• 10 Rekomendasi Mesin Espresso Terbaik Untuk di Rumah (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Espresso Terbaik Untuk di Rumah (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Espresso Terbaik Untuk di Rumah (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Espresso Terbaik Untuk di Rumah (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Espresso Terbaik Untuk di Rumah (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Mesin Espresso Terbaik Untuk di Rumah (Terbaru Tahun 2020)

Kini, Anda dapat membuat espresso kualitas kafe dengan menggunakan mesin espresso yang dirancang untuk pemakaian di rumah. Ada beberapa merek terkenal, seperti Breville, De’Longhi, dan Nescafe Dolce Gusto yang dapat Anda temukan.

Namun, Anda mungkin bingung dalam memilih produknya. Maka dari itu, kami akan mengulas cara memilih mesin espresso rumahan dan memberi sepuluh produk terbaiknya untuk Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan tips menggunakan mesin espresso secara tepat. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 10 November 2020
  • 20.199 Views
Daftar isi

Cara memilih mesin espresso untuk di rumah

Mesin espresso yang tepat akan memberikan rasa kopi yang nikmat dengan aroma menggoda. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih mesin espresso.

Pertimbangkan kepraktisan, kekhasan rasa, serta biaya operasional pada saat memilih

Mesin espresso secara umum terbagi menjadi tiga tipe, yaitu superotomatis, semiotomatis, dan otomatis (pod coffee/capsule espresso machine). Tiap tipe memiliki fitur yang berbeda-beda.

Tipe superotomatis: Membuat espresso jadi supermudah

Tipe superotomatis: Membuat espresso jadi supermudah
Apabila Anda ingin menyajikan espresso beraroma kuat secara praktis, pilihlah tipe ini. Anda hanya perlu meletakkan biji atau bubuk kopi di wadah yang tersedia. Kemudian, mesin akan mengerjakan seluruh proses hingga keluar hasil ekstraksi kopi. Espresso nikmat tersaji tanpa membutuhkan teknik apa pun.
Tipe ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang baru pertama kali membeli mesin espresso. Tipe ini juga tepat bagi Anda yang sibuk dan mengutamakan kemudahan dalam membuat kopi pekat.

Tipe semiotomatis: Nikmati sensasi meracik espresso pribadi

Tipe semiotomatis: Nikmati sensasi meracik espresso pribadi
Tipe ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati proses pembuatan espresso. Ketika menggunakannya, Anda harus meletakkan bubuk kopi hingga padat dan tersebar merata (cara tamping) di wadah portafilter. Kemudian, portafilter dimasukkan ke dalam mesin dan mesin akan mengekstraksi bubuk kopi menjadi espresso. Proses tersebut membuat Anda yakin bahwa kopi telah dimasak secara tepat.
Beberapa mesin semiotomatis dirancang untuk mengekstraksi kopi secara otomatis. Di samping itu, beberapa mesin lainnya mengharuskan Anda untuk menarik tuas secara manual saat mengekstraksi kopi. Sebelum membeli mesin tipe ini, tentukan terlebih dahulu seberapa banyak Anda ingin turun tangan untuk membuat espresso.

Tipe otomatis (pod/capsule): Hanya membutuhkan sedikit usaha dan waktu

Tipe otomatis (pod/capsule): Hanya membutuhkan sedikit usaha dan waktu
Tipe ini disarankan untuk Anda yang ingin membuat espresso dengan mudah tanpa menghabiskan banyak waktu. Mesin ini dilengkapi dengan bubuk kopi yang telah dikemas di dalam kapsul atau wadah kecil bersegel. Jadi, Anda tidak perlu lagi menggiling biji kopi atau mengisi bubuk kopi ke dalam wadah. Dengan wadah yang telah disegel rapat, keharuman serta kualitas bubuk kopi terjaga dengan baik.
Anda juga tidak perlu khawatir bubuk kopi tercecer di dalam mesin espresso. Hal tersebut tidak akan terjadi karena bubuk kopi terbungkus dengan rapi. Jadi, mesin tipe ini akan mudah untuk dibersihkan. Hanya saja, kapsul kopi khusus untuk tipe ini biasanya berharga relatif lebih mahal dibandingkan biji atau bubuk kopi biasa. Beberapa merek mesin tipe ini bahkan hanya kompatibel dengan kapsul kopi dari merek yang sama.

Spesifikasi produk menentukan rasa kopi beserta kegunaannya

Ketika Anda memilih mesin espresso, ada beberapa spesifikasi produk yang seharusnya diperhatikan. Mari kita bahas poin-poin tersebut.

Pilih mesin dengan tekanan ekstraksi 9 bar untuk hasil terbaik

Pilih mesin dengan tekanan ekstraksi 9 bar untuk hasil terbaik
Mesin espresso yang memiliki tekanan ekstraksi 9 bar akan menghasilkan rasa kopi yang nikmat dengan crema yang tebal seperti di kafe.
Crema adalah cairan kuning kecokelatan di lapisan kopi teratas. Rasa dan aroma kopi yang Anda buat dipengaruhi oleh crema. Apabila Anda menggunakan mesin dengan tekanan ekstraksi 3 atau 6 bar, crema yang dihasilkan biasanya kurang berkualitas. Oleh sebab itu, jika Anda menghendaki kualitas kopi seperti di kafe, periksalah tekanan ekstraksi dari mesin.

Pilih kapasitas tangki sesuai dengan jumlah orang dan frekuensi penggunaannya

Pilih kapasitas tangki sesuai dengan jumlah orang dan frekuensi penggunaannya
Satu cangkir espresso biasanya berukuran sekitar 30 cc. Artinya, jika mesin espresso memiliki kapasitas tangki 1 liter, Anda dapat menghasilkan 30 cangkir espresso dalam satu kali pemakaian. Gunakanlah panduan tersebut untuk menghitung besarnya kapasitas mesin yang dibutuhkan.

Perhatikan pula aspek kemudahan dalam membersihkan dan merawat mesin espresso

Perhatikan pula aspek kemudahan dalam membersihkan dan merawat mesin espresso
Mesin espresso bukanlah barang murah. Karena itu, pilihlah mesin yang setiap komponennya dapat dilepas dan dibersihkan dengan mudah agar tetap awet dan tidak repot merawat mesinnya.
Apabila Anda memilih mesin tipe superotomatis, pilihlah produk yang memiliki fungsi auto cleaning atau produk yang dapat menekan ampas kopi menjadi padat. Dengan demikian, ampas kopi tersebut akan lebih mudah dibersihkan.

Pilih mesin dengan fitur yang nyaman dan memudahkan

Selanjutnya, Anda dapat memilih mesin espresso dengan fitur yang sesuai dengan selera Anda.

Untuk membuat beragam espresso favorit, pilih mesin dengan fungsi pengaturan

Untuk membuat beragam espresso favorit, pilih mesin dengan fungsi pengaturan
Mesin espresso dengan fitur ini memberi Anda kesempatan untuk mengatur proses penggilingan, tingkat kehalusan, dan suhu biji kopi. Jadi, Anda akan memperoleh hasil yang sesuai selera. Apabila Anda mengandalkan rasa kopi berdasarkan pemrosesan biji, pemanggangan biji, dan sejenisnya, pilihlah mesin yang memiliki fungsi pengaturan hingga lima tahap atau enam tahap.
Selanjutnya, pilihlah produk yang dapat membuat beragam jenis minuman kopi jika mesin akan digunakan bergiliran oleh banyak orang seperti di kantor. Karena itu, Anda dapat memilih produk yang tidak hanya mampu menghasilkan espresso, tetapi juga jenis kopi lainnya seperti regular coffee.

Fitur milk frother berguna untuk membuat caffe latte dan cappuccino

Fitur milk frother berguna untuk membuat caffe latte dan cappuccino
Apabila Anda menggunakan mesin yang memiliki fitur pembuat buih susu atau milk frother, Anda dapat membuat caffe latte dan cappuccino. Bagi Anda yang menyukai latte art, fungsi ini akan bermanfaat. Umumnya, Anda membutuhkan milk jug untuk menampung susu. Namun, milk jug tersebut tidak dibutuhkan untuk mesin espresso yang langsung mengalirkan susu ke cangkir saji. Anda pun dapat mengurangi jumlah perkakas yang harus dicuci.
Namun, tidak semua mesin mampu memanaskan dan menghasilkan buih susu dengan baik. Beberapa mesin espresso tidak memiliki daya yang cukup untuk memanaskan susu dalam jumlah banyak. Anda tidak dapat mengandalkan kemampuan mesin dalam menghasilkan buih susu terbaik. Oleh karena itu, Anda harus mencari dan membaca ulasan produk dari orang lain.

Pertimbangkan harga mesin berdasarkan selera dan kebutuhan

Pertimbangkan harga mesin berdasarkan selera dan kebutuhan
Bagi Anda yang hendak menggunakan mesin espresso untuk pemakaian harian, disarankan untuk memilih produk dengan harga sekitar Rp 1.500.000. Selanjutnya, jika Anda idealis mengenai kualitas rasa, akan dibutuhkan biaya sekitar Rp 6.500.000 untuk membeli mesin espresso. Di sisi lain, mesin yang berharga di atas Rp 15.000.000 dapat Anda manfaatkan untuk pemakaian di kantor atau bisnis restoran.

10 Rekomendasi mesin espresso terbaik untuk di rumah

Dengan mengacu kepada cara memilih mesin espresso rumahan yang telah kami tulis, berikutnya kami berikan rekomendasi produk yang dapat Anda pilih. Selamat membaca!
10
TipeOtomatis (capsule)
Tekanan ekstraksi19 bar
Kapasitas tangki0,7 liter
Fungsi pengaturan2 pilihan jenis minuman (espresso & lungo), dapat membuat sampai dengan 11 kapsul
9
TipeSemiotomatis
Tekanan ekstraksi15 bar
Kapasitas tangki1,1 liter
Fungsi pengaturan4 pilihan jenis minuman (single, double espresso, cappuccino, cafe latte), milk frother, E.S.E. (Easy Serve Espresso) pod filter
8
TipeSemiotomatis & otomatis (pod)
Tekanan ekstraksi15 bar
Kapasitas tangki1,4 liter
Fungsi pengaturan4 pilihan jenis minuman (single, double espresso, cappuccino, cafe latte), milk frother, E.S.E. pod filter
7
TipeSuperotomatis
Tekanan ekstraksi15 bar
Kapasitas tangki1,8 liter
Fungsi pengaturanEasy cleaning, 5 pilihan jenis minuman (espresso, lungo, regular coffee, cappuccino, cafe latte), milk frother, long coffee function, 5 pilihan tingkat penggilingan
6
TipeSuperotomatis
Tekanan ekstraksi15 bar
Kapasitas tangki2,5 liter
Fungsi pengaturan4 pilihan jenis minuman (espresso, cappuccino, cafe latte, latte machiato), milk frother, grinder dengan 3 pilihan tingkat penggilingan (6,5 , 8, dan 10 gram)
5
TipeOtomatis (capsule)
Tekanan ekstraksi15 bar
Kapasitas tangki1 liter
Fungsi pengaturan2 pilihan pengaturan suhu (hot & cold coffee), 6 pilihan takaran espresso
4
TipeSuperotomatis
Tekanan ekstraksi15 bar
Kapasitas tangki1,9 liter
Fungsi pengaturan5 pilihan jenis minuman (single & double espresso, lungo, cappuccino, cafe latte, latte machiato), milk frother, grinder dengan 13 pilihan tingkat penggilingan, dapat membuat espresso sampai 2 cangkir sekaligus
3
TipeOtomatis (capsule)
Tekanan ekstraksi19 bar
Kapasitas tangki0,9 liter
Fungsi pengaturan6 pilihan jenis minuman (cappuccino, cafe latte, espresso, latte macchiato, long, ristretto), milk frother, dapat menyimpan sampai dengan 10 kapsul bekas pakai
2
TipeSemiotomatis
Tekanan ekstraksi15 bar
Kapasitas tangki1,8 liter
Fungsi pengaturan3 pilihan jenis minuman (single & double espresso, cappuccino, cafe latte), milk frother, pour volume control
1
TipeSuperotomatis
Tekanan ekstraksi15 bar
Kapasitas tangki1,8 liter
Fungsi pengaturan6 pilihan jenis minuman (ritstretto, single & double espresso, americano, cappuccino, latte machiatto, cafe latte), milk frother, silent grinder dengan 13 pilihan tingkat penggilingan, dapat membuat espresso sampai 2 cangkir sekaligus

Tabel perbandingan produk mesin espresso terbaik untuk di rumah

Gambar produk
1
Delonghi Magnifica 1

Delonghi

2
Breville The Infuser 1

Breville

3
Delonghi Lattissima Touch 1

Delonghi

4
Delonghi Eletta Cappuccino 1

Delonghi

5
Nescafe Dolce Gusto Genio 2 Merah otomatis 1

Nescafe

6
Saeco Lirika One Touch Cappuccino 1

Saeco

7
Delonghi Dinamica 1

Delonghi

8
Delonghi Icona 1

Delonghi

9
Delonghi Dedica Style 1

Delonghi

10
Delonghi Nespresso Inissia 1

Delonghi

Nama produk

Magnifica

The Infuser

Lattissima Touch

Eletta Cappuccino

Dolce Gusto Genio 2 Merah otomatis

Lirika One Touch Cappuccino

Dinamica

Icona

Dedica Style

Nespresso Inissia

Keunggulan

Tak perlu jadi barista untuk menikmati espresso kualitas kafe

Buat variasi kopi pekat dengan fitur volumetric control-nya

Luaskan selera kopi dengan menyeruput 6 ragam minuman berbeda!

Dapatkan buih susu creamy dan foamy untuk rasa dan penampilan kopi ala kafe

Interior terlihat semakin keren, menikmati espresso semakin praktis

Satu tombol untuk segelas cappuccino lezat

Praktis membersihkan dengan komponen yang dapat dibongkar-pasang!

Bingung memilih tipe semiotomatis atau otomatis? Pilih yang ini saja!

Bentuk compact dan handel ergonomis, mesin siap dibawa bepergian!

HargaRp 14.999.000,00Rp 11.999.000,00Rp 5.999.000,00Rp 16.520.000,00Rp 1.399.000,00Rp 11.550.000,00Rp 10.999.000,00Rp 3.500.000,00Rp 3.599.000,00Rp 2.295.000,00
TipeSuperotomatisSemiotomatisOtomatis (capsule)SuperotomatisOtomatis (capsule)SuperotomatisSuperotomatisSemiotomatis & otomatis (pod)SemiotomatisOtomatis (capsule)
Tekanan ekstraksi15 bar15 bar19 bar15 bar15 bar15 bar15 bar15 bar15 bar19 bar
Kapasitas tangki1,8 liter1,8 liter0,9 liter1,9 liter1 liter2,5 liter1,8 liter1,4 liter1,1 liter0,7 liter
Fungsi pengaturan6 pilihan jenis minuman (ritstretto, single & double espresso, americano, cappuccino, latte machiatto, cafe latte), milk frother, silent grinder dengan 13 pilihan tingkat penggilingan, dapat membuat espresso sampai 2 cangkir sekaligus3 pilihan jenis minuman (single & double espresso, cappuccino, cafe latte), milk frother, pour volume control 6 pilihan jenis minuman (cappuccino, cafe latte, espresso, latte macchiato, long, ristretto), milk frother, dapat menyimpan sampai dengan 10 kapsul bekas pakai5 pilihan jenis minuman (single & double espresso, lungo, cappuccino, cafe latte, latte machiato), milk frother, grinder dengan 13 pilihan tingkat penggilingan, dapat membuat espresso sampai 2 cangkir sekaligus2 pilihan pengaturan suhu (hot & cold coffee), 6 pilihan takaran espresso4 pilihan jenis minuman (espresso, cappuccino, cafe latte, latte machiato), milk frother, grinder dengan 3 pilihan tingkat penggilingan (6,5 , 8, dan 10 gram)Easy cleaning, 5 pilihan jenis minuman (espresso, lungo, regular coffee, cappuccino, cafe latte), milk frother, long coffee function, 5 pilihan tingkat penggilingan4 pilihan jenis minuman (single, double espresso, cappuccino, cafe latte), milk frother, E.S.E. pod filter4 pilihan jenis minuman (single, double espresso, cappuccino, cafe latte), milk frother, E.S.E. (Easy Serve Espresso) pod filter2 pilihan jenis minuman (espresso & lungo), dapat membuat sampai dengan 11 kapsul
Tautan produk

Tips menggunakan mesin espresso di rumah

Setelah memilih dan membeli mesin espresso, Anda juga harus memahami cara mengoperasikan mesin tersebut. Hal apa saja yang harus diperhatikan?

Untuk hasil terbaik, gunakan purified water. Jangan menggunakan air keran

Untuk hasil terbaik, gunakan purified water. Jangan menggunakan air keran
Espresso yang baru saja dihasilkan dari mesin seharusnya memiliki aroma yang harum. Namun, terkadang muncul aroma lain yang kurang sedap. Hal tersebut bisa saja dikarenakan adanya kotoran yang menempel di tangki penampung air. Apabila Anda mengalami hal tersebut, mungkin penyebabnya adalah karena Anda menggunakan air keran.
Air keran memang dapat digunakan untuk mengekstraksi kopi. Meski tidak berdampak pada rasa ataupun keawetan mesin, air keran mengandung kapur dan kerap meninggalkan kerak di tangki mesin. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya selalu menggunakan purified water atau air mineral yang tidak keras untuk membuat espresso.

Apabila belum digunakan, simpanlah biji kopi di dalam coffee canister

Apabila belum digunakan, simpanlah biji kopi di dalam coffee canister
Biji kopi yang terlalu lama terkena udara akan teroksidasi sehingga merusak kualitas rasa dan aromanya. Untuk menjaga kualitas espresso yang akan dihasilkan, letakkanlah biji kopi secukupnya ke dalam mesin. Anda dapat menyimpan biji kopi yang tidak digunakan di dalam stoples yang kedap udara seperti coffee canister.

Baca juga rekomendasi produk lain yang dapat membuat kopi Anda semakin nikmat!

Setelah menemukan mesin espresso rumahan yang tepat, Anda dapat menyiapkan alat dan produk lainnya agar kualitas kopi semakin optimal. Bacalah penjelasan lebih lanjut dalam artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Sekarang, Anda telah paham mengenai berbagai hal seputar mesin espresso untuk penggunaan di rumah. Ketertarikan terhadap espresso serta pengetahuan Anda mengenai cara membuatnya tentu akan berpengaruh terhadap rasa kopi yang dihasilkan.
Apakah Anda telah menemukan mesin espresso favorit untuk kebutuhan rumahan Anda? Semoga Anda menjatuhkan pilihan pada mesin espresso yang tepat. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar tahan lama, penggunaan kulkas sangatlah penting. Salah satu model kulkas yang cukup banyak diminati masyarakat adalah kulkas 2 pintu. Setiap produsen kulkas seperti Panasonic, Sharp, Samsung, dan LG tentunya memiliki kualitas dan konsumsi listrik yang berbeda.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih kulkas 2 pintu terbaik untuk Anda. Berbagai pertimbangan seperti ukuran, fitur, beserta konsumsi listriknya akan kami jelaskan secara detail untuk memudahkan Anda saat membeli kulkas 2 pintu. Untuk itu, simak artikel ini, ya!
    Elektronik dapur
    71.678 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Microwave oven merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat hamburger hingga memanggang kentang. Ada banyak model microwave oven yang dijual di pasaran mulai dari merek , Panasonic, Modena, Sharp, dan Hitachi. Masing-masing produk dilengkapi dengan fitur khusus, baik fitur yang sederhana hingga yang lengkap.Banyaknya model yang dijual mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk mempermudah, kami akan memberikan tips memilih microwave oven yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga memberikan sepuluh rekomendasi microwave oven terbaik yang dapat Anda bandingkan berdasarkan kualitas, model, dan harganya. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
    104.754 Views
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Food processor merupakan perkakas dapur multifungsi yang akan mempermudah tugas Anda saat menyiapkan makanan. Tak hanya untuk memotong sayuran dan buah, alat ini juga dapat menggiling daging, menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips tentang cara memilih food processor yang tepat untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan kegunaan food processor secara komprehensif, serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Philips, Oxone, Panasonic, dan merek lainnya. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
    103.975 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulkas merupakan perlengkapan rumah tangga yang sangat penting untuk menyimpan bahan makanan agar tahan selama berhari-hari. Produsen seperti Hitachi, Toshiba, dan Panasonic berlomba untuk menghadirkan kulkas dengan berbagai fitur untuk para konsumennya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan beberapa produk kulkas terbaik untuk Anda. Tentukan ukuran dan kapasitas kulkas berdasarkan jumlah pengguna pada saat memilih produk pilihan kami. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
    110.470 Views
  • 10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda tertarik dengan pola hidup sehat, bisa dimulai dengan membeli peranti elektronik slow juicer. Anda bisa membuat jus tanpa campuran air sehingga kandungan gizinya masih terjaga. Dengan begitu, Anda akan memperoleh semua nutrisi baik dari buah-buahan.Beberapa produsen terkenal seperti Sharp dan Panasonic telah mengeluarkan produk slow juicer yang bisa Anda pilih. Semua produk pada dasarnya memiliki fungsi sama, tetapi Anda harus cermat dalam memilih. Yuk, mari disimak rekomendasi slow juicer terbaik berikut ini!
    Elektronik dapur
    54.277 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulkas merupakan alat rumah tangga yang selalu dinyalakan 24 jam setiap hari. Dengan demikian, penggunaan listriknya perlu Anda perhitungkan. Tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak produk kulkas hemat listrik bermunculan di pasaran. Dengan menggunakan kulkas yang kebutuhan listriknya kecil, Anda bisa mengurangi biaya pemakaian listrik.Jika Anda sedang beralih memilih kulkas hemat listrik, simaklah tips dari kami. Kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi produk kulkas hemat listrik, seperti merek LG, Samsung, Sharp, Electrolux, dan lainnya. Selamat membaca! Jangan sampai ada yang terlewat, ya!
    Elektronik dapur
    36.877 Views
  • 10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memiliki dispenser akan terasa lebih nyaman bagi Anda yang tinggal sendiri, memiliki bayi, atau wanita hamil. Anda lebih mudah ketika ingin minum air panas atau air dingin dengan segera. Namun, ada kemungkinan Anda bingung menentukan pilihan dengan banyaknya jenis dan merek yang ada di pasaran.Untuk itu, kami akan merekomendasikan produk dispenser keluaran Cosmos, Oxone, Polytron, dan sebagainya. Sebelum memilih, simaklah tips cara memilih dispenser yang tepat berikut ini. Dengan begitu, Anda pun bisa menemukan produk yang paling tepat untuk digunakan oleh Anda dan keluarga.
    Elektronik dapur
    48.565 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori