1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Aksesori handphone & tablet
  6. >
  7. 10 Headphone Terbaik Seharga 200-500 Ribuan - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Headphone Terbaik Seharga 200-500 Ribuan - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Headphone Terbaik Seharga 200-500 Ribuan - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Headphone Terbaik Seharga 200-500 Ribuan - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Headphone Terbaik Seharga 200-500 Ribuan - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Headphone Terbaik Seharga 200-500 Ribuan - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Headphone Terbaik Seharga 200-500 Ribuan - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Saat ini penggunaan headphone merupakan sesuatu yang lazim bagi banyak orang. Headphone dipakai untuk berbagai kepentingan, mulai dari teman perjalanan, sarana hiburan, hingga urusan pekerjaan. Itu sebabnya pemilihan headphone yang berkualitas menjadi hal yang penting.


Karena itu, kami akan memaparkan cara memilih headphone, khususnya headphone di bawah 500 ribu. Simak juga ulasan beberapa produk headphone keluaran merek ternama, seperti SONY, NYK, dan Rexus. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi. Jangan lewatkan informasinya dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Diperbaharui 07-19-2022
Pakar
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Dennis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio. Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Profil Dennis Novriandi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Cara memilih headphone seharga 200-500 ribuan

Pertama-tama, kami akan menjabarkan poin-poin yang perlu Anda ketahui saat memilih headphone seharga 200-500 ribuan. Simak dan perhatikan dengan teliti sampai akhir, ya!

① Sesuaikan struktur ear cup dengan tempat Anda menggunakan headphone

Poin pertama saat memilih headphone adalah menentukan terlebih dahulu di mana Anda sering menggunakan headphone, apakah indoor atau outdoor. Dengan demikian, Anda dapat memilih headphone dengan jenis ear cup yang sesuai.

Tipe closed-back, cocok untuk outdoor dan menghasilkan suara yang tidak bocor

Tipe closed-back, cocok untuk outdoor dan menghasilkan suara yang tidak bocor
Closed-back headphone memiliki struktur ear cup yang tertutup sempurna. Hal ini menjadi satu kelebihan karena kebocoran suara akan sulit terjadi. Jika Anda sering memakai headphone di tengah keramaian atau saat bepergian, pilih headphone tipe over-ear ini. Produknya juga pas digunakan untuk produksi musik atau recording.

Biasanya closed-back headphone dilengkapi noise canceling yang bisa meredam kebisingan dari lingkungan sekitar. Sayangnya headphone ini tidak cocok digunakan dalam waktu lama karena suaranya teredam dan membuat telinga mudah lelah.

Tipe open-back, cocok untuk indoor dan memiliki kualitas suara bagus

Tipe open-back, cocok untuk indoor dan memiliki kualitas suara bagus
Berbeda dengan closed-back, open-back headphone memiliki sisi belakang ear cup berlubang sehingga suara bisa terdengar ke luar. Jadi, akan terjadi kebocoran suara, baik dari luar ke dalam ataupun sebaliknya karena tidak terisolasi dengan sempurna. Tipe ini paling nyaman digunakan, tetapi Anda masih bisa mendengarkan suara/ambience dari luar. Karena itu, headphone tipe on-ear ini tidak cocok digunakan di luar ruangan.

Akan tetapi, kebanyakan jenis open-back memiliki kualitas suara yang lebih bagus dibandingkan jenis closed-back. Jenis headphone ini direkomendasikan apabila Anda ingin menggunakannya dalam waktu lama di rumah. Meski begitu, open-back headphone cukup sulit ditemukan pada rentang harga ini karena kebanyakan terpasang pada produk high-end.

Tipe semi-open-back, nyaman dipakai mendengarkan musik saat bersantai di rumah

Tipe semi-open-back, nyaman dipakai mendengarkan musik saat bersantai di rumah

Selanjutnya, ada juga tipe semi-open-back headphone. Tipe ini dirancang dengan struktur ear cup tertutup, tetapi terbuka di bagian belakang dome speaker-nya. Celah tersebut memungkinkan kebocoran suara karena udara masuk ke ear cup. Namun, suara yang bocor tidak sebanyak pada tipe open back. Jadi, tipe ini lebih nyaman dipakai saat bersantai di rumah, tetapi kurang cocok dipakai di kantor atau di kereta.


Semi-open-back headphone memiliki karakteristik open-back dan closed-back yang seimbang. Produknya paling cocok digunakan untuk mendengarkan audio secara private. Anda bisa mendengarkan suara yang terisolasi seperti closed-back, tetapi tidak akan terasa pegal seperti menggunakan closed-back.

② Perhatikan metode koneksinya

Kualitas suara dan performa dari sebuah headphone akan sangat dipengaruhi oleh metode koneksinya. Umumnya, ada dua metode koneksi yang ditawarkan, yakni wired dan wireless headphone. Mari cek kelebihan masing-masing dari setiap model.

Wired headphone: Memprioritaskan kualitas suara, ideal digunakan saat di rumah

Wired headphone: Memprioritaskan kualitas suara, ideal digunakan saat di rumah
Jika Anda ingin menikmati suara yang dinamis, kami menyarankan untuk menggunakan wired headphone. Suara pada headphone berkabel lebih sulit terganggu noise sehingga Anda dapat menikmati suara yang berkualitas.

Kebanyakan penggemar musik lebih menyukai headphone jenis ini. Rata-rata untuk keperluan profesional masih banyak yang menggunakan kabel karena dan tidak ada latensi. Berikut merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan memilihnya.


  • Sesuaikan panjang kabel dengan alat yang ingin Anda hubungkan. Headphone yang memiliki kabel panjang akan lebih nyaman dipakai.

  • Perhatikan pula jenis konektornya. Bagian konektor pada headphone umumnya bertipe mini plug sehingga bisa digunakan pada smartphone atau MP3 player. Namun, biasanya diperlukan konektor untuk plug standar demi menghubungkannya ke perangkat eksternal, seperti headphone amplifier.

  • Jika Anda menggunakan smartphone jenis plug USB, Anda perlu memakai adaptor tambahan. Beberapa produsen smartphone sudah menghilangkan lubang headphone pada produk-produknya dan menggabungkannya dengan plug USB.

Wireless headphone: Praktis digunakan tanpa ada kabel yang mengganggu

Wireless headphone: Praktis digunakan tanpa ada kabel yang mengganggu
Jika Anda sering mendengarkan musik menggunakan pemutar musik portabel atau smartphone saat bepergian, kami merekomendasikan jenis wireless. Headphone jenis ini tidak menggunakan kabel sehingga penggunaannya lebih praktis untuk listening, terlebih saat bepergian.

Anda pun tidak akan mengalami masalah kabel yang terlilit sehingga tidak terganggu saat mendengarkan musik. Namun, Anda perlu membawa power bank untuk mengisi ulang daya ketika baterai headphone habis. Selain itu, spesifikasi, ketahanan baterai, dan jenis codec produknya penting untuk diperhatikan.


Biasanya wireless headphone dapat dipasangkan dengan mudah melalui Bluetooth. Karena itu, Anda juga perlu memperhatikan versi Bluetooth-nya. Makin tinggi angkanya, maka makin canggih kemampuannya. Saat ini headphone seharga 200-500 ribuan sudah banyak yang memiliki versi Bluetooth 5.0, bahkan 5.2 yang terbaru.

③ Kenali jenis codec yang ditawarkan

Kenali jenis codec yang ditawarkan

Pada umumnya, wireless headphone yang bisa terhubung melalui Bluetooth dilengkapi dengan codec. Codec merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan kualitas suara dari headphone tersebut. Ada cukup banyak jenis codec, beberapa di antaranya SBC, aptX, LDAC, dan AAC. Berikut ulasan singkat mengenai keempat jenis codec.


  • SubBand Codec (SBC)

Di antara jenis lainnya, SBC merupakan jenis yang sering digunakan. Tak heran jika hampir seluruh perangkat Bluetooth kompatibel dengan codec ini. Akan tetapi, kualitas yang dihasilkan oleh SBC kurang bagus.


  • aptX

Jika dibanding dengan SBC, aptX mempunyai rasio kompresi yang lebih kecil dan lebih cocok dipakai untuk perangkat Android. Selain itu, rentang suara yang dihasilkan cenderung tidak berkurang, bahkan hampir tidak ada delay.


  • LDAC

Codec ini menawarkan pengalaman audio high resolution. LDAC dibuat oleh brand terkenal dari Jepang, yaitu SONY. Jenis ini pun hanya kompatibel dengan produk buatan SONY, seperti Xperia dan Walkman.


  • Advanced Audio Coding (AAC)

Sementara itu, AAC merupakan codec yang paling banyak dipakai oleh semua produk Apple. Jangkauan frekuensi tinggi (treble) pada AAC juga lebih bagus daripada SBC. Selain itu, jumlah transmisi data dalam satu waktunya lebih banyak. Karena itu, suara yang dihasilkannya tidak mengalami jeda waktu yang terlalu lama.


Sayangnya seller di marketplace yang memberikan informasi mengenai jenis codec pada headphone sangat minim. Jadi, jangan ragu untuk bertanya langsung kepada seller apabila Anda ingin mengetahui jenis codec yang dipakai, ya.

④ Pilih rentang frekuensi suara berdasarkan genre musik favorit

Pilih rentang frekuensi suara berdasarkan genre musik favorit

Rentang frekuensi suara pada headphone berbeda-beda tergantung produknya. Maka dari itu, penting untuk memahami range suara yang Anda inginkan. Untuk mendapat produk yang tepat, periksalah rentang frekuensi suara yang tertera pada spesifikasi headphone. Pada umumnya, ukuran frekuensi tersebut disebutkan dengan satuan hertz (Hz) dan kilohertz (kHz).


Satuan Hz yang rendah merepresentasikan suara yang rendah pula (bass). Sementara itu, satuan Hertz yang tinggi merepresentasikan suara yang tinggi (treble). Rentang frekuensi suara pada headphone seharga 200–500 ribuan yakni sekitar 10 Hz–30 kHz. Untuk itu, sesuaikan range suara headset dengan genre musik kesukaan Anda.


  • Jika Anda sering mendengarkan musik aliran pop, kami merekomendasikan headphone yang memiliki mid-to-high range (medium hingga treble).

  • Headphone yang memiliki bass range akan terasa pas untuk lagu-lagu yang kuat di bass, seperti rock atau jazz.

  • Middle range headphone cocok untuk musik dengan range treble hingga bass yang luas, seperti musik klasik.

⑤ Utamakan over-ear headphone untuk kualitas suara dan kenyamanan yang lebih baik

Utamakan over-ear headphone untuk kualitas suara dan kenyamanan yang lebih baik
Sumber: rexus.id

Over-ear headphone memiliki ciri khas ear cup yang besar sehingga mampu menutup telinga dengan baik. Karena punya desain housing ear cup yang besar, kemampuannya dalam mereduksi noise terbilang sangat baik. Headphone ini biasanya memiliki desain yang paling nyaman. Jika Anda tidak masalah dengan besarnya ear cup, tipe ini mempunyai bantalan yang tidak terlalu membebani kepala.


Headphone ini cocok Anda pakai di tempat yang butuh isolasi suara, seperti studio atau di pesawat terbang. Selain itu, over-ear headphone tepat digunakan bila Anda ingin mendapatkan kualitas suara maksimal ketika berada di ruang terbuka. Meskipun begitu, headphone tipe ini kurang pas dibawa traveling karena akan memakan tempat.

⑥ Pertimbangkan produk keluaran brand kecil

Pertimbangkan produk keluaran brand kecil
Ketika memilih peralatan elektronik rumah tangga, banyak orang cenderung memilih produk dari brand terkemuka. Namun, ada kalanya produk dari produsen kecil punya performa lebih baik daripada brand besar untuk kelas harga yang sama.

Banyak produk dari brand kecil seharga 200–500 ribuan memiliki kualitas dan fungsi yang seimbang. Jika Anda tidak mencari suatu keunggulan khusus dari brand besar, headphone dari brand kecil bisa dipertimbangkan.

Akan tetapi, lihatlah spesifikasi dan after sales-nya. Pastikan produknya punya banyak keluhan atau tidak. Pelajari juga product knowledge-nya dengan mengecek di YouTube atau forum brand tersebut.

⑦ Cek suku cadang dan masa garansi

Cek suku cadang dan masa garansi
Headphone dengan kisaran harga 200–500 ribuan tidak bisa dikatakan murah. Karena itu, Anda ingin memiliki headphone yang dapat dipakai untuk waktu yang lama, bukan? Kalau begitu, perhatikan dua poin berikut sebelum Anda menjatuhkan pilihan, ya.

  • Suku cadang pengganti
Pastikan Anda memeriksa suku cadang pengganti dari produk. Hal ini penting supaya Anda bisa memperbaiki bagian headphone yang rusak tanpa perlu membeli produk baru. Jika headphone tersebut berasal dari produsen besar, Anda tidak perlu khawatir. Namun, ada kemungkinan komponen produk keluaran lama dari produsen kecil sudah tidak diproduksi lagi. Spare part yang umum adalah ear pad dan kabel jack.

  • Garansi

Agar headphone dapat dipakai dalam jangka waktu lama, perhatikanlah masa garansi, bagaimana perawatan setelah pembelian, dan tempat service-nya. Headphone seharga 200–500 ribuan yang ada di pasaran kebanyakan memiliki masa garansi sekitar 6 bulan hingga 2 tahun. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengecek review pengguna atau membaca informasi dari situs resmi produk tersebut.

10 Rekomendasi headphone terbaik seharga 200-500 ribuan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk headphone terbaik seharga 200-500 ribuan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dennis Novriandi.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Luna Life

Headphone Music With Mic 9D

Luna Life Headphone Music With Mic 9D 1枚目

Minim delay saat menonton film berkat teknologi Bluetooth 5.2

2

SONY

MDR-ZX110AP

SONY MDR-ZX110AP 1枚目

Praktis dibawa! Teman menyenangkan saat perjalanan

3

LENYES

Headphone LH93

LENYES Headphone LH93 1枚目

Mampu terhubung pada dua perangkat sekaligus

4

CIJI

Headphone Wireless Bluetooth Telinga Kucing

CIJI Headphone Wireless Bluetooth Telinga Kucing 1枚目

Detail telinga kucingnya bikin tampilan terlihat chic!

5

Rexus

S7 Pro

Rexus S7 Pro 1枚目

Bentuk trendi dengan desain foldable yang mudah disimpan

6

NYK

X800

NYK  X800 1枚目

Headphone gaming tangguh, mampu bertahan hingga 20 jam

7

audio-technica

ATH-AVC200 SonicPro Over-Ear Headphone

audio-technica ATH-AVC200 SonicPro Over-Ear Headphone 1枚目

Dilengkapi adjustable strap yang dapat diatur kekencangannya

8

MPOW

CH6 Plus Kids Headphone

MPOW  CH6 Plus Kids Headphone 1枚目

Headphone yang cocok dipakai remaja dan buah hati

9

Behringer

HPX2000

Behringer  HPX2000 1枚目

Headphone DJ, nyaman digunakan dalam keramaian

10

iSK

HP-580

iSK HP-580 1枚目

Audio detail dengan jangkauan suara yang luas

Perincian produk
Close
No.1

Luna LifeHeadphone Music With Mic 9D

Mulai dari Rp249.900,00

Minim delay saat menonton film berkat teknologi Bluetooth 5.2

Apabila Anda sering menonton film atau video, produk ini bisa jadi pilihan tepat. Dengan headphone nirkabel dari Luna Life, Anda bisa jadi lebih leluasa bergerak. Pasalnya, produk ini sudah menggunakan teknologi Bluetooth 5.2 yang minim delay. Alhasil, sinkronisasi visual dan audionya akan berjalan dengan baik.


Selain itu, di bagian dome speaker terdapat slot untuk meletakkan micro SD. Dengan demikian, Anda pun bisa menyimpan lagu-lagu favorit di dalamnya. Tak perlu menyambungkan ke perangkat, tinggal putar saja melalui headphone ini!

No.2

Praktis dibawa! Teman menyenangkan saat perjalanan

Apakah Anda seorang traveler yang sering mendengarkan lagu di perjalanan? Produk dari SONY ini bisa menjadi teman perjalanan Anda. Bobotnya yang hanya 125 gram dan kabel yang tidak mudah kusut membuatnya mudah dibawa bepergian. Karena headphone ini berjenis wired headphone, Anda tidak perlu cemas kehabisan daya baterai.


Headphone ini mempunyai rentang frekuensi suara 12–22.000 Hz sehingga kualitas audionya sangat bersih. Selain itu, produk ini memiliki sensitivitas sebesar 98 dB/mW yang akan membantu menghasilkan suara maksimal.

No.3

Mampu terhubung pada dua perangkat sekaligus

Anda ingin memutar musik pada dua perangkat sekaligus? Jika iya, LENYES mempunyai produk yang tepat untuk Anda. Headphone LH93 ini dilengkapi dengan 2-in-1 connection yang dapat menghubungkan dua perangkat sekaligus. 


Dengan demikian, Anda pun dapat menikmati musik pada dua perangkat secara bergantian tanpa keluar dari koneksi. Menariknya, berkat auto shut down yang ada, headphone ini akan mati sendiri jika tidak ada aktivitas. 

No.4

CIJIHeadphone Wireless Bluetooth Telinga Kucing

Mulai dari Rp350.000,00

Detail telinga kucingnya bikin tampilan terlihat chic!

Headphone yang tepat juga mampu mendukung penampilan dan gaya Anda. Nah, apabila Anda penyuka tampilan yang imut, produk ini layak untuk dipilih. Produk dari CIJI ini menawarkan lima pilihan warna yang girly dengan detail telinga kucing. 


Perpaduan detail telinga dengan kombinasi dua warna yang kontras sukses membuat produk ini tampak lebih chic sekaligus cute. Selain dilengkapi dengan IPX7 waterproof dan noise canceling, telinga kucing tersebut akan menyala ketika Anda mendengarkan musik, lho. Unik, bukan?

No.5

Bentuk trendi dengan desain foldable yang mudah disimpan

Untuk Anda yang sering bepergian, headphone dengan tampilan menarik dan mudah disimpan ini akan menjadi keuntungan tersendiri. Produk dari Rexus ini memiliki tampilan yang elegan sehingga terlihat keren saat dipakai. Headband-nya dilapisi dengan protein leather sehingga terasa nyaman saat menyentuh kulit.


Kedua dome speaker pada headphone ini dapat diputar hingga 180 derajat. Dengan begitu, posisi kepala headphone dapat diatur sehingga memudahkan Anda untuk menyimpannya. Anda juga bisa menarik batang headband untuk menyesuaikannya dengan ukuran kepala Anda.

No.6

Headphone gaming tangguh, mampu bertahan hingga 20 jam

Jika Anda seorang gamer, Anda pasti membutuhkan headphone yang tangguh dan dapat menyala dalam waktu yang lama. Maka dari itu, kami merekomendasikan NYK X800 yang didesain sebagai gaming headphone. Produk ini merupakan wireless headphone yang dapat digunakan hingga 20 jam.

Kualitas suaranya sangat jernih dan tajam karena memiliki speaker bass yang rendah. Dilengkapi dengan pencahayaan RGB illumination pada kedua ear cup-nya, tampilan headphone saat menyala jadi lebih menarik.

No.7

audio-technicaATH-AVC200 SonicPro Over-Ear Headphone

Mulai dari Rp349.000,00

Dilengkapi adjustable strap yang dapat diatur kekencangannya

Ukuran headphone yang tidak pas di kepala tentu akan membuat tidak nyaman, bahkan melorot. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda memilih produk dari audio-technica ini. Headphone ini dilengkapi dengan adjustable strap yang dapat disesuaikan dengan ukuran kepala Anda. Dengan demikian, Anda pun dapat betah memakainya seharian tanpa khawatir headphone akan melorot.

No.8

MPOW CH6 Plus Kids Headphone

Mulai dari Rp349.000,00

Headphone yang cocok dipakai remaja dan buah hati

Buah hati tercinta gemar mendengarkan musik? Kalau begitu, hadiahkan saja si kecil headphone yang satu ini. MPOW merancang khusus headphone ini dengan ukuran yang pas dipakai oleh anak-anak dan remaja. 


Selain untuk mendengarkan musik favoritnya, si kecil juga bisa memakainya ketika pembelajaran daring. Pengaturannya juga berada di sebelah kiri dome speaker sehingga memudahkan si kecil untuk mengaturnya.

No.9

Headphone DJ, nyaman digunakan dalam keramaian

Behringer HPX200 direkomendasikan jika Anda seorang disk jockey (DJ) yang sering mendengarkan musik dalam keadaan ramai. Produk ini diklaim mempunyai dynamic range yang tinggi dan didukung dengan high-definition bass. Ear cup-nya sangat fleksibel karena dapat diputar baik ke dalam maupun ke luar. Kemudian, ear pad-nya dibuat menggunakan bahan kulit dan bantalan yang empuk.

No.10

Audio detail dengan jangkauan suara yang luas

Liriklah produk ini apabila Anda bekerja sebagai komposer, sound engineer, atau sejenisnya. iSK HP-580 merupakan produk yang memiliki jangkauan suara yang lebih luas dan dinamis. Rentang frekuensi suaranya dari 10 Hz hingga 30 kHz, terluas di kelasnya. Dengan karakter suara yang dihasilkan, headphone ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mencari detail pada audio.

Pertanyaan umum seputar headphone/headset

Pertanyaan umum seputar headphone/headset

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer mengenai headphone/headset. Jika Anda masih penasaran dengan headphone/headset, simak jawabannya di bawah ini!

Apa yang membuat headset cepat rusak?

Headset atau headphone bisa mudah rusak karena kabel yang tidak dirapikan, terjadi korsleting karena air, atau diletakkan sembarangan. Selain itu, penggunaan volume melebihi kapasitas driver pada headphone akan membuat distort dan pecah pada speaker.

Apakah headset merusak otak?

Apabila Anda memakai headset atau headphone terlalu lama, hal ini bisa menyebabkan masalah pada otak. Hal tersebut terjadi karena headphone menghasilkan gelombang elektromagnetik. Namun, US Federal Government dan WHO menyebutkan bahwa consumer product aman untuk digunakan sehingga tidak merusak otak.

Berapa lama penggunaan headset yang dianjurkan?

World Health Organization (WHO) menganjurkan penggunaan headphone atau headset tidak lebih dari 1 jam. Volume maksimum yang disarankan adalah 60%. Gangguan pendengaran dapat terjadi karena terlalu lama memakai headphone dengan volume kencang.

Apa bahaya menggunakan headset saat tidur?

Memakai headset saat tidur berarti otak tidak beristirahat sebagaimana mestinya. Headset juga bisa menekan saraf pada telinga. Anda disarankan tidak memakai headset ketika tidur.

Baca juga rekomendasi headphone lainnya di sini

Selain mengupas headphone dengan harga 200–500 ribuan, kami juga telah mengulas jenis headphone lainnya. Ada berbagai jenis headphone yang dibedakan sesuai penggunaannya, seperti noise cancelling headphone, surround headphone, dan Bluetooth headphone. Jika Anda membutuhkan ulasannya sebagai bahan pertimbangan, silakan baca tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah membaca cara memilih headphone beserta rekomendasinya, apakah Anda sudah menemukan produk yang diinginkan? Beberapa headphone seharga 200–500 ribuan memiliki kualitas suara yang mumpuni. 

Temukanlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Dengan demikian, Anda dapat menikmati musik-musik kesukaan dengan kualitas suara yang menyenangkan telinga. Semoga ulasan ini membantu Anda menemukan headphone yang tepat. 
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer