• 10 Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

BCAA merupakan suplemen yang sangat dikenal oleh Anda yang aktif berolahraga. BCAA mengandung asam amino yang penting untuk menjaga massa otot Anda. Di pasaran, ada banyak merek suplemen BCAA, seperti XTEND, Kaged Muscle, Cellucor, BPI Sports, dan lainnya. Rasanya pun sangat beragam dan menyegarkan.

Apabila Anda bingung dalam memilih, simaklah dahulu informasi dari kami berikut ini. Kami akan menjelaskan cara memilih, serta memberikan sepuluh rekomendasi suplemen BCAA terbaik dalam berbagai bentuk, rasa, dan harga. Pilihlah dengan bijak, lalu konsumsi secara rutin agar otot dan tubuh makin kuat!
  • Pembaharuan terakhir: 23 Februari 2021
Daftar isi

BCAA, asam amino yang sangat mudah diserap otot

BCAA, asam amino yang sangat mudah diserap otot
BCAA atau branched chain amino acid merupakan asam amino penting yang dibutuhkan tubuh. Anda dapat memperolehnya dari makanan berprotein, seperti daging, ikan, dan produk olahan susu. Setelah protein dicerna dan dipecah menjadi asam amino, asam amino akan dimetabolisme di dalam hati atau liver. Namun, hanya BCAA saja yang dapat diserap dan dimetabolisme di dalam otot.

Oleh karena itu, suplemen BCAA sangat dikenal di kalangan pencinta olahraga. Ketika melakukan olahraga yang berat, tubuh akan menggunakan gula dan asam amino di dalam darah sebagai sumber energi. Namun, setelah sumber tersebut habis, tubuh akan mengambil asam amino yang terdapat di dalam otot. Suplemen merupakan cara terbaik untuk mengatasi kekurangan BCAA akibat olahraga yang berat. Tidak hanya baik untuk Anda yang berolahraga, suplemen BCAA juga dapat menjaga kesehatan, lho! Jadi, mari mengonsumsi suplemen BCAA!

Cara memilih suplemen BCAA

Suplemen BCAA memiliki banyak manfaat yang dapat Anda harapkan. Supaya tidak salah pilih, kami akan segera menjelaskan cara memilih suplemen BCAA agar Anda bisa membeli produk yang tepat.

Pilih yang harganya sesuai dengan budget Anda

Pilih yang harganya sesuai dengan budget Anda
Pada umumnya, suplemen BCAA dikonsumsi sebanyak 2-5 gram per satu takaran saji. Suplemen ini dijual dalam bentuk kapsul dan bubuk. Biasanya, suplemen berwujud kapsul dijual dalam kisaran harga 150 ribuan per 100 kapsul. Sementara itu, produk yang berwujud bubuk harganya lebih murah, yaitu sekitar 90 ribuan per 100 gram. Agar dapat mengonsumsinya secara rutin dan berkelanjutan, Anda sebaiknya memilih produk yang harganya sesuai dengan budget

Suplemen BCAA yang dikemas dalam ukuran besar dan memiliki harga yang lebih murah biasanya merupakan produk impor. Selain itu, terdapat pula sumplemen BCAA yang dijual dalam kemasan lebih kecil. Namun, produk semacam ini tidak terlalu direkomendasikan karena secara perhitungan jadi lebih mahal. Sebaiknya, Anda tidak membeli suplemen dalam kemasan individual kecuali untuk sekadar mencoba atau dalam kondisi mendesak.

Pilih yang berbentuk bubuk

Pilih yang berbentuk bubuk
Ada dua bentuk suplemen BCAA, kapsul dan bubuk. Suplemen BCAA berbentuk kapsul mudah dibawa dan mudah dikonsumsi di mana pun Anda mau. Meski begitu, suplemen berbentuk kapsul biasanya mengandung BCAA dalam jumlah yang lebih sedikit per takaran sajinya. Selain itu, suplemen BCAA berbentuk kapsul lebih lambat diserap tubuh dibandingkan yang berbentuk bubuk. Dari segi harga, bentuk kapsul juga cenderung lebih mahal.

Dahulu, suplemen BCAA berbentuk bubuk memiliki karakteristik sulit larut dalam air. Karena itu, Anda disarankan untuk langsung memasukkan 5 gram suplemen bubuk ke dalam mulut, tanpa dilarutkan dengan air. Namun, pengembangan terus dilakukan. Saat ini, suplemen BCAA berbentuk bubuk menjadi lebih mudah larut dalam air. Produsen juga mulai menambahkan rasa, misalnya rasa buah, agar suplemen lebih enak untuk dikonsumsi. Jadi, Anda dapat membuatnya sebagai minuman, lalu membawanya ke mana pun. Takarannya pun dapat Anda atur sesuai kebutuhan.


Jika Anda tidak terbiasa dengan bentuk kapsul, kami rekomendasikan bentuk bubuk. Suplemen BCAA dalam bentuk bubuk lebih unggul dalam segi harga, rasa, dan kemudahan untuk dikonsumsi.

Pilih yang memiliki rasio komposisi yang ideal

Pilih yang memiliki rasio komposisi yang ideal
BCAA terdiri dari 3 asam amino esensial, yakni leucine, isoleucine, dan valine. Ketika hendak membeli suplemen BCAA, periksalah rasio komposisi ketiga asam amino tersebut. Rasio perbandingan ketiganya memang berbebeda untuk setiap produk. Namun, untuk kemudahan penyerapan di dalam tubuh, pilihlah produk yang rasio komposisi asam aminonya adalah 2:1:1.

Ada juga produk yang kaya leucine dengan perbandingan 3:1:2 atau 4:1:1. Namun, leucine yang berlebihan juga tidak selalu baik untuk tubuh. Perbandingan 2:1:1 merupakan rasio terbaik yang seimbang.

10 Rekomendasi suplemen BCAA terbaik

Sekarang, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi suplemen BCAA terbaik. Anda bisa memilih produk yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca dan memilih!

10
Isi700 gram
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1
9
Isi381 gram
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1
8
Isi437 gram
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1
7
Isi670 gram
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valineTidak disebutkan
6
Isi462 kapsul
BentukKapsul
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1
5
Isi200 kapsul, 400 kapsul
BentukKapsul
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1
4
Isi435 gram, 1010 gram
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1
3
Isi300 gram
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1
2
Isi310 gram
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1
1
Isi495 gram
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:1

Tabel perbandingan produk suplemen BCAA terbaik

Gambar produk
1
XTEND Ripped BCAA 1

XTEND

2
Kaged Muscle In-Kaged 1

Kaged Muscle

3
BPI Sports Best BCAA 1

BPI Sports

4
BSN Amino X 1

BSN

5
Dymatize BCAA Complex 2200 1

Dymatize

6
AST Sports Science  BCAA 4500 1

AST Sports Science

7
EVL Stacked Plant Protein 1

EVL

8
API BCAA Trainer 1

API

9
Cellucor Alpha Amino BCAA 1

Cellucor

10
Scitec Nutrition BCAA Xpress 1

Scitec Nutrition

Nama produk

Ripped BCAA

In-Kaged

Best BCAA

Amino X

BCAA Complex 2200

BCAA 4500

Stacked Plant Protein

BCAA Trainer

Alpha Amino BCAA

BCAA Xpress

Keunggulan

Capai target body impian dengan lebih cepat

Tambahan kafeinnya bikin lebih fokus!

Ampuh sehatkan tubuh dan tenangkan pikiran Anda

Serbuk effervescent membuatnya lebih cepat larut dan menyegarkan!

Sistem imun dan massa otot tetap terjaga selama travelling

Kapsul rapid release dengan kandungan BCAA terbanyak di kelasnya

BCAA dari bahan alami, bikin hati tenang!

Olahraga lebih lama? Tidak masalah!

Nutrisi lengkap untuk performa maksimal

Ukuran besar. Bisa sampai tujuh ratus kali konsumsi!

Harga mulai dariRp 600.000,00Rp 510.000,00Rp 350.000,00Rp 688.000,00Rp 480.000,00Rp 380.000,00Rp 485.000,00Rp 395.000,00Rp 380.000,00Rp 858.000,00
Isi495 gram310 gram300 gram435 gram, 1010 gram200 kapsul, 400 kapsul462 kapsul670 gram437 gram381 gram700 gram
BentukBubukBubukBubukBubukKapsulKapsulBubukBubukBubukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2:1:12:1:12:1:12:1:12:1:12:1:1Tidak disebutkan2:1:12:1:12:1:1
Tautan produk

Cara mengonsumsi suplemen BCAA dan efek sampingnya

Cara mengonsumsi suplemen BCAA dan efek sampingnya

BCAA merupakan suplemen yang baik. Namun, cara mengonsumsi yang salah tidak akan memberikan pengaruh baik untuk Anda. Konsumsilah minimal 2 gram suplemen BCAA untuk menggantikan BCAA yang hilang selama berolahraga, serta untuk menjaga kesehatan. Bila Anda sedang melaksanakan program latihan untuk pembentukan otot, Anda bisa mengonsumsi minimal 5 gram BCAA dengan rasio 2:1:1. Anda dapat mengonsumsi suplemen BCAA sebelum atau selama berolahraga.


Di samping saat berolahraga, suplemen BCAA direkomendasikan untuk dikonsumsi saat pagi hari ketika energi tubuh masih rendah. Anda juga bisa mengonsumsinya ketika Anda tidak nafsu makan atau sebelum tidur. Mencampurkan suplemen BCAA ke dalam minuman Anda pun tidak masalah. Anda dapat mengonsumsi suplemen ini kapan saja.


Selama Anda tidak memiliki masalah metabolisme terhadap protein atau asam amino, Anda tidak akan mengalami efek samping ketika mengonsumsi suplemen BCAA. Meski begitu, konsumsilah suplemen BCAA secukupnya, sesuai dengan takaran saji yang direkomendasikan masing-masing produk.

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya untuk pencinta olahraga di sini

Selain suplemen BCAA, ada pula jenis suplemen lainnya bagi Anda yang rutin berolahraga. Whey, suplemen pembentuk otot, creatine, glutamine, dan arginine merupakan suplemen yang banyak dikonsumsi. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai informasi produk yang Anda butuhkan.

Kesimpulan

Suplemen BCAA akan membantu menjaga sekaligus menambah massa otot Anda. Selain itu, performa dan stamina Anda juga bakal meningkat. Anda jadi tidak mudah kelelahan. Agar makin semangat, Anda bisa memilih produk yang bentuk dan rasanya sesuai dengan selera. 

Sekian artikel kami kali ini. Semoga Anda merasa terbantu. Jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen BCAA sesuai dengan takarannya agar mendapatkan hasil maksimal. Perhatikan juga asupan nutrisi Anda, ya. Selamat hidup lebih sehat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Oleh karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak ataupun orang dewasa. Saat ini, banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Supaya Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Di bawah ini, kami telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Penasaran dengan ulasan kami? Simak terus artikel berikut sampai habis, ya!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, manusia juga membutuhkan kolagen untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen bila ingin kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merk suplemen collagen terbaik, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood bisa menjadi pilihan. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang bagus untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk program Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Beberapa di antaranya juga telah banyak direkomendasikan oleh fitness influencers. Jangan sampai terlewat, ya!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Minyak Ikan Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minyak Ikan Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    Omega-3 dibutuhkan oleh janin untuk pembentukan area otak, retina, serta jaringan saraf. Ibu hamil bisa mengonsumsi ikan perairan laut dalam seperti salmon atau tuna untuk memenuhi kebutuhan omega-3. Sayangnya, sekarang laut sudah banyak tercemar sehingga ibu hamil kadang disarankan tidak terlalu banyak mengonsumsi ikan.Untuk memenuhi kebutuhan omega-3 bagi janin, kapsul minyak ikan untuk ibu hamil bisa menjadi pilihan. Di pasaran tersedia banyak merek suplemen minyak ikan, seperti Blackmores, Sea-Quill, dan K-Link. Agar lebih mudah dalam pemilihannya, Anda bisa menyimak tips memilih dan rekomendasi produknya berikut ini.
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori