• 10 Suplemen BCAA Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Suplemen BCAA Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Suplemen BCAA Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Suplemen BCAA Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Suplemen BCAA Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Suplemen BCAA Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

BCAA adalah suplemen asam amino yang sangat penting untuk menjaga massa otot. Kini ada banyak suplemen BCAA dari merek lokal yang bagus, seperti ANSFITLife, Evolene, L-Men, dan Muscle First. Bahkan, ada juga suplemen BCAA yang dibuat khusus para vegan.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen BCAA terbaik pada Anda. Beragam ulasan suplemen BCAA dalam berbagai bentuk, rasa, dan harga sudah kami siapkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Prima Dimalouw
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 09 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw
dr. Prima Dimalouw
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

dr. Prima adalah dokter umum lulusan Universitas Gadjah Mada 2015. Pria yang lulus dengan predikat Cum Laude ini telah berpraktik selama 6 tahun. Beliau memiliki pengalaman kerja di berbagai klinik dan rumah sakit di kota Manokwari, Papua Barat.

Saat ini, dr. Prima mengabdi sebagai dokter di garis depan dalam penanganan COVID-19. Beliau sedang mengabdi di RS Darurat Covid-19, RSUD Provinsi Papua Barat.

Manfaat suplemen BCAA untuk kesehatan

Manfaat suplemen BCAA untuk kesehatan
BCAA atau branched chain amino acid merupakan asam amino penting yang dibutuhkan tubuh. BCAA terdiri dari leucine, isoleucine, dan valine. Suplemen BCAA memang sangat terkenal di kalangan penggiat olahraga.

Di dalam tubuh, terdapat 20 macam asam amino. Sembilan dari dua puluh asam amino tersebut disebut dengan asam amino esensial atau AAE. Sementara, tiga dari sembilan asam amino esensial tersebut adalah BCAA.


Anda dapat memperoleh BCAA dari makanan berprotein, seperti daging, ikan, dan produk olahan susu. Setelah protein dicerna dan dipecah menjadi asam amino, asam amino akan dimetabolisme di dalam hati atau liver. Namun, hanya BCAA saja yang dapat diserap dan dimetabolisme di dalam otot. Berikut ini adalah beberapa manfaat BCAA untuk tubuh Anda:


  • Meningkatkan massa otot dan bulking. BCAA bermanfaat untuk mengaktifkan enzim yang berperan dalam pembentukan otot. BCAA dengan kandungan leucine yang lebih banyak dibandingkan isoleucine dan valine juga akan membantu meningkatkan massa otot.

  • Mengurangi lelah dan nyeri sehabis berolahraga. Pemecahan protein dalam otot memang terjadi saat Anda menjalankan olahraga berat. BCAA memperlambat pemecahan protein otot dan mencegah kelelahan dengan cara menghambat enzim lactate dehydrogenase serta creatine kinase.

  • Mencegah hilangnya massa otot. Saat melakukan olahraga yang berat, tubuh akan menggunakan gula dan asam amino di dalam darah sebagai sumber energi. Setelah sumber tersebut habis, tubuh akan mengambil asam amino yang terdapat di dalam otot. Suplemen BCAA akan memberikan asupan yang lebih banyak untuk otot Anda.

  • Membantu cutting dan diet menurunkan berat badan. Kandungan leucine di dalam BCAA dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak. Lalu, leucine, isoleucine, dan valine dapat meningkatkan insulin agar otot dapat menyerap gula lebih banyak tanpa menyebabkan lonjakan gula darah. Dengan demikian, kadar gula darah tetap terkontrol dan berat badan pun dapat terjaga.

BCAA dapat berperan untuk menjaga massa otot selama Anda menjalankan diet dengan defisit kalori atau cutting. BCAA juga bisa meningkatkan fat loss selama Anda menjalankan cutting. Jadi, selain cocok untuk bulking, BCAA bisa dipakai untuk cutting apabila disertai dengan asupan nutrisi yang tepat.


Secara fisiologis, tubuh membutuhkan sembilan asam amino untuk memicu proses sintetis otot. Konsumsi BCAA tanpa ekstra protein lain dari diet tidak membantu pembentukan otot. BCAA dilaporkan memiliki efek stimulasi untuk proses anabolik (pembentukan protein). Namun, tanpa bahan baku pembentukan otot yang lain proses ini tidak membantu proses sintesa otot.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen BCAA

Suplemen BCAA memiliki banyak manfaat yang dapat Anda harapkan. Supaya tidak salah pilih, kami akan segera menjelaskan cara memilih suplemen BCAA agar Anda bisa membeli produk yang tepat.

Ketahui bentuk suplemen BCAA di pasaran

Ada dua bentuk suplemen BCAA, yaitu kapsul dan bubuk. Agar Anda tidak bingung memilih bentuk suplemen BCAA, ketahui dahulu kelebihan dan kekurangannya, ya.

BCAA kapsul, mudah dikonsumsi kapan saja

BCAA kapsul, mudah dikonsumsi kapan saja

Suplemen BCAA berbentuk kapsul mudah dibawa dan mudah dikonsumsi di mana pun Anda mau. Meski begitu, suplemen berbentuk kapsul biasanya mengandung BCAA dalam jumlah yang lebih sedikit per takaran sajinya. Di sisi lain, suplemen BCAA berbentuk kapsul lebih lambat diserap tubuh dibandingkan yang berbentuk bubuk.

BCAA bubuk, lebih umum ditemui dan dikonsumsi

BCAA bubuk, lebih umum ditemui dan dikonsumsi

Dahulu suplemen BCAA berbentuk bubuk memiliki karakteristik sulit larut dalam air. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk langsung memasukkan 5 gram suplemen bubuk ke dalam mulut tanpa dilarutkan dengan air. Namun, pengembangan terus dilakukan. 


Saat ini suplemen BCAA berbentuk bubuk menjadi lebih mudah larut dalam air dingin. Hindari melarutkan BCAA dalam air panas karena akan menggumpal. Produsen juga mulai menambahkan perisa, misalnya rasa buah, agar suplemen lebih enak dikonsumsi. Jadi, Anda dapat membuatnya sebagai minuman dan membawanya ke mana pun. Takarannya pun dapat Anda atur sesuai kebutuhan.

Pertimbangkan kemasan dan harga suplemen BCAA yang sesuai kebutuhan

Pertimbangkan kemasan dan harga suplemen BCAA yang sesuai kebutuhan
Suplemen BCAA biasanya dijual dalam kemasan sekitar 1 kg. Anda hanya perlu mengonsumsi sekitar 1 scoop atau antara 10–15 gram per takaran saji. Harga suplemen BCAA 1 kg berkisar antara 700 ribu sampai 1 juta rupiah

Meski begitu, tidak semua merek suplemen BCAA akan cocok untuk Anda konsumsi. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih suplemen yang dijual dalam kemasan lebih kecil. Beberapa penjual di marketplace bahkan menjual suplemen BCAA dalam kemasan repackage. Namun, Anda harus memilih supplier yang tepat agar tidak mendapatkan barang palsu.


Dengan membeli BCAA dalam ukuran kecil, Anda dapat mencoba terlebih dahulu dan melihat kecocokannya. Jika Anda tidak mengalami alergi atau breakout, Anda dapat membeli kemasan besarnya.

Perhatikan juga kandungan gula di dalamnya

Perhatikan juga kandungan gula di dalamnya

Suplemen BCAA memang bermanfaat untuk menambah ataupun mempertahankan massa otot Anda. BCAA pun ada di dalam gainer ataupun meal replacement. Kandungan gula di dalam suplemen pun berbeda berdasarkan manfaatnya.


Gainer adalah suplemen untuk meningkatkan berat badan. Gainer biasanya memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Namun, kandungan karbohidrat tidak berkontribusi dalam pembentukan otot.


Produk gainer juga mengandung gula di dalamnya. Gula dalam suplemen ini hanya sebagai perasa atau untuk ekstra energi saat latihan atau meningkatkan berat badan. Insulin turut meningkat dalam proses anabolik memudahkan transport gula dalam darah untuk energi.


Berbeda lagi jika Anda ingin mengonsumsi suplemen BCAA sebagai meal replacement, cutting, atau untuk menjaga massa otot. Pilihlah suplemen BCAA tanpa gula karena kalorinya pun akan lebih rendah, bahkan nol kalori.

Pilih BCAA dengan komposisi rasio asam amino yang ideal

Pilih BCAA dengan komposisi rasio asam amino yang ideal
Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, BCAA terdiri dari tiga asam amino esensial, yakni leucine, isoleucine, dan valine. Ketika hendak membeli suplemen BCAA, periksalah rasio komposisi ketiga asam amino tersebut. Rasio perbandingan ketiganya memang berbeda untuk setiap produk. Namun, untuk kemudahan penyerapan di dalam tubuh, pilihlah produk yang rasio komposisi asam aminonya adalah 2 : 1 : 1.

Ada juga produk yang kaya leucine dengan perbandingan 3 : 1 : 2 atau 4 : 1 : 1. Namun, leucine yang berlebihan juga tidak selalu baik untuk tubuh. Perbandingan 2 : 1 : 1 merupakan rasio terbaik yang seimbang.


Terdapat bukti bahwa leucine saja mampu menstimulasi terjadinya respon anabolik. Akan tetapi, tanpa asam amino esensial yang lain, proses sintesa protein otot tidak dapat terjadi. Kombinasi BCAA dan produk lain yang berisi seluruh asam amino esensial adalah diet terbaik dalam proses pembentukan protein otot.

10 Rekomendasi suplemen BCAA terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen BCAA terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Prima Dimalouw.

10
Isi1.820 kg
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valineTidak disebutkan
Gula2 gram
Varian rasaMilk Chocolate, Vanilla Creamy, Cookies n Cream, Peanut Butter, Banana Cream
9
Isi500 gram, 1,2 kg, 2,5 kg
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2 : 1 : 2
Gula0,4–1,7 gram (tergantung varian rasa)
Varian rasaOriginal, Rich Chocolate, Himalayan Salted Caramel, Banana Split, Coconut Mylk, Strawberry Sundae, French Vanilla
8

EVL (Evolution Nutrition)BCAA Energy

Mulai dari Rp 380.000,00

Isi291 gram, 585 gram
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2 : 1 : 1
GulaTidak disebutkan
Varian rasaBlue Raz, Green Apple, Fruit Punch, Orange Blast, Lemon Lime, Furious Grape, Cherry Limeade, Watermelon, Peach Mango, Acai Berry, Pink Lemonade, Pink Starblast, Vanilla Iced Coffee
7
Isi240 kapsul
BentukKapsul
Rasio leucine : isoleucine : valine3 : 1 : 2
Gula0 gram
Varian rasaX
6
Isi360 gram, 1.200 gram
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2 : 1 : 1
Gula0 gram
Varian rasaBlue Raspberry Ice, Glacial Grape, Italian Blood Orange, Knockout Fruit Punch, Lemon Lime Squeeze, Mango Madness, Smash Apple, Strawberry Kiwi Splash, Watermelon Explosion, Freedom Ice
5
Isi300 gram
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valineTidak disebutkan
Gula0 gram
Varian rasaUnflavored, Grape, Apple, Orange
4
Isi270 gram, 630 gram
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valineTidak disebutkan
Gula0 gram
Varian rasaFruit Punch, Blackberry Pomegranate, Pink Lemonade, Blue Raspberry, Grape
3
Isi1,5 kg
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2 : 1 : 1
Gula0 gram
Varian rasaTiramisu, Japanese Matcha
2
Isi250 gram
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2 : 1 : 1
Gula19 gram
Varian rasaDark Chocolate, Popcorn Caramel
1
Isi912 gram, 4,5 kg
BentukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2 : 1 : 1
Gula15 gram
Varian rasaCokelat

Tabel perbandingan produk suplemen BCAA terbaik

Gambar produk
1
Evolene Evomass 1

Evolene

2
Nutrifood L-Men Daily 1

Nutrifood

3
FITLife DPRO 1

FITLife

4
RSP AminoLean Pre Workout 1

RSP

5
Muscle First Pro Gold BCAA 1

Muscle First

6
Cellucor XTEND Original 1

Cellucor

7
MusclePharm BCAA Capsules 1

MusclePharm

8
EVL (Evolution Nutrition) BCAA Energy 1

EVL (Evolution Nutrition)

9
PranaOn Power Plants Protein 1

PranaOn

10
ANS Performance N-Pro 1

ANS Performance

Nama produk

Evomass

L-Men Daily

DPRO

AminoLean Pre Workout

Pro Gold BCAA

XTEND Original

BCAA Capsules

BCAA Energy

Power Plants Protein

N-Pro

Keunggulan

BCAA untuk bulking dan menambah berat badan dengan sumber karbohidrat berkualitas

Kandungannya cocok untuk pemula suplemen BCAA

Meal replacement lengkap dengan serat, defisit kalori jadi mudah

Produk all in one, dari pre-workout sampai untuk diet turun berat badan

Menjaga massa otot dalam masa maintenance

Menghidrasi dan memperbaiki otot sehabis olahraga berat

Suplemen BCAA kapsul dengan ratio BCAA yang unik

Bisa jadi pre-workout dengan kandungan kafein alami

Suplemen BCAA plant based, pas untuk vegan dan vegetarian

Mengonsumsi BCAA kapan saja dengan golongan protein berbeda

Harga mulai dariRp 235.000,00Rp 69.000,00Rp 850.000,00Rp 575.000,00Rp 300.000,00Rp 498.000,00Rp 350.000,00Rp 380.000,00Rp 560.000,00Rp 780.000,00
Isi912 gram, 4,5 kg250 gram1,5 kg270 gram, 630 gram300 gram360 gram, 1.200 gram240 kapsul291 gram, 585 gram500 gram, 1,2 kg, 2,5 kg1.820 kg
BentukBubukBubukBubukBubukBubukBubukKapsulBubukBubukBubuk
Rasio leucine : isoleucine : valine2 : 1 : 12 : 1 : 12 : 1 : 1Tidak disebutkanTidak disebutkan2 : 1 : 13 : 1 : 22 : 1 : 12 : 1 : 2Tidak disebutkan
Gula15 gram19 gram0 gram0 gram0 gram0 gram0 gramTidak disebutkan0,4–1,7 gram (tergantung varian rasa)2 gram
Varian rasaCokelatDark Chocolate, Popcorn CaramelTiramisu, Japanese MatchaFruit Punch, Blackberry Pomegranate, Pink Lemonade, Blue Raspberry, GrapeUnflavored, Grape, Apple, OrangeBlue Raspberry Ice, Glacial Grape, Italian Blood Orange, Knockout Fruit Punch, Lemon Lime Squeeze, Mango Madness, Smash Apple, Strawberry Kiwi Splash, Watermelon Explosion, Freedom IceXBlue Raz, Green Apple, Fruit Punch, Orange Blast, Lemon Lime, Furious Grape, Cherry Limeade, Watermelon, Peach Mango, Acai Berry, Pink Lemonade, Pink Starblast, Vanilla Iced CoffeeOriginal, Rich Chocolate, Himalayan Salted Caramel, Banana Split, Coconut Mylk, Strawberry Sundae, French VanillaMilk Chocolate, Vanilla Creamy, Cookies n Cream, Peanut Butter, Banana Cream
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar suplemen BCAA

Pertanyaan umum seputar suplemen BCAA

Setelah mengetahui tips memilih suplemen BCAA dan rekomendasi produknya, pahami juga informasi lainnya tentang suplemen BBCA. Kami sudah mengumpulkan beberapa pertanyaan terkait suplemen BCAA. Yuk, langsung saja simak jawabannya untuk menambah pengetahuan Anda!

Kapan waktu yang tepat minum BCAA?

Anda dapat mengonsumsi BCAA sebelum, saat, ataupun setelah berolahraga. Mengonsumsi BCAA akan membantu mencegah delayed onset muscle soreness (DOMS) atau nyeri sehabis berolahraga. Untuk menambah massa otot, Anda dapat mengonsumsinya saat pagi hari ataupun sebelum tidur.

Apakah BCAA berbahaya?

Selama Anda mengonsumsi BCAA sesuai takaran saji, BCAA sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, mengonsumsi BCAA dalam jumlah besar dapat menyebabkan kelelahan, kehilangan koordinasi, mual, sakit kepala, dan peningkatan resistensi insulin. BCAA juga dapat memengaruhi kadar gula darah sehingga sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya sebelum ataupun setelah operasi.

Apa perbedaan BCAA dengan creatine?

BCAA merupakan leucine, isoleucine, dan valine serta berfungsi untuk menambah sekaligus menjaga massa otot. Creatine adalah molekul tripeptida yang terdiri arginine, glycine, dan methionine serta diproduksi oleh tubuh  Berbeda dengan BCAA, creatine berperan untuk menghasilkan ATP sehingga tubuh lebih bertenaga.

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya untuk pencinta olahraga di sini!

Selain suplemen BCAA, ada pula jenis suplemen lainnya bagi Anda yang rutin berolahraga. Whey protein, suplemen pembentuk otot, dan creatine merupakan suplemen yang banyak dikonsumsi. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai informasi tentang produk yang Anda butuhkan.

Kesimpulan

Suplemen BCAA memang dapat menjaga sekaligus meningkatkan massa otot Anda. Kelelahan setelah workout juga dapat teratasi dengan baik jika Anda mengonsumsi BCAA secara tepat. Selalu ikuti takaran yang dianjurkan agar Anda mendapatkan manfaat dari BCAA.


Selain BCAA, jalankan pola hidup yang sehat agar Anda dapat mencapai goals dalam berolahraga. Konsumsi pula BCAA secara rutin untuk efek yang maksimal. Semoga Anda merasa terbantu dengan informasi yang kami berikan kali ini, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen collagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, rekomendasi collagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan review collagen yang bagus dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti VectorLabs, Evolene, dan Optimum Nutrition juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Jangan sampai terlewat, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran ada beberapa rekomendasi merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Tianshi, dan Blackmores. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penggemuk badan terbaik yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
  •  10 Rekomendasi Suplemen Probiotik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Suplemen Probiotik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tidak semua bakteri merugikan manusia. Beberapa bakteri juga memberikan manfaat yang menakjubkan, termasuk untuk pencernaan dan sistem imun. Kelompok bakteri baik ini disebut dengan probiotik. Untuk meningkatkan populasi bakteri baik di dalam tubuh, penggunaan suplemen probiotik bisa dipertimbangkan. Ada banyak suplemen probiotik yang bagus di apotek dan toko online. Untuk memandu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen probiotik. Review suplemen probiotik untuk orang dewasa dan anak-anak dari berbagai merek juga akan kami sajikan. Anda bisa memilih produk Liprolac, Rillus, hingga L-BIO®. Mari simak pembahasannya!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri, salah satunya adalah lebih percaya diri. Oleh karena itu, suplemen peninggi badan yang bagus untuk anak-anak, remaja, hingga dewasa banyak beredar di pasaran.  Beberapa merek suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lainnya. Di artikel ini kami akan mengulas peninggi badan yang terdaftar di BPOM. Untuk membantu Anda memilih produk terbaik dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Minyak Ikan (Fish Oil) Terbaik - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Ikan (Fish Oil) Terbaik - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)
    Bukan rahasia lagi bahwa kandungan DHA, EPA, dan omega 3 pada minyak ikan memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Saat ini, minyak ikan atau fish oil sudah sangat digemari masyarakat Indonesia. Anda dapat menemukan varian fish oil dengan mudah di apotik atau farmasi.Karena itu, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih fish oil terbaik. Temukan rekomendasi suplemen minyak ikan terbaik untuk dewasa dan anak dari berbagai merek, seperti Blackmores, Puritan’s Pride, dan lainnya. Baca juga tips dari biotechnologist, Marceline Noviani, agar Anda dapat memilih produk yang bagus.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Vitamin B1 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Vitamin B1 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Vitamin B1 atau thiamine merupakan bagian dari kelompok vitamin B yang esensial untuk tubuh. Selain memenuhi kebutuhan gizi, vitamin B1 juga dapat membantu mengatasi kelelahan, rasa nyeri, bahkan meningkatkan fungsi kognitif. Merek dan nama dagang vitamin B1 yang bisa Anda temui di pasaran antara lain adalah Neurobion, Novapharin, dan IPI.Kami kali ini akan berbagi cara memilih suplemen vitamin B1 yang bagus. Selanjutnya, Anda bisa mengecek sepuluh produk rekomendasi terbaiknya. Artikel ini pun sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Prakasa Dimalouw. Jadi, simak hingga tuntas, ya!
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori