1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Makanan kecil & snack
  6. >
  7. 10 Merk Coklat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Coklat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Coklat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Coklat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Coklat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Coklat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Coklat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Coklat adalah camilan manis yang disukai semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai ibu hamil. Anda bisa memilih dark chocolate 70% yang tidak terlalu manis ataupun kandungan kakao lebih dari 70% saat sedang diet. Selain itu, ada juga pilihan milk chocolate serta produk-produk coklat premium yang enak.


Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskan poin-poin memilih coklat terbaik. Lalu, kami juga akan merekomendasikan coklat lezat dari merek yang bagus, seperti SilverQueen, Lindt, dan Krakakoa. Gunakanlah artikel ini sebagai panduan dalam berburu coklat yang enak, ya!

Diperbaharui 12-21-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace menemukan lowongan sebagai freelance writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace menemukan passion-nya di dalam dunia menulis. Grace hobi menjelajahi supermarket untuk menemukan makanan dan minuman yang menarik untuk dicoba. Review makanan dan minuman tersebut dibagikan dalam akun Instagram pribadinya. Berbekal dari hobi tersebut, kini Grace menjadi seorang content creator di Lemon8. Grace juga gemar membaca informasi terbaru tentang kesehatan, perawatan rambut, wajah, dan tubuh serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih coklat

Setiap orang pasti memiliki cokelat favoritnya masing-masing. Namun, untuk menemukan cokelat terbaik, perhatikanlah kandungan kakao (biji cokelat), lemak cokelat, dan lemak nabatinya. Untuk mendapatkan informasi secara utuh, simak penjelasan berikut ini.

① Periksa kandungan kakao dan lemak nabati di dalamnya

Kandungan kakao dalam suatu produk akan sangat memengaruhi rasa cokelat tersebut. Selain itu, kandungan lemak di dalamnya juga merupakan faktor yang tak kalah penting. Yuk, ikuti pembahasannya agar lebih paham.

Kakao 70% ke atas: Cocok untuk pencinta dark chocolate

Kakao 70% ke atas: Cocok untuk pencinta dark chocolate

Cokelat dan snack rasa cokelat adalah dua produk yang berbeda. Cokelat umumnya mengandung 30–40% kakao. Sementara itu, snack rasa cokelat hanya mengandung 30% kakao atau kurang. Cokelat dengan kandungan kakao yang rendah biasanya mengandung gula yang tinggi.


Jika Anda tidak terlalu menyukai rasa manis, pilihlah cokelat yang mengandung 70% kakao. Cokelat ini disebut juga dark chocolate karena memiliki rasa lebih pahit dan tekstur lebih padat. Selain itu, dark chocolate baik untuk kesehatan karena kandungan gulanya lebih sedikit dibandingkan cokelat biasa.

Cocoa butter (lemak coklat): Untuk Anda yang menginginkan coklat berkualitas tinggi

Cocoa butter (lemak coklat): Untuk Anda yang menginginkan coklat berkualitas tinggi

Lemak cokelat atau disebut juga cocoa butter merupakan jenis lemak nabati yang berasal dari biji kakao. Karakteristik dari cocoa butter adalah berwarna kuning pucat dan meleleh pada suhu tubuh. Meski menggunakan istilah butter, lemak ini tidak mengandung susu atau produk turunannya.


Cocoa butter biasanya menjadi salah satu bahan utama dalam cokelat berkualitas tinggi. Alasan utamanya karena cocoa butter memiliki rasa dan aroma khas cokelat serta mouthfeel yang lembut di mulut. Jadi, pastikan bahan ini ada jika Anda menginginkan cokelat yang enak dan berkualitas.

Lemak nabati lainnya: Rasanya relatif enak dan bersahabat di kantong

Lemak nabati lainnya: Rasanya relatif enak dan bersahabat di kantong

Selain cocoa butter, produsen cokelat juga menggunakan lemak nabati lainnya sebagai bahan alternatif dalam pembuatan cokelat. Cokelat jenis ini dijual dengan harga terjangkau karena bahan bakunya melimpah dan mudah didapatkan. Contoh lemak nabati yang umum digunakan dalam pembuatan cokelat adalah minyak sawit dan lecithin.


Meski rasanya tidak se-creamy cocoa butter, cokelat yang menggunakan minyak sawit cukup enak dikonsumsi. Ditambah lagi, banyak produk cokelat yang mengombinasikan penggunaan cocoa butter dan lemak nabati lain untuk meningkatkan cita rasanya. Karena itu, tidak ada salahnya Anda mencicipi produk berbahan alternatif yang ramah di kantong ini.

② Perhatikan daerah asal biji coklat yang digunakan

Secara umum, rasa cokelat bergantung pada jumlah campuran susu atau gula dalam produk tersebut. Selain itu, rasa cokelat ternyata ditentukan juga dari biji cokelat yang digunakan. Biji cokelat itu sendiri sangat bergantung pada microclimate, seperti curah hujan, suhu udara, ataupun kelembapan tanah. Jadi, tak heran jika tiap-tiap daerah memiliki rasa biji cokelat yang berbeda.


Sebagai informasi, cokelat impor banyak menggunakan biji cokelat asal Afrika. Namun, produk cokelat yang menggunakan biji cokelat asli Indonesia pun tak kalah enak. Nah, mari simak karakteristik dari beberapa biji cokelat berikut ini.


  • Indonesia

Indonesia memiliki beberapa daerah penghasil biji cokelat, yakni Bali, Jawa Timur, Flores, dan Aceh. Cokelat Aceh identik dengan rasa rempah, tembakau, dan kopi yang samar. Sementara itu, campuran rasa cengkih dan kopi menjadi ciri khas cokelat asal Flores. Nah, cokelat Jawa Timur memiliki rasa yang berpadu dengan asam buah-buahan, sedangkan rasa karamel dan krim melekat kuat pada cokelat Bali.


  • Afrika

Produsen biji cokelat terbesar di dunia berada di benua Afrika, seperti Ghana dan Nigeria. Cokelat yang berasal dari Ghana memiliki rasa yang tidak terlalu pahit dengan rasa asam yang pas. Sementara itu, Anda akan merasakan cokelat dengan cita rasa yang pahit dan kuat pada cokelat Nigeria.


Manakah yang menjadi favorit Anda? Silakan sesuaikan dengan selera masing-masing, ya!

③ Pilih coklat yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan

Untuk meminimalkan guilty feeling setelah mengonsumsi cokelat, prioritaskan memilih produk yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Produk seperti apakah itu? Yuk, simak penjelasannya!

Coklat rendah kalori, untuk diet dan kesehatan tubuh

Coklat rendah kalori, untuk diet dan kesehatan tubuh
Produk cokelat identik dengan camilan tinggi kalori karena mengandung lemak, gula, dan susu dalam jumlah besar. Kalori yang tinggi tentu saja perlu dihindari jika Anda sedang berusaha untuk mendapatkan berat badan ideal. Namun, tidak semua produk cokelat memiliki kalori tinggi, lho.


Di pasaran tersedia beragam cokelat rendah kalori yang bisa dinikmati tanpa perlu khawatir akan dampaknya bagi kesehatan tubuh. Namun, Anda tetap perlu membatasi diri untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya!


Cokelat rendah kalori tak hanya untuk Anda yang sedang menjaga berat badan ideal, tetapi juga untuk ibu hamil. Ibu hamil memang boleh mengonsumsi cokelat. Namun, kalori cokelat yang tergolong tinggi bisa membuat ibu hamil berisiko obesitas.

Kandungan kakao tinggi, untuk kecantikan kulit

Kandungan kakao tinggi, untuk kecantikan kulit

Mengonsumsi cokelat bukan hanya akan membuat mood Anda membaik, tetapi juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Kandungan polifenol yang terdapat pada kakao dapat membantu menekan peradangan dan memperbaiki tekstur kulit.


Selain itu, makin tinggi kandungan kakao dalam produk cokelat, makin rendah pula kandungan gula dan lemak di dalamnya. Alhasil, Anda pun akan terhindar dari obesitas atau jerawat akibat mengonsumsi cokelat. Jadi, cokelat dengan kandungan kakao tinggi adalah pilihan wajib jika Anda ingin kecantikan kulit tetap terjaga.

10 Rekomendasi coklat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk coklat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Cadbury

Dairy Milk Chocolate

Cadbury Dairy Milk Chocolate  1枚目

Milk chocolate klasik yang teksturnya meleleh di lidah

2

SilverQueen

Milk Chocolate with Cashews

SilverQueen  Milk Chocolate with Cashews 1枚目

Rasakan gurihnya kacang mete dengan manisnya coklat

3

Pabrik Cokelat Abadi

Suzzana Chocolate Nougat

Pabrik Cokelat Abadi Suzzana Chocolate Nougat 1枚目

Coklat jadul yang rasanya bikin kangen!

4

The Belgian

Dark Chocolate Bar 72%

The Belgian Dark Chocolate Bar 72% 1枚目

Coklat vegetarian yang rasanya tidak terlalu manis

5

Junglegold

Dark Orange

Junglegold Dark Orange 1枚目

Coklat plant-based rasa jeruk segar, cocok untuk ibu hamil

6

Krakakoa

Flavoured Creamy Coffee Milk Chocolate

Krakakoa Flavoured Creamy Coffee Milk Chocolate 1枚目

Perpaduan rasa kopi dan coklat ala kafe

7

Chocolate Monggo

Batik Gift Box 10 Chocolate Bars

Chocolate Monggo Batik Gift Box 10 Chocolate Bars 1枚目

Sepuluh coklat asli Indonesia untuk hadiah orang terkasih

8

Lindt

Excellence Intense Dark 99% Cocoa Chocolate

Lindt Excellence Intense Dark 99% Cocoa Chocolate 1枚目

Dark chocolate premium dengan biji coklat asal Ghana

9

Ritter Sport

Cornflakes

Ritter Sport Cornflakes 1枚目

All day breakfast dengan cornflakes di dalam coklat

10

Toblerone

Swiss Dark Chocolate with Honey & Almond Nougat

Toblerone Swiss Dark Chocolate with Honey & Almond Nougat 1枚目

Lezatnya coklat berpadu dengan madu dan almond nougat

Perincian produk
Close
No.1

CadburyDairy Milk Chocolate

Mulai dari Rp8.800,00

Milk chocolate klasik yang teksturnya meleleh di lidah

Siapa yang tak kenal dengan merek cokelat Cadbury? Cita rasa cokelat yang klasik, tetapi tak lekang oleh waktu menjadikan cokelat ini disukai seluruh generasi. Cadbury Dairy Milk Chocolate sangat cocok untuk Anda yang menyukai cokelat susu dengan tekstur lembut. Selain itu, rasa cokelat Cadburry sangat enak dan meleleh di lidah.
No.2

SilverQueen Milk Chocolate with Cashews

Mulai dari Rp8.000,00

Rasakan gurihnya kacang mete dengan manisnya coklat

Perpaduan cokelat dan kacang mete memang tak pernah salah. Cokelat yang manis sangat menyatu dengan kacang mete yang renyah dan gurih. Cita rasa ini bisa Anda nikmati dari cokelat SilverQueen. Cokelat SilverQueen sudah menjadi salah satu cokelat terfavorit di Indonesia. Lalu, cokelat SilverQueen juga tidak mudah meleleh.

No.3

Pabrik Cokelat AbadiSuzzana Chocolate Nougat

Mulai dari Rp4.500,00

Coklat jadul yang rasanya bikin kangen!

Cokelat Suzanna adalah jenis chocolate nougat yang sudah terkenal dari zaman dahulu. Adanya nougat di dalam cokelat membuat teksturnya lebih chewy. Rasa cokelat ini akan membuat Anda bernostalgia dengan kenangan masa lalu.


Selain itu, cokelat Suzzana dibuat dalam kemasan satuan sehingga mudah untuk dikonsumsi. Anda juga bisa menjadikan cokelat ini sebagai isian bingkisan acara anak-anak.

No.4

The BelgianDark Chocolate Bar 72%

Mulai dari Rp37.000,00

Coklat vegetarian yang rasanya tidak terlalu manis

Apakah Anda mencari cokelat bar yang tidak terlalu manis? Jika iya, Anda bisa mempertimbangkan dark chocolate dari The Belgian ini. Cokelat ini menggunakan 72% kakao sehingga rasanya tidak terlalu manis dan tidak terlalu pahit. Selain rasanya yang tidak terlalu manis, cokelat The Belgian ini juga bisa dikonsumsi para vegetarian, lho.
No.5

Coklat plant-based rasa jeruk segar, cocok untuk ibu hamil

Ibu hamil juga boleh mengonsumsi cokelat, asal tidak berlebihan. Kami merekomendasikan cokelat dari Junglegold ini untuk ibu hamil.


Cokelat plant-based asal Bali yang sebelumnya bernama Pod Chocolate ini mencampurkan minyak atsiri jeruk ke dalam cokelatnya. Rasa dan aroma jeruknya dapat membantu mengatasi mual selama hamil. Rasanya juga bisa membuat mood ibu hamil kembali membaik.

No.6

KrakakoaFlavoured Creamy Coffee Milk Chocolate

Mulai dari Rp40.000,00

Perpaduan rasa kopi dan coklat ala kafe

Produk dalam negeri lainnya yang tak kalah menarik adalah keluaran Krakakoa. Produsen Krakakoa memberikan pelatihan khusus kepada petani cokelat untuk menghasilkan biji cokelat terbaik yang menjamin rasa dan kualitas.

Salah satu varian rasanya yang akan membuat Anda ketagihan adalah Creamy Coffee Milk Chocolate. Produk ini memadukan aroma biji kopi Robusta dan Arabika. Rasanya seperti kopi cokelat ala kafe. Untuk Anda pencinta kopi, pilih saja produk ini!
No.7

Chocolate MonggoBatik Gift Box 10 Chocolate Bars

Mulai dari Rp270.000,00

Sepuluh coklat asli Indonesia untuk hadiah orang terkasih

Cokelat produksi lokal ini mempunyai cita rasa khas karena dibuat dari biji kakao pilihan. Biji kakao tersebut didapat dari berbagai daerah perkebunan di Indonesia.

Chocolate Monggo mendesain produknya dengan boks yang dihiasi motif batik. Di dalam boksnya terdapat sepuluh cokelat dengan variasi rasa berbeda. Tentunya produk ini sangat cocok dijadikan sebagai hadiah untuk orang terkasih!

No.8

LindtExcellence Intense Dark 99% Cocoa Chocolate

Mulai dari Rp73.900,00

Dark chocolate premium dengan biji coklat asal Ghana

Jika Anda mengutamakan manfaat baik dari biji kakao, cokelat Lindt ini bisa Anda pertimbangkan. Cokelat premium ini menggunakan biji cokelat dari Ghana. Rasanya sangat rich dan mewah dengan bahan-bahan terbaik. Anda bisa merasakan cita rasa roasted coffee dan liquorice dari cokelat batang ini. Anda yang sedang diet menurunkan berat badan pun bisa mencicipi cokelat ini.

No.9

All day breakfast dengan cornflakes di dalam coklat

Ritter Sport adalah merek cokelat asal Jerman. Ritter Sport memiliki banyak varian rasa cokelat yang enak. Varian Cornflakes ini merupakan salah satu varian yang unik. Cokelat ini adalah milk chocolate yang dipadukan dengan corflakes. Cornflakes sendiri merupakan cereal breakfast yang umum dikonsumsi.


Jika Anda menyukai permainan tekstur dalam sebuah makanan, cokelat ini adalah pilihan yang tepat. Tambahan cornflakes menciptakan tekstur renyah serta rasa gurih. Cokelat ini juga pasti disukai oleh anak-anak berkat tambahan cornflakes-nya.

No.10

TobleroneSwiss Dark Chocolate with Honey & Almond Nougat

Mulai dari Rp34.490,00

Lezatnya coklat berpadu dengan madu dan almond nougat

Toblerone sudah dikenal sebagai salah satu cokelat premium di Indonesia. Dengan bentuk segitiga khasnya, konsumen dapat dengan mudah mengenali produk ini. Salah satu variannya adalah Swiss Dark Chocolate with Honey & Almond Nougat ini.

Cokelat Toblerone mengandung madu, almond, dan nougat sehingga ada potongan terasa sedikit lengket. Namun, inilah keunikan dari cokelat Toblerone. Untuk varian ini, Toblerone menggunakan plain chocolate sehingga rasanya tidak terlalu pahit. Para penggemar Toblerone wajib mencoba cokelat ini!

Manfaat mengonsumsi coklat

Cokelat mempunyai manfaat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Konsumsilah seperempat hingga setengah cokelat batangan dalam jeda waktu ±1 jam atau 30 menit sebelum belajar atau bekerja. Silakan coba setiap hari dan lihatlah perubahannya pada daya konsentrasi Anda.


Selain itu, cokelat juga mengondisikan tubuh agar siap menjalani aktivitas karena dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Oleh karena itu, mengonsumsi cokelat sebelum memulai hari bisa menjadi ritual yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, pastikan cokelat yang Anda pilih memiliki kandungan yang aman untuk dikonsumsi sehari-hari, ya!

Baca juga rekomendasi coklat merek lainnya di sini

Berikut ini kami sudah menyiapkan tautan yang akan memberikan rekomendasi cokelat terenak dari beberapa merek terkenal. Anda bisa memilih cokelat yang diproduksi oleh Pod Chocolate, Lindt, dan Hershey's. Simak dengan baik dan selamat memilih!

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sepuluh produk terbaik yang bisa menjadi panduan Anda dalam memilih cokelat. Jadi, cokelat manakah yang menjadi favorit Anda? Selain rasa, sebaiknya Anda mempertimbangkan manfaat produk bagi kesehatan dan kecantikan.


Periksa juga kandungan di dalam cokelat dengan selalu membaca komposisi yang tertera di belakang kemasan. Jangan lupakan juga tabel nutrisinya agar Anda tidak mengonsumsi cokelat secara berlebihan. Selamat menikmati cokelat yang enak!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer