mybest
Mesin kopi

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. Elektronik dapur
  4. 10 Rekomendasi Mesin Espresso Rumahan Terbaik [Ditinjau oleh Coffee Consultant]
  • 10 Rekomendasi Mesin Espresso Rumahan Terbaik  [Ditinjau oleh Coffee Consultant] 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Espresso Rumahan Terbaik  [Ditinjau oleh Coffee Consultant] 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Espresso Rumahan Terbaik  [Ditinjau oleh Coffee Consultant] 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Espresso Rumahan Terbaik  [Ditinjau oleh Coffee Consultant] 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Espresso Rumahan Terbaik  [Ditinjau oleh Coffee Consultant] 5

10 Rekomendasi Mesin Espresso Rumahan Terbaik [Ditinjau oleh Coffee Consultant]

Untuk membuat espreso yang enak setiap hari, Anda bisa memilih mesin espreso. Kini ada berbagai mesin espreso yang dirancang untuk pemakaian rumahan dengan hasil ala kafe. Terdapat beberapa merek mesin espreso yang bagus, seperti Ferratti Ferro dan De'Longhi. Namun, manakah yang pas untuk kebutuhan Anda?

Kami telah bekerja sama dengan coffee consultant, Lalu Alpian, untuk memberikan tips memilih mesin espreso rumahan yang bagus. Temukan juga berbagai rekomendasi mesin espreso rumahan terbaik yang bisa Anda pilih. Selamat membaca!
Diperbaharui 31/08/2023
Lalu Ahmad Alpian
Pakar
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop. Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Profil Lalu Ahmad Alpian
Lanjut membaca
Grace Mulyani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace yang juga adalah content creator di Lemon8 menemukan passion-nya dalam dunia menulis dan menjadi writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace telah banyak meriset dan berhubungan dengan pakar untuk berbagai topik terkait kesehatan, elektronik rumah tangga, perawatan tubuh, makanan, serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Espresso yang enak itu seperti apa?

Espresso yang enak itu seperti apa?

Ciri espreso yang enak ialah balance, rasanya tidak terlalu pahit dan tidak terlalu asam. Jika suhu ekstraksi terlalu tinggi dan tekanan tinggi, agitasi (pengadukan) akan berlebihan sehingga kopi terasa pahit. Akibatnya, karakter-karakter kopi akan hilang tertutup oleh rasa gosong dari ekstraksi berlebihan.


Kemudian, penyeduhan kopi juga akan menghasilkan crema. Crema atau mahkota kopi adalah buih berwarna kuning tua yang muncul saat kopi diseduh atau diekstraksi. Jadi, crema bukan penentu espreso bagus atau tidakCrema dapat dihasilkan kalau biji kopi berminyak. Makin dark kategori roasting biji kopi, makin oily biji kopi sehingga crema-nya akan makin banyak.


Akan tetapi, espreso memang harus ada cremaJika crema tidak muncul, kemungkinan bubuk kopi sudah apek (stale) karena disimpan terlau lama atau gilingannya terlalu kasar. Pada bubuk kopi yang terlalu kasar, air hanya "lewat" saja dan proses ekstraksi tidak optimal. Jadi, kalau crema tidak ada, kualitas bubuk kopi kurang baik atau proses ekstraksi dan setting mesinnya mungkin salah.
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian
Roasting category ada banyak. Kategori yang paling umum ialah dark, medium, dan light roasted. Kaitannya dengan rasa espreso dan crema, yaitu:
  • Dark roast akan menutupi karakter asli kopi/notes khas origin kopi, rasa kopi dominan pahit saja.
  • Light dan medium roast akan menghasilkan crema yang lebih sedikit dibandingkan dark roast, tetapi karakter asli kopi akan terasa.

Apa perbedaan kopi americano dan espresso?

Apa perbedaan kopi americano dan espresso?
Espreso adalah kopi yang diekstrak dalam waktu singkat dengan tekanan tinggi. Untuk membuat americano, dibutuhkan espreso. Tepatnya, americano adalah espreso yang ditambah air panas. Jadi, americano berbeda dengan espreso sebab kopi ini merupakan espreso yang diencerkan.

Ada juga kopi yang mirip americano, yaitu long black. Perbedaannya dengan americano, air panas dituang terlebih dahulu baru ditambah espreso.
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian
Istilah americano muncul pada masa perang dunia ke-2. Saat itu, tentara Amerika yang ditempatkan di Italia mencoba espreso dan merasa espreso terlalu strong. Lalu, mereka meminta espreso tersebut ditambah air panas agar rasanya lebih lembut. Karena itu, orang Italia menyebut kopi tersebut americano.

Cara memilih mesin espresso rumahan

Mesin espreso terbaik tentunya akan memberikan rasa kopi yang nikmat dengan aroma menggoda. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih mesin espreso.

1

Jika Anda suka bereksperimen di rumah, pilih mesin espresso semi-otomatis atau manual berkapasitas sekitar 1 L

Untuk penggunaan di rumah, mesin espreso semi-otomatis dan manual bisa menjadi pilihan bagi Anda. Dengan mesin espreso manual, Anda harus mengukur suhu air, tekanan ekstraksi, serta waktu ekstraksi sendiri. Sementara itu, dengan mesin espreso semi-otomatis, Anda bisa memilih program yang disediakan, seperti angka dan ukuran shot.

Mesin espresso semi-otomatis atau mesin espresso manual, memungkinkan kontrol ekstraksi saat bereksperimen

Mesin espresso semi-otomatis atau mesin espresso manual, memungkinkan kontrol ekstraksi saat bereksperimen
Sebelum biji kopi dibuat espreso, biasanya dilakukan cupping atau seduh tubruk untuk mengetahui karakter asli biji kopi yang digunakan. Apabila karakter biji kopi tersebut tidak muncul saat dibuat espreso, kemungkinan Anda perlu mengutak-atik suhu dan lama ekstraksi.

Tekanan jarang diutak-atik sebab tak banyak mesin espreso yang tekanannya bisa diatur. Espreso rata-rata dibuat dengan tekanan 9 bar. Jadi, untuk menghasilkan espreso enak yang diubah-ubah ialah suhu dan lama ekstraksi.

Dari sisi daya, mesin espreso di kafe rata-rata memerlukan daya cukup besar, yaitu di atas 2.000 watt. Daya mesin espreso rumahan juga tidak bisa dibilang kecil. Namun, ada mesin espreso semi-otomatis yang dayanya di bawah 1.000 watt, misalnya 850 watt. Jadi, listrik di rata-rata rumah di Indonesia, yaitu 1.300 watt, sudah memadai. Mesin espreso manual pun masih sesuai sebab rata-rata dayanya ialah 1.300 watt.

Namun, mesin espreso dengan daya rendah kecepatan memanaskan airnya tentu tidak akan secepat mesin yang dayanya di atas 1.000 watt. Makin tinggi watt, mesin akan cepat memanaskan air dan menghasilkan tekanan lebih cepat. Jika Anda menginginkan proses pembuatan kopi yang cukup cepat, idealnya pilih mesin espreso dengan daya 1.200 watt.
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian
Pertanyaan-pertanyaan penting jika Anda mau menghasilkan espreso enak:
  • Apakah suhunya terlalu tinggi? Atau waktu ekstraksinya terlalu lama?
  • Dari sisi biji kopi, apakah grind size nya terlalu halus? Kalau grind size-nya terlalu halus, ada risiko over ekstraksi.

Kapasitas water tank 1 L, bisa menghasilkan 22-25 cangkir espresso

Kapasitas water tank 1 L, bisa menghasilkan 22-25 cangkir espresso
Besarnya boiler atau water tank akan memengaruhi performa steam dan hasil ekstraksi. Hindari mesin espreso yang water tank-nya terlalu kecil. Water tank yang terlalu kecil membuat mesin espreso perlu memanaskan ulang air sehingga kerja mesin jadi lambat. Tak hanya itu, uap yang dikeluarkan dari steam wand pun tidak akan banyak.

Kami merekomendasikan Anda memilih mesin espreso rumahan dengan volume water tank minimal 1 L. Perlu Anda ketahui, volume espreso rata-rata ialah 30 ml. Dengan kata lain, apabila mesin espreso memiliki kapasitas water tank 1 L, jumlah espreso yang dihasilkan sekitar 22-25 cangkir.
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Terkait volume espreso, perhitungan sebaiknya mengacu pada perbandingan bubuk kopi dengan yield (hasil ekstraksi). Untuk menghasilkan espreso, perbandingan bubuk kopi dan hasil ekstraksi adalah 1:2. Jika Anda menggunakan 20 gram bubuk kopi, akan ada 40 gram yield espreso yang dihasilkan.

Jika Anda suka milk-based coffee, prioritaskan mesin espresso yang dilengkapi steam wand

Jika Anda suka milk-based coffee, prioritaskan mesin espresso yang dilengkapi steam wand
Sebagian besar mesin espreso modern dilengkapi steam wand yang menggantung di samping untuk mengeluarkan uap panas. Apabila kualitas steamer optimal, biasanya steam wand mengeluarkan uap halus seperti kabut. Steam wand memaksa uap masuk ke dalam susu untuk menghangatkannya dengan tekanan sambil menambahkan udara ke dalam susu. Alhasil, susu akan membentuk foam

Makin lembut foam-nya, rasa susu akan makin creamy yang dikenal dengan sebutan silky (partikel kecil). Inilah hasil frothing yang diinginkan. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, kualitas foam berkaitan dengan kapasitas water tank. Kapasitas water tank yang terlalu sedikit hanya akan menghasilkan uap yang sedikit sebab suplai air panas bertekanan sedikit.


Untuk mengetahui kualitas steamer, Anda mungkin perlu mengecek review sebab saat pembelian online tidak bisa mengecek secara langsung.
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian
Tools saja tidak cukup menjadi parameter yang menentukan kualitas frothing susu. Ada faktor keterampilan dalam melakukan frothing apabila frothing dilakukan secara manual dengan steam wand. Di kafe, hasil frothing bagus bukan semata karena kualitas steam wand, melainkan baristanya pun terampil.

Ada juga proses steamer otomatis. Anda tinggal menekan tombol lalu caffe latte atau cappuccino langsung bisa dinikmati. Pada mesin espreso super-otomatis sayangnya rata-rata foam yang dihasilkan kasar sehingga tekstur latte tidak silk. Hasl frothing yang tidak silk atau partikelnya tidak kecil seperti ini tidak bisa untuk membuat latte art.
2

Gunakan mesin espresso super-otomatis bila Anda mencari yang mudah dioperasikan dan prosesnya cepat

Gunakan mesin espresso super-otomatis bila Anda mencari yang mudah dioperasikan dan prosesnya cepat

Mesin espreso super-otomatis bisa dibilang sebagai mesin otomatis pengganti barista. Mesin ini memiliki fungsi untuk menggiling, memadatkan, dan mengekstraksi kopi


Beberapa mesin espreso super-otomatis pun memiliki fitur steaming susu. Pengoperasiannya tergolong sangat mudah. Dengan cara menekan satu tombol saja, Anda bisa menghasilkan berbagai minuman kopi, misalnya caffe latte atau cappuccino.


Meski terkesan sangat canggih, tersedia mesin espreso super-otomatis yang cocok untuk penggunaan di rumah. Opsi menu yang ditawarkan mesin espreso super-otomatis rumahan biasanya lebih simpel. Tipe ini juga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang baru pertama kali membeli mesin espreso. Mesin kopi rumahan ini pun tepat bagi Anda yang sibuk dan mengutamakan kemudahan dalam membuat kopi pekat.

3

Untuk operasional kafe, pilih mesin espresso semi-otomatis yang kapasitasnya besar dan dilengkapi built-in grinder

Untuk operasional kafe, pilih mesin espresso semi-otomatis yang kapasitasnya besar dan dilengkapi built-in grinder

Mesin espreso rumahan bisa menjadi pilihan bagi pemilik kafe yang belum bisa berinvestasi pada mesin espreso komersial. Namun, Anda tentu perlu memilih mesin espreso rumahan yang tepat untuk operasional kafe.


  • Kapasitas mesin
Untuk operasional kafe, sudah pasti Anda perlu memilih boiler atau water tank yang besar. Akan tetapi, seberapa besar? Supaya Anda bisa memilih mesin espreso dengan kapasitas yang tepat, ketahui dahulu kapasitas yang dibutuhkan dengan memeriksa penjualan harian.

Misalnya, per hari kafe Anda menjual 50 cup kopi. Asumsinya meja di kafe tersebut hanya bisa menampung 10 pengunjung. Kalau demikian, Anda masih bisa menggunakan mesin espreso rumahan. Namun, Anda perlu mencari yang boiler-nya besar agar cadangan air dan uap air banyak.


  • Built-in grinder
Grinder adalah alat untuk menggiling biji kopi sampai diperoleh bentuk bubuk yang sesuai untuk penyeduhan. Pertimbangkan built-in grinder atau grinder yang terintegrasi dengan mesin espreso jika bujet Anda terbatas. Jadi, Anda tidak perlu membeli grinder secara terpisah. Sebagai informasi, grinder yang tergolong ekonomis dengan kualitas standar saja biasanya dijual dengan harga Rp7,5 juta.

Di luar dua hal di atas, masih ada fitur pengaturan tekanan dan suhu yang sangat bermanfaat untuk operasional kafe. Sayangnya, mesin espreso rumahan umumnya tidak ada pengaturan tekanan. Ditambah lagi, tidak semua mesin espreso memiliki pengaturan suhu.
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian
Mesin espreso rumahan semi-otomatis yang harganya 1-5 juta rupiah rata-rata memiliki boiler kecil. Dengan boiler kecil, mesin perlu memanaskan air berulang-ulang. Setiap air panas habis, mesin perlu memanaskan ulang dan prosesnya lama. Untuk ukuran kafe, kerjanya mungkin akan jadi lambat sekali.
4

Cari yang water tank-nya mudah dilepas agar lebih awet digunakan

Cari yang water tank-nya mudah dilepas agar lebih awet digunakan
Supaya mesin espreso awet, Anda perlu memastikan tidak ada barang asing yang menempel pada mesin. Tidak boleh ada ground kopi tersisa pada mesin agar sisa bubuk kopi tidak mengeras dan berbau. Selain itu, tidak boleh ada air menempel di water tank sehingga mesin tidak cepat korosi.

Perlu diketahui, water tank tidak boleh terus dibiarkan penuh. Setelah sehari terisi air, water tank sebaiknya dikuras dan dibersihkan dengan cara dibilas dan dilap sampai keringKarena itu, sebaiknya Anda mencari mesin espreso yang water tank-nya mudah dilepaskan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah membersihkan dan mengeringkannya.

Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Acuan mudah dalam perawatan mesin espreso adalah pastikan kondisi mesin saat awal mau dipakai dan setelah selesai pakai sama bersihnya.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Mesin Espresso Rumahan Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Mesin Espresso Rumahan terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 28 Agustus 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Dimensi
Bobot
Daya listrik
Kapasitas tangki air
Kapasitas kontainer kapsul
Sistem pemanas
Tekanan ekstraksi
Voltase
Tipe
Grinder
Fitur
Metode roasting
Sumber panas
Fitur pendingin
1

Ferratti Ferro

FCM3601

Ferratti Ferro  FCM3601 1

Rp1.615.300

Agak Murah

Ciptakan espreso sempurna dengan fleksibilitas waktu seduh dan steam wand kinerja tinggi

28,5 x 25,7 x 31,5 cm

4.800 gram

1.450 watt

1.700 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

15 bar

220 volt

Tidak diketahui

Adjustable brewing time, pre-infusion system

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Ferratti Ferro

FCM5013B

Ferratti Ferro  FCM5013B 1

Rp993.800

Lebih Murah

Hadirkan keamanan dan kemudahan dalam menyeduh kopi berkualitas tinggi dengan fitur inovatif

27,2 x 20,8 x 29,2 cm

5.000 gram

1.000 watt

1.000 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

15 bar

220 volt

Tidak diketahui

Removable and washable drip tray, adjustable steam knob

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3

De'Longhi

Manual Espresso Makers ECP35.31

De'Longhi Manual Espresso Makers  1

Rp2.650.000

Menengah

Nikmati kemewahan kopi kafe dengan fitur canggih dan hasil sempurna di rumah

18,5 x 24 x 30,5 cm

4.200 gram

1.100 watt

1.100 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

15 bar

220-240 volt

Tidak diketahui

Two-tiered drip tray, auto shut-off, adjustable cappuccino system

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

De’Longhi

Stilosa EC230.BK

De’Longhi Stilosa  1

Rp2.459.000

Menengah

Memiliki stainless steel boiler untuk hasil in-cup yang lebih tahan lama

20,5 x 34,3 x 28,5 cm

4.300 gram

1.100 watt

1.000 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

15 bar

220-240 volt

Tidak diketahui

Milk frother, two-tiered drip tray, auto shut-off

Tidak diketahui

Tidak diketahui

5

UPUPIN

Coffee Maker Espresso

UPUPIN  Coffee Maker Espresso 1

Rp2.990.000

Agak Mahal

Rasakan espreso berkualitas tinggi dengan ekstraksi stabil dan krim yang sempurna

32,5 x 14 x 30 cm

3.130 gram

1.150 watt

900 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

20 bar

220 volt

Tidak diketahui

Stable temperature extraction, easy to use

Tidak diketahui

Tidak diketahui

6

ALMAZ

Espresso Coffee Maker ACM5033

ALMAZ  Espresso Coffee Maker  1

Rp1.750.000

Agak Murah

Wujudkan seni ekstraksi kopi sempurna dengan hasil profesional di rumah Anda

Tidak diketahui

6.000 gram

1.100 watt

1.200 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

15 bar

220-240 volt

Tidak diketahui

Adjustable steam knob, high pressure frothing function

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7

BLUE SKY

Mesin Kopi Espresso

BLUE SKY  Mesin Kopi Espresso 1

Rp2.789.000

Menengah

Alami sensasi menikmati cita rasa kopi yang rich dengan mesin kopi berkualitas

27 x 23,4 x 29,2 cm

3.600 gram

850 watt

1.500 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

20 bar

220 volt

Tidak diketahui

Microcomputer control touch screen, luxury milk frothing system

Tidak diketahui

Tidak diketahui

8

LAHOME

KCB Mesin Kopi Espresso

LAHOME  KCB Mesin Kopi Espresso  1

Rp2.499.000

Menengah

Raih kesempurnaan ekstraksi dan kreasi espreso tanpa batas dengan fitur-fiturnya

27,4 x 22,7 x 30 cm

3.820 gram

1.050 watt

1.500 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

20 bar

220 volt

Tidak diketahui

Auto shut down, luxury milk frothing system

Tidak diketahui

Tidak diketahui

9

LATINA

ALTRO Espresso Machine

LATINA  ALTRO Espresso Machine 1

Rp4.990.000

Lebih Mahal

Ciptakan kreasi kopi istimewa dengan kelebihan eksklusif mesin espresso ini

30 x 55 x 35 cm

11.000 gram

1.500 watt

1.700 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

15 bar

220-240 volt

Tidak diketahui

Timer display, brew temperature setting, pressure gauge

Tidak diketahui

Tidak diketahui

10

GEMILAI

Espresso Machine CRM 3605

GEMILAI  Espresso Machine  1

Rp2.198.000

Menengah

Steam-nya kuat, hasilkan tekstur busa susu yang ideal

28,5 x 25,7 x 38,5 cm

8.000 gram

1.450 watt

1.700 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

15 bar

220-240 volt

Tidak diketahui

Programmable, brew system, temperature control

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Ferratti Ferro FCM3601

FCM3601 1
Sumber: ferratti-ferro.com
FCM3601 2
Sumber: shopee.co.id
FCM3601 3
Sumber: shopee.co.id
FCM3601 4
Sumber: shopee.co.id
FCM3601 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp1.615.300
Agak Murah
Harga referensi
Rp1.615.300
Agak Murah

Ciptakan espreso sempurna dengan fleksibilitas waktu seduh dan steam wand kinerja tinggi

Ferratti Ferro FCM3601 menghadirkan kemudahan dalam menikmati espreso di rumah. Dengan waktu seduh yang dapat diatur sesuai selera, Anda memiliki kendali penuh atas rasa kopi yang dihasilkan.


Dibekali steam wand yang bekerja nonstop 300 detik, Anda dapat menciptakan tekstur susu yang sempurna untuk kopi berbasis susu. Diameter portafilter 58 mm yang dimilikinya memastikan hasil seduhan seperti di kedai kopi profesional.

Dimensi28,5 x 25,7 x 31,5 cm
Bobot4.800 gram
Daya listrik1.450 watt
Kapasitas tangki air1.700 ml
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksi15 bar
Voltase220 volt
TipeTidak diketahui
Grinder
FiturAdjustable brewing time, pre-infusion system
Metode roastingTidak diketahui
Sumber panasTidak diketahui
Fitur pendingin
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Ferratti Ferro FCM5013B

Harga referensi
Rp993.800
Lebih Murah

Hadirkan keamanan dan kemudahan dalam menyeduh kopi berkualitas tinggi dengan fitur inovatif

Ferratti Ferro FCM5013B adalah mesin kopi yang menggabungkan inovasi dengan kemudahan perawatan. Dengan drip tray yang dapat dilepas dan dicuci, Anda akan lebih mudah menjaga kebersihan mesin.


Produk ini juga dilengkapi fitur pengaman untuk mengantisipasi overheat dan overpressure sehingga mesin lebih awet. Bukan hanya itu, kehadiran karet pengaman pada steam wand akan memberikan keamanan ekstra dalam penggunaan.

Dimensi27,2 x 20,8 x 29,2 cm
Bobot5.000 gram
Daya listrik1.000 watt
Kapasitas tangki air1.000 ml
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksi15 bar
Voltase220 volt
TipeTidak diketahui
Grinder
FiturRemovable and washable drip tray, adjustable steam knob
Metode roastingTidak diketahui
Sumber panasTidak diketahui
Fitur pendingin
View all
No.3

De'LonghiManual Espresso Makers ECP35.31

Harga referensi
Rp2.650.000
Menengah

Nikmati kemewahan kopi kafe dengan fitur canggih dan hasil sempurna di rumah

De'Longhi Manual Espresso Makers membawa pengalaman kopi kafe langsung ke dalam rumah Anda. Produk ini dilengkapi fitur mati otomatis setelah 9 menit penggunaan untuk menjaga efisiensi energi dan keamanan.


Hadir dengan drip tray dua tingkat, mesin ini memungkinkan penggunaan berbagai jenis mug hingga 13 cm. Produk ini juga memiliki sistem cappuccino yang dapat disesuaikan sehingga memungkinkan penyeduhan berbagai minuman susu dengan hasil sempurna.

Dimensi18,5 x 24 x 30,5 cm
Bobot4.200 gram
Daya listrik1.100 watt
Kapasitas tangki air1.100 ml
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksi15 bar
Voltase220-240 volt
TipeTidak diketahui
Grinder
FiturTwo-tiered drip tray, auto shut-off, adjustable cappuccino system
Metode roastingTidak diketahui
Sumber panasTidak diketahui
Fitur pendingin
View all
No.4

De’LonghiStilosa EC230.BK

Harga referensi
Rp2.459.000
Menengah

Memiliki stainless steel boiler untuk hasil in-cup yang lebih tahan lama

Mesin kopi DeLonghi ini memiliki fitur manual milk frother. Produk ini dapat mencampur uap dan susu secara manual untuk menciptakan kepadatan buih yang sempurna pada kopi susu. Terdapat juga stainless steel boiler untuk hasil in-cup yang lebih tahan lama. Produk ini pas untuk Anda yang ingin menyeruput kopi secara perlahan sambil bersantai.

Dimensi20,5 x 34,3 x 28,5 cm
Bobot4.300 gram
Daya listrik1.100 watt
Kapasitas tangki air1.000 ml
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksi15 bar
Voltase220-240 volt
TipeTidak diketahui
Grinder
FiturMilk frother, two-tiered drip tray, auto shut-off
Metode roastingTidak diketahui
Sumber panasTidak diketahui
Fitur pendingin
View all
No.5

UPUPIN Coffee Maker Espresso

Coffee Maker Espresso 1
Sumber: shopee.co.id
Coffee Maker Espresso 2
Sumber: shopee.co.id
Coffee Maker Espresso 3
Sumber: shopee.co.id
Coffee Maker Espresso 4
Sumber: shopee.co.id
Coffee Maker Espresso 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp2.990.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp2.990.000
Agak Mahal

Rasakan espreso berkualitas tinggi dengan ekstraksi stabil dan krim yang sempurna

UPUPIN Coffee Maker Espresso adalah pilihan terbaik bagi pencinta kopi yang menghargai kualitas dan konsistensi. Dengan temperatur ekstraksi yang stabil, Anda dapat menikmati espreso dengan rasa yang kaya.

Produk ini juga memiliki tangki air berkapasitas besar sehingga memberikan kenyamanan ekstra tanpa perlu sering mengisi ulang. Dengan kemampuan menghasilkan krim kopi dengan ketebalan pas, produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan kopi yang sempurna.

Dimensi32,5 x 14 x 30 cm
Bobot3.130 gram
Daya listrik1.150 watt
Kapasitas tangki air900 ml
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksi20 bar
Voltase220 volt
TipeTidak diketahui
Grinder
FiturStable temperature extraction, easy to use
Metode roastingTidak diketahui
Sumber panasTidak diketahui
Fitur pendingin
View all
No.6

ALMAZ Espresso Coffee Maker ACM5033

Harga referensi
Rp1.750.000
Agak Murah

Wujudkan seni ekstraksi kopi sempurna dengan hasil profesional di rumah Anda

Yuk, rasakan pengalaman membuat kopi yang istimewa dengan ALMAZ Espresso Coffee Maker. Dibekali dengan fungsi frothing bertekanan tinggi, mesin ini menghasilkan susu lembut dan kental untuk menambah kenikmatan kopi spesial Anda.


Nikmati kendali penuh dengan steam knob yang dapat disesuaikan untuk mengatur tekanan steam sesuai dengan selera. Dilengkapi dengan termometer, suhu sempurna kini dapat Anda pantau dengan jelas untuk memastikan ekstraksi kopi optimal setiap saat.

DimensiTidak diketahui
Bobot6.000 gram
Daya listrik1.100 watt
Kapasitas tangki air1.200 ml
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksi15 bar
Voltase220-240 volt
TipeTidak diketahui
Grinder
FiturAdjustable steam knob, high pressure frothing function
Metode roastingTidak diketahui
Sumber panasTidak diketahui
Fitur pendingin
View all
No.7

BLUE SKY Mesin Kopi Espresso

Harga referensi
Rp2.789.000
Menengah

Alami sensasi menikmati cita rasa kopi yang rich dengan mesin kopi berkualitas

Lengkapi pengalaman kopi Anda dengan BLUE SKY Mesin Kopi Espresso. Dengan tekanan ekstraksi tinggi mencapai 20 bar, mesin ini menghadirkan kopi dengan rasa dan aroma yang mendalam. Anda juga akan dimanjakan dengan tangki air yang bisa dilepas sehingga pengisian air dan pembersihan tangki menjadi sangat praktis.


Produk ini tak hanya mengutamakan kualitas rasa, tetapi juga tampilan dan daya tahan. Didesain dengan bodi kokoh dari baja tahan karat, produk ini memancarkan kesan elegan sambil menjamin ketahanan jangka panjang.

Dimensi27 x 23,4 x 29,2 cm
Bobot3.600 gram
Daya listrik850 watt
Kapasitas tangki air1.500 ml
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksi20 bar
Voltase220 volt
TipeTidak diketahui
Grinder
FiturMicrocomputer control touch screen, luxury milk frothing system
Metode roastingTidak diketahui
Sumber panasTidak diketahui
Fitur pendingin
View all
No.8

LAHOME KCB Mesin Kopi Espresso

Harga referensi
Rp2.499.000
Menengah

Raih kesempurnaan ekstraksi dan kreasi espreso tanpa batas dengan fitur-fiturnya

LAHOME KCB Mesin Kopi Espresso adalah pilihan tepat untuk menghadirkan kesempurnaan espreso setiap hari. Didukung oleh tekanan pompa air yang kuat dan stabil, kualitas ekstraksi kopi Anda akan selalu terjaga pada tingkat tertinggi.


Kontrol suhu yang akurat hingga 0,1°C akan memastikan setiap cangkir menghadirkan cita rasa yang konsisten. Produk ini juga dilengkapi fitur untuk membersihkan kerak secara otomatis. Perawatan mesin jadi lebih mudah dan praktis!

Dimensi27,4 x 22,7 x 30 cm
Bobot3.820 gram
Daya listrik1.050 watt
Kapasitas tangki air1.500 ml
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksi20 bar
Voltase220 volt
TipeTidak diketahui
Grinder
FiturAuto shut down, luxury milk frothing system
Metode roastingTidak diketahui
Sumber panasTidak diketahui
Fitur pendingin
View all
No.9

LATINA ALTRO Espresso Machine

Harga referensi
Rp4.990.000
Lebih Mahal

Ciptakan kreasi kopi istimewa dengan kelebihan eksklusif mesin espresso ini

LATINA ALTRO Espresso Machine direkomendasikan bagi para pencinta kopi yang ingin mencoba beragam jenis kopi di rumah. Dilengkapi steam wand 3 lubang, frothing susu menjadi cepat dan lembut. Hasilnya, Anda dapat membuat kreasi kopi spesial yang memukau.


Display timer-nya memberikan tampilan suhu dan waktu ekstraksi dengan jelas sehingga Anda bisa memastikan hasilnya selalu konsisten. Hot water outlet tambahan menghadirkan fleksibilitas dalam meracik americano dan teh panas.

Dimensi30 x 55 x 35 cm
Bobot11.000 gram
Daya listrik1.500 watt
Kapasitas tangki air1.700 ml
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksi15 bar
Voltase220-240 volt
TipeTidak diketahui
Grinder
FiturTimer display, brew temperature setting, pressure gauge
Metode roastingTidak diketahui
Sumber panasTidak diketahui
Fitur pendingin
View all
No.10

GEMILAI Espresso Machine CRM 3605

Harga referensi
Rp2.198.000
Menengah

Steam-nya kuat, hasilkan tekstur busa susu yang ideal

GEMILAI Espresso Machine bisa dipertimbangkan jika Anda ingin mengeksplorasi seni pembuatan kopi sendiri. Ditenagai oleh steam yang kuat, mesin ini menghasilkan tekstur busa susu yang sempurna untuk menyempurnakan kopi istimewa Anda.


Dilengkapi dengan barometer, Anda dapat dengan mudah mengawasi tekanan ekstraksi yang optimal. Dari segi tampilan, panel stainless-nya menambah sentuhan elegan sembari menjamin ketahanan produk.

Dimensi28,5 x 25,7 x 38,5 cm
Bobot8.000 gram
Daya listrik1.450 watt
Kapasitas tangki air1.700 ml
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksi15 bar
Voltase220-240 volt
TipeTidak diketahui
Grinder
FiturProgrammable, brew system, temperature control
Metode roastingTidak diketahui
Sumber panasTidak diketahui
Fitur pendingin
View all

5 Rekomendasi Mesin Espresso Rumahan terbaik

No. 1: Ferratti Ferro FCM3601

No. 2: Ferratti Ferro FCM5013B

No. 3: De'LonghiManual Espresso Makers ECP35.31

No. 4: De’LonghiStilosa EC230.BK

No. 5: UPUPIN Coffee Maker Espresso

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. Elektronik dapur
  4. 10 Rekomendasi Mesin Espresso Rumahan Terbaik [Ditinjau oleh Coffee Consultant]

Produk populer

Emily and Bear Air Fryer 3L
Paninti Hub | EAF-17201Emily and Bear Air Fryer 3L

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.