10 Rekomendasi Mesin Espresso Terbaik Untuk di Rumah (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mesin Espresso Terbaik Untuk di Rumah (Terbaru Tahun 2018)

Apabila Anda adalah seorang pencinta espresso, pasti terasa menyenangkan jika dapat menikmati minuman tersebut di rumah, tetapi dengan kualitas rasa seperti di kafe. Hal tersebut dapat Anda peroleh dengan membeli mesin espresso yang dirancang untuk pemakaian di rumah. Terdapat beberapa merek terkenal seperti DeLonghi, Dolce Gusto, dan Nespresso. Namun, Anda mungkin tetap bingung dalam memilih yang terbaik.

Artikel ini akan mengulas cara memilih mesin espresso rumahan dengan tepat. Bukan itu saja, kami juga memberi rekomendasi sepuluh produk terbaik bagi Anda. Di bagian akhir artikel ini, kami juga memberi tips menggunakan mesin espresso secara tepat agar dapat menghasilkan rasa terbaik. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih mesin espresso terbaik untuk di rumah

Mesin espresso yang tepat akan memberi Anda rasa kopi yang nikmat dengan aroma yang menggoda. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat memilih mesin espresso, seperti kemudahan dalam penggunaan, besarnya tekanan pada mesin, desain, harga, dan aspek lainnya. Kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih mesin espresso terbaik. Silakan Anda baca.

Pertimbangkan daya tenaga, tingkat konsentrasi, serta biaya yang dibutuhkan dari setiap tipe mesin

Secara umum, mesin espresso yang cocok dipakai untuk rumah tangga terbagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe otomatis, tipe semi-otomatis, dan tipe kapsul. Masing-masing tipe membutuhkan partisipasi yang berbeda dari penggunanya. Kami akan membahas setiap tipe dengan lebih detail.

Tipe otomatis, Anda dapat membuat espresso dengan sangat mudah

Tipe otomatis, Anda dapat membuat espresso dengan sangat mudah

Apabila Anda tidak ingin mengeluarkan banyak tenaga untuk dapat menikmati rasa dan keharuman espresso di rumah, pilihlah tipe ini. Anda hanya perlu meletakkan biji atau bubuk kopi di wadah yang telah disediakan, lalu mesin akan mengerjakan seluruh proses hingga keluar hasil ekstraksi kopi. Espresso nikmat siap tersaji tanpa membutuhkan teknik apa pun.

Bagi Anda yang baru pertama kali membeli mesin espresso, produk tipe ini bisa jadi pilihan. Termasuk juga bagi Anda yang sudah sering menggunakan mesin atau Anda yang masih bingung memilih, tipe ini merupakan pilihan yang tepat.

Tipe semi-otomatis, nikmati sensasi seru pada saat meracik espresso Anda sendiri

Tipe semi-otomatis, nikmati sensasi seru pada saat meracik espresso Anda sendiri

Tipe ini cocok bagi Anda yang ingin mengambil bagian dalam proses pembuatan espresso. Pada saat menggunakan mesin ini, Anda harus meletakkan bubuk kopi hingga padat dan tersebar merata di wadah yang disebut portafilter. Proses tersebut dapat membuat Anda merasa lebih yakin bahwa kopi telah dimasak dengan cara yang tepat.

Beberapa mesin espresso semi-otomatis dirancang untuk mengekstraksi kopi secara otomatis. Namun, sebagian lainnya mengharuskan Anda untuk menekan tuas piston pada saat mengekstraksi kopi. Sebelum membeli mesin espresso, Anda diharapkan menentukan dahulu seberapa besar Anda ingin turun tangan dalam mengerjakan prosesnya.

Untuk membuat espresso, Anda dapat menggunakan bubuk kopi. Namun, biji kopi dapat menghasilkan espresso dengan rasa dan aroma yang lebih autentik. Oleh karena itu, jika Anda membeli mesin tipe semi-otomatis, akan lebih baik jika Anda juga membeli alat penggiling kopi.

Tipe kapsul, hanya membutuhkan sedikit usaha dan waktu dalam membuat espresso

Tipe kapsul, hanya membutuhkan sedikit usaha dan waktu dalam membuat espresso

Bagi Anda yang ingin membuat espresso dengan mudah tanpa menghabiskan banyak waktu, kami menyarankan tipe ini. Mesin espresso tipe ini dilengkapi dengan bubuk kopi yang telah dibungkus dalam kapsul atau wadah-wadah kecil yang disegel rapat. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi menggiling biji kopi atau mengisi bubuk kopi di wadah. Selain itu, dengan wadah yang telah disegel rapat, keharuman serta kualitas bubuk kopi terjaga dengan baik.

Keunggulan lainnya, Anda tidak perlu khawatir mengenai bubuk kopi yang tercecer di mesin espresso. Hal tersebut tidak akan terjadi karena bubuk kopi telah terbungkus dengan rapi. Dengan demikian, mesin tipe ini akan mudah untuk dibersihkan. Hanya saja, kapsul kopi khusus untuk tipe ini biasanya memiliki harga yang relatif lebih mahal dibanding dengan biji atau bubuk kopi biasa. Beberapa merek mesin espresso tipe ini bahkan hanya kompatibel dengan kapsul kopi dari merek yang sama.

Terdapat pilihan lain, yaitu mesin espresso tipe semi-otomatis yang sekaligus dapat diatur menjadi tipe kapsul. Dengan demikian, jika sedang memiliki waktu luang dan ingin membuat kopi sendiri, Anda dapat mengaturnya menjadi tipe semi-otomatis. Namun, saat Anda sedang ingin bersantai, biarkan mesin ini bekerja menjadi tipe kapsul. Anda dapat mengatur sesuai kebutuhan dan suasana hati saat itu.

Spesifikasi produk menentukan rasa kopi yang dihasilkan beserta kegunaannya

Pada saat Anda memilih mesin espresso yang hendak dibeli, terdapat beberapa poin penting yang harus diperhatikan dari spesifikasi produk. Mari kita bahas poin-poin tersebut.

Untuk hasil terbaik, gunakan mesin espresso dengan tekanan ekstraksi 9 bar

Untuk hasil terbaik, gunakan mesin espresso dengan tekanan ekstraksi 9 bar

Mesin espresso yang memiliki tekanan ekstraksi 9 bar akan menghasilkan rasa kopi yang nikmat dan tampilan crema seperti di kafe.

Crema adalah cairan berwarna kuning kecoklatan di lapisan kopi paling atas. Rasa dan aroma kopi yang Anda buat sangat dipengaruhi oleh crema. Apabila Anda menggunakan mesin espresso dengan tekanan ekstraksi 3 bar atau 6 bar, kualitas crema yang dihasilkan biasanya kurang bagus. Oleh sebab itu, jika Anda menghendaki kualitas kopi seperti di kafe, ingatlah untuk memeriksa tekanan ekstraksi pada mesin.

Secara umum, proses mengekstraksi kopi membutuhkan waktu sekitar 2 menit. Setelah itu, dilanjutkan dengan proses memisahkan ampas kopi dengan menggunakan French press yang membutuhkan waktu lebih dari 4 menit. Kabar baiknya adalah, jika Anda mengekstraksi kopi dengan tekanan 9 bar, Anda akan mendapatkan rasa kopi yang lebih kuat dalam waktu kurang dari 30 detik.

Sesuaikan kapasitas tangki dengan jumlah orang yang memakainya dan frekuensi penggunaannya

Sesuaikan kapasitas tangki dengan jumlah orang yang memakainya dan frekuensi penggunaannya

Perhatikan kapasitas maksimal dari mesin espresso yang Anda pilih, kemudian bandingkan dengan banyaknya espresso yang hendak Anda hasilkan dalam satu kali proses pembuatan. Satu cangkir espresso biasanya berukuran sekitar 30 cc. Artinya, jika mesin espresso Anda memiliki kapasitas tangki 1 liter, Anda dapat menghasilkan 30 cangkir espresso dalam satu kali proses. Anda dapat menggunakan panduan tersebut untuk menghitung besarnya kapasitas mesin yang dibutuhkan.

Perhatikan pula aspek kemudahan dalam membersihkan mesin espresso

Perhatikan pula aspek kemudahan dalam membersihkan mesin espresso

Mesin espresso bukanlah suatu benda yang memiliki harga murah. Oleh sebab itu, untuk perlindungan jangka panjang, Anda sebaiknya memilih mesin yang setiap bagiannya dapat dilepaskan dengan mudah. Jadi, Anda tidak terlalu repot dalam merawat mesin.

Apabila Anda memilih mesin tipe otomatis, pilihlah produk yang memiliki fungsi auto cleaning atau produk yang dapat menekan ampas kopi hingga menjadi padat. Dengan demikian, ampas kopi tersebut akan lebih mudah untuk dibersihkan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kelalaian dalam membersihkan mesin espresso dapat meninggalkan sisa-sisa minyak dari kopi. Sisa-sisa minyak tersebut dapat merusak bagian pisau pada mesin, yang dapat berdampak pada kerusakan mesin atau menghambat keluarnya aroma kopi pada saat proses ekstraksi. Karena harus dibersihkan setiap hari, Anda sebaiknya memilih produk yang mudah dibersihkan.

Untuk hasil terbaik, Anda sebaiknya tidak membersihkan mesin espresso dengan menggunakan detergen. Meskipun terdapat sisa-sisa minyak, tetapi sebenarnya mesin tidak terlalu kotor. Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan air panas. Menggunakan detergen dapat meninggalkan bau pada mesin dan mempengaruhi kualitas kopi yang dihasilkan. Jika Anda tetap ingin menggunakan detergen, pastikan untuk membilas mesin tersebut dengan sangat bersih.

Pilih produk dengan fitur yang memudahkan dan membuat Anda nyaman

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan fitur lain yang akan terasa menyenangkan jika melengkapi mesin espresso pilihan Anda. Pilihlah yang sesuai dengan gaya dan kesukaan Anda.

Fungsi pengaturan, gunakan fitur ini untuk membuat jenis espresso favorit Anda

Fungsi pengaturan, gunakan fitur ini untuk membuat jenis espresso favorit Anda

Mesin espresso yang memiliki fitur ini memberi Anda kesempatan untuk mengatur proses penggilingan, tingkat kehalusan, dan suhu biji kopi. Dengan demikian, Anda akan memperoleh hasil yang sesuai dengan selera. Apabila Anda mengandalkan rasa kopi berdasarkan pemrosesan biji, pemanggangan biji, dan sejenisnya, sebaiknya Anda memilih mesin yang memiliki fungsi pengaturan hingga lima tahap atau enam tahap.

Sementara itu, jika Anda hendak menggunakan mesin espresso bersama-sama dengan banyak orang, misalnya di kantor, kami menyarankan Anda memilih produk yang tidak hanya mampu menghasilkan espresso, tetapi juga jenis kopi lainnya.

Fungsi pembuat buih susu, mempermudah Anda dalam membuat caffe latte dan cappuccino

Fungsi pembuat buih susu, mempermudah Anda dalam membuat caffe latte dan cappuccino

Apabila Anda menggunakan mesin yang memiliki fitur pembuat buih susu atau milk foamer, Anda dapat membuat caffe latte dan cappuccino. Bagi Anda yang menyukai seni latte, fungsi ini akan sangat bermanfaat. Pada umumnya, Anda membutuhkan milk jug untuk menampung susu. Namun, milk jug tersebut tidak dibutuhkan pada mesin espresso yang langsung mengalirkan minuman ke cangkir saji. Hal tersebut sekaligus dapat mengurangi jumlah perkakas yang harus dicuci.

Meskipun demikian, Anda tidak dapat mengandalkan kemampuan mesin dalam menghasilkan buih susu terbaik. Fitur tersebut bukanlah fitur sederhana yang dapat dinilai dengan mudah. Oleh karena itu, Anda harus mencari dan membaca ulasan produk dari beberapa orang.

Pertimbangkan harga mesin espresso berdasarkan selera dan kebutuhan Anda

Pertimbangkan harga mesin espresso berdasarkan selera dan kebutuhan Anda

Pada saat membeli mesin espresso, aspek harga menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan. Bagi Anda yang hendak menggunakan mesin espresso untuk pemakaian sehari-hari di rumah, kami menyarankan Anda menggunakan produk dengan harga sekitar Rp 1.500.000. Selanjutnya, jika Anda idealis mengenai kualitas rasa, akan dibutuhkan biaya sekitar Rp 6.500.000 untuk membeli mesin espresso. Sementara itu, mesin kopi yang memiliki harga di atas Rp 15.000.000 dapat Anda manfaatkan untuk pemakaian di kantor atau bisnis restoran.

Anda dapat menetapkan biaya sekitar Rp 6.500.000 sebagai batas untuk mendapatkan mesin yang dapat menghasilkan espresso nikmat. Memang benar bahwa semakin mahal harganya, mesin tersebut semakin dapat menghasilkan kopi yang lezat. Meskipun demikian, dari sekian banyak merek mesin espresso yang dijual, hanya terdapat sedikit perbedaan fitur di antara merek-merek tersebut. Anda dapat lebih memperhatikan aspek desain produknya agar sesuai dengan kebutuhan rumah dan selera Anda.

10 Rekomendasi mesin espresso terbaik untuk di rumah

Dengan mengacu kepada cara memilih mesin espresso rumahan yang telah kami tulis, berikutnya kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda pilih. Selamat membaca!

10. Nespresso Inissia

10. Nespresso Inissia

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.295.000

Bentuk compact dan handle ergonomis, Anda dapat memindahkan mesin ini dengan mudah

Mesin espresso tipe kapsul ini memiliki bentuk yang ringkas dan cukup ramping sehingga tidak menghabiskan banyak ruang di atas meja. Ditambah lagi, produk ini dilengkapi dengan handle yang akan mempermudah Anda untuk memindahkannya. Apakah Anda ingin membawa mesin espresso ini saat menginap di luar kota? Produk berukuran compact dan berbobot ringan ini siap menemani Anda.

Untuk mendukung efisiensi Anda dalam menjalani hari, produk ini memiliki kemampuan fast heat-up sehingga dapat diandalkan untuk bekerja lebih cepat dalam membuat kopi. Di samping itu, Anda dapat mengatur produk ini untuk membuat espresso dalam beragam ukuran gelas, termasuk gelas tinggi untuk latte macchiato. Sungguh praktis.

9. DeLonghi Dedica Style EC 685.M

9. DeLonghi Dedica Style EC 685.M

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.950.000

Model klasik bagi Anda yang ingin menjadi barista di rumah

DeLonghi Dedica Style ini merupakan mesin espresso tipe semi-otomatis. Didukung dengan desain minimalis yang terlihat klasik, produk ini akan membuat Anda merasa menjadi barista di rumah. Meskipun demikian, Anda tetap mendapat kemudahan dengan adanya adjustable cappuccino system yang membantu Anda dalam menyiapkan cappuccino di rumah.

Selain itu, teknologi thermoblock heating system pada produk ini membuat espresso Anda senantiasa diproses pada suhu yang sesuai. Didukung dengan tekanan ekstraksi hingga maksimum 15 bar, mesin ini dapat menghasilkan espresso dengan kualitas baik bagi Anda. Membuat espresso enak di rumah menjadi terasa lebih seru sekaligus mudah!

8. DeLonghi Icona ECO 311.R

8. DeLonghi Icona ECO 311.R

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.900.000

Anda memilih mesin espresso tipe kapsul, tetapi pasangan lebih suka membuat kopi secara manual? Produk ini jawabannya

Bagi Anda yang masih ragu memilih di antara mesin espresso tipe semi-otomatis atau tipe kapsul, kami menyarankan produk ini. Mesin ini memberikan Anda dua pilihan. Anda dapat memilih untuk berperan aktif dalam membuat kopi, atau hanya ingin mengatur mesin ini agar berfungsi sebagai mesin otomatis yang langsung menyajikan kopi.

Untuk menambah kualitas kopi seperti di kafe, produk ini dilengkapi dengan cup warmer sehingga cangkir Anda selalu dalam temperatur terbaik untuk menyajikan kopi. Berkaitan dengan kemudahan dalam membersihkan, tangki air pada mesin ini dapat dilepaskan sehingga mudah untuk dibersihkan. Didukung dengan warna merah yang menawan, rumah Anda akan semakin tampak menarik.

7. DeLonghi Dinamica ECAM 350.15.B

7. DeLonghi Dinamica ECAM 350.15.B

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.999.000

Dengan sistem mesin yang dapat dilepaskan sehingga mudah dibersihkan

Produk ini dilengkapi dengan brewing unit yang dapat dilepas dan dipasang kembali sehingga mudah untuk dibersihkan. Bagian drip-tray dari mesin ini bahkan dapat Anda cuci di mesin pencuci piring. Karena kebersihannya terjaga dengan baik, produk ini juga dapat lebih awet dan tahan lama saat digunakan.

Selain mudah dibersihkan, mesin espresso ini juga memiliki beberapa resep kopi klasik yang dapat Anda pilih di control panel yang tersedia. Ditambah lagi, produk ini juga dilengkapi dengan alat pembuat buih susu. Dalam waktu singkat, minuman-minuman tersebut dapat tersaji untuk menemani waktu santai Anda.

6. Saeco Lirika One Touch Cappuccino

6. Saeco Lirika One Touch Cappuccino

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.500.000

Nikmati segelas cappuccino lezat hanya dengan menekan satu tombol

Produk ini dapat menjadi mesin kesayangan para pencinta cappuccino. Sesuai dengan namanya, untuk mendapatkan cappuccino lezat, Anda hanya perlu menekan satu tombol. Mesin ini akan mengerjakan semuanya, termasuk membuat buih susu untuk dijadikan segelas cappuccino. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan aktivitas sambil menyeruput cappuccino.

Bukan hanya itu, mesin espresso ini juga menyediakan tiga dosis takaran kopi yaitu 6,5 gram, 8 gram, dan 10 gram. Anda dapat memilih dosis yang sesuai dengan selera. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi repot menimbang-nimbang takaran kopi yang tepat. Sangat mudah dan praktis!

5. Nescafe Dolce Gusto Genio 2 Automatic Red

5. Nescafe Dolce Gusto Genio 2 Automatic Red

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.999.900

Rumah Anda akan terlihat semakin keren dengan desain unik dari produk ini

Dilihat dari segi penampilan, produk ini memiliki desain unik yang terlihat futuristis. Letakkan di atas meja bar di rumah atau di atas meja kecil di ruang keluarga, rumah Anda akan terlihat lebih bergaya. Selain itu, mesin espresso ini memiliki fungsi XL yang dapat menyediakan segelas besar kopi. Apabila Anda ingin menikmati kopi dengan jumlah takaran yang lebih besar, mesin ini dapat menyajikannya dengan mudah.

Bagaimana dengan kapsul kopi bekas yang telah diolah di mesin ini? Anda tidak perlu khawatir. Produk ini memiliki ruang pembuangan kapsul yang telah kosong. Anda cukup membuka ruang tersebut dan membuang semua kapsul kosong di dalamnya. Dengan demikian, Anda dapat menikmati kopi dengan santai dan mudah, tanpa perlu mengkhawatirkan kebersihan dari mesin ini.

4. DeLonghi Eletta Cappuccino TOP ECAM 45.760.W

4. DeLonghi Eletta Cappuccino TOP ECAM 45.760.W

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 23.000.000

Dapatkan buih susu sempurna untuk rasa dan penampilan kopi Anda

Mesin espresso tipe otomatis produksi DeLonghi ini memiliki teknologi New LatteCrema System. Teknologi tersebut membuat mesin ini dapat membuat buih susu secara sempurna sehingga memiliki tekstur yang lembut dan menarik. Cappuccino dan minuman kopi-susu Anda tidak hanya akan terasa enak, tetapi juga terlihat cantik.

Tidak hanya itu, produk ini bahkan memiliki fungsi auto cleaning khusus pada bagian pembuat buih susu. Dengan demikian, kualitas minuman yang dihasilkan akan selalu konsisten karena kebersihannya terjaga. Dikarenakan oleh harganya yang cukup tinggi, Anda juga dapat memanfaatkan produk ini untuk menjalankan bisnis coffee shop.

3. Nespresso Lattissima Touch Black

3. Nespresso Lattissima Touch Black

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.999.000

Memiliki enam pilihan resep kombinasi kopi dan susu. Cocok bagi Anda yang membutuhkan variasi dalam menjalani hari

Dengan mesin espresso ini, Anda dapat dengan mudah menikmati jenis kopi yang sesuai dengan suasana hati pada saat itu. Apakah Anda membutuhkan secangkir espresso hitam sebagai booster di hari Senin? Bagaimana dengan segelas Latte Macchiato untuk menambah keceriaan di hari Sabtu? Pilih apa pun jenis kopi yang sedang Anda inginkan, kemudian tekan tombolnya, dan semua akan tersaji dengan mudah.

Anda juga dapat menggunakan mesin espresso ini untuk menjamu beberapa teman di rumah. Tidak perlu khawatir dan repot dalam memenuhi selera kopi yang berbeda dari teman-teman Anda. Biarkan mereka memilih jenis kopi yang disukai dan Anda dapat menyediakan dengan mudah. Dengan kapasitas tangki sebesar 0,9 liter, tentu cukup untuk menyediakan kopi bagi Anda dan beberapa teman.

2. Breville the Infuser™

2. Breville the Infuser™

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.798.000

Dapatkan rasa kopi terbaik dengan teknologi Precise Espresso Extraction yang ada pada mesin ini

Produk ini dirancang agar mampu mengekstraksi kopi dengan langkah-langkah yang cermat dan detail. Besar tekanan dan suhu air yang digunakan pada tahap awal, pertengahan, serta akhir proses ekstraksi berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, Anda akan mendapat rasa dan aroma kopi yang sangat nikmat.

Di samping itu, Anda tidak perlu khawatir mengenai cara membersihkan produk ini. Apabila Anda membeli mesin espresso ini, Anda juga akan mendapat seperangkat alat yang dibutuhkan untuk membersihkannya. Dengan demikian, membersihkan mesin produksi Breville ini di rumah tidak akan terasa merepotkan.

1. DeLonghi Magnifica S Cappuccino ECAM 22.360.S

1. DeLonghi Magnifica S Cappuccino ECAM 22.360.S

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 14.999.000

Mudah digunakan dan dibersihkan, serta memiliki harga yang relatif lebih murah

Meskipun memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding dengan produk sejenisnya, mesin espresso ini bukanlah produk murahan. Mesin tipe otomatis ini memiliki berbagai teknologi dengan pilihan menu yang ada, Anda dapat mengatur kualitas kopi yang dihasilkan, baik itu volume, temperatur, maupun kekuatan aroma kopi. Anda bahkan dapat mengetahui berapa banyak bubuk atau biji kopi dan jumlah air yang masih tersisa.

Selain itu, produk ini dapat digunakan untuk mengolah baik biji kopi maupun bubuk kopi. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi memberi grinder untuk menggiling biji kopi. Ditambah lagi, mesin ini telah memiliki water filter serta cleaning warning yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kebersihan dan kualitas minuman yang dihasilkan. Produk ini dapat sangat memanjakan Anda di rumah.

Tips menggunakan mesin espresso di rumah

Setelah memilih mesin espresso yang paling tepat, Anda juga harus memahami cara mengoperasikan mesin tersebut. Setelah ini, kami akan memberi tips menggunakan mesin espresso agar Anda memperoleh hasil dengan kualitas terbaik. Hal apa saja yang harus diperhatikan?

Untuk hasil terbaik, gunakan purified water. Jangan menggunakan air keran yang masih mentah

Untuk hasil terbaik, gunakan purified water. Jangan menggunakan air keran yang masih mentah

Espresso yang baru saja dihasilkan dari mesin seharusnya memiliki aroma yang harum. Akan tetapi, terkadang muncul aroma yang kurang sedap. Hal tersebut bisa saja dikarenakan adanya kotoran yang menempel di tangki penampung air. Apabila Anda mengalami hal tersebut, mungkin penyebabnya adalah karena Anda menggunakan air yang berasal dari keran.

Air keran memang dapat digunakan untuk mengekstraksi kopi. Sayangnya, air keran memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga dapat meninggalkan aroma kurang sedap di tangki mesin espresso. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya selalu menggunakan purified water atau air mineral yang tidak keras untuk membuat espresso, termasuk jika Anda hanya menggunakannya di rumah.

Untuk mendapatkan rasa espresso yang enak, Anda harus menggunakan air baru. Jadi, akan lebih baik jika Anda sering mengganti air di tangki. Oleh karenanya, isilah tangki dengan jumlah air yang sesuai dengan jumlah kopi yang hendak dibuat.

Namun, jangan mengisi tangki dengan air yang terlalu sedikit. Hal tersebut dapat mengakibatkan masuknya udara ke dalam pipa, kemudian menarik air sehingga dapat menimbulkan masalah. Pastikan Anda memiliki batas minimal pengisian air di tangki.

Apabila belum digunakan, simpanlah biji kopi di wadah khusus untuk menyimpan kopi

Apabila belum digunakan, simpanlah biji kopi di wadah khusus untuk menyimpan kopi

Biji kopi yang terlalu lama terkena udara akan mengalami oksidasi sehingga merusak kualitas rasa dan aromanya. Untuk menjaga kualitas espresso yang akan dihasilkan, Anda sebaiknya menyimpan biji kopi di dalam wadah kedap udara yang tertutup rapat seperti misalnya stoples kopi.

Jika Anda telah selesai menggunakan mesin espresso, tetapi masih tersisa biji kopi di dalam mesin, maka sebaiknya Anda mengambil kembali biji kopi tersebut dan menyimpannya.

Kesegaran biji kopi berpengaruh terhadap crema yang dihasilkan. Apabila Anda membandingkan crema yang dihasilkan dari bubuk kopi yang sudah disimpan dengan crema yang dihasilkan dari bubuk kopi yang baru digiling dari biji, jelas akan terlihat perbedaannya. Crema yang dihasilkan dari bubuk kopi yang baru digiling akan memiliki lapisan yang lebih tebal.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Anda semakin paham mengenai berbagai hal yang harus diperhatikan saat memilih mesin espresso untuk di rumah. Ketertarikan Anda terhadap espresso, serta pengetahuan Anda mengenai cara membuatnya tentu akan berpengaruh terhadap rasa espresso yang dihasilkan. Apakah sekarang Anda telah menemukan mesin espresso favorit untuk kebutuhan rumah tangga atau kafe Anda? Semoga Anda menjatuhkan pilihan pada produk yang tepat. Selamat memilih!