• 10 Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Bila Anda ingin membentuk otot, BCAA (branched chain amino acid) adalah nutrisi penting yang tidak boleh dilewatkan, terutama saat berolahraga atau latihan fisik. Saat ini, telah banyak produsen yang menelurkan produk suplemen ini, seperti Doctor’s Best, BPI Sports, dan sebagainya. Anda tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Apabila Anda bingung dalam memilih, simaklah dulu informasi dari kami berikut ini. Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi suplemen BCAA terbaik. Pilihlah dengan bijak dan konsumsi secara rutin agar otot dan tubuh semakin kuat!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 1.095 Views
Daftar isi

BCAA, asam amino yang sangat mudah diserap otot

BCAA, asam amino yang sangat mudah diserap otot
BCAA merupakan salah satu yang paling penting di antara asam amino esensial, dan terkandung dalam makanan berprotein, seperti daging, ikan, atau produk olahan susu. Setelah protein dari bahan makanan selesai diurai oleh tubuh, kebanyakan jenis asam amino tidak langsung menuju ke otot, melainkan dimetabolisme dalam hati. Hanya asam amino jenis BCAA sajalah yang langsung diserap otot sehinga otot bisa ternutrisi dengan cepat.
Karena kemampuannya tersebut, suplemen BCAA sangat populer dan sering dikonsumsi saat berolahraga atau latihan membentuk otot. Apalagi ketika melakukan olahraga berat, tubuh Anda tidak hanya akan menguraikan asam amino dari gula dan darah saja, tetapi juga asam amino dari otot. Hal ini akan menyebabkan degradasi otot yang bisa membuat Anda kelelahan sehingga performa menurun. Dengan mengonsumsi suplemen BCAA, otot Anda akan tetap kuat, tidak mudah lelah, dan performa tetap terjaga.
Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi suplemen BCAA saat melakukan olahraga endurance, seperti lari atau renang, stamina Anda juga akan meningkat. Kemudian, suplemen BCAA juga membantu pembentukan otot saat Anda sedang melakukan latihan otot. Jadi, terlepas dari jenis latihan yang Anda lakukan, suplemen BCAA tetap dapat memberi berbagai manfaat.
Selain itu, suplemen BCAA tidak hanya cocok Anda konsumsi saat berolahraga, tetapi juga untuk kegiatan sehari-hari. Anda bisa mengonsumsinya agar tidak cepat merasa lelah, untuk mencegah pegal-pegal setelah kerja fisik, atau ketika masa pemulihan setelah sakit. Tingkatkanlah performa Anda, baik saat olahraga maupun kegiatan sehari-hari dengan mengonsumsi BCAA!

Cara memilih suplemen BCAA

Suplemen BCAA memiliki banyak manfaat yang dapat Anda harapkan. Supaya tidak salah pilih, kami akan segera menjelaskan cara memilih suplemen BCAA agar Anda bisa membeli produk yang tepat.

Pilih yang harganya terjangkau

Pilih yang harganya terjangkau
Secara garis besar, suplemen BCAA dikonsumsi sebanyak 2-5 gram per satu takaran saji. Suplemen ini dijual dalam bentuk kapsul dan bubuk. Biasanya, suplemen berwujud kapsul dijual dalam kisaran harga 150 ribuan per 100 kapsul. Sedangkan yang berwujud bubuk harganya lebih murah, yaitu sekitar 90 ribuan per 100 gram. Agar dapat mengonsumsinya secara rutin dan berkelanjutan, produk dengan harga yang terjangkau lebih direkomendasikan.
Suplemen BCAA yang dikemas dalam ukuran besar dan ditawarkan dengan harga yang lebih murah biasanya merupakan produk impor. Selain itu, terdapat pula sumplemen BCAA yang menawarkan kemasan satuan lebih kecil. Namun, produk semacam ini tidak terlalu direkomendasikan karena secara perhitungan jadi lebih mahal. Sebaiknya Anda tidak membeli suplemen dalam kemasan individu kecuali untuk sekadar mencoba atau saat membutuhkan asupan dalam kondisi mendesak.

Pilih yang berbentuk bubuk

Pilih yang berbentuk bubuk
Suplemen BCAA berbentuk kapsul mudah dibawa dan mudah dikonsumsi di mana pun Anda mau. Meski begitu, suplemen berbentuk kapsul biasanya mengandung BCAA dalam jumlah yang lebih sedikit per takaran sajinya. Selain itu, suplemen BCAA berbentuk kapsul lebih lambat diserap tubuh dibandingkan dengan yang berbentuk bubuk. Dari segi harga, bentuk kapsul juga cenderung lebih mahal.
Suplemen BCAA berbentuk bubuk dahulunya memiliki karakteristik tidak mudah larut dalam air. Namun, pengembangan terus dilakukan sehingga saat ini suplemen BCAA berbentuk bubuk menjadi lebih mudah larut dalam air dan terasa enak di lidah saat Anda minum. Tidak hanya itu, Anda juga akan lebih mudah menentukan takaran BCAA-nya sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena berbagai kelebihan pada harga, rasa, dan kemudahan mengonsumsi, suplemen BCAA berbentuk bubuk lebih direkomendasikan.

Pilih yang memiliki rasio komposisi yang ideal

Pilih yang memiliki rasio komposisi yang ideal
BCAA terdiri dari 3 asam amino esensial, yakni leucine, isoleucine, dan valine. Ketika hendak membeli suplemen BCAA, Anda harus mengetahui rasio komposisi ketiga zat tersebut. Suplemen BCAA dengan rasio komposisi 2:1:1 lebih direkomendasikan. Dengan rasio komposisi tersebut, leucine yang berfungsi untuk menutrisi otot memiliki rasio lebih tinggi sehingga suplemen BCAA semakin efektif menutrisi otot Anda.
Sebenarnya, ada juga suplemen BCAA yang kaya akan kandungan leucine dengan rasio komposisi 3:1:2 atau bahkan 4:1:1. Meski begitu, kandungan leucine yang terlalu banyak juga tidak baik untuk tubuh. Perlu Anda ketahui, baik isoleucine maupun valine memiliki manfaat tersendiri yang tidak kalah penting. Isoleucine akan mencegah terjadinya penumpukan lemak dengan cara membakar lemak. Sementara valine akan mempercepat pemulihan otot setelah kelelahan akibat berolahraga.
Mengingat ketiga zat tersebut memiliki manfaat tersendiri, rasio ideal dari ketiga zat tersebut sangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, sebaiknya pilihlah suplemen BCAA dengan komposisi rasio 2:1:1.

10 Rekomendasi suplemen BCAA terbaik

Sekarang, kami akan memberikan daftar 10 rekomendasi suplemen BCAA terbaik. Anda bisa memilih produk yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca dan memilih!
Volume270 gr
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1
Volume700 gr
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1
Volume410 gr
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1
Volume250 gr
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1
Volume300 gr
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1
Volume462 kapsul
BentukKapsul
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1
Volume200 kapsul
BentukKapsul
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1

3. Scivation Xtend Elite Island Punch Fusion

Rp500.000,00

Volume585 gr
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1
Volume348 gr
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1

1. Doctor’s Best Instantized BCAA 2:1:1 Powder

Rp697.408,00

Volume300 gr
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1

Cara mengonsumsi suplemen BCAA dan efek sampingnya

Cara mengonsumsi suplemen BCAA dan efek sampingnya
Untuk merasakan manfaat BCAA secara optimal, kami merekomendasikan Anda agar mengonsumsi minimal 2 gram BCAA dalam 1 takaran saji. Dengan begitu, kadar BCAA dalam darah akan tetap terjaga bahkan dalam kurun waktu lewat dari 2 jam setelah Anda mengonsumsinya.
Apalagi, bila Anda meminumnya 30 menit sebelum berolahraga atau memulai latihan fisik, tubuh Anda akan ternutrisi dengan asam amino dalam jumlah yang cukup memadai sehingga otot tidak akan terdegradasi dan Anda pun tidak akan cepat lelah. Selain itu, Anda juga bisa meminumnya selagi berolahraga.
Bila Anda sedang melaksanakan program latihan untuk pembentukan otot, Anda bisa mengonsumsi minimal 5 gram. Dengan jumlah minimal 5 gram dan rasio komposisi 2:1:1, otot akan ternutrisi dengan leucine paling sedikit 2,5 gram sehingga proses pembentukannya akan semakin maksimal. Dalam masa pembentukan otot, Anda bisa mengonsumsinya baik sebelum maupun saat workout.
Meski bukan untuk tujuan berolahraga, Anda tetap bisa mengonsumsi suplemen BCAA. Dengan mengonsumsi suplemen BCAA, berarti Anda sedang menutrisi tubuh dengan asam amino. Suplemen BCAA cocok dikonsumsi saat Anda banyak melakukan aktivitas fisik, tidak sempat makan berat, atau sebelum istirahat di malam hari.
Mencampurkan suplemen BCAA pada minuman Anda dan meminumnya sedikit demi sedikit pun tidak masalah. Kebutuhan asam amino akan tercukupi dan Anda bisa lebih mudah pulih dari kelelahan.
Selama Anda tidak memiliki masalah metabolisme terhadap protein maupun asam amino, Anda tidak akan mengalami efek samping apa pun ketika mengonsumsi suplemen BCAA dalam jumlah lebih banyak. Meski begitu, konsumsilah suplemen BCAA secukupnya sesuai dengan takaran saji yang direkomendasikan masing-masing produk, ya!

Baca juga rekomendasi suplemen lain untuk pencinta olahraga di sini!

Selain suplemen BCAA, ada pula jenis suplemen pembentuk otot lainnya yang dapat dikonsumsi jika Anda sering melakukan aktivitas olahraga. Bila Anda penasaran, silakan simak penjelasan kami tentang suplemen tersebut melalui link di bawah ini!

Kesimpulan

Dengan mengonsumsi suplemen BCAA saat berolahraga, otot Anda tidak akan terdegradasi dan justru semakin terbentuk. Tidak hanya itu, performa dan stamina Anda juga akan meningkat, serta tidak mudah kelelahan.
Bila Anda hendak membeli suplemen BCAA, pilihlah produk dengan harga terjangkau dan rasio komposisi yang ideal. Jika memungkinkan, pilihlah produk yang berbentuk bubuk agar lebih ekonomis untuk pemakaian berkelanjutan. Untuk hasil yang optimal, konsumsilah suplemen BCAA sesuai takaran saji masing-masing produk.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik Untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik Untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2019)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang sehingga pemilihan sabun muka pun tak boleh sembarangan.Kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih sabun muka, serta merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih ada banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    22.893 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    17.492 Views
  • 10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2019)
    Sekarang ini, parfum menjadi hal penting yang dapat menunjang penampilan pria. Banyak merek yang menjual parfum khusus untuk pria, sebut saja Chanel, Givenchy, Bvlgari, Calvin Klein, dan berbagai merek lainnya. Dengan hadirnya berbagai aroma, desain, dan harga, tentu membuat Anda jadi bingung menentukan pilihan, bukan?Anda tidak perlu khawatir! Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih parfum beserta tips cara pemakaian yang benar. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk Anda. Jadi, untuk Anda yang ingin membeli parfum khusus untuk pria, baca artikel ini sampai selesai!
    Kosmetik & kesehatan
    18.940 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2019)
    Eye cream atau krim mata merupakan produk skincare yang ditujukan untuk perawatan kulit sekitar mata yang menghitam, kendur, atau kering. Tak heran jika produk ini memiliki harga yang relatif tinggi karena manfaatnya juga luar biasa. Namun, berbagai produsen, seperti Pond’s, L’oreal, dan Olay tidak kehabisan cara untuk meluncurkan produk eye cream dengan harga terjangkau.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih eye cream dengan harga terjangkau dan merekomendasikan sepuluh produk eye cream terbaik yang banyak dijual di drugstore maupun online shop. Untuk selengkapnya, yuk, simak ulasan berikut ini!
    Kosmetik & kesehatan
    15.631 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2019)
    Jika jerawat sulit untuk disembuhkan, hal ini bisa jadi disebabkan oleh pemakaian produk perawatan wajah, terutama pelembap, yang tidak sesuai dengan kulit Anda. Saat ini tersedia banyak merek pelembap seperti The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya yang memiliki kandungan untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat dan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Mari gunakan produk yang cocok dengan kondisi kulit untuk mengatasi jerawat di wajah secara maksimal!
    Kosmetik & kesehatan
    19.419 Views
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Vapor atau rokok elektronik, sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan masih banyak lagi.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Hal ini juga termasuk merek-merek yang tersedia di pasaran. Maka, pilihlah sesuai selera Anda.
    Kosmetik & kesehatan
    18.264 Views
  • 10 Rekomendasi BB Cream Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi BB Cream Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2019)
    Dengan bertambahnya usia, wanita akan mengalami menopause sehingga kadar hormon dalam tubuh tidak seimbang. Pada usia 40 tahun ke atas, tanda-tanda penuaan di wajah akan mulai tampak, seperti kerutan halus, pigmentasi, dan kulit kusam. Bagaimanakah cara memilih BB cream yang bagus dan sesuai untuk wanita usia 40-an?Selain merawat wajah secara rutin, Anda dapat menyiasati tanda penuaan tersebut menggunakan BB cream dengan kandungan skin care yang sesuai. Merek-merek terbaik yang akan kami rekomendasikan, seperti Dr.Jart+, La Roche-Posay, dan Kiehl’s dapat Anda jadikan pilihan. Mari kita simak bersama!
    Kosmetik & kesehatan
    3.078 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori