• 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Masalah kerontokan, ketombe, kulit kepala gatal, dan beragam masalah rambut lainnya memerlukan lebih dari sekadar shampo. Menambahkan hair tonic yang bagus akan mengoptimalkan perawatan yang Anda butuhkan. Pemakaian hair tonic yang tepat menjadikan rambut lebih kuat, sehat, dan berkilau. 

Namun, dengan banyaknya merek hair tonic saat ini, manakah produk yang tepat untuk mengatasi masalah rambut Anda? Kali ini, kami akan berbagi tips memilih hair tonic terbaik untuk Anda. Beragam review hair tonic dari merek ternama, seperti ERHA, Natur, dan Dove ada di sini. Penasaran dengan ulasan lengkapnya? Simak artikel ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa manfaat hair tonic?

Apa manfaat hair tonic?
Bicara mengenai hair tonic, mungkin banyak dari Anda akan mengharapkan penyubur rambut atau pencegah kerontokan rabut. Namun, pada kenyataannya fungsi hair tonic berbeda dengan obat penumbuh atau penyubur rambut.

Manfaat hair tonic sebenarnya adalah menjaga kulit kepala agar tetap sehat. Dengan kulit kepala yang sehat, diharapkan rambut dapat tumbuh dalam kondisi kulit kepala yang ideal.


Meski demikian, kandungan dalam tonic rambut dapat melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Dengan begitu, penyebaran nutrisi pada rambut akan lebih baik sehingga rambut jadi kuat dan sehat.


Tonic rambut juga mengandung pelembap sehingga mencegah kulit kepala dari kekeringan yang menyebabkan ketombe dan gatal. Singkatnya, kegunaan tonic dalam perawatan rambut sehari-hari adalah menyiapkan fondasi untuk rambut yang sehat.

Cara memilih hair tonic

Ada banyak pilihan rekomendasi hair tonic saat ini. Ada hair tonic untuk ketombe, hair tonic untuk rambut rontok, maupun rambut kering. Yuk, simak cara memilih tonic rambut terbaik di bawah ini!

Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit kepala

Memilih toner rambut tidak cuma sekadar mencari merek hair tonic yang bagus. Namun, hair tonic juga perlu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda, ya.

Rambut tipis, pilihlah yang bisa menguatkan dan menyehatkan rambut

Rambut tipis, pilihlah yang bisa menguatkan dan menyehatkan rambut
Hair tonic mengandung bahan aktif untuk menguatkan dan menyehatkan rambut yang mengalami penipisan. Beberapa bahan aktif dalam hair tonic penumbuh rambut, di antaranya:
  • niacinamide,
  • assembly extract,
  • vitamin E derivatif, dan
  • panthenol.

Bahan-bahan dalam toner untuk rambut rontok tersebut diyakini mampu menyehatkan dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Dengan begitu, akar hingga helaian rambut lebih kuat dan rambut tumbuh lebih subur serta terlihat lebih bervolume.

Kulit kepala gatal dan berketombe, pilih yang mengandung pelembap dan antibakteri

Kulit kepala gatal dan berketombe, pilih yang mengandung pelembap dan antibakteri
Jika Anda bermasalah dengan kulit kepala gatal dan berketombe, gunakanlah hair tonic yang mengandung pelembap sekaligus antibakteri. Ketombe biasanya disebabkan oleh menurunnya keseimbangan kelembapan kulit kepala. Sementara gatal pada kulit kepala kerap terjadi karena kulit yang kering dan meradang.

Oleh karena itu, saat memilih hair tonic, prioritaskan bahan pelembap, antibakteri, dan anti-inflamasi. Berikut adalah bahan-bahan dalam hair tonic yang perlu Anda cermati:

  • Pelembap: beeswax, ceramide, collagen, hyaluronic acid, glycerin, dan asam amino
  • Antibakteri: octopirox
  • Anti-inflamasi: glycyrrhizinate 2K, isopropyl methylphenol, hinokitiol, ekstrak akar licorice, dan chamomile

Butuh kesegaran, pilih hair tonic dengan sensasi menyegarkan

Butuh kesegaran, pilih hair tonic dengan sensasi menyegarkan
Sensasi menyegarkan pada hair tonic membuat Anda merasa nyaman. Jika Anda tidak punya masalah rambut dan kulit kepala, Anda bisa menggunakan hair tonic dengan efek refreshing. Untuk sensasi yang menyegarkan, pilihlah hair tonic yang mengandung mentol.

Namun, Anda perlu hati-hati pada komponen hair tonic lain yang memberi sensasi segar dan antibakteri, seperti etanol. Komponen utama pada hair tonic ini cukup berisiko untuk kulit kepala yang sensitif. Jadi, bagi Anda yang memiliki kulit kepala sensitif atau rambut tipis, harap berhati-hati, ya.


Untuk kulit kepala yang segar, Anda juga bisa mencermati bahan yang dapat menghambat sekresi sebum pada kulit kepala, contohnya:

  • ascorbyl tetra 2-hexyldecanoate,
  • ekstrak rosemary, dan
  • ekstrak edelweiss.

Sementara untuk memberikan aroma yang segar pada kulit kepala, Anda bisa mencermati bahan berikut:

  • ekstrak daun teh,
  • ekstrak cengkeh, dan 
  • ekstrak bija.

Ketahui cara pakainya

Selain harus menyesuaikan dengan kondisi rambut dan kulit kepala, Anda perlu mengetahui cara pemakaian hair tonic. Ada hair tonic yang bisa dioleskan langsung dan ada yang berbentuk spray.

Dioleskan langsung, cocok untuk kulit kepala sensitif

Dioleskan langsung, cocok untuk kulit kepala sensitif
Hair tonic yang dioleskan langsung ke kulit kepala lebih disarankan untuk kulit kepala yang sensitif. Hair tonic semacam ini dinilai lebih ramah bagi kulit kepala dan minim iritasi.

Hair tonic juga memberikan efek yang maksimal jika sambil digosokan ke kulit kepala. Jadi, jika memakai hair tonic seperti ini, Anda bisa menggunakannya sambil memijat kulit kepala.

Disemprotkan, memberi sensasi menyegarkan

Disemprotkan, memberi sensasi menyegarkan
Selain hair tonic yang langsung dipercikan, ada juga toner rambut yang dikemas dalam bentuk spray. Hair tonic spray atau aerosol direkomendasikan untuk Anda yang menyukai sensasi segar di kulit kepala.

Kemasan ini juga membantu hair tonic menjangkau kulit kepala dengan lebih baik karena disemprotkan dengan kuat. Setelah penyemprotan, lakukan pemijatan agar hair tonic dapat terserap dengan baik, ya.

Cari produk farmasi atau medicated hair tonic

Cari produk farmasi atau medicated hair tonic
Hair tonic dibagi menjadi dua kategori, yaitu produk farmasi (biasanya disebut medicated hair tonic) dan kosmetik. Beberapa hair tonic menyertakan kedua label berikut.

Medicated hair tonic biasanya diformulasi dengan bahan aktif dalam kadar tertentu yang telah berizin secara resmi. Umumnya, hair tonic ini dibuat untuk tujuan membunuh kuman, disinfeksi, atau mencegah rasa tidak nyaman kulit kepala. Medicated hair tonic juga dipercaya memberikan efek yang lebih intens daripada hair tonic biasa. 


Produk medicated hair tonic biasanya mencantumkan label atau info tersebut pada kemasannya. Di Indonesia sendiri, produk berlabel medicated hair tonic masih jarang ditemukan.


Sementara hair tonic yang tergolong produk kosmetik biasanya fokus pada menjaga kesehatan dan perawatan kulit kepala. Hasil dari perawatan dengan hair tonic ini dirasa lebih lembut bila dibandingkan medicated hair tonic. Jadi, silakan pilih sesuai kebutuhan dan permasalahan rambut Anda.

Cermati tambahan bahan pewanginya

Cermati tambahan bahan pewanginya
Hair tonic tanpa pewangi dianjurkan bagi Anda yang kurang menyukai aroma yang menyengat. Namun, hair tonic tanpa pewangi bukan berarti tidak berbau sama sekali. Hal itu karena aroma dari bahan dasarnya bisa jadi tetap muncul meski suatu produk dinyatakan bebas pewangi. 


Hair tonic tanpa pewangi buatan juga lebih aman jika Anda punya alergi atau tidak nyaman dengan pewangi buatan. Jadi, Anda perlu cermat dengan kandungan pewangi dalam hair tonic pilihan Anda, ya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Makarizo Professional Barber Daily 2 in 1 Hair Tonic

Mulai dari Rp 46.800,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi hair tonic terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hair tonic terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

MakarizoAdvisor Anti-Hair Fall Defense Hair & Scalp Tonic

Mulai dari Rp 62.000,00

Fungsi hair tonicMenyuburkan dan mengatasi ketombe
Bahan aktifGinseng, Aloe vera, octopirox, panthenol/pro-vit B5, dan menthol
Cara pakaiDisemprotkan di kulit kepala, setelah keramas saat rambut setengah kering
9
Fungsi hair tonicMenguatkan dan melembapkan rambut
Bahan aktifCastor oil, ekstrak kemiri, ekstrak cabai, panthenol, dan menthol
Cara pakaiDisemprotkan di kulit kepala setelah keramas saat rambut setengah basah
8

UnileverDove Hair Tonic Hair Fall Intensive Leave On Treatment

Mulai dari Rp 71.800,00

Fungsi hair tonicMencegah kerontokan
Bahan aktifDynazinc dan grapeseed oil
Cara pakaiDioleskan di kulit kepala, setelah keramas saat rambut kering
7
Fungsi hair tonicMencegah kerontokan, patah, bercabang, dan rusak
Bahan aktifEkstrak chamomile, horsetail, betula alba, panthenol/vitamin B5 dan E
Cara pakaiDioleskan di kulit kepala, setelah keramas saat rambut kering
6

GarnierNeril Anti-Loss Guard Tonic

Mulai dari Rp 65.000,00

Fungsi hair tonicMengurangi kerontokan dan menguatkan rambut
Bahan aktifNettle, chamomile, birch, wheat, horsetail, vitamin kompleks, protein, menthol, panthenol, niacinamide, dan vitamin E
Cara pakaiDioleskan di kulit kepala, setelah keramas saat rambut setengah kering
5
Fungsi hair tonicMenyuburkan, mengatasi gatal, dan ketombe
Bahan aktifGinseng dan fermented herbs
Cara pakaiDisemprotkan di kulit kepala yang kering sebelum styling
4
Fungsi hair tonicMenyuburkan dan menguatkan rambut
Bahan aktifCastor oil, citric acid, menthol, ekstrak chamomile, betula alba, biotin, vitamin E, dan panthenol
Cara pakaiDioleskan di kulit kepala, setelah keramas saat rambut setengah kering
3
Fungsi hair tonicMerawat kekuatan rambut
Bahan aktifEkstrak murbei, ekstrak buah legundi, daun kelor, castor oil, dan ginseng
Cara pakaiDipakai setelah keramas
2
Fungsi hair tonicMenyuburkan dan menguatkan rambut
Bahan aktifEkstrak kina, urang-aring, glycerin, dan cimbazole
Cara pakaiDioleskan di kulit kepala setelah keramas
1

ERHAERHAIR HairGrow Tonic with Keratin & Biotin

Mulai dari Rp 130.900,00

Fungsi hair tonicMengurangi rontok dan menutrisi kulit kepala
Bahan aktifGinseng, niacinamide, urang-aring, arganin, zinc gluconate, vitamin, mineral, kopexil, keratin, asam amino, dipotasium glycyrrhizinate, dan biotin
Cara pakaiDisemprotkan di kulit kepala, setelah keramas saat rambut setengah kering atau kering

Tabel perbandingan produk hair tonic terbaik

Gambar produk
1
ERHA ERHAIR HairGrow Tonic with Keratin & Biotin 1

ERHA

2
Mustika Ratu Ramuan Penyubur Rambut 1

Mustika Ratu

3
Natur Hair Tonic Gingseng 1

Natur

4
NR Hair Tonic 1

NR

5
Essential  Hair Tonic Essential Yellow 1

Essential

6
Garnier Neril Anti-Loss Guard Tonic 1

Garnier

7
Mylea Hair Tonic Intensive 1

Mylea

8
Unilever Dove Hair Tonic Hair Fall Intensive Leave On Treatment 1

Unilever

9
CAVE  Hair Tonic 1

CAVE

10
Makarizo Advisor Anti-Hair Fall Defense Hair & Scalp Tonic 1

Makarizo

Nama produk

ERHAIR HairGrow Tonic with Keratin & Biotin

Ramuan Penyubur Rambut

Hair Tonic Gingseng

Hair Tonic

Hair Tonic Essential Yellow

Neril Anti-Loss Guard Tonic

Hair Tonic Intensive

Dove Hair Tonic Hair Fall Intensive Leave On Treatment

Hair Tonic

Advisor Anti-Hair Fall Defense Hair & Scalp Tonic

Keunggulan

Solusi rambut rontok dengan teknologi dermatologi!

Kulit kepala bebas gatal dan rambut pun jadi kuat

Merawat rambut dengan aroma yang menyegarkan

Mengatasi kulit kepala berminyak dan sangat kering

Hair tonic untuk rambut rontok dan berketombe

Memenuhi kebutuhan nutrisi kulit kepala Anda

Mencegah kerontokan dan menebalkan rambut

Pelengkap rangkaian perawatan rambut Anda di rumah

Memenuhi kebutuhan rambut kering dan rontok

Formula 2-in-1 untuk rambut berketombe

Harga mulai dariRp 130.900,00Rp 13.000,00Rp 48.000,00Rp 90.500,00Rp 135.000,00Rp 65.000,00Rp 32.900,00Rp 71.800,00Rp 125.000,00Rp 62.000,00
Fungsi hair tonicMengurangi rontok dan menutrisi kulit kepalaMenyuburkan dan menguatkan rambutMerawat kekuatan rambutMenyuburkan dan menguatkan rambutMenyuburkan, mengatasi gatal, dan ketombeMengurangi kerontokan dan menguatkan rambutMencegah kerontokan, patah, bercabang, dan rusakMencegah kerontokanMenguatkan dan melembapkan rambutMenyuburkan dan mengatasi ketombe
Bahan aktifGinseng, niacinamide, urang-aring, arganin, zinc gluconate, vitamin, mineral, kopexil, keratin, asam amino, dipotasium glycyrrhizinate, dan biotinEkstrak kina, urang-aring, glycerin, dan cimbazoleEkstrak murbei, ekstrak buah legundi, daun kelor, castor oil, dan ginsengCastor oil, citric acid, menthol, ekstrak chamomile, betula alba, biotin, vitamin E, dan panthenolGinseng dan fermented herbsNettle, chamomile, birch, wheat, horsetail, vitamin kompleks, protein, menthol, panthenol, niacinamide, dan vitamin EEkstrak chamomile, horsetail, betula alba, panthenol/vitamin B5 dan EDynazinc dan grapeseed oilCastor oil, ekstrak kemiri, ekstrak cabai, panthenol, dan mentholGinseng, Aloe vera, octopirox, panthenol/pro-vit B5, dan menthol
Cara pakaiDisemprotkan di kulit kepala, setelah keramas saat rambut setengah kering atau keringDioleskan di kulit kepala setelah keramasDipakai setelah keramasDioleskan di kulit kepala, setelah keramas saat rambut setengah keringDisemprotkan di kulit kepala yang kering sebelum stylingDioleskan di kulit kepala, setelah keramas saat rambut setengah keringDioleskan di kulit kepala, setelah keramas saat rambut keringDioleskan di kulit kepala, setelah keramas saat rambut kering Disemprotkan di kulit kepala setelah keramas saat rambut setengah basahDisemprotkan di kulit kepala, setelah keramas saat rambut setengah kering
Tautan produk

Pertanyaan seputar hair tonic

Pertanyaan seputar hair tonic

Anda punya pertanyaan seputar hair tonic? Berikut ini, kami telah menghimpun beragam pertanyaan seputar hair tonic. Yuk, disimak!

Bolehkah pakai hair tonic setiap hari?

Pada umumnya, hair tonic dibuat sebagai perawatan untuk rambut yang berminyak. Hair tonic dipercaya dapat menahan produksi minyak berlebih di kulit kepala. Namun, penggunaan hair tonic juga harus bijak dan sesuai takaran yang dianjurkan.


Hair tonic boleh dipakai setiap hari. Namun, para ahli menganjurkan pemakaiannya sebatas 2–3 kali saja dalam sehari. Pastikan Anda menggunakan hair tonic setelah keramas, ya.

Apakah ada efek samping dari hair tonic?

Efek hair tonic bervariasi tergantung dari kondisi rambut Anda. Namun, Anda sangat disarankan untuk selalu mencermati komposisi bahan hair tonic.


Mengingat setiap kondisi kulit kepala bisa berbeda-beda, pada sebagian orang, mungkin ada komposisi hair tonic yang bisa memicu iritasi. Untuk lebih amannya, kami menyarankan Anda untuk mencoba hair tonic sedikit terlebih dulu sembari memeriksa efek yang dirasakan.

Apa bedanya hair tonic, hair vitamin, dan hair serum?

  • Hair vitamin

Manfaat hair vitamin lebih tepat untuk rambut yang mudah patah dan sulit diatur. Hair vitamin menutrisi dari helai rambut. 


  • Hair tonic

Manfaat hair tonic adalah menutrisi rambut dari akar. Dari segi formula, hair tonic juga tidak membuat rambut berminyak.


  • Hair serum

Berbeda dengan kedua hair care yang sudah kami sebutkan, hair serum formulanya lebih intensif. Hair serum digunakan pada akar rambut. Formula hair serum diklaim dapat memperbaiki rambut rusak lebih cepat.

Baca juga rekomendasi produk perawatan rambut lainnya di sini

Selain produk hair tonic penyubur rambut, kami juga masih punya beragam rekomendasi perawatan rambut lainnya. Mari lengkapi rangkaian perawatan rambut Anda dengan produk di bawah ini.

Kesimpulan

Merawat rambut tidak cukup hanya membersihkan saja. Hair tonic juga penting untuk menutrisi kulit kepala agar rambut tumbuh sehat. Pemijatan pada kulit kepala saat mengaplikasikan hair tonic juga bisa melancarkan peredaran darah.


Anda bisa memilih beragam hair tonic untuk mengatasi rontok, ketombe, dan kepala gatal. Saat memilih hair tonic, pastikan Anda menggunakan tips memilih dari kami, ya. Jangan lupa juga untuk membeli dari marketplace tepercaya yang sudah kami sediakan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus Tanpa Bleaching (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus Tanpa Bleaching (Terbaru Tahun 2022)
    Anda ingin tampil outstanding dengan warna rambut baru, tetapi takut rambut rusak? Cat rambut tanpa bleaching solusinya! Anda bisa mencari produk cat rambut yang bagus tanpa bleaching di marketplace. Jika sudah membaca review cat rambut, tetapi masih bingung dalam menentukan produknya, Anda bisa menyimak artikel ini!Kami akan memaparkan cara memilih pewarna rambut yang bagus tanpa bleaching sekaligus memberikan rekomendasi produk cat rambut terbaik. Anda bisa menemukan berbagai merek cat rambut populer, seperti L’Oreal, Garnier, Nyu, Miranda, Implora, hingga Revlon. Yuk, temukan warna cat rambut favorit Anda!
    Perawatan rambut
  • 10 Serum Rambut Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Rambut Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Rambut yang sehat dan berkilau merupakan dambaan semua orang. Untuk mendapatkannya, Anda harus merawat rambut dengan baik. Salah satu produk perawatan rambut yang dapat digunakan adalah serum rambut. Serum rambut memiliki beragam manfaat, misalnya untuk merawat rambut kering dan mengembang, mencegah kerontokan, serta merangsang pertumbuhan rambut.Jika Anda masih tergolong baru dalam menggunakan serum rambut, kami akan berbagi tips memilihnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek serum rambut yang bagus, seperti L'Oréal Paris, Makarizo, Kérastase, dan TRESemmé. Yuk, disimak! Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Cat Rambut Garnier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cat Rambut Garnier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sekarang ini, mewarnai rambut bukan lagi hal asing. Bahkan, Anda dapat mewarnai rambut di rumah. Salah satu merek cat rambut yang bagus dan praktis sekaligus dapat merawat rambut adalah Garnier. Cat rambut Garnier hadir dengan berbagai pilihan warna, mulai dari yang netral sampai fashionable.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih cat rambut Garnier. Kami juga akan merekomendasikan pilihan warna cat rambut terbaik dari Garnier. Berbagai warna, mulai dari Golden Brown, ungu, sampai Coklat Caramel ada dalam rekomendasi kami. Sebelum mewarnai rambut Anda, simak dahulu artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rambut rontok berlebih merupakan masalah yang bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan memakai sampo yang tepat. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih sampo terbaik yang bagus untuk mengatasi rontok parah ataupun ringan.Mulai dari sampo yang menguatkan rambut dari akar sampai sampo yang mengatasi kerontokan disertai ketombe akan kami bahas. Simak juga sepuluh rekomendasi sampo antirontok terbaik mulai dari merek L'Oreal Paris, Dove, hingga Pantene. Mari pelajari penyebab rambut rontok berlebih dan temukan produk yang sesuai dengan kondisi Anda!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Herbal Essences Shampoo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Herbal Essences Shampoo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak pilihan merek sampo di pasaran, salah satunya adalah Herbal Essences dari P&G. Herbal Essences memiliki berbagai produk perawatan rambut yang bagus dan mengandung bahan-bahan alami. Varian produknya pun cukup banyak sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan rambut dan kulit kepala Anda.Kali ini kami akan mengupas tuntas tentang Herbal Essences shampoo. Agar Anda lebih mengenal produknya, simaklah tips cara memilihnya dari kami di artikel ini. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk terbaik, seperti Color Me Happy untuk rambut berwarna dan Hello Hydration untuk rambut rontok. Langsung mulai saja, yuk!
    Perawatan rambut
  • 10 Hairspray Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hairspray Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2022)
    Hairspray adalah produk yang diperlukan untuk menjaga tatanan rambut wanita agar senantiasa terlihat rapi. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis hairspray di pasaran. Tidak hanya itu, banyaknya merek terkenal, seperti Barbara Walden, TRESemmé, dan Makarizo, bisa membuat Anda bingung ketika memilih. Kami akan membagikan beberapa tips dalam memilih hairspray. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi hairspray terbaik untuk wanita. Hairspray yang bagus untuk rambut curly, tahan lama, hingga bebas aerosol ada di dalam daftar rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli penata rambut, Kiki Talahatu. Selamat membaca!
    Perawatan rambut
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori