• 10 Merk Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Merk Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Merk Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Merk Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Merk Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Merk Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sosis merupakan salah satu produk olahan daging yang populer dan digemari semua orang. Kali ini, kami akan membantu Anda memilih merk sosis terbaik dan sosis terenak. Beberapa merk sosis, seperti Bernardi, Kanzler, atau Champ bisa dijadikan pilihan. 


Namun, apa ada merk sosis yang aman untuk bayi dan ibu hamil? Tenang saja, kami juga akan merekomendasikan merk sosis sehat lainnya di sini. Jangan lewatkan artikel ini karena kami akan memberi tips memasak sosis agar lebih sehat dan lezat. Penasaran? Langsung scroll ke bawah, yuk!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Ratna Kirana
Irrasistible
Dodon Jerry
  • Pembaharuan terakhir: 30 April 2021
  • 80.135 Views
Daftar isi

Cara memilih sosis

Banyak jenis sosis yang beredar di pasaran, tetapi apa yang membedakan masing-masing produk? Nah, kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut melalui penjelasan di bawah ini.

Pilih jenis sosis berdasarkan cara penyajiannya

Sosis merupakan daging yang diolah dengan cara diasinkan, diasapkan, atau direbus. Jadi, sebenarnya semua sosis bisa langsung dimakan. Namun, pengemasan sosis dibedakan menjadi dua. Ada yang bisa langsung disantap, ada juga yang harus diolah terlebih dahulu supaya lebih nikmat. Pilih jenis sosis yang sesuai dengan selera atau kebutuhan Anda. 

Sosis siap santap, lebih praktis bisa langsung dimakan

Sosis siap santap memang sangat praktis. Anda bisa langsung memakannya tanpa perlu mengolahnya terlebih dahulu. Jika biasanya sosis disimpan dalam kulkas atau dijual dalam bentuk frozen, tidak halnya dengan sosis siap makan. Anda bisa menyimpan sosis jenis ini di suhu ruangan atau di luar kulkas. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir sosis menjadi rusak meski tidak ditaruh di dalam kulkas. 


Sosis siap makan ini bisa dijadikan alternatif lauk tambahan atau camilan. Dijadikan topping untuk makanan lain juga tak kalah enaknya. Sosis siap makan biasanya disimpan dalam bentuk plastik polybag individual atau plastik kedap udara. Setelah itu, barulah sosis biasanya dikemas dalam plastik kemasan lagi atau di dalam stoples. 

Sosis frozen, lebih awet dan tahan lama

Sosis frozen, lebih awet dan tahan lama

Bila Anda menginginkan produk yang lebih tahan lama, sosis frozen atau beku dapat menjadi pilihan. Umumnya, sosis tipe ini memiliki tanggal expired lebih lama dibanding sosis siap makan. Biasanya, sosis frozen mampu bertahan hingga satu tahun, tetapi dapat berbeda tergantung produsen masing-masing. Sosis frozen biasanya harus diolah terlebih dahulu sebelum disantap. Anda bisa memasaknya dengan cara direbus, dipanggang, digoreng, atau cukup dipanaskan dalam microwave


Meskipun awet, setelah kemasan dibuka sosis frozen tetap tidak bisa disimpan terlalu lama. Anda harus menyantapnya kurang lebih satu sampai dua bulan setelah kemasan dibuka. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda membeli produk yang jumlahnya sesuai dengan kebutuhan konsumsi per keluarga. Hal ini bertujuan untuk mencegah sosis terpapar bakteri dan menjaga kualitasnya tetap baik. 

Pilih ragam sosis sesuai selera

Bumbu serta cara pengolahan sosis pun beragam sehingga dapat memunculkan rasa dan tekstur yang berbeda. Kenali ragam sosis yang banyak tersedia di pasaran berikut sebelum Anda membelinya. 

Sosis original, rasa khas sosis baik ayam maupun sapi

Sosis original, rasa khas sosis baik ayam maupun sapi

Sosis original adalah produk dengan rasa khas sosis tanpa tambahan bumbu yang terlalu kuat. Anda bisa memilih jenis sosis yang Anda sukai, baik menggunakan daging ayam maupun daging sapi. Sosis ayam biasanya punya warna yang lebih pucat dan sedikit kecokelatan. 


Di sisi lain, sosis sapi biasanya punya warna yang lebih pink, oranye, atau kemerahan. Sosis original hadir dalam berbagai bentuk. Ada yang panjang, pendek, kecil, atau besar. Jika Anda menyukai cita rasa sosis yang khas, pilihlah sosis jenis ini. 

Sosis bratwurst, terbuat dari cincangan daging dan kaya rempah-rempah

Sosis bratwurst, terbuat dari cincangan daging dan kaya rempah-rempah

Sosis ini termasuk jenis sosis yang sangat populer di Jerman, bahkan di dunia. Bentuknya yang besar dan gendut membuat pencinta sosis puas saat menyantapnya. Sosis bratwurst umumnya terbuat dari daging sapi. 


Ciri khas utamanya adalah sosis ini berisikan potongan daging asli yang membuat teksturnya menjadi lebih kasar. Namun, saat digigit Anda akan merasakan sensasi juicy dan renyah. Selain itu, bratwurst juga punya rasa khas rempah-rempah yang kuat. 

Sosis frankfurter, punya tekstur yang halus dan lembut

Jenis sosis lainnya adalah sosis frankfurter yang berasal dari Jerman. Berbeda dengan sosis bratwurst, frankfurter punya tekstur yang lebih lembut dan halus. Di Jerman, sosis frankfurter merupakan campuran dari daging babi dan sapi, tetapi di Indonesia bisa berupa daging sapi atau ayam. 


Sosis ini biasanya punya bentuk kurus dan panjang. Namun, kini ada juga sosis frankfurter berukuran jumbo. Anda akan menemukan cita rasa bumbu rempah, seperti mustard, pala, serta bawang putih di dalam sosis ini. 

Sosis wiener, memiliki rasa smoky yang cukup kuat

Sosis wiener, memiliki rasa smoky yang cukup kuat

Jika Anda ingin membuat hotdog, sosis yang paling cocok adalah sosis wiener. Sosis ini memiliki rasa smoky yang lebih kuat ketimbang sosis jenis lainnya. Dibandingkan dengan sosis bratwurst atau frankfurter, sosis ini lebih memiliki cita rasa khas Amerika. 


Meskipun teksurnya halusnya mirip dengan frankfurter, sosis ini terasa lebih kenyal saat digigit. Bila Anda menyukai sosis yang lebih chewy, Anda pasti akan menyukai jenis yang satu ini!

Cari sosis dengan varian rasa tambahan agar makin menggugah selera!

Agar rasa sosis yang Anda santap makin menggugah selera, carilah sosis dengan varian rasa tambahan. Umumnya, Anda akan menemukan tambahan rasa seperti blackpepper atau keju. Namun, ada juga sosis dengan rasa lain, seperti bawang putih, rendang, sayuran, dan masih banyak lagi. Kami jamin, varian rasa tambahan ini akan menambah kenikmatan hidangan Anda!

Cek keamanan packaging dan bahan yang digunakan

Karena terbuat dari daging, sosis termasuk ke dalam bahan pangan dengan risiko tinggi. Hal ini dikarenakan karakteristik daging yang mudah terkontaminasi oleh bakteri dan bisa berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi berlebihan. Maka dari itu, pastikan Anda mengecek keamanan packaging dan bahan-bahan yang digunakan sosis. 

Pilih sosis yang tidak mengandung bahan aditif berbahaya

Pilih sosis yang tidak mengandung bahan aditif berbahaya

Sebenarnya sosis adalah makanan yang aman dikonsumsi, bahkan untuk ibu hamil ataupun anak-anak. Namun, dalam proses pengolahan sosis, BTP (bahan tambahan pangan) tak luput digunakan. Ada berbagai tujuan penggunaan BTP, salah satunya digunakan sebagai penambah cita rasa, pengawet, pewarna, atau antibakteri. 


Perlu Anda perhatikan bahwa ada beberapa BTP yang kurang baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Beberapa jenis bahan aditif yang perlu Anda hindari, salah satunya adalah asam sorbat, natrium nitrit, dan phosphate. Ketiga bahan ini sering ditemukan dalam produk sosis. Jika memungkinkan, carilah sosis yang tidak mengandung ketiga bahan tersebut. 


Alternatif lainnya adalah Anda bisa memilih sosis berkandungan BTP yang larut dalam air. Untuk mengurangi efek dari BTP tersebut, Anda bisa merebus sosis terlebih dahulu sebelum diolah. Jadi, sebagian BTP akan larut dalam air rebusan sehingga sosis menjadi lebih aman untuk dikonsumsi. 

Pilih kemasan kedap udara agar lebih aman

Pilih kemasan kedap udara agar lebih aman

Anda perlu tahu bahwa kemasan sosis juga dapat berpengaruh pada kualitas sosis. Proses penyimpanan yang salah dapat mengurangi kadar air dalam sosis dan akan berefek pada rasa dan kualitas sosis. Nah, Anda bisa mengatasinya dengan memilih produk yang dikemas kedap udara untuk mempertahankan kandungan air dalam sosis. Sosis yang dikemas dalam kedap udara juga jauh lebih higienis dibandingkan sosis tanpa kemasan yang dijual curah. 


Sosis curah bukan hanya tidak higienis, tetapi rasa dan kualitasnya juga akan berkurang apabila sering terpapar udara. Maka dari itu, akan lebih baik sosis yang sudah dibuka kemasannya langsung dihabiskan. Apabila Anda tidak bisa menghabiskan sosis dalam sekali makan, pastikan sosis disimpan kembali dalam keadaan tertutup rapat. Anda bisa menyimpannya dalam plastik wrap, kemudian dimasukkan kembali ke dalam freezer

Pilih sosis yang sudah terdaftar BPOM dan MUI

Saat membeli produk sosis, pastikan produk yang Anda beli sudah terdaftar dalam BPOM. Hal ini untuk memastikan keamanan dan kelayakan konsumsinya. Bila produk pilihan Anda merupakan produk impor, pastikan kemasannya memiliki label ML (makanan luar). 


Label tersebut menandakan bahwa produk tersebut telah diimpor secara legal. Selain itu, untuk Anda yang beragama Islam, Anda juga perlu mencermati label MUI untuk memastikan daging yang Anda beli sudah teruji kehalalannya. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

Kanzler Singles Original

Mulai dari Rp 7.500,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sosis terbaik

Setelah memberikan tips cara memilih sosis, kami akan memaparkan untuk Anda sepuluh produk sosis terbaik pilihan kami. Semua produk ini tentunya lezat dan dapat dengan mudah dibeli di toko online. Terus pantau untuk memilih produk yang sesuai dengan selera Anda, ya!
10
Cara penyajianSiap santap
Jenis sosisOriginal dengan varian rasa bakso sapi
KemasanPlastik, plastik polybag individual
BPOM/MUI✔︎/✔︎
9

BernardiHoreca Pack Beef Breakfast Sausage

Mulai dari Rp 32.500,00

Cara penyajianPerlu diolah
Jenis sosisOriginal
KemasanPlastik vakum
BPOM/MUI✔︎/✔︎
8
Cara penyajianPerlu diolah
Jenis sosisWiener
KemasanPlastik vakum
BPOM/MUI✔︎/✔︎
7

Estetika Tata TiaraKIBIF Smoked Sosis Sapi Mini Lada Hitam

Mulai dari Rp 104.600,00

Cara penyajianPerlu diolah
Jenis sosisBockwurst
KemasanPlastik vakum
BPOM/MUI✔︎/✔︎
6
Cara penyajianPerlu diolah
Jenis sosisOriginal
KemasanPlastik vakum
BPOM/MUI✔︎/✔︎
5
Cara penyajianPerlu diolah
Jenis sosisFrankfurter
KemasanPlastik vakum
BPOM/MUI✔︎/✔︎
4
Cara penyajianSiap santap
Jenis sosisOriginal dengan varian rasa rendang, ayam goreng, gulai, dan cabai hijau
KemasanKotak kardus atau stoples, plastik polybag individual
BPOM/MUI✔︎/Tidak diketahui
3
Cara penyajianPerlu diolah
Jenis sosisOriginal
KemasanPlastik vakum
BPOM/MUI✔︎/✔︎
2

Kanzler Assorted Bratwurst

Mulai dari Rp 46.000,00

Cara penyajianPerlu diolah
Jenis sosisBratwurst
KemasanPlastik vakum
BPOM/MUI✔︎/✔︎
1

Pelangi AnakPremium Beef Cheese Sausage

Mulai dari Rp 45.000,00

Cara penyajianPerlu diolah
Jenis sosisOriginal dengan varian rasa keju
KemasanPlastik vakum
BPOM/MUISertifikasi Mbrio Food Laboratory/✔︎

Tabel perbandingan produk sosis terbaik

Gambar produk
1
Pelangi Anak Premium Beef Cheese Sausage 1

Pelangi Anak

2
Kanzler  Assorted Bratwurst 1

Kanzler

3
Malindo Food Sunny Gold Chicken Sausage 1

Malindo Food

4
Magnuzz  Sosis Ayam Siap Santap 4

Magnuzz

5
CP Food Fiesta Frankfurter Sausage 1

CP Food

6
CP Food Champ Beef Sausages Serbaguna 1

CP Food

7
Estetika Tata Tiara KIBIF Smoked Sosis Sapi Mini Lada Hitam 1

Estetika Tata Tiara

8
Kemang Food Kemfood Sosis Sapi Beef Wiener 1

Kemang Food

9
Bernardi Horeca Pack Beef Breakfast Sausage 1

Bernardi

10
Kimbo Sosis Lauk Rasa Baso Sapi 1

Kimbo

Nama produk

Premium Beef Cheese Sausage

Assorted Bratwurst

Sunny Gold Chicken Sausage

Sosis Ayam Siap Santap

Fiesta Frankfurter Sausage

Champ Beef Sausages Serbaguna

KIBIF Smoked Sosis Sapi Mini Lada Hitam

Kemfood Sosis Sapi Beef Wiener

Horeca Pack Beef Breakfast Sausage

Sosis Lauk Rasa Baso Sapi

Keunggulan

Sosis yang aman untuk anak 1 tahun

Tiga varian sosis dalam satu kemasan!

Diet ketogenic lebih menyenangkan dengan sosis yang enak

Punya banyak varian rasa menarik dengan cita rasa khas lokal

Ekstra dagingnya, ekstra gurihnya. Lezatnya tak terlupakan!

Digoreng, dibakar, ditumis, atau dibuat sop, semua bisa!

Ukuran mini yang praktis untuk berbagai acara spesial

BBQ night terasa makin nikmat menyantap sosis wiener

Enak dan lebih ekonomis dalam kemasan besar

Teman makan yang menambah kelezatan rasa mi kuah

Harga mulai dariRp 45.000,00Rp 46.000,00Rp 30.000,00Rp 75.000,00Rp 22.000,00Rp 13.000,00Rp 104.600,00Rp 45.000,00Rp 32.500,00Rp 7.500,00
Cara penyajianPerlu diolahPerlu diolahPerlu diolahSiap santapPerlu diolahPerlu diolahPerlu diolahPerlu diolahPerlu diolahSiap santap
Jenis sosisOriginal dengan varian rasa kejuBratwurstOriginalOriginal dengan varian rasa rendang, ayam goreng, gulai, dan cabai hijauFrankfurterOriginalBockwurstWienerOriginalOriginal dengan varian rasa bakso sapi
KemasanPlastik vakumPlastik vakumPlastik vakumKotak kardus atau stoples, plastik polybag individualPlastik vakumPlastik vakumPlastik vakumPlastik vakumPlastik vakumPlastik, plastik polybag individual
BPOM/MUISertifikasi Mbrio Food Laboratory/✔︎✔︎/✔︎✔︎/✔︎✔︎/Tidak diketahui✔︎/✔︎✔︎/✔︎✔︎/✔︎✔︎/✔︎✔︎/✔︎✔︎/✔︎
Tautan produk

Tips memasak sosis agar lebih sehat dan lezat

Tips memasak sosis agar lebih sehat dan lezat
Anda dapat menyajikan sosis dengan cara merebus atau memanggangnya. Agar terasa lebih nikmat, kami akan memberikan tips memasak sosis yang mudah untuk dipraktikkan di rumah. 

  • Buat tekstur crispy dan juicy dengan cara dipanggang

Ketika memasak sosis, hal yang sering dilakukan adalah menggurat sosis. Hal ini ternyata dapat merusak teksturnya dan membuat kulit sosis kurang garing ketika dimasak. Nah, jika sosis dimasak tanpa digurat terlebih dahulu, kulitnya akan mengerut dan membuat tekstur osis menjadi keras. Jadi, agar sosis tetap garing, sebaiknya Anda tidak menggurat sosis dan memasaknya langsung dalam bentuk utuh. Agar teksturnya tetap juicy, cobalah untuk memanggang sosis dengan sedikit minyak. Sosis dengan tekstur crispy di luar dan juicy di dalam seperti di restoran pun dapat Anda nikmati di rumah. 


  • Kurangi kalori dengan cara direbus atau di-microwave


Penggunaan minyak untuk memasak sosis tentunya akan menambah kalori sosis. Kalau Anda mengkhawatirkan hal tersebut, Anda dapat mengatasinya dengan merebus sosis. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan microwave. Anda hanya perlu menaruh sosis di piring, membungkusnya dengan plastik wrap, dan menghangatkannya dengan microwave. Berbeda dengan proses memanggang, jika ingin menggunakan microwave, pastikan Anda menggurat sosis terlebih dahulu agar lapisan pembungkus sosis tidak hancur.

Baca juga rekomendasi sosis dan makanan olahan lainnya di sini

Selain produk sosis, kami juga sudah merangkum berbagai produk makanan olahan lainnya yang bisa Anda pilih untuk dijadikan stok. Mau tahu lebih jauh? Silakan cek link di bawah ini atau kunjungi langsung website kami!

Kesimpulan

Sosis bisa dikatakan adalah makanan favorit berbagai kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Rasanya enak dan pengolahannya pun praktis. Bermacam jenis sosis tersedia di pasaran dengan berbagai varian rasa dan bahan. 


Anda pun dapat menyantapnya sebagai hidangan utama, lauk, atau makanan ringan. Kami sudah memperkenalkan cara memilih sosis dan sepuluh produk pilihan rekomendasi kami. Semuanya lezat dengan harga yang dapat dipilih sesuai bujet Anda. Nah, sudahkah Anda menentukan pilihan?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Frozen Food Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Frozen Food Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda mungkin sudah tidak awam lagi dengan istilah frozen food. Makanan yang sengaja dibekukan ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang sibuk dan tidak punya waktu memasak. Biasanya, banyak orang membeli frozen food untuk dijadikan stok cadangan makanan di rumah. Sebenarnya, apa itu frozen food? Bagaimana cara memilih frozen food yang baik? Di artikel ini, kami akan membahas semuanya secara lengkap. Temukan juga sepuluh produk frozen food terbaik yang kami rekomendasikan seperti FIESTA Nugget atau Kanzler Sosis. Keep reading! 
    Makanan beku
    34.902 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Kanzler Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Kanzler Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kanzler merupakan salah satu merek makanan instan yang diminati karena terbuat dari bahan-bahan premium berkualitas tinggi. Selain itu, Kanzler memiliki beberapa pilihan produk, seperti sosis, chicken nugget, serta sosis singles siap makan. Untuk sosis, Anda bisa menemukan jenis Frankfurter, Bockwurst, Bratwurst, dan Beef Cocktail.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk Kanzler terbaik. Kami juga akan memperkenalkan produk-produk yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. Semuanya memiliki rasa yang enak di lidah, jadi mari simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan beku
    2.751 Views
  • 10 Rekomendasi Bakso Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bakso Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bakso adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Bahkan, makanan olahan daging ini bisa ditemukan di mana saja, baik di restoran berbintang maupun di gerobak pinggir jalan. Anda juga bisa memasak bakso di rumah sebab kini sudah terdapat banyak produk bakso kemasan di pasaran.Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan beberapa tips memilih bakso kemasan untuk Anda. Kami juga telah menyiapkan beberapa rekomendasi bakso kemasan terbaik, seperti Belfoods, Fiesta, dan SO GOOD. Jadi, Anda para pencinta kuliner bakso, silakan disimak dan bersiaplah menelan ludah dibuatnya!
    Makanan beku
    6.572 Views
  • 10 Chicken Nugget Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Chicken Nugget Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Di Indonesia, chicken nugget merupakan hidangan cepat saji yang populer dinikmati sebagai lauk maupun camilan. Sekarang ini, beragam merk, seperti SO GOOD, FIESTA, dan sebagainya, hadir di pasaran menawarkan chicken nugget dalam berbagai varian.Dengan banyaknya ragam tersebut, manakah merk chicken nugget yang bagus yang sebaiknya Anda beli? Simaklah cara memilih dan ulasan produk-produk chicken nugget pilihan di akhir artikel ini, sebelum Anda membeli chicken nugget.
    Makanan beku
    32.060 Views
  • 10 Rekomendasi Tahu Bakso Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tahu Bakso Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apabila Anda membutuhkan hidangan cepat saji yang nikmat, tahu bakso adalah pilihan yang tepat. Makanan ini bisa dijadikan camilan atau lauk untuk keluarga di rumah. Jika ada tamu yang akan berkunjung, Anda juga bisa menyajikan tahu bakso. Baik digoreng maupun dikukus, sama nikmatnya. Praktis sekali, ya.Selain isi daging sapi dan ayam, tahu bakso mercon atau crispy juga akan menggoyang lidah Anda. Di pasaran, Anda bisa menemukan produk dari Bu Ning, Bu Pendi, dan Bu Pudji. Jangan sampai salah pilih, temukan tahu bakso terbaik di artikel ini!
    Makanan beku
    695 Views
  • 10 Rekomendasi Nugget Fiesta Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Nugget Fiesta Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Nugget Fiesta dibuat dari daging ayam pilihan dan memiliki kelezatan yang pas di lidah orang Indonesia. Varian yang diluncurkan pun sangat banyak, misalnya nugget keju dan dino. Selain rasa, produk ini juga tersedia dalam beragam ukuran, yaitu 250 dan 500gr.Cara memilih dan rekomendasi nugget Fiesta akan Anda temukan dalam artikel ini. Dengan begitu, menentukan produk yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda pun terasa makin mudah. Baik untuk dikonsumsi sendiri, maupun dijadikan makanan saat acara tertentu, nugget Fiesta adalah pilihan cerdas!
    Makanan beku
    379 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori