mybest
Microwave

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. Elektronik dapur
  4. 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Microwave oven merupakan salah satu alat masak yang kerap digunakan di dapur. Di pasaran Anda akan menjumpai beragam model microwave oven dari berbagai merek, seperti Panasonic, Modena, dan SHARP. Setiap produk dilengkapi dengan fitur yang berbeda-beda, mulai dari yang sederhana hingga lengkap. Anda bisa memilih microwave oven sesuai dengan kebutuhan.


Untuk mempermudah Anda memilih, kami akan memberikan tips memilih beserta review microwave oven terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi microwave oven yang bagus. Silakan baca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Selamat membaca!

Diperbaharui 08-10-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Daftar isi

Apa itu microwave oven?

Apa itu microwave oven?

Microwave oven adalah alat memasak elektronik yang memadukan fungsi microwave dan oven. Jika berbicara tentang microwave dan oven, masyarakat sering kali dibingungkan ketika membedakan keduanya. Kedua alat masak elektronik ini memang memiliki bentuk yang mirip. Meski demikian, sejatinya keduanya berbeda.


Perbedaan microwave dan oven dapat dilihat dari fungsinya. Microwave berfungsi untuk memanaskan makanan, sedangkan oven berfungsi untuk memanggang makanan. Cara kerja microwave dan oven juga berbeda. Microwave memanfaatkan gelombang mikro sehingga pemanasan membutuhkan waktu singkat. Sementara itu, oven memanfaatkan sumber energi listrik atau gas sehingga pemanasan membutuhkan waktu yang lebih lama.

 
Karena berupa gabungan dari microwave dan oven, fungsi memanaskan sekaligus memanggang makanan dimiliki oleh microwave oven. Selain kedua fungsi tersebut, microwave oven juga memiliki kegunaan lain. Tidak mengherankan jika microwave oven disebut alat multifungsi. Adapun kegunaan microwave oven, antara lain, adalah sebagai berikut.


  • Mengukus: Microwave oven dapat digunakan untuk mengukus dengan menambahkan wadah air di bawahnya. Makanan bisa matang karena panasnya uap air yang berasal dari wadah tersebut.

  • Menggoreng: Jika Anda sedang mengurangi konsumsi minyak, gunakanlah microwave oven. Anda bisa memasak kerupuk menggunakan microwave oven dengan menjajarkannya di atas nampan.

  • Menumis: Microwave oven dapat juga Anda manfaatkan untuk menumis, khususnya bawang bombai. Anda akan mendapatkan hasil menumis yang bertekstur lembut.

  • Melelehkan makanan beku (thawing): Daging atau bahan makanan beku tentu sulit untuk diolah. Gunakanlah microwave oven untuk melelehkan bahan makanan beku sebelum Anda mengolahnya.

  • Merenyahkan makanan: Jika salah menyimpan, keripik akan melempem. Anda bisa mengembalikan kerenyahannya dengan memanaskannya selama beberapa menit dalam microwave oven.

Cara memilih microwave oven

Dengan banyaknya kegunaan microwave oven, tentu Anda tidak akan ragu untuk memilikinya. Namun, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum memilih microwave oven. Oleh karena itu, perhatikan cara memilih microwave oven yang kami ulas di bawah ini.

① Periksa fitur micowave oven

Produk-produk microwave oven yang dijual di pasaran memiliki fitur yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa fitur microwave oven sebelum memilihnya. Pilihlah microwave oven dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Fitur sederhana: Cocok untuk Anda yang tinggal sendiri

Fitur sederhana: Cocok untuk Anda yang tinggal sendiri

Microwave oven dengan fitur sederhana menjadi pilihan tepat bagi Anda yang memiliki anggaran tidak terlalu besar. Hal ini karena pada umumnya microwave oven dengan fitur sederhana harganya masih ramah di kantong. Selain itu, jenis microwave oven ini cocok bagi Anda yang tinggal sendiri karena mayoritas memiliki kapasitas yang tidak besar.


Fungsi utama dari microwave oven dengan fitur sederhana adalah memanaskan makanan dan memanggang roti. Microwave oven dengan fitur sederhana juga bisa digunakan untuk melelehkan makanan yang beku. Bahkan, beberapa produk bisa digunakan untuk mengukus makanan.


Apakah Anda sedang mencari microwave oven yang sesuai untuk kebutuhan Anda yang tinggal sendiri? Kami punya tips dan rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Silakan melihat tautan berikut ini!

Fitur canggih: Dukung kegemaran memasak Anda

Fitur canggih: Dukung kegemaran memasak Anda
Microwave oven dengan fitur canggih cocok bagi Anda yang gemar memasak. Anda bisa mengolah berbagai resep makanan menggunakan alat elektronik ini. Anda setidaknya akan menemukan dua jenis microwave oven dengan fitur canggih. Setiap jenisnya tentu memiliki kegunaan yang berbeda.

  • Steam dan superheated steam: Microwave oven jenis ini dapat mendukung Anda dalam menyiapkan menu sehat. Pasalnya, Anda bisa menggoreng tanpa minyak dan mengurangi penggunaan garam menggunakan alat ini. Bahkan, ada juga yang bisa digunakan untuk memanggang dan mengukus pada waktu bersamaan.

  • Convection: Microwave oven tipe convection memiliki pemanas di bagian atas dan bawah serta dilengkapi kipas di bagian dalamnya. Kipas ini berfungsi mengalirkan udara panas sehingga tingkat kematangan masakan lebih merata dan sempurna. Sama seperti jenis steam, microwave oven ini juga bisa digunakan untuk memasak tanpa minyak goreng.

Untuk mengetahui lebih lanjut tips memilih serta review produk microwave oven convection terbaik, silakan melihat artikel di bawah ini.

② Perhatikan jenis meja dalam microwave oven

Dalam microwave oven terdapat meja (table) yang berfungsi untuk meletakkan masakan. Ada dua jenis meja (table) pada microwave oven, yaitu meja putar (turn table) dan meja datar (flat table). Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Meja putar: Desain menarik dengan harga terjangkau

Meja putar: Desain menarik dengan harga terjangkau

Meja putar pada microwave oven pada umumnya terbuat dari bahan keramik. Jenis microwave oven ini memiliki kelebihan dan kekurangan dari berbagai aspek. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan microwave oven dengan meja putar.


  • Kelebihan: Microwave oven dengan meja putar mudah ditemukan di pasaran. Harga microwave oven jenis ini juga cenderung lebih terjangkau. Selain itu, microwave oven jenis ini membuat masakan matang secara merata. Hal ini karena gelombang mikro yang dihasilkan microwave oven dapat memanaskan ke seluruh bagian.

  • Kekurangan: Microwave oven dengan meja putar tidak bisa digunakan untuk memasak dalam jumlah besar. Apabila Anda kerap memasak dalam jumlah banyak, pilihlah produk yang dilengkapi dengan pelat di bagian atas. Anda juga bisa memilih meja yang dapat dibongkar pasang.

Meja datar: Luas dan mudah perawatannya

Meja datar: Luas dan mudah perawatannya
Sama halnya dengan meja putar, microwave oven dengan meja datar juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Pastikan Anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya sebelum memilihnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan microwave oven dengan meja datar.

  • Kelebihan: Microwave oven dengan meja datar memiliki ruang yang lebih luas sehingga dapat memasak dengan jumlah besar. Jenis microwave oven ini juga mudah dirawat dan dibersihkan.

  • Kekurangan: Microwave oven dengan meja datar biasanya dijual dengan harga relatif mahal. Anda harus menyiapkan dana yang relatif besar untuk memilikinya.

③ Cek jenis sensor yang dimiliki

Cek jenis sensor yang dimiliki
Produk microwave oven pada umumnya memiliki sensor. Sensor tersebut dapat menentukan jenis masakan yang dapat Anda panaskan. Setidaknya, ada tiga jenis sensor yang sering dipasang di produk microwave oven.

  • Sensor kelembapan/uap: Sensor ini berfungsi untuk mengatur kelembapan di dalam microwave. Produk dengan sensor kelembapan ini populer digunakan oleh pengguna yang sering memanaskan makanan di dalam microwave.

  • Sensor berat: Sensor ini mengatur waktu pemanasan supaya mencapai suhu yang ditentukan sesuai dengan berat makanan. Microwave oven yang dilengkapi dengan sensor berat ini sesuai untuk Anda yang kerap memanaskan daging atau makanan berukuran besar.

  • Sensor inframerah: Sensor ini akan menyesuaikan waktu pemanasan berdasarkan tingkat kematangan permukaan masakan. Produk dengan sensor inframerah ini sering kali diandalkan oleh para pembuat permen dan roti. 

④ Ketahui kapasitas dan dimensi microwave oven

Ketahui kapasitas dan dimensi microwave oven

Kapasitas dan dimensi tidak kalah penting untuk Anda pertimbangkan saat hendak memilih microwave oven. Anda harus menyesuaikan kapasitas dan dimensi microwave sesuai dengan keadaan dan kebutuhan. Perhatikan penjelasannya berikut.


  • Kapasitas: Jika Anda tinggal sendiri, ada baiknya memilih microwave oven dengan kapasitas tidak terlalu besar. Anda bisa memilih microwave dengan kapasitas 12 liter hingga 25 liter. Namun, jika Anda memiliki anggota keluarga yang banyak, kami sarankan Anda memilih microwave dengan kapasitas di atas 25 liter.

  • Dimensi: Anda seharusnya mengetahui dimensi microwave oven yang ingin dibeli. Anda perhatikan juga jenis tutup pintu serta posisi saluran uapnya. Ketiga hal tersebut berpengaruh terhadap penempatan microwave oven. Anda sebaiknya juga memperhatikan saran penempatan yang diberikan oleh pabrik.

10 Rekomendasi microwave oven terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk microwave oven terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Goto

Roasty Electric Microwave Oven

Goto Roasty Electric Microwave Oven 1枚目

Hadir dalam tiga pilihan warna menarik dengan desain kekinian

2

Sharp

Straight Microwave Oven

Sharp Straight Microwave Oven 1枚目

Microwave oven best seller dari Sharp, lebih hemat daya dan minimalis

3

Sharp

Stylish Designed Microwave Oven

Sharp Stylish Designed Microwave Oven 1枚目

Terdapat fitur 8 auto programmes, sajikan masakan dengan lebih praktis

4

Samsung

Grill dengan Browning Plus

Samsung Grill dengan Browning Plus 1枚目

Dilengkapi fitur deodorisasi, tidak ada bau makanan yang tertinggal

5

Panasonic

Microwave Oven

Panasonic Microwave Oven 1枚目

Masak lebih cepat berkat adanya fitur quick 30 function

6

Midea

Microwave Oven

Midea Microwave Oven 1枚目

Berkat lapisan tahan air, microwave oven mudah dibersihkan

7

Electrolux

Microwave Table Top dengan Grill

Electrolux Microwave Table Top dengan Grill 1枚目

Berkat fitur child lock, cegah perubahan pengaturan dari sentuhan anak-anak

8

Vipo

Electric Oven Microwave

Vipo Electric Oven Microwave 1枚目

Tabung berbahan baja tahan karat, makanan matang merata

9

Modena

Microwave Oven Destro

Modena Microwave Oven Destro 1枚目

Lebih fleksibel karena bisa dipasang dengan dua cara

10

Samsung

Microwave Grill dengan Crusty Plate

Samsung Microwave Grill dengan Crusty Plate 1枚目

Dilengkapi crusty plate, jadikan makanan lebih crispy dan crunchy

Perincian produk
Close
No.1

GotoRoasty Electric Microwave Oven

Mulai dari Rp697.500,00

Hadir dalam tiga pilihan warna menarik dengan desain kekinian

Anda ragu memilih microwave oven karena warnanya sekadar hitam dan abu-abu? Kami berikan rekomendasi produk microwave oven dari Goto. Microwave oven dari Goto hadir dalam tiga warna menarik, yaitu black, pink, dan greenMicrowave oven ini memiliki desain kekinian sehingga cocok untuk melengkapi perabotan dapur para pasangan muda. 


Selain keunggulan dari segi desain, microwave oven ini sudah berfitur mumpuni dengan menghasilkan panas yang merata sehingga masakan Anda akan matang merata. Anda pun tidak akan kerepotan karena produk ini juga mudah dibersihkan setelah digunakan. 

No.2

SharpStraight Microwave OvenR-21D0(S)IN

Mulai dari Rp1.500.000,00

Microwave oven best seller dari Sharp, lebih hemat daya dan minimalis

Seri R-21D0(S)IN adalah salah satu microwave oven Sharp yang memiliki penjualan terlaris. Produk ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur basic dan kapasitas yang pas untuk Anda yang tinggal sendiri atau berdua. Microwave oven ini juga lebih hemat listrik dengan daya 450 watt saja. Anda dapat menjadikannya sebagai pilihan microwave oven low watt terbaik.

Selain itu, dengan desain futuristik, microwave oven Sharp ini terlihat modern sehingga dapur Anda akan tampak kekinian. Anda juga tidak perlu khawatir terkait penyimpanannya. Microwave oven ini didesain minimalis sehingga tidak banyak memakan tempat. 

No.3

SharpStylish Designed Microwave OvenR-728

Mulai dari Rp2.025.000,00

Terdapat fitur 8 auto programmes, sajikan masakan dengan lebih praktis

Tidak semua orang menyukai aktivitas memasak. Pasalnya, memasak membutuhkan banyak pengetahuan. Namun, sekarang Anda dapat memasak tanpa berpikir keras menggunakan microwave oven dari Sharp yang satu ini. Anda bisa menyajikan delapan pilihan menu dengan lebih praktis berkat fitur 8 auto programmes. Microwave oven ini juga dilengkapi lima level daya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

No.4

SamsungGrill dengan Browning PlusMG23K3505AK/SE

Mulai dari Rp1.812.000,00

Dilengkapi fitur deodorisasi, tidak ada bau makanan yang tertinggal

Sering kesal karena microwave oven yang Anda gunakan masih berbau makanan? Untuk itu, Anda sebaiknya menggunakan microwave dari Samsung yang satu ini. Produk ini dilengkapi dengan fitur deodorisasi yang membuat udara dalam microwave oven keluar. Hal ini menjadikan bau yang tertinggal akan cepat menghilang.


Dengan adanya fungsi browning plus, makanan yang diolah menggunakan microwave oven ini juga akan terasa lebih lezat dan renyah. Penampilan makanan yang dipanggang pun akan terlihat lebih menarik dengan warna cokelat. Untuk mendapatkan warna cokelat serta tekstur crispy ideal tersebut, Anda hanya perlu menambahkan waktu memasak selama 30 detik.

No.5

PanasonicMicrowave OvenNN-ST32HMTTE

Mulai dari Rp2.105.000,00

Masak lebih cepat berkat adanya fitur quick 30 function

Anda sering melewatkan sarapan karena tidak sempat membuat makanan? Kami rekomendasikan microwave oven dari Panasonic ini untuk Anda. Dengan microwave oven ini, Anda bisa membuat makanan selama 30 detik berkat fitur quick 30 function. Anda bisa menyiapkan bubuk, casserole nasi, dan menu lezat lainnya menggunakan microwave oven yang satu ini. 

No.6

MideaMicrowave OvenMM720C2GS

Mulai dari Rp1.199.000,00

Berkat lapisan tahan air, microwave oven mudah dibersihkan

Microwave oven dari Midea ini memang memiliki fitur yang standar. Namun, produk ini bisa menjadi pelengkap dapur, terutama bagi Anda yang malas bersih-bersih. Berkat lapisan tahan air di bagian luarnya, microwave oven ini mudah dibersihkan. Noda cair tidak akan menempel pada permukaannya. Hal ini tentu akan mengurangi beban Anda.

No.7

ElectroluxMicrowave Table Top dengan GrillEMS2348X

Mulai dari Rp2.357.000,00

Berkat fitur child lock, cegah perubahan pengaturan dari sentuhan anak-anak

Anak Anda sering merecoki ketika sedang memasak? Ada baiknya, Anda memilih produk microwave oven dari Electrolux ini. Produk ini mempunyai fitur child lock yang dapat menjaga pengaturan yang telah Anda tetapkan. Anda tidak perlu khawatir lagi ketika anak Anda memegang tombol di micowave oven.


Anda juga bisa memanfaatkan microwave ini untuk mengolah berbagai masakan. Anda bisa menghangatkan sekaligus memanggang makanan dengan produk ini. Aktivitas memasak akan terasa lebih menyenangkan karena produk ini dilengkapi dengan teknologi IQ-Touch yang memudahkan Anda.

No.8

VipoElectric Oven Microwave

Mulai dari Rp650.000,00

Tabung berbahan baja tahan karat, makanan matang merata

Anda sedang mencari microwave oven sederhana dengan harga di bawah 1 juta rupiah? Salah satu microwave oven yang dapat Anda pertimbangkan adalah produk dari Vipo. 


Meski berharga terjangkau, microwave oven ini sudah dilengkapi dengan tabung baja tahan karat. Alhasil, pemanasan lebih maksimal dan makanan dapat matang merata. Desainnya yang klasik juga dapat menambah kesan vintage di dapur Anda!

No.9

ModenaMicrowave Oven DestroMV 3116

Mulai dari Rp4.080.000,00

Lebih fleksibel karena bisa dipasang dengan dua cara

Microwave oven dari Modena yang satu ini memiliki pemasangan yang lebih fleksibel. Anda bisa memasangnya dengan posisi freestanding pada counter atau di dalam kabinet. Microwave oven ini juga dilengkapi fungsi auto cooking programs yang membuat aktivitas memasak Anda lebih praktis. Anda bisa mengatur daya sesuai dengan kebutuhan memasak.

No.10

SamsungMicrowave Grill dengan Crusty PlateMG30T5068CK

Mulai dari Rp2.580.000,00

Dilengkapi crusty plate, jadikan makanan lebih crispy dan crunchy

Bagi Anda yang suka dengan makanan renyah dan crispy, produk microwave oven dari Samsung ini cocok untuk dimiliki. Hal ini karena microwave oven ini dilengkapi dengan crusty plate yang dapat menjadikan makanan renyah. Anda bisa merasakan lezatnya makanan renyah tanpa menggunakan minyak. Dengan kata lain, microwave oven dari Samsung ini dapat mendukung gaya hidup sehat.

Baca juga rekomendasi microwave dan oven lainnya di sini

Selain microwave oven, Anda juga dapat melihat berbagai rekomendasi produk oven dan microwave pada artikel kami berikutnya. Ada microwave low watt yang hemat daya hingga oven gas yang untuk melengkapi dapur. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya!

Kesimpulan

Anda yang gemar memasak sudah sepantasnya memiliki microwave oven di dapur. Anda bisa mencoba memasak berbagai macam resep menggunakan microwave oven. Saat memilih, gunakan tips memilih microwave oven yang telah kami jelaskan sebelumnya. Jika Anda merasa bingung, silakan pilih produk yang telah kami rekomendasikan. Selamat bereksperimen dengan berbagai resep baru!

5 Rekomendasi Microwave Oven terbaik

No. 1GotoRoasty Electric Microwave Oven

No. 2SharpStraight Microwave OvenR-21D0(S)IN

No. 3SharpStylish Designed Microwave OvenR-728

No. 4SamsungGrill dengan Browning PlusMG23K3505AK/SE

No. 5PanasonicMicrowave OvenNN-ST32HMTTE

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Produk populer

Favlist populer