• 10 Rekomendasi Headphone Terbaik Seharga 200-500 Ribuan (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Headphone Terbaik Seharga 200-500 Ribuan (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Headphone Terbaik Seharga 200-500 Ribuan (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Headphone Terbaik Seharga 200-500 Ribuan (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Headphone Terbaik Seharga 200-500 Ribuan (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Headphone Terbaik Seharga 200-500 Ribuan (Terbaru Tahun 2020)

Saat ini, penggunaan headphone merupakan sesuatu yang lazim bagi banyak orang. Headphone dipakai untuk berbagai kepentingan, mulai dari teman perjalanan, sarana hiburan, hingga urusan pekerjaan. Maka dari itu, pemilihan headphone yang berkualitas pun menjadi hal yang penting.


Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih headphone dengan harga mulai dari 200 hingga 500 ribuan. Setelah itu, kami juga mengulas beberapa produk yang direkomendasikan, mulai dari Sony, Edifier, dBe, dan lainnya. Silakan simak dengan teliti dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Agi Tiara
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 52.882 Views
Daftar isi

Cara memilih headphone seharga 200-500 ribuan

Pertama, kami akan menjabarkan poin-poin yang perlu Anda ketahui saat memilih headphone seharga 200-500 ribuan. Simak dan perhatikan dengan teliti, ya!

Pilih struktur ear cup berdasarkan tempat Anda menggunakan headphone

Poin pertama saat memilih headphone adalah menentukan terlebih dahulu di mana Anda sering menggunakan headphone, apakah indoor atau outdoor. Dengan demikian, Anda dapat memilih headphone dengan jenis ear cup yang sesuai.

Tipe closed-back, cocok untuk outdoor dan menghasilkan suara yang tidak bocor

Tipe closed-back, cocok untuk outdoor dan menghasilkan suara yang tidak bocor
Closed-back headphone memiliki struktur ear cup yang tertutup sempurna. Hal ini menjadi satu kelebihan karena kebocoran suara akan sulit terjadi. Jika Anda sering menggunakan headphone di tengah keramaian atau saat bepergian, pilihlah headphone tipe ini. Namun, headphone ini tidak cocok digunakan dalam waktu lama karena suaranya teredam dan telinga Anda mudah lelah.

Tipe open-back, cocok untuk indoor dan memiliki kualitas suara bagus

Tipe open-back, cocok untuk indoor dan memiliki kualitas suara bagus
Berbeda dengan closed-back, open-back headphone memiliki sisi belakang ear cup berlubang sehingga suara bisa terdengar ke luar. Dengan demikian, akan terjadi kebocoran suara baik dari luar ke dalam maupun sebaliknya. Dengan demikian, tipe headphone ini tidak cocok digunakan di luar ruangan.

Akan tetapi, kebanyakan jenis open-back memiliki kualitas suara yang lebih bagus dibandingkan jenis closed-back. Jenis headphone ini direkomendasikan apabila Anda ingin menggunakannya dalam waktu lama di rumah. Meski begitu, jenis ini cukup sulit ditemukan pada rentang harga ini karena kebanyakan jenis open-back terpasang untuk produk high-end.

Pilih metode koneksi berdasarkan prioritas Anda

Kualitas suara dan performa dari sebuah headphone akan sangat dipengaruhi oleh metode koneksinya. Mari cek kelebihan masing-masing dari setiap model.

Wired headphone, memprioritaskan kualitas suara, ideal digunakan saat di rumah

Wired headphone, memprioritaskan kualitas suara, ideal digunakan saat di rumah
Jika Anda ingin menikmati suara yang dinamis, kami menyarankan untuk menggunakan wired headphone. Suara pada headphone berkabel lebih sulit terganggu noise sehingga Anda dapat menikmati suara yang berkualitas. Kebanyakan penggemar musik lebih menyukai headphone jenis ini. Apabila Anda ingin membelinya, sesuaikan panjang kabel dengan alat yang ingin Anda hubungkan. Headphone yang memiliki kabel panjang akan lebih nyaman dipakai.

Selain itu, perhatikan pula jenis konektornya. Bagian konektor pada headphone umumnya bertipe mini plug sehingga bisa digunakan pada smartphone atau MP3 player. Namun, untuk menghubungkannya ke perangkat eksternal seperti headphone amplifier, biasanya diperlukan konektor untuk plug standar.

Saat ini, beberapa produsen smartphone sudah menghilangkan lubang headphone jack produk-produknya dan menggabungkannya dengan plug USB. Jika Anda menggunakan smartphone jenis tersebut, Anda perlu menggunakan adaptor tambahan untuk menghubungkannya. Jadi, jangan lupa untuk memeriksanya juga, ya.

Wireless headphone, praktis digunakan tanpa ada kabel yang mengganggu

Wireless headphone, praktis digunakan tanpa ada kabel yang mengganggu
Jika Anda sering mendengarkan musik saat bepergian menggunakan pemutar musik portabel maupun smartphone, kami merekomendasikan jenis wireless. Headphone jenis ini tidak menggunakan kabel sehingga penggunaannya lebih praktis, terlebih saat bepergian. Anda pun tidak akan mengalami masalah kabel yang terlilit sehingga tidak terganggu saat mendengarkan musik. 

Biasanya, wireless headphone dapat dipasangkan dengan mudah melalui Bluetooth atau near field communication (NFC). Maka dari itu, jenis ini sangat cocok untuk Anda yang suka menghubungkan headphone ke berbagai perangkat. Anda bisa menghubungkannya ke MP3 player, smartphone, atau komputer saat berada di rumah. Anda pun bisa lebih leluasa saat menggunakannya.

Pilih bentuk yang sesuai dengan penampilan Anda

Pada umumnya, ada dua jenis bentuk headphone. Setiap bentuk ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah produk yang dapat disesuaikan dengan gaya rambut atau gaya berpakaian Anda saat menggunakannya.

Overhead, memiliki stabilitas tinggi dan pilihan yang bervariasi

Overhead, memiliki stabilitas tinggi dan pilihan yang bervariasi

Sebagian besar headphone konvensional berbentuk overhead sehingga ada banyak pilihan yang tersedia. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan mencari produk yang Anda sukai. Selain itu, headphone ini terasa stabil dan tidak mudah bergeser karena disokong di atas kepala. Namun, bentuk kepala setiap orang berbeda sehingga mungkin ada headphone yang dirasa tidak pas untuk Anda. Jadi, kami sarankan Anda untuk mencoba memakainya terlebih dahulu sebelum membeli.


Selain itu, headphone ini didesain dengan bentuk yang mencengkeram sehingga dapat terpasang erat di kepala. Oleh karena itu, jenis headphone ini mungkin akan merusak gaya rambut Anda. Hal ini mungkin tidak masalah apabila Anda menggunakannya di rumah. Namun, bila tidak ingin rambut menjadi lepek, Anda bisa memilih headphone berbentuk neckband seperti berikut ini.

Neckband, memiliki bobot yang ringan dan tidak mengganggu rambut

Neckband, memiliki bobot yang ringan dan tidak mengganggu rambut

Sudah tampil modis dan rambut tertata rapi, Anda tidak ingin tatanan rambut rusak karena headphone, bukan? Oleh karena itu, pilihlah headphone model neckband yang melingkari leher. Headphone ini tidak disokong di atas kepala sehingga Anda tidak perlu khawatir gaya rambut Anda akan rusak. Anda juga tidak akan merasa sempit saat memakainya, mendengarkan musik pun jadi lebih nyaman.


Sayangnya, jenis ini cukup sering mengalami slip sehingga tidak cocok untuk orang yang menggunakan kacamata. Maka dari itu, Anda lebih baik memakai headphone tipe overhead jika sering memakai kacamata, selendang, atau sejenisnya. Selain itu, headphone jenis neckband ini masih sulit ditemukan di berbagai toko online Indonesia. 

Sesuaikan range suara dengan genre musik favorit Anda

Sesuaikan range suara dengan genre musik favorit Anda

Range suara pada headphone berbeda-beda tergantung produknya sehingga penting untuk memahami range suara yang Anda inginkan. Apalagi saat memilih headphone di kelas harga 200-500 ribuan, jarang sekali ada produk yang bagus di semua range suara. Jadi, pilihlah range suara headset sesuai dengan genre musik kesukaan Anda.


Jika Anda sering mendengarkan musik aliran pop, kami merekomendasikan headphone yang memiliki mid-to-high range (medium hingga treble). Sebaliknya, untuk lagu-lagu yang kuat di bass seperti rock atau jazz, headphone yang memiliki bass range akan terasa pas. Headphone dengan middle range bisa Anda gunakan untuk musik dengan range yang luas dari treble hingga bass seperti musik klasik.


Untuk mengetahui hal ini, tentu Anda perlu melihat tidak hanya spesifikasi produk, melainkan juga review para penggunanya. Selain itu, Anda juga bisa menilai headphone yang bagus dari area midrange-nya. Hal ini karena biasanya headphone berkualitas tinggi relatif berhati-hati dalam memproduksi suara midrange. Anda bisa menjadikan ini sebagai acuan untuk memilih produk.

Pilih produk headset dari jenis brand-nya

Ada banyak produsen besar maupun kecil yang memproduksi headphone. Meskipun demikian, produk dari brand kecil kadang memiliki kualitas suara yang lebih baik. Jika Anda mencari headphone dengan kisaran harga 200-500 ribuan, bandingkanlah kinerja dengan harga dari tiap-tiap produk dari berbagai merek.

Brand kecil, jika Anda mementingkan fungsi dan kualitas suara headphone

Brand kecil, jika Anda mementingkan fungsi dan kualitas suara headphone
Ketika memilih peralatan elektronik rumah tangga, biasanya banyak orang cenderung memilih produk dari brand terkemuka. Namun, untuk kelas harga yang sama, ada kalanya produk dari produsen kecil memiliki performa lebih baik daripada brand besar.

Sama seperti headphone, banyak produk dari brand kecil seharga 200-500 ribuan memiliki kualitas dan fungsi yang seimbang. Jika Anda tidak mencari suatu fitur khusus dari brand besar, headphone dari brand-brand kecil bisa Anda pertimbangkan.

Suku cadang dan masa garansi, tidak perlu khawatir pemakaian jangka panjang

Suku cadang dan masa garansi, tidak perlu khawatir pemakaian jangka panjang
Kisaran harga 200-500 ribuan mungkin termasuk murah bagi sebagian orang dan mahal bagi sebagian lainnya. Namun, untuk headphonerange harga tersebut tidak bisa dibilang murah juga. Oleh karena itu, pastinya Anda ingin headphone dapat digunakan untuk waktu yang lama. Nah, poin penting yang perlu Anda perhatikan adalah memeriksa apakah produk tersebut mempunyai suku cadang pengganti. Hal ini penting supaya Anda bisa memperbaiki bagian headphone yang rusak tanpa perlu membeli produk baru.

Jika headphone tersebut berasal dari produsen besar, Anda tidak perlu khawatir. Namun, untuk headphone dari produsen kecil, ada kemungkinan komponen produk keluaran lama sudah tidak diproduksi lagi. Supaya dapat menggunakan headphone dalam jangka waktu lama, pastikan Anda memperhatikan masa garansi dan bagaimana perawatan setelah pembeliannya. Anda bisa mencari info berdasarkan review pengguna atau membaca situs resmi produk tersebut.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi headphone terbaik seharga 200-500 ribuan

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan beberapa headphone terbaik untuk referensi Anda. Anda bisa menjadikan ulasan ini sebagai rujukan untuk memilih headphone yang sesuai dengan selera Anda.
10
Jenis ear cupClosed-back
Sistem koneksiBluetooth dan kabel
BentukOverhead
Rentang frekuensi suara20 Hz-20 kHz
9
Jenis ear cupClosed-back
Sistem koneksiBluetooth
BentukOverhead
Rentang frekuensi suara 20 Hz-20 kHz
8
Jenis ear cupClosed-back
Sistem koneksiBluetooth
BentukOverhead
Rentang frekuensi suara20 Hz-20 kHz
7
Jenis ear cupClosed-back
Sistem koneksiKabel
BentukOverhead
Rentang frekuensi suaraTidak disebutkan
6
Jenis ear cupOpen-back
Sistem koneksiKabel
BentukOverhead
Rentang frekuensi suaraTidak disebutkan
5
Jenis ear cupClosed-back
Sistem koneksiBluetooth
BentukOverhead
Rentang frekuensi suara20 Hz–15 kHz
4

dbEDJ100 High Quality Foldable DJ Headphone

Rp 300.000,00

Jenis ear cupClosed-back
Sistem koneksiKabel
BentukOverhead
Rentang frekuensi suara20 Hz-20 kHz
3
Jenis ear cupClosed-back
Sistem koneksiKabel
BentukOverhead
Rentang frekuensi suara12 Hz-22 kHz
2
Jenis ear cupClosed-back
Sistem koneksiBluetooth
BentukOverhead
Rentang frekuensi suara18 Hz-20 kHz
1
Jenis ear cupSemi-open-back
Sistem koneksiKabel
BentukOverhead
Rentang frekuensi suara10 Hz-30 kHz

Tabel perbandingan produk headphone terbaik seharga 200-500 ribuan

Gambar produk
1
Samson SR850 - Semi-Open Studio Headphones 1

Samson

2
Zealot B26T Wireless Bluetooth Headphone 1

Zealot

3
Sony MDR-ZX110AP 1

Sony

4
dbE DJ100 High Quality Foldable DJ Headphone 1

dbE

5
Rexus S7 Pro 1

Rexus

6
Behringer  HPX2000 1

Behringer

7
Edifier H640P 1

Edifier

8
Bluedio TMS Headphone Wireless ANC  1

Bluedio

9
NYK  X800 1

NYK

10
SonicGear  Airphone 7 Bluetooth Headphones  1

SonicGear

Nama produk

SR850 - Semi-Open Studio Headphones

B26T Wireless Bluetooth Headphone

MDR-ZX110AP

DJ100 High Quality Foldable DJ Headphone

S7 Pro

HPX2000

H640P

TMS Headphone Wireless ANC

X800

Airphone 7 Bluetooth Headphones

Keunggulan

Audio detail dengan jangkauan suara yang luas

Sistem kontrol yang canggih, atur volume suara jadi lebih mudah

Praktis dibawa! Teman menyenangkan saat perjalanan

Detachable cable! Kabel headphone dapat diganti jika rusak

Bentuk trendi dengan desain foldable yang mudah disimpan

Headphone DJ, nyaman digunakan dalam keramaian

Tampil cantik di mana pun dengan headphone yang fashionable!

Dilengkapi dengan sleep feature, tidak perlu khawatir saat ketiduran

Headphone gaming tangguh, mampu bertahan hingga 20 jam

Minim delay saat menonton film dengan teknologi Bluetooth terbaru

HargaRp 405.000,00Rp 329.000,00Rp 436.000,00Rp 300.000,00Rp 499.000,00Rp 401.000,00Rp 485.000,00Rp 349.000,00Rp 265.000,00Rp 200.000,00
Jenis ear cupSemi-open-backClosed-backClosed-backClosed-backClosed-backOpen-backClosed-backClosed-backClosed-backClosed-back
Sistem koneksiKabelBluetoothKabelKabelBluetoothKabelKabelBluetooth BluetoothBluetooth dan kabel
BentukOverheadOverheadOverheadOverheadOverheadOverheadOverheadOverheadOverheadOverhead
Rentang frekuensi suara10 Hz-30 kHz18 Hz-20 kHz12 Hz-22 kHz20 Hz-20 kHz20 Hz–15 kHzTidak disebutkanTidak disebutkan20 Hz-20 kHz 20 Hz-20 kHz20 Hz-20 kHz
Tautan produk

Baca juga rekomendasi headphone lainnya di sini

Selain mengupas headphone dengan harga 200-500 ribuan, kami juga telah mengulas jenis headphone lainnya. Ada berbagai jenis headphone yang dibedakan sesuai penggunaannya, seperti noise cancelling headphone, surround headphone, dan lainnya. Jika Anda membutuhkan ulasannya sebagai bahan pertimbangan, silakan baca tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca cara memilih headphone beserta rekomendasinya, apakah Anda sudah menemukan produk yang diinginkan? Beberapa headphone seharga 200-500 ribuan memiliki kualitas suara yang mumpuni. Fitur-fitur yang diberikan pun bervariasi dan bersaing dengan produk lainnya.

Temukanlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Dengan demikian, Anda dapat menikmati musik-musik kesukaan dengan kualitas suara yang menyenangkan telinga Anda. Semoga ulasan ini membantu Anda menemukan headphone yang tepat. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Aksesori handphone & tablet
    155.685 Views
  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Power bank adalah baterai portabel yang digunakan untuk mengisi baterai gadget seperti smartphone, tablet, dan sejenisnya. Saat ini, ada banyak jenis power bank dengan fitur, bentuk, dan kapasitas yang beragam. Hal ini mungkin akan membingungkan Anda untuk memilih power bank yang tepat.Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli power bank. Selanjutnya, kami juga akan membahas rekomendasi produk terbaik, seperti Anker, Xiaomi, Samsung, dan lainnya. Anda bisa membandingkan spesifikasi tiap-tiap produk dan memilih power bank yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
    79.491 Views
  • 10 Rekomendasi Speaker Pasif Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Speaker Pasif Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bila ingin menikmati kualitas audio secara optimal, Anda wajib melengkapi sound system Anda dengan speaker pasif. Anda akan menemukan berbagai merek speaker pasif berkualitas, seperti Bose, JBL, harman/kardon, Yamaha, dan sebagainya. Semuanya berlomba-lomba menciptakan speaker pasif dengan kualitas suara menakjubkan.Sebelum mulai mempertimbangkan berbagai produk speaker pasif di pasaran, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi speaker pasif terbaik agar Anda bisa menemukan produk yang tepat. Nikmati kualitas audio yang mantap dengan speaker pasif favorit Anda!
    Aksesori handphone & tablet
    57.091 Views
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bluetooth headset adalah headset nirkabel yang praktis digunakan bukan hanya dalam urusan pekerjaan, melainkan juga untuk keperluan pribadi. Namun, beberapa variasi fitur dan harga bluetooh headset dapat membuat bingung pengguna dalam memilih produk yang tepat.Artikel berikut ini membahas cara memilih bluetooth headset yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih produk. Selain itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi bluetooth headset terbaik dari Jabra, Bose, JBL, Samsung, dan Plantronics. Selamat menyimak!
    Aksesori handphone & tablet
    123.642 Views
  • 10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pen tablet yang biasa digunakan untuk menggambar ilustrasi di komputer, kini hadir dengan berbagai merek, seperti Wacom, XP-PEN, dan HUION. Dengan harga dan fungsi yang bervariasi, barangkali akan membuat Anda kebingungan dalam memilih produk yang sesuai.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih pen tablet serta merekomendasikan produk terbaik, mulai dari untuk pemula hingga profesional. Seperti apakah pen tablet idaman Anda? Barangkali salah satunya ada dalam ulasan di bawah ini.
    Aksesori handphone & tablet
    94.191 Views
  • 10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2020)
    Tempered glass atau kaca antigores merupakan pelindung layar handphone yang terbuat dari kaca. Fungsinya untuk melindungi layar handphone agar tidak tergores atau pecah. Saat handphone tidak sengaja terjatuh, biasanya bagian yang retak adalah tempered glass yang menempel di layar handphone. Jadi, layar handphone Anda tetap aman.Ada beberapa merek terkenal, seperti Cafele, Otterbox dan Optimuz yang menawarkan tempered glass berkualitas. Lalu, produk manakah yang paling cocok untuk iPhone Anda? Kami akan memberikan tips memilih tempered glass terbaik agar tidak salah pilih. Anda juga bisa bisa menemukan sepuluh rekomendasi tempered glass terbaik pilihan kami di sini!
    Aksesori handphone & tablet
    25.989 Views
  • 10 Rekomendasi Case Terbaik untuk iPhone 11 Pro Max (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Case Terbaik untuk iPhone 11 Pro Max (Terbaru Tahun 2020)
    Memiliki harga belasan juta, iPhone 11 Pro Max membawa segudang keunggulan. Layar besar berteknologi canggih, kamera belakang tiga lensa, serta casing yang estetis, semuanya ada pada Iphone 11 Pro Max. Dengan segala kelebihannya, tentu Anda ingin tampilan dan performa iPhone kesayangan tetap prima. Demi mewujudkan hal tersebut, case untuk iPhone 11 Pro Max tepat Anda miliki. Kami akan membahas cara memilih sekaligus merekomendasikan case terbaik untuk iPhone 11 Pro Max. Ada case berkualitas keluaran Spigen, OtterBox, Dux Ducis, dan sebagainya dalam artikel ini. Pilihlah produk yang paling Anda suka.
    Aksesori handphone & tablet
    169 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori