10 Rekomendasi Lampu Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Lampu Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Apakah Anda ingin memperindah interior ruangan Anda dalam sekejap? Lampu lantai mungkin bisa jadi salah satu solusinya. Hanya dengan cahaya lembut yang terpancar, lampu lantai dapat menyulap ruangan rumah Anda menjadi ruang yang nyaman dan modis!

Terdapat berbagai macam bentuk dan jenis lampu lantai yang beredar di pasaran. Mulai dari lampu yang desainnya simpel sampai yang memiliki desain vintage yang antik. Kali ini kami akan membagi tips cara memilih lampu lantai terbaik berikut rekomendasi beberapa lampu lantai produksi IKEA untuk Anda. Temukanlah produk favorit Anda!

Daftar isi

Jenis-jenis lampu lantai dan cara memilihnya

Biasanya, banyak orang menggunakan lampu yang terletak di langit-langit pada tiap ruangan di rumahnya. Kecerahan lampu tersebut memang sudah cukup untuk menerangi ruangan. Namun, menambahkan cahaya lampu lantai tidak hanya membuat ruangan menjadi lebih terang, tetapi juga dapat memberikan kesan tiga dimensi pada perabot rumah Anda. Hal tersebut dapat membuat Anda menjadi pangling dengan suasana ruangan yang terlihat mewah seketika.

Tentu saja, lampu lantai bukan hanya sekadar lampu penerang. Apabila Anda dapat memilih desain lampu lantai dengan penataan cahaya yang tepat, ruangan Anda dapat berubah 180 derajat menjadi lebih indah. Karena itu, marilah kita pilih lampu lantai yang sesuai dengan desain interior ruangan.

Pilihlah lampu berdasarkan tipenya

Tipe lampu lantai terbagi ke dalam empat jenis. Tidak hanya dari segi desain saja, tetapi lampu juga mempunyai karakteristik dan efek pencahayaan yang berbeda. Karena itu, tidak hanya dari segi ukuran dan tingginya saja, tujuan peletakan juga penting untuk diperhatikan.

Lampu tipe teduh: memancarkan cahaya yang lembut

Lampu tipe teduh: memancarkan cahaya yang lembut 

Lampu tipe teduh merupakan tipe lampu lantai yang tertutup oleh cover lampu dan dipasang pada tiang penyangga yang berdiameter kecil dan panjang. Cover lampu tersebut ada yang terbuat dari bahan kain, kaca, atau akrilik yang transparan untuk tempat lewatnya cahaya.

Apa pun bahannya, umumnya cover lampu tersebut digunakan untuk mengatur agar lampu memancarkan cahaya yang lembut. Dengan mengombinasikan warna cover, material bahan, dan warna bola lampunya, Anda dapat mengubah intensitas cahaya yang terpancar.

Lampu tipe globe: memiliki berbagai macam warna dan bentuk yang bervariasi

Lampu tipe globe: memiliki berbagai macam warna dan bentuk yang bervariasi

Lampu tipe globe merupakan lampu lantai yang tertutup oleh bahan transparan. Sebagian besar lampu tipe globe terbuat dari bahan akrilik atau kaca putih susu sehingga bohlam di dalamnya tidak tampak dari luar.

Kelebihannya lagi, tipe lampu ini memiliki berbagai macam bentuk dan warna yang bervariasi. Mulai dari yang berbentuk bundar, tabung silinder, sampai yang berbentuk bintang dan hewan-hewan yang lucu.

Lampu tipe spotlight: memancarkan cahaya yang terfokus pada satu titik saja

Lampu tipe spotlight: memancarkan cahaya yang terfokus pada satu titik saja

Tipe lampu yang ketiga ini memiliki bentuk yang sama dengan tipe lampu teduh. Bedanya, sudut tipe lampu spotlight ini dapat diubah secara fleksibel. Biasanya, cover penutup yang menaungi bohlam untuk tipe lampu lantai ini tidak tembus pandang sehingga cahaya hanya menyorot ke satu arah saja. Karena itu, lampu ini cocok untuk menerangi area yang sempit secara langsung.

Lampu tipe obor: memancarkan cahaya lembut yang menghadap ke atas

Lampu tipe obor: memancarkan cahaya lembut yang menghadap ke atas

Tipe lampu keempat adalah tipe lampu obor atau biasa juga disebut dengan upper light. Berlawanan dengan tipe lampu teduh, sinar lampu ini menghadap ke atas. Karena sinar lampunya tidak langsung terpancar ke dalam mata, lampu ini tidak terasa silau. Lampu ini bertujuan untuk menerangi langit-langit kamar atau ruangan yang gelap dengan menempatkannya di dekat dinding.

Pilihlah pencahayaan lampu yang sesuai dengan aktivitas Anda

Lampu lantai memiliki dua kegunaan utama, yaitu lampu yang cahayanya menyorot langsung dan lampu remang-remang yang berguna untuk menerangi ruangan.

Lampu yang cahayanya langsung menyorot, untuk Anda yang hobi membaca buku di malam hari

Lampu yang cahayanya langsung menyorot, untuk Anda yang hobi membaca buku di malam hari

Apabila lampu diletakkan dengan posisi cahaya yang menyorot langsung ke sofa atau tempat tidur, cahaya akan langsung terpancar ke benda tersebut. Lampu tersebut dapat digunakan untuk membaca buku atau menyinari ujung bantal dan ujung kaki Anda di tengah malam.

Cover lampu untuk jenis lampu spotlight biasanya menggunakan bahan yang tidak tembus cahaya sehingga membuat cahaya hanya terfokus ke satu sudut saja. Maka dari itu, lampu jenis spotlight merupakan tipe lampu yang cocok dimasukkan ke dalam kategori ini.

Hadirkan suasana nyaman dan romantis di ruangan Anda dengan lampu remang-remang

Hadirkan suasana nyaman dan romantis di ruangan Anda dengan lampu remang-remang

Yang dimaksud sebagai lampu remang-remang adalah jenis lampu yang cahayanya mengarah ke langit-langit atau ke dinding dan menerangi ruangan dengan cahaya pantulannya saja. Namun, ada juga beberapa jenis lampu yang fokusnya tidak untuk menerangi, tetapi hanya berfungsi sebagai hiasan interior saja. Lampu-lampu tersebut juga biasa disebut dengan lampu remang-remang.

Untuk lampu remang-remang, Anda dapat menggunakan jenis lampu seperti lampu tipe obor, tipe globe, atau tipe lampu yang memiliki cover transparan. Bahkan Anda bisa juga menggunakan tipe lampu spotlight sebagai lampu remang-remang dengan cara mengarahkan cahayanya ke arah dinding atau langit-langit.

Pilih lampu lantai berdasarkan beratnya

Pilih lampu lantai berdasarkan beratnya 

Sebagian dari Anda mungkin bingung memilih lampu lantai yang berbobot ringan atau yang berbobot berat. Untuk itu, terlebih dahulu Anda harus mempertimbangkan kegunaan lampu tersebut. Kami tidak mengatakan bahwa jika Anda memiliki anak kecil di rumah maka sebaiknya menggunakan tipe lampu yang stabil dan tidak mudah jatuh. Akan tetapi, apabila menggunakan lampu yang terlalu berat, Anda jadi kesulitan untuk memindahkan atau membersihkannya.

Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah lampu lantai dengan memperhatikan beberapa hal. Misalnya, memilih lampu yang mudah dipindahkan, memiliki tingkat stabilitas yang tinggi, atau yang mudah dibersihkan. Apabila Anda memperhatikan stabilitas, sebaiknya pilihlah lampu yang tidak terlalu tinggi agar tidak mudah terjatuh. Selain itu, pilihlah juga cover lampu yang terbuat dari bahan yang ringan, seperti kain, plastik akrilik, dan lain sebagainya.

10 Rekomendasi lampu lantai terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh lampu lantai terbaik yang dapat Anda temukan dengan mudah di online shop. Secara khusus, kami akan merekomendasikan lampu lantai produksi IKEA berkualitas yang paling banyak ditemukan di toko online seperti Tokopedia. Selamat memilih!

10. IKEA Lersta

10. IKEA Lersta

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 214.900

Lampu pilihan untuk Anda yang hobi membaca

Sedang mencari lampu yang cocok untuk digunakan pada meja kerja atau perpustakaan kecil di rumah Anda? Produk ini cocok untuk Anda. Lampu lantai yang terbuat dari bahan aluminium ini memiliki cahaya yang terarah pada satu sudut saja. Hal tersebut dapat memudahkan Anda untuk membaca buku atau bekerja di meja kerja Anda.

Karena terbuat dari bahan aluminium, produk ini lebih mudah untuk dibersihkan. Anda hanya tinggal membersihkannya dengan selembar kain yang telah dibasahi dengan sedikit detergen. Selain itu, karena tangkai lampu di tiangnya dapat bergerak fleksibel, cahayanya menjadi bebas diarahkan sesuai dengan kebutuhan.

9. IKEA Solvinden Solar-powered Floor Lamp, Rock-shaped

9. IKEA Solvinden Solar-powered Floor Lamp, Rock-shaped

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 336.000

Hadirkan suasana alam dengan lampu berbentuk seperti batu

Desain lampu yang satu ini berbentuk batu alam yang sangat unik. Dilengkapi dengan panel surya, lampu ini dapat diisi ulang dengan energi matahari. Anda hanya perlu menjemur lampu ini sekitar 9-12 jam di bawah terik sinar matahari untuk kemudian bisa langsung digunakan tanpa perlu energi listrik. Sangat praktis dan hemat energi, bukan?

Bentuk batu yang unik membuat produk ini mampu menghadirkan suasana alam di ruangan Anda. Nyalakan musik lembut sembari menyinari ruangan dengan lampu ini dan hadirkan suasana nyaman dan rileks untuk tidur malam.

8. IKEA Kvart

8. IKEA Kvart

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 749.900

Tiga lampu yang dapat diputar fleksibel, cocok untuk dipakai bersama di ruangan keluarga

Malas bepergian pada saat liburan akhir pekan? Hanya sekadar ingin menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga dengan aktivitas dan hobi masing-masing? Lampu ini siap menemani Anda dan keluarga! Didesain dengan tiga lampu yang terdapat pada satu tiang, lampu ini dapat Anda gunakan untuk menerangi aktivitas Anda dan keluarga di ruang tamu.

Sudut lampunya dapat diputar dengan fleksibel sehingga cocok untuk kegiatan Anda, seperti membaca buku, menggambar, menulis, dan lain sebagainya. Anda dapat menggunakan lampu dengan cahaya putih yang terang untuk kegiatan tersebut. Sebaliknya, apabila Anda mengganti bohlam lampu dengan warna kuning redup, lampu ini dapat difungsikan juga sebagai lampu hias untuk menyinari sudut ruangan.

7. IKEA Not

7. IKEA Not

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 259.900

Kombinasi upper light dan down light membuat Anda bebas memilih intensitas cahaya yang diinginkan

Hobi membaca buku pada malam hari? Sering merasa silau dengan lampu baca yang terlalu terang, tetapi juga tidak bisa tidur dengan nyenyak dalam ruangan gelap? Lampu ini bisa jadi solusinya! Produk ini dilengkapi dengan lampu baca dan lampu upper light pada satu tiang yang dapat dinyalakan dan dimatikan secara terpisah. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk mengatur cahaya yang dibutuhkan.

Kap lampunya terbuat dari plastik sehingga tidak cepat panas sekalipun digunakan untuk jangka waktu yang lama. Selain itu, tiang lampunya terbuat dari bahan baja yang dapat berdiri dengan lebih stabil dibandingkan dengan produk lainnya. Sedikit saran, Anda dapat menggunakan bohlam warna putih cerah untuk lampu baca dan bohlam warna kuning redup untuk lampu tidur.

6. IKEA Sjopenna

6. IKEA Sjopenna

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 544.000

Produk ramah lingkungan dengan kap lampu yang dapat didaur ulang

Lampu ini dirancang oleh desainer Mia Culllin yang terinspirasi dari kertas lampion tradisional Jepang. Didesain dengan benang plastik dan kain untuk bagian kap lampu, cahaya lembutnya jadi dapat tersebar secara merata. Kombinasi kayu pada bagian kakinya dan ulir desain karet pada bagian kap mampu memberikan kesan natural untuk ruangan Anda.

Selain itu, lampu ini juga kompatibel dengan lampu LED yang  memiliki dimmer. Dengan demikian, Anda dapat mengatur redup dan cerahnya cahaya lampu untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Cahayanya yang lembut dan tersebar merata membuat produk ini cocok untuk menghias ruangan tidur Anda.

5. IKEA Regolit

5. IKEA Regolit

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 799.000

Panjang busurnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan!

Dilengkapi dengan desain busur fleksibel untuk menggantungkan kap lampunya, produk IKEA yang satu ini terbilang cukup unik. Desain lampu yang jarang ditemui ini cocok untuk diletakkan di ruang tamu Anda. Para tamu yang datang berkunjung ke rumah Anda pasti mengaguminya.

Produk ini dilengkapi dengan tiang yang berbentuk seperti kail pancing yang fleksibel. Dengan demikian, dekat jauhnya cahaya lampu dapat Anda atur sesuai dengan kebutuhan. Karena kap lampunya terbuat dari kertas, lampu ini menjadi sangat ringan sehingga mudah untuk dibawa dan dipindahkan.

4. IKEA Hovnas

4. IKEA Hovnas

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.298.900

Lampu dekoratif ini cocok untuk memeriahkan berbagai acara spesial di rumah Anda!

Satu lagi lampu produksi IKEA yang sangat dekoratif dan unik sehingga cocok untuk Anda pakai sebagai penghias interior rumah. Terdiri dari lampu LED yang berbentuk serabut, produk ini memiliki cahaya lampu yang dapat berpendar indah seperti kunang-kunang.

Canggihnya lagi, produk ini juga dilengkapi dengan variabel built-in yang memudahkan Anda untuk menyalakan dan meredupkan lampu hanya dengan satu sentuhan ringan jari Anda. Sentuhan cahayanya yang lembut membuat lampu ini cocok untuk Anda gunakan pada berbagai macam acara spesial, seperti makan malam bersama keluarga besar atau merayakan malam Natal.

3. IKEA Solvinden Lentera

3. IKEA Solvinden Lentera

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 436.500

Ingin menghemat tagihan listrik di rumah Anda? Lampu LED tenaga surya ini patut Anda coba

Satu lagi lampu produksi IKEA yang dilengkapi dengan panel surya. Anda dapat memakai lampu ini tanpa perlu menggunakan listrik. Selain itu, corak dan ukiran yang apik membuat lampu ini cocok untuk Anda jadikan kado untuk orang-orang yang Anda kasihi.

Kelebihannya lagi, produk ini juga memakai baterai yang dapat diisi ulang sehingga Anda dapat menggunakannya baik dengan tenaga surya maupun dengan tenaga baterai. Didesain dengan dua pilihan warna hitam dan putih yang netral, lampu ini mudah Anda kombinasikan dengan interior ruangan Anda.

2. IKEA Stockholm 2017

2. IKEA Stockholm 2017

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.140.000

Dilapisi dengan logam kromium berkilau yang memberi kesan mewah pada ruangan Anda

Ola Wihlborg merancang lampu ini sedemikian rupa sehingga terlihat mewah dan elegan seperti perhiasan. Dengan lapisan kromium pada seluruh body lampunya, lampu yang satu ini terlihat mengilap seperti permata. Dilengkapi pula dengan kaca frosted pada bagian atas dan bawah, cahaya lampunya dapat bersinar lembut di kedua sisinya dan tidak menyilaukan mata.

Tidak berhenti sampai di situ, terdapat alas yang terbuat dari kain felt di bagian bawah produk ini untuk melindungi permukaan lantai dari goresan. Hal tersebut memudahkan Anda ketika ingin menggeser posisi lampu tanpa perlu khawatir lampu dan lantai akan lecet. Cara membersihkannya pun cukup mudah, Anda hanya tinggal mengelapnya dengan lap kering sampai bersih.

1. IKEA Arstid

1. IKEA Arstid

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 765.000

Lampu lantai bergaya vintage yang tak lekang oleh waktu

Siapa yang tak pernah tahu model lampu ini? Yup! Lampu bergaya vintage yang satu ini tetap bertahan pada segala era dan zaman! Desainnya yang simpel dan sederhana membuat lampu ini diminati oleh banyak orang. Tersedia dua pilihan warna tiang pada produk ini, yaitu putih dan gold, yang dapat Anda pilih sesuai selera.

Uniknya lagi, IKEA juga memproduksi lampu lantai ini dengan desain dan warna senada untuk lampu mejanya juga. Jadi, jika Anda menyukai desain dan warnanya, Anda dapat mengombinasikan lampu meja dengan lampu lantai ini untuk menghiasi ruangan-ruangan di rumah.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda menemukan lampu lantai yang menarik perhatian Anda? Pada artikel ini, kami telah merekomendasikan lampu lantai sesuai dengan fungsi dan tipenya. Tentunya, memilih lampu yang pas untuk kegiatan sehari-hari merupakan hal yang sangat menguntungkan. Oleh karena itu, untuk Anda yang mencari lampu lantai baik untuk relaksasi maupun untuk desain interior rumah, silakan menjadikan artikel ini sebagai referensi. Temukan lampu yang cocok untuk ruangan Anda!