• 10 Rekomendasi Pembersih Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Pembersih Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Pembersih Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Pembersih Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Pembersih Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Pembersih Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Cairan pembersih kuteks atau yang biasa orang awam sebut sebagai aseton, sebenarnya tidak melulu mengandung aseton. Hal itu disebabkan ada pula pembersih kuteks yang tidak mengandung aseton, tetapi tetap mampu membersihkan kuteks dengan baik.

Di pasaran, Anda akan menemukan berbagai merek pembersih kuteks, seperti OPI, Inglot, Revlon, dan sebagainya. Masing-masing produk menawarkan kelebihan tersendiri. Jika Anda masih bingung menentukan pilihan, simak artikel kami mengenai cara memilih dan rekomendasi produk terbaik pilihan kami!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 19 Mei 2022
Daftar isi

Cara memilih pembersih kutek

Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin yang perlu diperhatikan saat membeli pembersih kuteks. Anda bisa menjadikan penjelasan kami sebagai acuan.

Pilih berdasarkan ada tidaknya kandungan aseton dan pelembap

Pembersih kuteks terdiri dari dua jenis, yakni mengandung aseton dan tidak mengandung aseton. Berikut akan kami jelaskan perbedaan antar keduanya agar Anda lebih mudah memilih.

Mengandung aseton, lebih cepat menghapus kutek glitter sekalipun

Mengandung aseton, lebih cepat menghapus kutek glitter sekalipun
Bila Anda mau membersihkan kuteks dengan mudah, pilih pembersih yang mengandung aseton. Kuteks jenis glitter atau kuteks yang Anda oleskan berkali-kali sekalipun dapat dibersihkan dengan cepat. Pembersih kuteks beraseton ini ekonomis karena dapat membersihkan kuteks dengan baik meski hanya digunakan sedikit.

Kelemahannya, produk dengan aseton memiliki aroma yang kuat dan rentan mengikis kuku. Aseton yang kuat dapat menghilangkan kandungan minyak alami dari kulit dan kuku. Jika hal ini terus berlangsung, kuku belah, kuku bercabang, dan permasalahan lainnya bisa muncul. Sangat baik bila Anda berhati-hati dalam menggunakannya.


Penting diingat bahwa pembersih kuteks dengan kandungan aseton dominan akan menyingkirkan tidak hanya kuteks, tetapi juga lapisan kuku. Tentunya hal tersebut berisiko merusak kuku Anda.

Tidak mengandung aseton, aromanya lebih lembut serta ramah untuk kulit dan kuku

Tidak mengandung aseton, aromanya lebih lembut serta ramah untuk kulit dan kuku
Anda mau membersihkan kuku dan kulit sekitar kuku yang terkena kuteks dengan lebih lembut? Anda bisa mencoba pembersih kuteks tanpa kandungan aseton. Selain lebih ramah untuk kuku dan kulit, aromanya pun tidak terlalu tajam.

Kelemahan dari tipe ini adalah kemampuannya dalam menghapus kuteks lebih lemah daripada pembersih kuteks beraseton. Di sisi lain, pemakaian berulang tetap dapat membuat kuku Anda menjadi rapuh. Jadi, produk tanpa aseton tidak cocok untuk digunakan menghapus kuteks glitter atau kuteks yang dioleskan berulang kali.


Beberapa produk juga bisa saja ditulis bebas aseton, tetapi di dalamnya terkandung ethyl acetate. Berhati-hatilah sebab zat tersebut memiliki sifat seperti aseton. Adanya ethyl acetate akan membuat kuku terkikis dan menjadi rapuh. Jika Anda ingin mengurangi paparan zat kimia seminim mungkin, carilah produk yang terbuat dari bahan alami.

Periksa mengenai ada tidaknya kandungan pelembap

Periksa mengenai ada tidaknya kandungan pelembap

Jika Anda khawatir kuku menjadi kering dan rapuh setelah memakai pembersih kuteks, carilah produk yang mengandung bahan pelembap. Anda akan menemukan produk yang mengandung chamomile, minyak jojoba, ekstrak Aloe vera, grape seed oil, camellia oil, dan sebagainya. Kandungan tersebut akan mengembalikan kelembapan yang hilang akibat penggunaan pembersih kuteks.


Saat kuku kering, kuku akan mudah patah dan terbelah. Karena itu, sebisa mungkin pilihlah produk dengan kandungan pelembap. Setelah memberikan rekomendasi produk, di akhir artikel ini kami juga akan menjelaskan cara yang tepat untuk menggunakan pembersih kuteks. Yuk, simak terus artikel kami!

Pilih jenis pembersih kutek berdasarkan penggunaannya

Selain pembersih kuteks dalam botolan, ada juga jenis pembersih kuteks berbentuk pena dan lembaran kapas. Berikut akan kami jelaskan lebih lengkap mengenai jenis-jenis pembersih kuteks tersebut.

Tipe botol, ekonomis dan berkapasitas besar

Tipe botol, ekonomis dan berkapasitas besar

Bila Anda sering mewarnai kuku dengan kuteks, kami menyarankan Anda untuk menggunakan pembersih kuteks tipe botol. Kapasitasnya beragam, mulai dari 100 ml hingga 500 ml dan biasanya memiliki harga ekonomis. Baik yang mengandung aseton maupun tidak mengandung aseton, keduanya banyak dijual di pasaran. Anda dapat memilih yang sesuai dengan kondisi kuku Anda.

Tipe lembaran kapas, nyaman dan praktis digunakan

Tipe lembaran kapas, nyaman dan praktis digunakan
Bila Anda mengutamakan kemudahan pemakaian atau hendak dibawa bepergian, kami merekomendasikan tipe lembaran kapas. Lembaran kapas ini sudah diresapi cairan pembersih kuteks sehingga Anda bisa langsung menggunakannya pada kuku. Sangat pas bila Anda kurang menyukai pembersih kuteks tipe botol.

Bagaimana bila sekolah atau kantor Anda melarang penggunaan kuteks, tetapi Anda terlupa menghapus kuteks di jari? Anda bisa menghapusnya dengan mudah setiap saat bila membawa produk ini.

Tipe pena, mudah untuk membersihkan kutek yang mengenai jari

Tipe pena, mudah untuk membersihkan kutek yang mengenai jari

Pembersih kuteks jenis pena sangat nyaman dipakai saat Anda hendak menghapus kelebihan kuteks di jari. Cairan pembersih kuteks akan keluar dari ujungnya yang seperti mata pena, pas untuk menghapus kuteks secara presisi. Produk tipe pena mungkin kurang cocok untuk digunakan menghapus kuteks keseluruhan. Namun, Anda akan tetap menyukainya karena mudah untuk digunakan memperbaiki kesalahan minor.

Periksa mengenai kuat lemahnya aroma pembersih kutek

Periksa mengenai kuat lemahnya aroma pembersih kutek
Untuk Anda yang sensitif terhadap aroma dari pembersih kuteks, pilihlah produk yang aromanya tidak terlalu kuat. Sebagai contoh, Anda bisa membeli produk yang terdapat keterangan tidak beraroma kuat.

Opsi lainnya, Anda bisa menggunakan pembersih kuteks dengan aroma yang sudah familier seperti aroma jeruk atau bunga. Memilih produk pembersih kuteks tanpa kandungan aseton juga akan sangat menolong. Hal tersebut dikarenakan aseton merupakan penyebab pembersih kuteks beraroma terlalu kuat.

10 Rekomendasi pembersih kutek terbaik

Kini saatnya kami memberikan rekomendasi produk pilihan kami untuk Anda. Pilihlah pembersih kuteks terbaik favorit Anda!

10
TipeLembaran kapas
Mengandung asetonTidak disebutkan
BeraromaYa (strawberry, kiwi, dan blueberry)
9
TipePena
Mengandung asetonTidak
BeraromaTidak disebutkan
8
TipeBotol
Mengandung asetonTidak
BeraromaTidak disebutkan
7
TipeLembaran kapas
Mengandung asetonTidak
BeraromaYa
6
TipeBotol
Mengandung asetonTidak disebutkan
BeraromaYa (lavender)
5

Flormar Nail Polish Remover Omega Oil

Mulai dari Rp 44.900,00

TipeBotol
Mengandung asetonTidak disebutkan
BeraromaTidak disebutkan
4

The Face Shop Trendy Nail Remover Strawberry

Mulai dari Rp 61.000,00

TipeBotol
Mengandung asetonYa
BeraromaYa (strawberry)
3

DiorDissolvant Abricot

Mulai dari Rp 255.000,00

TipeBotol
Mengandung asetonTidak (terkandung ethyl acetate)
BeraromaYa
2
TipeBotol
Mengandung asetonYa
BeraromaYa (parfum)
1
TipeBotol
Mengandung asetonTidak
BeraromaTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk pembersih kutek terbaik

Gambar produk
1
Inglot  Nail Enamel Remover 1

Inglot

2
OPI  Expert Touch Lacquer Remover 1

OPI

3
Dior Dissolvant Abricot 1

Dior

4
The Face Shop  Trendy Nail Remover Strawberry 1

The Face Shop

5
Flormar  Nail Polish Remover Omega Oil 1

Flormar

6
Skin Food  Nail Lavender Remover 1

Skin Food

7
Oriflame The ONE Nail Polish Remover Wipes 1

Oriflame

8
Revlon Professional Nail Enamel Remover 1

Revlon Professional

9
Nail Polish Remover Pen 1

10
BIOAQUA Fruit Oil Towel Nail Towel 1

BIOAQUA

Nama produk

Nail Enamel Remover

Expert Touch Lacquer Remover

Dissolvant Abricot

Trendy Nail Remover Strawberry

Nail Polish Remover Omega Oil

Nail Lavender Remover

The ONE Nail Polish Remover Wipes

Nail Enamel Remover

Nail Polish Remover Pen

Fruit Oil Towel Nail Towel

Keunggulan

Kuku lebih lembap dengan ekstrak calendula

Optimal hapus kuteks tebal sekaligus ramah kuku

Minyak aprikot plus vitamin E bantu sehatkan kuku

Beri Anda kebaikan dari ekstrak strawberry

Bebas memilih nutrisi kuku sesuai kebutuhan Anda!

Aroma lavendernya jadikan Anda makin relaks

Praktis digunakan, bebas aseton dan ethyl acetate pula!

Kunci kelembapan lebih lama dengan minyak jojoba

Singkirkan kuteks berlebih secara presisi

Ekonomis dan nyaman dipakai dengan berbagai aroma

Harga mulai dariRp 185.000,00Rp 155.000,00Rp 255.000,00Rp 61.000,00Rp 44.900,00Rp 84.000,00Rp 105.000,00Rp 40.000,00Rp 10.500,00Rp 17.950,00
TipeBotolBotolBotolBotolBotolBotolLembaran kapasBotolPenaLembaran kapas
Mengandung asetonTidakYaTidak (terkandung ethyl acetate)YaTidak disebutkanTidak disebutkanTidakTidakTidakTidak disebutkan
BeraromaTidak disebutkanYa (parfum)YaYa (strawberry)Tidak disebutkanYa (lavender)YaTidak disebutkanTidak disebutkanYa (strawberry, kiwi, dan blueberry)
Tautan produk

Cara dan tips menggunakan pembersih kutek

Sekarang saatnya kami memberikan cara memakai pembersih kuteks dan hal-hal yang harus Anda perhatikan saat menggunakannya.

Tunggu sekitar 5 detik sebelum mengelapnya

Tunggu sekitar 5 detik sebelum mengelapnya
Setelah kapas dibasahi dengan cairan pembersih kuteks, letakkan kapas tersebut pada kuku dan diamkan sekitar lima detik. Hal ini akan membuat kuteks lebih mudah hilang dan tidak merusak kuku yang disebabkan gosokan berulang kali. Saat menggunakan kapas, pastikan Anda mengelap kuku dengan sisi kapas yang berbeda. Sisa kuteks akan menempel pada sisi kapas yang Anda gunakan untuk mengelap kuku. Jika sisi ini Anda gunakan lagi, sisa kuteks malah akan menempel di kulit sehingga jadi kurang higienis. Jadi, biasakan untuk mengelap dengan sisi kapas yang berbeda.

Bagaimana untuk kuteks yang lebih sulit dibersihkan seperti kuteks glitter? Anda bisa menggunakan lembaran aluminium foil untuk membungkus jari Anda. Tentu saja Anda harus membungkus kuku dengan kapas yang telah dibasahi cairan pembersih kuteks terlebih dahulu. Setelah itu, diamkan kuku selama kurang lebih dua hingga tiga menit. Namun, kami menyarankan Anda menggunakan pembersih kuteks tanpa aseton bila hendak menggunakan cara ini. Dengan begitu, kuku Anda tidak menjadi rusak akibat terkena aseton terus menerus.

Setelahnya, gunakan cuticle oil untuk melembapkan kuku

Setelahnya, gunakan cuticle oil untuk melembapkan kuku
Setelah kuku Anda selesai dibersihkan dengan pembersih kuteks, mari lembapkan lagi menggunakan cuticle oil. Hal ini penting dilakukan karena kuku akan kehilangan minyak dan kelembapannya setelah menggunakan pembersih kuteks. Bila dibiarkan begitu saja, kuku Anda akan rapuh dan mudah patah.

Saat menggunakan cuticle oil, oleskan merata di seluruh bagian kuku, terlebih di pangkal dan balik kuku Anda. Setelahnya, Anda bisa menggunakan krim tangan untuk turut melembapkan tangan. Usai menggunakan pembersih kuteks, bersihkan tangan dari aseton dan sisa kuteks secara maksimal. Jika tangan Anda bersih sempurna, minyak pada kulit dan kuku akan kembali muncul, kelembapan alami pun terjaga.

Pastikan sirkulasi udara baik dan hindari penggunaan di dekat anak kecil

Pastikan sirkulasi udara baik dan hindari penggunaan di dekat anak kecil
Sirkulasi udara yang baik penting Anda perhatikan saat memakai pembersih kuteks. Pembersih kuteks dengan kandungan aseton berbahaya bagi mata dan sistem saraf bila dihirup berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan keracunan zat aseton dan pneumonia.

Pastikan juga agar pembersih kuteks jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan untuk mencegah risiko tertelan. Jika dihirup oleh wanita hamil, janin dalam kandungan bisa terkontaminasi. Oleh karena itu, sebaiknya wanita hamil menghindari pemakaian pembersih kuteks. Jika tidak sengaja tertelan atau Anda merasa tidak sehat, segera hubungi dokter atau rumah sakit terdekat.

Kegunaan lain dan tips membuang pembersih kutek

Berikutnya, kami akan sampaikan tips terkait pembersih kuteks. Cara membuang, kegunaan lain, dan sebagainya akan Anda temukan di sini.

Tips membuang pembersih kutek

Tips membuang pembersih kutek

Ada dua cara membuang pembersih kuteks, yakni dijadikan sampah yang mudah terbakar dan dibiarkan menguap. Pada dasarnya, pembersih kuteks bukan tergolong sampah biasa. Jadi, Anda tidak bisa membuangnya begitu saja atau menyiramnya ke air.


Untuk dijadikan sampah mudah terbakar, siapkan kertas bekas dalam plastik dan biarkan pembersih kuteks terserap ke kertas. Usai terserap sempurna, ikat mulut plastik dan berikan label mudah terbakar pada plastik.


Jika ingin dibiarkan menguap, buka penutup pembersih kuteks dan letakkan pembersih kuteks di balkon atau taman. Saat didiamkan seharian, pembersih kuteksnya akan kosong akibat isinya menguap semua. Setelah itu, kemasan pembersih kuteks pun bisa Anda buang sesuai kategorinya.

Adakah substitusi pembersih kutek?

Adakah substitusi pembersih kutek?

Mungkin Anda ingin membersihkan kuteks tanpa menggunakan pembersih kuteks. Jika demikian, Anda bisa saja menggunakan barang penggantinya. Sebagai contoh, etanol untuk disinfektan dan parfum dengan kadar alkohol tinggi. 


Layaknya menggunakan pembersih kuteks, Anda bisa menuangkannya ke kapas agar terserap dan mengoleskannya ke kuku. Namun, efeknya bisa jadi lebih lama muncul atau malah tidak efisien sama sekali. Jika memungkinkan, lebih baik Anda tetap menggunakan pembersih kuteks. 


Bisa juga Anda menggunakan thinner untuk membersihkan kuteks. Namun, Anda harus melakukannya dengan sangat hati-hati. Tergantung cara pemakaian Anda, risiko keracunan thinner bisa saja terjadi. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari menggunakan thinner untuk membersihkan kuteks.

Kegunaan tambahan selain membersihkan kutek

Kegunaan tambahan selain membersihkan kutek

Mungkin Anda memiliki sisa pembersih kuteks yang sudah tidak terpakai lagi. Anda bisa menggunakannya untuk hal selain membersihkan kuteks, lho! Tidak disangka ternyata pembersih kuteks sangat versatile, Anda bisa memakainya untuk kebutuhan sehari-hari.


Pembersih kuteks dapat digunakan untuk melepas stiker, menghapus noda tinta minyak, serta menyingkirkan noda pada sepatu atau sisik. Meski begitu, pastikan untuk tidak mengoleskannya pada permukaan vinil, plastik, karet, atau kulit. Warna atau bahkan bentuk material tersebut bisa saja berubah.


Menariknya lagi, Anda juga bisa menggunakannya untuk membasahi kembali pena berbasis tinta minyak yang sudah kering. Oleskan sedikit pembersih kuteks pada tutup pena, tutup kembali penanya, dan diamkan beberapa saat. Anda pun akan memperoleh kembali pena yang sensasi menulisnya terasa halus. Meski trik ini hanya bisa digunakan sekali, tentunya tetap bermanfaat dilakukan saat darurat, bukan?

Baca juga rekomendasi beragam kutek di sini

Mempercantik kuku dengan kuteks sangatlah menyenangkan bagi wanita. Kuteks Inglot, matte, hingga model peel off sangat menarik untuk dimiliki. Anda bisa membaca lebih detail mengenai beragam kuteks tersebut di sini.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda mengenai artikel pembersih kuteks kali ini? Kami sudah menjelaskan jenis-jenis pembersih kuteks dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing untuk Anda. Selanjutnya, silakan Anda putuskan produk yang paling cocok dengan situasi dan kebutuhan Anda.

Dengan begitu banyaknya produk yang ada di pasaran, Anda akan bebas memilih dan menentukan produk favorit Anda. Setelah itu, selamat bersenang-senang dengan kegiatan mempercantik kuku Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kuteks (Nail Polish) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kuteks (Nail Polish) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Di pasaran, telah tersedia beragam kuteks (nail polish) dengan banyak keunggulan dan harga yang tergantung pada kualitasnya. Produk kuteks berkualitas dari Maybelline, O.P.I, hingga Revlon barangkali sudah tidak asing lagi di telinga. Namun, pilihan kuteks yang terlampau banyak mungkin membuat Anda bingung memilih.Tidak perlu khawatir. Kami akan membahas poin yang perlu diperhatikan dalam memilih kuteks agar Anda bisa mendapatkan hasil terbaik. Selain itu, kami pun akan memperkenalkan produk kuteks terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan. Simaklah ulasan berikut ini!
    Perawatan kuku
  • 10 Rekomendasi Vitamin Kuku Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Vitamin Kuku Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk memperbaiki kuku yang rusak, rapuh, atau mudah patah, umumnya orang akan menggunakan vitamin kuku atau serum kuku. Namun, untuk kuku dengan kondisi khusus, misalnya berjamur, Anda akan membutuhkan produk yang berfungsi sebagai obat jamur kuku juga. Kini Anda pun bisa dengan mudah mendapatkannya tanpa perlu ke apotek, cukup membeli online.Untuk membantu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan membantu menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Setelahnya, berbagai vitamin kuku terbaik keluaran O.P.I, Revlon, Emtrix, hingga The Body Shop akan kami berikan. Simak terus artikel ini, ya!
    Perawatan kuku
  • 10 Rekomendasi Top Coat Terbaik untuk Kuku (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Top Coat Terbaik untuk Kuku (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kuku cantik adalah hal yang menyenangkan bagi wanita. Nah, keberadaan top coat menjadi penting karena dapat menambah kecantikan kuku. Top coat berfungsi untuk memberikan hasil akhir atau finishing kutek serta mengilapkan kuku. Ada juga jenis top coat yang berwarna, matte dan glossy.Di artikel ini kami akan menjelaskan berbagai top coat nail polish yang bagus. Anda akan menemukan beragam merek populer, mulai dari OPI, Revlon, hingga kutek halal INGLOT. Dengan memakai top coat, kuku akan terlihat makin cantik. Pilihlah top coat yang tepat dan nikmatilah kuku indah bersinar!
    Perawatan kuku
  • 10 Rekomendasi Nail File (Kikir Kuku) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Nail File (Kikir Kuku) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Nail file atau kikir kuku merupakan item esensial untuk merawat kuku. Orang yang memiliki kuku rapuh, mudah patah, atau ingin menjaga kukunya tetap pendek disarankan untuk memakai item ini. Bahan dan jenis nail file sangat beragam, hal tersebut bisa saja membuat Anda bingung saat hendak membelinya.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi nail file yang bisa Anda beli secara online sambil menjelaskan perbedaannya masing-masing. Setelah membaca artikel ini, Anda yang terbiasa menggunakan gunting kuku pasti ingin beralih menggunakan nail file. Rawatlah kuku Anda dengan baik dan miliki kuku indah berkilau!
    Perawatan kuku
  • 10 Rekomendasi Alat Pengering Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Alat Pengering Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kutek dapat membuat penampilan jadi lebih maksimal, tetapi Anda harus menunggu 10–30 menit agar kutek kering maksimal. Waktu yang dibutuhkan bisa jadi lebih lama jika kutek yang diaplikasikan terdiri dari beberapa lapis. Sebenarnya, ada cara cepat untuk mengeringkan kutek yang dioleskan pada kuku, salah satunya menggunakan alat pengering kutek.Alat pengering kutek menggunakan sinar UV atau LED sehingga proses pengeringannya lebih cepat. Ada beragam merek alat pengering kutek di pasaran, seperti Beurer dan SUNUV. Untuk membantu Anda, kami telah menyiapkan tips memilih alat pengering kutek yang bagus. Disimak, yuk!
    Perawatan kuku
  • 10 Rekomendasi Kutek Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kutek Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kuteks matte hadir memberikan warna berbeda dalam dunia nail art. Warnanya yang tidak berkilau dan cenderung terkesan redup, nyatanya malah disukai oleh sebagian orang. Apalagi, kini di pasaran makin banyak beredar kuteks matte dari merek terkenal, seperti OPI, Inglot, Zoya, dan sebagainya. Apakah Anda jadi bingung menentukan pilihan?Untuk memudahkan Anda memilih produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Setelahnya, kami juga akan memberikan rekomendasi kuteks matte yang bagus pilihan kami. Seluruhnya memiliki keunggulan dan warna cantik yang tidak boleh dilewatkan. Yuk, simak selengkapnya!
    Perawatan kuku
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori