• 10 Rekomendasi Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Sosis atau sausage merupakan salah satu produk olahan daging yang populer dan digemari oleh orang dewasa hingga anak-anak. Produsen makanan olahan, seperti Bernardi, Kanzler, Champ, Kimbo, dan sebagainya, banyak memproduksi sosis dari daging ayam, sapi, bahkan daging ikan.

Nah, produk mana yang menjadi pilihan Anda? Kali ini, kami akan membahas mengenai poin-poin untuk memilih sosis yang sesuai dengan selera Anda, diikuti dengan ulasan produk rekomendasi pilihan kami. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberikan tips memasak sosis.
  • Pembaharuan terakhir: 27 Februari 2020
  • 25.111 Views
Daftar isi

Ragam sosis yang beredar di Indonesia

Ragam sosis yang beredar di Indonesia
Sosis bukan lagi makanan yang terdengar asing di telinga orang Indonesia. Mulai dari produk yang harus dimasak terlebih dahulu hingga yang siap makan, semua bisa Anda beli dengan mudah di supermarket terdekat. Ditilik dari jenisnya, sosis yang paling sering ditemui di Indonesia adalah jenis sosis asal Jerman, yaitu bockwurst dan knockwurst.
Di negara asalnya, daging sapi, domba, atau kalkun biasanya digunakan untuk membuat bockwurst sedangkan pembuatan knockwurst menggunakan daging sapi dan babi. Namun, Anda tak perlu khawatir karena di Indonesia sudah tersedia banyak sosis knockwurst yang tidak menggunakan daging babi. Untuk bumbunya, pembuatan bockwurst menggunakan banyak rempah dibandingkan dengan knockwurst yang hanya dibumbui dengan bawang putih.

Cara memilih sosis

Banyak jenis sosis yang beredar di pasaran. Sebenarnya, apa sih yang membedakan masing-masing produk? Apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli sosis? Kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam penjelasan di bawah ini.

Pilihlah jenis sosis yang sesuai dengan selera Anda

Pilihlah jenis sosis yang sesuai dengan selera Anda
Sosis merupakan daging yang diolah dengan diasinkan, diasapkan, atau direbus. Sebelum diolah, daging diberi bumbu kemudian dimasukkan ke dalam casing. Awalnya casing sosis terbuat dari usus alami hewan. Namun, saat ini casing buatan lebih sering digunakan, seperti casing kolagen selulosa, dan polyamide.
Selain casing, proses pengolahan dan jenis daging yang digunakan akan menentukan tekstur dan rasa sosis yang dihasilkan. Salah satu jenis sosis yang banyak ditemui dan disukai adalah sosis wiener. Sosis ini memiliki rasa smoky dan ketebalan sekitar 20 mm. Sosis wiener banyak dikonsumsi sebagai lauk. Jenis sosis lainnya adalah sosis frankfurter yang berasal dari Jerman. Sosis juga dapat dikonsumsi sebagai lauk. Selain itu, karena teksturnya yang lebih tebal dibandingkan sosis wiener, sosis ini juga lezat diolah dengan cara dibakar atau dinikmati sebagai barbeque.
Kalau Anda penyuka pedas, sosis chorizo yang berasal dari Meksiko dapat menjadi pilihan. Sosis ini terbuat dari daging yang dibumbui dengan rempah, paprika, dan cabai sehingga lebih pedas. Jenis sosis lainnya adalah sosis salami yang lebih cocok dikonsumsi sebagai makanan ringan atau snack, topping piza, dan isian sandwich. Hal ini dikarenakan sosis salami memiliki karakteristik ketebalan dan tekstur yang berbeda dari jenis lainnya, serta bumbu perasa yang lebih tajam.

Pilihlah sosis yang sesuai dengan standar BPOM

Pilihlah sosis yang sesuai dengan standar BPOM
Karena terbuat dari daging, sosis termasuk ke dalam bahan pangan dengan risiko tinggi. Hal ini dikarenakan karakteristik daging yang mudah terkontaminasi oleh bakteri yang dapat berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, daging juga mudah rusak sehingga pengolahan dan penyimpanannya butuh perhatian lebih.
Lantas, bagaimana cara memilih sosis yang aman? Pada intinya, pastikanlah produk yang Anda pilih sudah lolos uji oleh BPOM (Badan Pengawasan dan Pengolahan Makanan) mengenai keamanan dan kelayakan konsumsinya. Bila produk pilihan Anda merupakan produk impor, pastikan kemasannya memiliki label ML (makanan luar) yang menandakan bahwa produk tersebut diimpor secara legal.
Tidak semua jenis daging dapat dikonsumsi oleh suatu golongan masyarakat di Indonesia karena alasan keyakinan, kesehatan, dan sebagainya. Karena itu, agar masyarakat mengetahui jenis daging yang digunakan, produk yang mengandung daging babi wajib mencantumkan label yang menyatakan bahwa produk tersebut mengandung babi. Selain itu, produk yang dinyatakan halal pun akan memiliki logo halal dari lembaga yang berwenang.

Jangan lupa cek bahan tambahan atau aditif yang digunakan

Jangan lupa cek bahan tambahan atau aditif yang digunakan
Dalam proses pengolahan sosis, berbagai macam BTP (bahan tambahan pangan) banyak digunakan untuk berbagai tujuan. Seperti penambah cita rasa, pengawet, pewarna, atau antibakteri. Perlu Anda perhatikan bahwa ada beberapa BTP yang kurang baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak.
Asam sorbat termasuk ke dalam BTP yang digunakan sebagai pengawet. Sementara penambahan natrium nitrit pada produk olahan ditujukan untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Kedua BTP ini sudah umum digunakan pada produk pangan olahan. Namun, penggunaan bahan ini berbahaya bagi kesehatan karena proses pengolahan dapat mengubah karakteristik kedua bahan ini menjadi komponen yang dapat menyebabkan kanker. Untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan, sebaiknya Anda memilih sosis bebas garam yang juga tidak mengandung natrium nitrit.
Selain kedua BTP tersebut, Anda pun perlu waspada pada BTP yang mengandung phosphate. Jenis BTP ini digunakan untuk mengatur nilai pH (potensial hidrogen) guna memperbaiki tekstur sosis. Namun, penggunaan BTP yang mengandung phosphate secara berlebihan dapat menghambat penyerapan kalsium. Memilih produk bebas zat perwarna karmin yang mungkin menimbulkan alergi pun lebih dianjurkan.
Mengingat berbagai efek yang bisa ditimbulkan, bila memungkinkan, sebaiknya Anda memilih sosis yang tidak mengandung BTP. Alternatif lainnya adalah Anda bisa memilih sosis berkandungan BTP yang larut dalam air. Untuk mengurangi efek dari BTP tersebut, Anda bisa merebus sosis terlebih dahulu sebelum diolah lebih lanjut sehingga sebagian BTP akan larut dalam air rebusan.

Perhatikan juga kemasannya

Perhatikan juga kemasannya
Selain rasa dan jenis, beberapa produsen sosis mengemas produknya dengan cara yang beragam. Sebagai contoh, ada beberapa produsen sosis yang menggunakan kemasan khusus sehingga Anda dapat membukanya tanpa menggunakan gunting. Lebih mudah dan tidak ribet. Nah, Anda perlu tahu bahwa kemasan sosis juga dapat berpengaruh pada kualitas sosis. Rasa dan kualitasnya akan berkurang apabila sosis sering terpapar udara. Karena itu, kami sarankan agar Anda memilih sosis yang dikemas untuk sekali makan. Anda juga dapat memilih sosis dengan kemasan zip lock yang dapat ditutup kembali dengan rapat sehingga sosis terlindung dari paparan udara.

Pilih sosis beku agar daya tahan lebih lama

Pilih sosis beku agar daya tahan lebih lama
Bila Anda menginginkan produk yang tahan lama, sosis beku dapat menjadi pilihan. Umumnya, sosis tipe ini memiliki tanggal expired yang lebih lama dibandingkan sosis yang basah. Namun, proses penyimpanannya dapat mengurangi kadar air dalam sosis yang akan berefek pada rasa dan kualitas sosis.
Nah, Anda bisa mengatasinya dengan memilih produk yang dikemas dalam kemasan kedap udara untuk mempertahankan kandungan air dalam sosis. Jika Anda tidak bisa menghabiskan sosis tersebut dalam sekali makan, tutup rapat kemasannya dengan menggunakan plastik wrap, lalu masukan kembali ke dalam freezer. Selain itu, untuk mempertahankan rasanya, sebaiknya Anda mengeluarkan sosis dan membiarkan esnya mencair secara perlahan sebelum mengolah atau memasaknya.

10 Rekomendasi sosis terbaik

Setelah memberikan tips cara memilih sosis, kami akan memaparkan untuk Anda sepuluh produk sosis terbaik pilihan kami. Semua produk ini tentunya lezat dan dapat dengan mudah dibeli di toko online. Terus pantau untuk memilih produk yang sesuai dengan selera Anda, ya!
10
Neto60 gr (3 buah)
KemasanPlastik, plastik polybag individual
Cara konsumsiSiap makan
9
Neto1 kg
KemasanPlastik vakum
Cara konsumsiPerlu diolah
8
Neto22 gr per buah
KemasanStoples plastik, plastik polybag individual
Cara konsumsiSiap makan
7
Neto500 gr (26 buah)
KemasanPlastik vakum
Cara konsumsiPerlu diolah
6
Neto150 gr (6 buah)
KemasanPlastik vakum
Cara konsumsiPerlu diolah
5
Neto300 gr (6 buah)
KemasanPlastik vakum
Cara konsumsiPerlu diolah
4
Neto35 gr per buah
KemasanKotak kardus, plastik polybag individual
Cara konsumsiSiap makan
3
Neto500 gr
KemasanPlastik
Cara konsumsiPerlu diolah
2
Neto240 gr (6 buah)
KemasanPlastik vakum
Cara konsumsiPerlu diolah
1

Pelangi AnakHealthy Sosis Ayam Cheesy

Rp 33.000,00

Neto250 gr (6 buah)
KemasanPlastik vakum
KomposisiPerlu diolah

Tabel perbandingan produk sosis terbaik

Gambar produk
1
Pelangi Anak Healthy Sosis Ayam Cheesy 1

Pelangi Anak

2
Kanzler  Assorted Bratwurst 1

Kanzler

3
Dhapur Frozen Beef Cocktail 1

Dhapur Frozen

4
Magnuzz  Sausage Snack Rendang 1

Magnuzz

5
Kanzler Garlic Frankfurter 1

Kanzler

6
Champ Beef Sausages Serbaguna 1

Champ

7
Kanzler  Beef Cocktail 1

Kanzler

8
Otak-Otakku Sosis Ikan 1

Otak-Otakku

9
Bernardi Horeca Pack Beef Breakfast Sausage 1

Bernardi

10
Kimbo Sosis Lauk Mi Bakso Sapi 1

Kimbo

Nama produk

Healthy Sosis Ayam Cheesy

Assorted Bratwurst

Beef Cocktail

Sausage Snack Rendang

Garlic Frankfurter

Beef Sausages Serbaguna

Beef Cocktail

Sosis Ikan

Horeca Pack Beef Breakfast Sausage

Sosis Lauk Mi Bakso Sapi

KeunggulanPilihan tepat dan nikmat un...Tiga varian sosis dalam sat...Diet ketogenic lebih menyen...Hibrida makanan khas Barat ...Ekstra dagingnya, ekstra gu...Digoreng, dibakar, ditumis,...Ukuran mini yang praktis un...Camilan lezat bergizi denga...Enak dan lebih ekonomis dal...Teman makan yang menambah k...
HargaRp 33.000,00Rp 46.000,00Rp 137.000,00Rp 75.000,00Rp 38.000,00Rp 13.000,00Rp 50.500,00Rp 22.500,00Rp 59.000,00Rp 5.700,00
Neto250 gr (6 buah)240 gr (6 buah)500 gr35 gr per buah300 gr (6 buah)150 gr (6 buah)500 gr (26 buah)22 gr per buah1 kg60 gr (3 buah)
KemasanPlastik vakumPlastik vakumPlastikKotak kardus, plastik polybag individualPlastik vakumPlastik vakumPlastik vakumStoples plastik, plastik polybag individualPlastik vakumPlastik, plastik polybag individual
KomposisiPerlu diolahPerlu diolahPerlu diolahSiap makanPerlu diolahPerlu diolahPerlu diolahSiap makanPerlu diolahSiap makan
Tautan produk

Tips memasak sosis agar lebih sehat dan lezat

Anda dapat menyajikan sosis dengan cara merebus atau memanggangnya. Agar terasa lebih nikmat, kami akan memberikan tips memasak sosis yang mudah untuk dipraktikkan di rumah. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya!

Tambahkan tekstur crispy atau juicy pada sosis panggang dengan cara ini!

Tambahkan tekstur crispy atau juicy pada sosis panggang dengan cara ini!
Ketika memasak sosis, hal yang sering dilakukan adalah menggurat sosis. Hal ini ternyata dapat merusak teksturnya dan membuat kulit sosis kurang garing ketika dimasak. Sementara jika dimasak tanpa digurat terlebih dahulu, kulit sosis akan mengerut dan membuat teksturnya menjadi keras. Karena itu, agar sosis tetap garing, sebaiknya Anda tidak menggurat sosis dan memasaknya langsung dalam bentuk utuh.
Walaupun tidak direkomendasikan oleh produsennya, aroma sosis akan lebih menggugah selera bila dipanggang dengan sedikit minyak. Selain itu, sosis pun akan bertekstur crispy di luar. Anda juga dapat menambahkan sedikit air untuk menghasilkan tekstur yang lebih juicy di dalam. Sosis dengan tekstur crispy di luar dan juicy di dalam seperti di restoran pun dapat Anda nikmati di rumah. Jangan lupa untuk membalik sosis secara berkala agar tidak gosong.

Kurangi kalori dengan merebus sosis

Kurangi kalori dengan merebus sosis
Penggunaan minyak untuk memasak sosis tentunya akan menambah kalori sosis. Kalau Anda mengkhawatirkan hal tersebut, Anda dapat mengatasinya dengan merebus sosis. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan microwave. Anda hanya perlu menaruh sosis di piring, membungkusnya dengan plastik wrap, dan menghangatkannya dengan microwave. Berbeda dengan proses memanggang, jika ingin menggunakan microwave, pastikan Anda menggurat sosis terlebih dahulu agar casing sosis tidak hancur.

Baca juga rekomendasi berbagai bahan makanan pelengkap untuk hidangan sosis Anda di sini!

Sudah menyajikan sosis kesukaan Anda dan sekeluarga, tetapi masih terasa ada yang kurang? Coba sajikan dengan berbagai hidangan pendamping lainnya. Tambahkan juga saus agar rasanya lebih bervariasi. Simak dalam artikel-artikel berikut ini, ya!

Kesimpulan

Sosis bisa dikatakan adalah makanan favorit berbagai kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Rasanya enak dan pengolahannya pun praktis. Bermacam jenis sosis tersedia di pasaran dengan berbagai varian rasa dan bahan. Anda pun dapat menyantapnya sebagai hidangan utama, lauk, atau makanan ringan.
Kami sudah memperkenalkan cara memilih sosis dan sepuluh produk pilihan rekomendasi kami. Semuanya lezat dengan harga yang dapat dipilih sesuai budget Anda. Nah, sudahkah Anda menentukan pilihan?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Makanan & minuman
    42.439 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    71.132 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    41.820 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan & minuman
    67.969 Views
  • 10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Para pencinta dessert pasti sudah tidak asing dengan yang namanya whipped cream. Selain sebagai dekorasi kue, whipped cream juga sering dipakai untuk menghiasi frappuccino favorit Anda. Anak-anak pun menyukainya berkat rasanya yang creamy. Namun, di antara banyaknya produk whipped cream yang dijual, manakah yang sebaiknya Anda beli?Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih whipped cream agar Anda mendapat yang sesuai kebutuhan. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk dari kami, seperti Anchor, Elle & Vire, Greenfields, dan lainnya. Simak terus artikel ini agar Anda memperoleh informasi lengkap seputar whipped cream.
    Makanan & minuman
    15.898 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Makanan & minuman
    58.017 Views
  • 10 Rekomendasi Sari Kurma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sari Kurma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ada cara lain menikmati buah kurma selain memakannya secara langsung. Salah satunya dengan minum sari kurma yang dihasilkan melalui proses ekstraksi kurma. Dengan meminum sari kurma, tubuh akan lebih mudah menyerap kandungan pada kurma. Satu sendok sari kurma diklaim setara dengan tujuh butir buah kurma.Saat ini, ada banyak merek sari kurma di pasaran, seperti sari kurma TJ, Kurmaqu, dan Al-Jazira. Agar Anda tidak bingung, dalam artikel ini kami akan memberi tips memilih sari kurma yang sesuai kebutuhan Anda. Tak lupa, ada juga rekomendasi produk terbaik pilihan kami. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    783 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori