10 Rekomendasi Kopi Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kopi Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bagi para pencinta kopi, tentu Anda menginginkan secangkir kopi nikmat dengan aroma yang kuat. Akan lebih baik lagi bila biji kopinya organik yang penanamannya tidak menggunakan pestisida atau pupuk kimia. Tentunya Anda akan mendapatkan kopi sehat dengan rasa dan kualitas terbaik.

Di Indonesia dijual berbagai macam jenis kopi organik, yaitu kopi yang masih dalam bentuk biji, bubuk, dan instan. Setiap jenis kopi organik yang dijual di pasaran memiliki rasa yang berbeda. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kopi organik dan merekomendasikan kopi organik terbaik untuk Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Pengertian kopi organik

Pengertian kopi organik

Kopi organik adalah kopi yang ditanam tanpa menggunakan pestisida atau pupuk kimia lainnya. Untuk mendapatkan label kopi organik, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para produsen kopi, salah satunya adalah tidak menggunakan bahan berbahaya. Hanya kopi organik terbaiklah yang bisa mendapatkan sertifikat kopi organik.

Beberapa negara memiliki sertifikasi untuk mendapatkan label produk organik, salah satunya adalah Jepang yang memiliki sertifikasi JAS (Japan Agricultural Standard). Untuk memperoleh sertifikasi organik JAS tersebut, tanah yang digunakan untuk menanam tidak boleh menggunakan pupuk kimia atau pestisida lainnya selama 3 tahun berturut-turut.

Di Indonesia sendiri, produk organik bisa ditunjukkan salah satunya dengan label SNI (Standar Nasional Indonesia) atau sertifikasi dari Sucofindo. Dalam artikel ini akan ada beberapa produk yang tidak memiliki label SNI, tetapi Anda tidak perlu khawatir sebab produk-produk yang kami rekomendasikan merupakan produk berkualitas dan mutunya terjamin.

Cara memilih kopi organik

Sekarang, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih kopi organik. Berikut poin-poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih kopi organik.

Pilih rasa kopi berdasarkan daerah asalnya

Coffee belt atau disebut dengan wilayah penyebaran kopi, merupakan wilayah yang berada di sekitar 25 derajat utara dan selatan khatulistiwa. Negara-negara yang termasuk dalam coffee belt dan merupakan penghasil kopi terkenal antara lain adalah Guatemala, Nikaragua, Meksiko, Kolombia, El Savador, Brazil, Peru, dan termasuk Indonesia.

Pada kemasan kopi, biasanya ditulis negara asal kopi tersebut. Setiap biji kopi memiliki karakter rasa yang berbeda-beda sesuai dengan daerah asalnya. Karena itu, pelajarilah karakteristik rasa manis, asam, kekentalan, dan sebagainya dari setiap biji kopi masing-masing daerah. Jadi, pilihlah cita rasa kopi dari daerah yang sesuai dengan selera Anda.

Karakterisik biji kopi menurut negara asal

Karakterisik biji kopi menurut negara asal

Sebagai referensi, mari lihat karakteristik biji kopi menurut negara asal. Biji kopi yang terkenal dari Tanzania adalah “Kilimanjaro” yang memiliki rasa kuat karena keasaman dan kekayaan rasanya. Kemudian, biji kopi “Kolombia” yang banyak dibudidayakan di daerah dataran tinggi memiliki karakteristik lebih manis dan kaya rasa.

Meski Meksiko memiliki sejarah lebih pendek dalam hal produksi kopi, tetapi kini biji kopi Meksiko semakin populer. Biji ini kaya rasa dan cukup asam, serta memiliki aftertaste yang menyegarkan. Di Indonesia sendiri, biji kopi yang terkenal contohnya adalah “Mandailing” dan “Bali Arabika” yang sering kali digunakan untuk membuat kopi blend.

Brazil terkenal sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia. Biji kopi dari Brazil memiliki rasa yang stabil dengan tingkat keasaman dan rasa pahit yang seimbang sehingga sering digunakan untuk kopi blend.

Pilih berdasarkan level pemanggangan biji kopi

Pemanggangan biji kopi merupakan bagian yang sangat penting untuk menentukan rasa kopi. Biji kopi mentah yang belum dipanggang tidak memiliki aroma dan rasa, tetapi setelah dipanggang, rasa asam, pahit, dan manisnya akan keluar.

Ada 8 tahap proses pemanggangan biji kopi, yaitu light roast, cinnamon roast, medium roast, high roast, city roast, full city roast, french roast, dan italian roast. Dengan mempertimbangkan kepadatan dan kepahitannya, Anda dapat memilih biji kopi favorit Anda.

Kemudian, biasanya tidak banyak orang meminum light roast dan cinnamon roast karena bau biji kopinya masih terlalu mencolok. Namun, cinnamon roast dengan proses pemanggangan yang baik tetap dapat menghasilkan aroma yang harum.

Perbedaan rasa biji kopi yang dipanggang

Perbedaan rasa biji kopi yang dipanggang

Berikut penjelasan mengenai perbedaan rasa biji kopi berdasarkan level pemanggangannya sebagai referensi bagi Anda saat memilih.

  • Medium roast : Dipanggang sebentar, biasanya memiliki tingkat keasaman yang kuat dan tidak begitu pahit. Level pemanggangan ini digunakan untuk American coffee.
  • High roast : Tingkat keasaman dan pahitnya seimbang, biasa digunakan untuk membuat kopi pada umumnya.
  • City roast : Proses pemanggangan yang paling umum digunakan dan banyak dicari konsumen, serta memiliki rasa yang seimbang.
  • Full city roast: Sedikit asam, memiliki rasa pahit cukup kuat, serta beraroma harum. Biasa digunakan untuk membuat es kopi. 
  • French roast : Tidak asam dan memiliki rasa pahit yang kuat, beraroma harum, biasa digunakan untuk membuat cafe au lait atau espresso.
  • Italian roast : Memiliki rasa pahit yang kuat dan memiliki lemak pada permukaan biji. Biasa digunakan untuk membuat es kopi.

Pilih kopi berbentuk biji atau berbentuk bubuk?

Pilih kopi berbentuk biji atau berbentuk bubuk?

Anda dapat membeli kopi yang masih berbentuk biji atau sudah berbentuk bubuk. Jika Anda mempunyai mesin penggiling kopi di rumah, Anda dapat membeli kopi dalam bentuk biji dan menggilingnya sesuai selera. Mencium aroma biji kopi yang sedang digiling tentunya akan terasa menyenangkan. Namun, jika Anda tidak ingin repot, Anda dapat membeli kopi yang sudah dalam bentuk bubuk.

Di sisi lain, kopi yang masih berbentuk biji dapat Anda simpan lebih lama karena ia hanya sedikit terkena udara. Hal itu menyebabkan kualitas dan rasa kopi bertahan lebih lama daripada kopi berbentuk bubuk yang lebih banyak terkena udara. Karena itu, jika membeli kopi dalam bentuk bubuk, lebih baik Anda tidak menyimpannya terlalu lama dan segera meminumnya.

Pilih kopi single origin yang unik atau blend yang mudah diminum?

Pilih kopi single origin yang unik atau blend yang mudah diminum?

Setiap orang memiliki selera kopi yang berbeda-beda. Ada penggemar kopi blend yang merupakan campuran dari berbagai jenis biji kopi, tetapi ada juga penyuka kopi single origin yang hanya terdiri dari satu jenis biji kopi saja. Bila Anda ingin menikmati rasa orisinal dari suatu biji kopi, kopi single origin merupakan pilihan tepat. Namun, bila Anda ingin menikmati kopi yang lebih ringan dengan berbagai campuran seimbang, Anda dapat memilih kopi blend. Tentunya sangat menyenangkan dapat meminum kopi sesuai selera Anda dan mencoba rasa-rasa baru.

Kopi blend dengan berbagai macam rasa atau kopi single origin dengan aroma khas suatu biji kopi, cobalah meminumnya sesuai mood Anda hari ini.

Pilih kopi rendah kafein untuk Anda yang sedang hamil atau menyusui

Pilih kopi rendah kafein untuk Anda yang sedang hamil atau menyusui

Untuk Anda yang menyukai kopi, tetapi tidak dapat meminum banyak kafein, kami sarankan Anda memilih kopi tanpa atau rendah kandungan kafein. Kopi ini juga cocok diminum oleh ibu hamil dan menyusui. Anda bahkan dapat meminum kopi ini dengan leluasa sebelum tidur tanpa perlu khawatir akan terjaga akibat kafein. Tentu akan sangat menyenangkan bila dapat meminum kopi organik dengan rasa orisinal dan aman bagi Anda.

Pilih kopi instan untuk Anda yang sibuk

Pilih kopi instan untuk Anda yang sibuk

Kopi instan yang dapat disajikan dengan cepat akan membantu Anda menghemat waktu di pagi hari Anda yang sibuk. Jika Anda ingin minum kopi organik, tetapi tidak mempunyai waktu untuk membuatnya, kopi instan organik sangat direkomendasikan untuk Anda. Anda dapat bersantai sambil meminum kopi instan yang kualitasnya tidak kalah dengan kopi yang diproses menggunakan drip.

10 Rekomendasi kopi organik terbaik

Sekarang, kami akan merekomendasikan kopi organik terbaik. Pilihlah sesuai preferensi kopi yang Anda sukai dan temukan produk favorit Anda!

10. Kopi Ulee Kareng Organik Robusta

10. Kopi Ulee Kareng Organik Robusta

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Kopi robusta dengan sejarah panjang yang memiliki cita rasa unik

Produk ini sudah dibuat sejak tahun 1960, karena itu tidak heran bila banyak orang yang membeli kopi ini sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Aceh. Kopi ini sendiri diolah dengan cara modern, yakni menggunakan teknologi hot air roasting yang mampu mempertahankan aroma dan rasa kopi bubuk.

Teksturnya yang agak kasar dengan tingkat keasaman rendah membuat kopi ini cocok untuk Anda yang mencari kopi bercita rasa unik. Untuk mempertahankan cita rasanya, disarankan untuk menyeduhnya menggunakan air mendidih saja. Namun, bagi ibu hamil sebaiknya tidak meminum kopi ini karena kandungan kafeinnya yang cukup tinggi.

9. Tjap Djaran Robusta Original 

9. Tjap Djaran Robusta Original 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.000

Lestarikan alam sambil minum kopi nikmat? Mengapa tidak?

Popularitas kopi robusta memang tidak seperti kopi arabika yang banyak penggemarnya, tetapi hal ini tidak lantas membuat kopi robusta dilupakan. Biji kopi produk ini dipanen dari lereng gunung Arjuna sehingga rasa dan aromanya akan terasa spesial, cocok bagi Anda penggemar kopi single origin bercita rasa kopi Jawa.

Dengan harga yang sangat bersahabat, Anda dapat menikmati secangkir kopi hangat yang nikmat dan sehat. Salah satu hal yang membuat produk ini terasa lebih istimewa adalah Anda dapat berpartisipasi dalam konservasi hutan dan air di Jawa Timur hanya dengan membeli produk ini, lho. Yuk, minum kopi sambil melestarikan alam!

8. Amungme Gold Kopi Arabika Papua

8. Amungme Gold Kopi Arabika Papua

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Sensasi rasa mocha-nya akan membuat kopi ini terasa lebih nikmat!

Kualitas kopi Papua memang sudah diakui di dunia, salah satunya adalah kopi Amungme Gold yang ditanam oleh suku Amungme ini. Alam dataran tinggi yang asri dan tidak tercemar polusi tentu akan menghasilkan biji kopi arabika terbaik. Tidak heran jika kopi ini menjadi primadona bagi para ekspatriat yang sedang bekerja di Papua.

Kenikmatan kopi ini dimulai dari aroma bijinya yang harum dan kuat membuat Anda ingin menyeduh dan menyeruputnya segera. Kopi ini semakin spesial dengan cita rasa mocha dan keasaman yang seimbang serta body yang kuatKarena itu, kopi ini cocok untuk Anda yang menginginkan kopi dengan sensasi rasa mocha yang nikmat.

7. Sentra Kopi Bali Kintamani Arabica Coffee Bean

7. Sentra Kopi Bali Kintamani Arabica Coffee Bean

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 67.000

Nikmati proses menggiling dan aroma yang muncul setelahnya!

Bila Anda ingin merasakan sensasi menggiling kopi dan menikmati aromanya saat digiling, Anda bisa memilih produk satu ini. Produk ini berisi biji kopi pilihan yang berasal dari gunung Kintamani dengan karakteristik rasa tidak terlalu asam dan rasa pahit sedang, tetapi memiliki aroma yang kuat.

Kopi Bali Kintamani juga sudah dikenal mancanegara sebagai origin coffee asal Indonesia yang berkualitas dan banyak disukai sehingga Anda bisa meminumnya dengan bangga. Ditambah sensasi rasa coklat dan jeruk yang muncul saat diminum, membuat kopi ini memiliki rasa yang khas dan sulit dilupakan.

6. Kopi Sidikalang Red Cherry Gayo

6. Kopi Sidikalang Red Cherry Gayo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Rajanya kopi gayo dengan aroma, body, dan aftertaste yang kuat

Aroma harum yang dikeluarkan dari kopi ini ketika diseduh menjadi salah satu daya tarik dari kopi asal dataran tinggi Aceh. Produk yang menggunakan ceri kopi ini juga memberikan aftertaste yang kuat di mulut dan memiliki body yang pekat, cocok untuk Anda yang menyukai taste kuat dari secangkit kopi.

Dipanggang dengan full city roast sehingga memiliki tingkat keasaman dan pahit yang seimbang, membuatnya cocok untuk Anda jadikan es kopi. Kopi ini pun sudah teruji halal karena sudah mendapatkan sertifikat dari MUI dan diklaim tidak menggunakan bahan pengawet sehingga lebih aman untuk Anda.

5. Tjap Djaran Kopi Luwak Premium

5. Tjap Djaran Kopi Luwak Premium

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 236.300

Dapatkan cita rasa unik dari kopi kualitas premium ini!

Akhir-akhir ini kopi luwak semakin populer di antara para pencinta kopi karena memiliki rasa dan aroma yang khas. Hal itu disebabkan kopi yang dihasilkan sangat berkualitas dan melalui proses yang tidak mudah. Apabila Anda menyukai cita rasa yang unik dari secangkir kopi luwak, sebaiknya Anda tidak melewatkan produk yang satu ini.

Dengan biji kopi organik pilihannya yang didapat dari luwak liar, Tjap Djaran menjanjikan kopi berkualitas premium untuk Anda nikmati setiap saat. Ditambah manfaat kopi luwak yang berguna untuk mencegah batu empedu, meningkatkan konsentrasi, serta mencegah diabetes, Anda pasti akan semakin menyukai produk ini.

4. AKL Kopi Medan Arabika Mandailing

4. AKL Kopi Medan Arabika Mandailing

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 195.000

Kopi tanpa bahan aditif yang cocok untuk kopi harian Anda

Biji kopi yang dipakai dalam produk ini ditanam di ketinggian lebih dari 1800 meter di atas permukaan laut yang menghasilkan kopi arabika higienis tanpa tercemar polusi. Kopi ini juga diolah dengan proses full washed yang dapat menghindari fermentasi berlebih pada kopi sehingga menghasilkan rasa yang light dan lembut.

Produk ini tidak mengandung bahan aditif sehingga cocok untuk Anda jadikan sebagai pendamping sarapan atau teman makanan penutup di sore hari. Kopi bubuk yang memiliki body atau kekentalan sedang dengan aroma herb cocoa ini pun telah memiliki kemasan kedap udara sehingga aromanya dapat terjaga dan tahan lebih lama.

3. Hibo Kopi Arabica Papua Black Italian

3. Hibo Kopi Arabica Papua Black Italian

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Rendah kafein dan asam, kopi arabika terbaik dari pegunungan Jayawijaya

Kopi yang berasal dari wilayah Indonesia timur ini sudah memiliki sertifikat kopi organik dari Sucofindo sehingga kualitas dari produk ini pun tidak perlu diragukan lagi. Kandungan kafeinnya yang sangat rendah juga menjadikan produk ini dapat diminum oleh ibu hamil, menyusui, atau untuk Anda yang ingin mengurangi kadar kafein dalam kopi.

Keunggulan lain yang terdapat pada produk ini adalah adanya kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh Anda. Bagi Anda yang menyukai kopi single blend dengan level pemanggangan italian roast, kopi ini cocok untuk Anda coba. Nikmati aroma harum dengan rasa pahit yang kuat dari kopi asal Indonesia timur ini.

2. Kopi Sidikalang Gayo Black Honey

2. Kopi Sidikalang Gayo Black Honey

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Kopi dengan honey process yang memiliki cita rasa manis dan harum

Tidak banyak produsen kopi yang menggunakan honey process untuk mengolah biji kopi karena prosesnya yang sulit dilakukan dan membutuhkan waktu lama. Karena itu, produk ini layak untuk dicoba oleh Anda yang menginginkan kompleksitas rasa manis dan asam yang pas dalam secangkir kopi.

Produk ini juga memiliki body, aftertaste, dan keasaman yang enak dan pas di mulut. Kopi dengan honey process pun memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan kopi dari hasil pemrosesan lainnya. Akan tetapi, rasa manis alami yang muncul dari proses ini tidak akan membuat Anda menyesal saat mencobanya.

1. Mr.O Coffee Pandawa Lima Coffee Blend

1. Mr.O Coffee Pandawa Lima Coffee Blend

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 70.000

Kombinasi lengkap untuk hadirkan kopi blend berkualitas terbaik!

Produk rekomendasi kami berikutnya merupakan kopi blend pilihan yang merupakan gabungan dari biji kopi Jawa, Bali, Flores, Toraja, dan Sumatera. Pastinya Anda sudah terbayang kombinasi rasa, aroma, aftertaste, serta body yang menonjol dari keseluruhan daerah tersebut, bukan? Tentu saja produk ini memilikinya!

Segala keunggulan kopi dari setiap daerah tersebut menjadikan produk kopi ini cocok untuk Anda yang mencari kopi berkualitas terbaik. Hal menarik lainnya, Anda bisa memilih bentuk yang Anda inginkan saat pemesanan, entahkah dalam bentuk biji kopi atau sudah berbentuk bubuk. Sesuaikan saja dengan kebiasaan dan preferensi Anda.

Negara penghasil kopi dan fair trade

Negara penghasil kopi dan fair trade

Sebagian besar budidaya kopi berasal dari negara berkembang, tetapi kenyataannya harga kopi yang dijual di dunia ditentukan oleh pasar internasional yang berada jauh dari negara penghasil. Risiko pasar yang dihadapi adalah fluktuasi harga yang tentunya akan mempengaruhi kehidupan para produsen.

Oleh karena itu, fair trade terus-menerus dilakukan untuk menyejahterakan kehidupan produsen kopi dari negara berkembang dengan cara membeli bahan mentah dengan harga yang sesuai. Produsen dan pekerja bisa menerima kompensasi yang sesuai dengan kualitas kopi yang mereka hasilkan. Dengan cara ini, para produsen dan pekerja dapat terus menghasilkan kopi berkualitas dan dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka sebagai penghasil kopi.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan kopi organik yang Anda sukai? Kopi merupakan minuman yang rasanya bisa berubah seiring perbedaan cara memanggang, cara menyeduh, dan cara meminumnya. Karena itu, setiap proses sangat penting untuk menentukan kualitas kopi. Untuk menikmati kopi dengan nikmat, penting untuk tetap menjaga kualitas kopi, salah satunya dengan cara menaruhnya dalam wadah tertutup. Nikmatilah waktu minum kopi favorit Anda dengan kopi organik yang bersahabat dengan alam!