10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.

Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda, dan selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih lensa tele

Tidak hanya satu jenis, terdapat beberapa jenis lensa tele yang dibedakan berdasarkan objek fotonya. Setiap jenis lensa tele tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilihnya agar Anda bisa menemukan lensa tele yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilihlah yang  focal length-nya sesuai dengan kebutuhan

Di antara seluruh produk lensa foto, terdapat produk yang termasuk dalam kategori super-telephoto lens. Lensa tersebut mampu mengambil foto dari jarak yang sangat jauh. Meski begitu, lensa tele dengan focal length dan wide angle terlalu besar justru akan menghasilkan foto yang tidak terlalu bagus ketika jarak kameranya semakin dekat dengan objek foto. Karena itu, Anda harus memilih lensa tele yang focal length-nya sesuai dengan jarak objek foto Anda.

Untuk memotret kegiatan olahraga

Untuk memotret kegiatan olahraga

Focal length yang dibutuhkan agar Anda bisa memotret kegiatan olahraga indoor dengan olahraga outdoor tidaklah sama. Untuk olahraga indoor, Anda bisa menggunakan lensa tele dengan focal length 70-300 mm. Meski  begitu, intensitas cahaya di dalam ruangan biasanya kurang memadai. Karena itu, untuk mengambil foto olahraga indoor, Anda juga harus menggunakan lensa dengan aperture rendah. Jika memungkinkan, Anda bisa memilih lensa dengan aperture f/2.8.

Sementara itu, untuk mengambil foto olahraga outdoor sepertinya misalnya pertandingan sepakbola, pilihlah lensa dengan focal length mencapai 500 mm. Dengan begitu, Anda bahkan bisa mengambil foto wajah para pemain dari jarak jauh.

Untuk memotret burung liar

Untuk memotret burung liar

Banyak orang memilih menggunakan super-telephoto lens dengan focal length berkisar antara 400-800 mm untuk memotret burung liar. Hal tersebut karena untuk memotret burung liar, Anda harus melakukannya dari jarak cukup jauh. Apalagi, ukuran burung-burung liar tersebut akan terlihat semakin kecil karena Anda memotretnya dari jauh sehingga Anda betul-betul membutuhkan super-telephoto lens.

Anda bisa saja menggunakan lensa dengan focal length kecil dan memperbesar hasil foto Anda agar burung liar tersebut terlihat lebih besar. Namun, hal tersebut akan membuat kualitas fotonya menurun. Karena itu, super-telephoto lens lebih direkomendasikan.

Bila Anda hendak memotret burung liar yang ada di taman kota, Anda bisa menggunakan lensa tele dengan focal length 200-400 mm. Bila Anda hendak memotret burung liar di pegunungan atau berbagai tempat lainnya, Anda bisa memilih super-telephoto lens dengan focal length 600-800 mm.

Untuk pengambilan gambar portrait

Untuk pengambilan gambar portrait

Pada foto portrait, biasanya latar belakang foto akan dibuat blur agar ekspresi dari objek foto menjadi semakin menonjol. Karena itu, lensa dengan focal length besar sering dijadikan pilihan.

Namun, akan sulit untuk berkomunikasi dengan objek foto bila jarak antara Anda dengan objek foto terlalu jauh. Di sisi lain, bila Anda mengambil gambar terlalu dekat, latar belakang yang tertangkap oleh lensa Anda menjadi sedikit dan kurang optimal ketika di-blur.

Karena itu, Anda bisa memilih lensa dengan focal length 85-200 mm agar mampu memotret objek foto dari jarak cukup dekat dan tetap menghasilkan foto yang indah ketika di-blur. Bila Anda ingin memotret dari jarak dekat, Anda bisa memilih lensa dengan focal length 85-135 mm. Namun, bila Anda ingin menangkap latar belakang foto yang lebih luas, Anda bisa memilih lensa dengan focal length lebih dari 135 mm.

Produk dengan fitur antigoyang lebih direkomendasikan

Produk dengan fitur antigoyang lebih direkomendasikan

Bila Anda hendak memotret menggunakan lensa berukuran 70-300 mm, fitur antigoyang bisa saja terasa kurang terpakai. Namun, untuk super-telephoto lens, adanya fitur antigoyang adalah hal yang sangat krusial.

Apalagi, semakin besar focal length, semakin besar kemungkinan terjadinya blur pada foto yang Anda ambil. Karena itu, saat ini sebagian besar lensa tele sudah dilengkapi dengan fitur antigoyang. Meski begitu, kemampuan menahan goyangan pada setiap lensa tele bisa saja berbeda satu sama lain sehingga Anda tetap harus mengecek efektivitas fitur antigoyang tersebut.

Sesuaikan ukuran dan bobotnya dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan ukuran dan bobotnya dengan kebutuhan Anda

Secara umum, lensa tele memiliki bobot dan ukuran lebih besar dibanding dengan lensa lain yang focal length-nya lebih kecil. Karena itu, umumnya Anda akan membutuhkan tas besar sebagai tempat lensa ketika hendak membawanya bepergian. Meski begitu, ada juga lensa tele berukuran kecil dengan bobot cukup ringan yang enak digenggam dan tidak membuat tangan Anda cepat lelah.

Bila Anda akan banyak bergerak karena harus memotret objek dinamis, misalnya pertandingan olahraga, pilihlah lensa tele dengan bobot sekitar 1 kg. Namun, bila Anda berencana menggunakan tripod, tidak masalah bila Anda menggunakan lensa tele berbobot berat sekalipun.

10 Rekomendasi lensa tele terbaik

Apakah Anda sudah mengerti cara memilih lensa tele yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Sekarang, kami akan memberikan daftar 10 rekomendasi lensa tele terbaik. Semoga Anda dapat menemukan yang paling Anda sukai, ya!

10. Sigma 50-100mm F1.8 DC HSM A

10. Sigma 50-100mm F1.8 DC HSM A

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 14.516.000

Aperture minimum f/16 bikin foto Anda makin cerah

Bila Anda ingin menghasilkan foto dengan tingkat kecerahan yang memukau, tentu lensa tele ini wajib Anda pertimbangkan. Dirancang secara khusus, diafragma lensa tele ini dapat terbuka sangat lebar dan bahkan memiliki aperture minimum f/16 sehingga mampu menangkap cahaya secara optimal untuk menghasilkan foto dengan kesan cerah.

Anda pun tak perlu meragukan kualitas fotonya karena lensa tele ini sudah dilengkapi dengan HSM (Hyper Sonic Motor) sehingga mampu memotret objek foto yang Anda bidik dengan cepat dan akurat. Dengan menggunakan lensa tele ini, Anda semakin mudah untuk membuat foto portrait yang natural atau memotret kegiatan olahraga indoor, bukan?

9. Canon EF 70-300mm f/4-5.6L IS USM

9. Canon EF 70-300mm f/4-5.6L IS USM

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.240.000

Ingin yang bobotnya ringan? Pilih ini saja

Fitur Image Stabilization membuat lensa ini stabil bahkan saat Anda padukan dengan tripod. Dipadukan dengan UD (Ultra Low Dispersion), Anda akan memperoleh hasil foto yang tajam dan berkualitas ketika menggunakan produk ini. Apalagi, lensa ini juga mudah Anda bersihkan karena sudah dilapis fluorine sehingga kualitas hasil foto Anda akan tetap terjaga.

Kemudian, bila Anda membutuhkan produk berbobot ringan dan compact, lensa tele ini adalah opsi yang pas. Dengan ukuran 8,9 x 14,3 cm dan bobot hanya 1,05 kg, produk ini sangat mudah Anda bawa dan tidak akan membuat tangan Anda pegal ketika digunakan. Apalagi, produk ini juga tahan air dan debu sehingga mengurangi kekhawatiran Anda ketika menggunakannya.

8. TAMRON SP 70-200mm F/2.8 Di VC USD G2 Model A025

8. TAMRON SP 70-200mm F/2.8 Di VC USD G2 Model A025

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.800.000

Hasilkan foto dengan efek blur yang lebih dramatis!

Kombinasi LD (Low Dispersion) dan XLD (eXtra Low Dispersion) glass membuat produk ini mampu menghasilkan foto yang bebas chromatic abberation dan sangat tajam. Dipadukan dengan sentuhan blur, hasil foto Anda akan terlihat sangat dramatis. Bila Anda ingin menghasilkan foto epik dengan efek blur menawan, lensa tele inilah jawabannya.

Selain itu, dengan focal length 70-200 mm, produk ini pun cocok Anda gunakan untuk memotret kegiatan olahraga atau portrait. Apalagi, lensa ini memiliki aperture minimum f/22 sehingga mampu memberi Anda hasil foto yang cerah dan terang. Dengan bobot hanya 1,4 kg, produk ini juga terasa cukup ringan dan mudah untuk Anda bawa kemana saja.

7. Nikon AF-S NIKKOR 200-500mm f/5.6E ED VR

7. Nikon AF-S NIKKOR 200-500mm f/5.6E ED VR

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.620.000

Fokus cepat untuk hasil foto yang lebih optimal

Bila Anda tidak ingin melewatkan sedikit pun momen-momen krusial untuk difoto menggunakan kamera Anda, lensa ini sangat layak dipertimbangkan. Dilengkapi dengan mekanisme diafragma elektronik, VR (Vibration Reduction), dan SWM (Silent Wave Motor), lensa tele ini tidak hanya stabil, tetapi juga sangat cepat fokus ke objek yang Anda bidik.

Apalagi, ketika Anda mengeset lensa ini ke sport mode, VR-nya bekerja semakin optimal sehingga lensa ini menjadi semakin cepat fokus. Dengan begitu, Anda bisa mengabadikan semua momen terbaik menggunakan kamera Anda. Ditambah dengan adanya ED (Extra-Low Dispersion) glass, Anda pun akan memperoleh foto berkualitas dengan resolusi tinggi.

6. TAMRON SP 150-600mm F/5-6.3 Di VC USD Model A011

6. TAMRON SP 150-600mm F/5-6.3 Di VC USD Model A011

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.500.000

Lensa multifungsi dengan harga sangat ekonomis!

Adanya VC (Vibration Compensation) dan USD (Ultrasonic Silent Drive) memungkinkan Anda untuk memperoleh hasil foto cemerlang bahkan ketika objek foto atau Anda sendiri sedang bergerak. Ditambah dengan adanya eBAND Coating dan BBAR (Broad-Band Anti-Reflection) Coating, hasil foto Anda juga akan bebas flare dan ghosting.

Yang menarik, super-telephoto lens ini memiliki rentang focal length besar, mencapai 150-600mm sehingga Anda bisa menggunakannya untuk memotret burung liar, pemandangan, portrait atau kegiatan olahraga. Bila Anda memiliki dana terbatas tetapi butuh telephoto lens yang dapat digunakan untuk memotret berbagai objek, produk inilah solusinya.

5. Canon EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS II USM

5. Canon EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS II USM

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 31.580.000

Pas dipadukan dengan tripod untuk pengambilan gambar lebih stabil

Dengan desain dudukan tripod terbaru dari Canon, Anda akan sangat mudah baik melepas maupun memasang lensa ini dari tripod tanpa perlu memisahkannya terlebih dahulu dari kamera Anda. Bila Anda sering memotret berbagai objek foto menggunakan lensa tele dan tripod secara bersamaan, tentu produk ini bisa dimasukkan dalam daftar belanjaan Anda.

Kemudian, fluorite dan super UD lens element membuat lensa ini mampu memberi Anda hasil foto dengan kontras dan resolusi tinggi. Tidak hanya itu, Anda juga akan semakin mudah membuat foto memukau menggunakan lense tele keluaran Canon ini dengan adanya Optical Image Stabilizer plus tiga mode image stabilization yang sangat fungsional.

4. Nikon AF-S NIKKOR 80-400mm f/4.5-5.6 G ED VR

4. Nikon AF-S NIKKOR 80-400mm f/4.5-5.6 G ED VR

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 39.430.000

Makin praktis digunakan dengan mode A/M dan M/A

Adanya SWM memungkinkan produk ini untuk autofocus dengan sangat cepat dan hening saat Anda gunakan. Dipadukan dengan ED glass, kontras dalam setiap foto yang Anda ambil akan semakin kentara. Apalagi, dengan focal length 80-400 mm yang cukup besar, produk ini sangat cocok Anda gunakan untuk mengabadikan gambar berbagai momen dan objek.

Kemudian, bila Anda menginginkan lensa tele yang pengaturan fokusnya fleksibel, produk ini layak dipertimbangkan. Ketika dibutuhkan, Anda bisa dengan mudah berpindah dari mode autofocus ke mode pengaturan fokus manual tanpa jeda waktu karena produk ini sudah dilengkapi mode A/M (Auto Priority Manual Mode) dan M/A. Praktis, bukan?

3. Sigma 50-500mm F/4.5-6.3 APO DG OS HSM

3. Sigma 50-500mm F/4.5-6.3 APO DG OS HSM

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.550.000

Perjelas objek foto Anda dengan 10x zoom atau dekati hingga jarak 50 cm!

Bila Anda ingin menampilkan keindahan objek foto dalam ukuran makro, lensa ini wajib Anda miliki. Dengan menggunakan lensa tele ini, Anda bisa melakukan zoom terhadap objek foto bahkan hingga 10x pembesaran! Apalagi, lensa ini memiliki jarak fokus minimum sangat rendah sehingga Anda bisa memotret objek foto dari jarak sedekat 50 cm!

Adanya 4 SLD (Special Low Dispersion) glass dan Super Multi-Layer Coating pun membuat lensa ini minim ghosting dan flare sehingga hasil fotonya akan tetap tajam bahkan saat di-zoom. Lalu, dengan focal length 50-500 mm, Anda juga tidak akan kesulitan menggunakan produk ini untuk memotret kegiatan olahraga, burung liar, bahkan portrait.

2. Sigma 150-600mm F5-6.3 DG OS HSM C

2. Sigma 150-600mm F5-6.3 DG OS HSM C

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.600.000

Optical Stabilizer plus accelerometer bikin lensa ini sangat stabil

Bila Anda membutuhkan lensa tele dengan fitur antigoyang yang sangat mumpuni, produk ini adalah jawabannya. Adanya Optical Stabilizer plus accelerometer diklaim membuat produk ini menjadi sangat stabil dan tidak blur saat sedang Anda gunakan untuk memotret baik secara horizontal maupun vertikal sekalipun kameranya bergoyang kencang.

Apalagi, super-telephoto lens ini pun dilengkapi HSM sehingga mampu untuk fokus dengan cepat dan tepat pada objek foto yang Anda bidik. Tidak hanya itu, dengan rentang focal length 150-600 mm dan minimum aperture f/22, memotret berbagai hal, mulai dari olahraga indoor, burung liar, hingga portrait dengan hasil optimal bukan lagi perkara mustahil.

1. Nikon AF-S NIKKOR 70-200mm f/2.8E FL ED VR

1. Nikon AF-S NIKKOR 70-200mm f/2.8E FL ED VR

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.750.000

Hasilkan foto fantastis bahkan saat backlit!

Dengan focal length 70-200 mm, lensa tele ini sangat ideal Anda gunakan untuk pengambilan foto portrait, olahraga, satwa liar, konser, dan juga acara pernikahan. Apalagi, produk ini juga sudah memiliki weather sealing design, dust resistance, dan water resistance sehingga selalu siap untuk Anda gunakan dalam cuaca seburuk apapun.

Produk ini juga memiliki aperture minimum f/22, lensa HRI (High Refractive Index), 6 ED glass, serta Nano Crystal Coat sehingga distorsi dan glare sangatlah minim bahkan dalam kondisi backlit! Bila Anda ingin selalu menghasilkan foto yang jernih dan tajam baik untuk aktivitas outdoor maupun indoor dalam segala kondisi, produk ini adalah pilihan terbaik.

Kesimpulan

Ketika memilih lensa tele, pilihlah yang focal length-nya sesuai kebutuhan Anda. Anda bisa memilih lensa tele dengan focal length 70 -300 mm untuk memotret kegiatan olahraga, focal length 400-800 mm untuk memotret burung liar, atau focal length 85-200 mm untuk foto portrait.

Selain itu, Anda juga harus memilih lensa tele yang bobot dan ukurannya sesuai kebutuhan Anda. Yang tidak kalah penting, lensa tele yang telah dilengkapi fitur antigoyang lebih direkomendasikan agar hasil foto lebih memuaskan.