10 Rekomendasi Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Sosis atau sausage merupakan salah satu produk olahan daging yang sudah lama dikenal. Karena kelezatannya, sosis digemari oleh orang dewasa hingga anak-anak. Produsen makanan olahan seperti Bernardi, Kanzler, Champ, Kimbo, dan sebagainya, banyak memproduksi sosis dari daging ayam, sapi, bahkan daging ikan.

Nah, produk mana yang menjadi pilihan Anda? Kali ini, kami akan membahas mengenai poin-poin untuk memilih sosis yang sesuai dengan selera Anda, diikuti dengan rekomendasi 10 produk pilihan kami. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberikan tips memasak sosis.

Daftar isi

Ragam sosis yang beredar di Indonesia

Ragam sosis yang beredar di Indonesia

Sosis bukan lagi makanan yang terdengar asing di telinga orang Indonesia. Mulai dari produk yang harus diolah terlebih dahulu hingga yang siap makan, semua bisa Anda beli dengan mudah di supermarket terdekat. Ditilik dari jenisnya, sosis yang paling sering ditemui di Indonesia adalah jenis sosis asal Jerman, yaitu bockwurst and knockwurst.

Di negara asalnya, daging sapi, domba, atau kalkun biasanya digunakan untuk membuat bockwurst sedangkan pembuatan knockwurst menggunakan daging sapi dan babi. Namun, Anda tak perlu khawatir karena di Indonesia sudah tersedia banyak sosis knockwurst yang tidak menggunakan daging babi. Untuk bumbunya, pembuatan bockwurst menggunakan banyak rempah dibandingkan dengan knockwurst yang hanya dibumbui dengan bawang putih.

Cara memilih sosis

Banyak jenis-jenis sosis yang beredar di pasaran. Sebenarnya, apa sih yang membedakan masing-masing produk sosis? Apa saja ya yang harus diperhatikan sebelum membeli sosis? Kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam penjelasan di bawah ini.

Pilihlah jenis sosis yang sesuai dengan selera Anda

Pilihlah jenis sosis yang sesuai dengan selera Anda

Sosis merupakan daging yang diolah dengan diasinkan, diasapkan, atau direbus. Sebelum diolah, daging diberi bumbu kemudian dimasukkan ke dalam casing. Awalnya casing sosis terbuat dari usus alami hewan. Namun, saat ini casing buatan lebih sering digunakan, seperti casing kolagen selulosa, dan polyamide.

Selain casing, proses pengolahan dan jenis daging yang digunakan akan menentukan tekstur dan rasa sosis yang dihasilkan. Salah satu jenis sosis yang banyak ditemui dan disukai adalah sosis wiener. Sosis ini memiliki rasa smoky dan ketebalan sekitar 20 mm. Sosis wiener banyak dikonsumsi sebagai lauk. Jenis sosis lainnya adalah sosis frankurter yang berasal dari Jerman. Sosis juga dapat dikonsumsi sebagai lauk. Selain itu, karena teksturnya yang lebih tebal dibandingkan dengan sosis wiener, sosis ini juga lezat diolah dengan cara dibakar atau dinikmati sebagai barbeque.

Kalau Anda penyuka pedas, sosis chorizo yang berasal dari Meksiko dapat menjadi pilihan. Sosis ini terbuat dari daging yang dibumbui dengan rempah, paprika, dan cabai sehingga lebih pedas. Jenis sosis lainnya adalah sosis salami yang lebih cocok dikonsumsi sebagai makanan ringan atau snack, topping piza, dan isian sandwich. Hal ini dikarenakan sosis salami memiliki karakteristik ketebalan dan tekstur yang berbeda dari jenis lainnya, serta bumbu perasa yang lebih tajam.

Pilihlah sosis yang sesuai dengan standar BPOM

Pilihlah sosis yang sesuai dengan standar BPOM

Karena terbuat dari daging, sosis termasuk ke dalam bahan pangan dengan risiko tinggi. Hal ini dikarenakan karakteristik daging yang mudah terkontaminasi oleh bakteri yang dapat berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, daging juga mudah rusak sehingga pengolahan dan penyimpanannya butuh perhatian lebih.

Lantas, bagaimana cara memilih sosis yang aman? Pada intinya, pastikanlah produk yang Anda pilih sudah lolos uji oleh BPOM (Badan Pengawasan dan Pengolahan Makanan) mengenai keamanan dan kelayakan konsumsinya. Bila produk pilihan Anda merupakan produk impor, pastikan kemasannya memiliki label ML (Makanan Luar) yang menandakan bahwa produk tersebut diimpor secara legal.

Tidak semua jenis daging dapat dikonsumsi oleh suatu golongan masyarakat di Indonesia karena alasan keyakinan, kesehatan, dan sebagainya. Karena itu, agar masyarakat mengetahui jenis daging yang digunakan, produk yang mengandung daging babi wajib mencantumkan label yang menyatakan bahwa produk tersebut mengandung babi. Selain itu, produk yang dinyatakan halal pun akan memiliki logo halal dari lembaga yang berwenang.

Jangan lupa cek bahan tambahan atau aditif yang digunakan

Jangan lupa cek bahan tambahan atau aditif yang digunakan

Dalam proses pengolahan sosis, berbagai macam BTP (bahan tambahan pangan) banyak digunakan untuk berbagai tujuan. Seperti penambah cita rasa, pengawet, pewarna, atau antibakteri. Perlu Anda perhatikan bahwa ada beberapa BTP yang kurang baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Asam sorbat termasuk ke dalam BTP yang digunakan sebagai pengawet sementara penambahan natrium nitrit pada produk olahan ditujukan untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Kedua BTP ini sudah umum digunakan pada produk pangan olahan. Namun, penggunaan bahan ini berbahaya bagi kesehatan karena proses pengolahan dapat mengubah karakteristik kedua bahan ini menjadi komponen yang dapat menyebabkan kanker. Untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan, sebaiknya Anda memilih sosis bebas garam yang juga tidak mengandung natrium nitrit.

Selain kedua BTP tersebut, Anda pun perlu waspada pada BTP yang mengandung phosphate. Jenis BTP ini digunakan untuk mengatur nilai pH (potensial hidrogen) memperbaiki tekstur sosis. Namun, penggunaan BTP yang mengandung phosphate secara berlebihan dapat menghambat penyerapan kalsium. Memilih produk bebas zat perwarna karmin yang mungkin menimbulkan alergi pun lebih dianjurkan.

Karena efek-efeknya tersebut, bila memungkinkan, sebaiknya Anda memilih sosis yang tidak mengandung BTP. Alternatif lainnya adalah Anda bisa memilih sosis berkandungan BTP yang larut dalam air. Untuk mengurangi efek dari BTP tersebut, Anda bisa merebus sosis terlebih dahulu sebelum diolah lebih lanjut sehingga sebagian BTP akan larut dalam air rebusan.

Jangan lupa pertimbangkan kemasannya

Jangan lupa pertimbangkan kemasannya

Selain rasa dan jenis, beberapa produsen sosis mengemas produknya dengan kemasan yang beragam. Sebagai contoh, ada beberapa produsen sosis yang menggunakan kemasan khusus sehingga Anda dapat membuka kemasan tanpa menggunakan gunting. Lebih mudah dan tidak ribet. Nah, Anda perlu tahu bahwa kemasan sosis juga dapat berpengaruh pada kualitas sosis. Rasa dan kualitas sosis akan berkurang apabila sosis sering terpapar udara. Karena itu, kami menyarankan Anda untuk membeli sosis yang dikemas untuk sekali makan. Anda juga dapat memilih sosis dengan kemasan zip lock yang dapat ditutup kembali dengan rapat sehingga sosis terlindung dari paparan udara.

Pilihan sosis beku untuk produk yang lebih tahan lama

Pilihan sosis beku untuk produk yang lebih tahan lama

Bila Anda menginginkan produk yang tahan lama, sosis beku dapat menjadi pilihan Anda. Umumnya, sosis tipe ini memiliki tanggal expired yang lebih lama dibandingkan dengan sosis yang basah. Namun, proses penyimpanannya ini dapat mengurangi kadar air dalam sosis yang akan berefek pada rasa dan kualitas sosis.

Nah, Anda bisa mengatasinya dengan memilih produk yang dikemas dalam kemasan kedap udara untuk mempertahankan kandungan air dalam sosis. Jika Anda tidak bisa menghabiskan sosis tersebut dalam sekali makan, maka tutup rapat kemasannya dengan menggunakan plastik wrap, lalu masukan kembali ke dalam freezer. Selain itu, untuk mempertahankan rasanya, sebaiknya Anda mengeluarkan sosis dan membiarkan esnya mencair secara perlahan sebelum Anda mengolah atau memasaknya.

10 Rekomendasi sosis terbaik

Setelah memberikan tips memilih sosis, kami akan memaparkan untuk Anda 10 produk sosis terbaik pilihan kami. Semua produk lezat dan dapat dengan mudah dibeli di toko online. Terus pantau untuk memilih produk yang sesuai dengan selera Anda, ya!

10. Kimbo Sosis Lauk Mi Bakso Sapi

10. Kimbo Sosis Lauk Mi Bakso Sapi 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.700

Teman makan yang menambah kelezatan rasa mie kuah

Kimbo merupakan produsen sosis yang sudah cukup dikenal di Indonesia. Kali ini, Kimbo membuat terobosan baru dengan produknya, yaitu Sosis Lauk. Sosis Lauk ini merupakan produk sosis yang sudah matang sehingga dapat langsung dikonsumsi tanpa perlu dimasak atau dihangatkan terlebih dahulu. Praktis sekali!

Anda yang merupakan penggemar mie kuah wajib mencoba produk ini. Dibuat dengan daging sapi pilihan, sosis dari Kimbo ini merupakan teman yang pas untuk makan mie kuah. Misalnya, varian rasa baso sapi ini yang tentunya akan semakin menambah kelezatan mie kuah. Sosis ini dijual dengan kemasan berisi 3 sosis. Langsung dihabiskan atau disimpan? Anda yang putuskan!

9. Bernardi Horeca Pack Beef Breakfast Sausage 1kg

9. Bernardi Horeca Pack Beef Breakfast Sausage 1kg

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 56.500

Enak dan lebih ekonomis dalam kemasan besar

Bernardi selalu menjamin kualitas dari produk sosisnya dengan menggunakan daging sapi berkualitas. Bernardi juga menggunakan kombinasi bumbu dan komposisi daging yang lebih banyak untuk menghasilkan sosis dengan cita rasa yang enak. Selain dari segi komposisi, Bernardi juga menjaga kualitas dan cita rasa produk dengan menggunakan kemasan kedap udara.

Tersedia dalam kemasan 1 kg dengan harganya yang terjangkau, sosis ini  merupakan pilihan yang ekonomis untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Sosis untuk sarapan? Mengapa tidak? Sebagai teman sarapan, Anda dapat menyajikannya bersama dengan roti juga saus sambal dan mayones. Praktis untuk Anda yang ingin menghemat waktu atau selalu dikejar waktu saat pagi hari.

8. Jinju Sosis Ikan Rasa Keju

8. Jinju Sosis Ikan Rasa Keju

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.000

Sosis dari ikan? Kenapa tidak!

Sosis yang terbuat dari ikan? Unik, ya! Berbeda dari sosis yang biasanya terbuat dari daging sapi atau ayam, Jinju memproduksi sosis dari daging ikan. Tentunya, inovasi produk ini sayang untuk dilewatkan jika Anda senang mencoba inovasi baru. Produk dari Korea ini merupakan sosis yang sudah matang sehingga Anda dapat langsung menyantapnya tanpa perlu dimasak dahulu.

Karena sudah matang, sosis Jinju juga tidak perlu disimpan di dalam lemari es. Anda dapat menyimpannya di suhu ruang. Oleh karenanya, selain dapat dikonsumsi sebagai lauk, produk ini juga praktis dibawa sebagai bekal saat traveling. Anda juga dapat menjadikan sosis ini sebagai makanan ringan yang nikmat. Rasa kejunya yang gurih, pasti juga disukai anak-anak!

7. Kanzler Beef Cocktail

7. Kanzler Beef Cocktail

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Sosis dengan ukuran mini untuk acara spesial

Kanzler Beef Cocktail memiliki ukuran lebih kecil. Karena ukurannya itu, sosis ini cocok lho digunakan di acara kumpul bersama teman, seperti pesta barbecue. Biasanya pada acara khusus akan ada banyak makanan. Ukuran sosis ini cukup pas dan tidak akan membuat cepat kenyang sehingga tamu-tamu Anda tetap dapat menikmati hidangan lain.

Sosis Kanzler terbuat dari daging impor yang berkualitas premium. Kanzler juga memberikan tambahan ekstra daging untuk rasa daging yang lebih kuat sehingga kelezatannya makin tak terlupakan. Anda juga bisa mengolah sosis ini dengan berbagai cara, seperti dipanggang, dibakar, ditumis, atau dijadikan isian roti dan pastry. Ukurannya pas, tidak usah repot memotong, deh.

6. Champ Beef Sausages Serbaguna (150 gr)

6. Champ Beef Sausages Serbaguna (150 gr)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.000

Digoreng, dibakar, ditumis, atau dibuat sop, semua bisa!

Proses pengolahan dan komposisi sosis akan menentukan tekstur sosis. Hal ini juga yang akan mempengaruhi penyajian sosis. Ada sosis yang disarankan untuk dibakar, digoreng, ditumis, atau dibuat sop saja. Pastinya repot dan tidak ekonomis kalau Anda ingin memasak berbagai jenis masakan yang berbeda tetapi harus membeli banyak varian sosis.

Produk dari Champ ini akan memudahkan Anda yang menginginkan produk sosis yang dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan. Sosis serbaguna ini dibuat dengan tekstur yang cocok diolah dengan cara digoreng, dibakar, ditumis, atau dibuat sop. Produk ini juga merupakan sosis beku sehingga lebih tahan lama dan tidak cepat rusak. Praktis dan sangat hemat!

5. Kanzler Garlic Frankurter

5. Kanzler Garlic Frankurter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.000

Ekstra dagingnya, ekstra gurihnya

Kanzler juga menawarkan varian sosis lain, yaitu sosis frankurter. Terbuat dari perpaduan daging ayam dan sapi, sosis ini memiliki cita rasa dan tekstur yang khas dan berbeda dari sosis lainnya. Sosis frankurter dari Kanzler memiliki tekstur lembut bagai meleleh di mulut. Hal ini dikarenakan proses pembuatan yang menggunakan daging dan bumbu yang sudah dicincang halus.

Produk ini dapat menjadi favorit Anda jika Anda menyukai makanan gurih. Tambahan bawang putih pada komposisi bumbunya membuat sosis ini memiliki rasa dan aroma gurih yang lebih mantap. Untuk menyajikannya, Anda tidak perlu repot. Anda hanya perlu memanggangnya sebentar atau cukup memanaskannya dengan microwave. Sosis pun siap disantap.

4. Magnuzz Sosis Ayam Siap Santap Rasa Rendang

4. Magnuzz Sosis Ayam Siap Santap Rasa Rendang

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Sosis dengan cita rasa asli Indonesia

Sosis sering diidentikkan dengan makanan bule atau makanan yang berasal dari negara Barat, seperti Jerman, Amerika, dan lainnya. Oleh karenanya, banyak varian sosis pun menggunakan keju atau lada hitam yang merupakan khas negara Barat. Magnuzz menawarkan varian sosis yang berbeda. Sosis ayam dari Magnuzz ini memiliki cita rasa lokal yang khas Indonesia, lho.

D varian rasa rendang yang sangat Indonesia, produk ini cocok untuk Anda yang lebih menyukai rasa lokal. Selain cocok di lidah, produk ini tentunya menawarkan sensasi rasa yang berbeda dari produk lainnya. Karena sudah matang, Anda pun bisa langsung mengonsumsi sosis ini tanpa harus memasaknya dulu. Nikmati kelezatan rendang dalam wujud sosis yang praktis.

3. Dhapur Frozen Beef Cocktail

3. Dhapur Frozen Beef Cocktail

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 95.000

Diet ketogenic lebih menyenangkan dengan sosis Dhapur Frozen Beef Cocktail

Diet tidak melulu harus menderita dan makan makanan plain yang kurang menggugah selera. Bagi Anda yang sedang menjalankan diet ketogenic, Dhapur Frozen menawarkan produk sosis yang rendah karbohidrat. Meski dibuat agar bisa dikonsumsi oleh penganut diet ketogenic, rasanya begitu lezat. Bumbu rempahnya menjamin lidah Anda bergoyang saat menikmatinya.

Produk ini dikemas dengan kemasan kedap udara yang dapat menjaga kualitasnya. Anda pun bisa bernapas lega karena selain rendah karbohidrat, sosis ini juga bebas MSG (monosodium glutamat) dan pengawet, lho. Anda bisa menikmati sosis saat diet tanpa dihantui rasa bersalah dan khawatir akan adanya kandungan bahan berbahaya. Diet aman dan sehat, makan pun tetap nikmat.

2. Kanzler Assorted Bratwurst

2. Kanzler Assorted Bratwurst

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 46.000

Tiga varian sosis dalam satu kemasan

Satu lagi produk dari Kanzler yang bisa menjadi favorit Anda, terlebih untuk Anda yang suka penasaran mencoba varian sosis. Kanzler Assorted Bratwurst memberikan 3 varian sosis berbeda dalam satu kemasan. Anda dapat memilih Euro Griller, Chicken Bratwurst Coarse, atau Cheese Bratwurst. Anda tak perlu membeli banyak produk sosis hanya untuk mencoba rasa berbeda. Irit!

Kanzler sudah dikenal akan kualitas produknya yang terbuat dari daging premium. Selain itu, Kanzler juga mengklaim semua produknya bebas dari MSG dan pewarna. Tanpa bahan kimia, sosis Kanzler aman untuk dikonsumsi. Walaupun bebas MSG, rasa sosis Kanzler ini tetap gurih karena tambahan bumbu rempah yang kaya rasa. Kata siapa nikmat harus pakai MSG? Yummy!

1. Pelangi Anak Healthy Sosis Ayam Cheesy

1. Pelangi Anak Healthy Sosis Ayam Cheesy

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 33.000

Pilihan tepat untuk gaya hidup sehat

Karena sosis merupakan produk olahan yang penyajiannya cepat dan mudah, sosis sering dianggap tidak sehat. Apalagi ditambah dengan BTP yang sering digunakan pada sosis. Namun, Pelangi Anak Healthy memastikan produknya berbeda. Produk sosis ini dijamin dapat memuaskan kebutuhan Anda yang memiliki gaya hidup sehat karena tidak menggunakan bahan kimia buatan.

Sosis ini tidak menggunakan pengawet, MSG, perisa, ataupun pengenyal buatan. Klaim ini sudah dibuktikan oleh BBIA (Balai Besar Industri Agro). Anda bisa menyajikan sosis ini setiap hari untuk keluarga tanpa khawatir dengan label sosis sebagai produk olahan. Keluarga Anda pasti tidak bisa menolak kelezatannya ditambah dengan potongan keju yang meleleh ketika sosis dimasak.

Tips memasak sosis

Anda dapat menyajikan sosis dengan cara merebus atau memanggangnya. Agar sosis Anda lebih nikmat, kami akan memberikan tips memasak sosis yang mudah untuk dipraktikkan di rumah. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya!

Tambahkan tekstur crispy atau juicy pada sosis panggang dengan cara ini!

Tambahkan tekstur crispy atau juicy pada sosis panggang dengan cara ini!

Ketika memasak sosis, hal yang sering dilakukan adalah menggurat sosis. Hal ini ternyata dapat merusak tekstur sosis dan membuat kulit sosis kurang garing ketika di masak. Ketika dimasak tanpa digurat terlebih dahulu, kulit sosis akan mengerut dan membuat tekstur sosis menjadi keras. Karena itu, agar sosis tetap garing, sebaiknya Anda tidak menggurat sosis dan memasaknya langsung dalam bentuk utuh.

Walaupun tidak direkomendasikan oleh produsennya, aroma sosis akan lebih menggugah selera bila dipanggang dengan sedikit minyak. Selain itu, sosis pun akan bertekstur crispy di luar. Anda juga dapat menambahkan sedikit air untuk menghasilkan tekstur yang lebih juicy di dalam. Sosis dengan tekstur crispy di luar dan juicy di dalam seperti di restoran pun dapat Anda nikmati di rumah. Jangan lupa untuk membalik sosis secara berkala agar sosis tidak gosong.

Kurangi kalori dengan merebus sosis

Kurangi kalori dengan merebus sosis

Penggunaan minyak untuk memasak sosis tentunya akan menambah kalori sosis. Kalau Anda mengkhawatirkan hal tersebut, Anda dapat mengatasinya dengan merebus sosis. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan microwave. Anda hanya perlu menaruh sosis di piring, membungkusnya dengan plastik wrap, dan menghangatkannya dengan microwave. Berbeda dengan proses memanggang, jika Anda ingin menggunakan microwave, pastikan Anda menggurat sosis terlebih dahulu agar casing sosis tidak hancur.

Kesimpulan

Sosis merupakan makanan yang menjadi favorit berbagai kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa karena rasanya yang enak dan praktis untuk diolah. Berbagai macam sosis telah tersedia di pasaran dengan berbagai varian rasa dan bahan. Anda pun dapat menyantapnya sebagai hidangan utama, lauk, atau makanan ringan.

Kami sudah memperkenalkan cara memilih sosis dan 10 produk sosis pilihan rekomendasi kami. Semuanya lezat dengan harga yang dapat dipilih sesuai budget Anda. Nah, sudah tentukan pilihan?