1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Pembersih makeup
  6. >
  7. 10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2023)

Cleansing balm adalah produk pembersih yang dapat menghapus makeup secara lembut tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Kini tersedia cleansing balm yang bagus untuk kulit berminyak, sensitif, kering, berjerawat, dan lainnya. Banyaknya pilihan ini mungkin membuat Anda kebingungan saat memilih.

Nah, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cleansing balm terbaik, baik yang noncomedogenic maupun cleansing balm untuk jerawat. Agar lebih yakin, baca juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Produk dari merek lokal terkenal, seperti Somethinc, Dear Me Beauty, hingga Wardah juga akan kami ulas.
Diperbaharui 09-22-2022
Pakar
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Dokter Dessy merupakan seorang dokter praktisi estetik atau kecantikan yang aktif sejak 2016. Ia memiliki passion di bidang botox, filler, dan thread lift. Dessy memilih kariernya karena kecintaannya dengan dunia kecantikan. Berbekal pengetahuan di bidang beauty, dokter Dessy juga sering membagikan informasi mengenai skincare dan makeup melalui Instagram-nya. Selain aktif praktik, Dokter Dessy juga menjalankan bisnis di bidang skincare yaitu di Utsukushii Skin Center Bandung.

Profil dr. Dessy Esa S.
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Sonya Kovaleswani

Sonya Kovaleswani merupakan lulusan Program Studi Akuntansi, Universitas Islam Indonesia. Semasa kuliah, ia menuangkan kecintaannya pada dunia tulis-menulis dengan mengelola blog pribadi ber-niche fashion dan beauty & skincare. Selama menulis blog-nya, Sonya telah mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan brand-brand terkemuka, baik lokal maupun internasional. Berbekal pengalaman tersebut, kini wanita penyuka olahraga ini memberanikan diri untuk bergabung bersama mybest sebagai writer. Di sela-sela kesibukannya, Sonya selalu menyempatkan diri untuk berburu kuliner atau traveling. Ia juga sedang mendalami fotografi dan videografi.

Profil Sonya Kovaleswani
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa itu cleansing balm?

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui karakteristik dari cleansing balm. Pada umumnya di pasaran terdapat berbagai macam jenis pembersih wajah, seperti jenis minyak, susu, dan sebagainya. Namun, apa bedanya dengan cleansing balm? Simak dalam penjelasan berikut ini.

Cleansing balm adalah pembersih wajah dengan tekstur unik

Cleansing balm adalah pembersih wajah dengan tekstur unik
Cleansing balm memiliki karakteristik tekstur yang padat pada awalnya. Tekstur padat tersebut akan meleleh pada suhu tubuh dan menjadi berminyak saat dioleskan ke kulit. Karena karakteristiknya tersebut, tak jarang tekstur cleansing balm dikategorikan antara minyak dan krim. Anda yang kerap menggunakan lip balm dan body balm tentu lebih mudah membayangkan teksturnya. 


Cleansing balm juga sangat mudah untuk beradaptasi dengan kulit serta tidak gampang kesat. Produknya cocok digunakan untuk memijat wajah sembari membersihkannya. Selain itu, cleansing balm biasanya hadir dalam kemasan jar. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan tumpah karena isinya diambil menggunakan spatula.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Pada dasarnya, cleansing balm adalah salah satu bentuk produk pembersih wajah yang berinovasi mengikuti tren. Teksturnya buttery dan meleleh saat digunakan seperti emollient atau krim padat. Produk ini berfungsi untuk menghilangkan makeup, kotoran, sebum, dan oil di wajah. 


Dengan prinsip oil attracts oil, tipe cleanser ini efektif untuk tipe kulit berminyak sekalipun. Produk ini juga tidak memberikan drying effect setelah pemakaian sehingga sangat cocok untuk tipe kulit kering. Sebaliknya, menggunakan makeup remover berbentuk cair dapat memberikan efek kering setelah pemakaian.

Cleansing balm memiliki bahan utama yang serupa dengan cleansing oil

Cleansing balm memiliki bahan utama yang serupa dengan cleansing oil
Cleansing balm dapat membersihkan makeup dengan sangat baik, bahkan heavy makeup sekalipun. Hal ini lantaran bahan utama cleansing balm sama dengan bahan yang digunakan pada cleansing oil. Perbedaannya adalah tambahan bahan wax dan polyethylene agar teksturnya dapat menjadi seperti balsam.

Secara umum, ada tiga jenis oil yang digunakan dalam cleansing balm, yakni mineral oil, ester oil, dan fat based oil. Jenis yang paling tinggi daya pembersihnya adalah mineral oil, yang kedua ester oil, dan terakhir fat based oil. Meski tiap produsen berbeda, bahan utama yang biasa dipakai pada sebagian besar produk cleansing balm adalah ester oil. 


Ester oil memang memiliki daya pembersih yang lebih rendah dibandingkan mineral oil, tetapi bukan berarti daya pembersihannya rendah. Ester oil mempunyai daya pembersih yang relatif tinggi, lho. Namun, tidak hanya kotoran yang dibersihkan, tetapi juga sebum. Oleh sebab itu, pastikan Anda menggunakan pelembap setelah memakai cleansing balm yang mengandung ester oil.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Keunggulan cleansing balm dibandingkan makeup remover lainnya adalah sebagian besar kandungannya yang berupa oil. Karena itu, produk ini dapat melarutkan makeup, bahkan makeup waterproof, di wajah.


Selain itu, dibandingkan makeup remover berbentuk cair, pemakaian produk ini terbilang sangat efisien. Makeup remover berbentuk cair perlu diaplikasikan sebanyak 23 kali untuk dapat membersihkan foundation atau maskara yang waterproof.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih cleansing balm

Dari penjelasan di atas, Anda mungkin telah memahami tentang cleansing balm serta kegunaannya. Sekarang kami akan menjelaskan cara memilih cleansing balm sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda. Simak terus informasinya!

① Tentukan jenis cleansing balm yang sesuai kebutuhan dan kondisi kulit

Tentukan jenis cleansing balm yang sesuai kebutuhan dan kondisi kulit

Cleansing balm dapat dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan cara pemakaiannya. Dengan begitu, Anda bisa memilih produk cleansing balm sesuai dengan kebutuhan atau kegiatan Anda. Berikut penjelasan singkatnya:


  • Jenis yang perlu dibilas

Sesuai dengan namanya, cleansing balm jenis ini perlu dibilas dengan air. Karena itu, jenis cleansing balm yang perlu dibilas lebih pas digunakan sembari Anda mandi. Jenis ini juga lebih cocok untuk pemilik kulit sensitif dan kulit kering karena tidak membebani kulit.


  • Jenis yang tidak perlu dibilas

Cleansing balm tanpa bilas merupakan jenis yang hanya perlu diseka menggunakan kapas atau handuk. Jika Anda ingin membersihkan makeup dengan cepat, jenis cleansing balm tanpa bilas akan sangat praktis. Namun, jenis ini bisa meningkatkan gesekan pada kulit jika tidak digunakan dengan benar. Alih-alih menjadi bersih, kulit malah menjadi terbebani.


  • Jenis kombinasi

Selain kedua jenis di atas, Anda juga dapat menemukan cleansing balm jenis kombinasi. Cleansing balm jenis ini bisa dibilas dengan air, bisa juga digunakan tanpa dibilas. Jenis ini tentu akan sangat membantu Anda yang memiliki kegiatan beragam.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Sama dengan produk skincare lainnya, jenis cleansing balm juga bervariasi, baik dari segi tekstur maupun ingredients-nya. Karena itu, pilihlah produk sesuai dengan tipe dan masalah kulit Anda. Cleansing balm untuk acne-prone skin biasanya mengandung purifying agent seperti tea tree yang berfungsi sebagai antibakteri natural. 


Sementara itu, cleansing balm untuk kulit kering biasanya banyak mengandung moisturizing agent seperti ceramide atau collagen. Biasakan untuk membaca terlebih dahulu ingredients list ini sebelum memakai produknya, ya.

② Pertimbangkan produk yang tidak membutuhkan double cleansing

Pertimbangkan produk yang tidak membutuhkan double cleansing

Di antara produk cleansing balm, terdapat jenis yang tidak membutuhkan double cleansing. Jadi, Anda tidak perlu membilasnya lagi dengan sabun pembersih wajah. Jenis ini cocok bagi Anda yang ingin menyingkat waktu dan tidak suka ribet.


Karena tidak perlu mencuci muka, kulit akan tetap terjaga kelembapannya berkat frekuensi gesekan tangan dengan wajah yang berkurang. Terutama bagi Anda pemilik kulit yang kering dan sensitif, poin ini cukup penting untuk diperhatikan.


Akan tetapi, lakukanlah double cleansing jika Anda tidak nyaman dengan rasa lengket di wajah. Minyak yang tertinggal di kulit dapat menyebabkan jerawat. Sebaiknya perhatikan kondisi kulit wajah Anda sebelum memutuskan untuk membeli.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Apakah Anda tipe orang yang memakai makeup setiap hari? Jika benar, proses double cleansing menjadi step skincare yang tidak bisa dihilangkan. Cleansing balm bisa menjadi salah satu alternatif bila Anda tidak suka hal yang merepotkan. Hal ini karena di pasaran terdapat cleansing balm yang bisa memberikan efek double cleansing. Produk seperti ini dapat membersihkan kulit, bahkan sampai ke pori-pori.

③ Pilihlah tekstur yang sesuai dengan selera

Pilihlah tekstur yang sesuai dengan selera

Beberapa cleansing balm memiliki tekstur yang lembut seperti lip balm, sedangkan yang lainnya memiliki tekstur ringan seperti sorbet. Anda dapat menyesuaikan pilihan dengan selera, tingkat kelembapan udara, dan cuaca.


Jika Anda ingin membersihkan sembari melakukan pijatan wajah, disarankan untuk memilih tekstur yang mudah diratakan agar tidak merusak kulit. Sementara itu, cleansing balm yang mengandung butiran scrub cocok untuk merawat area di mana kotoran mudah menumpuk, misalnya hidung.


Namun, tekstur suatu produk baru bisa diketahui bila Anda telah menggunakan produknya. Karena itu, jangan lupa untuk membaca review pembeli, ya!

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Cleansing balm yang tersedia di pasaran memiliki berbagai tekstur. Ada produk dengan tekstur krim yang berat, ada yang seperti wax, dan ada juga yang seperti sherbet. Meski teksturnya berbeda-beda, hal ini tidak mengurangi keefektifan produknya. 


Tekstur yang berbeda hanyalah cara agar pemakainya dapat memilih produk yang paling nyaman untuk digunakan. Biasakanlah untuk membaca ingredients dan cara pakai produk untuk mendapatkan efek cleansing yang sempurna.

④ Periksa kandungan zat aditifnya

Periksa kandungan zat aditifnya

Anda pasti berpikir bahwa produk cleansing balm yang bebas zat aditif dijamin aman bagi kulit. Sayangnya, Anda harus mengubah cara pikir tersebut. Produk yang diklaim bebas zat aditif bukan berarti tidak mengandung zat aditif sama sekali.


Bahan yang selama ini dikategorikan sebagai zat aditif adalah pewangi, pewarna, alkohol, dan pengawet. Jika suatu produk tidak mengandung salah satu dari keempat bahan tersebut, produk diklaim bebas zat aditif. Nyatanya, iritasi kulit tidak hanya disebabkan oleh keempat bahan tersebut. 


Jadi, cleansing balm tanpa zat aditif sekalipun bisa saja mengandung bahan yang memicu iritasi di jenis kulit tertentu. Jangan pilih cleansing balm hanya karena produk tersebut mengeklaim dirinya bebas zat aditif. Kenali kulit Anda dan tentukan zat aditif yang harus dihindari.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Kandungan yang termasuk golongan zat aditif antara lain adalah pewangi, pewarna, pengawet, dan alkohol. Produk yang tidak memiliki zat aditif sekalipun tetap bisa mengiritasi dan membuat alergi kulit individu tertentu. Hal ini karena setiap orang memiliki alergi yang berbeda-beda. 


Contohnya, produk yang mengandung vitamin C dan alkohol jika digunakan orang yang alergi terhadap vitamin C akan menimbulkan reaksi alergi. Pada kasus ini, orang tersebut mungkin saja tidak bermasalah dengan kandungan alkoholnya. 


Karena itu, pastikan Anda menemukan produk-produk di pasaran yang sudah lulus BPOM dan aman untuk digunakan. Dengan begitu, meskipun produk tersebut mengandung pengawet atau alkohol, ia tetap aman digunakan karena sudah teruji secara klinis. 


Jadi, semuanya kembali lagi ke daftar ingredients-nya. Pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan yang terkandung di dalam produk pilihan Anda.

⑤ Untuk pengguna eyelash extension, pilihlah yang tidak merusak bulu mata

Untuk pengguna eyelash extension, pilihlah yang tidak merusak bulu mata

Eyelash extension menggunakan lem untuk merekatkan bulu mata palsu ke bulu mata asli. Jika Anda menggunakan pembersih wajah yang mengandung minyak, daya rekat lem tersebut akan melemah sehingga eyelash extension bisa rontok. Karena itu, sebenarnya cleansing balm kurang cocok untuk pengguna eyelash extension.


Namun, sekarang sudah tersedia produk cleansing balm yang aman digunakan untuk eyelash extension. Sayangnya, produk tersebut hanya cocok untuk bahan lem tertentu, misalnya cyanoacrylate. Untuk itu, Anda perlu mengetahui jenis lem bulu mata yang sedang digunakan.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Sebenarnya, ketika Anda menggunakan eyelash extension, Anda tidak disarankan menggunakan produk apa pun pada bulu extension tersebut. Hal ini karena cleanser bisa merusak kualitas lem extension.


Saat ini ada beberapa produk khusus yang dapat digunakan untuk membersihkan eyelash extension. Namun, jika Anda ingin membersihkan mata dengan cleansing balm, pastikan produk tersebut benar-benar aman dan tidak merusak eyelash extension. Sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan beauty advisor untuk memastikan produk tersebut aman untuk eyelash extension. 

10 Rekomendasi cleansing balm terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cleansing balm terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dessy Esa S.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Somethinc

Omega Butter Deep Cleansing Balm

Somethinc Omega Butter Deep Cleansing Balm 1枚目

Tersedia kemasan kecil, pas untuk coba-coba

2

Wardah

Acnederm Pore Blackhead Balm

Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm 1枚目

Angkat komedo membandel di pori-pori kulit wajah

3

Sea Makeup

Acne Butter Deep Cleansing Balm

Sea Makeup Acne Butter Deep Cleansing Balm 1枚目

Kandungan cleansing balm yang bagus untuk kulit berjerawat

4

Fanbo

All in One Deep Cleansing Balm with Tea Tree Oil

Fanbo All in One Deep Cleansing Balm with Tea Tree Oil 1枚目

Hilangkan sebum berlebih dengan cleansing balm untuk kulit berminyak

5

heimish

All Clean Balm

heimish All Clean Balm 1枚目

Harga cleansing balm yang tak membuat kantong bolong!

6

The Body Shop

Camomile Cleansing Butter

The Body Shop Camomile Cleansing Butter 1枚目

Formula cleansing balm yang nyaman untuk kulit sensitif

7

MS Glow

Cleansing Balm Juice - Yuzu

MS Glow Cleansing Balm Juice - Yuzu 1枚目

Ekstrak buahnya membuat kulit wajah bersih dan segar

8

Nutrishe

Melt My Day! Cleansing Balm

Nutrishe Melt My Day! Cleansing Balm 1枚目

Kemasan terunik, lebih praktis dan ringkas dibawa bepergian

9

Gentle Hour

CALL IT A DAY Cleansing Balm

Gentle Hour CALL IT A DAY Cleansing Balm 1枚目

Cleansing balm terbaik untuk kulit kering

10

Garland Cantik Indonesia

Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Cleansing Balm - Blueberry

Garland Cantik Indonesia Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Cleansing Balm - Blueberry 1枚目

Hapus waterproof mascara tanpa membuat mata perih

Perincian produk
Close
No.1

SomethincOmega Butter Deep Cleansing Balm

Mulai dari Rp45.000,00

Tersedia kemasan kecil, pas untuk coba-coba

Kelebihan:

  • Mampu mengangkat segala jenis makeup dalam dua puluh detik
  • Kandungan bahannya telah teruji secara dermatologi 
  • Menawarkan kemasan kecil

Kekurangan:

  • Penggunaannya perlu banyak sehingga cenderung cepat habis

Apabila Anda baru pertama kali mencoba cleansing balm, pilihlah Somethinc Omega Butter Deep Cleansing Balm. Produk ini menawarkan kemasan 5 gram yang superkecil sehingga Anda tak perlu khawatir jika kurang cocok.


Soal kemampuan, tak usah ragu! Cleansing balm Somethinc ini mampu menghapus tuntas waterproof makeup dan heavy makeup dalam dua puluh detik. Kandungan bahan cleansing balm lokal ini juga telah lolos uji dermatologi sehingga tidak akan merangsang iritasi.

No.2

WardahAcnederm Pore Blackhead Balm

Mulai dari Rp40.500,00

Angkat komedo membandel di pori-pori kulit wajah

Kelebihan:

  • Mampu membersihkan komedo yang menumpuk di wajah

Kekurangan:

  • Ketidakcocokan bisa membuat kulit terasa lebih berminyak

Sisa kotoran, sebum berlebih, serta sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori kulit biasanya membentuk komedo pada wajah. Untuk membersihkannya, tentu Anda tidak bisa memakai pembersih wajah biasa. Jika Anda bermasalah dengan komedo, tak ada salahnya mencoba Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm.


Fungsi cleansing balm Wardah ini adalah melunakkan komedo yang membandel di pori-pori agar lebih mudah terangkat. Dengan menggunakan cleansing balm untuk komedo ini secara teratur, kulit wajah akan terlihat lebih halus dan bebas komedo.

No.3

Sea MakeupAcne Butter Deep Cleansing Balm

Mulai dari Rp150.000,00

Kandungan cleansing balm yang bagus untuk kulit berjerawat

Kelebihan:

  • Mampu mengurangi sekaligus menyembuhkan jerawat

Kekurangan:

  • Mengandung pewangi

Sebagian orang pasti malas menggunakan full makeup karena susah dibersihkan, apalagi bagi pemilik kulit berjerawat. Nah, bila Anda salah satunya, gunakanlah Sea Makeup Acne Butter Deep Cleansing Balm.


Perpaduan salicylic acid dan tea tree pada cleansing balm untuk kulit berjerawat ini membuatnya mampu menyembuhkan sekaligus mengurangi jerawat. Formula Sea Makeup cleansing balm ini juga tergolong noncomedogenic, lho!

No.4

FanboAll in One Deep Cleansing Balm with Tea Tree Oil

Mulai dari Rp60.600,00

Hilangkan sebum berlebih dengan cleansing balm untuk kulit berminyak

Kelebihan:

  • Bekerja dengan membersihkan sekaligus menenangkan kulit

Kekurangan:

  • Mengandung pewangi, paraben, dan alkohol sehingga mungkin bisa menimbulkan reaksi iritasi

Bagi pemilik kulit berminyak, penggunaan cleansing balm bisa berpotensi membuat wajah makin mengilap. Untungnya, Fanbo cleansing balm hadir sebagai solusinya.


Keberadaan tea tree oil pada cleansing balm untuk kulit berminyak ini berfungsi untuk mengangkat kotoran, makeup, serta minyak berlebih. Adanya Aloe vera membuat cleanser balm ini mampu menenangkan kulit yang meradang atau kemerahan.

No.5

heimishAll Clean Balm

Mulai dari Rp167.000,00

Harga cleansing balm yang tak membuat kantong bolong!

Kelebihan:
  • Harga jualnya relatif terjangkau
  • Kemasannya menggunakan tutup flip-top

Kekurangan:

  • Formulanya terasa terlalu berat bila digunakan untuk membersihkan makeup tipis

Dengan jumlah isi yang cukup banyak, harga cleansing balm merek heimish ini tergolong ramah di kantong. Kami merekomendasikan cleansing balm ini untuk Anda yang mempunyai keterbatasan budget supaya tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.


Meski harga cleansing balm ini murah, kemampuannya dalam mengangkat makeup tebal tak kalah hebat, lho! Bahkan, kulit wajah Anda akan terasa bersih hingga ke pori-pori terdalam.

No.6

The Body ShopCamomile Cleansing Butter

Mulai dari Rp99.000,00

Formula cleansing balm yang nyaman untuk kulit sensitif

Kelebihan:
  • Formulanya nyaman untuk kulit sensitif

Kekurangan:

  • Harganya cukup premium
  • Tidak dilengkapi spatula


The Body Shop Camomile Cleansing Butter memiliki formula yang sangat lembut di kulit berkat kandungan camomile extract di dalamnya. Tak heran bila produk yang satu ini sering disebut sebagai cleansing balm untuk kulit sensitif.


Anda yang memiliki kulit mudah teriritasi wajib menstok merek cleansing balm ini. Selain dapat menghapus makeup dengan efektif, pengaplikasian produk ini juga dapat membuat kulit terasa segar dan ternutrisi. Tertarik mencobanya?

No.7

MS GlowCleansing Balm Juice - Yuzu

Mulai dari Rp125.000,00

Ekstrak buahnya membuat kulit wajah bersih dan segar

Kelebihan:

  • Bekerja dengan membersihkan, melembapkan, dan menyegarkan kulit

Kekurangan:

  • Agak sulit luntur bila langsung dibilas dengan air, perlu dilap dengan kapas atau tisu terlebih dahulu

Setelah seharian memakai makeup, umumnya wajah terlihat lesu dan kusam. Apabila Anda sedang mencari pembersih wajah yang ampuh dengan sensasi menyegarkan, balm cleanser ini layak dicoba. MS Glow Balm Juice Yuzu dapat mengangkat kotoran dan makeup dengan baik.


Cleansing balm ini juga diperkaya dengan Yuzu extract yang dapat memberi sensasi menyegarkan di kulit. Berkat aromanya, membersihkan makeup menjadi lebih menyenangkan!

No.8

NutrisheMelt My Day! Cleansing Balm

Mulai dari Rp145.000,00

Kemasan terunik, lebih praktis dan ringkas dibawa bepergian

Kelebihan:

  • Kemasan tube sehingga isi bisa diambil tanpa spatula
  • Bekerja efektif mengangkat makeup

Kekurangan:

  • Tekstur balm dan oil-nya mungkin agak terpisah bila disimpan di ruangan yang terlalu panas

Keunikan dari cleansing balm lokal ini terletak pada kemasan tube-nya. Dengan begitu, Anda bisa mengaplikasikan produk cleansing balm ini tanpa menggunakan spatula. Jadi, isinya akan terjaga tetap higienis.


Selain itu, berkat kemasan seperti ini, Anda bisa lebih mudah membawanya bepergian. Anda yang sering travelling sebaiknya mempertimbangkan cleansing balm yang bagus ini.

No.9

Gentle HourCALL IT A DAY Cleansing Balm

Mulai dari Rp240.000,00

Cleansing balm terbaik untuk kulit kering

Kelebihan:

  • Teksturnya cepat meleleh saat bersentuhan dengan kulit
  • Membersihkan wajah tanpa membuat kering

Kekurangan:

  • Harganya tergolong premium

Penggunaan pembersih wajah yang kurang tepat bisa mengikis kelembapan alami kulit. Hal tersebut tentu berbahaya untuk kulit kering. Karena itu, bagi pemilik kulit kering, jatuhkanlah pilihan pada Gentle Hour CALL IT A DAY Cleansing Balm.


Cleansing balm untuk kulit kering ini diperkaya dengan avocado oil dan almond oil yang terkenal akan kemampuan melembapkannya. Tekstur produk ini juga sangat lembut sehingga mudah menyebar ke area wajah. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi terjadinya gesekan pada kulit kering.

No.10

Garland Cantik IndonesiaDear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Cleansing Balm - Blueberry

Mulai dari Rp149.000,00

Hapus waterproof mascara tanpa membuat mata perih

Kelebihan:

  • Mampu mengangkat eye makeup tanpa rasa pedih
  • Pemakaiannya hemat

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna kurang menyukai aromanya

Terkadang mata terasa perih dan tak nyaman akibat membersihkan riasan mata menggunakan cleansing balm. Apabila Anda sering menggunakan makeup lengkap di bagian mata, cobalah Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Cleansing Balm Blueberry.


Cleansing balm ini memiliki formula yang ringan sekaligus lembut, tetapi efektif dalam mengangkat makeup di wajah. Waterproof mascara yang biasanya sulit dibersihkan pun bisa terangkat dengan cleansing balm Dear Me Beauty ini. Jadi, Anda tak perlu menggosok area mata yang sensitif berulang kali.

Tips seputar penggunaan cleansing balm yang efektif

Jika salah menggunakannya, cleansing balm belum tentu dapat menghapus makeup dengan baik. Karena itu, Anda perlu mengetahui cara pemakaiannya yang benar. Silakan simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Gunakan dengan tangan kering

Gunakan dengan tangan kering

Ada jenis cleansing balm yang dapat digunakan dengan tangan yang basah. Untuk jenis ini, banyak orang yang menggunakannya sekalian mandi.


Namun, jika tangan Anda basah, cleansing balm tidak akan efektif dalam membersihkan makeup dan sebum pada pori-pori. Untuk pembersihan optimal, selalu gunakan cleansing balm dengan tangan yang kering.


Selain itu, jauhkan cleansing balm dari tempat yang lembap. Apabila Anda meninggalkannya di kamar mandi yang menggunakan air panas, cleansing balm bisa meleleh. 

Ratakan dengan gerakan memutar

Ratakan dengan gerakan memutar

Pertama, oleskan cleansing balm di T-zone yang banyak menghasilkan sebum, seperti dahi dan hidung. Setelah itu, buatlah gerakan memutar dengan menggunakan ujung jari Anda. Ratakan dengan lembut, ya!


Selanjutnya, oleskan cleansing balm pada pipi dan tulang rahang dengan cara yang sama. Gunakan ujung jari telunjuk untuk membaurkan cleansing balm di area sempit seperti hidung dan sudut luar mata.


Beberapa orang mengira bahwa memijat dalam waktu yang lama bisa mengangkat kotoran dari pori-pori. Nyatanya, sebum hanya perlu dibersihkan secukupnya agar kulit tetap lembap. Kami sarankan untuk melakukan pijatan selama satu menit saja.

Lakukan emulsifikasi sebelum membilas dengan air

Lakukan emulsifikasi sebelum membilas dengan air

Ambil sedikit air di tangan Anda dan tambahkan minyak, kemudian warnanya akan berubah menjadi keputihan. Proses ini disebut emulsifikasi agar minyak lebih gampang larut dengan air sehingga memudahkan pembilasan.


Cleansing balm adalah pembersih berbasis minyak. Jadi, proses emulsifikasi sangat penting untuk dilakukan. Lakukan proses tersebut sedikit demi sedikit. Saat teksturnya terasa lebih ringan di wajah, bilaslah dengan air hangat. Pembersihan wajah pun selesai!

Tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist kami, dr. Dessy Esa S.

Tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist kami, dr. Dessy Esa S.

Banyak orang bertanya-tanya mana yang lebih efektif, cleansing balm atau cleansing oilKedua produk tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk membersihkan wajah dari debu dan kotoran makeup. Hal yang membedakan hanyalah teksturnya, cleansing oil berbentuk oil dan cleansing balm berbentuk balm


Untuk pemakaian dengan hasil terbaik, semua kembali pada tipe dan masalah kulitnya. Bila Anda memiliki tipe kulit berminyak dan berjerawat, Anda tidak disarankan memakai cleansing oilMeski beberapa produk telah mengeklaim produknya comedogenic-free, sebaiknya Anda tidak mengambil risiko. Sebagai gantinya, gunakanlah makeup remover berbentuk cair.


Sebaliknya, bila Anda memiliki tipe kulit sangat kering hingga sering terkelupas, gunakanlah cleansing oil. Selain itu, jika kulit Anda cenderung normal to dry atau normal, cobalah gunakan cleansing balm. Cleansing balm nyaman digunakan sebagai cleanser harian yang dapat memberikan efek nourishing dan moisturizing.

Baca juga rekomendasi pembersih wajah lainnya di sini

Ada banyak produk pembersih wajah selain cleansing balm, di antaranya adalah cleansing gel, cleansing milk, dan cleansing oil. Silakan baca artikel produk pembersih wajah lainnya yang telah kami bahas di link berikut ini.

Kesimpulan

Cleansing balm merupakan pembersih wajah bertekstur unik yang ramah di kulit dan memiliki daya pembersih tinggi. Ketika memilih produk, pilih cleansing balm berdasarkan cara pemakaian yang sesuai kebutuhan.


Bagi Anda yang menyukai hal yang praktis, pertimbangkanlah produk yang tidak membutuhkan double cleansing. Untuk kulit sensitif, sebisa mungkin pilihlah produk tanpa zat aditif. Bingung memilih tekstur? Sesuaikan saja dengan selera serta kondisi kulit Anda. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer