10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Apakah Anda menderita masalah rambut rontok, berketombe, gatal dan sebagainya? Jika iya, selain menggunakan sampo dan kondisioner, pemakaian hair tonic juga disarankan untuk menjadikan rambut lebih kuat dan sehat. Apakah Anda familiar dengan hal ini? Atau masih kebingungan dalam menentukan hair tonic yang cocok untuk rambut Anda?

Kali ini, kami akan merekomendasikan produk hair tonic yang dapat Anda jadikan referensi. Merek terkenal seperti Kerastase, Makarizo, dan lainnya termasuk di dalam daftar, lho! Mari rawat dan jaga kekuatan rambut Anda sedini mungkin dengan pemilihan hair tonic yang tepat!

Daftar isi

Apa manfaat hair tonic?

Apa manfaat hair tonic?

Mungkin banyak di antara Anda yang mengharapkan efek pencegahan rambut rontok dan menyuburkan pertumbuhan rambut dari penggunaan hair tonic. Sebenarnya, hair tonic berbeda dengan obat penumbuh atau penyubur rambut. Hair tonic merupakan produk yang berfungsi menjaga kulit kepala agar tetap sehat sehingga kondisinya ideal untuk pertumbuhan rambut.

Meskipun demikian, penggunaan hair tonic bukan tolok ukur untuk mengatasi masalah pemilik rambut tipis atau rambut rontok. Bahan-bahan pada hair tonic berfungsi melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga memungkinkan penyebaran nutrisi pada rambut, menjadikan rambut kuat dan sehat. Jika bahan-bahannya mengandung pelembap, hair tonic semacam ini juga mampu mengurangi kekeringan pada kulit kepala untuk mengurangi risiko munculnya ketombe, kulit kepala gatal, dan rambut rontok. Singkatnya, hair tonic bekerja secara efektif menyiapkan fondasi untuk membuat rambut sehat dan bermanfaat dalam perawatan rambut sehari-hari.

Cara memilih hair tonic

Sekarang kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih hair tonic yang tepat. Silakan mengacu pada artikel ini dan temukan produk yang sesuai dengan selera, kebutuhan, dan tujuan pemakaian Anda.

Pilih sesuai tujuan pemakaian

Dalam memilih hair tonic, salah satu poin penting yang perlu diperhatikan adalah mencari produk yang mengandung bahan aktif sesuai dengan tujuan pemakaian Anda. Di pasaran ada berbagai macam merek hair tonic yang beredar dengan fungsi dan manfaat yang berbeda. Simak penjelasannya berikut ini!

Untuk pemilik rambut tipis, pilih yang bisa menguatkan dan menyehatkan rambut

Untuk pemilik rambut tipis, pilih yang bisa menguatkan dan menyehatkan rambut

Hair tonic yang mengandung bahan aktif untuk membuat rambut kuat dan sehat direkomendasikan untuk Anda yang mengalami masalah rambut tipis. Niacinamide, ekstrak senburi, vitamin E derivatif, dan panthenol adalah beberapa bahan yang mampu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala dan menyehatkan setiap helai rambut. Mari pilih produk yang mengandung bahan-bahan tersebut. Rambut yang kuat dan sehat terasa kencang dan menjadikan akar rambut lebih kokoh sehingga memudahkan Anda untuk menata rambut agar terlihat lebih bervolume.

Pilih yang mengandung bahan pelembap dan antibakteri untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala gatal

Pilih yang mengandung bahan pelembap dan antibakteri untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala gatal

Jika Anda bermasalah dengan ketombe atau kulit kepala yang gatal, dianjurkan menggunakan hair tonic dengan gabungan bahan pelembap dan bahan antibakteri. Ketombe biasanya disebabkan oleh menurunnya keseimbangan kelembapan kulit kepala. Hal ini bisa diatasi dengan pemakaian hair tonic yang mengandung bahan pelembap. Sementara itu, penyebab gatal adalah kulit kepala yang kering yang menyebabkan peradangan. Jadi, penting untuk menjaga agar kulit kepala tidak kering.

Anda dapat memilih produk dengan kandungan ekstrak beeswax yang merupakan komponen pelembap, dan komponen sterilisasi seperti octopirox yang akan bekerja secara efektif mengatasi ketombe dan kulit kepala gatal. Jadi, silakan pilih hair tonic dengan kandungan tersebut.

Untuk sensasi menyegarkan, pilih produk yang menyejukkan

Untuk sensasi menyegarkan, pilih produk yang menyejukkan

Sensasi menyegarkan saat menggunakan hair tonic tentu akan membuat Anda merasa nyaman. Jika Anda tidak memiliki masalah dengan rambut tipis atau permasalahan kulit kepala, menggunakan hair tonic untuk mendapatkan efek refreshing bisa menjadi salah satu alasan. Bagi Anda yang menginginkan perasaan menyegarkan, sebaiknya memilih produk yang mengandung campuran mentol.

Namun, efek antibakteri dan sensasi menyegarkan dari etanol yang merupakan komponen utama hair tonic bisa jadi memberikan rangsangan yang kuat untuk kulit kepala yang sensitif. Jadi, bagi Anda yang memiliki kulit kepala sensitif atau rambut tipis, harap perhatikan poin ini dengan cermat.

Pilih sesuai penggunaan

Secara garis besar, hair tonic dibagi menjadi tipe yang dioleskan langsung dan tipe semprotan aerosol. Disarankan agar Anda memilih tipe yang nyaman sesuai dengan selera Anda.

Untuk kulit kepala sensitif, pilih tipe yang dioleskan langsung

Untuk kulit kepala sensitif, pilih tipe yang dioleskan langsung

Hair tonic tipe yang dioleskan langsung ke kulit kepala dianjurkan bagi Anda yang memiliki kulit kepala sensitif. Rangsangan yang ditimbulkan akan berkurang ketika hair tonic dipercikkan sehingga mengurangi risiko iritasi dan menjadikan ramah bagi kulit kepala. Hair tonic akan memberikan efek yang maksimal jika digosokkan langsung ke kulit kepala. Jadi, jangan lupa untuk memijat kulit kepala setelah memercikkan hair tonic tipe ini.

Tipe semprotan aerosol untuk sensasi menyegarkan

Tipe semprotan aerosol untuk sensasi menyegarkan

Hair tonic tipe semprotan aerosol adalah tipe yang direkomendasikan untuk mereka yang menyukai rasa segar setelah pemakaian. Produk ini bagus untuk membantu hair tonic mencapai kulit kepala dengan baik karena disemprotkan dengan kuat. Setelah penyemprotan, lakukan pemijatan pada kulit kepala agar hair tonic dapat meresap dengan baik.

Periksa apakah termasuk dalam kategori produk farmasi

Periksa apakah termasuk dalam kategori produk farmasi

Hair tonic dibagi menjadi kategori produk farmasi dan kosmetik. Bagi Anda yang ingin lebih merasakan efek hair tonic, silakan periksa labelnya dan pilih yang termasuk dalam kategori produk farmasi.

Hair tonic yang masuk dalam kategori produk farmasi biasanya diformulasikan dengan bahan aktif dalam jumlah yang telah ditentukan dan diizinkan secara resmi oleh Kementerian Kesehatan. Umumnya produk semacam ini dibuat untuk tujuan membunuh kuman, desinfeksi, atau mencegah rasa tidak nyaman. Sedangkan untuk produk kosmetik, efeknya lebih lembut dibandingkan tipe produk farmasi dan berfokus pada menjaga kesehatan kulit kepala dengan merawat kulit dan menekan rasa gatal. Jadi, silakan pilih sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Jika khawatir dengan aromanya, pilih yang tanpa pewangi

Jika khawatir dengan aromanya, pilih yang tanpa pewangi

Hair tonic tanpa aroma dianjurkan bagi mereka yang tidak menyukai aroma yang menyengat. Namun, hair tonic tanpa aroma bukan berarti tidak berbau sama sekali karena aroma dari bahan dasarnya bisa jadi tetap muncul meski suatu produk dinyatakan bebas pewangi. Jadi, harap perhatikan poin ini. Bagi yang memiliki alergi atau merasa tidak nyaman dengan pewangi buatan, akan lebih tenang jika Anda menggunakan hair tonic yang tidak beraroma.

10 Rekomendasi hair tonic terbaik

Setelah mengetahui cara memilih hair tonic dengan benar, kali ini kami akan memberikan 10 rekomendasi produk hair tonic terbaik berdasarkan pertimbangan cost & performance-nya. Pilih yang paling tepat sesuai kebutuhan Anda!

10. Johnny Andrean Hair Tonic Growth & Strengthen

10. Johnny Andrean Hair Tonic Growth & Strengthen

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.000

Perawatan ganda untuk merangsang pertumbuhan rambut

Ekstrak swertia japonica pada Johnny Andrean Hair Tonic Grow & Strengthen mampu merangsang pertumbuhan rambut sehingga produk ini sangat pas untuk Anda dengan rambut yang sering rontok dan tipis. Kandungan amino coat di dalamnya juga mampu melembapkan kulit kepala dan rambut untuk menjadikannya lebih sehat.

Hair tonic tipe spray ini dapat digunakan dua kali sehari setiap pagi dan malam sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Penggunaan rangkaian produk perawatan rambut Johnny Andrean lainnya juga disarankan untuk memaksimalkan efek yang diinginkan.

9. Mustika Ratu Hair Tonic Penyubur Rambut

9. Mustika Ratu Hair Tonic Penyubur Rambut

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.800

Merawat pertumbuhan rambut dan mengurangi ketombe

Mustika Ratu Hair Tonic Penyubur Rambut menggunakan rempah-rempah asli Indonesia sebagai bahan bakunya. Hair tonic tipe yang dioleskan langsung pada kulit kepala ini mengandung urang-aring, jahe, dan ekstrak quinine yang berkhasiat untuk menutrisi, memperkuat akar rambut, serta merawat pertumbuhannya agar rambut tidak mudah rontok.

Bagi Anda yang memiliki permasalahan dengan ketombe, hair tonic ini juga bisa menjadi pilihan karena kandungan cimbazole-nya bermanfaat mengurangi ketombe dan gatal pada kulit kepala akibat ketombe. Produk dari Mustika Ratu telah dilengkapi dengan label halal sehingga aman digunakan untuk Anda yang mementingkan status halal suatu produk.

8. Makarizo Salon Daily Redensifying Hair Tonic

8. Makarizo Salon Daily Redensifying Hair Tonic

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 39.500

Mengatasi ketombe sekaligus memperkuat akar rambut

Jika Anda memiliki masalah dengan ketombe, Makarizo Salon Daily Redensifying Hair Tonic bisa menjadi pilihan! Hair tonic ini bekerja dengan membersihkan kulit kepala sehingga ketombe dapat berkurang dan menghilang serta mencegahnya muncul kembali.

Kandungan mentol pada hair tonic ini memberi rasa segar dan dingin pada kulit kepala sehingga cocok untuk Anda yang menggunakan hair tonic untuk mendapatkan sensasi kesegaran! Kandungan akar ginseng dan ekstrak lidah buaya dalam produk ini berkhasiat menutrisi kulit kepala, memperkuat akar rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut sehingga dapat digunakan juga untuk pemilik rambut tipis.

7. Kerastase Specifique Spray Stimuliste

7. Kerastase Specifique Spray Stimuliste

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 330.000

Produk yang mendorong penyerapan nutrisi pada rambut

Salah satu merek yang telah malang melintang mengeluarkan produk perawatan rambut adalah Kerastase. Untuk hair tonic, brand ini mengeluarkan Kerastase Specifique Spray Stimuliste yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut serta mencegah terjadinya kerontokan dan memperpanjang usia rambut.

Produk ini diformulasikan untuk membantu menstimulasi sirkulasi darah di kulit kepala, memperkuat rambut, dan menjadikannya mampu menyerap nutrisi dengan sempurna sehingga sangat pas digunakan oleh Anda yang memiliki rambut kering dan tipis. Hair tonic tipe spray ini memberikan efek pada rambut segera setelah digunakan seusai keramas.

6. Shiseido The Hair Care Adenovital Scalp Tonic

6. Shiseido The Hair Care Adenovital Scalp Tonic

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 329.000

Dapatkan rambut yang lebih kuat dan kulit kepala yang lebih lembap

Dengan menggunakan hair tonic dari Shiseido ini, rambut Anda akan terlihat lebih lebat, kuat, dan sehat. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang mendambakan rambut yang lebih ber-volume dan ingin mencegah kerontokan. Hair tonic ini memiliki aroma buah yang manis dan menyegarkan sehingga menimbulkan efek relaksasi.

Shiseido The Hair Care Adenovital mengandung bahan biogenik ramuan asli dari Shiseido yang bekerja pada papila rambut untuk mengurangi kerontokan. Produk ini juga mengandung ekstrak aprikot yang bermanfaat bagi kulit kepala agar lebih lembap dan sehat serta ekstrak ononis untuk memperkuat kutikula sehingga rambut tahan terhadap kerusakan.

5. Garnier Neril Anti-Loss Guard Tonic

5. Garnier Neril Anti-Loss Guard Tonic

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 77.000

Perangi rambut rontok akibat kekurangan nutrisi dengan produk ini!

Salah satu hair tonic yang dipercaya mampu mengurangi rambut rontok adalah Garnier Neril Anti-Loss Guard Tonic. Berbagai ekstrak tanaman, mulai dari wheat, horsetail, nettle, chamomile, hingga birch yang terkandung di dalamnya memiliki peranan penting dalam pertumbuhan rambut karena berfungsi melindungi dan memelihara pembuluh darah kapiler pada kulit kepala.

Hair tonic ini juga diperkaya dengan protein dan vitamin kompleks yang menutrisi akar rambut sehingga kekuatannya terjaga dan menghasilkan pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan kuat. Produk ini memiliki aroma menthol sehingga memberi sensasi dingin dan segar saat menyentuh kulit kepala.

4. NR Hair-Reactive Tonic

4. NR Hair-Reactive Tonic

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 89.800

Percepat pertumbuhan rambut Anda dengan produk ini!

Jika Anda memiliki masalah rambut rontok yang telah lama dibiarkan dan tidak kunjung sembuh, penggunaan NR Hair-Reactive Tonic bisa menjadi solusi! Hair tonic ini dipercaya memiliki khasiat mengurangi kerontokan, menyuburkan rambut, dan memudahkan penyerapan gizi pada rambut menjadikan akar rambut lebih sehat dan kuat.

Kandungan piroctone pada produk ini bermanfaat untuk mengurangi jamur pada kulit kepala, sementara tocopheryl acetate atau vitamin E acetate dan ekstrak tujuh tanaman lainnya berguna untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Selain memiliki banyak manfaat, produk ini juga dapat memberi kesegaran pada kulit kepala.

3. Natur Natural Extract Hair Tonic Ginseng Extract

3. Natur Natural Extract Hair Tonic Ginseng Extract

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.350

Penggunaan bahan-bahan alami tanpa zat kimia

Ekstrak ginseng yang terdapat dalam Natur Natural Extract Hair Tonic Ginseng Extract ini memiliki kandungan bioaktif yang dapat memperbaiki tekstur akar dan helai rambut sehingga rambut terlihat lebih sehat dan indah. Selain itu, kandungan tersebut juga berkhasiat sebagai deep conditioning pada rambut dan melancarkan peredaran darah pada kulit kepala.

Hair tonic tipe yang dioleskan langsung dari Natur ini mampu mencegah kerontokan sehingga cocok untuk pemilik rambut tipis atau rontok. Produk ini aman digunakan untuk semua jenis rambut dan kulit kepala karena Natur menggunakan bahan-bahan alami seperti ekstrak tanaman herbal sebagai pewarna dan aroma teh hijau yang menyegarkan sebagai pewangi.

2. Reuzel Grooming Tonic

2. Reuzel Grooming Tonic

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Dapatkan rambut yang lebih ber-volume, tetapi tidak terkesan berat!

Reuzel Grooming Tonic yang cocok untuk semua jenis rambut ini sangat pas digunakan saat blow-drying karena dapat melindungi rambut dari berbagai aktivitas thermal styling. Untuk Anda yang menginginkan rambut lebih ber-volume, tetapi tidak terkesan berat, ini adalah produk yang tepat!

Hair tonic yang diperuntukkan khusus bagi pria ini memanfaatkan khasiat ekstrak witch hazel sebagai astringent alami, ekstrak nesttle leaf untuk membuat rambut lebih berkilau, dan ekstrak rosemary untuk melembapkan. Produk ini juga mampu menjaga kekuatan rambut karena kandungan argan oil dan ekstrak horsetail root di dalamnya.

1. Ladies Kaminomoto EX

1. Ladies Kaminomoto EX

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Hair tonic dengan formulasi khusus untuk para wanita!

Jika Anda mengalami kerontokan rambut karena melahirkan atau menopause, maka Ladies Kaminomoto EX merupakan produk yang tepat untuk dipilih! Hair tonic khusus wanita ini mengandung tujuh bahan aktif yang diformulasikan untuk mencegah kerontokan rambut dengan merangsang sirkulasi darah dan menutrisi kulit kepala serta akar rambut.

Hair tonic ini mampu menenangkan kulit kepala, mencegah terjadinya gatal dan ketombe, serta memberi elastisitas pada rambut. Produk asal Jepang ini tidak mengandung pewangi, tidak lengket, dan tidak berminyak sehingga nyaman untuk digunakan secara rutin setiap dua hari sekali.

Kesimpulan

Rambut merupakan mahkota, terutama bagi wanita. Untuk itu, kesehatan rambut tentu penting untuk diperhatikan. Penggunaan sampo dan kondisioner saja belum cukup untuk memastikan rambut Anda tetap kuat dan sehat. Hair tonic hadir sebagai solusinya!

Bagaimana pendapat Anda tentang produk rekomendasi kami? Apakah ada yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Dapatkan rambut yang sehat dan kuat, tanpa kerontokan dengan pemakaian hair tonic yang tepat!