• 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Microwave oven merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat hamburger hingga memanggang kentang. Ada banyak model microwave oven yang dijual di pasaran mulai dari merek , Panasonic, Modena, Sharp, dan Hitachi. Masing-masing produk dilengkapi dengan fitur khusus, baik fitur yang sederhana hingga yang lengkap.


Banyaknya model yang dijual mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk mempermudah, kami akan memberikan tips memilih microwave oven yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga memberikan sepuluh rekomendasi microwave oven terbaik yang dapat Anda bandingkan berdasarkan kualitas, model, dan harganya. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 08 Januari 2021
  • 132.182 Views
Daftar isi

Cara memilih microwave oven

Hal yang menarik dari microwave oven adalah fungsi ganda yang dimilikinya. Alat ini dapat Anda gunakan untuk memanaskan makanan, memanggang, hingga merebus. Oleh karena itu, sebelum memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda, silakan simak ulasan kami berikut ini.

Pilih fitur microwave oven sesuai anggaran dan kebutuhan Anda

Microwave oven memiliki fitur yang beragam sesuai dengan modelnya. Oleh karena itu, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih fitur yang dibutuhkan. Setelah menentukan untuk memilih fitur sederhana atau fitur lengkap, bandingkan detail spesifikasi dari setiap merek. Sebagai panduan, kami akan memperkenalkan fitur-fitur yang dapat Anda temukan di dalam microwave oven. Silakan pilih produk yang paling sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. 

Fitur sederhana untuk Anda yang tinggal sendiri

Fitur sederhana untuk Anda yang tinggal sendiri

Saat ini, Anda dapat menemukan microwave oven yang canggih dan dilengkapi dengan berbagai fungsi, termasuk mengukus. Bagi Anda yang anggarannya tidak terlalu besar, sebaiknya Anda memilih microwave oven dengan fitur sederhana. Begitu juga untuk Anda yang tinggal sendiri, Anda dapat memilih microwave oven dengan kapasitas kecil. 


Microwave oven dengan fitur sederhana setidaknya dapat digunakan untuk mencairkan es, memanaskan makanan, hingga memanggang roti. Saat memilih untuk membeli produk dengan tipe sederhana ini, pastikan semua fungsinya berjalan dengan baik. 


Sebenarnya, ada juga microwave oven yang memiliki menu otomatis dengan fitur lengkap dan dijual dengan harga yang terjangkau. Dengan produk ini, Anda dapat lebih leluasa berkreasi.

Fitur canggih untuk mendukung kegemaran memasak

Fitur canggih untuk mendukung kegemaran memasak

Saat ini, ada dua jenis microwave oven yang dapat Anda temukan di pasaran, yaitu tipe steam dan superheated steam. Biasanya, kedua tipe ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Akan tetapi, kedua tipe ini memiliki fungsi yang baik dan dapat digunakan untuk berbagai jenis masakan. 


Microwave oven jenis ini tidak hanya bisa digunakan untuk memanggang, tetapi juga dapat digunakan untuk menggoreng tanpa minyak sehingga bisa mengurangi penggunaan garam. Adanya fungsi ini tentu dapat membantu Anda dalam menyusun menu sehat. Ada juga oven yang dapat Anda gunakan untuk memanggang dan mengukus pada waktu yang bersamaan. 


Selain dua jenis di atas, ada juga microwave oven tipe convection. Selain memiliki elemen pemanas di bagian atas dan bawah, microwave oven tipe convection ini juga dilengkapi kipas di bagian dalam. Kipas ini berfungsi mengalirkan udara panas sehingga tingkat kematangan masakan lebih merata dan sempurna. Keunggulan produk ini, yaitu Anda dapat memasak tanpa menggunakan minyak goreng.

Pilih jenis meja dalam microwave oven

Ada dua jenis meja (table) di bagian dalam microwave oven yang berfungsi untuk meletakkan masakan. Kedua jenis itu biasa disebut dengan meja putar (turn table) dan meja datar (flat table). Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Meja putar, desain menarik dengan harga terjangkau

Meja putar, desain menarik dengan harga terjangkau

Meja putar pada microwave oven berfungsi mencegah gelombang mikro memanaskan satu bagian dari masakan Anda secara terus-menerus. Meja yang berputar membuat masakan akan matang secara merata. Meja putar ini sering kali digunakan untuk produk yang dijual dengan harga terjangkau. Oleh karena itu, dengan meja putar ini Anda dapat lebih menghemat anggaran. 


Selain itu, microwave oven dengan meja putar lebih mudah ditemukan di pasaran. Biasanya, meja putar ini terbuat dari bahan keramik yang bisa digunakan dalam oven. Anda dapat membuat kue dan pizza di meja tersebut. Akan tetapi, jika ukuran wadah masakan lebih besar dibanding meja putar, ada kemungkinan putaran akan berhenti. 


Apabila Anda kerap memasak dalam jumlah banyak, pilihlah produk yang dilengkapi dengan pelat di bagian atas. Anda juga bisa memilih meja yang dapat dibongkar pasang. Perhatikan juga sistem kedap udara di dalam tabung microwave oven. Apabila fitur kedap udara di dalam microwave oven tidak berjalan baik, ada kemungkinan pemanasan menjadi tidak merata. 

Meja datar, luas dan mudah perawatannya

Meja datar, luas dan mudah perawatannya

Meja datar dirancang untuk memancarkan gelombang mikro secara merata tanpa harus diputar. Dengan begitu, ruang untuk meletakkan masakan akan lebih luas dibanding meja putar. Keunggulan meja datar dibandingkan dengan meja putar adalah Anda dapat memanaskan bahan makanan dalam kapasitas besar. 


Microwave oven dengan meja jenis ini juga mudah dirawat dan dibersihkan. Hanya saja produk tipe ini biasanya dijual dengan harga relatif mahal. Jika Anda memiliki anggaran untuk membelinya, tak ada salahnya membeli tipe yang mudah digunakan ini.

Periksa jenis sensor yang dimilikinya

Periksa jenis sensor yang dimilikinya

Ada tiga sensor yang dipasang di microwave oven, yaitu sensor kelembapan/uap, sensor berat, dan sensor inframerah. Sensor yang pertama adalah sensor kelembapan yang berfungsi untuk mengatur kelembapan di dalam microwave oven. Produk dengan sensor kelembapan ini populer digunakan oleh pengguna yang sering memanaskan makanan di dalam microwave


Sensor kedua adalah sensor berat. Sensor ini mengatur waktu pemanasan supaya mencapai suhu yang ditentukan sesuai dengan berat makanan. Microwave oven yang dilengkapi dengan sensor berat ini sesuai untuk Anda yang kerap memanaskan daging atau makanan berukuran besar. 


Terakhir adalah sensor inframerah. Sensor ini akan menyesuaikan waktu pemanasan berdasarkan tingkat kematangan permukaan masakan. Produk dengan sensor inframerah ini sering kali diandalkan oleh para pembuat permen dan roti. 


Berdasarkan ulasan tersebut, sensor yang dipasang pada microwave oven dapat menentukan jenis masakan yang Anda panaskan. Oleh karena itu, pastikan Anda memeriksa sensor yang dipasang pada microwave oven pilihan Anda. Kami juga merekomendasikan model microwave oven yang dilengkapi dengan sensor yang sesuai dengan produksi pabrikannya. 

Tentukan kapasitas oven berdasarkan jumlah anggota keluarga

Tentukan kapasitas oven berdasarkan jumlah anggota keluarga

Kami merekomendasikan untuk memilih ukuran microwave oven yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga di rumah. Bagi Anda yang tinggal sendiri atau tinggal dengan keluarga kecil, sebaiknya memilih microwave oven tipe compact. Anda juga dapat memilih produk yang memiliki dimensi kecil sehingga lebih menghemat ruang. 


Akan tetapi, tipe ini memiliki kekurangan berupa keterbatasan fitur sehingga fungsi memasaknya juga terbatas. Apabila Anda akan menggunakan microwave oven untuk memasak berbagai jenis makanan, maka pilih kapasitas besar dan fungsi beragam. 


Sebagai panduan, pilihlah microwave oven berkapasitas 30 liter atau lebih untuk Anda yang tinggal bersama keluarga besar. Model berkapasitas besar ini biasanya memiliki ruang yang luas dan dilengkapi fungsi yang beragam. Sebelum membeli, periksalah fungsi-fungsi tersebut. Anda juga dapat memilih microwave oven dua tingkat sehingga lebih leluasa memasak dalam jumlah yang banyak.

Sesuaikan ruang penempatan microwave oven dengan ukurannya

Sesuaikan ruang penempatan microwave oven dengan ukurannya

Saat Anda hendak membeli microwave oven, periksa dengan rinci ukurannya serta bagaimana cara penempatan yang disarankan oleh pabrik. Nantinya hal ini akan mempengaruhi lokasi penempatan microvawe oven saat sudah ada di rumah. Hitung ukuran ruang yang diperlukan dengan tepat, dan pastikan ada ruang tersisa di bagian atas, kiri, kanan, dan belakang. Perhatikan pula posisi saluran uapnya dengan saksama.


Selain itu, Anda juga harus memperhatikan jenis tutup pintu microwave oven. Ada microwave oven yang dapat dibuka ke kanan atau ke kiri. Sesuaikanlah dengan tangan yang dominan Anda gunakan serta lokasi penempatan. Ada juga produk yang dapat dibuka secara vertikal sehingga bisa ditempatkan di mana saja.

10 Rekomendasi microwave oven terbaik

Berikut ini akan kami rekomendasikan beberapa produk berdasarkan kualitas, fitur dan harganya. Semoga membantu Anda mendapatkan microwave oven yang terbaik!

10

BoschSerie | 6 Microwave Built-in

BEL554MS0

Mulai dari Rp 8.500.000,00

TipeMicrowave oven
Jenis mejaMeja putar
SensorSensor berat
Kapasitas oven25 L
Dimensi produk 38,2 cm x 59,4 cm x 38,8 cm
Arah bukaan pintuEngsel samping, membuka ke arah kiri
9

SamsungGrill dengan Browning Plus

MG23K3505AK

Mulai dari Rp 1.769.000,00

TipeMicrowave oven + grill
Jenis mejaMeja putar
SensorTidak disebutkan
Kapasitas oven23 L
Dimensi produk48,9 cm x 27,5 cm x 39,2 cm
Arah bukaan pintuEngsel samping, membuka ke arah kiri
8

LGMicrowave NeoChef™

MH6565DIS

Mulai dari Rp 2.243.000,00

TipeMicrowave oven + grill
Jenis mejaMeja putar
SensorTidak disebutkan
Kapasitas oven25 L
Dimensi produk32,2 cm x 22,8 cm x 33,5 cm
Arah bukaan pintuEngsel samping, membuka ke arah kiri
7

PanasonicMicrowave Oven

NN-DF383B

Mulai dari Rp 4.800.000,00

TipeMicrowave oven
Jenis mejaMeja datar
SensorSensor temperatur
Kapasitas penyimpanan23 L
Dimensi produk48,3 cm x 31 cm x 39,6 cm
Arah bukaan pintuEngsel bawah, membuka ke arah bawah
6

ElectroluxMicrowave Table Top dengan Grill dan Convection

EMS3087X

Mulai dari Rp 3.581.000,00

TipeMicrowave oven + grill + convection
Jenis mejaMeja putar
SensorTidak disebutkan
Kapasitas oven30 L
Dimensi produk43,8 cm x 30 cm x 53,9 cm
Arah bukaan pintuEngsel samping, membuka ke arah kiri
5

SharpStylish Designed Microwave Oven

R-728(S)-IN

Mulai dari Rp 1.249.000,00

TipeMicrowave oven
Jenis mejaMeja putar
SensorTidak disebutkan
Kapasitas oven25 L
Dimensi produk57,9 cm x 46 cm x 36,2 cm
Arah bukaan pintuEngsel samping, membuka ke arah kiri
4
TipeMicrowave oven + convection
Jenis mejaMeja putar
SensorTidak disebutkan
Kapasitas oven31 L
Dimensi produk52 cm x 30 cm x 53 cm
Arah bukaan pintuEngsel samping, membuka ke arah kiri
3
TipeMicrowave oven
Jenis mejaMeja putar
SensorTidak disebutkan
Kapasitas oven25 L
Dimensi produk48,5 cm x 40 cm x 28,7 cm
Arah bukaan pintuEngsel samping, membuka ke arah kiri
2

HitachiMicrowave Oven

MRO-NBK5000E

Mulai dari Rp 12.249.400,00

TipeMicrowave oven superheated steam
Jenis mejaMeja datar
SensorTiga sensor berat & sensor temperatur
Kapasitas oven33 L
Dimensi produk40 cm × 32,2 cm × 24 cm
Arah bukaan pintuEngsel bawah, membuka ke arah bawah
1

ElectroluxMicrowave Table Top dengan Air Cook

EMS3082CR

Mulai dari Rp 4.598.000,00

TipeMicrowave oven
Jenis mejaMeja putar
SensorSensor berat
Kapasitas oven30 L
Dimensi produk43,6 cm x 29,4 cm x 53,8 cm
Arah bukaan pintuEngsel samping, membuka ke arah kiri

Tabel perbandingan produk microwave oven terbaik

Gambar produk
1
Electrolux Microwave Table Top dengan Air Cook 1

Electrolux

2
Hitachi Microwave Oven 1

Hitachi

3
Panasonic Microwave Oven  1

Panasonic

4
Modena  DESTRO  1

Modena

5
Sharp Stylish Designed Microwave Oven 1

Sharp

6
Electrolux Microwave Table Top dengan Grill dan Convection 1

Electrolux

7
Panasonic Microwave Oven 1

Panasonic

8
LG Microwave NeoChef™ 1

LG

9
Samsung Grill dengan Browning Plus 1

Samsung

10
Bosch Serie | 6 Microwave Built-in  1

Bosch

Nama produk

Microwave Table Top dengan Air Cook

Microwave Oven

Microwave Oven

DESTRO

Stylish Designed Microwave Oven

Microwave Table Top dengan Grill dan Convection

Microwave Oven

Microwave NeoChef™

Grill dengan Browning Plus

Serie | 6 Microwave Built-in

Keunggulan

Hidup lebih sehat dengan teknologi 5 in 1

Rajanya microwave oven yang sangat andal untuk semua jenis masakan!

Menyiapkan makanan secara cepat dengan daya listrik yang kecil

Dilengkapi rak yang bisa digunakan untuk memasak lebih dari satu makanan

Mengatur suhu secara tepat untuk setiap jenis masakan dengan 11 power level

Memasak menjadi mudah dan aman dengan fitur 4-in-1 microwave

Bisa memasak lebih banyak makanan dan memiliki pemanggang ganda

Tetap bekerja dalam tegangan listrik yang tidak stabil

Membuat makanan Anda terasa segar, lezat, dan terlihat lebih menarik

Memasak lebih praktis dengan AutoPilot 8

Harga mulai dariRp 4.598.000,00Rp 12.249.400,00Rp 1.649.000,00Rp 4.700.000,00Rp 1.249.000,00Rp 3.581.000,00Rp 4.800.000,00Rp 2.243.000,00Rp 1.769.000,00Rp 8.500.000,00
TipeMicrowave ovenMicrowave oven superheated steamMicrowave ovenMicrowave oven + convectionMicrowave oven Microwave oven + grill + convectionMicrowave ovenMicrowave oven + grillMicrowave oven + grillMicrowave oven
Jenis mejaMeja putarMeja datarMeja putarMeja putarMeja putarMeja putarMeja datarMeja putarMeja putarMeja putar
SensorSensor beratTiga sensor berat & sensor temperaturTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanSensor temperaturTidak disebutkanTidak disebutkanSensor berat
Kapasitas oven30 L33 L25 L31 L25 L30 L23 L25 L23 L25 L
Dimensi produk43,6 cm x 29,4 cm x 53,8 cm40 cm × 32,2 cm × 24 cm48,5 cm x 40 cm x 28,7 cm52 cm x 30 cm x 53 cm57,9 cm x 46 cm x 36,2 cm43,8 cm x 30 cm x 53,9 cm48,3 cm x 31 cm x 39,6 cm32,2 cm x 22,8 cm x 33,5 cm48,9 cm x 27,5 cm x 39,2 cm 38,2 cm x 59,4 cm x 38,8 cm
Arah bukaan pintuEngsel samping, membuka ke arah kiriEngsel bawah, membuka ke arah bawahEngsel samping, membuka ke arah kiriEngsel samping, membuka ke arah kiriEngsel samping, membuka ke arah kiriEngsel samping, membuka ke arah kiriEngsel bawah, membuka ke arah bawahEngsel samping, membuka ke arah kiriEngsel samping, membuka ke arah kiriEngsel samping, membuka ke arah kiri
Tautan produk

Baca juga rekomendasi microwave oven lainnya di sini!

Selain produk-produk di atas, kami juga menulis rekomendasi microwave oven berdasarkan jenis maupun pemakainya. Guna membaca lebih lanjut silakan cek tautan di bawah ini.

Baca juga rekomendasi mangkuk tahan panas terbaik di sini!

Saat memasak atau memanaskan menggunakan microwave oven, Anda tidak boleh memakai wadah atau mangkuk sembarangan. Anda harus memakai wadah khusus yang tahan panas. Jika Anda berencana membeli wadah yang tepat untuk microwave oven Anda, silakan cek artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Anda sudah membaca ulasan kami mengenai jenis-jenis microwave oven terbaik beserta tips cara memilihnya. Bagaimana tanggapan Anda? 

Hal utama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli ada memeriksa fungsi dan fitur yang dibutuhkan. Microwave oven adalah salah satu alat rumah tangga yang diharapkan dapat berfungsi dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Food processor adalah perkakas dapur multifungsi yang membuat proses memasak menjadi lebih mudah. Tak hanya untuk memotong sayuran, alat ini juga dapat digunakan untuk menumbuk, menguleni, dan mencampur bahan makanan. Namun, karena tersedia dalam beragam karakteristik dan merk, Anda mungkin akan kebingungan saat memilihnya.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips memilih food processor yang bagus sesuai kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga akan mengulas rekomendasi produk dari berbagai merk seperti Philips, MITOCHIBA, Oxone, dan Russell Hubbs. Mari simak sampai akhir dan temukan food processor terbaik untuk Anda!
    Elektronik dapur
    133.256 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Berfungsi untuk menjaga kesegaran makanan, kulkas menjadi perlengkapan elektronik rumah tangga yang wajib dimiliki. Ada banyak merk kulkas bagus yang saat ini mendomasi pasaran, seperti Samsung, LG, Polytron, dan Sharp. Mereka memproduksi aneka kulkas dengan fitur canggih, mulai dari kulkas mini, kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, hingga kulkas besar.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan beberapa produk kulkas terbaik untuk Anda. Anda bisa memilih kulkas berdasarkan kapasitas, dimensi, merek, dan fiturnya. Mari simak artikel ini sampai akhir dan temukan kulkas yang tepat untuk kebutuhan Anda!
    Elektronik dapur
    133.579 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar tahan lama, penggunaan kulkas sangatlah penting. Salah satu model kulkas yang cukup banyak diminati masyarakat adalah kulkas 2 pintu. Setiap produsen kulkas seperti Panasonic, Sharp, Samsung, dan LG tentunya memiliki kualitas dan konsumsi listrik yang berbeda.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih kulkas 2 pintu terbaik untuk Anda. Berbagai pertimbangan seperti ukuran, fitur, beserta konsumsi listriknya akan kami jelaskan secara detail untuk memudahkan Anda saat membeli kulkas 2 pintu. Untuk itu, simak artikel ini, ya!
    Elektronik dapur
    94.793 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulkas merupakan alat rumah tangga yang selalu dinyalakan 24 jam setiap hari. Dengan demikian, penggunaan listriknya perlu Anda perhitungkan. Tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak produk kulkas hemat listrik bermunculan di pasaran. Dengan menggunakan kulkas yang kebutuhan listriknya kecil, Anda bisa mengurangi biaya pemakaian listrik.Jika Anda sedang beralih memilih kulkas hemat listrik, simaklah tips dari kami. Kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi produk kulkas hemat listrik, seperti merek LG, Samsung, Sharp, Electrolux, dan lainnya. Selamat membaca! Jangan sampai ada yang terlewat, ya!
    Elektronik dapur
    55.061 Views
  • 10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda tertarik dengan pola hidup sehat, bisa dimulai dengan membeli peranti elektronik slow juicer. Anda bisa membuat jus tanpa campuran air sehingga kandungan gizinya masih terjaga. Dengan begitu, Anda akan memperoleh semua nutrisi baik dari buah-buahan.Beberapa produsen terkenal seperti Sharp dan Panasonic telah mengeluarkan produk slow juicer yang bisa Anda pilih. Semua produk pada dasarnya memiliki fungsi sama, tetapi Anda harus cermat dalam memilih. Yuk, mari disimak rekomendasi slow juicer terbaik berikut ini!
    Elektronik dapur
    72.328 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Sanken Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Sanken Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kini, kulkas menjadi barang elektronik yang nyaris selalu ada di tiap rumah. Lemari pendingin ini bisa menyimpan beragam bahan makanan agar tetap awet dan segar. Ada banyak merek kulkas di pasaran, salah satunya adalah Sanken. Sanken memiliki banyak jenis kulkas, mulai dari kulkas 1 pintu, 2 pintu, kulkas mini, hingga jenis freezer. Bila Anda bingung memilih, kami akan bantu dengan beberapa tips. Anda juga bisa pertimbangkan beberapa rekomendasi produk kulkas Sanken terbaik dari kami dengan beragam harga. Anda pun akan menemukan kulkas hemat listrik dengan watt rendah. Simak selengkapnya segera!
    Elektronik dapur
    119 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori