1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2023)

Memasuki usia 50-an, kondisi kulit mengalami penurunan signifikan. Keriput yang makin terlihat jelas, kulit kusam, dan juga kendur adalah permasalahan yang dialami ketika memasuki usia 50-an. Seiring bertambahnya usia, kulit pun menjadi mudah kering sehingga Anda perlu menggunakan essence setiap hari.


Di pasaran, ada begitu banyak essence yang bagus untuk usia 50-an, mulai dari merek Wardah, L’Oreal Paris, Olay, hingga Laneige. Jika Anda berusia 50-an dan sedang mencari produk essence, artikel ini tepat untuk Anda. Kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik beserta cara memilihnya. Simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 07-31-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Manfaat penggunaan essence di usia 50-an

Manfaat penggunaan essence di usia 50-an

Permasalahan seputar kulit yang terjadi pada usia 50-an disebabkan oleh menurunnya produksi hormon estrogen. Akibatnya, kadar kolagen menjadi berkurang yang kemudian menyebabkan kulit kering dan kehilangan keelastisannya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih essence yang mampu melembapkan kulit dengan baik.


Untuk usia 50 tahun ke atas, essence dengan konsentrasi yang tinggi lebih direkomendasikan. Sebab, efek yang dimilikinya akan lebih efektif untuk kulit Anda. Namun, harap dicatat bahwa penggunaan essence tidak akan membuat tanda-tanda penuaan hilang begitu saja. Adapun penggunaan essence yang rutin akan membuat kulit wajah Anda terasa lebih halus, segar, dan terawat dengan baik.

Cara memilih essence untuk usia 50-an

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih essence dengan kandungan yang cocok untuk usia 50 tahun ke atas. Mari baca ulasan lengkapnya di bawah ini!

① Pilihlah essence dengan kandungan pelembap tinggi

Pilihlah essence dengan kandungan pelembap tinggi

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, kulit kering adalah masalah utama yang sering terjadi saat Anda berusia 50-an. Dengan bertambahnya usia, proses metabolisme sel kulit juga makin melambat. Akibatnya, lapisan barrier kulit tidak lagi mampu mempertahankan kelembapan alaminya.


Oleh karena itu, pelembap merupakan bahan terpenting yang perlu ada dalam produk essence yang Anda pilih. Berikut adalah kandungan bahan yang efektif melembapkan kulit kering dan sebaiknya ada pada essence yang Anda pilih.


  • Glycerin
  • Butylene glycol
  • Hyaluronic acid
  • Hydrolyzed collagen
  • Squalane 
  • Lecithin 
  • Propanediol 
  • Allantoin

② Periksa kandungan bahan aktif lain serta manfaatnya

Di samping kerutan dan kulit kering, terdapat masalah lain yang sering menghampiri saat usia Anda menginjak 50 tahun. Beberapa masalah tersebut adalah flek hitam, jerawat, dan kulit yang menjadi sensitif. Bahkan, orang yang tidak pernah berjerawat pun bisa mendapatkan jerawat saat memasuki usia 50-an. Oleh karena itu, pilihlah kandungan essence yang sesuai dengan masalah kulit Anda.

Retinoid, vitamin C, dan peptide: Sebagai agen antiaging

Retinoid, vitamin C, dan peptide: Sebagai agen antiaging

Ada cukup banyak essence yang menawarkan efek antiaging untuk Anda yang berusia 50 tahun ke atas. Produk-produk tersebut biasanya mengandung bahan, seperti retinoid, vitamin C, dan peptide. Kandungan retinoid dan vitamin C merupakan agen antioksidan yang akan melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas


Kedua bahan tersebut efektif dalam menyamarkan tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus. Di sisi lain, peptide dapat merangsang produksi kolagen pada kulit wajah Anda. Hasilnya, tekstur kulit akan makin membaik dan keriput pun mulai tersamarkan.


Lactic acid dan niacinamide: Untuk mengurangi tampilan pori

Lactic acid dan niacinamide: Untuk mengurangi tampilan pori

Kunci dari pori-pori yang tersamarkan adalah menjaga kebersihan kulit dari kotoran. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan wajah dengan baik, terutama setelah Anda memakai makeup dan beraktivitas di luar ruangan. 


Gunakan juga essence yang mengandung alpha hydroxy acid (AHA), misalnya lactid acid untuk menyamarkan pori yang besar. Lactic acid dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menempel di wajah Anda. Kandungan ini merupakan AHA yang bersifat gentle sehingga aman dipakai setiap hari.


Selanjutnya, bahan lain, seperti niacinamide, juga bisa Anda gunakan. Niacinamide akan menghaluskan tekstur kulit dan membuatnya senantiasa terhidrasi dengan baik. Penggunaan essence yang mengandung niacinamide secara rutin juga akan membuat tampilan pori-pori menjadi tersamarkan.

Glycolic acid dan kandungan asam lainnya: Efektif menyamarkan flek hitam

Glycolic acid dan kandungan asam lainnya: Efektif menyamarkan flek hitam

Flek hitam disebabkan oleh meningkatnya produksi melanin di dalam kulit. Hal ini dapat terjadi apabila kulit Anda sering terpapar sinar matahari secara langsung. Flek hitam bisa membuat warna kulit tidak merata atau hiperpigmentasi. Untuk mengatasinya, pilihlah essence yang mengandung asam, seperti glycolic acid, salicylic acid, dan beberapa jenis asam lainnya.


Kandungan tersebut akan menekan produksi melanin dan mengeksfoliasi kulit untuk menyamarkan bintik hitam. Di samping itu, Anda juga bisa menyamarkan flek hitam menggunakan whitening agent, seperti niacinamide, retinol, dan vitamin C.

③ Utamakan produk yang bebas dari bahan iritan

Utamakan produk yang bebas dari bahan iritan

Kulit sensitif juga sering dialami oleh orang berusia 50 tahun ke atas. Karena itu, sangat penting untuk memilih essence yang bebas dari bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi. Untuk kulit yang sensitif, hindarilah kandungan iritan, misalnya alkohol, paraben, parfum, mineral oil, sulfate, dan lain-lain


Bahan iritan, seperti alkohol dan paraben sering ditambahkan ke dalam skincare karena memiliki efek antiseptik. Selain itu, beberapa essence juga mengandung pewangi sintetis untuk menarik minat penggunanya.

④ Pertimbangkan memilih ukuran sampel atau trial size

Pertimbangkan memilih ukuran sampel atau trial size

Essence akan menunjukkan khasiatnya setelah dipakai rutin dalam jangka waktu tertentu. Namun, bagaimana jika kulit Anda tidak cocok dengan essence yang sudah telanjur dibeli? Tentu dana yang Anda keluarkan untuk membeli produk menjadi sia-sia.


Saat pertama kali mencoba essence baru, pilihlah produk dalam kemasan trial atau travel size. Dengan begitu, Anda bisa memastikan kecocokannya dengan kulit sebelum membeli produk berukuran lebih besar. Terkait hal ini, Anda bisa memilih essence dengan ukuran 10 ml sampai 30 ml.

10 Rekomendasi essence terbaik untuk usia 50-an

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk essence terbaik untuk usia 50-an yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

L'Oréal Paris

Revitalift Crystal Micro Essence

L'Oréal Paris Revitalift Crystal Micro Essence 1枚目

Menyerap hingga 10 lapisan kulit dan menjadikannya glowing

2

Lacoco

Dark Spot Essence

Lacoco Dark Spot Essence 1枚目

Dengan tiga jenis asam untuk mengurangi tampilan flek hitam

3

Wardah

Renew You Toner Essence

Wardah  Renew You Toner Essence 1枚目

Jadikan kulit terasa lebih kencang hanya dalam empat minggu

4

ERHA

Age Corrector Essence

ERHA Age Corrector Essence 1枚目

Mengandung galactomyces ferment filtrate untuk ratakan warna kulit

5

Laneige

Water Bank Moisture Essence

Laneige Water Bank Moisture Essence 1枚目

Rawat kulit kering dengan essence yang dapat melembapkan secara maksimal

6

Procter & Gamble

Olay Regenerist Micro-Sculpting Essence Water

Procter & Gamble Olay Regenerist Micro-Sculpting Essence Water 1枚目

Formula 99% niacinamide untuk kulit yang segar, kenyal, dan awet muda

7

Rohto

Hada Labo Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging Essence

Rohto Hada Labo Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging Essence 1枚目

Diperkaya kandungan retinol yang populer sebagai agen antiaging

8

Avoskin

Miraculous Divine Aura Toner - Essence

Avoskin  Miraculous Divine Aura Toner - Essence 1枚目

Hilangkan noda bekas jerawat dan jadikan kulit lebih cerah

9

Innisfree

Soybean Energy Essence

Innisfree Soybean Energy Essence 1枚目

Satu produk dengan enam fungsi perawatan kulit

10

You Beauty Global

Y.O.U Radiance Up! Pure CICA Essence

You Beauty Global Y.O.U Radiance Up! Pure CICA Essence 1枚目

Exfoliating essence untuk bersihkan kotoran membandel yang menempel di kulit

Perincian produk
Close
No.1

L'Oréal ParisRevitalift Crystal Micro Essence

Mulai dari Rp66.000,00

Menyerap hingga 10 lapisan kulit dan menjadikannya glowing

Kelebihan:

  • Dapat mengeksfoliasi kulit secara ringan untuk menyamarkan pori dan tekstur kulit
  • Menyerap ke dalam 10 lapisan dan membuat kulit tampak glowing 
  • Aromanya sedap dan terkesan mewah

Kekurangan:

  • Mengandung alkohol dan fragrance
  • Untuk kulit superkering, perlu memakai moisturizer tambahan

Essence L'Oréal Paris untuk usia 50-an ini memiliki tekstur yang sangat cair dan ringan layaknya air. Produk ini memiliki aroma yang terasa mewah, cocok untuk penyuka skincare dengan wewangian yang sedap di hidung. Essence ini diklaim dapat menyerap hingga ke dalam sepuluh lapisan kulit.


Formulanya mampu mengeksfoliasi kulit secara ringan, serta menyamarkan pori-pori dan tekstur kulit. Wajah Anda pun akan tampak lebih halus, muda, dan cerah bersinar.

No.2

LacocoDark Spot Essence

Mulai dari Rp220.000,00

Dengan tiga jenis asam untuk mengurangi tampilan flek hitam

Kelebihan:

  • Mengandung tiga jenis asam untuk menyamarkan flek hitam
  • Ukuran travel size yang mudah dibawa ke mana-mana


Kekurangan:

  • Untuk ukurannya yang mini, harga essence ini cukup pricey

Produk ini diformulasikan dengan tiga jenis asam, yakni glycolic, tranexamic, dan salicylic acid, serta gluconolactone dan mulberry extract. Kelima bahan tersebut dikenal akan kemampuannya dalam menyamarkan tampilan flek atau noda hitam di kulit.


Ukurannya pun sangat mini, membuatnya praktis untuk Anda bawa bepergian. Bagi Anda yang mendambakan kulit cerah dan bebas flek hitam, produk ini adalah solusinya!

No.3

Wardah Renew You Toner Essence

Mulai dari Rp92.000,00

Jadikan kulit terasa lebih kencang hanya dalam empat minggu

Kelebihan:

  • Mengencangkan kulit dalam waktu 4 minggu
  • Perpaduan toner dan essence yang dapat meresap hingga epidermis
  • Bebas dari kandungan alkohol, pewangi, dan paraben


Kekurangan:

  • Perlu dipakai bersamaan dengan rangkaian Renew You lainnya untuk hasil lebih maksimal

Produk ini memadukan toner berbasis air dan oil essence untuk merawat kulit Anda. Komposisi bahan-bahannya yang powerful diklaim dapat memperbaiki kekencangan kulit hanya dalam empat minggu saja. Ini adalah pilihan sempurna bagi Anda yang ingin kulit kencang dalam waktu yang relatif singkat.


Produk ini mengandung hint aroma buah-buahan yang samar sehingga bisa dipakai oleh Anda yang sensitif terhadap wangi-wangian. Selain mengencangkan kulit, essence Wardah ini juga dapat digunakan untuk menyamarkan flek hitam dan garis halus. 

No.4

ERHAAge Corrector Essence

Mulai dari Rp225.120,00

Mengandung galactomyces ferment filtrate untuk ratakan warna kulit

Kelebihan:

  • Mencerahkan dan meratakan warna kulit
  • Mengatasi kemerahan dan menenangkan kulit
  • Melindungi kulit dari radikal bebas dan memperkuat skin barrier

Kekurangan:

  • Mengandung alkohol dan parfum

ERHA Age Corrector Essence memiliki tekstur yang cenderung cair dan bening. Skincare lokal untuk usia 50 tahun ke atas ini dapat membuat kulit Anda lebih sehat dan tampak muda. Kandungan galactomyces ferment filtrate di dalamnya akan merawat kulit yang mengalami hiperpigmentasi dan meratakan warnanya.


Untuk Anda yang memiliki warna kulit wajah tidak merata, essence ini bisa dimasukkan dalam rangkaian skincare harian. Produk ini juga bisa menyamarkan kemerahan dan menenangkan kulit yang meradang.

No.5

LaneigeWater Bank Moisture Essence

Mulai dari Rp600.000,00

Rawat kulit kering dengan essence yang dapat melembapkan secara maksimal

Kelebihan:

  • Dilengkapi teknologi Water Zipper yang mengunci kelembapan pada kulit
  • Dibuat menggunakan metode ocean brew untuk menjaga kandungan mineralnya
  • Mengandung garden cress sebagai antioksidan untuk kulit yang lembap dan bercahaya

Kekurangan:

  • Kemasan kaca dan sedikit berat

Laneige Water Bank Moisture cocok untuk wanita usia 50 tahun ke atas yang memiliki kulit sangat kering. Essence Laneige ini kaya akan ekstrak sayur-sayuran yang dapat melembapkan kulit secara instan dan meresap sampai ke dalam. Ditambah lagi, teknologi Water Zipper-nya akan mengunci kelembapan, membuat wajah Anda terus terhidrasi lebih lama.

No.6

Procter & GambleOlay Regenerist Micro-Sculpting Essence Water

Mulai dari Rp221.000,00

Formula 99% niacinamide untuk kulit yang segar, kenyal, dan awet muda

Kelebihan:

  • Membuat kulit lembap, segar, dan kenyal
  • Dapat digunakan untuk eksfoliasi 
  • Bisa mengurangi kerutan, mengontrol sebum, dan merawat jerawat

Kekurangan:

  • Mengandung fragrance


Kulit wajah di usia 50 tahun ke atas sering terlihat lelah dan kurang terhidrasi. Untuk mengatasi kulit yang kelelahan, gunankanlah essence Olay ini. Produk ini mengandung niacinamide dengan kemurnian 99 persen yang sangat baik dalam menghidrasi kulit dan membuatnya lebih kenyal. Niacinamide juga dapat mengontrol sebum dan mengatasi jerawat sehingga cocok untuk jenis kulit kombinasi.

No.7

RohtoHada Labo Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging Essence

Mulai dari Rp143.000,00

Diperkaya kandungan retinol yang populer sebagai agen antiaging

Kelebihan:
  • Mengandung retinol yang dikenal sebagai agen anti-aging
  • Dapat mengencangkan kulit, menyamarkan kerutan dan garis halus, serta mencerahkan kulit

Kekurangan:

  • Kemasan pump, isinya jadi sulit dikeluarkan saat essence hampir habis
  • Mengandung alkohol dan methylparaben

Jika Anda sedang mencari essence dengan kemampuan anti-aging yang ampuh, produk ini layak dipertimbangkan. Essence Hada Labo ini dilengkapi kandungan retinol, yakni turunan vitamin A yang populer akan kemampuan menghambat penuaan dini. Dikombinasikan dengan kolagen, vitamin E, dan hyaluronic acid, produk ini dapat meningkatkan elastisitas kulit dan menyamarkan kerutan.

No.8

Avoskin Miraculous Divine Aura Toner - Essence

Mulai dari Rp329.000,00

Hilangkan noda bekas jerawat dan jadikan kulit lebih cerah

Kelebihan:
  • Mencegah jerawat
  • Menyamarkan noda bekas jerawat
  • Membantu regenerasi kulit dan memperkuat skin barrier

Kekurangan:
  • Kemasan pump, isinya jadi sulit dikeluarkan apabila essence hampir habis

Seiring bertambahnya umur, bekas jerawat dan flek hitam akan makin jelas terlihat. Jika Anda memiliki banyak bekas jerawat di wajah, tambahkan essence ini ke dalam rangkaian skincare harian Anda. 


Kandungan 3-O-ethyl ascorbic acid yang dimilikinya mampu mencerahkan kulit dengan menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Terlebih lagi, produk ini juga mengandung niacinamide dan zinc PCA yang dapat mencegah munculnya jerawat.

No.9

InnisfreeSoybean Energy Essence

Mulai dari Rp526.000,00

Satu produk dengan enam fungsi perawatan kulit

Kelebihan:

  • Teksturnya kental, tetapi tidak terasa lengket
  • Mengandung 91% fermentasi soybean Jeju yang dapat merevitalisasi kulit
  • Tidak mengandung paraben, alkohol, pewarna, mineral oil, parfum, dan bahan iritan lainnya

Kekurangan:

  • Dapat menyebabkan reaksi pada orang yang alergi kacang-kacangan

Hasil fermentasi dari ekstrak kacang kedelai Pulau Jeju merupakan salah satu kandungan utama pada essence Innisfree ini. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengembalikan vitalitas kulit yang mengalami penurunan signifikan dan membuatnya lebih berenergi.


Skincare Korea untuk usia 50-an ini memiliki enam manfaat sekaligus. Essence ini berfungsi untuk melembapkan, menghaluskan, mencerahkan, menyehatkan, menenangkan, dan membentuk lapisan pelindung kulit. Produk ini tidak mengandung bahan-bahan iritan sehingga aman digunakan oleh pemilik kulit sensitif sekalipun.

No.10

You Beauty GlobalY.O.U Radiance Up! Pure CICA Essence

Mulai dari Rp139.000,00

Exfoliating essence untuk bersihkan kotoran membandel yang menempel di kulit

Kelebihan:

  • Poweful brightening system yang dapat mencerahkan kulit kusam dan menyamarkan noda hitam
  • Mengandung ekstrak bunga camellia asal Korea yang kaya antioksidan
  • Mengandung carnosine untuk membantu mengurangi kerusakan kolagen

Kekurangan:

  • Kemasan botol kaca yang rawan pecah

Sel kulit mati, komedo, serta kotoran lain yang menumpuk dapat menyebabkan banyak masalah kulit. Beberapa di antaranya adalah pori-pori tersumbat, tekstur kulit yang kasar, jerawat, dan kulit berminyak. Bagi Anda yang memiliki masalah kulit tersebut, jatuhkanlah pilihan pada Y.O.U Radiance Up! Pure CICA Essence.


Produk ini merupakan exfoliating essence yang mengandung lactobionic acid (PHA). Kandungan tersebut mampu mengangkat kotoran tanpa membuat kulit iritasi sehingga aman dipakai setiap hari. Essence ini akan membuat kulit wajah Anda terasa lebih bersih dan halus.

Baca juga rekomendasi produk skincare untuk usia 50-an di sini

Produk skincare untuk setiap usia tentu memiliki perbedaan kandungan yang perlu disesuaikan. Ketika mencapai usia 50, Anda perlu lebih memperhatikan manfaat setiap kandungan supaya kondisi kulit tetap terjaga. Kami mempunyai beberapa rekomendasi skincare untuk usia 50 tahun ke atas, seperti serum, toner, dan eye cream. Silakan simak rekomendasi kami melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Sudahkah Anda menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan? Jika belum, gunakanlah poin-poin dalam artikel ini sebagai panduan ketika memilih produk.


Sebagai salah satu produk perawatan kulit yang dibutuhkan oleh orang berusia 50-an, sebaiknya Anda tidak salah pilih. Dapatkan essence yang tepat agar kelembapan kulit Anda terjaga serta lebih elastis. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer