• 10 Rekomendasi Coklat Terbaik (Terbaru tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Coklat Terbaik (Terbaru tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Coklat Terbaik (Terbaru tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Coklat Terbaik (Terbaru tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Coklat Terbaik (Terbaru tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Coklat Terbaik (Terbaru tahun 2020)

Cokelat tidak hanya enak dijadikan camilan, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kudapan manis ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di supermarket atau bahkan lewat online shop dalam berbagai pilihan jenis dan rasa. Namun, apakah Anda tahu cokelat seperti apa yang baik bagi kesehatan?

Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin dalam memilih cokelat, kemudian memperkenalkan jajaran produk terbaik dengan kualitas rasa yang unggul. Gunakanlah artikel ini sebagai panduan dalam berburu cokelat yang enak!
  • Pembaharuan terakhir: 13 Februari 2020
  • 17.994 Views
Daftar isi

Daerah asal biji cokelat yang digunakan

Cara memilih cokelat terbaik

Setiap orang pasti memiliki cokelat favoritnya masing-masing. Untuk menemukan rasa cokelat favorit Anda, pilihlah dengan memperhatikan kandungan kakao (biji cokelat), lemak nabati, dan lainnya. Simak terus artikel ini sebelum Anda berburu cokelat!

Pilih berdasarkan kandungan kakao dan lemak nabati di dalamnya

Kandungan kakao dalam suatu produk akan sangat mempengaruhi rasa cokelat tersebut. Selain itu, kandungan lemak di dalamnya juga merupakan faktor yang tak kalah penting. Berikut ini kami akan menjelaskannya secara lebih rinci.

Daerah asal biji cokelat yang digunakan

Daerah asal biji cokelat yang digunakan
Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih cokelat adalah daerah asal biji cokelat yang digunakan. Cokelat dari luar negeri banyak yang menggunakan biji cokelat asal Pantai Gading, Afrika Barat. Namun, produk cokelat Indonesia dengan kakao asal Bali dan Flores juga tak kalah enak.
Tentu saja, rasa cokelat akan berubah tergantung pada jumlah campuran susu atau gula yang ditambahkan. Meski begitu, daerah produksi biji cokelat memiliki pengaruh besar terhadap rasa. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencicipi cokelat impor dan membandingkan rasanya dengan cokelat lokal.
Selain itu, ada baiknya jika Anda memahami perbedaan antara kakao (biji cokelat) dan kokoa. Cocoa mass, cocoa nibs, dan cocoa butter adalah kakao mentah yang tidak melewati proses roasting dan nutrisinya tidak akan hilang karena pemanasan. Sedangkan kokoa adalah biji cokelat yang dipanaskan kemudian dijadikan bubuk dan bentuknya sudah berbeda dari biji cokelat mentah. Setelah memahami perbedaan ini, Anda bisa lebih mudah memeriksa bahan baku yang tertera pada kemasan cokelat yang ingin Anda beli.

Kandungan kakao 70% ke atas bagi pencinta dark chocolate

Kandungan kakao 70% ke atas bagi pencinta dark chocolate
Karena kandungan kakao memengaruhi rasa cokelat, perhatikanlah bahan baku yang tertera pada kemasan. Cokelat dan snack rasa cokelat adalah dua produk yang berbeda. Cokelat pada umumnya mengandung 30~40% kakao. Sedangkan snack rasa cokelat hanya mengandung 30% kakao atau kurang.
Pada umumnya, cokelat yang mengandung 70% kakao akan terasa lebih pahit. Jika Anda tidak terlalu menyukai rasa manis, tidak ada salahnya untuk mencoba dark chocolate ini. Cokelat ini juga dipercaya baik untuk kesehatan karena kandungan gula yang sedikit. Periksalah persentase kandungan biji cokelat sebelum Anda membelinya, ya!

Lemak nabati yang digunakan

Banyak produsen yang menggunakan minyak nabati agar tekstur cokelat terasa lembut ketika disantap. Namun, selera tiap orang tentu berbeda. Jadi, pilihlah berdasarkan preferensi masing-masing.
Sebaliknya, cokelat yang tidak menggunakan lemak nabati akan lebih mudah mencair. Biasanya cokelat semacam ini digunakan sebagai bahan baku untuk membuat kue. Jadi, pilihlah jenis cokelat berdasarkan cara konsumsinya, apakah untuk dinikmati langsung atau digunakan dalam membuat kue dan camilan.

Pilih cokelat yang bermanfaat bagi kesehatan

Saat ini semakin banyak orang yang sadar akan kesehatan dan memperhatikan asupan makanan setiap harinya. Tak heran jika kandungan polifenol pada cokelat juga menjadi fokus perhatian. Nah, perhatikan poin-poin berikut ini untuk memilih cokelat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Pilih yang rendah kalori dan hanya mengandung sedikit zat aditif

Pilih yang rendah kalori dan hanya mengandung sedikit zat aditif
Saat ini semakin banyak produk cokelat yang menggunakan tambahan pemanis atau pewarna buatan. Jika Anda sedang memperhatikan asupan makanan, sebaiknya hindari kandungan semacam yang tidak baik bagi tubuh.
Selain itu, penting juga untuk mengecek daftar jumlah kalori yang tertera pada kemasan. Hindarilah konsumsi cokelat secara berlebihan agar Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan. Periksa juga kolom komposisi bahan untuk mengecek kandungan gula di dalamnya.

Pilih yang harganya memudahkan konsumsi berkelanjutan

Pilih yang harganya memudahkan konsumsi berkelanjutan
Ketika memilih cokelat, harga juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Perbedaan harga biasanya dipengaruhi oleh daerah asal produksi biji cokelat, kualitas biji cokelat, dan keterampilan dalam memproduksi cokelat yang unggul.
Di Indonesia sudah banyak beredar produk cokelat lokal dengan harga terjangkau dan cita rasa berkualitas tinggi. Jika Anda biasa mengonsumsi cokelat dalam jumlah banyak setiap harinya, kami sarankan untuk memilih produk lokal. Namun, tak ada salahnya untuk menikmati cokelat mewah dari merek terkenal atau produk impor pada momen khusus.

10 Rekomendasi cokelat terbaik

Setelah mempelajari apa saja yang perlu diamati dalam memilih cokelat, kami akan merekomendasikan produk-produk terbaik, termasuk dari segi keunggulan rasanya. Silakan cek daftar berikut ini sebagai referensi dalam mencari cokelat yang sesuai keinginan!
10
Daerah asal biji cokelatTidak disebutkan
Kandungan kakao50%
Campuran lemak nabatiEmulsifier (soya lecithin)
9
Daerah asal biji cokelatAmerika Selatan, Karibia, dan Ghana
Kandungan kakao70%
Campuran lemak nabatiSoya lecithin
8
Daerah asal biji cokelatTidak disebutkan
Kandungan kakao85%
Campuran lemak nabatiLecithin
7
Daerah asal biji cokelatJawa, Sulawesi, Sumatera
Kandungan kakao41%
Campuran lemak nabatiSoy lecithin, vegetable emulsifier
6
Daerah asal biji cokelatIndonesia
Kandungan kakao40%
Campuran lemak nabatiSunflower lecithin
5

Hershey’s KissesSpecial Dark Mildly Sweet Chocolate

Rp 160.000,00

Daerah asal biji cokelatAfrika Barat
Kandungan kakao15-35%
Campuran lemak nabatiLecithin (minyak nabati)
4
Daerah asal biji cokelatGhana
Kandungan kakao30%
Campuran lemak nabatiEmulsifier (soya lecithin)
3
Daerah asal biji cokelatGhana
Kandungan kakao20%
Campuran lemak nabatiVegetable fats (palm, shea)
2
Daerah asal biji cokelatTidak disebutkan
Kandungan kakao37%
Campuran lemak nabatiEmulsifier (soy lecithin)
1

Whittakers 72% Cocoa Dark Ghana Block

Rp 98.000,00

Daerah asal biji cokelatGhana
Kandungan kakao72%
Campuran lemak nabatiEmulsifier (soya lecithin)

Tabel perbandingan produk coklat terbaik

Gambar produk
1
Whittakers  72% Cocoa Dark Ghana Block 1

Whittakers

2
Cavalier Tablet Milk Hazelnuts 1

Cavalier

3
Cadbury Dairy Milk 1

Cadbury

4
Ritter Sport Alpine Milk Chocolate 1

Ritter Sport

5
Hershey’s Kisses Special Dark Mildly Sweet Chocolate 1

Hershey’s Kisses

6
Krakakoa Flavoured Milk Chocolate, Creamy Coffee 1

Krakakoa

7
Monggo Milk 1

Monggo

8
The Belgian Dark Chocolate Bar 85% 1

The Belgian

9
Lindt Excellence 70% 1

Lindt

10
Toblerone Dark Chocolate 1

Toblerone

Nama produk

72% Cocoa Dark Ghana Block

Tablet Milk Hazelnuts

Dairy Milk

Alpine Milk Chocolate

Special Dark Mildly Sweet Chocolate

Flavoured Milk Chocolate, Creamy Coffee

Milk

Dark Chocolate Bar 85%

Excellence 70%

Dark Chocolate

KeunggulanTerbuat dari biji kakao ter...Cokelat klasik kesayangan s...Perpaduan cokelat dengan 10...Bentuk yang unik dan cantik...Cokelat lokal berkualitas i...Manisnya cokelat susu denga...Tak hanya baik untuk keseha...Keseimbangan rasa dan aroma...Lezatnya cokelat berpadu de...
HargaRp 98.000,00Rp 75.000,00Rp 14.500,00Rp 98.000,00Rp 160.000,00Rp 46.000,00Rp 42.300,00Rp 85.000,00Rp 100.000,00Rp 42.000,00
Daerah asal biji cokelatGhanaTidak disebutkanGhanaGhanaAfrika BaratIndonesiaJawa, Sulawesi, SumateraTidak disebutkanAmerika Selatan, Karibia, dan GhanaTidak disebutkan
Kandungan kakao72%37%20%30%15-35%40%41%85%70%50%
Campuran lemak nabatiEmulsifier (soya lecithin)Emulsifier (soy lecithin)Vegetable fats (palm, shea)Emulsifier (soya lecithin)Lecithin (minyak nabati)Sunflower lecithinSoy lecithin, vegetable emulsifierLecithinSoya lecithinEmulsifier (soya lecithin)
Tautan produk

Manfaat mengonsumsi cokelat

Manfaat mengonsumsi cokelat
Cokelat mempunyai manfaat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Konsumsilah seperempat hingga setengah cokelat batangan dalam jeda waktu sekitar 1 jam atau 30 menit sebelum belajar atau bekerja. Silakan coba setiap hari dan lihatlah perubahan pada daya konsentrasi Anda.
Selain itu, cokelat juga mengondisikan tubuh kita agar lebih siap menjalani aktivitas karena meningkatkan aliran darah ke otak. Oleh karena itu, dianjurkan mengonsumsi cokelat setiap pagi hari. Temukan cokelat favorit Anda agar Anda bisa mengonsumsinya setiap pagi hari sebelum beraktivitas, ya.

Baca juga rekomendasi produk cokelat lainnya di sini!

Selain berbagai produk cokelat terbaik yang telah direkomendasikan kali ini, silakan cek juga rekomendasi camilan cokelat lainnya yang dibahas di artikel berikut!

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sepuluh produk terbaik yang bisa menjadi panduan Anda dalam memilih cokelat. Cokelat manakah yang menjadi favorit Anda? 

Tidak hanya dari segi rasa, sebaiknya Anda memilih cokelat yang juga baik untuk kesehatan. Pastikan juga kandungan di dalam cokelat dengan selalu membaca komposisi yang tertera di belakang kemasan. Pilihlah cokelat yang sesuai dengan selera Anda. Selain itu, jangan lupa berbagi dengan teman dan keluarga Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, ada kopi instan yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafein. Banyak merek kopi instan terkenal seperti NESCAFÉ, Torabika, dan Kapal Api yang mengeluarkan berbagai produk di Indonesia.Kali ini, kami akan merekomendasikan kopi instan terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan cara memilih kopi instan agar Anda dapat menemukan produk yang Anda sukai. Di bagian akhir, kami juga akan menjelaskan cara menyajikan kopi supaya menjadi lebih nikmat. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    36.625 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    15.450 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    50.881 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Makanan & minuman
    42.179 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan & minuman
    51.261 Views
  • 10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Keju cheddar pertama kali dibuat di negara Inggris. Sejak itu, cheddar menjadi jenis keju yang paling banyak dibuat di seluruh dunia. Ciri khasnya adalah rasa asam yang lembut dan tidak berlebihan. Keju cheddar membuat piza dan telur dadar Anda menjadi semakin enak, serta cocok dijadikan isian sandwich dan salad dressing. Rasanya memang tidak tergantikan.Untuk membantu Anda, kami akan mengulas cara memilih keju cheddar sekaligus memberi rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Anchor, Bega, Kraft, dan merek lainnya. Pilihlah keju cheddar favorit Anda agar waktu makan terasa lebih istimewa. Mari kita mulai!
    Makanan & minuman
    16.470 Views
  • 10 Rekomendasi Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Gula sering digunakan dalam masakan, camilan, teh, dan kopi sebagai penambah rasa manis. Meskipun akhir-akhir ini banyak ditemukan pemanis tanpa kalori, hanya gula yang bisa memberikan rasa manis yang kuat. Anda mungkin sering melihat berbagai jenis gula, seperti gula pasir, gula merah, gula rendah kalori, dan lain-lain.Pada artikel ini, kami akan membantu Anda dalam menemukan gula terbaik. Kami tidak hanya akan memberitahu cara memilihnya, tetapi juga rekomendasi produk dari Tropicana Slim, GULAKU, maupun Ricoman. Temukan gula dengan rasa dan karakteristik yang cocok dengan selera Anda!
    Makanan & minuman
    1.456 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori