• 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Hair tonic berguna untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok, berketombe, gatal, dan sebagainya. Pemakaian hair tonic juga disarankan untuk menjadikan rambut lebih kuat, sehat, dan segar. Namun, banyaknya hair tonic yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. 

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih hair tonic kepada Anda. Tak ketinggalan, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk hair tonic yang dapat Anda jadikan referensi. Merek perawatan rambut terkenal, seperti Kerastase, Makarizo, dan lainnya termasuk di dalam daftar. Mari simak terus artikel ini!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Mollyta Mochtar
Aprijanti
  • Pembaharuan terakhir: 23 Maret 2020
  • 113.725 Views
Daftar isi

Apa manfaat hair tonic?

Apa manfaat hair tonic?
Berbicara mengenai hair tonic, mungkin banyak di antara Anda yang mengharapkan efek pencegahan rambut rontok atau menyuburkan pertumbuhan rambut. Sebenarnya, hair tonic berbeda dengan obat penumbuh atau penyubur rambut. Hair tonic merupakan produk yang berfungsi menjaga kulit kepala agar tetap sehat sehingga kondisinya ideal untuk pertumbuhan rambut.

Meskipun demikian, penggunaan hair tonic bukan tolok ukur untuk mengatasi masalah pemilik rambut tipis atau rambut rontok. Bahan-bahan dari hair tonic berfungsi melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga memungkinkan penyebaran nutrisi pada rambut. Akibatnya, rambut menjadi kuat dan sehat. Produk hair tonic yang mengandung pelembap mampu mengurangi kekeringan di kulit kepala dan mengurangi risiko munculnya ketombe, kulit kepala gatal, dan kerontokan. Singkatnya, hair tonic bekerja secara efektif menyiapkan fondasi untuk membuat rambut sehat dan bermanfaat dalam perawatan rambut sehari-hari.

Cara memilih hair tonic

Pertama-tama, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih hair tonic yang tepat. Silakan mengacu pada artikel ini dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pemakaian Anda.

Pilihlah yang sesuai kebutuhan dan kondisi kulit kepala

Dalam memilih hair tonic, salah satu poin penting yang perlu diperhatikan adalah mencari produk yang mengandung bahan aktif sesuai dengan tujuan pemakaian Anda. Di pasaran, ada berbagai macam merek hair tonic yang beredar dengan fungsi dan manfaat yang berbeda. Simak penjelasannya di bawah ini.

Untuk pemilik rambut tipis, pilihlah yang bisa menguatkan dan menyehatkan rambut

Untuk pemilik rambut tipis, pilihlah yang bisa menguatkan dan menyehatkan rambut
Hair tonic yang mengandung bahan aktif untuk membuat rambut kuat dan sehat direkomendasikan untuk Anda yang mengalami masalah rambut tipis. Niacinamide, assembly extract, vitamin E derivatif, dan panthenol adalah beberapa bahan yang mampu menyehatkan dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Jadi, mari pilih produk yang mengandung bahan-bahan tersebut. Akar rambut yang kuat dan sehat akan menjadikan helaian rambut lebih kukuh. Hal ini akan membuat rambut tumbuh lebih subur dan terlihat lebih bervolume. 

Atasi ketombe dan kulit kepala gatal dengan kandungan pelembap dan antibakteri

Atasi ketombe dan kulit kepala gatal dengan kandungan pelembap dan antibakteri
Jika Anda bermasalah dengan ketombe atau kulit kepala yang gatal, gunakanlah hair tonic dengan gabungan bahan pelembap dan bahan antibakteri. Ketombe biasanya disebabkan karena menurunnya keseimbangan kelembapan kulit kepala. Hal ini bisa diatasi dengan pemakaian hair tonic yang mengandung pelembap. Sementara itu, penyebab kulit kepala gatal adalah kulit kepala yang kering dan terjadi peradangan. Jadi, penting untuk menjaga agar kulit kepala tidak kering.

Untuk melembapkan, Anda dapat memilih produk dengan kandungan ekstrak beeswax. Untuk bahan antibakteri, Anda bisa memilih produk dengan kandungan seperti octopirox. Jadi, silakan pilih hair tonic dengan kandungan tersebut untuk membantu mengatasi ketombe atau kulit kepala gatal.

Untuk sensasi menyegarkan, gunakanlah hair tonic yang menyejukkan

Untuk sensasi menyegarkan, gunakanlah hair tonic yang menyejukkan
Sensasi menyegarkan saat menggunakan hair tonic tentu akan membuat Anda merasa nyaman. Jika Anda tidak memiliki masalah dengan rambut tipis atau permasalahan kulit kepala, Anda bisa menggunakan hair tonic untuk mendapatkan efek refreshing. Bagi Anda yang menginginkan sensasi menyegarkan, pilihlah produk yang mengandung campuran mentol.

Namun, efek antibakteri dan sensasi menyegarkan dari etanol (komponen utama hair tonic) bisa saja memberikan rangsangan kuat untuk kulit kepala yang sensitif. Jadi, bagi Anda yang memiliki kulit kepala sensitif atau rambut tipis, harap perhatikan poin ini dengan cermat.

Pilihlah berdasarkan cara pakainya

Secara garis besar, hair tonic dibagi menjadi dua tipe yakni tipe yang dioleskan langsung dan tipe semprotan aerosol. Karena itu, pilihlah tipe yang nyaman bagi Anda!

Tipe yang dioleskan langsung, untuk kulit kepala sensitif

Tipe yang dioleskan langsung, untuk kulit kepala sensitif
Hair tonic yang dioleskan langsung ke kulit kepala dianjurkan bagi Anda yang memiliki kulit kepala sensitif. Rangsangan yang menyebabkan iritasi akan berkurang ketika hair tonic dipercikkan sehingga menjadikannya ramah bagi kulit kepala. Hair tonic juga akan memberikan efek yang maksimal jika sambil digosokan ke kulit kepala. Jadi, jangan lupa untuk memijat kulit kepala setelah memercikkan hair tonic tipe ini.

Tipe semprotan aerosol, untuk sensasi menyegarkan

Tipe semprotan aerosol, untuk sensasi menyegarkan
Hair tonic tipe semprotan aerosol adalah tipe yang direkomendasikan untuk Anda yang menyukai rasa segar setelah pemakaian. Tipe seperti ini juga bagus untuk membantu hair tonic mencapai kulit kepala dengan baik karena disemprotkan dengan kuat. Setelah penyemprotan, lakukan pemijatan pada kulit kepala agar hair tonic dapat meresap dengan baik.

Untuk khasiat terbaik, pilihlah golongan produk farmasi atau medicated hair tonic

Untuk khasiat terbaik, pilihlah golongan produk farmasi atau medicated hair tonic
Hair tonic dibagi menjadi kategori produk farmasi (biasanya diberi nama medicated hair tonic) dan kosmetik. Bagi Anda yang ingin lebih merasakan efek hair tonic, silakan periksa labelnya dan pilihlah produk medicated hair tonic.


Medicated hair tonic biasanya diformulasikan dengan bahan aktif dalam jumlah yang telah ditentukan dan diizinkan secara resmi oleh Kementerian Kesehatan. Pada umumnya, produk semacam ini dibuat untuk tujuan membunuh kuman, disinfektan, atau mencegah rasa tidak nyaman. Sementara itu, untuk produk kosmetik, berfokus untuk menjaga kesehatan kulit kepala dengan merawat kulit dan menekan rasa gatal. Efeknya pun lebih lembut dibandingkan tipe produk medicated. Jadi, silakan pilih sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Jika khawatir dengan aromanya, pilihlah yang tanpa pewangi

Jika khawatir dengan aromanya, pilihlah yang tanpa pewangi
Hair tonic tanpa pewangi dianjurkan bagi mereka yang tidak menyukai aroma yang menyengat. Namun, hair tonic tanpa pewangi bukan berarti tidak berbau sama sekali. Hal itu karena aroma dari bahan dasarnya bisa jadi tetap muncul meski suatu produk dinyatakan bebas pewangi. Jadi, harap perhatikan poin tersebut. Hair tonic tanpa pewangi buatan juga lebih aman bagi Anda yang memiliki alergi atau merasa tidak nyaman dengan pewangi buatan.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

NR Hair Tonic Daily Nourishment for Hair and Scalp

Rp 57.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi hair tonic terbaik

Sekarang, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk hair tonic terbaik yang sudah kami pilihkan untuk Anda. Pilihlah yang paling tepat sesuai kebutuhan Anda!
10

Mandom JOHNNY ANDREAN Hair Tonic GROWTH & STRENGTHEN

Rp 35.000,00

Fungsi hair tonicMenyuburkan dan menguatkan rambut
Bahan aktifPhytoprotein, ekstrak swertia japonica, amino coat
Cara pakaiDioleskan
9
Fungsi hair tonicMenyuburkan rambut, mengurangi ketombe dan gatal-gatal
Bahan aktifEkstrak kina, urang-aring, cimbazole, glycerin, panthenol
Cara pakaiDioleskan
8
Fungsi hair tonicMengurangi ketombe, menyuburkan rambut
Bahan aktifAloe leaf extract, ginseng root, menthol
Cara pakaiDisemprotkan
7
Fungsi hair tonicMenstimulasi pertumbuhan rambut, mengurangi rambut rontok, meningkatkan ketebalan rambut
Bahan aktifArginine, niacinamide, aminexil, vitamin PP, gluco-lipid GL
Cara pakaiDioleskan
6
Fungsi hair tonicMelembapkan rambut, mencegah rambut rontok, mengurangi ketombe dan gatal-gatal
Bahan aktifAdenosine
Cara pakaiDisemprotkan
5
Fungsi hair tonicMengurangi kerontokan
Bahan aktifVitamin kompleks, protein, menthol, konsentrat tumbuhan alami (nettle, chamomile, birch, wheat dan horsetail)
Cara pakaiDioleskan
4
Fungsi hair tonicMengurangi rambut rontok, meningkatkan pertumbuhan rambut
Bahan aktifCastor oil, piroctone, panthenol, menthol, camomilla extract, ekstrak birkin
Cara pakaiDioleskan
3
Fungsi hair tonicMerawat kekuatan akar rambut, mengurangi rambut rontok
Bahan aktifEkstrak ginseng, eclipta prostata folium extract
Cara pakaiDioleskan
2

Rudy Hadisuwarno CosmeticsHair Loss Defense Hair Tonic

Rp 52.000,00

Fungsi hair tonicMengurangi rambut rontok
Bahan aktifEkstrak ginseng, active HL defense complex, panthenol, salicylic acid
Cara pakaiDioleskan
1
Fungsi hair tonicMencegah rambut rontok, mencegah ketombe dan gatal-gatal
Bahan aktifSodium succinate, sophora angustifolia root extract, panthenol, pyridoxine HCL, salicylic acid, glycyrrhetinic acid, hinokitiol
Cara pakaiDioleskan

Tabel perbandingan produk hair tonic terbaik

Gambar produk
1
Kaminomoto  Ladies Kaminomoto EX 1

Kaminomoto

2
Rudy Hadisuwarno Cosmetics Hair Loss Defense Hair Tonic 1

Rudy Hadisuwarno Cosmetics

3
Natur  Natural Extract Hair Tonic Ginseng Extract 1

Natur

4
NR Nature & Research Hair-Reactive Tonic 1

NR Nature & Research

5
Garnier Neril Anti-Loss Guard Tonic 1

Garnier

6
Shiseido  Adenovital Scalp Tonic 1

Shiseido

7
Kérastase  Spécifique Stimuliste 1

Kérastase

8
Makarizo  Salon Daily Redensifying Hair Tonic 1

Makarizo

9
Mustika Ratu  Hair Tonic Ramuan Penyubur Rambut 1

Mustika Ratu

10
Mandom  JOHNNY ANDREAN Hair Tonic GROWTH & STRENGTHEN  1

Mandom

Nama produk

Ladies Kaminomoto EX

Hair Loss Defense Hair Tonic

Natural Extract Hair Tonic Ginseng Extract

Hair-Reactive Tonic

Neril Anti-Loss Guard Tonic

Adenovital Scalp Tonic

Spécifique Stimuliste

Salon Daily Redensifying Hair Tonic

Hair Tonic Ramuan Penyubur Rambut

JOHNNY ANDREAN Hair Tonic GROWTH & STRENGTHEN

KeunggulanHair tonic antilengket deng...Menjaga kekuatan akar rambu...Kandungan bioaktif dan ekst...Dengan kandungan piroctone,...Perangi rambut rontok akiba...Dapatkan rambut yang lebih ...Menstimulasi sirkulasi dara...Rasakan kesegaran mentol di...Akar rambut kembali kuat de...Melembapkan kulit kepala da...
HargaRp 350.000,00Rp 52.000,00Rp 32.000,00Rp 89.250,00Rp 42.100,00Rp 417.000,00Rp 335.000,00Rp 45.000,00Rp 20.000,00Rp 35.000,00
Fungsi hair tonicMencegah rambut rontok, mencegah ketombe dan gatal-gatalMengurangi rambut rontokMerawat kekuatan akar rambut, mengurangi rambut rontokMengurangi rambut rontok, meningkatkan pertumbuhan rambutMengurangi kerontokanMelembapkan rambut, mencegah rambut rontok, mengurangi ketombe dan gatal-gatalMenstimulasi pertumbuhan rambut, mengurangi rambut rontok, meningkatkan ketebalan rambutMengurangi ketombe, menyuburkan rambutMenyuburkan rambut, mengurangi ketombe dan gatal-gatalMenyuburkan dan menguatkan rambut
Bahan aktifSodium succinate, sophora angustifolia root extract, panthenol, pyridoxine HCL, salicylic acid, glycyrrhetinic acid, hinokitiolEkstrak ginseng, active HL defense complex, panthenol, salicylic acidEkstrak ginseng, eclipta prostata folium extractCastor oil, piroctone, panthenol, menthol, camomilla extract, ekstrak birkinVitamin kompleks, protein, menthol, konsentrat tumbuhan alami (nettle, chamomile, birch, wheat dan horsetail)AdenosineArginine, niacinamide, aminexil, vitamin PP, gluco-lipid GLAloe leaf extract, ginseng root, mentholEkstrak kina, urang-aring, cimbazole, glycerin, panthenolPhytoprotein, ekstrak swertia japonica, amino coat
Cara pakaiDioleskanDioleskanDioleskanDioleskanDioleskanDisemprotkanDioleskanDisemprotkanDioleskanDioleskan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk perawatan rambut lainnya di sini!

Selain hair tonic, mungkin Anda juga sedang mencari produk perawatan rambut lainnya untuk memaksimalkan kesehatan dan penampilan rambut Anda. Karena itu, kami juga sudah menyiapkan artikel-artikel lain yang bisa dijadikan sebagai referensi. Penasaran bagaimana cara memilih serta apa saja rekomendasi produk pilihan kami? Simak informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Kami sudah merekomendasikan sepuluh hair tonic untuk Anda. Sudahkah Anda menemukan produk yang paling sesuai dengan kondisi rambut Anda? Rambut dianggap sebagai mahkota terutama bagi wanita. Untuk itu, kesehatan rambut tentu penting untuk diperhatikan. 

Penggunaan sampo dan kondisioner saja belum cukup untuk memastikan rambut Anda tetap kuat dan sehat. Hair tonic hadir sebagai solusinya! Dapatkan rambut yang sehat, kuat, dan tanpa kerontokan dengan pemakaian hair tonic yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    192.265 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    347.560 Views
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sinar ultraviolet (UV) tidak hanya muncul saat musim kemarau saja, lho! Pemakaian produk tabir surya perlu dilakukan sepanjang tahun untuk menjaga kulit senantiasa cantik dan sehat. Saat ini sudah banyak produk sunscreen dan sunblock yang dijual di pasaran, mulai dari produk keluaran merek Biore, Shiseido, Neutrogena, Kiehl’s, Skin Aqua, sampai produk tabir surya dalam bentuk spray yang praktis.Pada kesempatan kali ini, kami akan merekomendasikan produk tabir surya terbaik di pasaran. Ada produk tabir surya dengan kandungan SPF dan PA sangat tinggi, tabir surya yang bisa dipakai sebagai foundation, sampai yang tahan air sehingga dapat dipakai berenang. Nah, produk tabir surya seperti apa yang paling direkomendasikan, ya?!
    Kosmetik & kesehatan
    161.605 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    289.065 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    272.800 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    265.921 Views
  • 10 Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Khasiat kemiri bukanlah mitos belaka. Jika selama ini Anda menggunakannya untuk bumbu dapur, kemiri ternyata bisa diolah menjadi minyak. Minyak kemiri ini menyimpan banyak manfaat salah satunya untuk menutrisi rambut Anda.Cara membuat minyak kemiri adalah menyangrai, merebus, atau memanggangnya untuk diambil minyaknya. Namun, Anda tidak perlu bersusah-susah. Telah banyak produk minyak kemiri yang dijual di pasaran dari merek Al-Khodry, Cantiqa, atau Kukui. Artikel ini akan membantu Anda memilih minyak kemiri yang paling sesuai dengan kebutuhan. Jadi, tetaplah membaca.
    Kosmetik & kesehatan
    2.940 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori