• 10 Sabun Muka Batangan Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sabun Muka Batangan Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sabun Muka Batangan Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sabun Muka Batangan Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sabun Muka Batangan Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sabun Muka Batangan Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Dahulu, sabun muka berbentuk padat banyak ditinggalkan karena efek kering pada wajah. Namun, seiring berkembangnya dunia kecantikan, sabun cuci muka hadir dengan formula yang lebih baik. Anda bisa menemukan sabun kecantikan berbahan organik maupun nonorganik dengan formula khusus untuk beragam jenis kulit.

Selanjutnya, bagaimana menemukan sabun cuci muka batangan yang bagus? Jawabannya, ada pada ulasan kami berikut. Kami juga akan menghadirkan rekomendasi sabun muka terbaik dari berbagai merek, seperti Whitelab, LooLoo, dan Avoskin. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Apa manfaat memakai sabun muka batangan?

Apa manfaat memakai sabun muka batangan?

Sabun wajah padat atau yang sering disebut cleansing bar atau facial soap bar dahulu sering dianggap membuat wajah kering. Alasannya, pH sabun ini relatif lebih tinggi daripada sabun cair dan kandungan detergennya yang tinggi. Kedua hal ini dapat menghilangkan kandungan minyak alami wajah sehingga muka terasa kencang, kaku, dan kering.


Terlebih lagi, sabun wajah terkadang mengandung SLS, pewangi, dan pewarna yang berpotensi menimbulkan iritasi. Namun, saat ini telah banyak hadir sabun wajah dengan komposisi yang lebih lembut atau bahkan natural. Dengan bahan yang lebih lembut, sabun muka batangan bisa digunakan oleh semua jenis kulit.


Beberapa keuntungan menggunakan cleansing bar, di antaranya:

  • Facial soap bar sekarang ini umumnya mengandung lebih banyak bahan nabati dan minim surfaktan. Hal ini banyak terlihat pada beberapa sabun muka herbal, seperti Sensatia Botanicals atau Herborist.
  • Bentuk cleansing bar yang padat tidak mengandung air. Inilah yang membuat sabun padat tidak memakai banyak pengawet sebanyak sabun cair.
  • Jika disimpan dengan benar sabun padat lebih awet dan dinilai lebih hemat.
  • Dari segi kemasan, face soap bar juga lebih ramah lingkungan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sabun muka batangan

Anda ingin beralih ke sabun padat? Berikut tips memilih sabun cuci muka batangan yang tepat. Simak satu per satu, ya!

Gunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda

Pertama-tama, mari temukan sabun untuk wajah yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda. Sabun kecantikan dengan kandungan bahan aktif yang tepat akan merawat wajah Anda dengan baik.

Kulit normal, rawat keseimbangan kulit Anda

Kulit normal, rawat keseimbangan kulit Anda

Kulit normal biasanya bisa menggunakan bermacam sabun muka tanpa mengalami reaksi negatif. Meski begitu, kami menyarankan Anda untuk menggunakan sabun wajah dengan bahan-bahan ringan. Pilihlah sabun perawatan wajah yang mengangkat kotoran dengan optimal, tetapi tetap bisa menjaga keseimbangan kadar air dan kelembapan kulit. 


Salah satunya, Anda bisa memilih sabun wajah yang mengandung asam amino. Asam amino atau amino acid bermanfaat sebagai antioksidan. Selain itu, kandungan ini membentuk peptida yang mendukung sel fibroblas untuk memproduksi kolagen dan elastin di kulit.

Kulit kering, gunakan sabun yang bisa menghidrasi dan melembapkan

Kulit kering, gunakan sabun yang bisa menghidrasi dan melembapkan

Memilih sabun cuci muka untuk kulit kering memang harus lebih berhati-hati. Sabun yang baik untuk wajah kering haruslah dilengkapi pelembap. Anda dapat mencermati kandungan seperti hyaluronic acid, glycerin, atau bahan natural, seperti Aloe vera dan shea butter.


Selain itu, Anda bisa memilih sabun dengan kandungan oleic acid. Sejatinya, oleic acid merupakan salah satu minyak alami kulit dengan fungsi antioksidan, menjaga elastisitas, dan hidrasi kulit. Oleic acid juga terdapat pada minyak nabati, seperti olive oil, jojoba oil, marula oil, dan sweet almond oil.

Kulit berminyak, kontrol produksi sebum wajah Anda

Kulit berminyak, kontrol produksi sebum wajah Anda

Bila Anda bermasalah dengan kulit berminyak, American Academy of Dermatologi menyarankan Anda untuk memilih sabun yang berlabel non-comedogenic. Pilihlah sabun yang dapat mengontrol minyak sebum. Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kandungan pelembap, seperti hyaluronic acid, ceramide, dan glycerin.


Gunakan sabun wajah yang mengandung eksfoliator bila Anda ingin melakukan eksfoliasi, seperti BHA atau asam salisilat. Eksfoliasi ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dengan lebih efektif.


Soap bar umumnya mengandung palm oil. Palm oil kaya akan antioksidan dan vitamin, melembapkan, serta mampu mengangkat sebum dengan baik. Namun, penggunaan palm oil dalam dunia industri juga cukup kontroversial. Hal ini tidak lain karena pengolahan palm oil cukup memengaruhi kelestarian hutan.

Kulit kombinasi, jaga keseimbangan kelembapan pada kulit

Kulit kombinasi, jaga keseimbangan kelembapan pada kulit

Kulit kombinasi ditandai dengan bagian dahi dan dagu yang berminyak dan pipi yang kering. Bagian berminyak pada kulit kombinasi terkadang disebabkan oleh kulit yang dehidrasi. Dehidrasi inilah yang memicu produksi minyak berlebih pada kulit.


Maka dari itu, kulit kombinasi juga membutuhkan sabun cuci muka batangan yang mengandung pelembap. Salah satu pelembap yang cocok untuk kulit kombinasi adalah ceramide.


Ceramide merupakan salah satu lemak alami yang dihasilkan kulit. Seiring berjalannya waktu, produksi ceramide akan berkurang. Karena itu, menggunakan sabun muka yang mengandung ceramide akan membantu perawatan wajah Anda.

Ketahui bahan aktif dalam sabun muka Anda

Ketahui bahan aktif dalam sabun muka Anda

Selanjutnya, mari mencermati kandungan bahan aktif pada sabun wajah Anda. Kandungan bahan aktif yang tepat tentu akan menghasilkan kulit yang lebih sehat.


Jika kulit Anda sensitif, Anda bisa memilih sabun yang bebas dari surfaktan, pewangi, ataupun pewarna sintetis. Selain itu, sabun muka organik juga dapat dicoba. Sabun semacam itu bisa Anda dapatkan dari Sensatia Botanicals, The Body Shop, Herborist, Roro Mendut, dan lainnya.


Bila Anda bermasalah dengan jerawat, pilihlah sabun muka yang mengandung acne care. Pilihlah sabun dengan kandungan salicylic acid (BHA), tea tree, Centella asiatica (pegagan), atau glycyrrhizinic acid.


Beberapa sabun muka juga hadir untuk mengatasi wajah kusam. Wajah kusam bisa Anda atasi dengan bahan aktif glutathioneseperti yang ada pada sabun LooLoo.

Cermati keamanan bahan sabun muka Anda

Setelah mencermati jenis kulit serta kandungan bahan aktif yang Anda butuhkan, mari cermati keamanan sabun wajah Anda. Pertama, pilihlah sabun cuci muka yang sudah terdaftar di BPOM.


Untuk ibu hamil dan menyusui, kami sarankan Anda menggunakan sabun yang berlabel aman bagi ibu hamil dan menyusui. Sementara untuk kulit yang mudah berjerawat, gunakan sabun berlabel non-comedogenic.


Bila Anda sensitif dengan alkohol, cermati komposisi sabun muka pilihan Anda dan jangan lupa untuk mencermati label non-alcohol. Terakhir, untuk Anda yang muslim, pastikan sabun muka batangan pilihan Anda memiliki label halal, ya!

10 Rekomendasi sabun muka batangan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh sabun muka batangan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

10

The Body ShopHimalayan Charcoal Purifying Facial Soap

Mulai dari Rp 125.000,00

Jenis kulitSemua jenis kult
Bahan aktifBamboo charcoal, eucalyptus oil, dan tea tree oil
KeamananBahan natural
Berat100 g
9

Sensatia Botanicals Seaside Citrus Shea Butter Soap

Mulai dari Rp 20.000,00

Jenis kulitKering
Bahan aktifShea butter, rosemary, dan white grapefruit
KeamananBebas paraben, phthalates, sulfat, silikon, aman digunakan oleh ibu hamil, menyusui, dan vegan
Berat25 g dan 125 g
8
Jenis kulitSemua jenis kulit, termasuk kulit sensitif
Bahan aktifAlmond mint
KeamananAman untuk ibu hamil, menyusui, anak, kulit eczema, dan psoriasis
Berat120 g
7
Jenis kulitSemua jenis kulit
Bahan aktifEkstrak pepaya, akar manis, kulit jeruk, pegagan (Centella asiatica), kopi, alpha arbutin, dan l-glutathione
KeamananAman untuk Ibu hamil dan menyusui
Berat50 g
6
Jenis kulitBerminyak dan berkomedo
Bahan aktifAsam amino, protein, vitamin E, dan inulin
KeamananBebas sabun, alkali, dan pengawet
Berat100 g
5
Jenis kulitKombinasi dan berminyak
Bahan aktifBeras merah
KeamananBahan natural
Berat80 g
4

Teratu BeautyUnscented Real Castile Handmade Natural Soap Bar for Body & Face

Mulai dari Rp 45.000,00

Jenis kulitSemua jenis kulit, termasuk kulit sensitif
Bahan aktifOlive oil
KeamananAman untuk kulit bayi, bebas dari SLS, paraben, dan alkohol
Berat100 g
3
Jenis kulitSemua jenis kulit
Bahan aktifGlutathione, charcoal, tea tree oil, coconut, olive oil, grapeseed oil, dan algae
KeamananBebas paraben
Berat100 g
2
Jenis kulitSemua jenis kulit, termasuk kulit sensitif
Bahan aktifGlycerin, olive oil, goat milk, dan madu
KeamananVegan, bebas alkohol dan paraben
Berat150 g
1
Jenis kulitSemua jenis kulit dan acne prone
Bahan aktifBHA dan tea tree
Keamanan-
Berat80 g

Tabel perbandingan produk sabun muka batangan terbaik

Gambar produk
1
Whitelab  Acne Soap 1

Whitelab

2
Avoskin Naufa Pure Olive Oil Bar Soap 1

Avoskin

3
LooLoo  Fluffy Brightening Soap 1

LooLoo

4
Teratu Beauty Unscented Real Castile Handmade Natural Soap Bar for Body & Face 1

Teratu Beauty

5
Herborist  Sabun Beras Merah  1

Herborist

6
Sebamed  Clear Face Cleansing Bar 1

Sebamed

7
Roro Mendut  Herbal Facial Wash Bar 1

Roro Mendut

8
BioTalk Gentleman's Bar Almond Mint 1

BioTalk

9
Sensatia Botanicals  Seaside Citrus Shea Butter Soap 1

Sensatia Botanicals

10
The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Facial Soap 1

The Body Shop

Nama produk

Acne Soap

Naufa Pure Olive Oil Bar Soap

Fluffy Brightening Soap

Unscented Real Castile Handmade Natural Soap Bar for Body & Face

Sabun Beras Merah

Clear Face Cleansing Bar

Herbal Facial Wash Bar

Gentleman's Bar Almond Mint

Seaside Citrus Shea Butter Soap

Himalayan Charcoal Purifying Facial Soap

Keunggulan

Tuntaskan masalah jerawat pada wajah dan punggung

Satu sabun dengan beragam manfaat!

Mencerahkan kulit dan atasi jerawat dalam 7 hari!

Sabun natural yang aman untuk kulit sensitif bahkan kulit bayi

Merawat keseimbangan kulit kombinasi dan kulit berminyak

Angkat minyak dan komedo tanpa kandungan detergen

Kaya bahan herbal untuk menghasilkan kulit cerah

Bahan natural multipurpose yang aman untuk kulit supersensitif

Kelembapan ekstra untuk kulit kering Anda

Bahan-bahan natural untuk membersihkan kulit dengan maksimal

Harga mulai dariRp 28.000,00Rp 22.000,00Rp 40.000,00Rp 45.000,00Rp 18.500,00Rp 110.000,00Rp 55.000,00Rp 45.000,00Rp 20.000,00Rp 125.000,00
Jenis kulitSemua jenis kulit dan acne proneSemua jenis kulit, termasuk kulit sensitifSemua jenis kulitSemua jenis kulit, termasuk kulit sensitifKombinasi dan berminyakBerminyak dan berkomedoSemua jenis kulitSemua jenis kulit, termasuk kulit sensitifKeringSemua jenis kult
Bahan aktifBHA dan tea treeGlycerin, olive oil, goat milk, dan maduGlutathione, charcoal, tea tree oil, coconut, olive oil, grapeseed oil, dan algaeOlive oilBeras merahAsam amino, protein, vitamin E, dan inulinEkstrak pepaya, akar manis, kulit jeruk, pegagan (Centella asiatica), kopi, alpha arbutin, dan l-glutathioneAlmond mintShea butter, rosemary, dan white grapefruitBamboo charcoal, eucalyptus oil, dan tea tree oil
Keamanan-Vegan, bebas alkohol dan parabenBebas parabenAman untuk kulit bayi, bebas dari SLS, paraben, dan alkoholBahan naturalBebas sabun, alkali, dan pengawetAman untuk Ibu hamil dan menyusuiAman untuk ibu hamil, menyusui, anak, kulit eczema, dan psoriasisBebas paraben, phthalates, sulfat, silikon, aman digunakan oleh ibu hamil, menyusui, dan veganBahan natural
Berat80 g150 g100 g100 g80 g100 g50 g120 g25 g dan 125 g100 g
Tautan produk

Tips mencuci wajah dengan sabun batangan

Tips mencuci wajah dengan sabun batangan

Meski Anda sudah memilih sabun yang bagus, pemakaian yang kurang tepat akan mengurangi keoptimalan sabun Anda. Jadi, bagaimana cara menggunakan sabun batang untuk wajah yang benar?


Sebelum mencuci wajah, basuhlah wajah Anda dengan air hangat suam-suam kuku terlebih dahulu. Air hangat membantu mengangkat kotoran pada permukaan serta membuka pori-pori kulit Anda. Namun, gunakan air suhu ruang normal bila Anda memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Hal ini supaya tidak memicu produksi minyak dan keringat yang dapat berujung komedo dan jerawat.


Gosok sabun Anda hingga membentuk busa melimpah. Busa yang lembut meminimalkan gesekan tangan dengan wajah Anda. Anda bisa membuat busa dengan bantuan jaring-jaring sabun atau foaming net, seperti sabun LooLoo


Setelah selesai, jangan lupa untuk membilas wajah hingga benar-benar bersih. Jangan ada sisa sabun yang tertinggal karena nantinya akan memicu masalah kulit yang baru. 

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda perlu menggunakan sabun muka batangan dengan benar. Silakan ikuti langkah-langkahnya berikut.


  1. Pijatlah kulit menggunakan sabun dengan gerakan memutar (circular) untuk merangsang peredaran darah. Selain itu, Anda bisa memijat ke arah atas untuk memperlancar aliran limfatik.
  2. Keringkanlah wajah yang sudah dibilas bersih dari sabun dengan gerakan tepuk, jangan digosok.
  3. Perhatikanlah penyimpanan sabun batangan. Sebaiknya Anda menyimpan produk di kotak sabun dengan lubang air supaya sabun terjaga kering. Sabun yang terendam air terus-menerus dapat memicu pertumbuhan bakteri dan jamur.

Baca juga rekomendasi produk pembersih wajah lainnya di sini

Selain artikel sabun cuci muka batangan, kami juga masih punya beragam artikel menarik lainnya. Di bawah ini kami telah menyediakan bermacam jenis pembersih wajah. Mari temukan sabun cuci muka terbaik untuk Anda di artikel-artikel berikut!

Kesimpulan

Untuk keperluan membersihkan wajah, saat ini Anda sudah dimudahkan dengan hadirnya beragam jenis sabun wajah. Sabun batangan yang ada di pasaran saat ini dinilai praktis karena dapat digunakan pada wajah, tubuh, hingga rambut.

Sabun cuci muka ini juga hadir dengan beragam bahan aktif untuk masalah kulit Anda. Untuk menemukan sabun cuci yang tepat, jangan lupa untuk selalu menggunakan tips memilih dari kami, ya. Semoga artikel ini membantu dan selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen Stick Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Stick Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen stick merupakan inovasi baru yang mulai menjadi tren. Meskipun masih didominasi merek Korea, saat ini mulai bermunculan sunscreen stick lokal. Merek lokal yang memproduksi sunscreen stick antara lain Wardah, Ingrid, Dew It, dan Somethinc. Sementara itu, untuk merek Korea Anda bisa menemukan sunscreen stick Innisfree, Hayejin, dan Nature Republic.Kami akan membagikan tips memilih sunscreen stick terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi sunscreen stick yang bagus, baik merek lokal maupun luar. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Temukan sunscreen stick yang cocok untuk Anda!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori