• 10 Rekomendasi Mobile Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Mobile Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Mobile Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Mobile Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Mobile Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Mobile Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Mobile printer merupakan printer portable yang ringkas dan mudah dibawa. Berkat ukurannya yang compact, Anda dapat membawanya dengan mudah dan menggunakannya di mana saja. Jenis mobile printer cukup beragam, ada yang dapat mencetak dokumen berukuran A4 atau mencetak foto yang diambil melalui smartphone.


Beberapa merek mobile printer yang bagus dan terkenal contohnya adalah Epson, Canon, dan HP. Kali ini, kami akan menjabarkan cara memilih mobile printer untuk Anda serta merekomendasikan produk-produk terbaiknya. Simak artikel ini sampai akhir dan temukan mobile printer terbaik yang sesuai untuk Anda. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Juli 2022
Daftar isi

Cara memilih mobile printer

Berikut beberapa poin yang harus diingat saat memilih mobile printer. Cari tahu terlebih dahulu cara Anda akan menggunakan mobile printer, kemudian pilih sesuai kegunaannya.

Sesuaikan dengan penggunaannya

Sesuaikan dengan penggunaannya

Secara garis besar, mobile printer dibagi menjadi dua. Berikut ini penjelasannya.


  • Printer yang kompatibel untuk dokumen berukuran A4

Beberapa tipe printer yang kompatibel dengan ukuran A4 juga dapat digunakan untuk mencetak foto. Namun, hal ini tidak berlaku sebaliknya. Hal ini karena ukuran printer foto dan ukuran kertasnya tidak sesuai. Jadi, jika tujuan penggunaan Anda tak hanya untuk mencetak foto, pilih tipe yang kompatibel dengan ukuran A4.


  • Printer yang digunakan untuk mencetak foto 

Printer foto tidak dapat digunakan untuk mencetak dokumen A4. Jika tujuan penggunaannya hanya untuk mencetak foto, gunakanlah printer foto. Printer ini lebih portable dan mudah digunakan. Bahkan, beberapa produknya mendukung aplikasi edit foto. Ketika memilih printer foto, periksalah dengan teliti fungsi-fungsi lainnya.

Pertimbangkan metode pencetakan berdasarkan kebutuhan tinta dan biaya operasional

Metode pencetakan dari mobile printer dibagi menjadi dua, yaitu tipe inkjet dan tipe kertas khusus tanpa menggunakan tinta. Di sini, kami akan menjelaskan fiturnya masing-masing.

Printer inkjet, memungkinkan Anda mengatur kualitas cetakan berdasarkan kualitas tintanya

Printer inkjet, memungkinkan Anda mengatur kualitas cetakan berdasarkan kualitas tintanya

Metode inkjet merupakan metode yang paling umum digunakan oleh printer yang dipasang di rumah. Mobile printer inkjet memiliki ukuran yang lebih besar karena terdapat cartridge untuk menyimpan tinta. Hal ini membuatnya mudah digunakan ketika mencetak dalam jumlah besar karena tidak memerlukan kertas khusus.


Akan tetapi, biaya operasionalnya beragam, tergantung dari produk dan produsennya. Jadi, jangan hanya memperhatikan harga produk, tetapi perhatikan juga harga tinta dan total hasil cetakannya. Sebagai tambahan, kualitas cetakan akan berubah tergantung pada tipe tinta serta jumlah warna yang digunakan. 


  • Jika Anda menginginkan hasil cetakan yang jelas dan berkualitas tinggi, gunakan warna tinta yang beragam, misalnya enam warna. 

  • Apabila Anda ingin mencetak dokumen dan gambar yang indah, kami sarankan untuk memilih tinta hibrida. Tinta hibrida menggunakan pewarna dan pigmen tinta yang berbeda dari tinta inkjet biasa.

Printer kertas khusus, ringkas dan tidak membutuhkan tinta

Printer kertas khusus, ringkas dan tidak membutuhkan tinta

Metode mencetak menggunakan kertas khusus terbagi menjadi dua, yaitu tipe kertas termal monokrom dan tipe kertas foto full-color. Kedua tipe tersebut tidak memerlukan tinta sehingga ukurannya lebih ringkas daripada printer inkjet.


Kertas foto full-color pun dibagi menjadi beberapa kategori, seperti instant film, ZINK photo paper, dan lain-lain. Tiap-tiap produsen memiliki standar kertas fotonya tersendiri untuk setiap produknya. Oleh karena itu, biaya produksi dan kualitas cetakannya pun sangat beragam tergantung dari produknya.

