10 Rekomendasi Mobile Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mobile Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pada dasarnya, mobile atau portable printer memiliki fungsi yang sama dengan printer, tetapi lebih fleksibel dalam penggunaan karena mudah dibawa-bawa. Banyak produk mobile printer yang diproduksi dengan fungsi khusus, seperti mencetak foto, dokumen, atau dokumen dan foto.

Nah, pastinya Anda sudah mengenal merek-merek, seperti LG, Canon, HP, Epson, dan sebagainya. Semuanya menawarkan produk yang kaya fitur. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih mobile printer. Kami juga telah memilih 10 rekomendasi produk terbaik, khusus untuk Anda!

Daftar isi

Cara memilih mobile printer

Banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih mobile printer. Nah, faktor apa sajakah itu? Berikut poin-poin yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih mobile printer.

Pilih produk yang mudah untuk dibawa-bawa

Pilih produk yang mudah untuk dibawa-bawa

Kemudahan dibawa dan digunakan di mana pun merupakan faktor utama yang membedakan mobile printer dengan printer biasa. Mobile printer dengan ukuran dan desain yang compact tentu lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam tas. Ukuran mobile printer yang ideal adalah sekitar ukuran kertas A4. Selain itu, ada baiknya Anda memilih mobile printer dengan desain yang sederhana. Desain yang rumit dan unik dapat menyebabkan printer menjadi lebih bulky dan sulit dimasukkan ke dalam tas.

Selain ukuran dan desain, sebaiknya pilihlah juga produk dengan berat yang tidak melebihi 1 kg. Produk yang terlalu berat akan membebani Anda. Kami juga menyarankan Anda untuk memastikan material dari mobile printer. Karena nantinya printer akan sering dibawa di dalam tas, pastikan materialnya adalah bahan yang kuat dan tahan guncangan, aluminium misalnya.

Pilih produk yang dilengkapi beberapa alternatif power supply

Pilih produk yang dilengkapi beberapa alternatif power supply

Produk yang memiliki banyak alternatif sumber listrik lebih disarankan agar Anda tidak repot mencari colokan listrik untuk mengisi ulang baterainya. Mungkin Anda dapat mengatasi masalah ini dengan membawa baterai cadangan. Namun, beberapa mobile printer didesain dengan baterai built-in sehingga baterai tidak dapat diganti. Selain itu, tidak semua produk dilengkapi dengan baterai cadangan saat Anda membelinya sehingga Anda harus membeli baterai cadangan secara terpisah.

Kini banyak produsen mobile printer yang melengkapi produknya dengan alternatif sumber listrik, seperti colokan USB (universal serial bus). Melalui colokan USB ini Anda dapat mengisi ulang baterai dari komputer. Selain itu, beberapa produk juga dapat diisi ulang dengan power bank. Lebih praktis dan Anda tidak perlu khawatir printer kehabisan daya.

Pilih produk yang mudah digunakan

Pilih produk yang mudah digunakan

Tentu akan lebih praktis bila mobile printer Anda mudah disambungkan ke perangkat gadget atau laptop. Produk yang dapat disambungkan dengan kabel memang lebih mudah digunakan. Namun, Anda harus selalu ingat untuk membawa kabel konektornya. Untuk mengantisipasi saat Anda lupa membawa kabel konektor, kami menyarankan Anda memilih produk yang juga dapat disambungkan dengan koneksi wireless, baik Wi-Fi atau bluetooth. Selain itu, koneksi wireless akan memudahkan Anda menyambungkan printer ke berbagai gadget.

Pilih produk dengan kualitas hasil print yang baik

Pilih produk dengan kualitas hasil print yang baik

Sebelum memilih mobile printer, pastikan bahwa produk dapat mencetak foto atau dokumen dengan kualitas yang baik. Printer inkjet dapat menjadi pilihan Anda karena kualitas cetakannya yang lebih baik dan jelas. Bahkan printer jenis ini ada yang hadir dengan cartridge 6 warna untuk menjamin kualitas hasil print. Anda juga dapat memilih printer dengan tinta hybrid. Dibandingkan dengan tinta non-hybrid, tipe tinta ini dapat menghasilkan cetakan yang lebih berkualitas.

10 Rekomendasi mobile printer terbaik

Apakah Anda sudah tak sabar lagi untuk mengetahui 10 produk yang kami rekomendasikan? Kami sudah mengurutkannya dengan membandingkan fitur yang ditawarkan, mobilitas, dan harga produk. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. HP Sprocket Photo Printer

10. HP Sprocket Photo Printer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.949.000

Cetak foto di mana saja dan kapan saja dengan printer seukuran smartphone

HP merupakan salah satu produsen printer yang banyak dikenal. Kali ini, HP menawarkan produk mobile photo printer yang compact. Ukurannya hanya sebesar smartphone! Karena itu, Anda tak akan kesulitan membawa produk ini. Terlebih lagi, kalau Anda lebih suka menggunakan tas yang berukuran kecil, produk ini pasti muat diselipkan layaknya smartphone Anda.

Anda yang memiliki gadget Android atau iOS bisa menggunakan produk ini. Untuk mencetak foto, printer dapat disambungkan ke gadget dengan koneksi bluetooth. Nah, karena ukurannya yang compact ini, Anda bisa membawa mobile printer ini saat hangout dengan teman atau keluarga. Momen berharga pun langsung dapat diabadikan dalam selembar foto.

9. LG PD239

9. LG PD239

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.716.700

Berbagi memori dengan cara yang unik

Produk LG ini sangat pas untuk Anda yang suka berbagi foto dan memori bersama sahabat dan keluarga. LG PD239 dilengkapi dengan aplikasi yang memungkinkan Anda lakukan photo editing, termasuk menambahkan kode QR (quick response). Nantinya kode dapat dicetak bersama foto dan digunakan untuk berbagi memori dengan sahabat atau keluarga Anda.

Printer ini dapat disambungkan ke berbagai gadget, baik Android, iOS, maupun Window Phone 8 melalui koneksi bluetooth. Yang lebih kerennya lagi, untuk smartphone AndroidAnda juga bisa menggunakan teknologi NFC (near field communciation). Anda hanya perlu mendekatkan smartphone ke stiker NFC pada printer dan kedua device pun langsung terhubung,

8. Epson WorkForce WF-100

8. Epson WorkForce WF-100

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.750.000

Praktis cetak dokumen dengan mobile printer yang compact dan ringan

Printer dengan fungsi mencetak dokumen biasanya berukuran besar. Walaupun sudah banyak mobile printer yang ditujukan untuk mencetak dokumen, mobile printer dari Epson ini memiliki keunggulan, yaitu desain yang simple dan compact. Karena itu, produk ini mudah dimasukkan ke dalam tas dan oke juga menemani perjalanan bisnis Anda.

Jika Anda termasuk orang dengan mobilitas tinggi, tentunya produk ini akan memudahkan Anda. Dengan dimensi yang kecil dan bobot tidak lebih dari 2 kg, Anda tidak akan merasa terbebani dengan printer yang bulky dan berat. Printer ini dapat disambungkan ke berbagai gadget, baik iOS, Android, maupun laptop. Produk yang simpel, tetapi tetap bisa diandalkan.

7. HP Sprocket 2-in-1

7. HP Sprocket 2-in-1

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.688.000

Bisa digunakan sebagai kamera juga, lho!

Satu lagi produk mobile photo printer dari HP yang patut Anda pertimbangkan. Dalam membuat mobile printer, HP selalu memastikan agar produknya ringkas dan mudah dibawa. Karena itu, produk ini juga memiliki ukuran yang compact yang muat untuk dimasukkan ke dalam tas tanpa memakan banyak tempat. Beratnya pun tidak sampai 200 gram!

Adanya fitur kamera membedakannya dari produk lain. Produk ini cocok menjadi pilihan Anda yang doyan berfoto. Fitur ini tentu akan menjadi penyelamat, terutama saat smartphone Anda kehabisan daya baterai. Setelah berfoto, Anda bisa mengeditnya melalui aplikasi HP Sprocket yang dapat diunduh gratis atau langsung mencetak fotonya.

6. HP OfficeJet 200 Mobile Printer

6. HP OfficeJet 200 Mobile Printer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.999.000

Baterainya tahan lama dan mudah diisi ulang

Selain kemudahan untuk dibawa dan kualitas hasil cetak, hal yang penting untuk sebuah mobile printer adalah daya tahan baterainya. Dengan begitu, Anda tak akan repot harus sering mengisi ulang baterai. Produk HP ini bisa mengatasi kerepotan Anda yang sering menggunakan printer, tetapi tidak punya banyak waktu untuk mengisi ulang baterai.

Fitur pertama yang akan membantu Anda adalah daya tahan baterainya yang kuat sehingga dapat dipakai untuk jangka waktu lama. Selain itu, Anda akan semakin puas dengan fitur HP Fast Charge. Fitur ini memungkinkan pengisian ulang baterai lebih efisien dan cepat. Anda juga tak perlu repot mencari colokan listrik karena Anda bisa melakukan pengisian ulang di mobil.

5. Fujifilm Instax Share SP-2

5. Fujifilm Instax Share SP-2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.999.000

Super cepat dengan kualitas hasil cetak foto yang unggulan

Kata siapa mobile photo printer tidak dapat mencetak foto dengan kualitas baik? Anda yang menginginkan kualitas tinggi pada hasil print wajib memilih produk ini. Mobile printer dari Fujifilm ini dilengkapi dengan teknologi Instax. Teknologi ini dapat mengoptimalkan kestabilan dan ketajaman warna sehingga foto yang dihasilkan tampak lebih bening.

Produk ini juga dilengkapi dengan teknologi laser exposure yang membuat Anda dapat mencetak foto hanya dalam waktu kurang dari 1 menit. Super cepat! Mencetak foto dalam jumlah banyak sekaligus pun tidak lagi boros waktu. Tentu saja Anda dapat menyambungkan printer ini ke berbagai gadget, baik bersistem operasi Android maupun iOS.

4. Memobird Mobile Printer Green

4. Memobird Mobile Printer Green

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 568.000

Bisa juga untuk berkirim pesan jarak jauh

Produk mobile printer yang kami kenalkan selanjutnya berbeda dengan produk lainnya. Dengan teknologi thermal printing, produk ini dapat Anda gunakan untuk mencetak pesan, foto, stiker, bahkan resep dan daftar belanja. Berkat teknologi ini juga, produk ini tidak memerlukan tinta. Namun, produk ini hanya untuk penggunaan cetak hitam-putih saja, ya.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi dan membuat pesan-pesan Anda dengan aplikasi. Produk ini sayang untuk dilewatkan bila Anda senang membuat kumpulan pesan lucu atau resep. Bahkan dengan printer ini Anda dapat saling berkirim pesan jarak jauh. Walaupun sudah ada handphone dan email, pastinya lebih seru bila mendapat pesan berbentuk fisik.

3. Polaroid ZIP Mobile Instant Printer

3. Polaroid ZIP Mobile Instant Printer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.599.000

Hasil cetakan yang full frame dan full colour tanpa tinta

Anda pasti sudah mengenal merek Polaroid untuk produk kamera. Kali ini, Polaroid menghadirkan produk berupa mobile printer untuk memudahkan mencetak foto secara instan. Anda yang menggunakan gadget Android atau iOS dapat menghubungkan perangkat Anda dengan koneksi bluetooth atau NFC. Inilah produk praktis yang tidak merepotkan penggunanya.

Bila Anda lebih menyukai hasil cetak foto yang full frame, produk ini dapat menjadi pilihan. Polaroid ZIP Mobile Instant Printer mencetak foto tanpa batas pinggir dengan kualitas warna yang tidak perlu diragukan lagi. Printer ini menggunakan teknologi ZINK Magic yang dapat mencetak tanpa tinta. Anda tidak perlu berhati-hati saat memegang foto saat menunggu tinta kering.

2. Canon Pixma Mobile iP110

2. Canon Pixma Mobile iP110

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.350.000

Fitur energy efficient printing untuk fungsi hemat energi

Apakah Anda ingin produk yang hemat energi? Jika ya, produk dari Canon ini pas untuk Anda. Canon iP110 merupakan mobile printer yang mengusung teknologi hemat energi. Bahkan, produk ini telah memenuhi kualifikasi dari Energy Star. Dengan Auto Power ON/OFFprinter dapat secara otomatis menyala ketika ada dokumen yang dikirim dan mati ketika tidak digunakan.

Untuk menggunakan printer, Anda dapat menyambungkannya ke perangkat gadget melalui koneksi Wi-Fi. Printer ini dapat tersambung ke gadget Android maupun iOS. Nah, Anda juga tak perlu repot-repot memasukkan kertas setiap kali ingin mencetak. Produk ini dapat menampung sekaligus banyak kertas. Hemat energi sekaligus menghemat waktu Anda, kan?

1. Canon Selphy CP1300

1. Canon Selphy CP1300

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.770.000

Semakin mudah digunakan dengan adanya tampilan layar

Canon memastikan produknya mudah digunakan oleh Anda. Produk dari Canon ini dilengkapi dengan layar LCD (liquid display crystal). Layar ini dapat digunakan untuk melakukan pengaturan dan photo editing. Fitur yang akan sangat membantu Anda yang tidak menyukai produk yang rumit. Anda bisa mengatur dan mengubah foto lalu mencetaknya dengan mudah!

Printer ini dapat mencetak foto sampai seukuran kartu pos. Anda pun dapat mengatur ukuran foto, seperti borderless atau dengan batas. Printer ini dapat disambungkan dengan gadget melalui koneksi wireless. Di samping itu, Anda juga bisa mencetak foto dari kamera atau laptop Anda. Masukkan SD (secure digitalcard  ke printer dan foto Anda pun siap untuk dicetak.

Kesimpulan

Bagaimana setelah membaca artikel kami? Apakah Anda sudah dapat pencerahan mengenai mobile printer yang Anda inginkan? Mobile printer memang dapat membantu aktivitas Anda. Namun, bisa jadi Anda akan kerepotan kalau salah pilih.

Kami harap tips dari kami dapat membantu Anda mengenal mobile printer. Anda juga dapat menggunakan 10 produk yang kami rekomendasikan sebagai referensi Anda. Selamat memilih!