• 10 Serum Bibir Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Serum Bibir Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Serum Bibir Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Serum Bibir Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Serum Bibir Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Serum Bibir Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)

Serum bibir atau lip serum adalah produk perawatan bibir yang populer akhir-akhir ini. Serum dapat membuat bibir lebih kenyal, memperbaiki tekstur, serta memudarkan kerutan di bibir. Beberapa serum juga bisa digunakan sebagai pewarna bibir serta efektif melindungi bibir dari sinar UV.

Di sini kami akan menjelaskan cara memilih serum bibir yang bagus. Baca juga tips memilihnya dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Temukan rekomendasi serum bibir terbaik dari merk lokal dan luar negeri, seperti Emina, Clarins, Dior, Ms. Glow, dan lainnya. Selamat tinggal bibir hitam!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dessy Esa S.
  • Pembaharuan terakhir: 22 September 2021
  • 206.279 Views
Daftar isi

Profil pakar: Certified aesthetic doctor dan cosmetologist dr. Dessy Esa S.

Profil pakar: Certified aesthetic doctor dan cosmetologist dr. Dessy Esa S.

Dokter Dessy merupakan seorang dokter praktisi estetik atau kecantikan yang aktif sejak 2016. Ia memiliki passion di bidang botox, filler, dan thread lift. Dessy memilih kariernya karena kecintaannya dengan dunia kecantikan.

Berbekal pengetahuan di bidang beauty, Dokter Dessy juga sering membagikan informasi mengenai skincare dan makeup melalui Instagram-nya. Selain aktif praktik, Dokter Dessy juga menjalankan bisnis di bidang skincare yaitu di Utsukushii Skin Center Bandung.

Apa itu serum bibir?

Apa itu serum bibir?
Sesuai namanya, serum bibir adalah sebuah produk perawatan bibir yang mengandung pelembap dan essence. Karena itu, serum bibir juga biasa disebut lip essence. Tergantung pada produk, umumnya serum bibir berfungsi untuk merawat bibir dengan kandungan pelembap dan essence yang lebih kuat dibandingkan lip balm dan lip gloss

Serum bibir ini juga membantu merawat bibir hingga ke bagian dalam lapisan bibir. Beberapa produk serum bibir juga tidak hanya efektif mengatasi bibir kering, tetapi juga mencerahkan warna bibir yang kusam serta menyamarkan kerutan. Apakah Anda ingin merawat dan memperbaiki tekstur kulit bibir yang kusam atau pecah-pecah? Serum bibir bisa menjadi solusinya!

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Sama halnya dengan bagian lainnya di wajah, perawatan bibir juga tidak kalah penting. Sekarang ini sudah banyak produk perawatan bibir dengan serum yang berbentuk seperti lip cream. Serum bibir ini juga mengandung vitamin dan oil yang baik untuk merawat bibir. 


Dengan menggunakan serum, masalah bibir, seperti bibir kering, pecah-pecah, dan warna bibir yang kehitaman bisa diatasi. Serum bibir memiliki banyak kandungan vitamin dan oil yang dapat membantu bibir menjadi lembap. Kandungan-kandungan ini juga diharapkan dapat membantu warna kehitaman pada bibir berubah menjadi kemerahan secara natural.


Ada kalanya serum bibir yang berbentuk lip cream memiliki tint warna. Karena itu, selain merawat bibir, serum juga dapat membuat bibir tampak lebih cantik dengan warna naturalnya.


Perbedaan serum dan lip balm adalah pada konsistensinya. Kedua produk ini bisa saja memiliki kandungan vitamin dan oil yang sama. Namun, lip balm biasanya memiliki konsistensi seperti balsam, sedangkan lip serum memiliki konsistensi yang cair.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum bibir

Pertama-tama, mari simak terlebih dahulu cara memilih serum bibir. Pilihlah produk dengan kandungan pelembap yang tinggi dan memiliki campuran bahan essence yang tepat. Sesuaikan juga dengan tujuan Anda dalam menggunakan serum bibir tersebut. Perhatikanlah poin-poin di bawah ini.

Pilihlah yang berdaya pelembap tinggi jika bibir Anda mudah kering

Pilihlah yang berdaya pelembap tinggi jika bibir Anda mudah kering
Jika Anda sering mengalami masalah bibir yang mudah kering, pecah-pecah, dan sebagainya, pilihlah produk berdaya pelembap tinggi. Pastikan kandungan pelembap, seperti hyaluronic acid, kolagen, madu, minyak alpukat, beeswax, dan lainnya ada dalam daftar komposisi produk yang Anda pilih.

Sebagian serum bibir yang terdiri dari natural oil juga ada yang memiliki khasiat anti-aging yang baik. Selain itu, kami sarankan pula agar Anda memilih produk dengan tekstur yang kaya akan nutrisi untuk melindungi bibir secara maksimal.


Namun, Anda perlu memperhatikan bahwa serum bibir dengan kandungan pelembap tinggi mungkin akan sedikit menggumpal. Solusinya, Anda dapat mencoba serum bibir tipe pack yang bisa melembapkan hanya dengan melapisi bibir Anda selama beberapa menit, kemudian lapisannya dapat Anda kelupas. 

Bagi pemilik kulit sensitif, pertimbangkan produk yang tidak menimbulkan alergi

Bagi pemilik kulit sensitif, pertimbangkan produk yang tidak menimbulkan alergi
Jika Anda memiliki kulit bibir yang sensitif, sebaiknya Anda memilih produk yang tidak mengandung bahan-bahan yang memicu alergi. Kami menyarankan Anda memilih serum bibir yang tidak berwarna, tidak mengandung pewangi, dan tanpa bahan aditif lainnya. Dengan kata lain, pilihlah serum bibir yang dibuat menggunakan bahan alami.

Meskipun produk pilihan Anda mengandung bahan yang rendah iritasi, hal ini bukanlah jaminan bahwa alergi tidak akan timbul. Jika Anda merasakan gatal atau tidak nyaman di area bibir, hentikanlah penggunaan dengan segera. Jika gejala alergi kian parah, sebaiknya Anda segera menemui dokter kulit kepercayaan Anda.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Jika Anda memiliki kulit sensitif dan rentan dengan alergi, berhati-hatilah dalam memilih produk lip serum agar tidak membuat bibir makin sensitif. Beberapa zat yang dapat menyebabkan bibir menjadi makin kering dan sensitif adalah alkohol dan pewangi kosmetik


Pewarna pada lipstick atau lip serum biasanya adalah aluminium hydroxide. Kandungan ini bisa membawa sensasi kurang nyaman di kulit dan membuat bibir menjadi gatal. Oleh karena itu, lip serum tanpa pewangi dan pewarna bisa menjadi pilihan untuk Anda yang memiliki kulit bibir yang sensitif.

Gunakanlah serum bibir sebagai dasar sebelum memakai lipstik atau lip gloss

Gunakanlah serum bibir sebagai dasar sebelum memakai lipstik atau lip gloss
Serum bibir dengan kandungan yang melembapkan bibir dan mampu mengondisikan bibir Anda cocok untuk dipakai bersama lipstik atau lip gloss. Dengan menjaga bibir tetap lembap, warna dari lipstik yang Anda gunakan pun akan lebih menonjol.

Karena itu, pilihlah produk yang teksturnya tidak lengket sehingga Anda lebih mudah mengaplikasikan lipstik. Sebaiknya, Anda memilih serum bibir dengan formula yang ringan serta cocok dengan bibir Anda. 


dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Bibir kering dan pecah-pecah tentunya tidak nyaman dan juga tidak enak dilihat. Bibir seperti ini tentunya dapat membuat penampilan menjadi kurang menarik. Namun, menggunakan lipstick atau lip cream setiap hari dapat membuat bibir menjadi pecah-pecah. Karena itu, jangan lupa untuk menggunakan lip serum agar kulit bibir tetap terawat dan tidak pecah-pecah meski memakai lipstick setiap hari.

Agar lebih praktis, cobalah serum bibir yang berwarna

Agar lebih praktis, cobalah serum bibir yang berwarna
Umumnya, serum bibir diproduksi dengan warna bening atau hampir tanpa warna. Namun, ada juga serum bibir yang memiliki sedikit warna. Jika Anda menggunakan serum bibir berwarna, Anda bisa menjadikannya sebagai pengganti lip gloss.

Selain itu, serum bibir biasanya memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan lipstik dan lip gloss sehingga membuat rona bibir Anda tampak lebih alami. Karena itu, pilihlah serum bibir yang hadir dalam berbagai variasi warna sesuai selera Anda.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Membuat produk yang menggabungkan kosmetik dan skincare adalah inovasi paling efisien saat ini. Produk seperti ini dapat merawat kulit sekaligus membuat Anda terlihat cantik. Karena itu, produk seperti tinted lip serum kini makin ramai di pasaran. Produk ini juga digemari karena warnanya yang lebih natural.


Kandungan lip serum biasanya adalah jojoba oil, olive oil, sunflower oil, hyaluronic acid, dan juga pigment pewarna lip tint. Jika Anda menyukai hasil bibir yang sehat, lembap, dan pink natural, gunakanlah tinted lip serum ini.

Untuk penggunaan pada siang hari, pilihlah yang mengandung tabir surya

Untuk penggunaan pada siang hari, pilihlah yang mengandung tabir surya
Beberapa serum bibir dibuat dengan kandungan efek tabir surya. Berhubung tidak memungkinkan untuk mengoleskan suncreen biasa di bibir, Anda bisa memilih serum bibir dengan kandungan SPF. Serum bibir ini akan sangat efektif melindungi bibir Anda dari sengatan sinar ultraviolet.

Tampaknya, paparan sinar matahari juga menjadi salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Dengan demikian, Anda perlu merawat bibir dengan benar. Gunakanlah serum bibir yang mengandung tabir surya sebelum terpapar sinar matahari atau ketika Anda beraktivitas di luar ruangan.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Sinar UV tidak hanya memengaruhi kulit di wajah saja, tetapi juga bibir. Kadang, orang tidak memperhatikan bahwa penyebab bibir berwarna gelap tidak hanya genetik atau bad lifestyle seperti merokok saja. Ketahuilah bahwa sebenarnya paparan sinar UV juga bisa membuat bibir keriput dan berubah warna menjadi gelap.


Oleh sebab itu, gunakanlah lip serum atau lip balm yang mengandung SPF. Kandungan SPF pun bervariasi, mulai dari 15, 20, 35, hingga 50. Makin tinggi nilai SPF-nya, makin lengket konsistensinya. 

Gunakanlah serum bibir untuk perawatan bibir sebelum tidur

Gunakanlah serum bibir untuk perawatan bibir sebelum tidur

Serum bibir juga kerap digunakan untuk perawatan bibir pada malam hari. Jika Anda khawatir dengan masalah bibir kering selama tidur, mengaplikasikan serum pada malam hari akan lebih efektif daripada menggunakannya pada siang hari.


Apabila hendak digunakan sebelum tidur, pilihlah serum bibir yang tidak berwarna dan tidak mudah luntur. Jadi, Anda tidak akan melihat noda yang tidak diinginkan menempel di bantal, guling, atau baju. Terutama untuk penggunaan malam hari, pilihlah serum bibir yang mampu melembapkan dalam waktu lama. 

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Lip serum tidak hanya diaplikasikan ke bibir pada saat siang hari saja, tetapi juga sebelum tidur. Biasakanlah untuk menggunakan lip serum sebelum tidur karena waktu ini adalah waktu paling efektif untuk merawat kulit.


Saat tidur, bibir juga ikut beristirahat karena tidak banyak digunakan untuk makan. Karena itu, bila Anda mengaplikasikan lip serum saat tidur, penyerapan ingredients pada lip serum pun akan menjadi maksimal.

10 Rekomendasi serum bibir terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum bibir terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dessy Esa S.

10
WarnaPink
Kandungan pelembap7 natural oils & shea butter
9
WarnaBening
Kandungan pelembapManuka honey, yeast extract, kefir extract, soy amino acid, apple stem cell, citruline
8
WarnaBening
Kandungan pelembapJojoba oil, sunflower seed oil, camellia seed oil
7
WarnaBening
Kandungan pelembapGlycerin, madu, avocado oil, grape seed oil
6

Mineral BotanicaSugar Lip Serum Intensive Care

8997204823134

Mulai dari Rp 45.900,00

WarnaBening
Kandungan pelembapAvocado oil, ferulic acid, grape seed oil, honey, shea butter, sodium hyaluronat, vitamin E, squalane.
5

SulwhasooEssential Lip Serum Stick

Mulai dari Rp 550.000,00

WarnaApricot, Flower Pink, Rose Red, Blossom Coral, Sweet Pink, Deep Berry, Soft Rose, Radiant Red, Soft Orange
Kandungan pelembap Beeswax, camellia oil, safflower oil,
4
WarnaHoney, Raspberry, Red Berry, Candy, Tangerine, Mint, Honey Glam, Blackberry
Kandungan pelembapHazelnut oil, jojoba, raspberry, amaranth, buriti, field mint, macadamia.
3
WarnaBening
Kandungan pelembapNutritient-rich oils, Vitamin E complex
2

FreshSugar Lip Serum Advanced Therapy

Mulai dari Rp 689.000,00

Warna Bening
Kandungan pelembapSugar, acmella flower extract, Kigelia Africana fruit extract
1
WarnaPink (Light Pink), Coral (Bright Coral), Berry, Raspberry, Holo Purple (Light Purple), Holo Pink (Pink Coral), Rosewood, Beige (Light Beige)
Kandungan pelembapHyaluronate, sodium hyaluronate, atelocollagen, mineral oil

Tabel perbandingan produk serum bibir terbaik

Gambar produk
1
Dior Lip Maximizer 1

Dior

2
Fresh Sugar Lip Serum Advanced Therapy 1

Fresh

3
Blistex Conditioning Lip Serum 1

Blistex

4
Clarins Lip Comfort Oil 1

Clarins

5
Sulwhasoo Essential Lip Serum Stick 1

Sulwhasoo

6
Mineral Botanica Sugar Lip Serum Intensive Care 1

Mineral Botanica

7
ElshéSkin Lip Serum 1

ElshéSkin

8
Zoya Cosmetics Lip Essence Hydrating 1

Zoya Cosmetics

9
Ms. Glow Peeling Serum 1

Ms. Glow

10
Emina Cosmetics Lip Mask  1

Emina Cosmetics

Nama produk

Lip Maximizer

Sugar Lip Serum Advanced Therapy

Conditioning Lip Serum

Lip Comfort Oil

Essential Lip Serum Stick

Sugar Lip Serum Intensive Care

Lip Serum

Lip Essence Hydrating

Peeling Serum

Lip Mask

Keunggulan

Membuat bibir Anda lebih penuh dan indah natural secara instan

Early anti-aging serum yang efektif membuat bibir terlihat penuh

Cukup satu pump saja, rasakan kebaikan minyak natural dan vitamin E-nya!

Delapan varian warna inovatif yang kaya akan minyak nabati!

Cerahkan bibir yang kusam dengan warna-warna cantik ala Song Hye Kyo!

Ucapkan selamat tinggal kepada masalah bibir pecah-pecah!

Serum bibir untuk bibir hitam, bangun pagi dengan rona alami!

Pulasan lipstik matte di bibir Anda jadi terlihat lebih indah dan glossy!

Mencerahkan bibir, bisa digunakan pada wajah dan leher juga!

Sambutlah pagi yang cerah dengan bibir yang terasa kenyal dan sehat

Harga mulai dariRp 430.000,00Rp 689.000,00Rp 115.000,00Rp 299.000,00Rp 550.000,00Rp 45.900,00Rp 71.000,00Rp 52.000,00Rp 150.000,00Rp 38.000,00
WarnaPink (Light Pink), Coral (Bright Coral), Berry, Raspberry, Holo Purple (Light Purple), Holo Pink (Pink Coral), Rosewood, Beige (Light Beige)BeningBeningHoney, Raspberry, Red Berry, Candy, Tangerine, Mint, Honey Glam, BlackberryApricot, Flower Pink, Rose Red, Blossom Coral, Sweet Pink, Deep Berry, Soft Rose, Radiant Red, Soft OrangeBeningBeningBeningBeningPink
Kandungan pelembapHyaluronate, sodium hyaluronate, atelocollagen, mineral oilSugar, acmella flower extract, Kigelia Africana fruit extractNutritient-rich oils, Vitamin E complexHazelnut oil, jojoba, raspberry, amaranth, buriti, field mint, macadamia.Beeswax, camellia oil, safflower oil, Avocado oil, ferulic acid, grape seed oil, honey, shea butter, sodium hyaluronat, vitamin E, squalane.Glycerin, madu, avocado oil, grape seed oilJojoba oil, sunflower seed oil, camellia seed oilManuka honey, yeast extract, kefir extract, soy amino acid, apple stem cell, citruline7 natural oils & shea butter
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk perawatan lainnya untuk bibir di sini

Perawatan bibir ternyata tidak kalah penting dengan perawatan wajah secara keseluruhan! Tentunya, bibir manis yang berwarna cerah alami menjadi dambaan setiap wanita. Untuk mendapatkan bibir sehat dan kenyal tersebut, simaklah rekomendasi perawatan bibir terbaik lainnya di artikel-artikel ini.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan serum bibir favorit Anda? Bibir yang lembap mengilat dengan rona cantik natural tentunya menjadi impian bagi banyak wanita. Tidak banyak produk kosmetik bibir yang dapat memperindah bibir Anda tanpa menimbulkan efek samping negatif. 

Serum bibir, yang mampu menutrisi sekaligus memperindah bibir, mungkin bisa menjadi solusi untuk Anda yang mengalami masalah dengan bibir. Silakan jadikan artikel kami sebagai referensi dan milikilah bibir indah menawan impian Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lip tint merupakan produk pewarna bibir dari Korea yang diklaim tahan lama. Penggunaan lip tint bahkan tidak membuat bibir hitam dan bibir kering. Karena formulanya yang unik, lip tint cocok untuk semua orang, termasuk untuk remaja.Kini telah banyak merk ternama seperti Etude House, Innisfree, Tony Moly hingga Emina yang mengeluarkan lip tint. Ada produk yang dilengkapi Aloe vera, ada pula yang bersifat waterproof. Namun, produk manakah yang bagus? Kali ini kami akan menjabarkan cara memilih sekaligus memperkenalkan rekomendasi lip tint terbaik. Untuk lebih lengkapnya, bacalah artikel ini hingga selesai!
    Lip color & lip care
    176.807 Views
  • 10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2021)
    Lipstik waterproof cukup diminati oleh orang Indonesia. Lipstik ini memudahkan Anda agar tidak perlu melakukan touch up dalam waktu beberapa jam. Bahkan, ada beberapa produk yang tahan lama dan tidak akan luntur meski dipakai saat makan. Lipstik waterproof hadir dalam berbagai tipe, baik cream, stick, maupun liquid.  Jika Anda tertarik untuk membeli lipstik waterproof yang bagus, simaklah tips dari kami. Temukan juga tips tambahan dari makeup artist, Renata Aprianti. Jangan ketinggalan juga untuk membaca rekomendasi lipstik waterproof terbaik dari berbagai merk, seperti Revlon, NYX, dan Make Over. Selamat membaca!
    Lip color & lip care
    63.862 Views
  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bibir yang tampak lembap dan cerah akan membuat penampilan Anda makin segar. Namun, gaya hidup dan paparan sinar ultraviolet dapat mengakibatkan bibir gelap dan kering. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan pelembap bibir untuk mengatasi bibir gelap dan kering.Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan tips memilih lip balm yang bagus dan ber-BPOM. Berbagai merk lip balm mancanegara, seperti Nivea, dan Vaseline telah kami siapkan. Kami juga akan mengulas lip balm lokal, seperti Wardah, Emina, dan Tiff Body. So, jangan lewatkan ulasan kami, ya!
    Lip color & lip care
    191.758 Views
  • 10 Rekomendasi Lipstik Ombre Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lipstik Ombre Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Riasan bibir ombre berasal dari Korea Selatan dan turut mendapat sambutan baik di Indonesia. Gaya riasan ini memberikan gradasi warna yang indah pada bibir. Untuk menciptakan efek ombre dengan cara mudah, Anda bisa menggunakan lipstik ombre atau tint. Namun, lipstik ombre seperti apa yang cocok untuk Anda?Tidak perlu bingung memilih lipstik ombre yang pas untuk Anda karena kali ini kami akan memberikan tips cara memilihnya. Setelah itu, temukan juga berbagai merek lipstik ombre ternama yang kami rekomendasikan untuk Anda, seperti Laneige, NYX, dan Dior. Selamat membaca!
    Lip color & lip care
    81.939 Views
  • 10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lipstik matte masih menjadi must-have item untuk para wanita. Lipstik matte dinilai lebih nyaman digunakan, tahan lama, dan cocok dipakai kapan saja. Berbagai brand makeup mengeluarkan lipstik matte populer, di antaranya Make Over, Luxcrime, Emina, Rollover Reaction, Wardah, hingga L’Oréal.Untuk membantu Anda memilih lipstik matte yang bagus, kami telah merangkum tips memilih lipstik matte. Beragam review lip matte terbaik dari berbagai merk juga sudah kami sediakan di sini. Mari, temukan rekomendasi lipstik matte yang bagus dan tahan lama bersama kami!
    Lip color & lip care
    88.661 Views
  • 10 Rekomendasi Lipstik Make Over Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lipstik Make Over Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Merek Make Over mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pencinta makeup di Indonesia. Popularitas kosmetik yang sering disangka merk internasional ini memang semakin melambung beberapa tahun terakhir. Salah satu lini produk Make Over yang paling digemari adalah lipstik. Ada sejumlah seri lipstik Make Over, seperti Ultra Lipstick, Color Stick Crayon, dan Powerstay. Melalui artikel ini, kami akan mengulas cara memilih lipstik Make Over beserta rekomendasi produk terbaiknya. Simak penjelasan kami sampai tuntas dan temukan lipstik yang bagus dan cocok untuk Anda. Selamat membaca!
    Lip color & lip care
    19.180 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori