10 Rekomendasi Matras Terbaik untuk Box Bayi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Matras Terbaik untuk Box Bayi (Terbaru Tahun 2018)

Memiliki bayi, apalagi bagi orang tua baru, sangatlah membahagiakan. Sebagai orang tua, tentu saja Anda akan memikirkan kenyamanan dan keamanan bayi Anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan box bayi untuk tempat istirahat bayi Anda.

Untuk itu, Anda membutuhkan matras terbaik sebagai pengisi box bayi Anda. Banyaknya matras dengan berbagai kelebihan, seperti matras dengan sifat antiair, antialergi, empuk, ringan, serta tidak panas dapat Anda jumpai dengan mudah di pasaran. Namun, bagaimana cara memilih yang terbaik? Simak terus artikel ini untuk mengetahuinya!

Daftar isi

Apakah matras diperlukan dalam box bayi?

Ada orang yang merasa ragu akan perlu atau tidaknya matras di dalam box bayi. Tentu saja, matras diperlukan dalam box bayi. Berikut akan kami paparkan alasannya.

Mengapa matras diperlukan?

Mengapa matras diperlukan?

Kebanyakan box bayi terbuat dari kayu. Ini berarti permukaan tempat membaringkan bayi akan terasa keras. Untuk itu, tentu saja Anda membutuhkan matras untuk membaringkan bayi.

Di sisi lain, jika Anda meletakkan bayi Anda langsung ke atas kasur tanpa dialasi matras, hal ini dapat berpotensi membuat kasur tertekan yang dikhawatirkan dapat menyebabkan terjadinya SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah matras yang memiliki daya tolakan tinggi agar baik tubuh maupun wajah bayi tidak terbenam ke kasur.

Berapa lama matras dapat digunakan?

Berapa lama matras dapat digunakan?

Jangan membeli matras yang murah untuk pengisi box bayi Anda. Kemudian, perhatikan juga seberapa lama matras tersebut dapat digunakan. Kebanyakan, matras bayi dapat digunakan kurang lebih satu setengah tahun setelah bayi lahir.

Setelah lewat satu setengah tahun tersebut, Anda dapat menggunakan matras tersebut sebagai tempat tidur bayi di waktu siang, misalnya dengan menaruhnya di ruang keluarga. Jika Anda menaruh matras pada tempat yang mudah Anda jangkau, Anda akan lebih mudah untuk mengurus bayi Anda, dan bayi Anda juga akan tetap merasa nyaman di atas matras.

Cara memilih matras untuk box bayi

Lalu, matras seperti apa yang cocok untuk bayi Anda? Mari simak poin-poin cara memilih berikut supaya bayi Anda bisa tidur dengan nyaman dan memiliki pertumbuhan yang baik.

Pilih matras yang memiliki ukuran pas dengan box bayi

Pilih matras yang memiliki ukuran pas dengan box bayi

Tidak semua box bayi memiliki ukuran yang sama. Box bayi pada umumnya berukuran 70 x 120 cm, sedangkan box yang lebih ringkas ukurannya 60 x 90 cm. Namun, ada box bayi dengan ukuran tidak umum seperti 70 x 100 cm atau 60 x 120 cm, karena itu pilihlah matras dengan ukuran yang pas dengan ukuran bagian dalam box bayi.

Pilih yang tidak mengganggu pernapasan untuk mencegah SIDS

Dengan memilih matras yang cukup keras, Anda bisa mencegah terjadinya SIDS. Untuk mendapat matras yang tidak mudah terbenam dan memiliki daya pantul tinggi, Anda harus mencari matras yang memiliki daya tolakan tinggi. Hal ini berguna untuk menghindari wajah terbenam dalam matras saat tidur, yang dapat menyebabkan bayi sesak napas dan kehabisan udara. Matras dari bahan kapas yang terlalu empuk juga tidak disarankan untuk dipakai karena alasan tersebut.

Matras berdaya tolak tinggi yang memiliki daya pantul kuat

Matras berdaya tolak tinggi yang memiliki daya pantul kuat

Belakangan ini, matras berdaya tolak tinggi juga banyak dipilih oleh orang dewasa karena mampu mendistribusikan tekanan dari tubuh secara merata. Dengan begitu, kontur tubuh akan tetap terjaga meski sering berganti posisi tidur. Jika Anda memilih matras berdaya tolak tinggi untuk matras box bayi Anda, pilihlah produk dengan material dari busa poliuretan dengan tingkat kerapatan tinggi, lateks yang keras, atau produk-produk yang memiliki teknologi seperti wovenaire dan airfiber. Bahan-bahan tersebut telah melewati uji berulang kali dan memiliki daya tolak tinggi.

Matras berpegas yang memiliki elastisitas tinggi

Matras berpegas yang memiliki elastisitas tinggi

Sedikit berbeda dari matras berdaya tolak tinggi, ada matras yang memiliki elastisitas sedang, yakni matras berpegas untuk mencegah tubuh terbenam saat tidur. Pada matras untuk orang dewasa, ada jenis yang dapat mengikuti kontur tubuh. Namun, pada matras bayi dengan pegas, biasanya dibuat dengan daya tolak yang tinggi. Karena itu, periksalah terlebih dahulu kekuatan tolakan matras sebelum memutuskan membelinya.

Pilih matras yang mudah dibersihkan

Bayi dapat berkeringat, muntah, atau mengompol saat diletakkan di atas matras sehingga membuat matras kotor. Agar matras bayi Anda tetap bersih dan tahan lama, perhatikanlah kemudahan perawatannya.

Matras yang dapat dicuci akan terjaga kebersihannya

Matras yang dapat dicuci akan terjaga kebersihannya

Kotoran dan bau pada matras tidak akan hilang hanya dengan mengelapnya. Jika matras bayi Anda dapat dicuci, tentu Anda dapat menjaga matras bayi Anda senantiasa bersih dan memberikan lingkungan yang sehat bagi bayi Anda. Matras berdaya tolak tinggi biasanya tidak bisa dicuci menggunakan mesin cuci, tetapi masih bisa dicuci menggunakan shower.

Matras dengan permukaan yang tahan air akan lebih sulit kotor

Matras dengan permukaan yang tahan air akan lebih sulit kotor

Ada matras yang terbuat dari bahan tahan air pada bagian luarnya, ada juga yang memiliki mekanisme kedap air. Dengan begitu, muntah atau ompol bayi tidak dapat meresap ke dalam matras dan matras akan lebih mudah dibersihkan meski matras tersebut tidak dapat dicuci.

Matras tidak tahan air atau tidak dapat dicuci? Gunakanlah seprai antiair

Matras tidak tahan air atau tidak dapat dicuci? Gunakanlah seprai antiair

Bagaimana jika matras box bayi pilihan Anda tidak terbuat dari bahan tahan air dan tidak memiliki mekasnisme kedap air? Tidak perlu khawatir, gunakanlah seprai antiair sehingga Anda bisa menjaga kebersihan matras pilihan Anda. Selain seprai antiair, Anda juga bisa menggunakan perlak sebagai pelapis agar kotoran tidak merembes ke matras.

Pastikan bayi bisa tidur nyenyak, aman, dan nyaman

Sebagai tambahan, perhatikan poin-poin berikut dalam memilih matras agar bahkan bayi Anda yang memiliki kulit sensitif dan sering berkeringat dapat tidur semakin nyaman.

Perhatikan ada tidaknya formalin dalam matras

Perhatikan ada tidaknya formalin dalam matras

Kain biasanya menggunakan formalin untuk mencegah penyusutan dan menghindari kerutan. Ketika bayi yang memiliki kulit sensitif terkena kain yang mengandung formalin, dermatitis, atau alergi pada bayi dapat muncul. Untuk pakaian atau matras yang bersentuhan langsung dengan kulit bayi, ambang batas aman kandungan formalin adalah kurang dari 16 µg/gram. Namun, sebisa mungkin pilihlah matras yang tidak menggunakan formalin. Perhatikan keterangan ini pada label produk dengan saksama. Jika tidak tertera, Anda bisa mencari infonya dari review konsumen, situs resmi produk, internet, atau bertanya kepada penjualnya terlebih dahulu.

Perhatikan apakah matras terbuat dari bahan yang breathable

Perhatikan apakah matras terbuat dari bahan yang breathable

Saat udara sedang panas, bayi mudah berkeringat. Jadi, bahan matras yang memiliki breathability tinggi sangatlah penting. Jika breathability matras tersebut buruk, jamur bisa tumbuh pada matras serta kenyamanan tidur bayi Anda akan terganggu. Karena itu, pastikan material di dalam matras pilihan Anda bisa mengalirkan udara dengan baik.

Perhatikan ketebalan matras yang tepat

Perhatikan ketebalan matras yang tepat

Bayi Anda tidak akan bisa tidur nyenyak jika ia merasakan ada ketidaknyamanan pada tubuhnya akibat matras yang terlalu tipis. Jika Anda memilih jenis matras berpegas, ketebalan yang tepat adalah sekitar 10 cm. Kemudian untuk matras berdaya tolak tinggi, tergantung bahan pengisi matras tersebut, ada yang sudah cukup nyaman untuk digunakan meski tebalnya hanya sekitar 3 cm. Ada produsen matras yang memberikan penjelasan atau video tes mengenai matras yang bisa Anda gunakan sebagai bahan perbandingan saat hendak membeli melalui online shop. Karena itu, perhatikan sungguh-sungguh sebelum memutuskan membelinya.

10 Rekomendasi matras terbaik untuk box bayi

Apakah Anda sudah membaca tips memilih matras untuk box bayi Anda? Berikut kami berikan 10 rekomendasi matras terbaik untuk box bayi Anda. Selamat memilih!

10. IKEA Vyssa Vinka

10. IKEA Vyssa Vinka

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 879.900

Dengan pegas bonnell, tubuh bayi dapat tertopang dengan baik

Produk ini adalah salah satu matras untuk box bayi berpegas keluaran IKEA. Pegas dalam matras ini bertipe bonnel spring yang memiliki bentuk seperti jam pasir. Dengan pegas berukuran besar, matras ini memiliki permukaan yang cukup keras sehingga dapat menahan tubuh bayi secara merata.

Matras ini memang tidak tahan air, tetapi cover-nya dapat Anda lepas dan cuci dengan mudah menggunakan mesin cuci agar lingkungan tidur bayi Anda senantiasa higienis. Karena itu, produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mencari matras bayi berpegas dengan harga terjangkau dan mudah dibersihkan.

9. Dream On Me 2-in-1 Breathable Crib Mattress

9. Dream On Me 2-in-1 Breathable Crib Mattress

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.856.000

Matras 2-in-1 yang praktis untuk bayi dan balita!

Produk ini disebut 2-in-1 karena bisa dipakai pada kedua sisinya. Sisi yang ditujukan untuk bayi telah dilapisi bahan bersirkulasi tinggi, sedangkan sisi lainnya dilapisi bahan tahan air dan ditujukan untuk balita. Anda hanya perlu membalikkan matras ke sisi yang tahan air saat anak Anda memulai potty training-nya agar matras dapat tetap kering.

Matras ini juga telah mendapat sertifikat GreenGuard yang berarti hanya terdapat sedikit kandungan bahan kimia sehingga aman untuk bayi Anda. Karena itu, matras ini cocok untuk Anda yang menginginkan matras praktis yang aman dan dapat digunakan untuk waktu lama. Tentunya Anda pun akan lebih hemat karena tidak perlu membeli matras lagi.

8. IKEA Pelleplutt

8. IKEA Pelleplutt

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 635.000

Bebas kimia dan mudah dicuci, matras tepat untuk kulit bayi Anda

Matras ini terbuat dari busa poliuretan yang dilapisi dengan kain katun dan polyester untuk membuatnya tetap lembut di kulit bayi Anda. Seluruh bahan matras ini juga diklaim bebas dari bahan kimia berbahaya sehingga aman untuk bayi Anda. Selain itu, matras ini memiliki daya tolak tinggi meski tebalnya hanya 6 cm.

Bagian cover matras ini pun dapat dilepas untuk memudahkan Anda saat ingin membersihkan permukaan matras. Tidak hanya itu, Anda bahkan dapat mencuci matras ini menggunakan mesin cuci. Karena itu, produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mencari matras bayi tanpa bahan kimia dan mudah dibersihkan.

7. Sofzsleep Cot Mattress

7. Sofzsleep Cot Mattress

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.350.000

Halau ancaman SIDS dengan daya tolak tingginya!

Matras lateks buatan Belgia ini terbuat dari bahan yang seluruhnya alami. Dengan daya tolak yang tinggi, matras ini cocok untuk Anda yang ingin meminimalisir risiko terjadinya SIDS. Kemudian, matras berbahan lateks juga terkenal dengan pori-porinya yang besar sehingga memiliki sirkulasi udara dengan sangat baik.

Jika bayi Anda mudah kepanasan, tidur di atas matras ini akan menjaganya agar tetap adem dan tidak gatal karena keringat. Sarung matras yang terbuat dari bahan bambu, selain mengandung antibakteri yang alami, juga menyerap kelembapan dengan baik sehingga bayi bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman.

6. Babybee Mattress Bed

6. Babybee Mattress Bed

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 650.000

Tidak perlu khawatir lagi bayi mudah berkeringat saat tidur

Produk matras untuk box bayi ini merupakan produk asli Indonesia dengan teknologi Eropa. Dengan berbagai pengujian, matras ini terbukti bebas bahan kimia, antibakteri, tungau, jamur, serta tahan lama. Matras ini bersifat organik, sangat aman bahkan untuk bayi yang baru lahir sekalipun.

Dengan bahan 100% lateks alami, matras box bayi ini dilapisi oleh cover matras yang terbuat dari kain berbahan bambu. Seratnya mampu mengalirkan udara dengan baik sehingga tetap nyaman dipakai saat bayi berkeringat atau cuaca panas. Karena itu, matras satu ini cocok untuk bayi Anda yang mudah berkeringat saat tidur karena banyak bergerak.

5. Milliard Dual Use Crib Mattress

5. Milliard Dual Use Crib Mattress

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 8.125.000

Satu matras untuk menemani tidur malam anak Anda seiring pertumbuhannya

Matras untuk box bayi ini terbuat dari foam premium yang berkualitas tinggi dengan ketebalan sekitar 14 cm. Dibuat dengan teknologi yang memungkinkan sirkulasi udara secara penuh dan menopang postur bayi secara menyeluruh, bayi Anda akan tidur dengan nyenyak pada matras ini.

Kedua sisi matras ini dapat digunakan sesuai pertumbuhan bayi Anda. Foam pada matras ini ada dua jenis, yakni foam kokoh untuk digunakan bayi dan memory foam lembut untuk balita. Jadi, Anda mencari matras untuk digunakan anak Anda dalam waktu lama? Matras ini cocok untuk Anda!

4. Mothercare Luxury Anti Allergy Pocket Spring Cot Bed Mattress

4. Mothercare Luxury Anti Allergy Pocket Spring Cot Bed Mattress

Lihat produk di Lazada

Harga : Rp 4.799.000

Bayi Anda lasak saat tidur? Matras ini akan menjaga tulang belakangnya

Sesuai namanya, matras mewah ini dilapisi cover dengan kandungan probiotik untuk mencegah masuknya tungau debu ke dalam matras dan menyebabkan alergi. Dengan kata lain, matras berukuran 70 x 140 cm ini akan membantu menyingkirkan penyebab asma pada anak-anak. Anak Anda pun akan tidur nyenyak dan nyaman.

Pocket spring pada matras ini mampu menopang tubuh bayi secara keseluruhan. Selain itu, pegasnya juga menjaga tulang belakang agar tetap stabil saat bayi secara tidak sadar bergerak dalam tidurnya sehingga pertumbuhan tulangnya baik. Jika gaya tidur bayi Anda lasak, Anda akan cocok dengan matras yang memiliki ketebalan 10 cm ini.

3. Sofzsleep Cottonier Latex Mattress

3. Sofzsleep Cotonnier Latex Mattress

Lihat produk di Tokopedia

Harga : Rp 4.162.000

Bebas formalin dan pestisida, lho! Pastinya makin aman untuk bayi Anda

Terbuat dari lateks premium yang tidak mengandung pestisida dan formalin, matras ini aman dari bahan kimia yang berbahaya. Jika biasanya keringat dan ompol bayi sering membuat bakteri atau jamur tumbuh, hal itu dapat diminimalisir dengan matras ini. Karena itu, produk ini cocok untuk Anda yang mencari matras bayi tanpa bahan kimia berbahaya dan higienis.

Cover-nya terbuat dari bahan serat bambu dengan antibakteri alami dan mudah dibersihkan dengan cara mencucinya dalam mesin cuci. Bahannya yang breathable juga membuat matras dengan tebal 10 cm ini tetap dingin di cuaca panas dan hangat di cuaca dingin. Bayi Anda akan sangat nyenyak tidur di matras ini.

2. Colgate ZenbabyTM 2-Stage Crib Mattress with KulKote

2. Colgate ZenbabyTM 2-Stage Crib Mattress with KulKote

Lihat produk di Lazada

Harga : Rp 7.924.000

Tidur lelap dengan matras super empuk, ringan, dan tidak mudah terbakar

Produk ini merupakan matras bayi dengan bahan yang super empuk dan ringan. Meski harganya cukup mahal, matras yang terbuat dari ecofoam bersertifikat ini memiliki dua jenis sisi yang dapat digunakan untuk bayi dan balita. Dengan begitu, Anda bisa berhemat karena tidak perlu membeli matras baru lagi saat bayi Anda semakin besar.

Kemudian, matras ini memiliki sifat antialergi dan tidak berbau serta dilapisi dengan cover antiair dan serat yang tidak mudah terbakar. Karena itu, bila Anda mencari matras berkualitas yang mudah dipindahkan dan tetap empuk meski digunakan dalam jangka panjang, produk ini adalah salah satu pilihan terbaik.

1. Newton Crib Mattress

1. Newton Crib Mattress

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.289.000

Jadikan dunia lebih baik dengan matras yang bisa didaur ulang!

Matras ini terbuat dengan teknologi wovenaire yang terdiri dari 10% polymer food grade dan 90% udara. Produk ini pun 100% bisa didaur ulang, bebas bahan kimia berbahaya, dan bersifat hypoallergenic. Jadi, produk ini akan sangat pas untuk Anda yang mencari matras super breathable bagi bayi Anda sekaligus dapat didaur ulang.

Bagian dalam matras ini berongga sehingga mudah dilalui udara dan akan membuat bayi Anda semakin nyaman saat tidur. Sarungnya terbuat dari polymer, bisa Anda cuci dengan mudah di mesin cuci, sedangkan matrasnya dapat Anda cuci di bathtub atau cuci menggunakan shower. Dengan demikian, kebersihannya akan semakin terjaga luar dalam!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan matras untuk box bayi yang Anda inginkan? Pastikan Anda memilih yang terbaik untuk bayi Anda. Saat tidur adalah salah satu saat pertumbuhan yang penting bagi bayi. Karena itu, tentu saja Anda ingin pertumbuhan bayi Anda optimal saat tidur. Pastikan matras pilihan Anda bebas dari bahan kimia berbahaya, breathable, dapat mencegah terjadinya SIDS, dan buatlah momen tidur si kecil terasa lebih nyaman!