mybest
Skincare

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Skincare untuk Usia 50 Tahun ke Atas Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Skincare untuk Usia 50 Tahun ke Atas Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Skincare untuk Usia 50 Tahun ke Atas Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Skincare untuk Usia 50 Tahun ke Atas Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Skincare untuk Usia 50 Tahun ke Atas Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Skincare untuk Usia 50 Tahun ke Atas Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Skincare untuk Usia 50 Tahun ke Atas Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Memasuki usia 50-an, kulit akan mengalami masalah, seperti keriput makin terlihat jelas atau kulit tampak kusam dan kendur. Untuk membantu mengatasinya, Anda perlu menggunakan skincare yang tepat. Namun, jenis, kandungan, dan merek skincare yang ada di pasaran sangat beragam. Manakah produk yang tepat untuk dipilih?


Untuk tahu jawabannya, simak cara memilih skincare usia 50 tahun ke atas yang disusun bersama dermatovenereologist dr. Dinda Saraswati. Kami juga mengulas skincare yang bagus dari berbagai merek, seperti Wardah, SKINTIFIC, dan Olay. Semuanya kami siapkan agar Anda menemukan skincare terbaik untuk usia 50 tahun ke atas!

Diperbaharui 29/03/2024
dr. Dinda Saraswati
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dinda Saraswati

dr. Dinda Saraswati M, Sp.DVE menyelesaikan pendidikan dokter spesialis dermatovenereologi estetik di Universitas Gadjah Mada tahun 2019. dr. Dinda merupakan owner dan founder dari Mydervia Dermatologi Clinic Yogyakarta yang merupakan klinik kulit dan kelamin serta estetika yang terpadu. Saat ini, dr. Dinda juga berpraktek di RS AMC Muhammadiyah Yogyakarta.

Profil dr. Dinda Saraswati
Lanjut membaca
Nisa Destiana
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Nisa Destiana

Nisa Destiana adalah seorang apoteker yang sudah gemar menulis sedari kecil dan bercita-cita menjadikan hobi tersebut sebagai karier profesional. Usai bekerja di perusahaan farmasi multinasional selama hampir lima tahun, ia memutuskan untuk memulai karier sebagai content writer. Nisa banyak menulis artikel-artikel kesehatan untuk start-up telemedisin sebelum akhirnya menulis dan menjadi editor untuk mybest Indonesia. Di mybest Indonesia, Nisa banyak terhubung dengan pakar untuk menulis berbagai artikel perawatan tubuh, kecantikan, dan kesehatan sesuai latar belakang pendidikannya.

Profil Nisa Destiana
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa manfaat memakai skincare di usia 50 tahun ke atas?

Pakar
Pakar

Untuk individu yang berusia 50 tahun ke atas, skincare ditujukan untuk melembapkan kulit, memudarkan flek hitam, dan menjaga elastisitas kulit. Selain itu, skincare juga dapat menjaga agar tanda-tanda penuaan tidak makin tampak signifikan.

Apa manfaat memakai skincare di usia 50 tahun ke atas?

Penggunaan skincare tidak dapat diabaikan, terutama bagi individu yang telah mencapai usia 50 tahun. Skincare tidak menghentikan proses penuaan alami, tetapi membantu memperbaiki kondisi kulit yang mulai menua. Sesuai karakteristik kulit mature dan aging, skincare untuk individu pada usia 50 tahun memberikan sejumlah manfaat berikut:


  • Melembapkan kulit
Seiring bertambahnya usia, kulit cenderung menjadi lebih kering karena kehilangan kelembapan alami. Menurunnya kadar air dan minyak dalam kulit dapat menyebabkan kulit lebih rentan terhadap iritasi. Salah satu skincare yang penting jika Anda berusia 50 tahun adalah skincare yang dapat melembapkan dan menghidrasi kulit.

  • Merangsang produksi kolagen untuk kulit yang lebih kenyal
Selain kehilangan kelembapan alami, kepadatan kulit juga mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Produksi kolagen pun melambat dan menyebabkan kulit menjadi kurang kenyal dan elastis. Akibatnya, munculnya garis halus dan kerutan. Kondisi ini biasanya terjadi pada usia >35 tahun. Sementara itu, garis halus serta kerutan makin terlihat saat mencapai usia 50 tahun.

  • Memudarkan hiperpigmentasi
Berbagai faktor menyebabkan pigmentasi kulit makin mencolok pada usia 50-an. Akibatnya, pemilik mature skin sering mengalami hiperpigmentasi seperti flek atau bintik-bintik hitam di wajah. Skincare untuk kulit yang menua biasanya mengandung bahan-bahan yang membantu mencerahkan atau mengurangi flek hitam.

  • Melindungi kulit dari radikal bebas

Anda akan menemukan skincare yang mengandung antioksidan. Skincare jenis ini bermanfaat untuk melindungi mature skin dari kerusakan akibat radikal bebas.

dr. Dinda Saraswati
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dinda Saraswati

Kulit akan mulai aging pada usia 35 tahun ke atas. Namun, kecepatan aging setiap orang berbeda-beda. Faktor yang memengaruhi hal tersebut adalah lifestyle, paparan sinar matahari, penggunaan skincare, penyakit, dan lain-lain. Namun, secara umum kulit pasti mengalami aging pada usia 50 tahun.

Cara memilih Skincare untuk Usia 50 Tahun ke Atas

Ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli skincare untuk usia 50 tahun ke atas. Simak penjelasan kami dengan saksama agar Anda dapat menemukan skincare yang tepat untuk kulit Anda, ya!

1

Gunakan skincare anti-aging dalam bentuk serum atau krim

Pakar
Pakar

Serum efektif mengantar bahan aktif sebab konsentrasi kandungannya tinggi. Sementara itu, krim unggul dengan tambahan kandungan pelembapnya. Jika tidak ada masalah sensitivitas, serum dapat dipilih. Jika kulit cenderung sensitif, tambahkan krim untuk meredam efeknya.

Gunakan skincare anti-aging dalam bentuk serum atau krim

Basic skincare orang yang telah berusia 50 tahun tidak berbeda jauh dengan orang yang lebih muda. Basic skincare harus mencakup pembersihan (cleansing), pelembapan (moisturizing), dan perlindungan (protecting). Gunakanlah facial wash dan pelembap sesuai dengan jenis kulit Anda. Oleskan juga sunscreen sebagai perlindungan ketika beraktivitas di luar rumah. Anda juga dapat menambahkan serum atau krim yang dirancang khusus mengatasi masalah penuaan dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda. 


Dibandingkan pembersih, pelembap, atau langkah perawatan lain dalam daily skincare, serum biasanya memiliki konsentrasi bahan aktif lebih tinggi. Hal tersebut membuat serum efektif mengantarkan bahan aktif, termasuk bahananti-agingNamun, tingginya kandungan bahan aktif juga berisiko memicu iritasi. 


Sebaliknya, karena mengandung banyak pelembap, konsentrasi bahan aktif krim mungkin tidak setinggi serum. Pelembap membantu menjaga barrier kulit dan mengurangi risiko iritasi. Jika krim mengandung pelembap oklusif, bahan aktif akan bertahan lebih lama di kulit karena dijaga agar tidak menguap. Dengan begitu, efektivitasnya optimal meski konsentrasi bahan aktif krim mungkin lebih rendah dibandingkan serum. 


  • Anda bisa mengutamakan krim jika kulit ada kecenderungan iritasi. 
  • Jika kulit tidak masalah, Anda boleh menggunakan serum yang diikuti pelembap agar kandungan bahan aktifnya tidak cepat menguap.

2

Utamakan penggunaan krim pelembap dengan kandungan ceramide, squalane, hyaluronic acid, atau glycerin

Pakar
Pakar

Dengan kandungan pelembap lebih tinggi, krim efektif melembapkan kulit mature yang cenderung kering. Nah, kandungan bahan aktif tersebut merupakan bahan-bahan pelembap yang diketahui efektif memperbaiki skin barrier kulit kering dan meningkatkan hidrasinya.

Utamakan penggunaan krim pelembap dengan kandungan ceramide, squalane, hyaluronic acid, atau glycerin
Aging skin cenderung kering terlepas dari jenis kulit Anda sebelumnya. Meski saat muda jenis kulit Anda berminyak, kemungkinan besar kulit jadi kering bila Anda sudah berusia 50 tahun. Maka dari itu, pelembap merupakan skincare yang paling direkomendasikan untuk kulit aging


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terkait bentuk, pilih skincare berbentuk krim karena kandungan pelembapnya lebih tinggi. Hal tersebut menjadikannya efektif dalam melembapkan kulit kering. Selain itu, Anda direkomendasikan juga menggunakan skincare yang mengandung bahan-bahan untuk menghidrasi kulit.


Idealnya, bahan pelembap terbaik ialah yang paling sesuai dengan pelembap alami kulit, yaitu ceramide, cholesterol, dan fatty acids. Sebagai informasi, ceramide dapat memperkuat skin barrier agar kelembapan tetap terjaga sehingga kulit tidak mudah iritasi dan kering. Jika pelembap alami di atas tidak tersedia, Anda bisa mengutamakan skincare yang mengandung bahan-bahan berikut ini.

  • Squalane: melembapkan kulit agar tetap halus dan lembut.
  • Glycerin: membantu menghidrasi kulit.
  • Hyaluronic acid (sodium hyaluronate): memberikan hidrasi ringan, jika di-inject secara langsung akan membantu merangsang kolagen.

Jadi, dalam pemilihan krim pelembap, carilah kandungan di atas. Silakan cek key ingredient pada teks, foto deskripsi, atau detail daftar komposisi untuk menemukan pelembap di atas. Berikut ini contoh daftar komposisi krim pelembap yang mengandung kombinasi fatty acid, squalane, glycerin, dan hyaluronic acid.

  1. Aqua, dicaprylyl carbonate, squalane, diisostearyl malate, caprylic/capric triglyceride (fatty acid), bis-diglyceryl polyacyladipate-2, propylene glycol, butylene glycol, glycerine, cetearyl alcohol, ________, polyglutamic acid, sodium hyaluronate, hydrolyzed hyaluronic acid, sodium acetylated hyaluronate, hydroxypropyltrimonium hyaluronate, ________, citric acid, dst.
3

Untuk mengurangi kerutan dan garis halus, pertimbangkan serum atau krim yang mengandung peptide

Pakar
Pakar

Peptide merupakan salah satu bahan yang efektif merangsang produksi kolagen untuk usia 50-an. Perbaikan produksi kolagen sangat berpengaruh terhadap perbaikan tekstur kulit, termasuk keriput dan garis halus.

Untuk mengurangi kerutan dan garis halus, pertimbangkan serum atau krim yang mengandung peptide

Munculnya keriput dan garis halus adalah tanda penuaan yang tidak dapat dihindari, tetapi dapat disamarkan. Untuk mengurangi tampilan keriput dan garis halus pada usia 50-an, pertimbangkan penggunaan serum atau krim yang mengandung peptidePeptide yang berasal dari kelompok protein memiliki beberapa keunggulan, seperti:


  • Peptide cenderung tidak memberikan efek yang keras seperti kebanyakan bahan anti-aging yang bersifat asam.
  • Peptide telah terbukti membantu merangsang produksi serabut kolagen baru dalam kulit, keriput dan garis halus pun tersamarkan. Seiring dengan penuaan, serabut kolagen dalam kulit mengalami kerusakan dan peptide membantu memperbaiki kondisi ini.
  • Peptide memiliki efek menghidrasi kulit.

Jika Anda mencari serum yang mengandung peptide, Anda dapat dengan mudah menemukannya saat memeriksa label produk. Hal tersebut karena banyak produsen mencantumkan peptide sebagai bahan utama atau kunci (hero or key ingredient)Jika memilih skincare serum, Anda perlu tetap menggunakan pelembap setelah mengaplikasikan serum. Namun, jika Anda ingin yang lebih praktis, pertimbangkan krim pelembap yang juga mengandung peptide


Untuk memastikan bahwa krim mengandung pelembap yang dibutuhkan, periksalah daftar komposisi produk, bukan hanya labelnya. Hal ini karena bahan-bahan yang tercantum pada label mungkin hanya mencakup peptide. Berikut adalah contoh daftar komposisi krim pelembap yang mengandung peptide.


  1. Water, glycerin, isononyl isononanoate, niacinamide, ______, caprylyl glycol, n-prolyl palmitoyl tripeptide-56 acetate, tocopherol, dst.
dr. Dinda Saraswati
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dinda Saraswati
Collagen memiliki molekul besar sehingga tidak mudah memasukkannya ke dalam kulit melalui penggunaan skincare. Penggunaan skincare dengan bahan aktif yang mendorong produksi kolagen relatif lebih efektif.
4

Samarkan flek hitam tanda aging dengan serum atau krim yang dilengkapi alpha arbutin atau kojic acid

Pakar
Pakar

Alpha arbutin adalah turunan hydroquinone. Namun, hydroquinone hanya bisa digunakan dengan resep dokter, sementara alpha arbutin tersedia di pasaran. Kojic acid juga terbukti efektif menghambat produksi pigmen melanin yang menyebabkan hiperpigmentasi.

Samarkan flek hitam tanda aging dengan serum atau krim yang dilengkapi alpha arbutin atau kojic acid

Dari berbagai tanda penuaan, flek hitam sebenarnya merupakan masalah yang jarang muncul dibandingkan kulit kering dan keriput. Namun, beberapa orang mengalami masalah flek hitam seiring bertambahnya usia, baik berupa melasma maupun lentigo. Jenis flek yang dialami dapat bervariasi dan untuk mengetahui jenisnya konsultasi dengan dokter kulit sangat diperlukan.


Skincare dapat membantu mengurangi tampilan flek hitam meski melasma sulit dihilangkan sepenuhnya. Treatment yang dilakukan oleh dokter juga belum tentu bisa menghilangkan melasma secara keseluruhan karena faktor pemicunya yang beragam. 


Hal tersebut berbeda dengan lentigo yang faktor pemicunya lebih spesifik. Jadi, penanganan lentigo relatif lebih mudah, terutama jika dikombinasikan dengan penggunaan skincare dan treatment dokter. Beberapa kandungan skincare yang memiliki sifat brightening dapat membantu menyamarkan noda hitam di wajah. Contohnya adalah:


  • Kojic acid
  • Alpha arbutin

Seperti halnya bahan anti-aging untuk mengurangi kerutan, bahan pencerah juga sering dicantumkan pada label produk sebagai hero ingredient. Untuk informasi yang lebih rinci, Anda sebaiknya memeriksa daftar komposisi produk. Berikut ini contoh keterangan hero ingredient pada label produk serum yang diklaim mencerahkan kulit kusam dan flek hitam.


  1. 3% tranexamic acid, kojic acid, niacinamide, alpha arbutin, melazero, hexapeptide-2, dst.
5

Bila Anda masih produktif dan sering terpapar matahari, gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA+++

Pakar
Pakar

Sunscreen dengan SPF 30 sudah cukup efektif sebab bisa menyaring sinar matahari sampai 96,7%.Tambahan nilai SPF hanya berbeda sedikit (sekitar 1%). Selain SPF, sunscreen perlu ada PA+++ agar tak hanya sinar UVB yang dihalau, tetapi juga sinar UVA.

Bila Anda masih produktif dan sering terpapar matahari, gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA+++

Sunscreen yang tersedia di pasaran sering kali dilabeli dengan 'SPF' dan 'PA'. SPF (sun protection factor) mengukur seberapa baik sunscreen melindungi kulit dari paparan sinar matahari. SPF50 memberi perlindungan sedikit lebih baik (98%) terhadap radiasi UV dibandingkan SPF30 (96,7%). Namun, penggunaan sunscreen SPF 30 sudah cukup asalkan dilakukan re-apply setiap 2-3 jam


Untuk perlindungan yang lebih optimal, Anda disarankan menggunakan SPF 30, baik saat beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan. Jika aktivitas Anda lebih banyak di luar ruangan, pertimbangkan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF 50.


PA (protection grade of UVA) menunjukkan tingkat perlindungan terhadap sinar UVA. Makin tinggi tanda '+', makin baik perlindungannya. Misalnya, PA++++ menandakan perlindungan sangat baik terhadap UVA, kemampuan melindunginya >95% dengan filter waktu 16 jam. Dengan demikian, sunscreen berlabel SPF dan PA dapat melindungi kulit dari sinar UVB dan UVA.

dr. Dinda Saraswati
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dinda Saraswati
Bila Anda tidak memakai makeup tebal, Anda bisa langsung re-apply sunscreen tanpa perlu mencuci muka terlebih dahulu.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Skincare untuk Usia 50 Tahun ke Atas Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Skincare untuk Usia 50 Tahun ke Atas terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 29 Maret 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis
Kandungan pelembap
Kandungan anti-aging
Kandungan anti-acne
Kandungan eksfoliasi
Kandungan pencerah
Kandungan penenang
Kandungan anti-inflamasi
Kandungan lainnya
Pilihan ukuran
Jenis kulit
Permasalahan kulit
Bebas bahan iritan
Fragrance
Alkohol
Kemasan
Rekomendasi usia
Tekstur
Isi skincare set
Waktu penggunaan
Manfaat
BPOM
1

Pond's

Age Miracle Ultimate Youth Night Cream Hexyl-Retinol

Pond's Age Miracle Ultimate Youth Night Cream Hexyl-Retinol 1

Rp44.200

Lebih Murah

Hero ingredients-nya mampu hempaskan garis halus hingga milia

Night cream

Glycerin, butylene glycol

Retinyl propionate, retinol C

Niacinamide

Lactic acid, BHA

Niacinamide, retinol C

Niacinamide

Niacinamide

Titanium dioxide, hydrolyzed collagen, hexylresorcinol

10 gram

Semua jenis kulit

Penuaan dini, kusam, noda hitam

Jar

30 tahun ke atas

Krim

Tidak ada

Malam

Mencerahkan kulit kusam, mengurangi flek hitam, menyamarkan garis halus dan kerutan

NA18190123216

2

Wardah

Renew You Day Cream

Wardah Renew You Day Cream 1

Rp111.000

Agak Murah

Day cream dengan kandungan SPF 35 PA+++

Day cream

Propylene glycol, glycerin, dimethicone, butylene giycol

Bakuchiol, peptide matrixyl™, tocopheryl acetate, resveratrol

Niacinamide

Tidak ada

Niacinamide

Allantoin

Allantoin

Ethylhexyl methoxycinnamate, butyl methoxydibenzoylmethane

9 gram, 15 gram, 30 gram

Semua jenis kulit

Flek hitam, tanda-tanda penuaan kulit

Tube, jar

25 tahun ke atas

Krim

Tidak ada

Pagi

Menyamarkan pori-pori dan tanda-tanda penuaan dini, mencerahkan, melembapkan, mengencangkan kulit, menjaga elastisitas kulit

NA18200100208

3

SKINTIFIC

5X Ceramide Serum Sunscreen SPF 50 PA++++

SKINTIFIC 5X Ceramide Serum Sunscreen SPF 50 PA++++ 1

Rp169.000

Menengah

Perlindungan ganda untuk kulit dengan 5X ceramide dan Tinosorb

Sunscreen

Ceramide, hyaluronic acid, pentylene glycol, glycerin, butylene glycol, Centella asiatica extract, maris aqua, allantoin

Ceramide

Ceramide

Tidak ada

Pancratium maritimum extract

Portulaca oleracea extract, bisabolol, allantoin

Centella asiatica extract, bisabolol

Phormidium persicinum extract, hydroxyacetophenone, C12-15 alkyl benzoate, decyl glucoside

30 ml, 80 ml

Semua jenis kulit

Flek hitam, kulit dehidrasi

Tidak diketahui

Tube

40 tahun ke atas

Cair

Tidak ada

Pagi, siang

Melindungi dari sinar UV, melembapkan, tidak menyebabkan kulit berminyak

NA11221700023

4

SOMETHINC

Level 1% Encapsulated Retinol

SOMETHINC Level 1% Encapsulated Retinol 1

Rp175.000

Menengah

Dengan level up encapsulated retinol, dua kali lebih efektif dari retinol biasa

Serum

Glycerin, betaine, squalane

Retinol, hyaluronic acid, betaine

Tidak ada

Hyaluronic acid

Retinol

4-t-Butylcyclohexanol, allantoin, betaine

4-t-Butylcyclohexanol, allantoin, betaine

Ethylhexyl methoxycinnamate, hydrogenated olive oil unsaponifiables, neopentyl glycol diheptanoate

20 ml

Semua jenis kulit

Kulit keriput, kulit bertekstur, tanda-tanda penuaan

Botol

17 tahun ke atas

Cair

Tidak ada

Malam

Mengatasi kerutan, mengencangkan, menjaga keremajaan

NA18212000283

5

L'Oréal Paris

Day Cream SPF35 PA++

L'Oréal Paris Day Cream SPF35 PA++ 1

Rp257.000

Agak Mahal

Dilengkapi dengan teknologi Dermalift mampu mengencangkan wajah

Day cream

Glycerin, hydrolyzed soy protein, faex extract/yeast extract

Pro-retinol A

Niacinamide

Capryloyl salicylic acid

Niacinamide

Centella asiatica

Centella asiatica, niacinamide

Yeast extract, polyacrylamide, cetyl alcohol, octyldodecanol, retinyl palmitate

50 ml

Kulit kering

Kerutan pada wajah, noda hitam, garis halus

Jar

30 tahun ke atas

Krim

Tidak ada

Pagi

Mengatasi tanda penuaan dini, meratakan warna kulit, menghaluskan dan melembapkan kulit

NA18190122847

6

Olay

Regenerist Micro-Sculpting Serum

Olay  Regenerist Micro-Sculpting Serum 1

Rp267.500

Agak Mahal

Kerutan dan garis halus tampak samar hanya dalam 3 minggu

Serum

Glycerin, niacinamide, panthenol, caprylyl glycol, dimethiconol

Niacinamide, palmitoyl pentapeptide-4, tocopheryl acetate

Niacinamide

Citirc acid

Niacinamide

Panthenol

Niacinamide

Titanium dioxide

50 ml

Semua jenis kulit

Kulit kusam, kering, kendur

Botol

Tidak diketahui

Lotion

Tidak ada

Pagi, malam

Melembapkan, mencerahkan, menghilangkan garis halus

NA49172000160

7

ERHA

Age Corrector Serum

ERHA  Age Corrector Serum 1

Rp230.840

Agak Mahal

Alternatif retinol, terbuat dari bahan-bahan alami

Serum

Glycerin, panthenol, Snail secretion filtrate, sodium hyaluronate

Carnosine, palmitoyl tetrapeptide-7, oligopeptide-1

Tidak ada

Citric acid

Glycine soja seed extract

Panthenol, Glycine soja seed extract

Panthenol

Glycine soja oil

20 ml

Semua jenis kulit

Kulit keriput, garis halus

Botol

40 tahun ke atas

Lotion

Tidak ada

Pagi, malam

Mampu melembapkan, mengencangkan, mencerahka, dan menyamarkan garis halus

NA18202000114

8

N'PURE

Marigold Eyemazing Power Serum Concentrate

N'PURE Marigold Eyemazing Power Serum Concentrate 1

Rp79.000

Agak Murah

Mencerahkan area mata dengan natural dark circle corrector, bye-bye mata panda!

Eye cream

Glycerin, niacinamide, panthenol, Aloe barbadensis leaf extract

Niacinamide, palmitoyl tripeptide-5, copper tripeptide-1, acetyl hexapeptide-8, palmitoyl tetrapeptide-7, palmitoyl tripeptide-1, adenosine

Niacinamide

Tidak ada

Niacinamide, ascorbyl tetraisopalmitate

Calendula officinalis flower extract, panthenol, copper tripeptide-1, allantoin, Aloe barbadensis leaf extract

Niacinamide, allantoin

Tromethamine, sodium phytate

20 ml

Semua jenis kulit

Kulit gelap, kerutan, garis halus, lingkaran hitam

Tube

14 tahun ke atas

Gel

Tidak ada

Tidak diketahui

Membantu mengurangi tampilan kerutan, garis halus, lingkaran hitam, dan kantung mata

NA18212000630

9

Natur-E

Advanced Anti-Aging Night Cream

Natur-E Advanced Anti-Aging Night Cream 1

Rp111.800

Agak Murah

Menjaga kulit tetap lembap dan kenyal dengan adanya super antioksidan

Night cream

Glycerin, shea butter, ceramide

Lycopene, astaxanthin

Tidak ada

Tidak ada

Niacinamide

Niacinamide

Achillea millefolium extract, mallow extract

Primula veris extract, Mentha piperita leaf extract, Veronica officinalis extract

30 gram

Semua jenis kulit

Kulit kering, keriput, garis halus

Jar

35 tahun ke atas

Krim

Tidak ada

Malam

Mengurangi tanda-tanda penuaan dini dan menjaga elastisitas, kekenyalan, serta kelembapan saat tidur

NA18190123035

10

Safi

Age Defy Youth Elixir

Safi Age Defy Youth Elixir 1

Rp169.000

Menengah

Sensasi berbeda dari serum bi-phase yang mengandung racun lebah

Serum

Panthenol, glycerin, betaine, sodium hyaluronate, butylene glycol

Acetyl heptapeptide-9, colloidal gold

Propolis extract

Lactic acid

Ethyl ascorbic acid

Panthenol

Tidak ada

Nordihydroguaiaretic acid

29 gram

Semua jenis kulit

Kulit kering, kusam, kerutan, garis halus

Botol

Tidak diketahui

Cair

Tidak ada

Siang, malam

Membantu menutrisi, memelihara elastisitas kulit, melawan tanda-tanda penuaan, dan mencerahkan kulit wajah

NA32182005506

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Pond'sAge Miracle Ultimate Youth Night Cream Hexyl-Retinol

Age Miracle Ultimate Youth Night Cream Hexyl-Retinol 1
Sumber: ponds.com
Age Miracle Ultimate Youth Night Cream Hexyl-Retinol 2
Sumber: ponds.com
Age Miracle Ultimate Youth Night Cream Hexyl-Retinol 3
Sumber: ponds.com
Age Miracle Ultimate Youth Night Cream Hexyl-Retinol 4
Sumber: shopee.co.id
Age Miracle Ultimate Youth Night Cream Hexyl-Retinol 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp44.200
Lebih Murah
Harga referensi
Rp44.200
Lebih Murah
JenisNight cream
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol
Kandungan anti-agingRetinyl propionate, retinol C
Kandungan pencerahNiacinamide, retinol C
Waktu penggunaan
Malam

Hero ingredients-nya mampu hempaskan garis halus hingga milia

Pond's Age Miracle Ultimate Youth Night Cream hadir dengan kombinasi kandungan hexyl-resorcinol, retinol-C, dan niacinamide. Dengan tiga hero ingredients tersebut, skincare ini dapat membantu meregenerasi kulit Anda sampai 10x lebih cepat. Milia di wajah pun akan lebih cepat hilang setelah ekstraksi dilakukan. Anda yang ingin menyamarkan garis halus sekaligus menghilangkan milia bisa memiliki skincare untuk usia 50 tahun ke atas ini.
Kandungan anti-acneNiacinamide
Kandungan eksfoliasiLactic acid, BHA
Kandungan penenangNiacinamide
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide
Kandungan lainnyaTitanium dioxide, hydrolyzed collagen, hexylresorcinol
Pilihan ukuran10 gram
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitPenuaan dini, kusam, noda hitam
Bebas bahan iritan
Fragrance
Alkohol
KemasanJar
Rekomendasi usia30 tahun ke atas
TeksturKrim
Isi skincare setTidak ada
ManfaatMencerahkan kulit kusam, mengurangi flek hitam, menyamarkan garis halus dan kerutan
BPOMNA18190123216
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

WardahRenew You Day Cream

Harga referensi
Rp111.000
Agak Murah
JenisDay cream
Kandungan pelembapPropylene glycol, glycerin, dimethicone, butylene giycol
Kandungan anti-agingBakuchiol, peptide matrixyl™, tocopheryl acetate, resveratrol
Kandungan pencerahNiacinamide
Waktu penggunaan
Pagi

Day cream dengan kandungan SPF 35 PA+++

Apabila Anda lebih suka memakai skincare yang memiliki fungsi ganda, produk ini layak dijadikan pilihan. Wardah Renew You Day Cream ini merupakan skincare untuk usia 50 tahun ke atas dengan kandungan niacinamide dan peptide. Kedua kandungan tersebut dapat membantu mencerahkan, memudarkan noda hitam, sekaligus menjaga elastisitas kulit.

Bukan hanya itu, ada kandungan SPF 35 PA+++ di dalam day cream ini. Jadi, setelah memakai produk ini Anda tak harus memakai suncreen atau sunblock untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV.

Kandungan anti-acneNiacinamide
Kandungan eksfoliasiTidak ada
Kandungan penenangAllantoin
Kandungan anti-inflamasiAllantoin
Kandungan lainnyaEthylhexyl methoxycinnamate, butyl methoxydibenzoylmethane
Pilihan ukuran9 gram, 15 gram, 30 gram
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitFlek hitam, tanda-tanda penuaan kulit
Bebas bahan iritan
Fragrance
Alkohol
KemasanTube, jar
Rekomendasi usia25 tahun ke atas
TeksturKrim
Isi skincare setTidak ada
ManfaatMenyamarkan pori-pori dan tanda-tanda penuaan dini, mencerahkan, melembapkan, mengencangkan kulit, menjaga elastisitas kulit
BPOMNA18200100208
View all
No.3

SKINTIFIC5X Ceramide Serum Sunscreen SPF 50 PA++++

Harga referensi
Rp169.000
Menengah
JenisSunscreen
Kandungan pelembapCeramide, hyaluronic acid, pentylene glycol, glycerin, butylene glycol, Centella asiatica extract, maris aqua, allantoin
Kandungan anti-agingCeramide
Kandungan pencerahPancratium maritimum extract
Waktu penggunaan
Pagi, siang

Perlindungan ganda untuk kulit dengan 5X ceramide dan Tinosorb

Ini dia terobosan baru untuk perlindungan optimal kulit Anda, 5X ceramide dan teknologi Tinosorb. Teknologi Tinosorb mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB tanpa menyebabkan iritasi. Sementara itu, kompleks 5X ceramide-nya membantu memperkuat skin barrier, menjaga kelembapan kulit, dan mengurangi risiko dehidrasi kulit.


Tentunya produk dari SKINTIFIC ini mampu memberikan perlindungan maksimal pada kulit Anda ketika beraktivitas di luar ruangan. Teksturnya pun ringan, cepat meresap, dan tanpa rasa berminyak sehingga produk ini cocok untuk berbagai jenis kulit.

Kandungan anti-acneCeramide
Kandungan eksfoliasiTidak ada
Kandungan penenangPortulaca oleracea extract, bisabolol, allantoin
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica extract, bisabolol
Kandungan lainnyaPhormidium persicinum extract, hydroxyacetophenone, C12-15 alkyl benzoate, decyl glucoside
Pilihan ukuran30 ml, 80 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitFlek hitam, kulit dehidrasi
Bebas bahan iritanTidak diketahui
Fragrance
Alkohol
KemasanTube
Rekomendasi usia40 tahun ke atas
TeksturCair
Isi skincare setTidak ada
ManfaatMelindungi dari sinar UV, melembapkan, tidak menyebabkan kulit berminyak
BPOMNA11221700023
View all
No.4

SOMETHINCLevel 1% Encapsulated Retinol

Harga referensi
Rp175.000
Menengah
JenisSerum
Kandungan pelembapGlycerin, betaine, squalane
Kandungan anti-agingRetinol, hyaluronic acid, betaine
Kandungan pencerahRetinol
Waktu penggunaan
Malam

Dengan level up encapsulated retinol, dua kali lebih efektif dari retinol biasa

Retinol merupakan bahan andalan dalam skincare anti-aging. Kandungan ini dipercaya ampuh untuk merawat kekencangan dan tekstur kulit, serta menyamarkan garis halus. SOMETHINC mengeluarkan produk level up retinol terenkapsulasi. Retinol ini diklaim lebih gentle dan minim iritasi. Namun, efektivitasnya diklaim dua kali lebih baik dibandingkan retinol biasa.


Serum yang satu ini juga diperkaya dengan betaine, squalene, dan hyaluronic acid untuk melembapkan kulit. Kemudian, ada juga 4-t-butylcyclohexanol yang membantu mengurangi efek negatif dari retinol untuk kulit.

Kandungan anti-acneTidak ada
Kandungan eksfoliasiHyaluronic acid
Kandungan penenang4-t-Butylcyclohexanol, allantoin, betaine
Kandungan anti-inflamasi4-t-Butylcyclohexanol, allantoin, betaine
Kandungan lainnyaEthylhexyl methoxycinnamate, hydrogenated olive oil unsaponifiables, neopentyl glycol diheptanoate
Pilihan ukuran20 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKulit keriput, kulit bertekstur, tanda-tanda penuaan
Bebas bahan iritan
Fragrance
Alkohol
KemasanBotol
Rekomendasi usia17 tahun ke atas
TeksturCair
Isi skincare setTidak ada
ManfaatMengatasi kerutan, mengencangkan, menjaga keremajaan
BPOMNA18212000283
View all
No.5

L'Oréal ParisDay Cream SPF35 PA++

Harga referensi
Rp257.000
Agak Mahal
JenisDay cream
Kandungan pelembapGlycerin, hydrolyzed soy protein, faex extract/yeast extract
Kandungan anti-agingPro-retinol A
Kandungan pencerahNiacinamide
Waktu penggunaan
Pagi

Dilengkapi dengan teknologi Dermalift mampu mengencangkan wajah

Menginjak usia 50 tahun kulit wajah menjadi tidak sekencang sebelum-sebelumnya. Hal tersebut membuat kulit wajah mudah keriput dan terlihat tidak segar. Apabila Anda ingin membuat kulit wajah jadi lebih kencang, cobalah L'Oréal Paris Day Cream SPF35 PA++ ini.


Skincare yang cocok dipakai untuk usia 50 tahun ke atas ini dilengkapi dengan Centella asiatica, pro-retinol A, serta teknologi Dermalift. Dengan formula tersebut, kulit wajah akan tampak lebih muda, cerah, serta noda hitam dapat tersamarkan dalam waktu 4 minggu.

Kandungan anti-acneNiacinamide
Kandungan eksfoliasiCapryloyl salicylic acid
Kandungan penenangCentella asiatica
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica, niacinamide
Kandungan lainnyaYeast extract, polyacrylamide, cetyl alcohol, octyldodecanol, retinyl palmitate
Pilihan ukuran50 ml
Jenis kulitKulit kering
Permasalahan kulitKerutan pada wajah, noda hitam, garis halus
Bebas bahan iritan
Fragrance
Alkohol
KemasanJar
Rekomendasi usia30 tahun ke atas
TeksturKrim
Isi skincare setTidak ada
ManfaatMengatasi tanda penuaan dini, meratakan warna kulit, menghaluskan dan melembapkan kulit
BPOMNA18190122847
View all
No.6

Olay Regenerist Micro-Sculpting Serum

Harga referensi
Rp267.500
Agak Mahal
JenisSerum
Kandungan pelembapGlycerin, niacinamide, panthenol, caprylyl glycol, dimethiconol
Kandungan anti-agingNiacinamide, palmitoyl pentapeptide-4, tocopheryl acetate
Kandungan pencerahNiacinamide
Waktu penggunaan
Pagi, malam

Kerutan dan garis halus tampak samar hanya dalam 3 minggu

Serum bestseller dari Olay ini diklaim mampu menyamarkan garis halus dan kerutan hanya dalam waktu 3 minggu. Hal tersebut karena produk ini mempunyai tingkat konsentrasi Amino-Peptidae Complex yang tinggi. Bukan hanya itu, hanya dalam waktu 2 minggu produk ini juga diklaim dapat membantu meregenerasi kulit dan mencegah timbulnya kerutan baru, lho. 

Kandungan anti-acneNiacinamide
Kandungan eksfoliasiCitirc acid
Kandungan penenangPanthenol
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide
Kandungan lainnyaTitanium dioxide
Pilihan ukuran50 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKulit kusam, kering, kendur
Bebas bahan iritan
Fragrance
Alkohol
KemasanBotol
Rekomendasi usiaTidak diketahui
TeksturLotion
Isi skincare setTidak ada
ManfaatMelembapkan, mencerahkan, menghilangkan garis halus
BPOMNA49172000160
View all
No.7

ERHA Age Corrector Serum

Harga referensi
Rp230.840
Agak Mahal
JenisSerum
Kandungan pelembapGlycerin, panthenol, Snail secretion filtrate, sodium hyaluronate
Kandungan anti-agingCarnosine, palmitoyl tetrapeptide-7, oligopeptide-1
Kandungan pencerahGlycine soja seed extract
Waktu penggunaan
Pagi, malam

Alternatif retinol, terbuat dari bahan-bahan alami

Retinol merupakan kandungan yang diklaim mampu melawan tanda-tanda penuaan, seperti bintik hitam, garis halus, dan keriput. Namun, tak sedikit orang yang masih ragu dengan kandungan ini karena akan membuat kulit kering bahkan iritasi. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang sama dengan kandungan yang lebih aman, cobalah produk dari ERHA ini.


Age Corrector Serum mempunyai kandungan snail mucin extractbeta white, dan soybean phytoplacenta extract. Serum ini diklaim mampu membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan hanya dalam waktu 4 minggu. 

Kandungan anti-acneTidak ada
Kandungan eksfoliasiCitric acid
Kandungan penenangPanthenol, Glycine soja seed extract
Kandungan anti-inflamasiPanthenol
Kandungan lainnyaGlycine soja oil
Pilihan ukuran20 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKulit keriput, garis halus
Bebas bahan iritan
Fragrance
Alkohol
KemasanBotol
Rekomendasi usia40 tahun ke atas
TeksturLotion
Isi skincare setTidak ada
ManfaatMampu melembapkan, mengencangkan, mencerahka, dan menyamarkan garis halus
BPOMNA18202000114
View all
No.8

N'PUREMarigold Eyemazing Power Serum Concentrate

Harga referensi
Rp79.000
Agak Murah
JenisEye cream
Kandungan pelembapGlycerin, niacinamide, panthenol, Aloe barbadensis leaf extract
Kandungan anti-agingNiacinamide, palmitoyl tripeptide-5, copper tripeptide-1, acetyl hexapeptide-8, palmitoyl tetrapeptide-7, palmitoyl tripeptide-1, adenosine
Kandungan pencerahNiacinamide, ascorbyl tetraisopalmitate
Waktu penggunaan
Tidak diketahui

Mencerahkan area mata dengan natural dark circle corrector, bye-bye mata panda!

Serum konsentrat N'PURE Marigold Eyemazing Power Serum Concentrate merupakan solusi cerdas untuk mencerahkan area bawah mata. Mengandung calendula extract, essential vitamins, dan peptides, produk ini dirancang untuk melembapkan dan mencegah tanda penuaan di sekitar mata. 


Kandungan lainnya, seperti caffeine dan allantoin, membantu meremajakan dan menenangkan kulit. Lalu, karena dilengkapi dengan natural dark circle corrector, produk ini memberikan efek mencerahkan dan mengurangi kantung mata. Mata akan lebih berkilau, kencang, dan terlihat lebih fresh!

Kandungan anti-acneNiacinamide
Kandungan eksfoliasiTidak ada
Kandungan penenangCalendula officinalis flower extract, panthenol, copper tripeptide-1, allantoin, Aloe barbadensis leaf extract
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide, allantoin
Kandungan lainnyaTromethamine, sodium phytate
Pilihan ukuran20 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKulit gelap, kerutan, garis halus, lingkaran hitam
Bebas bahan iritan
Fragrance
Alkohol
KemasanTube
Rekomendasi usia14 tahun ke atas
TeksturGel
Isi skincare setTidak ada
ManfaatMembantu mengurangi tampilan kerutan, garis halus, lingkaran hitam, dan kantung mata
BPOMNA18212000630
View all
No.9

Natur-EAdvanced Anti-Aging Night Cream

Harga referensi
Rp111.800
Agak Murah
JenisNight cream
Kandungan pelembapGlycerin, shea butter, ceramide
Kandungan anti-agingLycopene, astaxanthin
Kandungan pencerahNiacinamide
Waktu penggunaan
Malam

Menjaga kulit tetap lembap dan kenyal dengan adanya super antioksidan

Krim anti-aging satu ini menggunakan ganggang merah atau astaxanthin sebagai kandungan utama. Ganggang merah berfungsi sebagai super antioksidan yang mampu mengurangi kerutan pada kulit.


Kandungan lainnya yang efektif mengurangi tanda-tanda penuaan dini yaitu vitamin E, olive oil, dan shea butter. Perpaduannya dapat menjaga elastisitas dan kelembapan kulit saat tidur. Produk Natur-E Advanced dibuat khusus untuk Anda berusia 35 tahun ke atas yang rentan terhadap tanda penuaan kulit.

Kandungan anti-acneTidak ada
Kandungan eksfoliasiTidak ada
Kandungan penenangNiacinamide
Kandungan anti-inflamasiAchillea millefolium extract, mallow extract
Kandungan lainnyaPrimula veris extract, Mentha piperita leaf extract, Veronica officinalis extract
Pilihan ukuran30 gram
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKulit kering, keriput, garis halus
Bebas bahan iritan
Fragrance
Alkohol
KemasanJar
Rekomendasi usia35 tahun ke atas
TeksturKrim
Isi skincare setTidak ada
ManfaatMengurangi tanda-tanda penuaan dini dan menjaga elastisitas, kekenyalan, serta kelembapan saat tidur
BPOMNA18190123035
View all
No.10

SafiAge Defy Youth Elixir

Harga referensi
Rp169.000
Menengah
JenisSerum
Kandungan pelembapPanthenol, glycerin, betaine, sodium hyaluronate, butylene glycol
Kandungan anti-agingAcetyl heptapeptide-9, colloidal gold
Kandungan pencerahEthyl ascorbic acid
Waktu penggunaan
Siang, malam

Sensasi berbeda dari serum bi-phase yang mengandung racun lebah

Racun lebah dalam dosis tepat ternyata dapat mengencangkan kulit, lho! Inovasi Beetox yang terkandung dalam produk ini terdiri dari racun (bee venom) dan propolis yang bertugas meregenerasi dan mengencangkan kulit. Kombinasi Beetox dan Golden C-Lift Technology di dalamnya membentuk lapisan terpisah atau bi-phase yang begitu unik. Karena itu, produk dari Safi ini cocok untuk Anda yang menginginkan pengalaman berbeda dalam memakai serum.

Kandungan anti-acnePropolis extract
Kandungan eksfoliasiLactic acid
Kandungan penenangPanthenol
Kandungan anti-inflamasiTidak ada
Kandungan lainnyaNordihydroguaiaretic acid
Pilihan ukuran29 gram
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKulit kering, kusam, kerutan, garis halus
Bebas bahan iritan
Fragrance
Alkohol
KemasanBotol
Rekomendasi usiaTidak diketahui
TeksturCair
Isi skincare setTidak ada
ManfaatMembantu menutrisi, memelihara elastisitas kulit, melawan tanda-tanda penuaan, dan mencerahkan kulit wajah
BPOMNA32182005506
View all

5 Rekomendasi Skincare untuk Usia 50 Tahun ke Atas terbaik

No. 1: Pond'sAge Miracle Ultimate Youth Night Cream Hexyl-Retinol

No. 2: WardahRenew You Day Cream

No. 3: SKINTIFIC5X Ceramide Serum Sunscreen SPF 50 PA++++

No. 4: SOMETHINCLevel 1% Encapsulated Retinol

No. 5: L'Oréal ParisDay Cream SPF35 PA++

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Skincare untuk Usia 50 Tahun ke Atas Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.