10 Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bila Anda ingin membentuk otot, BCAA (branched chain amino acid) adalah nutrisi penting yang tidak boleh Anda lewatkan, terutama saat berolah raga atau latihan fisik. Saat ini, telah banyak produsen yang menelurkan produk suplemen ini, seperti Doctor’s Best, BPI Sports, dan sebagainya. Anda tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apabila Anda merasa bingung dalam memilih, simaklah dulu informasi dari kami. Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi suplemen BCAA terbaik. Pilihlah dengan bijak dan konsumsi secara rutin agar otot dan tubuh semakin kuat!

Daftar isi

BCAA, asam amino yang sangat mudah diserap otot

BCAA, asam amino yang sangat mudah diserap otot

Anda bisa memperoleh asam amino dari makanan berprotein, seperti daging, ikan, atau produk olahan susu. Setelah protein dari bahan makanan tersebut selesai diurai oleh tubuh, kebanyakan jenis asam amino tidak langsung menuju ke otot, melainkan disimpan di dalam hati. Hanya asam amino jenis BCAA sajalah yang langsung diserap otot sehinga otot bisa ternutrisi dengan cepat.

Karena itu, suplemen BCAA sangat populer dan sering dikonsumsi saat berolahraga atau melakukan berbagai latihan fisik. Apalagi, ketika Anda melakukan olahraga berat, tubuh Anda tidak hanya akan menguraikan asam amino dari gula dan darah saja, tetapi juga asam amino dari otot Anda. Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya degradasi otot yang kemudian membuat Anda menjadi kelelahan dan mengalami penurunan performa. Dengan mengonsumsi suplemen BCAA, otot Anda menjadi tetap kuat. Performa Anda juga tetap terjaga dan tidak mudah lelah.

Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi suplemen BCAA saat melakukan latihan lari atau berenang, stamina Anda juga akan meningkat. Kemudian, suplemen BCAA juga membantu pembentukan otot saat Anda sedang melakukan latihan otot. Dengan begitu, terlepas dari jenis latihan yang Anda lakukan, suplemen BCAA tetap dapat memberi Anda berbagai manfaat.

Apalagi, suplemen BCAA tidak hanya cocok Anda konsumsi saat berolahraga, tetapi juga untuk kegiatan sehari-hari. Anda bisa mengonsumsinya agar Anda tidak cepat merasa lelah. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsinya untuk mencegah pegal-pegal setelah kerja fisik atau ketika masa pemulihan setelah sakit. Tingkatkanlah performa Anda, baik saat olahraga maupun kegiatan sehari-hari dengan mengonsumsi BCAA!

Cara memilih suplemen BCAA

Suplemen BCAA memiliki banyak manfaat yang dapat Anda harapkan. Agar tidak salah pilih, kami akan segera menjelaskan cara memilih suplemen BCAA agar Anda bisa membeli produk yang tepat.

Produk yang harganya terjangkau lebih direkomendasikan

Produk yang harganya terjangkau lebih direkomendasikan

Untuk memperoleh khasiat maksimal dari suplemen BCAA, tentu Anda harus mengonsumsinya secara rutin. Secara garis besar, suplemen BCAA dijual dalam wujud kapsul dan bubuk. Mengingat BCAA biasanya dikonsumsi sebanyak 2-5 gram per satu takaran saji, tentu Anda akan mengeluarkan cukup banyak biaya bila hendak mengonsumsinya secara rutin. Karena itu, produk dengan harga yang terjangkau lebih direkomendasikan.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa langsung membeli suplemen BCAA berukuran besar yang isinya banyak karena bila dihitung secara rinci, produk seperti itu biasanya lebih terjangkau harganya dibandingkan dengan produk berukuran kecil. Sebagai contoh, suplemen BCAA merek tertentu yang berukuran kecil dengan berat bersih 200 gram dijual seharga Rp 300.000. Kemudian, produk berukuran besar dengan berat bersih 400 gram dijual seharga Rp 480.000. Bila dihitung, harga per gram kedua produk tersebut secara berturut-turut adalah Rp 1.500/gram dan Rp 1.200/gram. Dengan begitu, produk berukuran besar yang isinya lebih banyak justru memiliki harga lebih ekonomis, bukan?

Yang terpenting, Anda harus memastikan bahwa kandungan nutrisinya cukup memadai. Bila produk yang Anda pilih harganya terjangkau, tetapi tidak memiliki jumlah nutrisi yang memadai, uang Anda jadi terbuang sia-sia tanpa mendapatkan manfaat yang diidamkan.

Produk berbentuk bubuk lebih direkomendasikan

Produk berbentuk bubuk lebih direkomendasikan

Suplemen BCAA berbentuk kapsul mudah dibawa dan mudah dikonsumsi di manapun Anda mau. Tidak hanya itu, harganya juga cenderung lebih murah dibanding dengan suplemen BCAA berbentuk bubuk. Meski begitu, suplemen BCAA berbentuk kapsul biasanya mengandung BCAA dalam jumlah yang tidak banyak. Selain itu, suplemen BCAA berbentuk kapsul lebih lambat diserap tubuh dibandingkan dengan yang berbentuk bubuk.

Apalagi, meski suplemen BCAA berbentuk bubuk awalnya tidak mudah larut dalam air, pengembangan terus dilakukan sehingga saat ini suplemen BCAA berbentuk bubuk lebih mudah larut di dalam air dan terasa enak di lidah saat Anda minum. Tidak hanya itu, Anda juga akan lebih mudah menentukan takaran BCAA-nya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mengonsumsi suplemen BCAA pun jadi lebih praktis bila Anda melarutkannya terlebih dahulu. Setelah siap diminum, Anda juga bisa membawa dan meminumnya di mana pun Anda mau. Karena segala kelebihannya itulah suplemen BCAA berbentuk bubuk lebih direkomendasikan.

Produk dengan rasio komposisi yang seimbang lebih direkomendasikan

Produk dengan rasio komposisi yang seimbang lebih direkomendasikan

BCAA terdiri dari 3 asam amino esensial, yakni leucine, isoleucine, dan valine. Ketika hendak membeli suplemen BCAA, Anda harus mengetahui rasio komposisi ketiga zat tersebut. Suplemen BCAA dengan rasio komposisi 2:1:1 lebih direkomendasikan. Dengan rasio komposisi tersebut, leucine yang berfungsi untuk menutrisi otot memiliki rasio lebih tinggi sehingga suplemen BCAA semakin efektif menutrisi otot Anda.

Sebenarnya, ada juga suplemen BCAA yang kaya akan kandungan leucine dengan rasio komposisi 3:1:2 atau bahkan 4:1:1. Meski begitu, kandungan leucine-nya yang terlalu banyak juga tidak baik untuk tubuh. Perlu Anda ketahui, baik isoleucine maupun valine memiliki manfaat tersendiri yang tidak kalah penting. Isoleucine akan mencegah terjadinya penumpukan lemak dengan cara membakar lemak. Kemudian, valine akan mempercepat pemulihan otot setelah kelelahan akibat berolahraga. Mengingat ketiga zat tersebut memiliki manfaat tersendiri, keseimbangan rasio komposisi ketiga zat tersebut menjadi sangat penting. Karena itu, suplemen BCAA dengan komposisi rasio 2:1:1 lebih direkomendasikan.

10 Rekomendasi suplemen BCAA terbaik

Sekarang, kami akan memberikan daftar 10 rekomendasi suplemen BCAA terbaik. Anda bisa memilih produk yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca dan memilih!

10. Cellucor COR-Performance β-BCAA

10. Cellucor COR-Performance β-BCAA

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 375.000

High intensity training? Hadapi dengan produk ini!

Banyak orang melakukan HIT (high intensity training) untuk memperoleh manfaat kesehatan sebanyak mungkin dalam durasi berolahraga yang cukup minim. Bila Anda termasuk salah satunya, produk ini wajib dimasukkan dalam wishlist Anda. Ketika mengonsumsi produk ini, Anda akan ternutrisi dengan BCAA sebanyak 5 gram.

Kandungan BCAA tersebut akan menutrisi otot dan membuat Anda tidak cepat lelah. Tidak hanya itu, produk ini juga mengandung beta alanine yang langsung meningkatkan kapabilitas otot Anda secara drastis untuk jangka pendek. Dengan begitu, setelah mengonsumsinya, Anda akan memiliki energi ekstra secara instan untuk menyelesaikan porsi HIT harian Anda.

9. Scitec Nutrition BCAA Xpress

9. Scitec Nutrition BCAA Xpress

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 650.000

Ukuran besar dengan harga ekonomis

Dengan mengonsumsi suplemen BCAA keluaran Scitec Nutrition ini, tubuh Anda akan memperoleh BCAA sebanyak 7 gram dalam 1 takaran saji khusus untuk varian flavored. Jumlah yang cukup ideal untuk memperkuat otot sekaligus menjaga agar tubuh Anda tidak terasa terlalu lelah bahkan setelah melaksanakan latihan fisik berat untuk membentuk otot.

Kemudian, bila Anda mencari suplemen BCAA dengan harga ekonomis, produk ini layak dipertimbangkan. Dengan ukuran besar dan berat bersih 700 gram, harga produk ini masih masuk akal dan tidak akan membuat kantong Anda bolong. Tidak perlu bolak-balik belanja, produk ini tentu baru habis setelah Anda konsumsi selama beberapa bulan.

8. API BCAA Trainer

8. API BCAA Trainer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 365.000

Stamina awet untuk berolahraga lebih lama

Rasio komposisi yang seimbang membuat 5 gram BCAA dalam 1 takaran saji pada produk ini efektif menutrisi tubuh Anda. Tidak hanya menutrisi, suplemen ini pun terasa segar dengan berbagai pilihan rasa buah. Untuk permulaan, bagaimana kalau coba rasa mangga dan jeruk ini? Kandungan hydration complex-nya membuat otot terhidrasi secara sempurna.

Dikombinasikan dengan citruline, peredaran asam amino dalam darah di tubuh Anda akan semakin lancar sehingga Anda menjadi tidak cepat lelah dan tentunya semakin cepat memperoleh bentuk tubuh impian Anda. Bila Anda mencari suplemen BCAA yang dapat membantu Anda berolahraga lebih lama, produk ini tentu merupakan salah satu opsi tepat.

7. Myprotein BCAA

7. Myprotein BCAA

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 498.000

BCAA A grade! Pasti Anda semakin yakin mengonsumsinya

Ketika mengonsumsi suplemen BCAA ini, tubuh Anda akan ternutrisi dengan 4 gram BCAA. Bukan sembarang BCAA, BCAA yang terkandung dalam produk ini sudah diuji oleh lembaga independen Labdoor dan bahkan memperoleh nilai A! Bila Anda mencari suplemen BCAA yang sudah teruji secara klinis dan terjamin kualitasnya, produk ini jawabannya.

Apalagi, produk ini juga diklaim sangat aman dikonsumsi sekalipun Anda mengonsumsinya sebanyak 4 kali sehari. Dengan begitu, Anda bisa mengonsumsinya baik saat beraktivitas maupun sebelum, sesudah, atau saat melakukan latihan fisik. Apalagi, dengan rasio komposisi 2:1:1 yang seimbang, produk ini pun semakin efektif menutrisi otot Anda.

6. BPI Sports Best BCAA

9. BPI Sports Best BCAA

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 399.000

Ampuh sehatkan tubuh dan tenangkan pikiran Anda

Kombinasi BCAA blend dengan CLA Matrix memungkinkan produk ini untuk membantu proses pemulihan otot Anda setelah melakukan berbagai jenis latihan fisik. Kemudian, produk yang mengandung BCAA sebanyak 5 gram dalam 1 takaran saji ini juga akan mendorong produksi insulin di tubuh sehingga otot Anda akan semakin mudah terbentuk.

Tidak hanya menutrisi tubuh, suplemen BCAA ini juga mengandung agmatine yang akan membuat Anda lebih tenang, tidak gampang stres, dan memiliki kesehatan mental prima bahkan saat berolahraga dengan porsi latihan sangat berat. Bila Anda ingin menyehatkan tidak hanya tubuh, tetapi juga pikiran Anda, produk ini adalah pilihan yang pas.

5. SciVation Xtend Go + Amino Energy BCAA

5. SciVation Xtend Go + Amino Energy BCAA

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 420.000

Tetap fokus! Kombinasi pas kafein dan l-theanine

Bila Anda ingin tetap fokus beraktivitas bahkan setelah melaksanakan latihan berat, produk ini wajib Anda jadikan partner latihan. Kandungan kafein dan l-theanine dalam produk ini akan membuat Anda tetap terjaga, fokus, dan berenergi setiap saat. Dengan begitu, Anda akan semakin siap menghadapi berbagai tantangan dan kesibukan yang menanti.

Tidak hanya itu, dengan kandungan BCAA sebanyak 7 gram dalam 1 takaran saji, tentu otot Anda pun akan ternutrisi secara optimal. Kemudian, bila Anda ingin menghindari atau mengurangi jumlah konsumsi gula demi kesehatan, Anda bisa dengan tenang mengonsumsi produk ini karena suplemen BCAA keluaran SciVation ini tidak mengandung gula sedikit pun.

4. Beast Sport Nutrition BCAA 2:1:1

4. Beast Sport Nutrition BCAA 2:1:1

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 395.000

Tart cherry-nya bikin otot Anda makin kuat

Dengan rasio komposisi seimbang, BCAA sebanyak 5 gram dalam produk ini menjadi semakin efektif menutrisi tubuh Anda. Ditambah dengan adanya kandungan vitamin D, B6, B12, dan sodium, suplemen BCAA ini tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga menjaga kinerja metabolisme tubuh Anda tetap prima bahkan saat sedang berolahraga berat.

Lalu, bila Anda membutuhkan suplemen BCAA yang ampuh memperkuat otot Anda, produk ini adalah pilihan tepat. Kandungan tart cherry powder-nya bekerja aktif mempercepat proses pemulihan otot Anda. Kandungan bahan tersebut juga diklaim mampu memperkuat jaringan otot sehingga otot Anda tidak akan mengalami inflamasi saat berolahraga.

3. SciVation Xtend Perform

3. SciVation Xtend Perform

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 645.000

Tingkatkan performa Anda dengan PEAKO2

Sudah teruji secara klinis, komponen PEAKO2 pada produk ini akan memberi dampak signifikan pada performa Anda. Dengan begitu, kemampuan otot, ketahanan stamina, serta kestabilan pernapasan Anda akan mengalami peningkatan setelah mengonsumsi produk ini. Bila Anda ingin meningkatkan performa Anda secara optimal, produk inilah solusinya.

Tidak hanya itu, kandungan BCAA sebanyak 7 gram pada produk ini pun lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda akan BCAA. Apalagi, otot Anda juga tidak akan cepat lelah karena terhidrasi oleh elektrolit yang terkandung dalam produk ini. Ditambah dengan adanya vitamin D dan B6, tentu tubuh Anda akan menjadi semakin bugar.

2. Mutant BCAA 9.7

2. Mutant BCAA 9.7

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 446.000

BioPerine untuk nutrisi yang makin cepat diserap tubuh

Kandungan Mutant BCAA 9.7 blend sebanyak 9,7 gram yang terdiri dari 7,2 gram BCAA dan 2,5 gram Micronized Volumizing Aminos pada produk ini akan membuat seluruh otot Anda semakin kuat. Anda pun siap untuk menghadapi berbagai jenis latihan fisik. Kemudian, elektrolit yang terdapat pada produk ini akan memastikan seluruh otot Anda terhidrasi secara maksimal.

Tenang saja, seluruh nutrisi tersebut akan sangat cepat diserap tubuh Anda dengan adanya kandungan BioPerine. Bila Anda butuh suplemen BCAA yang seluruh nutrisinya dapat diserap secara sempurna tidak pakai lama, produk ini solusinya. Apalagi, rasa green apple-nya terasa segar sehingga akan membuat Anda lebih termotivasi untuk mengonsumsinya.

1. Doctor’s Best Instantized BCAA 2:1:1 Powder

1. Doctor's Best Instantized BCAA 2:1:1 Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 697.408

Bebas GMO dan berbagai zat aditif, lho!

Ketika mengonsumsi produk ini, tubuh Anda akan ternutrisi dengan 5 gram BCAA dalam 1 takaran saji sebanyak 5 gram. Diformulasikan secara khusus, Anda yang vegan juga bisa mengonsumsi produk ini, lho! Kemudian, produk ini juga bebas GMO (genetically modified organism), gluten, dan kacang kedelai sehingga sangat aman untuk Anda konsumsi.

Tidak hanya itu, suplemen BCAA ini juga tidak mengandung perasa buatan, pewarna buatan, serta berbagai zat aditif lain yang tentunya dapat membahayakan kesehatan Anda. Bila Anda ingin menutrisi tubuh dengan suplemen BCAA berkualitas tanpa perlu merasa waswas terhadap komposisi bahan-bahannya, produk ini adalah pilihan terbaik.

Cara mengonsumsi suplemen BCAA dan efek sampingnya

Cara mengonsumsi suplemen BCAA dan efek sampingnya

Untuk merasakan manfaat BCAA secara optimal, kami merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi minimal 2 gram BCAA dalam 1 takaran saji. Dengan begitu, kadar BCAA dalam darah Anda akan tetap terjaga bahkan dalam kurun waktu lewat dari 2 jam setelah Anda mengonsumsinya. Apalagi, bila Anda meminumnya 30 menit sebelum berolahraga atau memulai latihan fisik, tubuh Anda akan ternutrisi dengan asam amino dalam jumlah yang cukup memadai sehingga otot Anda tidak akan terdegradasi dan Anda pun tidak akan cepat lelah. Tidak hanya itu, Anda juga bisa meminumnya selagi berolahraga.

Bila Anda sedang melaksanakan program latihan untuk pembentukan otot, Anda bisa mengonsumsi minimal 5 gram. Dengan jumlah minimal 5 gram dan rasio komposisi 2:1:1, otot Anda akan ternutrisi dengan leucine paling sedikit 2,5 gram sehingga proses pembentukan otot Anda akan semakin maksimal. Dalam masa pembentukan otot, Anda bisa mengonsumsinya baik sebelum maupun saat berlatih.

Meski bukan untuk tujuan berolahraga, Anda pun tetap bisa mengonsumsi suplemen BCAA. Dengan mengonsumsi suplemen BCAA, Anda sedang menutrisi tubuh Anda dengan asam amino. Suplemen BCAA cocok dikonsumsi saat Anda banyak melakukan aktivitas fisik, tidak sempat makan berat, atau sebelum istirahat di malam hari. Mencampurkan suplemen BCAA pada minuman Anda dan meminumnya sedikit demi sedikit pun tidak masalah. Kebutuhan asam amino Anda akan tercukupi dan Anda akan lebih mudah pulih dari kelelahan.

Kemudian, bila Anda tidak mengalami masalah metabolisme baik terhadap protein maupun asam amino, Anda tidak akan mengalami efek samping apa pun ketika mengonsumsi suplemen BCAA. Meski begitu, konsumsilah suplemen BCAA secukupnya sesuai dengan takaran saji yang direkomendasikan masing-masing produk, ya!

Kesimpulan

Dengan mengonsumsi BCAA saat berolahraga, otot Anda tidak akan terdegradasi dan justru semakin terbentuk. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi suplemen BCAA, Anda akan mengalami peningkatan performa, stamina, serta tidak mudah kelelahan.

Bila Anda hendak membeli suplemen BCAA, pilihlah produk dengan harga terjangkau dan rasio komposisi yang seimbang. Jika memungkinkan, pilihlah produk yang berbentuk bubuk. Agar hasil yang didapat optimal, konsumsilah suplemen BCAA sesuai dengan takaran saji masing-masing produk.