• 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2022)

Memasuki usia 50-an, kondisi kulit mengalami penurunan signifikan. Keriput yang makin terlihat jelas, kulit kusam, dan juga kendur adalah permasalahan yang dialami ketika memasuki usia 50-an. Seiring bertambahnya usia, kulit pun menjadi mudah kering sehingga Anda perlu menggunakan essence setiap hari.


Di pasaran, ada begitu banyak essence yang bagus untuk usia 50-an, mulai dari merek Wardah, L’Oreal Paris, Olay, hingga Laneige. Jika Anda berusia 50-an dan sedang mencari produk essence, artikel ini tepat untuk Anda. Kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik beserta cara memilihnya. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Juli 2022
Daftar isi

Manfaat penggunaan essence di usia 50-an

Manfaat penggunaan essence di usia 50-an

Permasalahan seputar kulit yang terjadi pada usia 50-an disebabkan oleh menurunnya produksi hormon estrogen. Akibatnya, kadar kolagen menjadi berkurang yang kemudian menyebabkan kulit kering dan kehilangan keelastisannya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih essence yang mampu melembapkan kulit dengan baik.


Untuk usia 50 tahun ke atas, essence dengan konsentrasi yang tinggi lebih direkomendasikan. Sebab, efek yang dimilikinya akan lebih efektif untuk kulit Anda. Namun, harap dicatat bahwa penggunaan essence tidak akan membuat tanda-tanda penuaan hilang begitu saja. Adapun penggunaan essence yang rutin akan membuat kulit wajah Anda terasa lebih halus, segar, dan terawat dengan baik.

Cara memilih essence untuk usia 50-an

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih essence dengan kandungan yang cocok untuk usia 50 tahun ke atas. Mari baca ulasan lengkapnya di bawah ini!

Pilihlah essence dengan kandungan pelembap tinggi

Pilihlah essence dengan kandungan pelembap tinggi

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, kulit kering adalah masalah utama yang sering terjadi saat Anda berusia 50-an. Dengan bertambahnya usia, proses metabolisme sel kulit juga makin melambat. Akibatnya, lapisan barrier kulit tidak lagi mampu mempertahankan kelembapan alaminya.


Oleh karena itu, pelembap merupakan bahan terpenting yang perlu ada dalam produk essence yang Anda pilih. Berikut adalah kandungan bahan yang efektif melembapkan kulit kering dan sebaiknya ada pada essence yang Anda pilih.


  • Glycerin
  • Butylene glycol
  • Hyaluronic acid
  • Hydrolyzed collagen
  • Squalane 
  • Lecithin 
  • Propanediol 
  • Allantoin

Periksa kandungan bahan aktif lain serta manfaatnya

Di samping kerutan dan kulit kering, terdapat masalah lain yang sering menghampiri saat usia Anda menginjak 50 tahun. Beberapa masalah tersebut adalah flek hitam, jerawat, dan kulit yang menjadi sensitif. Bahkan, orang yang tidak pernah berjerawat pun bisa mendapatkan jerawat saat memasuki usia 50-an. Oleh karena itu, pilihlah kandungan essence yang sesuai dengan masalah kulit Anda.

Retinoid, vitamin C, dan peptide: Sebagai agen antiaging

Retinoid, vitamin C, dan peptide: Sebagai agen antiaging

Ada cukup banyak essence yang menawarkan efek antiaging untuk Anda yang berusia 50 tahun ke atas. Produk-produk tersebut biasanya mengandung bahan, seperti retinoid, vitamin C, dan peptide. Kandungan retinoid dan vitamin C merupakan agen antioksidan yang akan melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas


Kedua bahan tersebut efektif dalam menyamarkan tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus. Di sisi lain, peptide dapat merangsang produksi kolagen pada kulit wajah Anda. Hasilnya, tekstur kulit akan makin membaik dan keriput pun mulai tersamarkan.


Lactic acid dan niacinamide: Untuk mengurangi tampilan pori

Lactic acid dan niacinamide: Untuk mengurangi tampilan pori

Kunci dari pori-pori yang tersamarkan adalah menjaga kebersihan kulit dari kotoran. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan wajah dengan baik, terutama setelah Anda memakai makeup dan beraktivitas di luar ruangan. 


Gunakan juga essence yang mengandung alpha hydroxy acid (AHA), misalnya lactid acid untuk menyamarkan pori yang besar. Lactic acid dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menempel di wajah Anda. Kandungan ini merupakan AHA yang bersifat gentle sehingga aman dipakai setiap hari.


Selanjutnya, bahan lain, seperti niacinamide, juga bisa Anda gunakan. Niacinamide akan menghaluskan tekstur kulit dan membuatnya senantiasa terhidrasi dengan baik. Penggunaan essence yang mengandung niacinamide secara rutin juga akan membuat tampilan pori-pori menjadi tersamarkan.

Glycolic acid dan kandungan asam lainnya: Efektif menyamarkan flek hitam

Glycolic acid dan kandungan asam lainnya: Efektif menyamarkan flek hitam

Flek hitam disebabkan oleh meningkatnya produksi melanin di dalam kulit. Hal ini dapat terjadi apabila kulit Anda sering terpapar sinar matahari secara langsung. Flek hitam bisa membuat warna kulit tidak merata atau hiperpigmentasi. Untuk mengatasinya, pilihlah essence yang mengandung asam, seperti glycolic acid, salicylic acid, dan beberapa jenis asam lainnya.


Kandungan tersebut akan menekan produksi melanin dan mengeksfoliasi kulit untuk menyamarkan bintik hitam. Di samping itu, Anda juga bisa menyamarkan flek hitam menggunakan whitening agent, seperti niacinamide, retinol, dan vitamin C.

Utamakan produk yang bebas dari bahan iritan

Utamakan produk yang bebas dari bahan iritan

Kulit sensitif juga sering dialami oleh orang berusia 50 tahun ke atas. Karena itu, sangat penting untuk memilih essence yang bebas dari bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi. Untuk kulit yang sensitif, hindarilah kandungan iritan, misalnya alkohol, paraben, parfum, mineral oil, sulfate, dan lain-lain


Bahan iritan, seperti alkohol dan paraben sering ditambahkan ke dalam skincare karena memiliki efek antiseptik. Selain itu, beberapa essence juga mengandung pewangi sintetis untuk menarik minat penggunanya.

Pertimbangkan memilih ukuran sampel atau trial size

Pertimbangkan memilih ukuran sampel atau trial size

Essence akan menunjukkan khasiatnya setelah dipakai rutin dalam jangka waktu tertentu. Namun, bagaimana jika kulit Anda tidak cocok dengan essence yang sudah telanjur dibeli? Tentu dana yang Anda keluarkan untuk membeli produk menjadi sia-sia.


Saat pertama kali mencoba essence baru, pilihlah produk dalam kemasan trial atau travel size. Dengan begitu, Anda bisa memastikan kecocokannya dengan kulit sebelum membeli produk berukuran lebih besar. Terkait hal ini, Anda bisa memilih essence dengan ukuran 10 ml sampai 30 ml.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi essence terbaik untuk usia 50-an

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk essence terbaik untuk usia 50-an yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 31 Juli 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Nature Republic Ginseng Royal Silk Essence menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa L'Oréal Paris Revitalift Crystal Micro Essence memiliki angka penjualan tertinggi. 

10

You Beauty GlobalY.O.U Radiance Up! Pure CICA Essence

Mulai dari Rp 139.000,00

Kandungan pelembapCica water
Kandungan lainnyaSymwhite 377, 5%, niacinamide, vitamin C, camellia extract, lactobionic acid (PHA), licorice extract,
Isi100 ml
9
Kandungan pelembapPropanediol, glycerin, butylene glycol
Kandungan lainnyaSoybean ferment extract, oat kernel extract, adenosine, lactic acid, citric acid, arbutin
Isi150 ml
8

Avoskin Miraculous Divine Aura Toner - Essence

Mulai dari Rp 329.000,00

Kandungan pelembapGlycerin, hyaluronic acid
Kandungan lainnyaNiacinamide, zinc PCA, ascorbic acid (vitamin C), lactic acid (AHA), Betula alba leaf extract, rosehip extract
Isi100 ml
7

RohtoHada Labo Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging Essence

Mulai dari Rp 143.000,00

Kandungan pelembapButylene glycol, glycerin, sunflower seed oil, collagen, hydrolyzed soy protein, corn oil, hyaluronic acid
Kandungan lainnyaVitamin E, retinyl palmitate (retinol)
Isi30 g
6

Procter & GambleOlay Regenerist Micro-Sculpting Essence Water

Mulai dari Rp 221.000,00

Kandungan pelembapButylene glycol, pentylene glycol, dipropylene glycol
Kandungan lainnyaNiacinamide, amino peptide complex
Isi150 ml
5

LaneigeWater Bank Moisture Essence

Mulai dari Rp 600.000,00

Kandungan pelembapPropanediol, squalane, glycerin, sea water, artichoke leaf extract, lecithin, brussels sprouts extract, green bean extract
Kandungan lainnyaZinc sulfate, citric acid, vitamin E
Isi70 ml
4
Kandungan pelembapAllantoin, betaine, glycerin
Kandungan lainnyaGalactomyces ferment filtrate, prebiotic
Isi100 ml
3
Kandungan pelembapGlycerin, allantoin, hyaluronic acid, lecithin, vegan squalane
Kandungan lainnyaBakuchiol, peptide solution, beta glucan, adenosine
Isi50 ml, 100 ml
2
Kandungan pelembapGlycerin, Aloe vera
Kandungan lainnyaGlycolic acid, gluconolactone, niacinamide, tranexamic acid, salicylic acid, mulberry extract, carrot root extract, licorice root extract
Isi12 ml
1

L'Oréal ParisRevitalift Crystal Micro Essence

Mulai dari Rp 66.000,00

Kandungan pelembapCaprylyl glycol, butylene glycol, pentylene glycol
Kandungan lainnyaHydroxyethylpiperazine ethane sulfonic acid, salicylic acid, adenosine, capryloyl salicylic acid,
Isi22 ml, 65 ml, 130 ml

Tabel perbandingan produk essence terbaik untuk usia 50-an

Gambar produk
1
L'Oréal Paris Revitalift Crystal Micro Essence 1

L'Oréal Paris

2
Lacoco Dark Spot Essence 1

Lacoco

3
Wardah  Renew You Toner Essence 1

Wardah

4
ERHA Age Corrector Essence 1

ERHA

5
Laneige Water Bank Moisture Essence 1

Laneige

6
Procter & Gamble Olay Regenerist Micro-Sculpting Essence Water 1

Procter & Gamble

7
Rohto Hada Labo Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging Essence 1

Rohto

8
Avoskin  Miraculous Divine Aura Toner - Essence 1

Avoskin

9
Innisfree Soybean Energy Essence 1

Innisfree

10
You Beauty Global Y.O.U Radiance Up! Pure CICA Essence 1

You Beauty Global

Nama produk

Revitalift Crystal Micro Essence

Dark Spot Essence

Renew You Toner Essence

Age Corrector Essence

Water Bank Moisture Essence

Olay Regenerist Micro-Sculpting Essence Water

Hada Labo Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging Essence

Miraculous Divine Aura Toner - Essence

Soybean Energy Essence

Y.O.U Radiance Up! Pure CICA Essence

Keunggulan

Menyerap hingga 10 lapisan kulit dan menjadikannya glowing

Dengan tiga jenis asam untuk mengurangi tampilan flek hitam

Jadikan kulit terasa lebih kencang hanya dalam empat minggu

Mengandung galactomyces ferment filtrate untuk ratakan warna kulit

Rawat kulit kering dengan essence yang dapat melembapkan secara maksimal

Formula 99% niacinamide untuk kulit yang segar, kenyal, dan awet muda

Diperkaya kandungan retinol yang populer sebagai agen antiaging

Hilangkan noda bekas jerawat dan jadikan kulit lebih cerah

Satu produk dengan enam fungsi perawatan kulit

Exfoliating essence untuk bersihkan kotoran membandel yang menempel di kulit

Harga mulai dariRp 66.000,00Rp 220.000,00Rp 92.000,00Rp 225.120,00Rp 600.000,00Rp 221.000,00Rp 143.000,00Rp 329.000,00Rp 526.000,00Rp 139.000,00
Kandungan pelembapCaprylyl glycol, butylene glycol, pentylene glycolGlycerin, Aloe veraGlycerin, allantoin, hyaluronic acid, lecithin, vegan squalaneAllantoin, betaine, glycerinPropanediol, squalane, glycerin, sea water, artichoke leaf extract, lecithin, brussels sprouts extract, green bean extractButylene glycol, pentylene glycol, dipropylene glycolButylene glycol, glycerin, sunflower seed oil, collagen, hydrolyzed soy protein, corn oil, hyaluronic acidGlycerin, hyaluronic acidPropanediol, glycerin, butylene glycolCica water
Kandungan lainnyaHydroxyethylpiperazine ethane sulfonic acid, salicylic acid, adenosine, capryloyl salicylic acid, Glycolic acid, gluconolactone, niacinamide, tranexamic acid, salicylic acid, mulberry extract, carrot root extract, licorice root extractBakuchiol, peptide solution, beta glucan, adenosineGalactomyces ferment filtrate, prebioticZinc sulfate, citric acid, vitamin ENiacinamide, amino peptide complexVitamin E, retinyl palmitate (retinol)Niacinamide, zinc PCA, ascorbic acid (vitamin C), lactic acid (AHA), Betula alba leaf extract, rosehip extractSoybean ferment extract, oat kernel extract, adenosine, lactic acid, citric acid, arbutinSymwhite 377, 5%, niacinamide, vitamin C, camellia extract, lactobionic acid (PHA), licorice extract,
Isi22 ml, 65 ml, 130 ml12 ml50 ml, 100 ml100 ml70 ml150 ml30 g100 ml150 ml100 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk skincare untuk usia 50-an di sini

Produk skincare untuk setiap usia tentu memiliki perbedaan kandungan yang perlu disesuaikan. Ketika mencapai usia 50, Anda perlu lebih memperhatikan manfaat setiap kandungan supaya kondisi kulit tetap terjaga. Kami mempunyai beberapa rekomendasi skincare untuk usia 50 tahun ke atas, seperti serum, toner, dan eye cream. Silakan simak rekomendasi kami melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Sudahkah Anda menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan? Jika belum, gunakanlah poin-poin dalam artikel ini sebagai panduan ketika memilih produk.


Sebagai salah satu produk perawatan kulit yang dibutuhkan oleh orang berusia 50-an, sebaiknya Anda tidak salah pilih. Dapatkan essence yang tepat agar kelembapan kulit Anda terjaga serta lebih elastis. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Cetaphil, Hada Labo, dan Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Krim Malam Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Krim Malam Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang dengan kondisi kulit berminyak menghindari menggunakan pelembab karena khawatir wajah jadi makin berminyak. Padahal, memberikan pelembap pada kulit berminyak sama pentingnya seperti melembapkan kulit kering. Night cream, merupakan salah satu perawatan maksimal untuk kulit berminyak Anda.Kami akan menyajikan rekomendasi night cream beserta tips memilih krim malam yang bagus untuk kulit berminyak. Kami mengulas berbagai merek krim malam untuk kulit berminyak dan berjerawat, seperti Wardah, Garnier, Haple, dan Whitelab. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis dermatologi dan venereologi kami, dr. Dedianto Hidajat. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori