10 Rekomendasi Kerupuk Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kerupuk Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bagi masyarakat Indonesia, makan tanpa kerupuk pastilah rasanya kurang lengkap. Teksturnya yang renyah dan garing sangat disukai karena semakin menambah selera makan. Selain dijadikan teman makan nasi goreng atau mi ayam, kerupuk juga biasa dijadikan camilan saat santai.

Berbagai jenis kerupuk yang enak banyak dijual di pasaran, seperti kerupuk udang, kerupuk bawang, kerupuk kulit, kerupuk rambak, dan lain-lain. Di artikel ini, kami akan memberikan ulasan cara memilih kerupuk. Bagi Anda pencinta kerupuk, simaklah artikel ini sampai habis dan temukan kerupuk yang pas untuk teman makan dan juga bersantai Anda!

Daftar isi

Cara memilih kerupuk

Pada umumnya, kerupuk dibuat dari adonan tepung tapioka yang dicampur dengan bahan-bahan, seperti udang, ikan, bawang, dan terasi. Selanjutnya, kerupuk akan digoreng dan setelah matang akan ditambahkan bumbu-bumbu, seperti garam, gula, dan cabai yang akan membuat rasanya semakin lezat.

Pertama-tama, kami akan memberikan tiga tips bagi Anda dalam memilih kerupuk. Kerupuk seperti apakah yang paling enak? Tentu ini tergantung pada selera masing-masing orang. Berikut ini tips dari kami.

Pilih rasa kerupuk sesuai selera

Pilih rasa kerupuk sesuai selera

Bicara tentang kerupuk yang ada di Indonesia, ternyata memang beraneka ragam jenisnya. Namun, ada beberapa jenis kerupuk yang sudah umum dikenal oleh masyarakat, seperti kerupuk blek atau kerupuk mawar, kerupuk udang, kerupuk bawang, kerupuk kentang, kerupuk rambak, dan lain sebagainya.

Berbagai jenis kerupuk tersebut memiliki variasi rasanya masing-masing. Setiap orang pun tentu memiliki seleranya masing-masing. Bagi Anda yang menyukai kerupuk yang sudah umum dengan rasa bawang yang gurih dan asin sebagai teman makan nasi, kami menyarankan agar Anda memilih kerupuk bawang atau kerupuk mawar yang biasa dijual di warung-warung. Bagi Anda yang menginginkan kerupuk untuk makan rawon atau soto, sebaiknya memilih kerupuk dengan rasa udang yang nikmat yaitu kerupuk udang.

Rasa yang juga menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah rasa pedas. Banyak kerupuk yang dijual saat ini dibumbui dengan cabai sangat pedas yang memiliki tingkat kepedasan tersendiri, dari yang biasa hingga yang sangat pedas. Apakah Anda berani mencobanya?

Perhatikan bentuk dan kemasan kerupuk

Perhatikan bentuk dan kemasan kerupuk

Kerupuk yang dijual di pasaran saat ini dibagi menjadi dua bentuk, yaitu kerupuk yang berbentuk mentahan dan juga kerupuk matang untuk siap dikonsumsi. Anda bisa memilih bentuk kerupuk yang sesuai dengan kebutuhan.

Di samping itu, kerupuk biasanya dikemas di dalam kantong yang berukuran besar dan juga kecil sesuai dengan ukurannya. Kelebihan kerupuk yang dikemas dalam kantong kecil adalah minimnya udara yang masuk sehingga kerupuk tidak mudah melempem. Namun, Anda harus memastikan kantong tertutup rapat dan tidak berlubang untuk mencegah udara masuk. Selain itu, kerupuk dengan kemasan yang kecil ini sangat praktis dan mudah dibawa-bawa untuk dimakan setiap waktu.

Untuk kerupuk yang dikemas dalam kantong besar akan rentan melempem karena di dalam kantong banyak udara yang masuk. Jika tidak segera dihabiskan, sebaiknya kerupuk dipindahkan ke dalam stoples dengan penutup yang rapat.

Beli kerupuk untuk dikonsumsi sendiri atau untuk oleh-oleh?

Beli kerupuk untuk dikonsumsi sendiri atau untuk oleh-oleh?

Setiap daerah di Indonesia biasanya memiliki kerupuk khas daerahnya masing-masing. Karena kerupuk merupakan makanan yang digemari oleh siapa pun dan segala usia, makanan ringan ini bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk teman atau kerabat ketika mengunjungi suatu daerah. Namun, karena setiap orang memiliki selera rasanya masing-masing, sebaiknya memilih rasa yang netral, seperti rasa asin, gurih, atau manis. Hindari memberikan kerupuk dengan rasa yang pedas. Selain itu, perhatikan kemasan kerupuk jika Anda membelinya sebagai oleh-oleh.

Di sisi lain, jika Anda membeli kerupuk untuk dikonsumsi sendiri, Anda bebas untuk membeli rasa apa pun. Jika ingin mengonsumsi kerupuk khas suatu daerah, Anda sudah tidak perlu pergi ke daerah tersebut untuk membeli kerupuk khasnya. Saat ini Anda sudah bisa mendapatkannya melalui toko online. Praktis, bukan?

10 Rekomendasi kerupuk terbaik

Nah, setelah selesai membaca ulasan cara memilih kerupuk di atas, saatnya Anda menyimak kerupuk-kerupuk terbaik rekomendasi dari kami berikut ini. Jangan sampai dilewatkan ya!

10. Kerupuk Sambal Khas Sibolga

10. Kerupuk Sambal Khas Siboga

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Isi lebih banyak dan pedasnya enggak habis-habis

Memang, jika sudah makan yang pedas-pedas rasanya seperti ketagihan dan tidak mau berhenti. Bagi Anda penggemar kerupuk pedas, Anda bisa mencoba kerupuk sambal ini. Produk ini dibuat dari bahan ubi kayu yang rasanya gurih, plus ditambahkan pula dengan cabai yang semakin memuaskan lidah penggemar pedas.

Dalam satu kantong besarnya berisi tiga puluh bungkus kerupuk dalam kemasan kecil. Dengan isi yang cukup banyak, kerupuk ini lebih awet dan lebih hemat untuk dimakan selama beberapa hari. Jadi, nikmati saat santai Anda dengan camilan kerupuk pedas rekomendasi kami ini.

9. Prema Rasa Kerupuk Ceker Ayam Spesial

9. Prema Rasa Kerupuk Ceker Ayam Spesial

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.000

Ceker ayam dijadikan kerupuk? Cocok nih buat oleh-oleh

Jika biasanya ceker ayam kurang diminati sebagai lauk makan karena sedikitnya daging pada ceker, kali ini Anda bisa mencoba inovasi dari ceker ayam yang sudah dibuat menjadi kerupuk. Produsennya mengolah bentuk ceker menjadi kerupuk dengan cara membalur ceker yang sudah dipotong-potong dengan tepung, kemudian digoreng untuk menghasilkan produk yang renyah.

Produk ini merupakan oleh-oleh khas dari Bali yang banyak peminatnya. Daripada memberi saudara atau teman Anda oleh-oleh yang sudah umum seperti pie susu, lebih baik menggantinya dengan kerupuk ceker ayam ini. Selain itu, tidak perlu repot-repot pergi ke Bali, Anda bisa langsung membelinya secara mudah di toko online.

8. Purnama Kerupuk Kemplang Bangka

8. Purnama Kerupuk Kemplang Bangka

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.000

Sedang diet, tetapi ingin ngemil? Ngemil kerupuk rendah kalori saja!

Anda pasti sudah tahu bahwa minyak goreng memiliki kadar kalori yang tinggi sebagai penyebab gemuk. Bagi Anda yang sedang berdiet, memikirkan jumlah kalori di dalam kerupuk yang digoreng tentu membuat Anda ragu. Jika Anda membeli produk ini, Anda bisa menikmati gurihnya kerupuk untuk teman santai Anda tanpa takut gemuk.

Kerupuk ini memiliki kalori yang rendah dikarenakan proses memasaknya adalah dengan dibakar sehingga lebih sehat untuk dimakan. Untuk menambah kenikmatan Anda saat memakannya, di dalam kemasannya sudah tersedia sambal terasi yang dibungkus dengan plastik untuk siap dikonsumsi.

7. Jank Daniels Kerupuk Seblak

7. Jank Daniel Kerupuk Seblak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.800

Uji nyali Anda! Pilih level pedas Anda sendiri!

Saat berkumpul bersama teman, sangat pas rasanya jika ditemani kerupuk satu ini. Produk dari kota Bandung ini memiliki tingkat kepedasan tersendiri yang ditawarkan. Level yang ditawarkan untuk menguji nyali Anda yaitu dimulai dari level 7 hingga level 9 untuk yang paling pedas.

Saat mengonsumsi produk ini, Anda bisa saling beradu kuat menahan pedas bersama teman-teman Anda. Jika Anda bosan dengan olahan kerupuk seblak berkuah yang membuat kenyang, lebih baik makan kerupuk seblak yang digoreng. Dikemas dalam plastik tebal dengan zipper lock membuat kerupuk ini tetap awet dan terjaga kondisinya.

6. Mitra Sidoarjo Kerupuk Rambak

6. Mitra Sidoarjo Kerupuk Rambak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 125.000

Siapa sangka ngemil kerupuk rambak bikin sakit maag Anda reda?

Mungkin Anda tidak tahu jika kerupuk rambak memiliki manfaat untuk meredakan sakit lambung atau mag. Jadi, bagi Anda penderita mag, daripada mengonsumsi obat-obatan yang berbahan kimia, coba saja mengonsumsi kerupuk rambak ini. Kerupuk rambak ini merupakan kerupuk yang dibuat dari kulit sapi asli yang memiliki banyak manfaat salah satunya untuk meredakan mag.

Jadi, jangan asal membeli kerupuk rambak, belilah yang asli dan masih dijual dalam bentuk mentah ini. Anda bisa langsung menggorengnya dan tidak perlu menjemurnya terlebih dahulu. Kerupuk kulit ini juga sedap disantap bersama makanan seperti lontong sayur atau makanan yang berkuah santan. Nikmat dari kerupuknya dapat, manfaatnya pun juga dapat!

5. Hareudang Kerupuk Tahu Pedas

5. Hareudang Kerupuk Tahu Pedas

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 17.820

Saatnya ucapkan selamat tinggal kepada tahu biasa. Yuk, makan kerupuk tahu!

Makan nasi dengan lauk tahu goreng yang ditambah dengan sambal pedas memang nikmat. Namun, Anda pasti bosan karena rasanya itu-itu saja. Saatnya Anda mengganti lauk Anda dengan kreasi tahu yang sudah diolah menjadi kerupuk tahu berikut ini.

Dengan menjadikan kerupuk ini menjadi teman makan, Anda tidak perlu lagi membuat sambal karena kerupuk ini rasanya sudah pedas. Selain itu, kerupuk ini pun sudah diberi bumbu khas daerah Hareudang, Bandung yang terkenal akan kulinernya. Segeralah beli dan niscaya makan Anda akan semakin lahap.

4. Kerupuk Bocah Tua

4. Kerupuk Bocah Tua

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.000

Kerupuk warung kualitas premium yang aman bagi tubuh

Jika Anda menyukai kerupuk putih berbentuk mawar yang biasanya ada di warung-warung, kami menyarankan agar Anda tidak sembarangan membeli karena dikhawatirkan kerupuk tersebut mengandung pemutih yang berbahaya. Apabila Anda makan kerupuk rekomendasi dari kami ini,  kekhawatiran Anda tidak diperlukan lagi!

Kerupuk ini aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung pemutih dan gluten yang membahayakan kesehatan. Dengan membeli produk ini, Anda bisa menggorengnya sendiri di rumah untuk persediaan keluarga tanpa perlu membeli di warung lagi. Ada tiga rasa lezat yang ditawarkannya, yaitu rasa manis, orisinal, dan juga pedas sesuai selera Anda!

3. Titani Food Senna Krupukku Bawang

3. Titani Food Senna Krupukku Bawang

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.000

Gurihnya kerupuk bawang cocok untuk teman bersantap nasi goreng Anda

Apakah Anda sering makan nasi goreng di restoran atau membeli di pinggir jalan? Pasti di atasnya selalu ditambahkan kerupuk, bukan? Saat Anda ingin makan nasi goreng di rumah dan tidak ada kerupuk, sebaiknya menggoreng sendiri untuk persediaan kerupuk rekomendasi dari kami ini.

Gurihnya rasa bawang dari kerupuk ini dihasilkan oleh sepuluh persen kandungan bawang putih yang ada di dalamnya. Selain bawang putih, produk ini pun diberi tambahan daun bawang yang akan membuatnya semakin gurih. Bahan-bahan yang digunakan pun merupakan bawang alami dan bukan perasa bawang saja. Cocok untuk Anda jadikan sebagai teman makan nasi!

2. Nafisa Kerupuk Sayur Brokoli

2. Nafisa Kerupuk Sayur Brokoli

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.100

Ingin ngemil yang sehat? Ngemil kerupuk sayur brokoli saja

Pasti Anda sudah tahu bahwa sayur memiliki manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh. Manfaat dari sayur yang menyehatkan pun bisa Anda dapatkan dari sayur yang sudah diolah menjadi kerupuk berikut ini. Kerupuk sayur ini berbahan dasar sayur brokoli yang diolah dengan tambahan tepung tapioka dan bawang putih.

Dengan mengonsumsi produk ini, Anda akan mendapatkan manfaat dari sayur brokoli yang sangat kaya, seperti mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan tulang, dan lainnya. Segera dapatkan kerupuk yang tak hanya murah dan menyehatkan, namun juga sehat dan nikmat! Cocok juga bagi Anda yang vegetarian.

1. Titani Food Nixxa Platinum Kerupuk Udang

1. Titani Food Nixxa Platinum Kerupuk Udang

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 97.500

Wow, kadar udangnya tinggi, rasa udangnya benar-benar terasa di mulut!

Apakah kerupuk udang yang biasa Anda makan memiliki tekstur lunak dan kurang terasa udangnya? Berbeda dengan produk ini, pasalnya kerupuk udang ini sangat lembut serta memiliki tekstur yang padat. Selain itu, kadar udang yang dikandung pun dinilai yang tertinggi dibandingkan dengan produk lain.

Karena kadar udang yang tinggi, rasa udang dan protein yang dikandung di dalam kerupuk ini pun juga tinggi. Mengonsumsi kerupuk udang ini menjadi lebih menyehatkan. Jadi, bagi Anda penikmat rawon dan soto, Anda bisa memilih kerupuk udang yang diproduksi oleh perusahaan yang sudah mengekspor produknya ke berbagai negara ini.

Kesimpulan

Apakah setelah membaca semua produk rekomendasi dari kami, Anda langsung ingin membeli semuanya? Sepertinya enak semua, bukan? Rasa yang berbeda dari tiap-tiap jenis kerupuk yang kami sebutkan di atas bisa Anda jadikan pilihan sesuai selera. Selain itu, kerupuk memang bukanlah makanan ringan yang awet dalam waktu lama. Oleh karena itu, kemasan dari tiap produk pun harus Anda perhatikan.

Menjadikan kerupuk sebagai oleh-oleh bukanlah hal yang buruk. Kerupuk yang dimiliki oleh tiap daerah di Indonesia memang unik-unik dan beragam sekali jenisnya. Pilihlah kerupuk dengan rasa gurih yang pasti disukai oleh semua kalangan. Selamat memilih!