Ketahui sumber daya untuk pengoperasiannya

Ketahui sumber daya untuk pengoperasiannya

Sumber listrik mobile printer dibagi menjadi dua, yaitu yang dapat diisi ulang dan yang membutuhkan listrik langsung dari stopkontak. Berikut penjelasan singkatnya.


  • Tipe yang dapat diisi ulang merupakan tipe yang populer karena mudah dibawa dan dapat digunakan di mana saja. 

  • Tipe yang memakai stopkontak membuat Anda tak perlu khawatir akan kehabisan baterai saat mencetak dalam jumlah banyak.

Akhir-akhir ini, mobile printer yang dapat diisi ulang menggunakan USB dan power bank juga dijual di pasaran. Bahkan, ada juga produk yang menggunakan baterai. Jika Anda memilih mobile printer dengan sumber listrik yang beragam, Anda dapat mencetak banyak foto dan dokumen di mana saja


Anda juga tak perlu khawatir akan kehabisan baterai dan atau bingung mencari stopkontak. Jadi, pilihlah mobile printer dengan sumber listrik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cek kompatibilitas koneksinya dengan smartphone, tablet, dan PC

Cek kompatibilitas koneksinya dengan smartphone, tablet, dan PC

Terdapat beragam cara untuk menyambungkan mobile printer ke smartphone, tablet, atau PC. Anda dapat menyambungkannya dengan kabel ataupun nirkabel. 


Jika Anda menggunakan kabel, cek terlebih dahulu apakah terminal sambungan yang digunakan sesuai dengan gawai Anda. Karena jika tidak sesuai, Anda tidak dapat menggunakannya.

Saat ini, koneksi yang paling banyak digunakan adalah nirkabel, seperti Wi-Fi dan Bluetooth. Namun, Anda harus memperhatikan versi Bluetooth atau Wi-Fi yang digunakan gawai Anda. Hal ini karena beberapa produk mungkin tidak dapat tersambung jika menggunakan versi koneksi yang berbeda.

Paling amannya, Anda bisa memilih mobile printer yang dapat disambungkan langsung melalui USB. Dengan begitu, Anda pun dapat menggunakannya bahkan saat tidak ada Wi-Fi di sekitar. Terdapat juga produk yang mendukung sambungan flash disk dan SD card yang dapat dijadikan pilihan.

Selain itu, Anda juga bisa mencari printer yang dapat tersambung langsung dengan smartphone Android. Biasanya Anda hanya perlu menginstall aplikasi yang kompatibel dan disarankan oleh printer yang Anda pilih. Hal ini berlaku juga untuk iPhone.

Cari tahu keunggulan masing-masing produsen

Sekarang, kami akan menjelaskan mengenai fitur-fitur mobile printer dari beberapa produsen populer. Anda dapat menjadikannya sebagai referensi saat memilih produk yang sesuai dengan tujuan Anda.

Canon, produsen printer yang paling populer

Canon memiliki banyak varian printer yang dijual di pasaran. Salah satunya adalah SELPHY. Printer Wi-Fi portabel yang ringkas ini dapat mencetak foto berkualitas langsung dari kamera atau smartphone Anda. Tidak hanya itu, printer seri SELPHY juga ada yang dilengkapi layar LCD sehingga mempermudah Anda menggunakannya.


Canon juga menyediakan mobile printer A4 dan memiliki kualitas yang bagus. Seperti halnya printer stationer, mobile printer A4 pun memiliki performa yang dapat diandalkan.

Epson, sudah terdapat baterai sehingga tidak perlu baterai tambahan

Epson menyediakan mobile printer A4 dengan baterai yang sudah terpasang di dalamnya. Jadi, Anda tidak perlu lagi memasang baterai tambahan. Salah satu keunggulan lainnya adalah ia memiliki bobot yang ringan dan ringkas. Hasil cetakannya pun bagus karena menggunakan tinta pigmen.

HP, mudah diatasi saat terjadi permasalahan pada tinta

Hewlett-Packard menyediakan mobile printer yang cartridge-nya sudah tersedia di dalam printer. Jadi, saat saluran cartridge tersumbat, dapat langsung Anda atasi pada saat bersamaan ketika mengganti tinta.


Sebagai tambahan, terdapat produk yang menggunakan mode single cartridge. Dengan single cartridge, Anda dapat memilih warna yang digunakan, seperti tinta hitam atau tinta warna. Bahkan, jika Anda kehabisan tinta hitam, Anda dapat mencetak dokumen hitam putih dengan menggunakan tinta warna. Jadi, Anda dapat mencetak dokumen yang dibutuhkan dengan segera.


Produk mobile printer A4 dari HP ini memiliki ukuran sedikit lebih besar daripada produsen lain. HP juga menyediakan mobile printer kecil untuk mencetak foto dari smartphone.

10 Rekomendasi mobile printer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mobile printer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 30 Juli 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa PeriPage A6 203 memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Canon SELPHY SQUARE QX10 yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 10 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

10
Ukuran kertasMaksimal 68 cm x 68 cm・Default 65 cm x 65 cm
Dimensi produk10,22 cm x 14,33 cm x 3,1 cm
Berat0,445 kg
Metode pencetakanKertas khusus thermal dye-sublimation (dengan lapisan tambahan)
Sumber listrik Baterai lithium-ion
KonektivitasWi-Fi
9

HPOfficeJet 250 Mobile All-in-One Printer

Mulai dari Rp 6.800.000,00

Ukuran kertasA4, A5, A6, B5 (ISO), B5 (JIS), dll
Dimensi produk38,02 cm x 19,83 cm x 9,13 cm
Berat2,96 kg (3,06 kg dengan baterai)
Metode pencetakanInkjet
Sumber listrik Baterai dan AC power
KonektivitasUSB 2.0, Wi-Fi, Wi-Fi direct, BLE (Bluetooth 4.0)
8

EpsonWorkForce WF-100 Wi-Fi Inkjet Printer

Mulai dari Rp 3.480.000,00

Ukuran kertasLegal, letter, A4, B5, A5, A6, dll
Dimensi produk30,9 cm x 15,4 cm x 6,1 cm
Berat1,6 kg
Metode pencetakanInkjet (Micro PiezoTM Printhead)
Sumber listrik Baterai lithium-ion dan AC power
KonektivitasWi-Fi dan Wi-Fi Direct
7
Ukuran kertasMaksimal: 10 cm x 14,8 cm・Minimal: 2,2 cm x 1,73 cm
Dimensi produk18,06 cm x 13,59 cm x 6,33 cm
Berat0,86 kg
Metode pencetakanThermal dye-sublimation (dengan lapisan tambahan)
Sumber listrik Compact power AC adapter CA-CP200 B dan battery pack NB-CP2L/NB-CP2LH
KonektivitasWi-Fi
6
Ukuran kertas8,6 cm x 7,2 cm
Dimensi produk11,6 cm x 13,05 cm × 4,44 cm
Berat0,312 kg (tanpa baterai dan film)
Metode pencetakanKertas khusus dari Instax Square
Sumber listrik Baterai
KonektivitasWi-Fi
5

XiomiMijia Smart Pocket Photo Printer AR

Mulai dari Rp 724.000,00

Ukuran kertas5 cm x 7,6 cm
Dimensi produk13,3 cm x 0,8 cm x 2,7 cm
BeratTidak disebutkan
Metode pencetakanKertas khusus
Sumber listrik Tidak disebutkan
KonektivitasBluetooth
4
Ukuran kertas8,6 cm x 5,4 cm
Dimensi produk12,45 cm x 9,03 cm x 3,46 cm
Berat0,2 kg
Metode pencetakanKertas khusus
Sumber listrik Baterai lithium-ion
KonektivitasBluetooth 4.2
3
Ukuran kertasA4, LTR, ukuran custom
Dimensi produk43 cm x 28,2 cm x 14,3 cm
Berat2,9 kg
Metode pencetakanInkjet
Sumber listrik AC adapter
KonektivitasDirect Wireless, USB 2.0 Hi-Speed
2

INDIALOMini Printer Portable Thermal Printing

Mulai dari Rp 339.000,00

Ukuran kertas 5,7 cm x 3 cm
Dimensi produk10,9 cm x 8 cm x 3,5 cm
BeratTidak disebutkan
Metode pencetakanKertas khusus
Sumber listrik Baterai lithium-ion
KonektivitasBluetooth 4.0
1
Ukuran kertas5,6 cm x 3 cm
Dimensi produk7,9 cm x 7,9 cm x 4,2 cm
Berat0,35 kg
Metode pencetakanThermal printing, kertas khusus
Sumber listrik Baterai lithium-ion
KonektivitasBluetooth 4.0, USB

Tabel perbandingan produk mobile printer terbaik

Gambar produk
1
PeriPage  A6 203 1

PeriPage

2
INDIALO Mini Printer Portable Thermal Printing 1

INDIALO

3
Canon PIXMA TS307 1

Canon

4
Fujifilm Instax Mini Link 1

Fujifilm

5
Xiomi Mijia Smart Pocket Photo Printer AR 1

Xiomi

6
Fujifilm Instax SHARE SP-3 1

Fujifilm

7
Canon SELPHY CP1300 1

Canon

8
Epson WorkForce WF-100 Wi-Fi Inkjet Printer 1

Epson

9
HP OfficeJet 250 Mobile All-in-One Printer 1

HP

10
Canon SELPHY SQUARE QX10 1

Canon

Nama produk

A6 203

Mini Printer Portable Thermal Printing

PIXMA TS307

Instax Mini Link

Mijia Smart Pocket Photo Printer AR

Instax SHARE SP-3

SELPHY CP1300

WorkForce WF-100 Wi-Fi Inkjet Printer

OfficeJet 250 Mobile All-in-One Printer

SELPHY SQUARE QX10

Keunggulan

Desain supermini, pilihan warnanya banyak!

Bentuknya lucu, bisa cetak foto, stiker, catatan, dan jurnal

Cetak foto dan dokumen dengan smartphone hanya sekali sentuh

Beragam fitur yang menarik dalam satu printer foto

Menyulap hasil foto menjadi hidup dan nyata dengan teknologi AR

Mencetak foto dari sosial media jadi lebih mudah

Semakin mudah digunakan dengan adanya tampilan layar

Printer kertas ringkas dan ringan, tidak sampai 2 kg

Selain mencetak, bisa menyalin dan scan dokumen juga

Simpan kenangan Anda dalam hasil foto yang dapat bertahan hingga seratus tahun

Harga mulai dariRp 450.000,00Rp 339.000,00Rp 819.000,00Rp 1.749.000,00Rp 724.000,00Rp 2.899.000,00Rp 2.199.000,00Rp 3.480.000,00Rp 6.800.000,00Rp 2.199.000,00
Ukuran kertas5,6 cm x 3 cm 5,7 cm x 3 cmA4, LTR, ukuran custom8,6 cm x 5,4 cm5 cm x 7,6 cm8,6 cm x 7,2 cmMaksimal: 10 cm x 14,8 cm・Minimal: 2,2 cm x 1,73 cmLegal, letter, A4, B5, A5, A6, dllA4, A5, A6, B5 (ISO), B5 (JIS), dllMaksimal 68 cm x 68 cm・Default 65 cm x 65 cm
Dimensi produk7,9 cm x 7,9 cm x 4,2 cm 10,9 cm x 8 cm x 3,5 cm43 cm x 28,2 cm x 14,3 cm12,45 cm x 9,03 cm x 3,46 cm13,3 cm x 0,8 cm x 2,7 cm11,6 cm x 13,05 cm × 4,44 cm18,06 cm x 13,59 cm x 6,33 cm30,9 cm x 15,4 cm x 6,1 cm38,02 cm x 19,83 cm x 9,13 cm10,22 cm x 14,33 cm x 3,1 cm
Berat0,35 kgTidak disebutkan2,9 kg0,2 kgTidak disebutkan0,312 kg (tanpa baterai dan film)0,86 kg1,6 kg2,96 kg (3,06 kg dengan baterai)0,445 kg
Metode pencetakanThermal printing, kertas khususKertas khusus InkjetKertas khususKertas khususKertas khusus dari Instax SquareThermal dye-sublimation (dengan lapisan tambahan)Inkjet (Micro PiezoTM Printhead)Inkjet Kertas khusus thermal dye-sublimation (dengan lapisan tambahan)
Sumber listrik Baterai lithium-ionBaterai lithium-ionAC adapterBaterai lithium-ionTidak disebutkanBateraiCompact power AC adapter CA-CP200 B dan battery pack NB-CP2L/NB-CP2LHBaterai lithium-ion dan AC powerBaterai dan AC powerBaterai lithium-ion
KonektivitasBluetooth 4.0, USBBluetooth 4.0Direct Wireless, USB 2.0 Hi-SpeedBluetooth 4.2BluetoothWi-FiWi-FiWi-Fi dan Wi-Fi DirectUSB 2.0, Wi-Fi, Wi-Fi direct, BLE (Bluetooth 4.0)Wi-Fi
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk printer lainnya di sini

Kami juga telah mengulas beragam produk printer lainnya, seperti laser printer, inkjet printer, hingga rekomendasi printer berdasarkan mereknya. Anda juga dapat membacanya pada tautan-tautan yang telah kami sediakan di bawah ini.

Kesimpulan

Apa tanggapan Anda setelah membaca artikel kami? Apakah Anda sudah menemukan mobile printer yang diinginkan? Mobile printer memang dapat membantu aktivitas Anda. Namun, jangan sampai salah pilih karena dapat membuat Anda kerepotan.


Kami harap tips dari kami dapat membantu Anda mengenal lebih jauh tentang mobile printer. Anda juga dapat menggunakan sepuluh produk yang kami rekomendasikan sebagai referensi. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Epson adalah salah satu merek printer yang bagus untuk Anda pertimbangkan. Harga printer Epson sangat bervariasi. Karena itu, pilihlah tipe printer Epson yang sesuai dengan keperluan Anda. Anda bisa menemukan printer enam warna untuk cetak foto dan juga all-in-one printer yang multifungsi untuk kebutuhan kantor.Kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih printer Epson terbaik. Kami juga akan membagikan rekomendasi printer Epson yang bagus untuk Anda. Ada printer Epson L3210 yang merupakan update seri L3110 dengan teknologi terbaru, L121, L1800, dan lainnya. Baca ulasannya sampai akhir, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Printer Thermal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Thermal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer thermal saat ini sudah tidak asing bagi sebagian orang. Alat ini biasa digunakan untuk mencetak berbagai label sticker, barcode, resi pengiriman, dan sebagainya. Ada yang menggunakan koneksi kabel USB dan ada pula yang menggunakan Bluetooth. Bahkan, di antaranya berukuran mini sehingga lebih portable.Apabila Anda berencana membeli printer thermal, simak artikel ini dengan baik. Kami akan memberikan tips dan rekomendasi printer thermal dari berbagai merek yang bagus! Printer thermal dari Epson, Brother, atau BLUEPRINT mungkin bisa jadi favorit Anda. Semua produk tersedia di marketplace atau online shop, lho!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin fotocopy termasuk salah satu kebutuhan penting di kantor. Untuk efisiensi tempat dan biaya, Anda bisa memilih mesin fotocopy mini. Selain ukurannya yang minimalis, harganya juga lebih terjangkau. Anda juga dapat menggunakan mesin fotocopy mini untuk usaha fotocopy di rumah. Di artikel ini, kami akan membagikan cara memilih mesin fotocopy mini yang bagus. Kami juga merekomendasikan mesin fotocopy mini untuk menunjang pekerjaan Anda. Merek-merek poopuler, seperti Epson, Canon, Brother, dan Kyocera, dapat Anda temukan dalam daftar rekomendasi tersebut. Selamat membaca dan memilih.
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Laser Pointer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Laser Pointer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Laser pointer adalah salah satu item penting yang digunakan ketika melakukan presentasi. Dengan menggunakan laser pointer, Anda dapat menunjuk bagian pada slide dengan lebih mudah. Untuk Anda yang sering melakukan presentasi, laser pointer adalah benda yang wajib dimiliki.Sekarang sudah tersedia berbagai merek laser pointer di pasaran, seperti Logitech, Lenovo, Baseus, dan lainnya. Hal ini sering kali membuat Anda bingung memilih laser pointer mana yang sesuai dengan gaya presentasi Anda. Pada artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih laser pointer yang bagus beserta rekomendasi produknya untuk Anda. Silakan disimak!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kebutuhan akan mesin cutting sticker terus meningkat untuk usaha sablon baju, mencetak logo produk, dan lain sebagainya. Tak hanya untuk bisnis, banyak juga yang mencari alat cutting sticker untuk hobi. Sebagai contoh, membuat stiker untuk mobil, motor, ataupun laptop.Oleh karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih mesin cutting sticker yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan produk mesin cutting sticker dari berbagai merek, seperti Jinka, Rhinotec, dan GRAPHTEC. Mesin cutting sticker yang harganya murah, berfitur auto contour, bahkan cocok untuk mencetak stiker A4 akan Anda temukan. Selamat membaca!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Hitung Uang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Hitung Uang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin hitung uang akan memudahkan pekerjaan Anda. Peralatan yang juga dikenal sebagai mesin penghitung uang ini bisa digunakan di rumah, toko, atau kantor. Mesin penghitung uang yang bagus tentu dapat menghitung uang secara akurat dan lebih cepat daripada penghitungan manual.Mesin hitung uang dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu desktop dan portable yang mini. Kami akan menjelaskan cara memilihnya agar Anda mendapatkan produk terbaik. Ada juga rekomendasi mesin hitung uang terbaik merek Glory, Joyko, NCL, dan lainnya. Bahkan, yang bertipe standing juga ada. Yuk, disimak. 
    Elektronik kantor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori