10 Rekomendasi Cleansing Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Cleansing Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Cleansing balm memiliki tekstur lembut di kulit serta efektif membersihkan pori-pori yang kotor dan makeup dengan bersih. Cleansing balm tidak membuat wajah kehilangan kelembapannya sehingga cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kulit yang kering bahkan sensitif sekalipun.

Kali ini, kami akan memperkenalkan 10 rekomendasi cleansing balm terbaik untuk Anda. Berbagai merek terkenal, seperti Innisfree, Clinique, dan lainnya juga akan kami ulas. Sebelum itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu cleansing balm beserta cara memilihnya agar Anda bisa menentukan produk yang paling tepat.

Daftar isi

Apa itu cleansing balm?

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui kelebihan dari cleansing balm. Cleansing balm memiliki beberapa jenis base, seperti minyak dan susu, tetapi apa yang menjadi kelebihannya masing-masing jenis tersebut? Simak dalam penjelasan berikut ini.

Cleansing balm memiliki tekstur yang unik

Cleansing balm memiliki tekstur yang unik

Cleansing balm memiliki karakteristik tekstur yang padat pada awalnya, lalu akan mencair pada suhu tubuh dan menjadi berminyak saat dioleskan ke kulit. Anda yang kerap menggunakan lip balm dan body balm, tentunya sudah dapat membayangkan teksturnya. Cleansing balm juga sangat mudah untuk beradaptasi dengan kulit serta tidak mudah menjadi kesat sehingga produk ini akan cocok untuk pemijatan wajah sembari membersihkannya.

Memiliki daya pembersih yang tinggi

Memiliki daya pembersih yang tinggi

Cleansing balm memiliki formula yang ringan di kulit, tetapi ampuh untuk membersihkan sisa makeup, bahkan makeup tebal sekalipun. Pembersih wajah ini cocok untuk Anda yang menginginkan produk berdaya pembersih kuat, tetapi tetap lembut di kulit.

Di samping itu, cleansing balm juga ampuh untuk membersihkan bintik-bintik hitam serta berbagai kotoran pada pori-pori wajah Anda. Jenis pembersih wajah ini pun cocok bagi Anda yang tidak menyukai efek basah dan lama kering saat mencuci wajah.

Cara memilih cleansing balm

Setelah Anda memahami apa itu cleansing balm beserta kegunaannya, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih cleansing balm sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda. Simak terus artikel kami, ya.

Pilih yang perlu dibilas atau yang hanya perlu diseka?

Pilih yang perlu dibilas atau yang hanya perlu diseka?

Cleansing balm dapat dibedakan dari segi cara pemakaian. Ada jenis yang perlu dibilas dengan air setelah Anda selesai menghapus makeup dan ada juga jenis hanya perlu dibersihkan dengan menyekanya menggunakan kapas atau handuk. Jika Anda ingin membersihkan makeup dengan cepat, jenis yang dapat dibersihkan tanpa dibilas sangatlah cocok. Sebaliknya, jika Anda ingin menggunakannya sembari mandi, jenis yang perlu dibilas akan lebih cocok.

Ada juga jenis yang dapat digunakan baik dibilas dengan air atau diseka dengan handuk. Pastikan Anda memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan serta kegiatan Anda.

Periksa apakah dapat digunakan saat kulit sedang basah atau tidak

Periksa apakah dapat digunakan saat kulit sedang basah atau tidak

Dilihat dari kondisi kulit penggunanya, secara garis besar terdapat 2 jenis cleansing balm. Ada jenis yang hanya dapat digunakan saat kulit dalam keadaan kering dan ada juga yang dapat digunakan saat kulit dalam keadaan basah sekalipun.

Jika Anda ingin menggunakannya di kamar mandi, pastikan Anda memilih jenis yang dapat digunakan pada kulit yang basah. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk untuk pemakaian pada kulit basah yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.

Jenis yang tidak perlu dibilas lagi agar kelembapan terjaga

Jenis yang tidak perlu dibilas lagi agar kelembapan terjaga

Di antara produk cleansing balm yang ada, terdapat jenis yang tidak perlu dibilas lagi dengan sabun pembersih wajah karena formula dari cleansing balm sudah menggantikan fungsi dari sabun pembersih wajah biasa. Jenis yang tidak perlu dibilas ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merawat kulit setiap hari serta bagi Anda yang sering mengalami masalah pada kulit. Frekuensi gesekan tangan dengan wajah pun berkurang karena Anda tak perlu mencuci wajah.

Jenis ini juga tidak akan membuat kulit menjadi kering serta menjadikan kulit Anda lebih lembap. Terutama bagi Anda pemilik kulit yang kering dan sensitif, poin ini cukup penting untuk diperhatikan.

Untuk pemilik kulit sensitif, produk tanpa zat aditif lebih direkomendasikan

Untuk pemilik kulit sensitif, produk tanpa zat aditif lebih direkomendasikan

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sangat disarankan untuk memilih produk yang tidak menggunakan bahan aditif yang berisiko merusak kulit Anda. Saat membersihkan, sangat penting juga untuk tidak menggosok kulit terlalu keras. Pastikan Anda menggosok kulit dengan lembut.

Selain itu, tidak peduli seberapa produk tersebut ditentukan untuk kulit sensitif, masih ada kemungkinan kulit Anda tidak cocok dengan produk tersebut. Jika kulit Anda mulai terasa gatal, disarankan untuk menghentikan pemakaian dan segera konsultasikan pada dokter.

Pilih tekstur yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Pilih tekstur yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Sebagian produk cleansing balm memiliki tekstur yang lembut seperti halnya lip balm. Sementara itu, ada juga produk dengan tekstur yang agak keras. Anda dapat sesuaikan pilihan dengan tingkat kelembapan udara dan cuaca.

Jika Anda ingin menggunakannya untuk memijat bagian wajah, kami sarankan untuk memilih tekstur yang selembut mungkin agar tidak merusak kulit Anda.

10 Rekomendasi cleansing balm terbaik

Sekarang, saatnya kami memperkenalkan 10 rekomendasi cleansing balm terbaik yang telah kami rangkum untuk Anda. Sambil tetap mengacu pada poin-poin cara memilih di atas, silakan tentukan produk yang paling sesuai untuk Anda.

10. The Body Shop Camomile Cleansing Balm

10. The Body Shop Camomile Cleansing Balm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 199.000

Formulanya ringan dengan harum yang menenangkan

Produk ini memiliki formula yang ringan dan mudah untuk dibersihkan cukup dengan menggunakan air. Bagi Anda pemilik kulit yang rentan mengalami kemerahan, tentunya Anda akan menyukai produk ini karena tidak lagi perlu menyeka wajah Anda dengan kain yang dapat mengiritasi kulit bila Anda menggosoknya terlalu kencang.

Produk ini juga dapat membersihkan berbagai jenis makeup, termasuk yang waterproof sekalipun dengan efektif. Kulit wajah Anda pun akan terasa lebih segar dan lembut. Menurut review pengguna, aroma yang dimiliki produk ini juga terasa begitu harum dan menenangkan dengan adanya ekstrak bunga camomile-nya.

9. HRC Nursery Yuzu Cleansing Balm

9. HRC Nursery Yuzu Cleansing Balm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 350.000

Bebas dari bahan aditif, aman bagi kulit sensitif sekalipun

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, tentunya kulit Anda membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Salah satunya adalah dengan menggunakan produk berikut ini. Produk yang berasal dari negeri sakura ini bebas dari bahan sintetis, pewarna buatan, dan pewangi buatan sehingga produk ini akan aman bagi kulit Anda.

Produk ini juga mengandung 87% kandungan bahan alami sehingga meminimalisir paparan bahan kimia pada wajah. Kulit wajah pun terhidrasi, sehat, dan lembut. Membersihkan makeup sambil memijat-mijat wajah Anda dengan produk ini juga terasa semakin nyaman dan rileks berkat aroma segar dari kandungan yuzu oil yang dimilikinya.

8. Banila Co Clean it Zero

8. Banila Co Clean it Zero

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 314.400

Kandungan ekstrak pepaya untuk kulit yang mulus dan lembut

Produk asal Korea Selatan ini layak menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan wajah yang bersih dan mulus. Dengan kandungan ekstrak pepaya yang dimilikinya, produk ini mampu mengangkat kotoran sekaligus melembutkan kulit wajah Anda. Komedo yang menyumbat pori-pori Anda juga dapat dibersihkan oleh produk ini.

Selain itu, produk dengan tutup berwarna pink ini juga dilengkapi dengan formula yang dapat memperkecil pori-pori sehingga tekstur kulit terlihat lebih mulus. Mampu menghidrasi kulit dan menghaluskan kulit Anda, tentunya produk ini cocok untuk dijadikan sebagai alternatif tahapan pertama dari skincare rutin Anda sehari-hari.

7. Cailyn Dizzolv’It Makeup Melt Cleansing Balm

7. Cailyn Dizzolv'It Makeup Melt Cleansing Balm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 400.000

Kelembapan tinggi plus mampu meratakan warna kulit

Produk berikut tentunya akan cocok bagi Anda yang memerlukan produk dengan formula berdaya lembap tinggi. Dengan kandungan aloe vera dan ekstrak bunga calendula-nya, produk ini ampuh membersihkan, melembapkan, dan mengenyalkan kulit Anda sehingga Anda akan terhindar dari kulit yang kering dan iritasi.

Produk ini juga mengandung buah acerola yang merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C dari produk ini mampu membantu meratakan warna kulit Anda yang kurang merata. Cara pakainya juga mudah. Tanpa membasahi wajah, cukup oleskan pada kulit lalu dipijat-pijat untuk membersihkan kotoran.

6. Merumaya Melting Cleansing Balm™

6. Merumaya Melting Cleansing Balm™

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 689.000

Lebih higienis dengan kemasan berbentuk tube!

Bagi Anda yang mengutamakan kesterilan produk kecantikan Anda, produk yang satu ini layak untuk dijadikan sebagai pilihan. Dengan kemasan berbentuk tube-nya, produk ini akan lebih higienis karena bagian dalam isinya tidak terkena kontak langsung dengan tangan. Tentunya kualitas dari produk ini juga akan tetap aman terjaga.

Selain itu, produk ini mampu menenangkan kulit yang berjerawat bahkan sensitif sekalipun dengan kandungan omega 3 dari echium oil-nya. Tidak hanya digunakan sebagai pembersih makeup, produk ini juga dapat digunakan sebagai body moisturizer, lip balm, serta shaving cream sebelum Anda mencukur.

5. NYX Stripped Off Cleansing Balm

5. NYX Stripped Off Cleansing Balm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 227.500

Sensasi menyegarkan dengan balm yang langsung meleleh di kulit

Setelah mengenakan makeup seharian, tentu rasanya ingin cepat-cepat menghapusnya agar kulit dapat bernafas. Cleansing balm dari NYX ini, akan membebaskan kulit Anda dari makeup dengan cepat berkat formula balm-nya yang langsung meleleh di kulit. Sensasi segar yang langsung terasa juga membuat kulit terasa lebih nyaman.

Dengan wangi green tea yang merelaksasi, produk yang mengandung grape seed oil dan vitamin E ini juga  melembapkan kulit Anda. Cocok untuk semua jenis kulit, Anda dapat membilas atau mengelapnya saja dengan handuk basah. Anda yang membutuhkan sensasi segar untuk kulit yang lelah seharian, pasti suka dengan produk ini!

4. Clinique Take The Day Off™ Cleansing Balm

4. Clinique Take The Day Off™ Cleansing Balm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 450.000

Ampuh dan aman untuk membersihkan makeup di sekitar mata

Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba cleansing balm, produk yang satu ini layak Anda jadikan pilihan. 100% bebas dari pewangi buatan, paraben, dan phthalate, produk ini tidak akan membuat kulit jadi berjerawat. Produk ini juga cocok untuk digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk oleh Anda pemilik kulit sensitif.

Selain itu, cleansing balm lembut ini juga aman digunakan untuk membersihkan sisa makeup di bagian mata, seperti maskara, eyeshadow, eyeliner, dan sebagainya karena telah teruji secara klinis oleh dokter spesialis mata. Produk ini juga ampuh membersihkan segala sisa debu polusi, kotoran, bahkan sunblock yang water resistant.

3. Innisfree Refreshing Cleansing Oil Balm With Apple Seed

3. Innisfree Refreshing Cleansing Oil Balm With Apple Seed

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 210.000

Khasiat melimpah dalam satu produk? Ini dia jawabannya!

Produk berikut layak untuk Anda jadikan pilihan bagi Anda yang mencari produk dengan berbagai khasiat. Produk ini mengandung ekstrak buah apel yang kaya akan vitamin C dan AHA (alpha hydroxy acids) alami yang mampu meremajakan kulit dan mengecilkan pori-pori kulit wajah Anda sehingga terlihat lebih mulus.

Dengan kandungan apple seed oil yang dimilikinya, produk ini juga dapat memelihara kesehatan kulit dan menjadikan kulit Anda terasa segar, bersih, serta ternutrisi. Produk ini pun cukup aman digunakan karena telah bebas dari pewarna buatan, mineral oil, surfaktan, dan telah berlabel dermatologically tested.

2. Femmue Extraordinary Beauty Cleansing Balm

2. Femmue Extraordinary Beauty Cleansing Balm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 450.000

Dapat digunakan sebagai masker untuk menutrisi dan menghidrasi kulit

Apakah Anda memerlukan produk 2-in-1 yang mampu membersihkan dan dapat digunakan sebagai masker? Jika iya, produk ini layak Anda coba. Cleansing balm dari Femmue ini tidak hanya efektif membersihkan kotoran pada wajah, tetapi juga dapat dijadikan sebagai masker yang mampu menutrisi dan melembapkan kulit.

Membersihkan secara menyeluruh hingga ke pori-pori, produk ini membuat kulit wajah Anda tampak bersih. Tidak hanya itu, produk ini juga memiliki perpaduan aroma bunga kenanga, jeruk lemon, dan bergamot yang menyegarkan. Dapatkan kulit sehat, segar, dan cerah dengan pemakaian teratur produk sebagai masker dan cleansing balm.

1. Farmacy Green Clean Makeup Meltaway Cleansing Balm

1. Farmacy Green Clean Makeup Meltaway Cleansing Balm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 750.000

Wajah glowing, bebas dari debu dan polusi

Bagi Anda yang menginginkan tampilan kulit wajah yang glowing dan sehat, produk berikut layak untuk menjadi pilihan. Dengan kandungan sunflower oil dan ginger root oil di dalamnya, produk ini mampu memberi nutrisi pada kulit serta menjadikannya tampak cerah dan lembut terawat. Kulit yang halus berseri pun bukan lagi impian.

Produk yang bebas dari paraben ini juga aman dibawa bepergian karena produk ini bertekstur padat dan hanya meleleh jika terkena kulit. Ditambah lagi, ekstrak moringa-nya menjadikan produk ini ampuh mengangkat kotoran akibat debu dan polusi. Kulit Anda pun akan terasa lembap dan segar, bahkan tampak lebih muda.

Kesimpulan

Kami telah memperkenalkan rekomendasi produk cleansing balm terbaik untuk Anda. Apakah Anda telah menemukan produk yang paling cocok untuk Anda? Cleansing balm ampuh untuk mengangkat kotoran pada kulit wajah dengan efektif. Selain itu, salah satu jenis pembersih wajah ini juga mudah untuk digunakan.

Beberapa merek cleansing balm juga merancang produknya agar dapat digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit yang kering bahkan kulit sensitif sekalipun. Silakan jadikan artikel kami sebagai referensi Anda dalam memilih produk yang tepat untuk kulit Anda. Selamat berbelanja!