10 Rekomendasi Headphone Terbaik Seharga 200-500 Ribuan (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Headphone Terbaik Seharga 200-500 Ribuan (Terbaru Tahun 2018)

Musik kualitas terbaik dapat Anda nikmati dengan bantuan headphone. Belakangan ini, produsen-produsen headphone seperti Sony, Philips, JBL, dan sebagainya telah memasarkan berbagai jenis headphone, mulai dari jenis wireless, open-backclosed-back, sampai jenis studio monitor dengan harga yang terjangkau.

Untuk memilih headphone yang tepat dengan kisaran harga 200-500 ribuan, Anda harus menentukan kualitas suara, fungsi, dan desain yang diinginkan. Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih plus memberikan rekomendasi headphone terbaik seharga 200-500 ribu untuk Anda. Selamat menyimak!

Daftar isi

Cara memilih headphone seharga 200-500 ribuan

Nah, pertama-pertama kami akan menjabarkan poin-poin yang perlu Anda ketahui saat memilih headphone seharga 200-500 ribuan. Simak selengkapnya berikut ini!

Pilih struktur ear cup sesuai lokasi pemakaian

Poin pertama dalam memilih headphone adalah menentukan di mana lokasi headphone tersebut sering digunakan, apakah di indoor atau outdoor. Berikut akan kami jelaskan perbedaan struktur ear cup atau biasa disebut juga ear pad pada headphone yang bisa Anda pilih sesuai lokasi pemakaiannya.

Tipe closed-back, cocok untuk outdoor dan tanpa leak suara

Tipe closed-back, cocok untuk outdoor dan tanpa leak suara

Closed-back headphone memiliki struktur ear cup yang tertutup sempurna sekaligus menjadi kelebihannya karena kebocoran suara akan sulit terjadi. Jika Anda sering menggunakan headphone di tengah keramaian, pilihlah headphone tipe ini. Namun, headphone ini tidak cocok untuk digunakan dalam waktu lama karena mudah menyebabkan telinga Anda lelah.

Tipe open-back, cocok untuk indoor dan memiliki kualitas suara bagus

Tipe open-back, cocok untuk indoor dan memiliki kualitas suara bagus

Berbeda dengan closed-backopen-back headphone memiliki sisi belakang ear cup yang berlubang sehingga suara bisa terdengar ke luar. Dengan demikian, akan terjadi kebocoran suara baik dari luar ke dalam maupun sebaliknya sehingga tipe headphone ini tidak cocok digunakan di luar ruangan. Sebagai gantinya, kebanyakan jenis open-back memiliki kualitas suara lebih bagus dibandingkan closed-back sehingga lebih direkomendasikan bila Anda ingin menggunakannya dalam waktu lama di rumah. Meski begitu, jenis ini cukup sulit ditemukan pada rentang harga ini karena kebanyakan jenis open-back dipakai untuk produk high-end.

Pilih metode koneksi berdasarkan prioritas Anda

Kualitas suara dan performa dari sebuah headphone akan sangat dipengaruhi oleh metode koneksinya. Mari cek masing-masing kelebihannya.

Wired headphone memprioritaskan kualitas suara, ideal untuk di rumah

Wired headphone memprioritaskan kualitas suara, ideal untuk di rumah

Bagi Anda yang sering menggunakan headphone di dalam ruangan dan menginginkan suara yang dinamis, wired headphone sangat tepat untuk Anda. Suara pada headphone berkabel lebih sulit terganggu noise sehingga Anda dapat menikmati suara yang berkualitas. Kebanyakan penggemar musik lebih menyukai headphone ini. Bila Anda ingin membelinya, sesuaikan panjang kabel dengan alat yang ingin Anda hubungkan agar Anda bisa memakainya dengan nyaman.

Selain itu, perhatikan pula jenis konektornya. Bagian konektor pada headphone umumnya bertipe mini plug sehingga tidak masalah untuk digunakan pada smartphone atau MP3 player. Namun, untuk menghubungkan ke perangkat eksternal seperti headphone amplifier, diperlukan plug konektor standar.

Bila Anda tidak memiliki plug adapter, pastikan juga apakah sudah tersedia dalam produk yang Anda inginkan atau tidak.

Wireless headphone yang mudah digunakan tanpa kabel pengganggu

Wireless headphone yang mudah digunakan tanpa kabel pengganggu

Wireless headphone sangat cocok untuk Anda yang sering mendengarkan musik lewat smartphone atau MP3 player di mana saja. Tidak ada lagi kabel yang akan terlilit dan mengganggu saat dibawa ke mana-mana. Wireless headphone bisa dengan mudah dipasangkan melalui Bluetooth atau NFC (Near Field Communication). Karena itu, jenis ini sangat cocok untuk Anda yang suka menghubungkan headphone ke berbagai perangkat seperti MP3 playersmartphone, atau komputer saat berada di rumah.

Pilih bentuk yang sesuai dengan penampilan Anda

Secara garis besar, ada 2 jenis bentuk headphone. Masing-masing bentuk ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena itu, pilihlah sambil menyesuaikannya dengan gaya rambut atau gaya berpakaian Anda saat menggunakannya.

Bentuk overhead untuk stabilitas tinggi dan banyak pilihan

Bentuk overhead untuk stabilitas tinggi dan banyak pilihan

Anda pastinya akrab dengan bentuk headphone overhead. Sebagian besar headphone konvensional berbentuk overhead sehingga ada banyak pilihan dan Anda tidak akan kesulitan mencari yang Anda sukai. Selain itu, headphone ini terasa stabil dan tidak mudah bergeser karena disokong di atas kepala. Namun, karena adanya perbedaan bentuk kepala pada setiap orang, mungkin terdapat headphone yang tidak terasa pas untuk Anda. Jadi, kami sarankan Anda untuk mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah headphone ini mungkin akan merusak gaya rambut Anda karena terpasang erat di kepala. Hal ini mungkin tidak menjadi masalah bila digunakan di rumah. Namun, bila tidak ingin rambut menjadi lepek, Anda bisa memilih headphone berbentuk neckband seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

Bentuk neckband yang ringan dan tidak mengganggu rambut

Bentuk neckband yang ringan dan tidak mengganggu rambut

Meski sudah modis dan gaya rambut tertata rapi, tatanan rambut bisa menjadi rusak karena headband. Jika demikian, headphone berbentuk neckband yang melingkar ke leher Anda akan sangat cocok untuk digunakan. Berhubung headphone ini tidak disokong di atas kepala, Anda tidak perlu khawatir lagi gaya rambut Anda akan rusak. Anda juga tidak akan merasa sempit saat memakainya sehingga Anda akan merasa lebih nyaman.

Sayangnya, jenis ini cukup sering slip sehingga tidak cocok dipakai bersama kacamata. Oleh karena itu, untuk orang yang sering memakai kacamata, selendang, atau sejenisnya, lebih baik menggunakan headphone tipe overhead.

Pilih range suara yang sesuai dengan genre musik Anda

Pilih range suara yang sesuai dengan genre musik Anda

Range suara pada headphone berbeda-beda setiap produknya, karena itu penting untuk memahami range suara yang Anda inginkan. Terutama saat memilih headphone di rentang harga 200-500 ribuan, jarang sekali ada produk yang bagus di semua range suara. Jadi, penting untuk membatasinya pada range tertentu.

Pertama-tama, pilihlah range musik dari lagu-lagu yang sering Anda dengarkan. Jika Anda sering mendengarkan musik aliran pop, kami merekomendasikan headphone yang memiliki range mid-to-high (medium hingga treble). Sebaliknya, untuk lagu-lagu yang kuat di bass seperti rock atau jazz, headphone yang memiliki range bass akan terasa pas. Lalu, Anda bisa menggunakan headphone dengan range middle untuk mendengarkan musik klasik yang range-nya luas dari treble hingga ke bass.

Untuk mengetahui hal ini, tentu Anda tidak bisa hanya melihat dari spesifikasi produk saja, tetapi Anda harus melihat juga dari review para penggunanya. Selain itu, Anda juga bisa menilai headphone yang bagus dari area midrange-nya. Berhubung headphone berkualitas tinggi relatif berhati-hati dalam memproduksi suara midrange, Anda bisa menjadikan penjelasan kami ini sebagai acuan.

Pilih dari brand-nya

Headphone tidak hanya diproduksi oleh produsen besar, tetapi banyak pula produsen kecil yang memproduksinya. Justru tidak sedikit produsen kecil yang lebih memperhatikan fitur range suaranya. Untuk kisaran harga 200-500 ribuan, terdapat banyak pilihan headphone dari berbagai produsen, karena itu bandingkanlah antara kinerja dengan harga dari headphone tersebut.

Brand kecil untuk Anda yang mementingkan fungsi dan kualitas suara yang seimbang

Brand kecil untuk Anda yang mementingkan fungsi dan kualitas suara yang seimbang

Saat memilih suatu produk seperti halnya headphone, pasti Anda cenderung memilih brand terkemuka. Namun, ada kalanya kinerja produk dari produsen kecil lebih baik daripada produk dengan fitur khusus pada rentang harga yang sama.

Hal ini juga sama terhadap headphone, di mana terdapat banyak headphone dari brand kecil seharga 200-500 ribuan memiliki kualitas suara dan fungsi yang seimbang. Bila Anda tidak mencari suatu fitur khusus dari brand besar, headphone dari brand-brand kecil bisa menjadi pertimbangan Anda.

Periksa masa garansi dan part pengganti untuk pemakaian jangka panjang

Periksa masa garansi dan part pengganti untuk pemakaian jangka panjang

Harga 200-500 ribu mungkin termasuk kategori murah bagi sebagian orang dan mahal bagi sebagian lainnya. Namun, untuk sebuah headphone harga tersebut tidak bisa dibilang murah juga. Oleh karena itu, pastinya Anda ingin barang tersebut bisa digunakan untuk waktu yang lama. Nah, hal yang penting di sini adalah memeriksa ada tidaknya part pengganti bila ada bagian yang rusak dari headphone Anda.

Anda tentu tidak perlu khawatir bila produk tersebut berasal dari produsen besar. Namun, untuk produk dari produsen kecil, ada kemungkinan komponen produk keluaran lama tidak diproduksi lagi. Untuk dapat menggunakannya dalam jangka waktu lama, pastikan Anda memperhatikan masa garansi dan bagaimana perawatan setelah pembeliannya. Anda bisa mencari info berdasarkan review pengguna atau membaca situs resmi produk tersebut.

10 Rekomendasi headphone terbaik seharga 200-500 ribuan

Selanjutnya kami akan memperkenalkan beberapa headphone terbaik untuk referensi Anda. Anda bisa menjadikan ini rujukan untuk memilih headphone yang sesuai dengan selera Anda!

10. Sony MDR-ZX110AP

10. Sony MDR-ZX110AP

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 219.000

Teman untuk membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan!

Sony MDR ZX100AP memiliki range frekuensi suara luas dan bass dengan pantulan suara yang halus. Suara mid dan treble-nya juga cukup seimbang untuk genre musik apa pun. Bobotnya yang ringan serta desain yang mudah dilipat dan diputar menjadikannya cocok untuk Anda andalkan saat hendak bepergian.

Headphone ini berdesain closed-back dengan ear cup yang nyaman untuk mencegah suara bocor saat Anda sedang menikmati lagu kesukaan Anda. Bobotnya yang ringan juga tidak akan membebani kepala dan membuat cepat lelah sehingga cocok untuk digunakan menemani Anda saat bekerja atau belajar dalam waktu lama.

9. Philips Headphone Neckband SHS5200

9. Philips Headphone Neckband SHS5200

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 215.000

Dengan reflektif neckband, aman berlari di malam hari!

Jika Anda bosan dengan headphone tipe headband, cobalah headphone bertipe neckband keluaran Philips ini. SHS5200 sangat ideal untuk Anda yang senang mendengarkan musik saat beraktivitas, terutama berolahraga. Performa bass yang ditawarkan pun terdengar maksimal bahkan saat digunakan di luar ruangan.

Penyangga telinga terpasang mantap di telinga sehingga Anda tidak perlu khawatir headphone akan terlepas saat bergerak aktif. Dengan bantalan telinga yang empuk, headphone juga nyaman dipakai dalam waktu lama. Selain itu, Anda juga akan menemukan bahan reflektif cahaya pada neckband agar keamanan Anda tetap terjaga meski berlari di malam hari.

8. SonicGear Airphone V Bluetooth

8. SonicGear Airphone V Bluetooth

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 299.000

Baterainya yang bisa diisi ulang akan semakin memudahkan Anda

Airphone V adalah salah satu headphone wireless on budget yang bisa Anda dapatkan. Bluetooth hingga jarak 10 meter akan memudahkan Anda beraktivitas dengan headphone ini. Apalagi, Anda bisa mengisi ulang baterainya kapan saja sehingga produk ini sangat cocok untuk Anda yang aktif dan tidak ingin terganggu oleh kabel.

Dengan harga yang terjangkau, suara bass yang dimilikinya juga kuat dan terdengar jernih dengan treble mumpuni. Kemudian, headphone ini juga cocok untuk digunakan bermain game karena sudah dilengkapi dengan built in mic dan desain yang antislip sehingga Anda dapat menggunakannya dengan nyaman.

7. JBL Headphone On-Ear T450

7. JBL Headphone On-Ear T450

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 299.000

Performa maksimal untuk lagu-lagu bernada tinggi

Bagi penikmat musik, performa maksimal JBL T450 dapat Anda rasakan saat musik menyentuh nada-nada tinggi. Jika Anda penikmat lagu-lagu Adele atau Celine Dion, Anda pasti akan puas dengan headphone ini. Meski noise masih cukup terdengar, hal ini bisa dimaafkan mengingat harganya yang terjangkau.

Material plastik yang ringan dan ear cup yang bisa dilipat membuatnya lebih nyaman untuk dibawa-bawa. Kabel headphone juga telah didesain pipih agar tidak mudah terbelit. Sayangnya, headphone ini terasa agak sempit di beberapa pengguna, jadi kami menyarankan produk ini untuk Anda yang memiliki ukuran kepala kecil.

6. Audio Technica ATH-S100IS

6. Audio Technica ATH-S100IS

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 399.000

Pelengkap gaya di saat nongkrong

Mengusung tema street series, ATH-S100IS cocok sekali untuk Anda gunakan saat jalan-jalan atau nongkrong di kafe-kafe kekinian. Modelnya yang trendi dengan warna-warna colorful dapat menjadi pelengkap gaya Anda. Tentu saja audio yang ditawarkan pun tetap berkualitas dengan hentakan bass yang kuat.

ATH-S100IS juga kompatibel untuk semua jenis smartphone dan dilengkapi in-line control yang akan membantu Anda mengatur musik dengan lebih mudah. Kabel penghubungnya pun sengaja disematkan hanya di satu sisi agar lebih praktis dan tidak mudah terbelit. Headphone satu ini ideal sekali untuk Anda yang antiribet!

5. Bluedio Turbine T4

5. Bluedio Turbine T4

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 449.000

Kualitas high-end on the go di bawah 500 ribu

Bluedio Turbine T4 memiliki kualitas suara yang sangat menonjol pada bass-nya, tetapi range mid dan treble-nya juga dapat diandalkan. Fitur noise-cancelling bisa diaktifkan dengan mudah melalui satu tombol switch. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin memakai headphone di luar ruangan atau saat bepergian dengan kendaraan umum.

Bluedio T4 memiliki finishing logam yang membuat headphone ini terkesan stylish, kokoh, dan serupa headphone high-end sehingga kepercayaan diri Anda akan meningkat saat memakainya. Produk ini juga tepat bila Anda mencari headphone wireless on the go sebab Anda hanya perlu mengisi daya selama 10 menit untuk menikmati 3 jam full musik.

4. Audio Technica ATH-M20X

4. Audio Technica ATH-M20X

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 599.000

Headphone studio entry level untuk newbie

Di lini harga 500 ribuan Anda bisa mencoba Audio Technica seri M entry level, ATH-M20X. Untuk ukuran sebuah headphone studio, produk ini memiliki harga yang sangat terjangkau. Meski desainnya terasa lebih standar dibanding seri M lainnya, kualitas audio yang dihasilkan brand ini tidak perlu Anda ragukan lagi.

Bobotnya juga terasa ringan sehingga tidak akan tidak akan membebani kepala Anda. Suara vocal pada headphone ini dibuat lebih menonjol sehingga headphone ini akan cocok digunakan untuk memonitor suara saat recording. Meski tidak secanggih seri M lainnya, ATH-M20X adalah pilihan yang tepat untuk para newbie di bidang audio.

3. Samson SR850

3. Samson SR850

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 425.000

Audio mendetail untuk para pekerja musik

Samson SR850 memiliki desain semi open-back yang memberikan kualitas stereo dengan range frekuensi seimbang. Housing driver sebesar 50 mm akan membantu menghasilkan jangkauan suara luas dan dinamis. Range suara bass hingga treble juga terasa sangat akurat sehingga menjadikan headphone ini sangat pas untuk Anda yang mencari detail pada audio.

Di sisi lain, headphone ini terbilang cukup flat jika sekadar digunakan untuk menikmati musik. Namun, bila Anda adalah seorang musisi, komposer, atau teknisi suara, headphone ini akan sangat tepat untuk Anda. Terutama dengan budget terbatas, headphone ini akan memberikan kualitas terbaik di kelasnya!

2. Takstar HD 2000 Monitor

2. Takstar HD 2000 Monitor

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 490.000

Ikuti perubahan tempo lagu yang dinamis dengan sangat baik

Menyokong slogan professional monitoring headphone, Takstar HD 2000 bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mencari headphone studio ekonomis. Soundstage-nya luas dan terasa efek 3D sehingga suara vokal dari penyanyi akan terdengar dengan nyaman di telinga Anda tanpa terasa menusuk.

Dengan range frekuensi low-to-high, produk ini jadi terasa cocok untuk memutar jenis lagu apa pun. Headphone ini juga akan cocok untuk Anda yang menyukai musik beraliran rock karena produk ini mampu mengikuti perubahan tempo nada yang dinamis dengan sangat baik. Tenang saja, bass-nya juga dapat Anda andalkan, kok!

1. Zealot Bluetooth Headband Heaphone B570 

1. Zealot Bluetooth Headband Heaphone B570 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 201.900

Gonta-ganti baterai dan dipakai seharian pun tidak akan masalah lagi!

Zealot B570 ini sangat cocok untuk Anda penikmat musik yang hobi travelingEar cup yang bisa dilipat dan headband dari karet khusus menjadikan headphone ini sangat lentur dan mudah disimpan. Baterai headphone bisa diganti dengan baterai cadangan saat Anda tidak bisa mengisi dayanya sehingga traveling seharian pun tidak masalah!

Headphone ini memiliki suara super bass dengan audio jernih yang tidak hanya nyaman untuk mendengarkan musik, tetapi juga cocok untuk menonton film. Keunggulan lainnya adalah adanya FM radio dan slot micro SD yang membuat Anda bisa mendengarkan musik bahkan tanpa adanya gadget lain. Sangat lengkap, bukan?

Kesimpulan

Nah, kami telah memperkenalkan beberapa headphone yang unggul di kualitas suara dan fitur-fitur lainnya di kisaran harga 200-500 ribu. Bagaimana menurut Anda?

Jika Anda mencermati setiap poin memilih headphone di atas, hanya dengan 200-500 ribu Anda pasti bisa menemukan headphone terbaik untuk Anda. Segera dapatkan headphone terbaik favorit Anda dan nikmati musik kesayangan Anda!