• 10 Rekomendasi Sendok Teh Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sendok Teh Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sendok Teh Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sendok Teh Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sendok Teh Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sendok Teh Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Sendok teh adalah peralatan makan yang umumnya disimpan bersama sendok makan dan garpu di rumah. Beragam bentuk sendok teh terkadang menjadikannya sedap dipandang, apalagi bila disandingkan dengan cangkir kesayangan. Meski terkesan barang yang sederhana, kehadiran sendok teh cukup penting untuk melengkapi dapur Anda.

Ragam sendok teh yang bagus dengan variasi bahan, bentuk, dan ukuran, barangkali membuat Anda bingung dalam memilihnya. Maka dari itu, kami akan membagi tips cara memilih sendok teh terbaik. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh sendok teh pilihan keluaran merk IKEA, Atona Craft, Oxone, dan sebagainya untuk Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Inna Riana
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 April 2022
Daftar isi

Perbedaan sendok teh dengan sendok makan

Perbedaan sendok teh dengan sendok makan
Tidak berbeda dari nama, pada dasarnya sendok teh digunakan untuk menakar daun teh dengan akurat. Sendok teh biasanya digunakan bersama dengan set cangkir yang serasi agar tea time menjadi lebih menyenangkan.

Meski begitu, di Indonesia, sendok teh biasa digunakan untuk menakar teh, kopi, atau gula, ketika hendak membuat minuman. Bersama dengan sendok makan, sendok teh pun digunakan sebagai alat takar bumbu-bumbu dapur, obat-obatan, dan lainnya.


Pada umumnya, sendok teh dan sendok makan memiliki bentuk yang mirip, tetapi ukuran kepala yang berbeda. Satu takaran sendok teh setara dengan 5 ml cairan atau 5 gram, sedangkan satu sendok makan dapat menampung hingga 15 ml cairan. Sementara panjang sendok teh dan sendok makan dapat bervariasi tergantung pada produsennya.

Cara memilih sendok teh

Sendok teh memang peralatan makan yang mungkin Anda jumpai tiap hari. Namun, sendok teh dengan bahan, ukuran panjang, dan desain yang tepat pasti akan lebih berfaedah. Yuk, simak cara memilihnya!

Cek bahan dan karakteristiknya agar sesuai kebutuhan

Sendok teh dibuat menggunakan berbagai macam bahan. Masing-masing bahan memiliki karakteristik, kegunaan, dan kisaran harga yang berbeda. Pahami dan pertimbangkanlah bahan yang sekiranya paling sesuai untuk Anda.

Logam: Terkesan berkelas dan lebih tahan lama

Logam: Terkesan berkelas dan lebih tahan lama

Sendok teh berbahan logam barangkali adalah yang paling umum Anda temukan dalam keseharian. Tidak mengherankan karena sendok berbahan logam terkenal awet dan dapat bertahan bertahun-tahun. Nah, stainless steel merupakan jenis logam yang paling sering digunakan untuk membuat sendok. Bahan logam tersebut dikenal tahan karat dan mudah dibersihkan.


Selain stainless steel, perak yang dikenal memiliki sifat antibakteri digunakan pula sebagai bahan pembuatan sendok. Sendok berbahan perak terkesan berkelas dan harganya pun terbilang mahal. Tembaga juga sering kali dipakai sebagai bahan pembuat sendok. Sendok tembaga memiliki kesan antik dan vintage.

Kayu dan bambu: Natural dan lebih ramah lingkungan

Kayu dan bambu: Natural dan lebih ramah lingkungan

Peralatan makan yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti kayu atau bambu tengah populer belakangan ini. Pasalnya, kedua bahan ini dikenal ramah lingkungan dan lebih aman. Berbeda dengan bahan lainnya, bahan kayu atau bambu tidak reaktif terhadap asam dan memiliki sifat alami pembunuh mikroba.


Dari segi tampilan, kayu dan bambu memberikan kesan hangat dan natural saat digunakan. Anda dapat menikmati perubahan warna, tekstur, bahkan bentuk selama penggunaannya. Meski begitu, pastikan sendok kayu pilihan Anda tidak dilapisi dengan bahan-bahan berbahaya seperti pelitur atau cat.

Melamin: Ragam warna dan desain yang menarik

Melamin: Ragam warna dan desain yang menarik

Melamin pada dasarnya merupakan senyawa organik berbentuk resin yang terbuat dari polimer sintetis, formaldehida, dan urea. Resin ini dianggap tidak berbahaya oleh FDA (Food and Drugs Administration). Tidak heran, dalam beberapa tahun terakhir, melamin populer sebagai bahan pembuat bermacam alat dapur, termasuk sendok. 


Sendok berbahan melamin biasanya berharga terjangkau serta hadir dalam berbagai pilihan desain dan warna. Meski begitu, melamin tetaplah resin yang memiliki kandungan zat karsinogenik. Jadi, lebih baik hindarkan penggunaan sendok melamin bersama makanan atau minuman panas. Buanglah sendok melamin bila sudah terdapat banyak goresan.

Plastik: Murah dan praktis untuk sekali penggunaan

Plastik: Murah dan praktis untuk sekali penggunaan

Bahan plastik memiliki karakteristik yang hampir sama seperti bahan melamin. Hanya saja, bahan plastik lebih terjangkau dan memiliki daya tahan yang lebih rendah. Sendok berbahan plastik umumnya dijual dalam jumlah banyak sekaligus serta didesain untuk penggunaan sekali pakai.


Meski praktis, penggunaan sendok plastik sering kali membuatnya dicap tidak ramah lingkungan. Di sisi lain, penggunaan sendok plastik yang sama berkali-kali juga dapat berbahaya bagi tubuh. Sendok plastik juga sebaiknya tidak digunakan pada makanan atau minuman panas karena dapat menghasilkan BPA (bisphenol A).

Pilih berdasarkan panjang tangkai sendok

Pilih berdasarkan panjang tangkai sendok

Sendok teh memiliki panjang tangkai yang beragam dan dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Tangkai sendok yang terlalu pendek dapat menyulitkan Anda dalam menggenggam sendok. Sementara tangkai sendok yang terlalu panjang dapat membuat genggaman tidak stabil, terutama saat menyendok sesuatu.


Bila penggunaan sendok teh sebatas untuk menakar teh, gula, atau, kopi, produk bertangkai kurang lebih 13 cm saja sudah cukup. Meski begitu, pertimbangkan sendok dengan tangkai yang lebih panjang jika Anda ingin menggunakannya juga sebagai pengaduk. Tangkai sendok yang panjang juga akan mencegah panas terkonduksi ke tangan saat Anda mengaduk minuman panas.

Tentukan desain yang paling sesuai

Tentukan desain yang paling sesuai

Demi kenyamanan penggunaan dan estetika, mari perhatikan juga desain sendok teh pilihan Anda. Kami merekomendasikan untuk memilih kepala sendok yang cenderung halus tanpa tekstur agar mudah dibersihkan. Meskipun begitu, ada pula produk dengan kepala sendok berbentuk bunga yang dapat memanjakan mata Anda.


Di samping kepala sendok, pilihlah desain tangkai yang mudah digenggam. Desain tangkai sendok yang berukir dengan berbagai pola memang terlihat cantik. Tangkai sendok yang berukir juga mencegah sendok terasa licin dan selip. Namun, ornamen yang berlebihan pada tangkai sendok tentu akan membuatnya sulit digenggam.


Terakhir, bila Anda memiliki set cangkir kesayangan, pilihlah sendok teh yang serasi dengan cangkir tersebut. Desain yang senada atau match akan tampak cantik saat disandingkan bersama. Sebagai contoh, Anda dapat memasangkan sendok teh berbahan kayu apabila cangkir yang Anda miliki berdinding tebal.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sendok teh terbaik

Setelah Anda mengetahui poin-poin dalam memilih sendok teh, kini saatnya kami memberikan rekomendasi produknya untuk Anda. Simak dan temukan sendok teh favorit Anda!
10
Ukuran sendok tehPanjang 20 cm
Bahan sendok tehPlastik
9
Ukuran sendok tehPanjang 21 cm
Bahan sendok tehMelamin
8
Ukuran sendok tehTidak disebutkan
Bahan sendok tehStainless steel
7
Ukuran sendok tehPanjang 16 cm・Lebar 4,5 cm
Bahan sendok tehTembaga (coating)
6
Ukuran sendok tehPanjang 20 cm・Lebar 3 cm・ Lebar tangkai 1 cm
Bahan sendok tehKayu jati
5
Ukuran sendok tehPanjang 15 cm
Bahan sendok tehStainless steel
4
Ukuran sendok tehPanjang 12 cm
Bahan sendok tehStainless steel
3

Atona CraftSendok Teh Kayu Motif Daun

Mulai dari Rp 8.500,00

Ukuran sendok tehPanjang 10 cm・Lebar 1,5 cm
Bahan sendok tehKayu sawo
2
Ukuran sendok tehPanjang 14 cm・Tebal 3 mm
Bahan sendok tehStainless steel
1
Ukuran sendok tehPanjang 13 cm
Bahan sendok tehStainless steel

Tabel perbandingan produk sendok teh terbaik

Gambar produk
1
IKEA MARTORP Teaspoon 1

IKEA

2
Capodimonte Sendok Teh / Tea Spoon Set 1

Capodimonte

3
Atona Craft Sendok Teh Kayu Motif Daun 1

Atona Craft

4
Marble Flower Tea Spoon 1

5
Oxone Rainbow Tea Spoon Set 1

Oxone

6
Sendok Teh Kayu Jati 1

7
Sendok Teh Tembaga 1

8
Vicenza Tableware Tea Spoon 1

Vicenza Tableware

9
Goodwill Sendok Teh Melamine 1

Goodwill

10
Golden Hen Plastic Spoon 1

Golden Hen

Nama produk

MARTORP Teaspoon

Sendok Teh / Tea Spoon Set

Sendok Teh Kayu Motif Daun

Marble Flower Tea Spoon

Rainbow Tea Spoon Set

Sendok Teh Kayu Jati

Sendok Teh Tembaga

Tea Spoon

Sendok Teh Melamine

Plastic Spoon

Keunggulan

Minimalis, tahan lama, dan ramah lingkungan!

Tonjolkan kesan mewah dan eksklusif dengan goresan emasnya

Komponen tepat untuk melengkapi home cafe Anda

Ngeteh jadi lebih classy dengan desain bunga-bunga cantik

Warna-warni cerah untuk tampilan cangkir yang lebih menarik

Back to nature dengan sendok berbahan alami

Hadirkan kesan klasik dan vintage dengan bahan tembaga

Desain elegan ala sendok teh dari Eropa, tetapi dengan harga lokal

Tampilan ceria, lebih aman dengan food grade melamine

Transparan untuk kesan yang lebih menyegarkan

Harga mulai dariRp 69.900,00Rp 50.000,00Rp 8.500,00Rp 25.000,00Rp 30.000,00Rp 25.000,00Rp 85.000,00Rp 75.000,00Rp 18.000,00Rp 6.800,00
Ukuran sendok tehPanjang 13 cmPanjang 14 cm・Tebal 3 mmPanjang 10 cm・Lebar 1,5 cmPanjang 12 cmPanjang 15 cmPanjang 20 cm・Lebar 3 cm・ Lebar tangkai 1 cmPanjang 16 cm・Lebar 4,5 cmTidak disebutkanPanjang 21 cmPanjang 20 cm
Bahan sendok tehStainless steelStainless steelKayu sawoStainless steelStainless steel Kayu jatiTembaga (coating)Stainless steelMelaminPlastik
Tautan produk

Baca juga rekomendasi berbagai sendok lainnya di sini

Selain sendok teh, peralatan dapur juga mencakup beragam jenis sendok lainnya. Sebut saja sendok kopi, sendok es krim, sendok sayur, sendok sup, hingga sendok bebek. Semua sendok tadi memiliki fungsi masing-masing yang akan sangat berguna untuk Anda. Ingin tahu lebih jauh? Anda bisa membacanya lebih lengkap pada artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Dari produk-produk yang telah kami himpun di atas, manakah yang paling Anda sukai? Sendok teh merupakan barang sederhana yang terkesan sepele. Akan tetapi, kehadirannya banyak berguna dan mampu melengkapi dapur Anda.

Ingatlah untuk memilih sendok teh berdasarkan bahan, ukuran, dan desain agar lebih tepat guna. Membeli sendok teh dengan cara grosir pun biasanya akan lebih terjangkau. Akhir kata, selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Stainless Tumbler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stainless Tumbler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda punya minuman favorit dari coffee shop langganan? Tentu menyenangkan jika minuman tersebut dapat dibawa pulang dan dinikmati dengan suhu yang sama ketika dibuat. Untuk itu, Anda memerlukan sebuah stainless tumbler untuk menjaga suhu minuman. Ada banyak variasi model dan ukuran stainless tumbler yang dapat Anda jumpai di pasaran. Namun, manakah yang cocok untuk Anda?Sebelum membeli, mari simak tips memilih stainless tumbler yang tepat. Setelah itu, Anda dapat membaca rekomendasi stainless tumbler dari berbagai merek, seperti IKEA dan Kinto. Selamat membaca dan temukan produk favorit Anda di sini!
    Peralatan makan & minum
  • 10 Rekomendasi Tumbler Starbucks Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tumbler Starbucks Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa yang tidak mengenal merk Starbucks? Starbucks merupakan kedai kopi ternama asal Amerika Serikat yang telah berdiri sejak tahun 1971. Pada tahun 2002, Starbucks membuka gerai pertamanya di Indonesia. Sekarang, Starbucks sudah memiliki gerai hampir di setiap kota di Indonesia.Tidak hanya kopinya saja yang enak, Starbucks memiliki koleksi tumbler yang bagus dan tidak boleh dilewatkan. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih tumbler dari Starbucks. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi tumbler terbaiknya, seperti Stojo Collapsible Cup, Tumbler Folk, dan berbagai tumbler lainnya. Selamat membaca!
    Peralatan makan & minum
  • 10 Mangkuk Tahan Panas Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mangkuk Tahan Panas Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Mangkuk bukanlah perlengkapan masak yang asing. Namun, tidak semua mangkuk bisa digunakan untuk makanan panas. Untuk memasak menggunakan pemanas, seperti microwave atau oven, Anda memerlukan mangkuk tahan panas. Untungnya, kini mangkuk tahan panas sudah tersedia di pasaran. Mangkuk tahan panas merek Pyrex atau Luminarc umumnya terbuat dari kaca yang stabil. Namun, ada juga yang berbahan dasar plastik dengan bobot ringan seperti produk milik IKEA. Kali ini kami akan memperkenalkan produk mangkuk tahan panas yang bagus beserta cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Selamat membaca!
    Peralatan makan & minum
  • 10 Rekomendasi Botol Minum Stainless Steel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Minum Stainless Steel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Botol minum stainless steel merupakan produk yang sering digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak ketika bepergian. Tersedia beragam bentuk dan tipe botol stainless dari berbagai merek, seperti Thermos, Zojirushi, atau Shuma. Tentunya hal ini dapat membingungkan Anda saat akan memilih produk.Tidak perlu khawatir, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan poin-poin dalam memilih botol minum stainless steel. Anda juga dapat membandingkan spesifikasi beberapa produk dari daftar rekomendasi yang telah kami siapkan. Simak informasinya dan pilihlah produk yang menjadi favorit Anda!
    Peralatan makan & minum
  • 9 Sendok Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    9 Sendok Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Sendok kopi merupakan item penting saat hendak menyeduh kopi. Namun, sendok ini juga dapat digunakan untuk menakar susu, gula, tepung, dan sebagainya. Terdapat beragam jenis sendok kopi bagus di pasaran, mulai dari yang berbahan kayu sampai besi.Kami akan memberikan tips memilih sendok kopi dan memberikan rekomendasi sendok kopi terbaik. Daftar rekomendasi tersebut dibuat berdasarkan bahan, kemudahan penggunaan, serta berbagai poin lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Takaran pas adalah kunci utama untuk membuat kopi nikmat, karena itu milikilah sendok kopi yang tepat!
    Peralatan makan & minum
  • 10 Rekomendasi Sendok Makan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sendok Makan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa sih yang tak pernah menggunakan sendok saat makan? Dengan menggunakan sendok, makan pun lebih nyaman dan praktis. Material dan desain dari sendok makan ada banyak ragamnya. Mulai dari sendok berbahan stainless steel yang minimalis hingga sendok berbahan wheat straw dengan pilihan warna yang manis. Ada juga produsen yang menawarkan sendok dengan perlengkapan makan lainya. Karena sudah berbentuk set, tentu saja harganya lebih affordable. Nah, kami akan berikan tips cara memilih dan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Ada sendok dari Claris, Vicenza, dan Jakemy yang bisa dijadikan pilihan.
    Peralatan makan & minum
  • 10 Rekomendasi Tatakan Gelas Bahan Gabus Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tatakan Gelas Bahan Gabus Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tatakan gelas berbahan gabus atau cork coaster sering dijumpai di banyak kafe dan bar yang modis. Tatakan gabus mampu menyerap tetesan air sehingga menjaga meja Anda tetap bersih. Selain itu, ternyata bahan gabus memiliki kehangatan alami yang tidak dapat Anda temukan dari material lainnya.Kami pun akan membagi tips tentang hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih tatakan gabus. Temukanlah tatakan gelas bahan gabus yang stylish, mudah digunakan, dan sesuai dengan kebutuhan meja makan Anda! Selain dari merek IKEA, ada banyak pilihan tatakan gabus unik lainnya di bawah ini.
    Peralatan makan & minum
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori