tinggi dan menginginkan banyak space kosong untuk beraktivitas di bawahnya, tempat tidur tingkat yang tinggi cocok untuk Anda. Namun, apabila langit-langit kamar Anda tidak terlalu tinggi dan khawatir akan risiko anak dapat terjatuh, pilihlah tempat tidur bertingkat sedang atau rendah.

Tingkat tinggi: terdapat ruang kosong untuk tempat penyimpanan di bawahnya

Tingkat tinggi: terdapat ruang kosong untuk tempat penyimpanan di bawahnya
Tipe ini biasanya memiliki ketinggian tempat tidur sekitar 170 cm atau lebih sehingga terdapat banyak ruang kosong di bawahnya. Poin yang perlu diperhatikan adalah jarak ketinggian dari lantai ke kasur. Anda dapat mengukurnya dengan mencoba duduk setegak mungkin di atas kasur.
Agar tempat tidur lebih sesuai dengan kamar Anda, ukurlah ketinggian langit-langit kamar dan tinggi tubuh Anda ketika duduk di kasur. Apabila kasur tersebut digunakan oleh anak-anak, jangan lupa juga untuk memperkirakan pertumbuhan tinggi mereka nantinya. Biasanya, rata-rata tinggi badan anak laki-laki SMA adalah sekitar 171 cm saat berdiri dan 92 cm saat duduk. Sementara itu, untuk anak perempuan adalah 158 cm saat berdiri dan 86 cm saat duduk.
Sebagai contoh, misalnya ketinggian langit-langit kamar adalah 250 cm. Tinggi orang di bawahnya ketika sedang duduk adalah 90 cm, lalu ketebalan kasur yang dipakai adalah 10 cm, maka total jarak minimum yang dari langit-langit sampai kasur adalah 100 cm. Dengan kata lain, tidak masalah apabila jarak antara lantai ke kasur adalah sama atau kurang dari 150 cm. Ketika ingin memilih tipe tempat tidur tingkat tipe ini, perhatikan juga lokasi penempatannya. Pastikan sisi ranjang tidak berbenturan dengan AC kamar Anda.

Tingkat sedang atau rendah: Anda mudah menaikkan atau menurunkan kasur

Tingkat sedang atau rendah: Anda mudah menaikkan atau menurunkan kasur
Anda ingin memiliki tempat tidur tingkat yang memuat banyak tempat penyimpanan, tetapi enggan naik-turun setiap hari dari ketinggian? Anda merasa kesulitan saat ingin menaikkan atau menurunkan bed untuk dijemur?
Jika Anda pernah berpikir demikian, tipe tempat tidur tingkat dengan ketinggian sedang atau rendah akan cocok untuk Anda. Dengan ketinggian sedang atau rendah, Anda dapat mengawasi wajah anak ketika tidur sehingga Anda pun bisa lebih tenang.

Cek juga, apakah terdapat rak, stopkontak, lampu LED, dan fasilitas lainnya

Cek juga, apakah terdapat rak, stopkontak, lampu LED, dan fasilitas lainnya
Jika tempat tidur tingkat disertai dengan rak, Anda dapat menyimpan handphone, kacamata, tisu, serta barang-barang lainnya dengan mudah. Apabila terdapat stopkontak, tentu Anda dapat mengisi daya handphone dengan lebih praktis. Tempat tidur yang dilengkapi lampu LED juga cocok untuk Anda yang hobi membaca buku. Namun, apabila tempat tidur Anda tidak memiliki semua fasilitas tersebut, Anda dapat memasang rak mungil atau organizer side pockets untuk meletakkan barang secara lebih praktis.
Untuk menambahkan fitur-fitur seperti lampu LED atau stopkontak, Anda dapat memesan kepada penjual secara custom agar letak posisinya dapat sesuai dengan keinginan.

Pilih desain sederhana atau yang sudah komplet dengan furnitur

Pilih desain sederhana atau yang sudah komplet dengan furnitur
Biasanya, tempat tidur tingkat yang berdesain simpel memiliki harga yang lebih terjangkau. Selain itu, Anda bisa lebih bebas mengatur space kosong di bagian bawahnya. Di sisi lain, jika Anda menginginkan desain tempat tidur tingkat yang lebih bergaya, pilihlah yang sudah dilengkapi dengan furnitur seperti meja atau lemari. Sebagian dari tipe ini juga bisa digeser furniturnya untuk Anda berganti suasana. Jika posisi furniturnya bisa digeser, Anda tentu bisa menggunakannya untuk waktu yang lebih lama.

Jika ingin tidur lebih leluasa, pilih tempat tidur dengan tipe kasur double size

Jika ingin tidur lebih leluasa, pilih tempat tidur dengan tipe kasur double size
Ukuran lebar tipe single bed adalah sekitar 90-100 cm. Dengan kata lain, tipe single bed sudah cukup dipakai oleh satu orang. Untuk tipe double size, lebar di bagian sampingnya adalah sekitar 120 cm. Jadi, Anda mendapat space tambahan sekitar 20 cm untuk tidur leluasa. Dengan menggunakan tempat tidur tingkat, kamar Anda pun terasa lebih luas. Maka dari itu, tidak ada salahnya apabila Anda memilih tempat tidur tingkat tipe double size.

Pilihlah berdasarkan tekstur kayu dan finishing-nya

Jika Anda ingin lebih menekankan pada tekstur asli dari kayu, Anda disarankan memilih tempat tidur tingkat yang terbuat dari kayu solid. Namun, apabila Anda ingin menggunakan bahan yang kuat dan mudah dibersihkan, pilihlah tempat tidur yang terbuat dari bahan kayu laminasi atau plywood.

Bahan kayu solid alami, lebih natural dan tahan lama

Bahan kayu solid alami, lebih natural dan tahan lama
Bagaimanapun juga, tekstur kayu solid selalu tampak menawan. Kayu alami mampu membuat suasana kamar tidur lebih nyaman. Tidak hanya itu, kehangatan dan aroma kayu alami yang khas membuat tidur Anda lebih nyenyak. Terdapat berbagai macam jenis kayu alami yang dijual di pasaran, seperti kayu jati, mahoni, pinus, dan lain-lain. Karena masing-masing kayu memiliki karakteristik tersendiri dan memberikan finishing yang berbeda, pilihlah yang paling Anda sukai.
Di Indonesia, kayu pinus paling sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tempat tidur tingkat yang terbuat dari kayu. Butiran yang lembut dan simpul kasar di permukaan kayunya memberikan kesan hangat. Konon, katanya aroma unik yang keluar dari kayu pinus juga terasa menyegarkan. Guratan kayu halus di bagian permukaan kayu ini cocok untuk Anda yang menyukai suasana ruangan yang hangat. Meskipun begitu, kayu alami yang berbahan lunak juga mudah tergores, tetapi goresan tersebut malah membuat tampilan kayunya lebih menarik.
Beberapa bahan kayu alami lainnya juga memiliki kelebihan masing-masing. Misalnya, kayu mahoni merupakan bahan kayu yang banyak ditemui di Indonesia dan harganya relatif lebih murah dibandingkan kayu jati. Selain itu, kayu mahoni memiliki tekstur yang halus, mudah dipotong, dan dibentuk. Di sisi lain, kayu jati memiliki tekstur serat kayu yang paling indah. Kayu jati juga memiliki daya tahan yang sangat kuat terhadap cuaca, suhu, jamur, dan serangga. Tidak heran, kayu jati merupakan kayu paling mahal yang ada di pasaran.

Bahan kayu laminasi, tidak mudah melengkung atau rusak

Bahan kayu laminasi, tidak mudah melengkung atau rusak
Dibandingkan kayu alami, kualitas tekstur kayu lapis atau kayu laminasi ini sedikit lebih rendah. Namun, papan kayu laminasi yang terbuat dari jenis kayu karet atau plywood dengan finishing dari kertas bermotif biasanya tidak mudah melengkung atau rusak. Karena mudah dibersihkan, tipe kayu laminasi direkomendasikan untuk Anda yang mempunyai anak atau hewan peliharaan di rumah.

Cek beban maksimum yang dapat ditahan oleh tempat tidur

Cek beban maksimum yang dapat ditahan oleh tempat tidur
Karena sepertiga hari Anda digunakan untuk tidur, tentu Anda ingin memilih tempat tidur yang aman, bukan? Di pasaran, terdapat beberapa tempat tidur yang memiliki keterangan kapasitas beban dan telah teruji oleh lembaga berlisensi. Hal ini perlu diperhatikan apabila tempat tidur tersebut akan digunakan oleh orang berbadan besar atau akan digunakan oleh dua orang atau lebih. Jadi, periksalah kekukuhan dan beban maksimal yang dapat ditahan oleh tempat tidur tersebut.

Jangan sampai terjatuh dari ranjang, pastikan terdapat bingkai pelindung

Jangan sampai terjatuh dari ranjang, pastikan terdapat bingkai pelindung
Tempat tidur yang memiliki pagar atau bingkai samping akan menahan Anda dari terjatuh. Untuk tempat tidur tingkat yang tinggi, sebaiknya tinggi bingkai pelindungnya sekitar 25 cm. Jika Anda dapat melihat barangnya secara langsung di toko, jangan lupa memastikan kekuatan instalasi bingkai kayunya juga.

Temukan ukuran kasur yang sesuai untuk Anda

Temukan ukuran kasur yang sesuai untuk Anda
Saat membeli tempat tidur tingkat, kasurnya memang dijual secara terpisah. Namun, untuk mencegah sakit punggung dan insomnia, sebaiknya Anda memilih kasur yang pas dengan kondisi tubuh. Selain memberikan keterangan ukuran kasur, beberapa produsen juga ada yang mencantumkan ketebalan kasur. Ukuran dan ketebalan ini penting diketahui demi mencegah insiden Anda terjatuh dari ranjang. Saat membeli kasur baru atau menggunakan kasur lama, periksa kembali kenyamanan dan keamanan dari kasur tersebut.

10 Rekomendasi tempat tidur tingkat yang terbuat dari kayu

Bagaimana? Apakah Anda sudah tahu cara memilih tempat tidur tingkat yang baik? Berikutnya, kami memberikan sepuluh rekomendasi produk yang sesuai dengan poin-poin cara memilih di atas. Silakan disimak!

10. IKEA KURA Tempat Tidur yang Dapat Dibalik, Putih/Kayu Pinus

Rp 5.499.000,00

UkuranPanjang: 209 cm | Lebar: 99 cm | Tinggi: 116 cm | Jarak dari lantai ke dasar kasur (ketika tinggi): 83 cm | Panjang kasur: 200 cm | Lebar kasur: 90 cm | Ketebalan maksimal kasur: 12 cm | Jarak antara tempat tidur dan dinding harus selalu kurang dari 6,5 cm atau lebih dari 23 cm.
BahanKayu pinus (finishing lapisan lacquer akrilik bening)
Beban maksimum100 kg
Furnitur tambahan×
UkuranBisa custom
BahanKayu mahoni (finishing cat duco atau sesuai request)
Beban maksimumBisa custom
Furnitur tambahanPerosotan, meja, kursi, laci, dan lainnya (bisa custom)
UkuranBisa custom
BahanKayu mahoni (finishing cat duco atau sesuai request)
Beban maksimumBisa custom
Furnitur tambahanLemari, meja belajar, rak buku, dan lainnya (bisa custom)

7. Kayuku Ranjang Susun Minimalis

Rp 6.000.000,00

UkuranBisa custom
BahanKayu mahoni (finishing cat duco atau sesuai request)
Beban maksimumBisa custom
Furnitur tambahanLemari, meja kerja, rak, dan lainnya (bisa custom)
Ukuran120 cm x 200 cm (bisa custom)
BahanKayu jati (natural teak finish atau sesuai request)
Beban maksimumBisa custom
Furnitur tambahanMeja kerja, rak, dan lainnya (bisa custom)

5. IKEA STORÅ Rangka Tempat Tidur Tinggi

Rp 6.299.000,00

UkuranPanjang: 213 cm | Jarak dari lantai ke dasar kasur: 171 cm | Lebar: 152 cm | Tinggi: 214 cm | Panjang kasur: 200 cm | Lebar kasur: 140 cm | Ketinggian plafon minimal: 270 cm | Kasur tidak boleh lebih tebal dari 19 cm
BahanKayu pinus (finishing lapisan lacquer akrilik bening)
Beban maksimumTidak disebutkan
Furnitur tambahan×

4. Jati Barokah Putra Tempat Tidur Tingkat Pendek

Rp 4.650.000,00

UkuranBisa custom
BahanKayu jati
Beban maksimumBisa custom
Furnitur tambahan3 laci, 1 ranjang di bawah yang bisa digeser, atau lainnya (bisa custom)

3. Jepara Ukir Furniture Tempat Tidur Anak Tingkat Rendah Minimalis

Rp 8.500.000,00

Ukuran120 cm x 200 cm
BahanKayu mahoni (finishing cat duco)
Beban maksimumTidak disebutkan
Furnitur tambahanMeja belajar, rak, lemari yang bisa digeser

2. Seni Jati Ukiran Jepara Tempat Tidur Dipan Susun Laci

Rp 7.750.000,00

Ukuran120 cm x 200 cm
BahanKayu jati (finishing dengan melamine semprot, warna finishing bisa custom)
Beban maksimumTidak disebutkan
Furnitur tambahan9 laci, 3 rak

1. Discovery World Furniture Honey Twin over Full Loft Bed

Rp 5.000.000,00

UkuranDimensi: 205 cm x 205 cm x 162 cm| Ketinggian maksimum ranjang atas: 20,3 cm
BahanKayu pinus (lacquered finish)
Beban maksimumRanjang atas: 113 kg | Ranjang bawah: 82 kg
Furnitur tambahanLemari dengan 6 laci dan 4 rak, tempat tidur beroda

Baca juga rekomendasi tempat tidur terbaik lainnya di sini!

Kami telah merekomendasikan tempat tidur tingkat dari kayu untuk menjadikan waktu tidur Anda berkualitas. Selanjutnya, apakah Anda ingin mempertimbangkan untuk membeli jenis tempat tidur lainnya? Kami telah menyiapkan artikelnya di bawah ini. Selamat membaca!

Kesimpulan

Dengan tempat tidur tingkat dari kayu, interior kamar Anda menjadi lebih hangat dan bergaya. Selain itu, space kosong di bawah tempat tidur juga dapat dimanfaatkan untuk furnitur atau tempat penyimpanan ekstra. Jika digunakan oleh anak Anda, tempat tidur tipe ini mungkin terlihat bagaikan markas kecil di kamarnya. Menarik sekali, ya?
Semoga artikel ini dapat membantu Anda saat memilih tempat tidur tingkat dari kayu yang sesuai. Good luck!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pernahkah Anda merasa lelah, sakit kepala, pegal, atau mood Anda jelek saat bangun tidur? Hal ini bisa terjadi karena Anda salah memilih kasur, sehingga tidur Anda tidak berkualitas. Saat ini banyak produk kasur matras yang dijual dari berbagai produsen seperti Uniland, Elite, Comforta, Inoac dan sebagainya dengan berbagai keunggulan.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kasur matras yang biasa dipakai sehari-hari di rumah. Kami juga akan merekomendasikan kasur yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Mari ikuti ulasan kami, agar Anda tidak salah pilih!
    Interior, furnitur
    27.969 Views
  • 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru 2020)
    10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru 2020)
    Menyulap tampilan dinding menjadi baru memang sedikit merepotkan. Namun, kini tersedia alternatif yang praktis dan cukup terjangkau untuk mengubah tampilan dinding sesuai keinginan Anda. Untuk Anda yang mudah bosan dengan desain ruangan yang itu-itu saja, tak ada salahnya mencoba wallpaper sticker.Sekarang, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi wallpaper dinding dengan berbagai motif, seperti motif kayu, pemandangan alam, dan sebagainya. Sebelumnya kami juga akan membagi tips cara memilih wallpaper dinding. Bagi Anda yang sedang mencari wallpaper dinding, silakan simak artikel berikut, ya!
    Interior, furnitur
    14.607 Views
  • 10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk Anda yang menyukai tanaman bunga, Anda dapat menatanya lebih rapi menggunakan rak bunga. Tak hanya untuk menata tanaman, rak bunga pun dapat dijadikan dekorasi untuk meningkatkan tampilan interior rumah. Namun, banyaknya jenis rak bunga mungkin akan membuat Anda sedikit kesulitan dalam memilihnya.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih rak bunga terlebih dahulu. Tidak lupa kami juga akan memberikan rekomendasi rak bunga terbaik untuk Anda, salah satunya keluaran IKEA. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah menentukan rak bunga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Interior, furnitur
    15.760 Views
  • 10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pemilihan meja belajar tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun, ada beberapa brand yang varian meja belajarnya terjamin kualitasnya, seperti dari Ikea, Funika, dan Infinity.Untuk Anda yang sedang mempertimbangkan membeli meja belajar baru, kami akan membantu Anda dengan menjelaskan poin penting apa saja yang harus Anda pertimbangkan. Tidak lupa, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Yuk, dibaca!
    Interior, furnitur
    7.135 Views
  • 10 Rekomendasi Kursi Kantor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kursi Kantor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Banyaknya pekerjaan membuat seseorang bisa menghabiskan waktu di kantor lebih lama. Kenyamanan dalam bekerja pun menjadi faktor utama yang mampu mempengaruhi mood dan produktivitas Anda. Untuk Anda yang biasa bekerja di kantor, memilih desain dan furniture yang tepat adalah hal yang wajib dilakukan.Berbicara tentang furniture kantor, kursi adalah bagian yang tidak boleh dilewatkan. Ada berbagai macam kursi kantor yang bisa Anda pilih, mulai dari yang termurah hingga yang termewah. Bagaimana cara memilih kursi kantor yang sesuai untuk Anda?
    Interior, furnitur
    6.202 Views
  • 10 Rekomendasi Sofa Bed Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sofa Bed Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Meskipun dapat digunakan sebagai tempat tidur, sofa bed yang dapat dilipat menjadi sofa adalah salah satu barang yang membuat penggunaan ruangan menjadi lebih efektif. Untuk Anda yang memiliki ruangan yang tidak terlalu besar, sofa bed akan menjadi sangat multifungsi dan berguna. Anda dapat menghemat ruangan dan menaruh barang.Kami akan memberikan tips cara memilih sofa bed yang berguna dan terbaik untuk Anda. Selain itu, melalui artikel ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk dari merek seperti IKEA dan The Olive House yang bisa didapatkan di Lazada, Tokopedia, atau Blibli. Semoga Anda mendapatkan sofa bed yang bagus serta sesuai dengan keinginan Anda.
    Interior, furnitur
    6.795 Views
  • 10 Rekomendasi Sofa 2 Seater Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sofa 2 Seater Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Banyak orang yang menyukai sofa 2 seater karena ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Jika Anda tinggal sendiri, sofa tersebut bahkan dapat digunakan untuk berbaring. Namun, Anda mungkin bingung memilih di antara berbagai warna, material, ukuran, dan bentuk.Oleh sebab itu, kami akan menjelaskan berbagai poin penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli sofa 2 seater. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi, mulai dari merek IKEA, Fabelio, JYSK, Olive House, dan lain-lain. Mari langsung kita mulai!
    Interior, furnitur
    899 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori