10 Rekomendasi Meja Taman Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Meja Taman Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Rumah yang dilengkapi taman dengan desain apik dapat membuat penghuninya semakin betah. Meja taman merupakan salah satu item yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik area hijau di rumah Anda. Banyaknya material meja taman seperti kayu, aluminium, besi, atau rotan, mungkin menyulitkan Anda untuk memilih meja taman mana yang cocok.

Agar Anda tidak tersesat di rimba outdoor furniture, kami akan memberikan tips memilih meja taman yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Tak berhenti sampai di situ, kami juga akan memberikan rekomendasi 10 meja taman terbaik dan dapat Anda pesan secara online. Simak ulasannya dan jadikan taman Anda semakin cantik!

Daftar isi

Cara memilih meja taman

Meja taman adalah benda yang akan Anda gunakan untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, perhatikan poin-poin berikut ini agar Anda tidak salah memilih meja yang akan Anda letakkan di taman atau beranda rumah Anda.

Memilih berdasarkan bahan baku meja

Material meja taman merupakan hal penting yang harus Anda ketahui. Hal ini dikarenakan material meja akan mempengaruhi daya tahan produk serta konsep suasana yang ingin diciptakan.

Aluminum: mewah dan tahan lama

Aluminum: mewah dan tahan lama

Meja taman berbahan alumunium memiliki kelebihan tidak akan berkarat maupun lapuk. Hal ini menjadikan meja taman alumunium tahan lama. Bahan ini juga relatif ringan sehingga Anda tidak akan kesulitan menata serta menggeser posisinya.

Meja taman umumnya dibuat dari aluminium cor (aluminium casting) sehingga dapat dibentuk menjadi motif-motif klasik dan rumit seperti motif bunga mawar dengan detail berupa kelopak yang berlekuk-lekuk. Motif-motif inilah yang akan memberikan sentuhan mewah di taman Anda. Kombinasikan tampilan shiny meja aluminium dengan tanaman segar untuk suasana yang menyenangkan di area hijau rumah Anda.

Meja taman alumunium dengan motif ukir yang rumit memang sulit dibersihkan. Namun, semakin detail dan rumit motifnya, semakin mewah pula sensasi yang Anda rasakan.

Kayu: hangat dan natural

Kayu: hangat dan natural

Rumput segar berwarna hijau dan meja kayu lipat merupakan perpaduan yang akan membawa suasana hangat dan natural di taman Anda. Jika Anda menginginkan meja kayu yang tahan lama, meja berbahan dasar kayu jati adalah pilihan yang tepat. Kayu pohon jati terkenal kuat dan tidak mudah lapuk. Semakin tua usianya, kualitas kayu jati semakin bagus. Karena itu tak heran jika dek kapal pesiar mewah juga menggunakan kayu jati.

Jika budget terbatas, Anda dapat memilih jenis kayu lain asalkan bahan kayu tersebut telah dilapisi dengan cat pelindung kedap air. Anda dapat memilih warna abu-abu silver untuk cat pelapisnya karena selain terlihat elegan, warna ini cenderung lebih lambat memudar.

Stainless steel: untuk kesan simpel  dan cool

Stainless steel: untuk kesan simpel dan cool

Stainless steel merupakan material yang kuat, antikarat dan tahan korosi sehingga bisa berusia lama di taman Anda. Meja berbahan stainless steel kebanyakan memiliki desain simple dan tidak banyak detail. Bahan ini juga relatif ringan sehingga dapat Anda memindahkan posisinya dengan mudah.

Kelemahan dari stainless steel adalah permukaannya yang cepat panas jika terpapar sinar matahari langsung. Untuk itu, kami sarankan Anda memasang parasol guna melindunginya dari sinar matahari terutama di musim kemarau.

Resin: mudah dibersihkan

Resin: mudah dibersihkan

Ingin memiliki meja taman yang awet namun budget Anda terbatas? Meja resin dapat menjadi pilihan yang bagus. Simple dan affordable mungkin adalah dua kata yang dapat menggambarkan meja taman berbahan resin. Modelnya mungkin tidak terlalu fashionable jika dibandingkan dengan meja berbahan lain, namun cukup recommended.

Resin juga sangat mudah dibersihkan karena terbuat dari bahan polypropylene. Cukup usap menggunakan kain basah, meja Anda akan terbebas dari debu yang menempel. Kabar menggembirakan lainnya, meja resin biasanya lebih murah dibandingkan meja yang lain.

Besi: artistik dan fashionable

Besi: artistik dan fashionable

Meja taman berbahan besi umumnya memiliki desain artistik dan terlihat mewah. Taman Anda bisa tampak lebih fashionable dengan meja besi sebagai dekorasinya. Yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa besi merupakan logam yang sangat mudah terkorosi oleh karat. Oleh karena itu, Anda harus melapisinya dengan cat tahan air khusus besi yang akan melindungi meja Anda dari kelembapan penyebab karat.

Rotan sintetis: klasik dan eksotis

Rotan sintetis: klasik dan eksotis

Rotan merupakan salah satu bahan andalan untuk perabot rumah tangga. Warnanya yang natural dapat menghadirkan kesan eksotis dan klasik di rumah Anda. Terbuat dari polyethylene, rotan sintetis relatif lebih ringan dibandingkan dengan rotan asli.

Meja taman dari bahan ini juga dapat Anda letakkan di teras atau bahkan di dalam ruangan. Jika rotan asli kurang tahan terhadap paparan sinar UV, rotan sintetis cederung lebih kuat di bawah sinar matahari. Warnanya juga tidak cepat memudar karena biasanya rotan sintetis selalu dilapisi cat sebelum dianyam. Dengan perawatan yang baik, meja berbahan rotan sintetis dapat bertahan lama menghiasi taman Anda.

Kaca: ideal untuk penggunaan  indoor

Kaca: ideal untuk penggunaan indoor

Meja kaca membawa kesan elegan dan cantik namun kurang cocok di letakkan di luar ruangan karena cenderung rapuh. Angin kencang mungkin saja dapat membuatnya ambruk dan retak. Selain itu, biasanya meja kaca juga agak berat jika diangkat. Jika Anda berminat membeli meja kaca, kami sarankan untuk menempatkannya di dalam ruangan.

Kaki meja antiselip demi keamanan

Kaki meja antiselip demi keamanan

Lantai yang tergores saat memindahkan meja atau rumput taman yang rusak pasti terasa sangat menjengkelkan. Saat memilih meja taman, perhatikan bagian kaki meja dan kursi yang ingin Anda beli. Pastikan terdapat pelindung antiselip di kaki-kakinya sehingga ketika diletakkan, furnitur tersebut tidak akan langsung mengenai lantai atau rumput indah Anda.

Meja taman dengan parasol agar terlindungi dari paparan sinar matahari langsung

Meja taman dengan parasol agar terlindungi dari paparan sinar matahari langsung

Meja taman dibeli agar pemiliknya dapat menikmati suasana luar ruangan yang segar dan asri sambil bersantai. Namun, bagaimana jika saat Anda duduk matahari bersinar sangat terik? Jika Anda baru berencana membeli meja taman, kami sarankan untuk membeli meja taman yang sudah satu paket dengan parasol sehingga Anda bisa terlindungi dari sengatan sinar ultraviolet.

Meja yang sepaket dengan parasol biasanya telah dilengkapi dengan lubang pengait di tengahnya sehingga akan mempermudah proses pemasangannya. Sebaliknya, meja tanpa parasol set tidak memiliki lubang. Oleh sebab itu, Anda harus membuat lubang atau dudukan sendiri jika ingin menambahkan parasol.

Pilih meja taman yang bisa dilipat agar lebih mudah disimpan

Pilih meja taman yang bisa dilipat agar lebih mudah disimpan

Apakah Anda akan tetap bersantai di taman kala musim penghujan tiba? Tentu tidak, kan? Untuk itu, pilihlah meja taman yang dapat dilipat agar lebih mudah disimpan saat Anda tidak menggunakannya. Meja lipat tidak akan memakan ruang saat disimpan sehingga Anda tidak terlalu repot.

Beberapa jenama membuat meja yang bisa dibongkar dan dirakit kembali. Jika menemukan tipe yang seperti ini, Anda patut mempertimbangkan untuk dibeli.

10 Rekomendasi meja taman terbaik

Setelah membaca tips memilih meja taman, sekarang saatnya Anda menengok rekomendasi meja taman terbaik dan terpopuler yang kami susun berdasarkan peringkat. Lihatlah dengan teliti dan jadikan taman Anda makin cantik!

10. Meja Rotan Bulat

10. Meja Rotan Bulat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Kembali ke alam dengan meja rotan klasik

Jika Anda penggemar furnitur dengan bahan alami, meja rotan ini bisa dijadikan pilihan. Terbuat dari batang-batang rotan asli, meja bulat ini terlihat sangat klasik dan eksotis. Bersantai di taman menggunakan meja ini bisa melambungkan ingatan menuju masa kecil di rumah nenek, di mana meja rotan menjadi furnitur yang mudah di jumpai di rumah-rumah tua.

Model meja ini sangat unik, menyerupai jalinan sarang laba-laba. Hal ini menyebabkan Anda sedikit kesulitan untuk menaruh gelas di atasnya. Karena itu, Anda memerlukan nampan. Material rotan alami membuat meja ini sangat awet dan kokoh. Namun, pastikan Anda telaten merawat dan membersihkannya, ya!

9. IMAX Meja Taman

9. IMAX Meja Taman

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 450.000

Dengan rangka besi tempa menjadikannya kuat dan tahan lama

Salah satu syarat utama meja taman tentu saja kuat dan tidak mudah lapuk. Hal ini dikarenakan meja akan berada di ruangan terbuka yang setiap saat terkena paparan sinar matahari, tetesan embun, juga air hujan. Dengan harga yang bersaing, IMAX menyediakan meja yang cocok untuk diletakkan di taman.

Meja ini memadukan material kayu yang hangat sebagai daun meja, serta besi tempa sebagai rangka dan kaki-kakinya. Berhubung terbuat dari besi, tentu saja meja ini tahan air sekaligus antirayap. Di ujung kaki meja terdapat sol hitam antiselip yang akan melindungi lantai dari goresan saat meja digeser. Untuk saat ini, produsen hanya melayani pengiriman di wilayah JABODETABEK.

8. Informa Hush Meja Kaca

8. Informa Hush Meja Kaca

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.318.800

Meja kaca modern minimalis dan tidak berat

Salah satu kekurangan dari meja kaca adalah bobotnya yang berat, padahal meja ini mampu menciptakan kesan elegan. Saat angin kencang tiba, meja kaca juga rentan rusak karena ambruk atau pecah tertimpa ranting di taman. Namun, jika Anda ingin tetap ingin memiliki meja taman dari bahan kaca, meja kaca bulat ini adalah pilihan yang menarik.

Terbuat dari material berkualitas, meja ini kokoh dan tidak mudah pecah. Meja kaca ini sangat simpel dan tidak memakan banyak tempat karena hanya memiliki satu kaki yang terbuat dari alumunium. Hal ini menjadikan meja bisa digeser oleh satu orang saja. Meja dengan desain modern minimalis ini cocok untuk menghiasi salah satu sudut hunian Anda.

7. Meja Lipat Alumunium Portabel

7. Meja Lipat Alumunium Portabel

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 592.000

Meja yang bisa masuk kantong dan dijinjing

Pernahkah Anda membayangkan sebuah meja yang bisa dimasukkan dalan kantong lantas dijinjing ke sana kemari? Rasanya hanya ada dalam cerita-cerita, ya. Ternyata meja seperti itu benar-benar ada. Anda bisa membawa meja lipat tersebut ke mana pun Anda pergi, lantas mengeluarkannya dari kantong dan memasangnya kapan pun Anda menginginkan. Sangat mudah dan praktis.

Saat membawa meja ini, Anda tidak akan merasa terlalu terbebani, sebab bobotnya terbilang ringan. Tentu saja ini berkaitan dengan materi pembuatnya, yakni alumunium. Sebagai pengaman, di kaki meja terdapat karet antiselip. Supaya meja alumunium Anda selalu terlihat kinclong, jangan lupa untuk membersihkannya sesering mungkin.

6. Natura Freeform Square Meja Sisi

6. Natura Freeform Square Meja Sisi

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 400.000

Pilihan tepat untuk penggemar gaya industrial modern

Selama ini desain bergaya industrial lebih jamak dijumpai di kafe maupun perkantoran. Jika tertarik, Anda bisa menghadirkan gaya industrial modern di rumah, lho! Terbuat dari perpaduan pohon kayu jati dan resin hitam, meja dengan 4 kaki besi ini terlihat sangat menawan. Warna dan motif alami kayu jati yang belang-belang membuat meja ini semakin menarik.

Meja persegi dengan panjang sisi 42 cm ini dapat Anda jadikan meja kopi di taman atau di beranda. Meski sebagian bahannya terbuat dari kayu, meja ini antirayap sebab kayunya sudah dilapisi dengan top coat. Kelebihan lainnya adalah meja ini sangat mudah dibersihkan jika terkena tumpahan air, debu, atau kotoran lainnya. Cukup usap dengan kain basah, meja pun kembali bersih.

5. BINA KARYA Meja Kaki 1 T60 Bulat

5. BINA KARYA Meja Kaki 1 T60 Bulat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp. 475.000

Ringan, awet, dan mudah dibersihkan. Paket lengkap, bukan?

Kelebihan dari meja berbahan dasar alumunium adalah ringan dan mudah dibersihkan. Bobotnya yang enteng membuat Anda bisa memindahkannya dengan mudah. Saat meja terlihat sangat kotor, Anda bisa mengguyurnya dengan air dan mencucinya hingga bersih. Sesudahnya, keringkan dengan lap supaya meja tetap mengkilap.

Meja bulat ini juga awet. Apalagi bagian kaki meja sudah melalui proses anodizing sehingga dijamin antikarat! Harga beli bersaing, perawatan mudah, serta tahan lama, bukankah semua hal itu yang Anda cari? Jadi, tunggu apa lagi?

4. Furnistation Meja Lipat Bundar

4. Furnistation Meja Lipat Bundar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 515.000

Ciptakan suasana hangat dan hommy di taman Anda

Meja lipat biasanya identik dengan meja persegi, namun produk ini justru memiliki permukaan berbentuk bulat. Saat sedang tidak digunakan, Anda bisa melipat kaki-kakinya dan menegakkannya serupa meja lukis. Sangat praktis disimpan dan tidak memakan banyak tempat.

Meja berwarna coklat tua ini terbuat dari kayu solid yang sudah dilapisi cat pelindung tahan air. Meski begitu, kami tidak menyarankan untuk meletakkan meja ini terlalu lama di ruang terbuka tanpa pelindung, sebab sinar matahari dan terpaan hujan bisa merusaknya. Saat sedang tidak digunakan di taman, Anda bisa meletakkannya di teras rumah atau di sudut ruang tamu.

3. IKEA LACKO Meja Taman

3. IKEA LACKO Meja Taman

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 715.000

Tak ingin direpotkan dengan urusan bersih-bersih dan merawat meja? Produk ini bisa dijadikan pilihan!

Membersihkan dan merawat perabotan kadang memakan waktu dan tenaga. Namun, jika Anda memiliki meja taman seri IKEA LACKO, hal itu tak akan terjadi. Anda tak akan dipusingkan dengan perawatannya sebab meja ini cukup dibersihkan dengan kain basah. Meja ini cocok untuk Anda yang tidak mau ribet.

Meja taman berwarna abu-abu ini terbuat dari baja dan lapisan serbuk poliester. Sedangkan kaki serta rangka penyangga terbuat dari plastik polypropylene. Bobot meja ini tidak sampai 9 kg, hal ini membuat meja bisa digeser dengan mudah. Saat musim penghujan, Anda bisa memindahnya ke beranda atau tempat yang terlindungi dari air hujan.

2. Meja Taman GRADE+

2. Meja Taman GRADE+

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500.000

Dilengkapi parasol, hadirkan suasana tropis di taman Anda

Jika biasanya meja taman hadir dalam bentuk bulat atau persegi, meja ini memiliki bentuk yang unik yakni persegi delapan alias oktagonal. Berbahan kayu jati yang terkenal kuat dan tahan lama, meja yang satu paket dengan kursi ini menghadirkan suasana tropis di halaman rumah Anda.

Tak hanya itu, meja ini juga dilengkapi dengan parasol set yang mampu melindungi Anda dari sengatan sinar matahari. Bersantai di taman pun menjadi semakin menyenangkan. Untuk mendapatkan produk ini, Anda harus melakukan preorder lebih dulu dengan durasi pembuatan maksimal 15 hari kerja. Guna mendapatkan meja sesuai keinginan, tak ada salahnya menunggu sedikit lebih lama, kan?

1. IKEA APPLARO Meja Lipat

1. IKEA APPLARO Meja Lipat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.600.000

Praktis! Bisa dilipat sesuai dengan kondisi ruangan

Inilah meja multiguna yang merupakan salah satu produk terbaik IKEA. Berbahan kayu akasia solid dilapisi cat akrilik sesuai warna asli kayu, meja ini mampu menciptakan kesan natural di taman Anda. Sepintas lihat meja ini memang hanya seperti meja kayu biasa, namun sejatinya meja ini memiliki desain yang sangat istimewa.

Meja kayu setinggi 71 cm ini bisa dilipat berkali-kali. Jika ruangannya luas atau ada kerabat yang datang, Anda bisa mengatur meja ini pada ukuran maksimal yakni sepanjang 133 cm. Namun, saat Anda sendiri yang hendak memakainya, meja bisa dilipat separuhnya atau bahkan lebih kecil yakni hanya tinggal 20 cm saja. Meja yang cocok untuk tempat berukuran kecil ini juga dilengkapi kaki antiselip.

Merawat meja taman berdasarkan bahan bakunya

Material meja yang bersifat awet pun akan cepat rusak jika tidak dirawat dengan benar. Setelah memilih meja taman yang Anda sukai, pelajarilah cara perawatannya agar meja taman Anda tetap bagus dan awet.

Aluminum: perhatikan debu di lekukan-lekukan motif

Aluminum: perhatikan debu di lekukan-lekukan motif

Meja aluminium cor setidaknya butuh dibersihkan satu kali dalam satu minggu. Anda dapat membersihkannya dengan lap kain lembut yang dibasahi dengan air sabun. Debu biasanya lebih banyak menempel di lekukan-lekukan kecil pola atau motif meja. Jika debu pada lekukan susah untuk dilap dengan kain, gunakan kuas berbahan halus untuk mengusir debu tersebut.

Stainless steel: rawat dengan metal polish

Stainless steel: rawat dengan metal polish

Pada dasarnya, noda atau debu pada stainless steel dapat dihilangkan dengan lap yang dibasahi dengan air sabun. Namun, untuk menjaga kilaunya, kami sarankan Anda menggunakan produk metal polish atau pengilap logam. Selain metal polish, Anda juga dapat menggunakan wax yang biasa Anda pakai untuk menyemir body mobil. Jika ada bagian yang tergores, segera tutup kembali dengan menggunakan cat khusus stainless steel.

Resin dan rotan sintetis: usir debu dengan vacuum cleaner

Resin dan rotan sintetis: usir debu dengan vacuum cleaner

Kedua bahan ini juga sebenarnya dapat dibersihkan dengan lap dan air sabun. Namun, untuk meja atau kursi taman dari rotan sintetis yang biasanya dianyam, debu yang menempel pada sela anyaman terkadang susah dibersihkan dengan lap saja. Oleh karena itu, kami sarankan Anda menyedot debu yang menempel menggunakan vacuum cleaner sebelum membersihkannya dengan lap basah.

Kesimpulan

Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan saat memilih meja taman mulai dari ukuran, model, bahan, hingga perawatannya. Karena akan ditempatkan di area outdoor, pilihlah bahan yang tahan terhadap panas maupun hujan. Setelah membaca artikel ini, semoga Anda tidak bingung lagi menentukan meja taman seperti apa yang layak untuk dimiliki.