• 10 Rekomendasi Mesin Espresso Rumahan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Espresso Rumahan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Espresso Rumahan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Espresso Rumahan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Espresso Rumahan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Mesin Espresso Rumahan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Kini Anda dapat membuat espresso kualitas kafe dengan menggunakan mesin kopi espresso yang dirancang untuk pemakaian di rumah. Terdapat beberapa merek terkenal, seperti Konka, DeLonghi, dan Ferratti Ferro yang dapat Anda temukan. Namun, manakah yang bagus dan pas untuk kebutuhan Anda?

Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan mengulas cara memilih mesin espresso rumahan terbaik dan memberi rekomendasi untuk Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan tips menggunakan mesin espresso secara tepat. Simak satu-satu dan pilih yang fiturnya pas untuk kebutuhan Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 25 November 2022
Daftar isi

Apa itu espresso?

Apa itu espresso?

Espresso adalah proses penyeduhan kopi dengan mengunakan tekanan tinggi. Metode ini diperkenalkan pertama kali di Italia pada awal abad ke-20. Cara membuat espresso adalah dengan menggiling kopi sampai halus lalu dipadatkan ke dalam portafilter menggunakan tamper. Cara selanjutnya, bubuk kopi akan diseduh dengan menggunakan tekanan dan suhu yang tinggi. 


Espresso ini akan menghasilkan buih berwarna keemasan yang disebut crema. Istilah espresso juga digunakan untuk menyebut ekstrak kopi terkonsentrasi yang dihasilkan dari proses tersebut.

Cara memilih mesin espresso rumahan

Mesin espresso terbaik tentunya akan memberikan rasa kopi yang nikmat dengan aroma menggoda. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih mesin espresso.

Pertimbangkan tipe mesin espresso yang akan Anda pilih

Mesin espresso secara umum terbagi menjadi empat tipe, yaitu superotomatis, semiotomatis, otomatis, dan manual. Setiap tipe memiliki fitur dan cara kerja yang berbeda-beda.

Tipe superotomatis, membuat espresso jadi supermudah

Tipe superotomatis, membuat espresso jadi supermudah
Apabila Anda ingin menyajikan espresso beraroma kuat secara praktis, pilihlah tipe ini. Anda hanya perlu meletakkan biji atau bubuk kopi di wadah yang tersedia. Setelah itu, mesin akan mengerjakan seluruh proses hingga keluar hasil ekstraksi kopi. Espresso nikmat tersaji tanpa membutuhkan teknik apa pun.

Tipe ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang baru pertama kali membeli mesin espresso. Mesin kopi rumahan ini juga tepat bagi Anda yang sibuk dan mengutamakan kemudahan dalam membuat kopi pekat.

Tipe semiotomatis, nikmati sensasi meracik espresso pribadi

Tipe semiotomatis, nikmati sensasi meracik espresso pribadi
Tipe ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati proses pembuatan espresso. Ketika menggunakannya, Anda harus meletakkan bubuk kopi hingga padat dan tersebar merata (cara tamping) pada wadah portafilter. Kemudian, portafilter dimasukkan ke dalam mesin dan mesin akan mengekstraksi bubuk kopi menjadi espresso. Proses tersebut membuat Anda yakin bahwa kopi telah dimasak secara tepat.

Beberapa mesin semiotomatis dirancang untuk mengekstraksi kopi secara otomatis. Di samping itu, beberapa mesin lainnya mengharuskan Anda untuk menarik tuas secara manual saat mengekstraksi kopi. Sebelum membeli mesin tipe ini, tentukan terlebih dahulu seberapa banyak Anda ingin turun tangan untuk membuat espresso.

Tipe otomatis kapsul/pod, hanya membutuhkan sedikit usaha dan waktu

Tipe otomatis kapsul/pod, hanya membutuhkan sedikit usaha dan waktu

Tipe ini pas untuk Anda yang ingin membuat kopi dengan mudah tanpa menghabiskan banyak waktu. Mesin ini dilengkapi dengan bubuk kopi yang telah dikemas di dalam kapsul atau wadah kecil bersegel. Jadi, Anda tidak perlu lagi menggiling biji kopi atau mengisi bubuk kopi ke dalam wadah. Dengan wadah yang telah disegel rapat, keharuman serta kualitas bubuk kopi terjaga dengan baik.


Anda juga tidak perlu khawatir bubuk kopi tercecer karena bubuk kopi terbungkus dengan rapi. Jadi, mesin tipe ini akan mudah untuk dibersihkan. Hanya saja, beberapa merek mesin tipe ini hanya kompatibel dengan kapsul kopi dari merek yang sama. 

Tipe manual, Anda memegang kendali penuh dalam membuat kopi

Tipe manual, Anda memegang kendali penuh dalam membuat kopi

Anda akan menjadi pemegang kendali penuh dalam membuat kopi jika menggunakan mesin espresso manual. Dengan mesin tipe ini, Anda diharuskan mengatur suhu air, tekanan ekstraksi, serta waktu pembuatan.


Beberapa produsen bahkan memproduksi mesin espresso portabel yang dapat dibawa ke mana saja. Jenis ini biasanya ditujukan untuk pencinta kopi yang gemar bepergian atau travelling. Tentunya, dengan alat ini, Anda tetap dapat menikmati espresso kapan saja dan di mana saja.

Periksa spesifikasi dan fitur produk

Ketika Anda memilih mesin espresso, ada beberapa spesifikasi produk yang seharusnya diperhatikan. Spesifikasi produk ini akan menentukan rasa kopi yang dihasilkan. Mari kita bahas poin-poin tersebut.

Mesin dengan tekanan ekstraksi 9 bar, hasilkan crema yang tebal

Mesin dengan tekanan ekstraksi 9 bar, hasilkan crema yang tebal
Mesin espresso dengan tekanan ekstraksi 9 bar ke atas akan menghasilkan rasa kopi dengan crema tebal seperti di kafe. Crema adalah busa kuning kecokelatan pada lapisan kopi teratas.

 

Rasa dan aroma kopi yang Anda buat dipengaruhi oleh crema. Apabila Anda menggunakan mesin dengan tekanan ekstraksi 3 atau 6 bar, crema yang dihasilkan biasanya kurang berkualitas. Oleh sebab itu, jika Anda menghendaki kualitas kopi seperti di kafe, periksalah tekanan ekstraksi dari mesin.

Kapasitas tangki, menentukan jumlah espresso yang dapat dihasilkan

Kapasitas tangki, menentukan jumlah espresso yang dapat dihasilkan
Satu cangkir espresso biasanya berukuran sekitar 30 ml. Artinya, jika mesin espresso memiliki kapasitas tangki 1 liter, Anda dapat menghasilkan 33 cangkir espresso dalam satu kali pemakaian. Gunakanlah panduan tersebut untuk menghitung besarnya kapasitas mesin yang dibutuhkan.

Komponen lepas pasang, memudahkan pembersihan

Komponen lepas pasang, memudahkan pembersihan

Mesin espresso bukanlah barang murah. Karena itu, pilihlah mesin yang setiap komponennya dapat dilepas dan dibersihkan dengan mudah agar tetap awet dan tidak repot merawat mesinnya.


Apabila Anda memilih mesin tipe superotomatis, carilah fungsi autocleaning atau produk yang dapat menekan ampas kopi menjadi padat. Dengan demikian, ampas kopi tersebut akan lebih mudah dibersihkan.

Fungsi pengaturan, hasilkan cita rasa espresso yang beragam

Fungsi pengaturan, hasilkan cita rasa espresso yang beragam

Mesin espresso dengan fitur ini memberi Anda kesempatan untuk mengatur proses penggilingan, tingkat kehalusan, dan suhu biji kopi. Jadi, Anda akan memperoleh hasil yang sesuai selera. Apabila Anda mengandalkan rasa kopi berdasarkan pemrosesannya, pilihlah mesin yang memiliki fungsi pengaturan lima atau enam tahap.

Fitur milk frother, berguna untuk membuat caffe latte dan cappuccino

Fitur milk frother, berguna untuk membuat caffe latte dan cappuccino
Apabila Anda menggunakan mesin yang memiliki fitur pembuat buih susu atau milk frother, Anda dapat membuat caffe latte dan cappuccino. Bagi Anda yang menyukai latte art, fungsi ini akan bermanfaat

Umumnya, Anda membutuhkan milk jug untuk menampung susu. Namun, milk jug tersebut tidak dibutuhkan untuk mesin espresso yang langsung mengalirkan susu ke cangkir saji. Anda pun dapat mengurangi jumlah perkakas yang harus dicuci.

Sesuaikan daya listrik rumah Anda dengan mesin espresso

Sesuaikan daya listrik rumah Anda dengan mesin espresso

Sebelum membeli mesin espresso, pastikan daya mesin espresso dan kekuatan daya listrik di rumah Anda sesuai. Umumnya, mesin espresso rumahan menggunakan daya listrik sebesar 800 watt hingga 1.200 watt. Apabila rumah Anda memiliki daya listrik yang besar, mesin yang membutuhkan daya yang besar pula tidak akan menjadi masalah.

10 Rekomendasi mesin espresso rumahan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mesin espresso rumahan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 19 Oktober 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Ferratti Ferro FCM3605 menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Ferratti Ferro FCM4656 memiliki angka penjualan tertinggi. 

Gambar produk
1
Ferratti Ferro  FCM4656 1

Ferratti Ferro

2
Tanser Moocoo Espresso Coffee Maker Portable 1

Tanser Moocoo

3
Flair Espresso Classic Espresso Maker 1

Flair Espresso

4
Oxone Eco Espresso Machine 1

Oxone

5
Samono 450W Coffee Maker  1

Samono

6
Konka Espresso Coffee Machine 1

Konka

7
Nespresso Gran Lattissima 1

Nespresso

8
Delonghi Icona Vintage Manual Espresso Maker 1

Delonghi

9
Saeco  Lirika One Touch Cappuccino 1

Saeco

10
Nuova Simonelli Oscar II 1

Nuova Simonelli

Nama produk

FCM4656

Espresso Coffee Maker Portable

Classic Espresso Maker

Eco Espresso Machine

450W Coffee Maker

Espresso Coffee Machine

Gran Lattissima

Icona Vintage Manual Espresso Maker

Lirika One Touch Cappuccino

Oscar II

Keunggulan

Dapatkan crema dan ekstraksi yang sempurna

Si mungil yang mudah dibawa berpergian

Mesin espresso manual yang eco-friendly

Panas menyebar sempurna dengan bahan die casting aluminium

Mesin espresso dengan watt kecil, hemat biaya listrik

Mesin espresso bergaya retro untuk menghiasi dapur Anda

Satu sentuhan saja untuk segelas kopi yang nikmat

Bingung ingin espresso machine atau mesin kopi kapsul? Ini jawabannya!

Segelas cappucino lezat hadir hanya dengan menekan satu tombol

Nikmatnya kopi buatan barista kini tersaji di rumah Anda

Harga mulai dariRp 590.600,00Rp 549.000,00Rp 2.850.000,00Rp 1.990.000,00Rp 500.000,00Rp 2.000.000,00Rp 9.999.000,00Rp 3.450.000,00Rp 18.800.000,00Rp 25.250.000,00
TipeSemiotomatisManualManualSemiotomatisOtomatisSemiotomatisOtomatisSemiotomatis dan otomatis (pod)SuperotomatisSemiotomatis
Tekanan ekstraksi15 barTidak ada 15 bar15 barTidak ada keterangan15 bar19 bar15 bar15 barTidak ada keterangan
Kapasitas tangki0,24 liter0,08 liter0,065 literTidak ada keterangan0,3 liter1,2 liter1,3 liter1,4 liter2,5 liter2 liter
Power consumption800 WTidak ada Tidak ada1.100 W450 W1.050 W1.400 W1.100 W1.850 W1.200 W
Voltage220 VTidak ada Tidak ada220 V–240 V220 V220 VTidak ada keterangan220–240 V220–240 V110 V
Fungsi Temperature gauge, dual independent thermostat, detachable and washable drip tray3-in-1 functionTidak adaDetachable drip tray, termometer, pressure frothingPengontrol suhu real time2-in-1 function, kontrol suhu NTCFast heat up, one touch milk recipes, auto clean system, descaling alarm, milk frotherMembuat minuman espresso dan coffee based, milk frother, patented dual function filter holder, patented cappuccino frother, ESE podMilk frother, mini clean, one-touch cappuccino, display LCD yang lebih lebar untuk pengaturanSoft infusion system
Tautan produk
10
TipeSemiotomatis
Tekanan ekstraksiTidak ada keterangan
Kapasitas tangki2 liter
Power consumption1.200 W
Voltage110 V
Fungsi Soft infusion system
9

Saeco Lirika One Touch Cappuccino

Mulai dari Rp 18.800.000,00

TipeSuperotomatis
Tekanan ekstraksi15 bar
Kapasitas tangki2,5 liter
Power consumption1.850 W
Voltage220–240 V
Fungsi Milk frother, mini clean, one-touch cappuccino, display LCD yang lebih lebar untuk pengaturan
8

DelonghiIcona Vintage Manual Espresso Maker

Mulai dari Rp 3.450.000,00

TipeSemiotomatis dan otomatis (pod)
Tekanan ekstraksi15 bar
Kapasitas tangki1,4 liter
Power consumption1.100 W
Voltage220–240 V
Fungsi Membuat minuman espresso dan coffee based, milk frother, patented dual function filter holder, patented cappuccino frother, ESE pod
7
TipeOtomatis
Tekanan ekstraksi19 bar
Kapasitas tangki1,3 liter
Power consumption1.400 W
VoltageTidak ada keterangan
Fungsi Fast heat up, one touch milk recipes, auto clean system, descaling alarm, milk frother
6
TipeSemiotomatis
Tekanan ekstraksi15 bar
Kapasitas tangki1,2 liter
Power consumption1.050 W
Voltage220 V
Fungsi 2-in-1 function, kontrol suhu NTC
5
TipeOtomatis
Tekanan ekstraksiTidak ada keterangan
Kapasitas tangki0,3 liter
Power consumption450 W
Voltage220 V
Fungsi Pengontrol suhu real time
4
TipeSemiotomatis
Tekanan ekstraksi15 bar
Kapasitas tangkiTidak ada keterangan
Power consumption1.100 W
Voltage220 V–240 V
Fungsi Detachable drip tray, termometer, pressure frothing
3

Flair EspressoClassic Espresso Maker

Mulai dari Rp 2.850.000,00

TipeManual
Tekanan ekstraksi15 bar
Kapasitas tangki0,065 liter
Power consumptionTidak ada
VoltageTidak ada
Fungsi Tidak ada
2

Tanser MoocooEspresso Coffee Maker Portable

Mulai dari Rp 549.000,00

TipeManual
Tekanan ekstraksiTidak ada
Kapasitas tangki0,08 liter
Power consumptionTidak ada
VoltageTidak ada
Fungsi 3-in-1 function
1
TipeSemiotomatis
Tekanan ekstraksi15 bar
Kapasitas tangki0,24 liter
Power consumption800 W
Voltage220 V
Fungsi Temperature gauge, dual independent thermostat, detachable and washable drip tray

Tips menggunakan mesin espresso di rumah

Setelah memilih dan membeli mesin espresso, Anda juga harus memahami cara mengoperasikan mesin tersebut. Hal apa saja yang harus diperhatikan? Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menggunakan mesin espresso rumahan milik Anda!

Gunakan air yang tepat untuk membuat kopi yang nikmat

Gunakan air yang tepat untuk membuat kopi yang nikmat

Espresso yang baru saja dihasilkan dari mesin seharusnya memiliki aroma yang harum. Namun, terkadang muncul aroma lain yang kurang sedap. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya air. Berikut ini rekomendasi air yang bisa Anda gunakan untuk menyeduh kopi menggunakan mesin.


  • Air mineral: Mengandung magnesium dan kalium yang dapat mengestraksi kopi menjadi rasa yang kompleks. Namun, penggunaan air mineral ini memiliki efek meninggalkan kerak pada tangki air mesin. Saat ini, beberapa merek mesin espresso mengeluarkan produk berfitur descaling. Fitur ini berguna untuk membersihkan residu kopi dan zat kapur pada mesin espresso sehingga mesin tidak cepat rusak.

  • Air osmosis: Air yang disaring terlebih dahulu agar kandungan mineral di dalamnya keluar. Proses ini dinamakan reserve osmosis. Karena air ini bersih dari kandungan mineral, rasa kopi yang dihasilkan tidaklah seimbang. Untuk hasil seduhan kopi yang sempurna, Anda dapat menggunakan 75% air osmosis dicampur dengan 25% air mineral.

  • Air pH netral: Bisa Anda gunakan untuk menyeduh kopi menggunakan mesin espresso. Pilihlah air dengan pH 6 hingga 7 untuk membuat kopi yang nikmat.

  • Air keran (PAM) dan sumur: Bisa digunakan juga untuk membuat kopi dengan menggunakan mesin. Namun, alangkah baiknya jika Anda mengecek dahulu kandungannya dengan menggunakan perangkat pengetes konten air yang dijual di pasaran. Setelah Anda mengetahui kadar kandungannya, Anda dapat menyaring air tersebut agar kontaminan dalam air tersaring sempurna. 

Apabila belum digunakan, simpanlah biji kopi di dalam coffee canister

Apabila belum digunakan, simpanlah biji kopi di dalam coffee canister
Biji kopi yang terlalu lama terkena udara akan teroksidasi sehingga merusak kualitas rasa dan aromanya. Untuk menjaga kualitas espresso yang akan dihasilkan, letakkanlah biji kopi secukupnya ke dalam mesin. Anda dapat menyimpan biji kopi yang tidak digunakan di dalam stoples yang kedap udara seperti coffee canister.

Baca juga rekomendasi perlengkapan membuat kopi lainnya di sini

Setelah menemukan mesin espresso rumahan yang tepat, Anda dapat menyiapkan alat dan produk lainnya agar kualitas kopi semakin optimal. Bacalah penjelasan lebih lanjut dalam artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Sekarang, Anda telah paham mengenai berbagai hal seputar mesin espresso rumahan. Ketertarikan terhadap espresso serta pengetahuan Anda mengenai cara membuatnya tentu akan berpengaruh terhadap rasa kopi yang dihasilkan.

Apakah Anda telah menemukan mesin espresso favorit untuk kebutuhan rumahan Anda? Semoga Anda menjatuhkan pilihan pada mesin espresso yang tepat. Selamat memilih mesin espresso rumahan terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Diet low carbo atau rendah karbohidrat diperlukan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah. Di lain sisi, nasi memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Padahal, nasi adalah makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Nah, sekarang sudah ada teknologi baru, yaitu rice cooker low carbo.Berkat rice cooker ini, Anda bisa menanak nasi rendah karbohidrat sehingga kesehatan senantiasa terjaga. Di artikel ini, kami akan mengulas rekomendasi rice cooker low carbo yang bagus dari berbagai merek, seperti Signora, LocknLock, dan Ecohome. Bacalah hingga selesai dan dapatkan produk terbaik Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak model kulkas, kulkas satu pintu tetap menjadi primadona bagi sebagian orang. Jangan salah, kulkas satu pintu memiliki keunggulan yang tidak dimiliki model lain. Ukuran kecil serta daya listrik yang cenderung lebih rendah adalah beberapa contohnya. Ada banyak merek kulkas satu pintu yang bagus di pasaran, seperti Polytron, Sharp, LG, dan AQUA. Untuk Anda yang kini tengah mencari rekomendasi kulkas satu pintu, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan mengulas kulkas satu pintu terbaik yang hemat listrik dan tanpa bunga es. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kulkas merupakan alat rumah tangga yang selalu dinyalakan 24 jam setiap hari. Jadi, penggunaan listriknya perlu diperhitungkan. Anda tak perlu khawatir, sekarang sudah banyak produk kulkas hemat listrik bermunculan. Dengan menggunakan kulkas low watt, Anda bisa mengurangi biaya pemakaian listrik.Jika Anda sedang beralih memilih kulkas watt kecil, simaklah tips ini. Kami akan memberikan rekomendasi kulkas hemat listrik yang bagus dari beberapa merek, seperti LG, Toshiba, Sharp, dan lainnya. Anda pun akan menemukan kulkas terbaik dari berbagai model, baik kulkas hemat listrik 1 pintu maupun 2 pintu. Yuk, simak selengkapnya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rice cooker wajib dimiliki orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi. Namun, benda yang sering dikenal sebagai magic com ini tidak hanya bisa digunakan untuk menanak. Rice cooker juga cocok untuk menghangatkan, mengukus, dan memasak beragam makanan.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk rice cooker terbaik dari berbagai merek, seperti Yong Ma dan Miyako. Sebelum itu, kami akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang bagus untuk kebutuhan Anda. Dari yang mini, low carbo, sampai yang pintar, seperti Philips HD4515, semuanya ada. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dispenser adalah peralatan dapur yang sangat berguna untuk menyediakan air panas dan air dingin di rumah. Dengan adanya dispenser, Anda tak perlu repot-repot memasak air panas menggunakan kompor. Seiring perkembangan teknologi, dispenser galon bawah alias bottom loading dispenser yang lebih praktis pemasangan galon airnya pun ada di pasaran.Kami akan membahas tips memilih dispenser galon bawah beserta sepuluh rekomendasi terbaiknya. Temukanlah produk andalan dari berbagai merek terkenal, seperti Sanken, Denpoo, Miyako, Polytron, Arashi, dan SHARP. Jika Anda sedang mencari dispenser baru untuk di rumah, baca artikelnya sampai habis!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar tahan lama, penggunaan kulkas sangatlah penting. Salah satu model kulkas yang cukup banyak diminati masyarakat adalah kulkas 2 pintu. Setiap merek kulkas 2 pintu terbaik, misalnya Sharp, Samsung, LG, Polytron, dan lain-lain tentu memiliki keunggulan yang berbeda-beda.Nah, melalui artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih kulkas 2 pintu yang bagus untuk Anda. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan rekomendasi kulkas 2 pintu terbaik dengan harga, ukuran, fitur, dan daya yang beragam. Yuk, simak lebih lanjut artikelnya dan temukan kulkas 2 pintu terbaik.
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rice cooker berfungsi untuk mempermudah proses memasak nasi sehingga lebih praktis. Seiring dengan perkembangan teknologi, rice cooker konvensional mulai tergantikan dengan rice cooker digital. Selain untuk menanak dan menghangatkan nasi, berbagai fungsi lainnya diberikan oleh rice cooker digital.Ada berbagai merek ternama yang memiliki produk rice cooker digital, seperti Philips, Cosmos, sampai Yong Ma. Kami akan menjelaskan cara memilih digital rice cooker, serta memberikan rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Simak terus penjelasan kami dan temukan rice cooker digital yang bagus untuk Anda.
    Elektronik dapur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori