• 10 Rekomendasi Home Theater Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Home Theater Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Home Theater Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Home Theater Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Home Theater Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Home Theater Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Home theater speaker mampu membuat suara TV Anda menjadi lebih hidup. Berbagai model home theater speaker ditawarkan oleh produsen audio ternama, seperti Polytron, Samsung, Sony, dan lainnya. Anda yang sedang mencari home theater speaker untuk pertama kali tentu akan kesulitan menentukan pilihan, bukan?

Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan tips memilih home theater speaker yang tepat. Tak lupa, kami juga merekomendasikan sepuluh produk terbaik di artikel ini. Temukan produk home theater speaker yang paling pas untuk melengkapi ruang TV Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 08 Januari 2021
  • 76.347 Views
Daftar isi

Cara memilih home theater speaker

Berikut ini adalah poin-poin yang perlu Anda ketahui ketika memilih home theater speaker. Mari disimak!

Pilih tipe speaker sesuai dengan ruang yang tersedia

Terdapat berbagai macam model dan tipe home theater speaker yang dijual di pasaran. Yuk, pilih yang paling sesuai dengan kondisi ruangan Anda!

Tipe rak: Penyusunannya mudah dan praktis

Tipe rak: Penyusunannya mudah dan praktis

Home theater speaker dengan tipe rak sangatlah praktis karena dapat sekaligus digunakan sebagai meja TV. Selain untuk meletakkan TV, Anda juga dapat menaruh DVD player atau recorder di dalam raknyaJadi, bagi Anda yang memiliki banyak peralatan elektronik lainnya, tipe ini akan bermanfaat.


Perlu diingat, suara yang dikeluarkan speaker tipe ini muncul dari bagian depan saja. Anda yang menginginkan sensasi suara yang lebih nyata mungkin akan merasa kurang puas dengan hal ini. Tipe ini lebih cocok untuk Anda penyuka barang simpel atau Anda yang memiliki rencana menambah koleksi speaker-nya pada masa depan. Namun, tipe ini masih jarang ditemukan di toko online Indonesia.

Tipe multispeaker: Dilengkapi peralatan audio yang mumpuni, cocok untuk ruangan besar

Tipe multispeaker: Dilengkapi peralatan audio yang mumpuni, cocok untuk ruangan besar

Nah, untuk Anda yang ingin menikmati suara yang lebih mantap, pilihlah tipe multispeaker ini. Anda dapat menaruh tiga buah speaker di dekat TV dan dua di belakang kursi penonton. Selain itu, tipe ini juga memiliki woofer yang akan memberikan sensasi suara bass menggelegar. Jadi, suara yang dihasilkannya pun akan terdengar dinamis dan terasa begitu nyata. 


Namun, jika terdapat enam buah speaker atau lebih yang tersedia, Anda diharuskan memiliki ruangan yang luas juga. Oleh karena itu, tipe ini lebih cocok untuk Anda yang memiliki ruangan berukuran besar.

Tipe sound bar: Tidak memakan tempat dan cocok dipadukan dengan TV kecil

Jika ukuran TV Anda kecil, pilihlah tipe sound bar dengan speaker dan woofer yang menyatu dalam satu tempat. Tipe ini pas untuk ruangan yang terbatas karena cukup Anda letakkan di depan TV saja. Selain itu, Anda juga tidak harus menyambungkan beberapa speaker ke TV. Nah, bagi Anda yang tidak ingin ribet menyiapkan peralatan audio, tipe speaker ini dapat menjadi pilihan.

Tipe terpisah: Dapat dikembangkan dan cocok untuk pemula

Tipe terpisah: Dapat dikembangkan dan cocok untuk pemula

Tipe terpisah memiliki speaker dan woofer yang diletakkan di bagian depan. Tipe ini pas untuk Anda yang ingin menikmati suara yang hidup meskipun berada di ruangan kecil. Dibandingkan speaker yang diletakkan di satu tempat lainnya, efek suara tipe ini terdengar lebih nyata. 


Ditambah lagi, Anda tidak perlu bingung dengan tempat penyimpanannya. Tipe ini memiliki banyak model yang dapat dikembangkan dengan cara menambah jumlah speaker-nya. Bagi Anda para pemula yang baru akan mencoba menggunakan home theater speaker, pilihlah tipe ini.

Sesuaikan jumlah channel dengan ruang yang tersedia

Jumlah channel sangatlah bervariasi tergantung pada jumlah speaker-nya. Tiga model yang paling sering ditemui adalah 2.1 Ch, 5.1 Ch, dan 7.1 Ch. Saat memilih speaker, ruang untuk meletakkannya nanti juga perlu diperhatikan, ya. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan jumlah channel berdasarkan ruang yang tersedia.

2.1 Ch: Mudah dipasang di ruangan kecil

 2.1 Ch: Mudah dipasang di ruangan kecil

Home theater speaker dengan model 2.1 Ch berisikan dua speaker di depan dan satu woofer. Karena tata letaknya tidak memakan tempat, model ini pas dipasang di ruangan kecil seperti studio.


Model ini memang mudah disesuaikan dengan ruang yang ada. Namun, terkadang ada produknya yang tidak mendukung sistem audio terbaru seperti Dolby Digital Plus. Jadi, pastikan untuk memeriksa apakah speaker pilihan Anda kompatibel dengan audio sistem yang ingin disambungkan.

5.1 Ch: Pilihan sempurna untuk menonton film

5.1 Ch: Pilihan sempurna untuk menonton film

Model 5.1 Ch memiliki dua speaker di depan, dua speaker di belakang, satu speaker di tengah, dan satu woofer. Model 5.1 Ch ini dapat dibilang sangat ideal untuk menemani Anda menonton film. Mengapa begitu? Karena Anda dapat merasakan sensasi suara yang begitu nyata muncul dari depan dan belakang Anda. Fitur yang ditawarkan model ini memang membuat suara lebih hidup seperti menonton di dalam bioskop.


Nah, agar hasil suara lebih optimal, Anda perlu mengatur letak speaker-nya mengitari penonton. Karena hal tersebut, Anda diharuskan menyiapkan tempat yang cukup luas sebelum membeli speaker model 5.1 Ch.

7.1 Ch: Bermain game lebih puas dengan audio yang mantap

7.1 Ch: Bermain game lebih puas dengan audio yang mantap

Selanjutnya adalah model 7.1 Ch yang memiliki jumlah speaker paling banyak. Tipe ini pada dasarnya sama dengan model 5.1. Namun, dua speaker tambahan yang disebut surround back ditambahkan sebagai pelengkap. 


Hasilnya, Anda dapat merasakan hasil suara 360 derajat yang muncul dari semua sudut! Jadi, speaker ini sangat bisa diandalkan untuk menonton film dan juga bermain game. Karena jumlah speaker-nya banyak dan disusun mengitari penonton, Anda akan membutuhkan ruang yang luas juga.

Pilih surround sound sesuai dengan yang Anda inginkan

Pilih surround sound sesuai dengan yang Anda inginkan

Hasil suara yang terdengar dari speaker tergantung pada tipe surround sound-nya. Speaker dengan harga paling rendah biasanya memiliki front surround yang menawarkan suara dari speaker depan saja. Memang, front surround menghasilkan suara yang lebih baik dari speaker TV, tetapi suaranya masih terbilang biasa saja. 


Nah, jika speaker memiliki efek virtual surround, suara seakan-akan muncul dari belakang juga. Namun, karena hanya virtual, suaranya pun tidak akan begitu jelas. Jika Anda ingin hasil suara yang nyata, pilihlah speaker dengan surround sound yang memberikan sensasi 360 derajat. Hal ini dapat dicapai dengan menaruh speaker di depan dan di belakang. 


Meskipun begitu, suara yang dihasilkan akan berbeda tergantung pada jumlah channel-nya. Model 2.1 Ch tidak memungkinkan memberikan efek surround sound ini. Jika Anda mengutamakan kualitas suara, pilihlah model 5.1 Ch ke atas karena efek suara yang real surround. Namun, bagi Anda yang terhalang bujet, model 2.1 Ch dengan front surround sudah cukup membantu.

Berencana mengembangkan speaker Anda? Periksa juga AV amplifier-nya!

Berencana mengembangkan speaker Anda? Periksa juga AV amplifier-nya!

AV amplifier merupakan faktor penting dalam membangun suasana yang benar-benar terasa home theater-nya. Karena hasil suara dari speaker dikontrol oleh AV amplifier, fungsi dan performanya pun tidak boleh Anda sepelekan.


Kebanyakan AV amplifier mendukung model 5.1 Ch. Namun, ada beberapa produk yang tidak dapat mendukung model 7.1 Ch ataupun model 9.1 Ch. Jika Anda berencana mengembangkan sistem surround sound, pastikan AV amplifier Anda kompatibel!


Selain itu, jika sulit mengatur hasil suara setiap speaker, alih-alih menjadi bagus, malahan akan menambah biaya. Oleh karena itu, carilah speaker yang memiliki fungsi koreksi otomatis atau automatic sound field correction. Fungsi ini memungkinkan speaker dapat mengoreksi hasil suara secara otomatis dengan menyesuaikan ruang yang ada. Perhatikan hal ini juga ketika memilih home theater speaker Anda, ya!

Lebih nyaman dengan speaker yang nirkabel

Lebih nyaman dengan speaker yang nirkabel

Jika speaker Anda adalah model 2.1 Ch, keberadaannya tidak akan mengganggu. Namun, jika modelnya lebih dari 5.1 Ch, Anda perlu mengatur kabel speaker dan TV-nya. Hal ini perlu diperhatikan, apalagi untuk Anda yang memiliki DVD player dan recorder juga. Jika demikian, kabel akan menjadi makin banyak dan susah untuk dirapikan jadi satu. Apabila tidak ingin repot, sebaiknya Anda memilih speaker dengan koneksi nirkabel.


Dewasa ini, sudah banyak produk yang dapat disambungkan melalui Bluetooth ataupun WiFi. Jadi, pertimbangkanlah hal ini ketika memilih, ya. Agar terbebas dari hambatan, pilihlah WiFi dengan model dual band yang mendukung frekuensi 5 GHz ataupun 2.4 GHz. 

10 Rekomendasi home theater speaker terbaik

Berdasarkan poin-poin di atas, selanjutnya kami merekomendasikan sepuluh produk home theater speaker. Sebagai catatan, home theater speaker yang kami rekomendasikan di bawah ini khusus untuk pemasangan di dalam ruangan. Mari dipilih!
10
TipeMultispeaker
Jumlah channel5.1 Ch
Mode surroundReal surround
Koneksi nirkabelX
Konsumsi daya110 watt
Total daya outputTidak diketahui
9

PolytronSky Tower Home Theater

PHT 728S

Mulai dari Rp 1.999.000,00

TipeMultispeaker
Jumlah channel 5.1 Ch
Mode surroundReal surround
Koneksi nirkabelX
Konsumsi daya95 watt
Total daya outputTidak diketahui
8
TipeMultispeaker
Jumlah channel5.1 Ch
Mode surroundReal surround
Koneksi nirkabelBluetooth
Konsumsi daya76 watt
Total daya output1000 watt
7

SonyBlu-ray Home Cinema System with Bluetooth

BDV-E4100

Mulai dari Rp 4.299.000,00

TipeMultispeaker
Jumlah channel5.1 Ch
Mode surroundReal surround
Koneksi nirkabelBluetooth, WiFi
Konsumsi dayaTidak diketahui
Total daya output1000 watt
6

SamsungBlu-ray Home Theater J5100K

HT-J5100K/XD

Mulai dari Rp 3.163.000,00

TipeMultispeaker
Jumlah channel5.1 Ch
Mode surroundReal surround
Koneksi nirkabelX
Konsumsi dayaTidak diketahui
Total daya output1000 watt
5

SamsungBlu-ray Home Theater J5530K

HT-J5530K/XD

Mulai dari Rp 5.720.000,00

TipeMultispeaker
Jumlah channel5.1 Ch
Mode surroundReal surround
Koneksi nirkabelWiFi
Konsumsi dayaTidak diketahui
Total daya output1000 watt
4
TipeSound bar
Jumlah channel3.1 Ch
Mode surroundFront surround
Koneksi nirkabelBluetooth
Konsumsi dayaTidak diketahui
Total daya output450 watt
3
TipeSound bar
Jumlah channelTidak diketahui
Mode surroundFront surround
Koneksi nirkabelBluetooth
Konsumsi dayaTidak diketahui
Total daya outputTidak diketahui
2

LGDVD Home Theater System

LHD677

Mulai dari Rp 3.450.000,00

TipeTerpisah
Jumlah channel4.2 Ch
Mode surroundVirtual surround
Koneksi nirkabelBluetooth
Konsumsi daya135 watt
Total daya output1000 watt
1
TipeSound bar
Jumlah channel2.1 Ch
Mode surroundVirtual surround
Koneksi nirkabelBluetooth, WiFi
Konsumsi daya150 watt
Total daya outputTidak diketahui

Tabel perbandingan produk home theater speaker terbaik

Gambar produk
1
Polk Audio MagniFi Mini 1

Polk Audio

2
LG DVD Home Theater System 1

LG

3
Xiaomi Mi Soundbar 1

Xiaomi

4
Harman JBL Bar 3.1 1

Harman

5
Samsung Blu-ray Home Theater J5530K 1

Samsung

6
Samsung Blu-ray Home Theater J5100K 1

Samsung

7
Sony Blu-ray Home Cinema System with Bluetooth 1

Sony

8
Panasonic DVD Home Theater 1

Panasonic

9
Polytron Sky Tower Home Theater 1

Polytron

10
Polytron PHT 925L 1

Polytron

Nama produk

MagniFi Mini

DVD Home Theater System

Mi Soundbar

JBL Bar 3.1

Blu-ray Home Theater J5530K

Blu-ray Home Theater J5100K

Blu-ray Home Cinema System with Bluetooth

DVD Home Theater

Sky Tower Home Theater

PHT 925L

Keunggulan

Sulap ruangan kecil Anda menjadi bioskop pribadi dalam sekejap!

Pemasangan supermudah, pilihan tepat untuk pemula

Speaker pintar yang melengkapi ruangan minimalis Anda

Antiribet dengan speaker yang kompatibel dengan semua remote TV

Menonton video streaming menjadi lebih puas dengan banyak aplikasi

Dibekali teknologi Crystal Amp Pro untuk suara yang lebih dramatis

Hasil suara begitu jernih, cocok untuk menonton film action

Kualitas suara prima dengan penyusunan letak yang mudah

Desain premium dengan suara bass yang bertenaga

Nikmati kemudahan berkaraoke setiap saat di rumah

Harga mulai dariRp 3.990.000,00Rp 3.450.000,00Rp 1.125.800,00Rp 7.499.000,00Rp 5.720.000,00Rp 3.163.000,00Rp 4.299.000,00Rp 3.100.000,00Rp 1.999.000,00Rp 2.999.000,00
TipeSound barTerpisahSound barSound barMultispeakerMultispeakerMultispeakerMultispeakerMultispeakerMultispeaker
Jumlah channel2.1 Ch4.2 ChTidak diketahui3.1 Ch5.1 Ch5.1 Ch5.1 Ch5.1 Ch 5.1 Ch5.1 Ch
Mode surroundVirtual surroundVirtual surroundFront surroundFront surroundReal surroundReal surroundReal surroundReal surroundReal surroundReal surround
Koneksi nirkabelBluetooth, WiFiBluetoothBluetoothBluetoothWiFiXBluetooth, WiFiBluetoothXX
Konsumsi daya150 watt135 wattTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui76 watt95 watt110 watt
Total daya outputTidak diketahui1000 wattTidak diketahui450 watt1000 watt1000 watt1000 watt1000 wattTidak diketahuiTidak diketahui
Tautan produk

Cara menempatkan home theater speaker

Cara menempatkan home theater speaker

Tempat dan posisi untuk meletakkan home theater speaker juga perlu diperhitungkan dengan matang. Nah, terdapat dua poin yang harus Anda pegang untuk menempatkan speaker dengan tepat. 


Pertama, speaker tengah dan speaker depan diletakkan bersebelahan di bagian depan. Lalu, speaker belakang dipasang di bagian belakang kanan dan kiri. Idealnya, posisi menonton haruslah dikelilingi oleh speaker-speaker ini. Karena itu, lokasi subwoofer haruslah mengitari area menonton Anda.


Kedua, buatlah tinggi dari setiap speaker seragam. Terlepas dari ukuran ruangan, suara yang dihasilkan akan tergantung pada posisi woofer dan tinggi speaker yang seragam.

Baca juga rekomendasi produk speaker lainnya di sini

Home theater speaker adalah salah satu dari banyaknya jenis speaker yang ada di pasaranDi bawah ini, kami suguhkan artikel yang dapat Anda jadikan referensi untuk menambah pengetahuan tentang dunia audio, khususnya untuk Anda yang sedang mencari speaker untuk menambah koleksi. Mari dibaca juga!

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda mengenai pembahasan home theater speaker kali ini? Jika Anda memasang home theater speaker di rumah, suara TV Anda akan makin terasa hidup. Hal ini terutama jika Anda tidak puas menonton film atau bermain game hanya dengan suara yang kecil. 

Namun, jangan lupa memilih speaker yang sepadan dengan ukuran ruangan di rumah Anda. Dengan begitu, hasil suara tetap bisa optimal tanpa membuat ruangan menjadi sempit. Selamat menikmati!



Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Amplifier Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Power Amplifier Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebuah pertunjukan pasti memerlukan sound system. Agar suara yang dihasilkan lebih jelas, gunakanlah power amplifier. Namun, banyak orang yang masih bingung membedakan antara power amplifier tipe mono dengan stereo. Karena itulah, kami akan membahas tips memilih power amplifier terbaik di artikel ini.Kami juga akan memberikan rekomendasi produk power amplifier yang bagus dan murah dari beragam merek. Anda bisa memilih merek Kinter, DAT, MarcoPolo, JuneJour, TARGA, dan lain-lain. Ada juga power amplifier mini yang bisa dipasang di mobil dengan daya di bawah 1000 watt. Sebelum memilih power amplifier, simaklah artikel berikut.
    Home entertainment
    1.205 Views
  • 10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Earphone Hi-Res (High Resolution) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Earphone high resolution (hi-res) menawarkan sensasi mendengarkan audio dengan kualitas suara yang bagus. Dengan begitu, Anda dapat menikmati pengalaman mendengarkan musik atau menonton film dengan lebih maksimal. Saat ini, ada berbagai jenis earphone hi-res yang bisa ditemukan di pasaran. Bagi orang awam, hal ini mungkin akan sedikit membingungkan.Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih earphone hi-res yang bisa Anda jadikan acuan. Kemudian, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk terbaik, seperti Sennheiser, Sony, dan lainnya. Bacalah dengan teliti dan temukan produk yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Home entertainment
    35.849 Views
  • 10 Rekomendasi Android TV Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Android TV Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Seiring berkembangnya teknologi, banyak orang yang mulai beralih menggunakan smart TV. Dengan tawaran hiburan yang lebih beragam, harga smart TV lebih tinggi dibandingkan TV biasa. Bagi Anda yang terhalang budget, Android TV box bisa dijadikan solusi dari masalah tersebut. Dengan harga yang lebih terjangkau, alat ini akan mengubah TV konvensional menjadi smart TV.Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan mengenai apa itu Android TV box dan tips memilihnya. Di bagian akhir, kami juga akan merekomendasi beberapa produk terbaik seperti Transvision, MXQ Pro 4K, H96 Max, dan X96. Selamat membaca!
    Home entertainment
    11.589 Views
  • 10 Rekomendasi Proyektor Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Proyektor Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2021)
    Proyektor memungkinkan Anda untuk menonton film, acara olahraga, hingga bermain games melalui layar lebar. Anda pun dapat menggunakan proyektor di dalam rumah, lho. Beberapa produsen seperti Epson, Panasonic, dan Xiaomi menyediakan proyektor rumahan. Produk proyektor sendiri tersedia dalam berbagai pilihan yang bisa membuat Anda kesulitan dalam memilihnya.Untuk itu, dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih proyektor untuk dipakai di rumah. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dibeli secara online. Simak terus artikel ini sampai tuntas, ya!
    Home entertainment
    34.234 Views
  • 10 Rekomendasi Subwoofer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Subwoofer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa orang pasti tidak asing dengan produk subwoofer yang dipasang di mobil. Namun, apa sih subwoofer? Subwoofer adalah jenis speaker yang berfungsi untuk memutar suara dengan frekuensi rendah atau bass. Terdapat beberapa merk yang beredar di pasaran, seperti Yamaha, KEF, Polytron, JBL, Pioneer, dan lainnya.  Selain itu, subwoofer memiliki beberapa ukuran dari 15 inci, 18 inci, hingga subwoofer yang dapat diletakkan di kolong mobil. Anda mungkin bingung memilih subwoofer yang Anda butuhkan. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan membagikan cara memilih dan merekomendasikan produk terbaiknya. Yuk, disimak!
    Home entertainment
    6.657 Views
  • 10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Proyektor portabel adalah perangkat yang dapat memproyeksikan gambar pada layar. Perangkat elektronik ini tidak hanya digunakan untuk kegiatan bisnis, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk hiburan. Tipe proyektor portabel pun beragam, mulai dari yang dapat dihubungkan dengan smartphone hingga yang memiliki kapasitas baterai besar.Di antara sekian banyak produsen yang memproduksi proyektor portabel adalah LG, BenQ, dan ANKER. Banyaknya tipe dan produsen mungkin akan membuat Anda bingung. Oleh sebab itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih proyektor portabel dan juga merekomendasikan produk terbaiknya untuk Anda. Tetap ikuti kami, ya!
    Home entertainment
    44.001 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori