• 10 Rekomendasi Kopi Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kopi Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kopi Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kopi Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kopi Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kopi Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Banyak pencinta kopi yang ingin mencoba atau merasakan sensasi minum kopi organik. Kopi organik adalah kopi yang seluruh proses penanamannya tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya. Di Indonesia, ada beberapa merk kopi organik terkenal, seperti Tjap Djaran, HiBo, dan Le Conducteur.

Bagi produsen, mendapatkan sertifikasi kopi organik tentu tidak mudah karena tidak banyak biji kopi yang benar-benar organik. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membagikan cara memilih kopi organik yang tepat. Jangan lupa, simak juga komentar coffee consultant, Deni Dermanto, di artikel ini.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Deni Dermanto
Widyanti Yuliandari
  • Pembaharuan terakhir: 10 Juni 2021
  • 8.229 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan coffee consultant Deni Dermanto

Berkolaborasi dengan coffee consultant Deni Dermanto

Deni Dermanto atau yang dikenal sebagai @tukangkopisobek memulai kariernya sebagai barista yang kini mengembangkan bisnis di industri kopi. Aktif sebagai konsultan kopi, Deni telah membantu 21 kedai kopi di Jakarta dan Timur Tengah. Ia juga aktif menjalankan bisnis kopi di Timur Tengah, seperti Kuwait, Bahrain, dan Saudi Arabia. Kini Deni memfokuskan waktunya menjadi mentor di kelas privat untuk barista.

Pengertian kopi organik

Pengertian kopi organik
Kopi organik adalah kopi yang seluruh proses penanamannya tidak melibatkan bahan kimia. Untuk mendapatkan label kopi organik, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para produsen kopi. Salah satu persyaratannya adalah tidak menggunakan pestisida atau pupuk kimia.

Beberapa negara memiliki sertifikasi untuk mendapatkan label produk organik, salah satunya Jepang dengan sertifikasi JAS (Japan Agricultural Standard). Untuk memperoleh sertifikasi JAS, tanah yang digunakan untuk menanam kopi harus bebas bahan kimia selama tiga tahun berturut-turut. Selain itu, tidak boleh juga menanam dengan pupuk GMO (Genetically Modified Organism).

Di Indonesia, produk organik bisa ditunjukkan salah satunya dengan label SNI (Standar Nasional Indonesia) atau sertifikasi dari Sucofindo. Dengan banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi, tidak heran bila kopi organik memiliki harga yang lebih tinggi dari kopi biasa.
Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Kopi organik dikenal karena kopinya yang tidak menggunakan campuran bahan kimia atau pestisida. Kopi ini berkhasiat sebagai antioksidan, bisa melawan radikal bebas, ramah lingkungan, dan lebih menyehatkan. Karena itu, harga biji kopi organik di pasaran lebih tinggi dibandingkan biji kopi konvensional. 

Cara memilih kopi organik

Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilih kopi organik. Berikut adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih kopi organik. Mari simak penjelasan berikut ini.

Pilih rasa kopi berdasarkan daerah asalnya

Pada kemasan kopi, biasanya tercantum negara asal kopi tersebut. Setiap biji kopi ini memiliki karakteristik rasa yang berbeda-beda sesuai dengan daerah asalnya. Pelajarilah karakteristik rasa manis, asam, dan kepekatan setiap biji kopi dari masing-masing daerah tersebut. Lalu, pilihlah cita rasa kopi dari daerah yang sesuai dengan selera Anda.

Karakterisik biji kopi menurut negara asal

Karakterisik biji kopi menurut negara asal
Sebagai referensi, mari bandingkan karakteristik biji kopi dari beberapa negara asal. Biji kopi terkenal dari Tanzania, yaitu Kilimanjaro, memiliki karakteristik yang asam, kaya rasa, dan kuat. Lain lagi dengan biji kopi Kolombia yang banyak dibudidayakan di daerah dataran tinggi. Biji kopi Kolombia memiliki karakteristik lebih manis, kuat, dan kaya rasa.
Sementara itu, meskipun Meksiko memiliki sejarah singkat dalam hal produksi kopi, kini biji kopi Meksiko semakin populer. Biji kopi Meksiko karakteristiknya kaya rasa dan cukup asam, serta memiliki aftertaste yang menyegarkan. Di Indonesia, biji kopi yang terkenal contohnya adalah Mandailing dan Bali Arabika yang sering kali digunakan untuk membuat kopi blend.
Negara yang terkenal sebagai penghasil kopi terbesar di dunia adalah Brasil. Biji kopi dari Brasil memiliki rasa yang stabil dengan rasa asam dan pahit yang seimbang sehingga sering digunakan untuk kopi blend.
Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Setiap varietas kopi di dunia memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Karakter kopi ini ditentukan berdasarkan tempat tanam, suhu, tingkat kematangan biji kopi, atau proses pengolahannya. Contohnya, sebagai penghasil kopi terbesar dunia, Brazil memiliki rasa kopi yang khas seperti cokelat dan tingkat asamnya rendah. 


Sementara itu, Vietnam banyak memproduksi kopi robusta yang karakteristiknya pahit serta harum seperti cokelat dan kacang-kacangan. Berbeda dengan itu, kopi Indonesia memiliki rasa yang unik karena terasa lebih earthy dan fruity seperti herb

Pertimbangkan level roasting biji kopi

Proses roasting biji kopi merupakan bagian yang sangat penting untuk menentukan rasa kopi. Biji kopi mentah yang belum di-roasting tidak memiliki aroma dan rasa. Namun, setelah di-roasting, rasa asam, pahit, dan manisnya akan keluar.

Perbedaan rasa biji kopi yang di-roasting

Perbedaan rasa biji kopi yang di-roasting
Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan rasa biji kopi berdasarkan level roasting-nya. Anda bisa menjadikannya patokan saat memilih.

  • Medium roast : Proses roasting sebentar, biasanya memiliki tingkat keasaman yang kuat dan tidak begitu pahit. Level roasting ini digunakan untuk American coffee.

  • High roast : Tingkat keasaman dan pahitnya seimbang, biasa digunakan untuk membuat kopi reguler.

  • City roast : Proses roasting yang paling umum digunakan dan banyak dicari konsumen, serta memiliki rasa yang seimbang.

  • Full city roast : Sedikit asam, memiliki rasa pahit cukup kuat, serta beraroma harum. Biasa digunakan untuk membuat es kopi.

  • French roast : Tidak asam dan memiliki rasa pahit yang kuat, beraroma harum, biasa digunakan untuk membuat cafe au lait atau espresso.

  • Italian roast : Memiliki rasa pahit yang kuat dan memiliki lemak di permukaan biji. Biasa digunakan untuk membuat es kopi.

Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Roasting kopi adalah proses pemanggangan biji kopi yang masih mentah (green bean) hingga tingkat kematangan tertentu. Biji yang dipanggang akan siap untuk dikonsumsi setelah melewati first crack. Tahap ini biasanya ditandai dengan biji kopi yang mengeluarkan aroma manis karena proses karamelisasi di dalam biji. 


Dalam proses roasting kopi, temperatur dan waktu akan memengaruhi hasil akhir dan rasa kopinya. Baik flavour notes, aftertaste, dan acidity kopi akan sangat dipengaruhi oleh proses ini. Pada intinya, roasting kopi dibagi menjadi tiga tipe, yaitu light, medium, dan dark roast. Tiap-tiap tipe ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda.


Light roast merupakan tipe di mana biji kopi tidak dipanggang dalam waktu yang lama. Karena itu, senyawa organik asli dan susunan kimiawi dari biji kopi tidak banyak hilang selama proses pemanggangan. Cita rasa light roast akan terasa sedikit nutty, fruity, dan herb.


Sebaliknya, medium roast mempunyai rasa yang seimbang, mulai dari fruity dan body. Sementara itu, dark roast memiliki profil rasa yang sangat strong dan rendah asam. Karena itu, tipe ini cocok untuk dicampurkan susu atau perisa agar lebih nikmat rasanya.

Tentukan bentuk kopi, biji atau bubuk?

Tentukan bentuk kopi, biji atau bubuk?
Anda dapat membeli kopi yang masih berbentuk biji atau sudah berbentuk bubuk. Jika Anda mempunyai mesin penggiling kopi di rumah, Anda dapat membeli kopi dalam bentuk biji dan menggilingnya sesuai selera. Mencium aroma biji kopi yang sedang digiling tentunya akan terasa menyenangkan. Namun, Anda dapat membeli kopi yang sudah dalam bentuk bubuk jika tidak ingin repot dan bisa cepat diminum kapan saja.
Di sisi lain, kopi yang masih berbentuk biji dapat Anda simpan lebih lama karena hanya sedikit terpapar udara. Hal itu menyebabkan kualitas dan rasa kopi bertahan lebih lama daripada kopi bubuk yang lebih banyak terpapar udara. Jika membeli kopi dalam bentuk bubuk, jangan simpan terlalu lama dan segera habiskan.
Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Terdapat poin plus dan minus dalam memilih kopi, baik dalam bentuk biji maupun bubuk. Kopi bubuk sangat praktis bagi Anda yang tidak memiliki alat penggiling kopi. Namun, kualitas kopi bubuk akan berkurang seiring berjalannya waktu. Hal ini karena kopi bubuk mengalami proses degassing atau proses pelepasan gas. 


Kopi bentuk biji sangat disarankan bagi Anda yang ingin mendapatkan rasa kopi yang fresh dan lebih nikmat. Selain itu, kopi dalam bentuk biji memiliki daya tahan yang lebih baik daripada kopi bubuk.

Pilih jenis kopi, single origin atau blend?

Pilih jenis kopi, single origin atau blend?
Setiap orang memiliki selera kopi yang berbeda-beda. Ada penggemar kopi blend yang merupakan campuran dari berbagai jenis biji kopi. Ada juga penyuka kopi single origin yang hanya terdiri dari satu jenis biji kopi saja. 

Bila Anda ingin menikmati rasa orisinal dari suatu biji kopi, kopi single origin merupakan pilihan tepat. Namun, bila Anda ingin menikmati kopi yang lebih ringan dengan berbagai campuran seimbang, pilihlah kopi blend.

Tentunya sangat menyenangkan dapat meminum kopi sesuai selera Anda dan mencoba rasa-rasa baru. Anda juga bisa memilih masing-masing tipenya sesuai mood Anda.
Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Single origin digunakan untuk memudahkan identifikasi kopi dengan cara menyebutkan daerah asal perkebunan kopi tersebut. Sementara itu, house blend adalah campuran dari dua jenis kopi atau lebih. Untuk Anda yang ingin menikmati aroma dan rasa kopi dari satu daerah, single origin adalah pilihan yang tepat. Nah, jika Anda lebih menyukai kopi yang balance atau seimbang, pilihlah kopi house blend.

Utamakan kopi rendah kafein untuk Anda yang sedang hamil atau menyusui

Utamakan kopi rendah kafein untuk Anda yang sedang hamil atau menyusui
Untuk Anda yang suka minum kopi, tetapi tidak boleh mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak, pilihlah low caffeine coffee. Kopi ini juga cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Anda bahkan dapat meminum kopi ini dengan leluasa sebelum tidur tanpa perlu khawatir akan terjaga akibat kafein. Tentu akan sangat menyenangkan apabila dapat meminum kopi organik dengan rasa orisinal dan aman bagi Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Colonos Coffee Enema Kopi Medium Roast

Mulai dari Rp 60.000,00

10 Rekomendasi kopi organik terbaik

Sekarang, kami akan merekomendasikan beberapa produk kopi organik terbaik untuk Anda. Pilihlah kopi sesuai cara memilih yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Namun, yang terpenting, pilihlah sesuai selera Anda!
10
TipeSingle origin
JenisBiji atau bubuk
AsalIndonesia (Lembah Baliem, Papua)
Kekuatan kafeinRendah
Cita rasaTidak terlalu pahit dan tidak terlalu asam
Isi100 gr
9
TipeSingle origin
JenisBubuk
AsalIndonesia (Pasuruan, Jawa Timur)
Kekuatan kafeinTidak ada keterangan
Cita rasaAsam, manis, aroma kuat
Isi100 gr
8
TipeSingle origin
JenisBubuk
AsalIndonesia (Papua)
Kekuatan kafeinTidak ada keterangan
Cita rasaAroma kuat, sedikit rasa moka, sedikit asam
Isi250 gr
7
TipeSingle origin
JenisBiji
AsalIndonesia (Kintamani, Bali)
Kekuatan kafeinSedang
Cita rasaFruity, nutty, cokelat, jeruk
Isi200 gr
6
TipeSingle origin
JenisBiji dan bubuk
AsalIndonesia (Gayo, Aceh)
Kekuatan kafeinKuat
Cita rasaHerby, rich, velvety chocolate, orange peel
Isi200 gr
5

JSCHuta Raja Organic Lisa & Leo Simalungun Sumatera

Mulai dari Rp 132.000,00

TipeSingle origin
JenisBiji dan bubuk
AsalIndonesia (Sumatera Utara)
Kekuatan kafeinTidak ada keterangan
Cita rasaAsam, fruity (mango, guava, grape)
Isi250 gr
4
TipeSingle origin
JenisBiji
AsalIndonesia (Danau Toba, Sumatera)
Kekuatan kafeinRendah
Cita rasaPedas, madu, lemon, cokelat
Isi250 gr
3
TipeSingle origin
JenisBiji
AsalIndonesia (Lembah Baliem, Papua)
Kekuatan kafeinRendah
Cita rasaRingan, nutty
Isi100 gr atau 200 gr
2

Tjap DjaranKopi Lanang 100% Natural Organic Product

Mulai dari Rp 109.000,00

TipeSingle origin
JenisTidak ada keterangan
AsalIndonesia (Pasuruan, Jawa Timur)
Kekuatan kafeinTinggi
Cita rasaKuat
Isi100 gr
1

Le ConducteurSpeciality Coffee Mt. Puntang Organic Coffee

Mulai dari Rp 180.000,00

TipeSingle origin
JenisBiji dan bubuk
AsalIndonesia (Puntang, Jawa Barat)
Kekuatan kafeinRendah
Cita rasaAsam, jasmine floral, mild fruity
Isi150 gr

Tabel perbandingan produk kopi organik terbaik

Gambar produk
1
Le Conducteur Speciality Coffee Mt. Puntang Organic Coffee 1

Le Conducteur

2
Tjap Djaran Kopi Lanang 100% Natural Organic Product 1

Tjap Djaran

3
KKA HiBO Organic Coffee Dark French 1

KKA

4
AKL Kopi Medan Arabika Mandailing Organik 1

AKL

5
JSC Huta Raja Organic Lisa & Leo Simalungun Sumatera 1

JSC

6
Mr.O Coffee Gayo Takengon Catimor 1

Mr.O Coffee

7
Sentrakopi Kopi Arabika Bali Kintamani 1

Sentrakopi

8
Amungme Gold Kopi Organic 1

Amungme Gold

9
Tjap Djaran Kopi Arabica Original 1

Tjap Djaran

10
KKA HiBO Organic Coffee Black Italian 1

KKA

Nama produk

Speciality Coffee Mt. Puntang Organic Coffee

Kopi Lanang 100% Natural Organic Product

HiBO Organic Coffee Dark French

Kopi Medan Arabika Mandailing Organik

Huta Raja Organic Lisa & Leo Simalungun Sumatera

Gayo Takengon Catimor

Kopi Arabika Bali Kintamani

Kopi Organic

Kopi Arabica Original

HiBO Organic Coffee Black Italian

Keunggulan

Tidak terlalu asam dan tidak lama menempel di lidah!

Kopi Lanang yang konon membuat Anda perkasa

Menikmati kopi tanpa membuat perut bergejolak!

Kopi rendah kafein dengan fruity notes untuk menemani hari-hari Anda!

Seruput cita rasa eksklusif tanpa tedeng aling-aling

Nikmati aroma harum dan kuatnya kopi Aceh Gayo organik

Terkenal sejak dahulu, kopi dengan cita rasa yang kaya dari Kintamani!

Rasa moka membuat kopi berasa ada manis-manisnya!

Lestarikan alam sambil minum kopi nikmat? Mengapa tidak?

Rendah kafein dan asam, kopi arabika terbaik dari pegunungan Jayawijaya

Harga mulai dariRp 180.000,00Rp 109.000,00Rp 70.000,00Rp 75.000,00Rp 132.000,00Rp 70.000,00Rp 58.000,00Rp 162.000,00Rp 37.000,00Rp 60.000,00
TipeSingle originSingle origin Single origin Single origin Single origin Single origin Single origin Single origin Single origin Single origin
JenisBiji dan bubukTidak ada keteranganBijiBijiBiji dan bubukBiji dan bubukBijiBubukBubukBiji atau bubuk
AsalIndonesia (Puntang, Jawa Barat)Indonesia (Pasuruan, Jawa Timur)Indonesia (Lembah Baliem, Papua)Indonesia (Danau Toba, Sumatera)Indonesia (Sumatera Utara)Indonesia (Gayo, Aceh)Indonesia (Kintamani, Bali)Indonesia (Papua)Indonesia (Pasuruan, Jawa Timur)Indonesia (Lembah Baliem, Papua)
Kekuatan kafeinRendahTinggiRendahRendahTidak ada keteranganKuatSedangTidak ada keteranganTidak ada keteranganRendah
Cita rasaAsam, jasmine floral, mild fruityKuatRingan, nuttyPedas, madu, lemon, cokelatAsam, fruity (mango, guava, grape)Herby, rich, velvety chocolate, orange peelFruity, nutty, cokelat, jerukAroma kuat, sedikit rasa moka, sedikit asamAsam, manis, aroma kuatTidak terlalu pahit dan tidak terlalu asam
Isi150 gr100 gr100 gr atau 200 gr250 gr250 gr200 gr200 gr250 gr100 gr100 gr
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk kopi lainnya di sini

Kopi organik terbaik telah kami bahas di artikel ini. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan membeli produk kopi populer lain yang dapat dinikmati sendiri, bersama keluarga, ataupun untuk dijadikan sebagai buah tangan. Simak penjelasan lebih detailnya di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Mengonsumsi kopi organik bukan saja karena lebih sehat atau sekadar kebanggaan, tetapi juga baik untuk kelestarian alam. Bisa dibilang kopi organik lebih menyehatkan untuk Anda yang meminum, petani, dan juga lingkungan sekitar.
Banyaknya persyaratan untuk mendapatkan label organik membuat kopi ini dijual lebih mahal dan jumlahnya terbatas. Agar Anda lebih yakin saat memilih produk kopi organik, coba hubungi penjualnya secara langsung.

Artikel terkait

  • 10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak orang senang meminum teh hitam dalam berbagai suasana, misalnya ketika ingin bersantai. Namun, saat membeli teh hitam Anda mungkin dibingungkan dengan banyaknya pilihan dan merek yang ada.Untuk itu, kami akan berbagi tips memilih teh hitam yang enak. Anda dapat membaca lebih detail mengenai jenis-jenis teh hitam beserta karakteristiknya. Merek teh hitam terbaik, mulai dari SariWangi, Dilmah, hingga Twinings juga akan kami ulas tuntas. Di artikel ini, kami juga telah bekerja sama dengan seorang konsultan dan spesialis teh bernama Muhammad Ashfiya. Mari simak terus artikel ini!
    Teh & kopi
    12.365 Views
  • 10 Merk Teh Hijau Jepang (Sencha) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Hijau Jepang (Sencha) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sencha merupakan salah satu varian teh hijau. Teh ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu sedikit rasa pahit akibat proses pemanggangan saat diproduksi. Dengan kandungan antioksidan tinggi, teh ini memiliki manfaat bagi tubuh, terutama kulit. Tidak heran, minuman teh ini juga mulai digemari di Indonesia.Kini merk teh, seperti Lipton, Marufuji, dan sebagainya, menelurkan produk sencha yang semuanya nikmat. Agar Anda tak bingung memilihnya, kali ini kami akan memperkenalkan rekomendasi teh hijau terbaik. Tea specialist, Neysa Valeria, juga ikut memberikan informasi tambahan di artikel ini. Yuk, disimak!
    Teh & kopi
    15.232 Views
  • 10 Rekomendasi Corn Tea / Teh Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Corn Tea / Teh Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh jagung atau corn tea telah menjadi minuman sehat yang begitu digemari masyarakat. Teh dengan cita rasa khas jagung manis ini banyak dikonsumsi untuk tujuan kesehatan dan kecantikan. Karena tidak mengandung kafein, teh ini pun dapat dikonsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga lansia.Untuk memudahkan Anda dalam menentukan pilihan, kami akan menjelaskan cara memilih dalam membeli produk teh jagung. Simak terus artikel ini dan dapatkan rekomendasi produk teh jagung dari Sempio, Woongjin, atau Dongsuh di sini!
    Teh & kopi
    4.995 Views
  • 10 Merk Wedang Uwuh Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Wedang Uwuh Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Orang-orang mengenal wedang uwuh sebagai minuman berwarna merah keunguan yang berasal dari Imogiri, Jogja. Minuman yang berisi rempah-rempah ini sangat pas untuk menghangatkan dan menyegarkan tubuh. Wedang uwuh tersedia di pasaran dalam berbagai harga dan kemasan, seperti kemasan instan atau siap seduh berisi 10 saset.Waktu terbaik minum wedang uwuh memang belum diketahui. Namun, untuk mendapatkan wedang uwuh yang bagus dan sesuai selera Anda, kami punya tipsnya di bawah ini. Tidak lupa, rekomendasi merk terbaik, seperti Herbadrink, Sekar, dan Wening juga dapat Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca, ya!
    Teh & kopi
    7.655 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teh Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Agenda afternoon tea dijamin makin berkesan dengan adanya teh bunga beraneka warna. Siapa sangka bunga juga dapat diseduh dan dikonsumsi selayaknya teh biasa. Teh bunga yang bagus tidak hanya memiliki aroma harum dan tampilan yang memanjakan mata. Namun, teh ini juga memiliki segudang khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk membantu Anda, kami bekerja sama dengan tea specialist, Bambang Laresolo untuk membahas tips memilih teh bunga terbaik. Beberapa merk yang terkenal di online shop, seperti Dilmah, Sonnentor, dan Javara juga masuk ke dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    1.413 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Indocafe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Indocafe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Indocafe adalah salah satu brand kopi instan yang sangat populer di Indonesia. Variasi rasa produknya sangat beragam sehingga sangat mudah disesuaikan dengan selera tiap orang. Anda bisa menemukan mulai dari kopi hitam sampai kopi rasa stroberi dan jahe. Bahkan, tidak hanya untuk diseduh panas, ada pula produk yang cocok disajikan dingin.Agar Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan berikan beberapa tips memilihnya. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk terbaiknya, seperti Cappuccino, Fine Blend, dan Coffeemix 3 in 1. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Teh & kopi
    670 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Kapal Api telah lama menemani masyarakat Indonesia dengan aroma dan rasanya yang memikat. Merk ini merupakan produk dari Santos Jaya Abadi. Komitmennya adalah untuk memberikan kopi spesial bagi para konsumen. Ada banyak varian dari Kapal Api, yaitu kopi hitam kopi bubuk, kopi premium, kopi instan, dan kopi siap minum.Agar Anda tidak bingung dalam memilih produk kopi Kapal Api, kami akan memberikan tipsnya untuk Anda. Setelahnya, ada juga rekomendasi produk terbaiknya. Kapal Api Special, Kapal Api Signature, dan Kapal Api Easy Drip ada dalam rekomendasi kami. Mari kita mulai!
    Teh & kopi
    3.226 Views
  • 10 Merk Kopi Sidikalang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Sidikalang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Sidikalang adalah salah satu kopi kebanggaan masyarakat Medan, Sumatera Utara. Karakter kopi Sidikalang yang cenderung asam dan tidak begitu pahit membuatnya bisa dinikmati berbagai kalangan. Sering kali, kopi Sidikalang menjadi solusi bagi penderita mag yang tetap ingin menikmati kopi. Popularitas kopi Sidikalang mungkin tidak setenar zaman dahulu, tetapi kopi ini tetap dicari-cari oleh penikmatnya, terutama varian arabika premiumnya.Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih kopi Sidikalang paling enak dengan harga yang bersahabat. Merk terkenal seperti Cap King Kong Dunia, Tanpak Sidikalang, atau Tagetto akan kami rekomendasikan untuk Anda. 
    Teh & kopi
    709 Views
  • 10 Merk Kopi Lampung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Lampung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, kebiasaan minum kopi menjadi sebuah tren tersendiri, khususnya di kalangan anak muda. Nah, bagi Anda para pencinta kopi, sudahkah Anda mencicipi cita rasa kopi Lampung? Varietas kopi yang dikembangkan di provinisi Lampung ini terkenal akan rasanya yang strong dan berkarakter.Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca ulasan kami berikut ini mengenai kopi Lampung. Kami akan memberikan tips memilih kopi Lampung beserta rekomendasi produknya. Merk kopi Lampung paling enak seperti Artcofie, Arutala Coffee, dan Seven Bika juga akan kami ulas di sini. Silakan disimak!
    Teh & kopi
    214 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Nescafe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Nescafe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sejak 1938, kopi Nescafe hadir untuk melengkapi setiap momen Anda. Saat bersiap pada pagi hari, Anda dapat mengandalkan kopi Nescafe Classic sebagai sumber asupan kafeina. Sementara itu, Anda selalu bisa membawa kopi Nescafe botol atau kaleng untuk bekal di perjalanan.Aneka varian kopi Nescafe dapat Anda pilih. Tersedia jenis robusta atau blend dalam kemasan jar hingga kopi Nescafe sachet. Seluruh ragam kopi asli tersebut tentu harganya juga bervariasi. Supaya Anda lebih mudah memilih kopi Nescafe yang sesuai, simak tips memilih dan rekomendasi produknya berikut ini.
    Teh & kopi
    102 Views
  • Artikel populer

  • 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Bagi yang baru mendalami dunia kopi, mungkin memilih biji dan bubuk kopi yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merk kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
    87.444 Views
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
    70.574 Views
  • 10 Merk Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile. Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih produk yang enak. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile dan menjelaskan manfaatnya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merk Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selain itu, cek juga komentar tea specialist, Neysa Valeria di artikel ini, ya!
    Teh & kopi
    77.248 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Sayangnya, kandungan kafeina di dalam kopi memberi efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaf, kopi dengan kadar kafeina yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaf, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi kopi decaf terbaik. Nescafé, Illy, dan berbagai merek kopi lokal ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik tentang kopi decaf.
    Teh & kopi
    8.568 Views
  • 10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda seorang pencinta teh, sebaiknya Anda berhati-hati dengan asupan kafein yang Anda konsumsi sehari-hari. Kelebihan kafein dapat membahayakan, terutama bagi wanita hamil. Sebagai alternatif, Anda dapat beralih ke teh tanpa kafein yang terbuat dari bahan biji-bijian atau akar tanaman.Berbagai jenis teh tanpa kafein telah beredar di pasaran, mulai dari teh gandum, jagung, hingga rooibos. Agar Anda tidak kebingungan, tea specialist, Neysa Valeria akan memberikan informasi tambahan di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan teh yang enak dari berbagai merek terkenal, seperti Yogi, Sempio, atau Traditional Medicinals. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    21.822 Views
  • 10 Merk Teh Celup Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Celup Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merk teh celup di pasaran, seperti Sari Wangi, Tong Tji, Dilmah, Twinings, dan lainnya.Kali ini, kami telah menyiapkan beberapa tips untuk memilih teh celup yang bagus dan enak. Temukan juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda dan baca tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Segera baca artikel ini dan jangan sampai ada yang terlewatkan, ya!
    Teh & kopi
    12.049 Views
  • 10 Merk Kopi Kintamani Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Kintamani Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Para penikmat kopi pastinya sudah tidak asing lagi dengan kopi Kintamani khas Bali. Kopi Kintamani adalah kopi yang terkenal memiliki cita rasa unik dengan sensasi citrus. Untuk Anda yang baru ingin mencoba kopi Kintamani Bali, Anda bisa membaca artikel ini terlebih dahulu.  Kami akan mengulas tentang rekomendasi produk kopi Kintamani beserta cara memilihnya. Anda akan menemukan beberapa merk kopi Kintamani arabica yang enak, seperti Otten Coffee, Tanamera Coffee, dan Sentra Kopi. Buat Anda yang penasaran, langsung scroll ke bawah, yuk!
    Teh & kopi
    75 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori