10 Rekomendasi Teh Ginseng Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Teh Ginseng Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Teh ginseng merupakan minuman herbal yang dipercaya mempunyai manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Dari sejumlah produk yang beredar, mungkin teh ginseng asal Korea adalah produk yang paling populer di pasaran meskipun sebenarnya banyak produk-produk lain yang patut diperhitungkan.

Kali ini, kami akan memperkenalkan beberapa produk-produk teh ginseng terbaik yang beredar di pasaran Indonesia. CNI, Kepala Djenggot, Ten Ren Tea King’s, Hamsoa, dan berbagai merek lainnya akan kami kenalkan disini. Sebelum itu, akan dijelaskan terlebih dahulu perihal manfaat dan cara memilih teh ginseng yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Daftar isi

Apa saja manfaat dari teh ginseng?

Teh ginseng merupakan salah satu obat tradisional Cina yang dapat dipastikan manfaatnya untuk tubuh. Namun, lebih baik jika kita mengetahui satu per satu manfaat yang mampu ditimbulkannya. Untuk itu, kami akan menjelaskan tentang keampuhan teh ginseng pada uraian berikut ini.

Kaya akan zat yang bermanfaat untuk kecantikan!

Kaya akan zat yang bermanfaat untuk kecantikan!

Ginseng kaya akan kandungan saponin. Saponin merupakan zat yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah karena itu zat dikenal baik untuk meningkatkan gairah seksualitas. Zat ini juga ideal untuk program diet sebab dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak dengan baik. Selain itu, saponin juga dikenal bermanfaat untuk mereka yang menderita gangguan menopause karena fungsinya yang mampu menyesuaikan saraf otonom.

Selain itu, teh ginseng juga mengandung kalium dan natrium yang bekerja mengaktifkan dan meregenerasi sel kulit Anda. Hal tersebut bermanfaat untuk kecantikan bagi kaum hawa. Maka dari itu, minuman ini sangat cocok untuk wanita yang ingin menjaga kecantikan kulitnya.

Efektif untuk perbaikan pola hidup karena stres dan penyakit

Efektif untuk perbaikan pola hidup karena stres dan penyakit

Dalam kehidupan, stres merupakan hal yang tidak dapat dihindari oleh semua orang. Kehadiran teh ginseng dapat meredakan tensi parasimpatetis tersebut secara pasti. Dengan demikian, rasa stres dan ketegangan akan berkurang. Selain itu, teh ginseng juga dikatakan mampu untuk meningkatkan kualitas hidup bagi penderita tekanan darah tinggi dan diabetes. Cocok untuk segala usia dan tanpa memandang jenis kelamin, konsumsi teh ginseng sangat disarankan untuk mereka yang mendambakan hidup sehat.

Cara memilih teh ginseng

Beberapa poin berikut ini dapat Anda jadikan sebagai pegangan ketika memilih produk teh ginseng yang ada di pasaran. Harap disimak dengan saksama.

Periksalah terlebih dahulu asal-usul ginsengnya

Periksalah terlebih dahulu asal-usul ginsengnya

Ketika memilih teh ginseng, periksalah terlebih dahulu di mana area produksinya. Ginseng dari tiap-tiap area produksi berbeda dari segi jenis dan nilai gizi saponin. Di pasaran, mungkin Anda akan menemukan beberapa produk yang berasal dari Korea Selatan, Cina, dan juga dari perkebunan lokal. Di antara nama daerah-daerah tersebut, produk teh ginseng asal Korea tentunya dikenal memiliki kandungan paling tinggi. Semenanjung Korea memang memiliki sejarah, tanah, dan iklim yang cocok untuk budidaya ginseng. Karena itu, mudah untuk mendapatkan barang dengan kualitas baik.

Ginseng berusia 6 tahun menyerap banyak nutrisi

Ginseng berusia 6 tahun menyerap banyak nutrisi

Kandungan saponin pada ginseng bervariasi tergantung pada usia budidayanya. Secara umum, budidaya ginseng berlangsung selama 1-6 tahun. Dari situ, kualitas akar dibagi menjadi enam kelas tergantung dari masa budidayanya.

Secara alamiah, ginseng yang melalui masa budidaya panjang menyerap lebih banyak nutrisi. Oleh karena itu, penting untuk memilih teh ginseng yang dipanen pada tahun keenam. Jangan lupa untuk memeriksa berapa usia budidaya ginseng tersebut pada saat Anda memilih produk teh ginseng.

Pilih produk dengan metode pemrosesan ginseng yang terbaik

Pilih produk dengan metode pemrosesan ginseng yang terbaik

Ada tiga jenis metode pengolahan ginseng di Korea, yakni pemrosesan white ginseng, water ginseng, dan red ginseng. Metode terbaik di antara tiga jenis tersebut adalah metode pengolahan red ginseng. Red ginseng merupakan metode pengolahan dengan cara mengukus dan mengeringkan ginseng tanpa mengelupas kulit. Metode pengolahan lainnya mengharuskan kulit ginseng dipisahkan sebelum diolah, padahal pada bagian kulit tersebut kaya akan zat saponin.

Jika Anda ingin merasakan efek teh ginseng yang terbaik, pilihlah produk yang menggunakan metode pengolahan red ginseng. Tanpa mengupas kulit, saponin yang terkandung di dalamnya akan terkondensasi dengan baik.

Metode water extraction juga kaya akan nutrisi

Metode water extraction juga kaya akan nutrisi

Metode ekstraksi teh ginseng terbagi menjadi dua jenis, yaitu alcohol extraction dan water extraction. Water extraction merupakan metode yang menghasilkan ginseng dengan kualitas yang lebih baik. Memang membutuhkan waktu yang lebih untuk proses ekstraksi ini. Namun, ginseng akan semakin kuat dengan ditambahkannya zat-zat seperti asam amino, protein, dan sakarida sebagai bahan ekstraksi. Sayangnya, tidak semua produk yang ada di pasaran Indonesia mencantumkan informasi tersebut.

Pilihlah berdasarkan bentuk produk teh ginsengnya

Teh ginseng terbagi dalam dua bentuk, yakni bentuk bubuk granule dan bentuk ekstrak. Masing-masing bentuk memiliki keunggulan masing-masing, jadi pilihlah mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bentuk granule, lebih mudah untuk diminum

Bentuk granule, lebih mudah untuk diminum

Jenis granule mudah dan praktis untuk diminum karena kita hanya perlu melarutkannya dengan air biasa atau air panas. Jenis ini sangat dianjurkan bagi mereka yang baru saja mulai meminum teh ginseng. Sangat mudah untuk membuatnya karena kebanyakan produsen mengemasnya dalam takaran satu kantong untuk satu kali saji. Jadi, kita tidak perlu repot-repot menghabiskan waktu dan tenaga untuk menakar. Bentuknya yang sangat minimalis juga memudahkan Anda untuk membawanya ke tempat kerja atau mana pun.

Bentuk extractum, dapat diracik sesuai dengan keinginan

Bentuk extractum, dapat diracik sesuai dengan keinginan

Jenis ekstrak merupakan jenis teh ginseng yang berbentuk cair atau kental. Seperti halnya jenis granule, teh ginseng ekstrak diencerkan menggunakan air biasa atau air panas sebelum disajikan sebagai minuman. Beberapa juga dapat langsung diminum. Namun, yang membedakan kedua jenis tersebut adalah jenis ekstrak memudahkan Anda untuk mengatur takaran. Jumlah konsumsi teh ginseng dapat berubah sesuai dengan keadaan tubuh dan usia. Jadi, meracik sendiri secangkir teh ginseng Anda adalah hal yang menguntungkan.

Tipe ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang sudah lama mengonsumsi teh ginseng. Tipe ini juga cocok untuk orang yang ingin menyesuaikan kadar teh ginseng yang sesuai dengan kondisi fisik mereka. Sayangnya, produk ini cukup jarang ditemukan di toko online di Indonesia.

Selain yang telah kami sebutkan di atas, ada juga produk teh ginseng yang diseduh dalam kemasan tea bag.

10 Rekomendasi teh ginseng terbaik

Setelah memahami poin-poin di atas, kini saatnya kami merekomendasikan produk-produk teh ginseng terbaik yang ada di pasaran. Kami harap daftar berikut ini dapat memudahkan Anda untuk mencari teh ginseng yang dibutuhkan.

10. CNI Up Ginseng Tea

10. CNI Up Ginseng Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 135.000

Lezat! Teh ginseng instan yang dilengkapi dengan creamer nabati

CNI Up Ginseng Tea merupakan teh ginseng instan dengan paduan yang lengkap. Tak hanya teh dan ginseng saja, produk ini sudah dilengkapi dengan gula dan creamer nabati yang lezat. Tentunya produk ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh peminum teh ginseng pemula.

Secara khusus, CNI meramu produk ini dengan bahan antioksidan tinggi, yaitu daun teh hitam dari jenis Camellia sinensis yang berasal dari Kenya. Ditambah dengan ginseng, ini adalah minuman teh yang pas untuk relaksasi pikiran dan melepas stres pada sore hari.

9. GSS Kepala Djenggot Ginseng Tea

9. GSS Kepala Djenggot Ginseng Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.000

Teh celup ginseng dari produk lokal yang sudah tepercaya!

Sejak tahun 1951, merek Kepala Djenggot merupakan produk dalam negeri yang semua bahan-bahannya menggunakan produk lokal berkualitas premium. Teh ginseng ini juga termasuk ramah di kantong, cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang mengonsumsi teh ginseng setiap hari.

Kepala Djenggot Ginseng Tea dikemas dalam bentuk tea bag sebagai pilihan alternatif apabila Anda tidak ingin meracik teh ginseng berbentuk granule dan cair. Selain memudahkan dalam penyajiannya, teh ini juga mudah ditemukan di supermarket terdekat di rumah Anda.

8. Ginseng Oolong Tea

8. Ginseng Oolong Tea

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 85.000

Paduan rasa manis licorice yang khas dengan keharuman teh oolong

Bagi Anda yang menggemari teh oolong dan ginseng Oriental, produk ini dapat Anda jadikan pilihan. Teh ginseng ini dibuat dari daun teh oolong pilihan yang berasal dari Gunung Dong Ding di Taiwan. Dengan campuran ginseng, minuman herbal ini menjadi lebih berkhasiat.

Anda tidak perlu menambahkan gula atau creamer untuk mendapatkan rasa manis saat mengonsumsi teh ini. Semuanya berkat tanaman akar manis yang dicampurkan ke dalamnya. Produk ini pas untuk Anda yang sedang berdiet dan ingin menikmati teh manis tanpa rasa bersalah.

7. Ten Ren Tea King’s 103 Green Ginseng Oolong 4th Grade

7. Ten Ren Tea King's 103 Green Ginseng Oolong 4th Grade

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 350.000

Teh berwarna kehijauan dengan aroma floral yang memanjakan pikiran

Produk ini terbuat dari daun teh oolong dengan kualitas tinggi yang dipanen di pegunungan di Taiwan. Bahan berkualitas tersebut dipadukan dengan ginseng yang memberikan sentuhan unik pada rasa tehnya. Segar saat diminum dan juga segar ketika sudah berada di dalam tubuh.

Ketika diseduh, teh ini menghasilkan rona hijau kuning muda. Perpaduan air hangat dan tehnya akan menghasilkan aroma floral nan manis yang cukup kuat. Anda dapat menghirupnya sebagai media relaksasi. Nikmati secangkir hangat teh dari Ten Ren ini pada saat Anda menikmati mandi spa pada akhir pekan.

6. Ten Ren Tea King’s 919 Dark Ginseng Oolong 3rd Grade

6. Ten Ren Tea King's 919 Dark Ginseng Oolong 3rd Grade

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 495.000

Sensasi rasa dan aromanya membuat pencinta teh ginseng dan teh oolong senang!

Hasil dari petikan ujung teh oolong terbaik dipadu ginseng menghasilkan sebuah produk teh yang berkualitas tinggi. Teh yang telah mendapat sertifikasi dari ISO dan HACCP ini berkomposisikan teh oolong berkualitas tinggi. Setiap helai daun tehnya pun dipanen dengan sangat berhati-hati untuk dapat menghasilkan olahan teh ginseng bergizi tinggi.

Anda dapat mencium aroma panggang yang sedikit manis saat teh ini diseduh ke dalam teko keramik khas Cina favorit Anda. Tanpa tambahan gula, teh ini sudah memiliki cita rasa yang unik dan manis. Jadi, para penderita diabetes tidak perlu khawatir jika ingin menikmati rasa lezatnya tanpa penambahan gula.

5. Ten Ren Tea King’s 409 Dark Ginseng Oolong 1st Grade

5. Ten Ren Tea King's 409 Dark Ginseng Oolong 1st Grade

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 949.000

Optimalkan kesehatan Anda dengan daun teh oolong plus ginseng berkualitas nomor satu di Taiwan!

Satu lagi produk dari Ten Ren yang kami rekomendasikan untuk Anda. Kali ini hadir dengan kualitas first grade terbaik di antara King’s Tea lainnya. Terbuat dari bahan terbaik, dipanen pada musim terbaik, dan dibudidaya di tempat terbaik pula di Taiwan. Ketika diseduh, teh ginseng ini memiliki konsistensi lezat yang cocok untuk Anda yang menyukai tekstur teh kental.

Selanjutnya, teh ini membaur dengan warna cokelat keemasan dan aroma panggangan dari teh oolong dengan sentuhan manis. Anda dapat mengecap rasa chesnut panggang pada awal menyesap teh, kemudian rasa manis akan menyebar di lidah sebelum Anda menelan air tehnya. Selain untuk kesehatan keluarga, produk premium berkemasan mewah ini cocok untuk dijadikan sebagai hadiah yang berkelas.

4. Korean Red Ginseng Tea

4. Korean Red Ginseng Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 145.000

Kelelahan dan stres di perjalanan? Hidangkan teh ini di mobil Anda

Korean Red Ginseng Tea mengandung ginseng merah asli dari Korea. Karena dikemas dalam bentuk saset, minuman ini cocok untuk dinikmati di mana saja ketika Anda ingin melepas penat. Larutkan di dalam termos atau tumbler Anda dan nikmati segarnya teh ginseng selama dalam perjalanan di mobil.

Sebagaimana teh ginseng instan lainnya, produk berbentuk granule ini sudah terasa manis tanpa perlu ditambahkan gula. Dengan rasa dan takaran manis yang pas dalam secangkir teh hangat, minuman ini siap mendukung hari-hari Anda agar Anda dapat kembali bersemangat.

3. Korean One Ginseng Tea

3. Korean One Ginseng Tea

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 168.000

Minuman kesehatan dengan cita rasa yang modern

Korean One Ginseng Tea merupakan minuman dalam bentuk granule yang merupakan perpaduan antara teh hitam dengan ekstrak ginseng dari Korea. Komposisinya menghadirkan minuman tradisional dengan rasa modern, cocok terutama untuk pria yang menggemari rasa pahit khas dari teh hitam.

Teh ginseng ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan minuman berenergi dengan cita rasa nikmat. Selain untuk mengembalikan energi, minuman ini juga sanggup menjaga kekebalan tubuh dan meningkatkan stamina Anda. Kami merekomendasikannya untuk dijadikan minuman harian.

2. Korean Red Ginseng Tea

2. Korean Red Ginseng Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 750.000

Minuman kesehatan yang bersertifikasi dari Samsung! Anak remaja pun boleh mengonsumsinya

Produk ini memiliki kandungan saponin dan red ginseng berusia 6 tahun asal Pocheon, Korea Selatan. Perpaduan antara teh dan ginseng di dalam produk ini dibentuk dalam butiran granule yang siap diseduh kapan pun Anda mau. Bagi Anda yang sudah lama mengonsumsi teh ginseng, gunakan sebanyak dua bungkus granule setiap satu kali penyajian.

Produk ini telah mendapat sertifikasi minuman kesehatan dari Korean Food Drug Administration dan Samsung Insurance. Selain itu, anak-anak atau remaja di bawah usia 15 tahun pun disebut boleh mengonsumsinya dengan dosis yang separuh. Namun, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter Anda sebelum memberikannya kepada anak.

1. Hamsoa Teh Ginseng Merah

1. Hamsoa Teh Ginseng Merah

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 295.000

Paket komplet untuk hidup sehat: Ginseng merah usia 6 tahun plus bahan herbal berkhasiat lainnya

Teh Ginseng Merah dari Hamsoa asal Korea ini merupakan produk berbentuk ekstrak teh yang dicampurkan dengan cairan ginseng merah berumur 6 tahun. Di dalamnya juga terdapat tanaman herbal berkhasiat seperti taurine dan jamur Ganoderma, yang mampu mengobati kanker, tumor, dan menurunkan kolesterol.

Selain itu, Anda tidak perlu menambahkan pemanis ketika meraciknya menjadi minuman. Produk ini telah menyertakan madu dan royal jelly yang tidak hanya sebagai pemanis, tetapi juga tentunya berkhasiat baik bagi kesehatan. Seluruh komposisi tersebut dapat dipastikan memiliki baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat meminum teh ginseng!

Di bawah ini, kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika meminum teh ginseng. Mengonsumsi teh ginseng dengan tepat dapat meningkatkan kecantikan dan kualitas kesehatan Anda. Namun, apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan saat meminumnya?

Apakah teh ginseng mempunyai efek samping?

Apakah teh ginseng mempunyai efek samping?

Ginseng merupakan tanaman yang digunakan sebagai salah satu bahan pengobatan khas Oriental. Meski begitu, ginseng tidak masuk ke dalam kategori obat medis. Oleh sebab itu, efek samping dari bahan herbal tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan secara medis. Jika Anda memiliki riwayat kesehatan tertentu dan sedang mengonsumsi obat-obatan, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Sangat tidak dianjurkan untuk meminum obat dan teh ginseng secara bersamaan. Minuman ini juga tidak diperkenankan untuk ibu hamil dan ibu menyusui, serta anak-anak karena memiliki efek penguat stamina.

Apa manfaat setelah meminum teh ginseng?

Apa manfaat setelah meminum teh ginseng?

Untuk menyadari manfaat dari teh ginseng yang juga tercatat sebagai bahan pengobatan tradisional Cina, kita perlu mengonsumsinya secara rutin sampai batas tertentu. Setidaknya, proses tersebut berlangsung selama tiga bulan. Setelahnya, Anda baru dapat melihat hasil yang signifikan. Bulan ketiga bertepatan dengan bergantinya sel darah merah yang paling penting untuk menjaga kesehatan. Peningkatan takaran teh memang membutuhkan waktu. Jadi, mari mengonsumsi teh ginseng secara perlahan dan bertahap.

Selanjutnya, penting untuk meminum teh ginseng setidaknya tiga kali dalam sehari. Hal tersebut akan meningkatkan khasiat dari teh ginseng bagi tubuh apabila Anda meminumnya secara teratur. Tentu saja, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter pribadi Anda sebelum mengonsumsinya secara rutin.

Kesimpulan

Jadi, kira-kira manakah produk teh ginseng yang paling cocok untuk Anda? Kami harap penjelasan di atas dapat membantu Anda dalam mencari teh ginseng terbaik. Poin penting yang perlu diingat adalah konsumsilah teh ginseng secara rutin, teratur, dan dalam porsi yang cukup untuk dapat menghasilkan khasiat yang maksimal. Selamat menjalani gaya hidup sehat!