1. TOP
  2. >
  3. Kamera
  4. >
  5. Lensa & aksesori
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Lensa tele adalah lensa yang digunakan untuk memotret objek jauh, seperti saat mengambil foto pertandingan sepakbola, lanskap, atau burung-burung liar. Saat ini, ada banyak produsen memproduksi lensa tele yang bagus seperti Canon, Nikon, Sony, Fujifilm, dan sebagainya.

 
Jenis lensa tele yang diproduksi tersebut sangat beragam. Ada lensa tele yang murah ada juga yang mahal, tergantung pada spesifikasi dari lensa tersebut. Anda pun harus memilih lensa tele terbaik untuk kebutuhan Anda. Jika Anda Anda masih bingung memilih lensa tele yang pas, jadikanlah artikel ini sebagai panduan untuk memilih. Selamat membaca!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa itu lensa tele?

Apa itu lensa tele?
Lensa tele (telefoto) atau telephoto lens adalah lensa yang digunakan untuk memotret objek yang jauh. Lensa ini juga bisa digunakan untuk mengambil gambar yang besar dan foto bokeh. Jenis lensa ini biasanya menggunakan focal length yang besar. Bedanya dengan wide-angle, jarak jangkauan lensa tele lebih jauh. Hal ini dibuktikan dengan focal length lensanya.

 

Lensa tele memiliki kisaran focal length 70–600 mm. Sementara itu, lensa wide-angle memiliki focal length antara 24–35 mm. Maka dari itu, lensa tele digunakan untuk memotret objek dari kejauhan, seperti mengamati burung atau binatang liar di hutan. Ada juga yang menggunakan lensa tele untuk memotret aktivitas olahraga atau sekadar memotret objek portrait dan aktivitas indoor

Sebelum memilih lensa tele, pahamilah karakteristik lensa telefoto yang akan Anda gunakan untuk beragam adegan pemotretan. Kemudian, temukanlah model yang cocok untuk penggunaan Anda.

Cara memilih lensa tele

Terdapat beberapa jenis lensa tele yang dibedakan berdasarkan jarak objek fotonya. Kami akan menjelaskan cara memilihnya agar Anda bisa menemukan lensa tele yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

① Sesuaikan focal length lensa tele dengan kebutuhan Anda

Focal length lensa tele memengaruhi jenis dan jarak objek yang akan dipotret. Makin besar nilai focal length-nya, makin jauh juga jarak objek yang bisa ditangkap. Meski begitu, focal length terlalu besar justru tidak cocok digunakan ketika jarak kameranya dekat dengan objek foto. Karena itu, Anda harus memilih lensa tele yang focal length-nya sesuai dengan jarak objek foto Anda.

Focal length 85–135 mm, telefoto jarak pendek untuk mengambil gambar portrait

Focal length 85–135 mm, telefoto jarak pendek untuk mengambil gambar portrait
Lensa tele dengan focal length 85–135 mm biasa disebut dengan short telefoto. Jenis ini biasanya digunakan untuk memotret objek yang jaraknya tidak terlalu jauh. Beberapa di antaranya, seperti fotografi portrait, fotografi produk, dan fotografi untuk event, baik indoor maupun outdoor

Biasanya, latar belakang foto akan dibuat blur agar ekspresi dari objek foto lebih menonjol. Karena itu, lensa dengan focal length besar sering dijadikan pilihan agar menghasilkan foto portrait dengan jarak yang terasa natural. Jarak Anda dan objek tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat sehingga tidak ada miss komunikasi saat memotret.

Focal length 135–300 mm, telefoto jarak sedang saat memotret olahraga

Focal length 135–300 mm, telefoto jarak sedang saat memotret olahraga
Focal length 135–300 mm disebut juga dengan lensa medium telephoto. Lensa golongan ini bisa dibilang yang paling populer karena menawarkan jangkauan yang cukup jauh. Umumnya, orang menggunakan lensa tele foto dengan focal length ini untuk memotret olahraga indoor. Dengan focal length tersebut, Anda bisa menangkap ekspresi wajah pemain dari jauh.

 

Meski begitu, intensitas cahaya di dalam ruangan biasanya kurang memadai. Karena itu, untuk mengambil foto olahraga indoor, Anda juga harus menggunakan lensa dengan aperture rendah. Jika memungkinkan, Anda bisa memilih lensa dengan aperture f/2.8.

Focal length 300 mm ke atas, ideal untuk memotret olahraga outdoor dan burung liar

Focal length 300 mm ke atas, ideal untuk memotret olahraga outdoor dan burung liar
Sumber: sony.co.id

Lensa dengan focal length di atas 300 mm biasanya disebut super-telephoto lens. Lensa ini menawarkan jangkauan paling jauh. Selain digunakan memotret olahraga outdoor, lensa ini digunakan memotret burung liar atau binatang lainnya yang hidup di alam


Untuk olahraga outdoor, seperti sepakbola disarankan menggunakan lensa dengan focal length 500 mm. Sementara untuk memotret hewan-hewan liar, Anda harus melakukannya dari jarak jauh. Apalagi, ukuran objek akan terlihat makin kecil sehingga Anda betul-betul membutuhkan super-telephoto lens.


Anda bisa saja menggunakan lensa dengan focal length kecil dan memperbesar hasil fotonya agar objek terlihat lebih besar. Namun, hal tersebut akan membuat kualitas fotonya menurun. Karena itu, super-telephoto lens lebih direkomendasikan. Jenis lensa ini biasanya digunakan oleh para profesional.

② Periksa ketersediaan fitur image stabilization agar gambar minim blurry

Periksa ketersediaan fitur image stabilization agar gambar minim blurry
Sumber: fujishop.id
Makin besar focal length, maka makin besar kemungkinan terjadinya blur pada foto yang Anda ambil. Karena itu, saat ini sebagian besar lensa tele sudah dilengkapi dengan fitur image stabilization. Meski begitu, bukan berarti semua lensa tele dilengkapi fitur tersebut sehingga Anda tetap perlu mengecek fitur tersebut.

Memang benar, ketika memotret menggunakan lensa dengan focal length 70–300 mm, fitur image stabilization terasa kurang terpakai. Akan tetapi, tetap sangat direkomendasikan untuk memilih produk yang telah dilengkapi fitur image stabilization. Terlebih, bila Anda hendak menggunakan super-telephoto lens.

③ Ketahui juga jenis mount lensa dari lensa tele

Ketahui juga jenis mount lensa dari lensa tele

Periksa juga jenis mount yang digunakan dari lensa tele dan sesuaikan dengan kamera Anda. Pasalnya, tidak setiap lensa tele kompatibel dengan semua kamera. Contohnya, lensa tele buatan Canon biasanya akan kompatibel dengan kamera Canon saja.


Meski demikian, ada beberapa lensa tele dengan mount yang kompatibel dengan berbagai jenis kamera. Salah satunya adalah lensa tele dari SIGMA dengan mount yang dapat dipasangkan dengan kamera SIGMA, Nikon, dan Canon. Kompatibilitas mount lensa ini bisa Anda lihat pada tabel spesifikasinya.

④ Cek bobot dan ukuran lensa tele agar mudah digunakan

Lensa tele memiliki bobot dan ukuran lebih besar dibanding lensa lain yang focal length-nya lebih kecil. Karena itu, Anda akan membutuhkan tas besar sebagai tempat lensa ketika dibawa bepergian. Bahkan, untuk lensa tele dengan focal length yang besar, Anda membutuhkan tripod sebagai penyangganya

Ada juga lensa tele berukuran kecil dengan bobot cukup ringan yang enak digenggam sehingga tangan tidak cepat lelah. Bila Anda banyak bergerak karena memotret objek dinamis, misalnya pertandingan olahraga, pilihlah lensa tele dengan bobot sekitar 1 kg. Namun, bila Anda berencana menggunakan tripod, tidak masalah bila Anda menggunakan lensa tele berbobot berat sekalipun.

10 Rekomendasi lensa tele terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lensa tele terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Canon

EF 75-300mm f/4-5.6 III

Canon EF 75-300mm f/4-5.6 III 1枚目

Ringan dan compact! Ideal untuk penggunaan sehari-hari

2

Fujifilm

Fujinon XF 55-200mm F3.5-4.8 R LM OIS

Fujifilm Fujinon XF 55-200mm F3.5-4.8 R LM OIS 1枚目

Lensa tele yang didesain khusus untuk kamera mirrorless

3

SIGMA

APO 70-300mm F4-5.6 DG MACRO

SIGMA APO 70-300mm F4-5.6 DG MACRO 1枚目

Abadikan momen indah Anda agar traveling makin menyenangkan

4

Tamron

AF 70-300mm Nikon f/4-5.6 Macro Di LD

Tamron  AF 70-300mm Nikon f/4-5.6 Macro Di LD 1枚目

Hasil jepretan bersih, minim chromatic aberration

5

Sony

E 55-210mm F4.5-6.3 OSS

Sony E 55-210mm F4.5-6.3 OSS 1枚目

Gambar halus dan tidak blur berkat Optical SteadyShot

6

Sony

Lensa Zoom Super-Tele G Master FE 100-400 mm

Sony Lensa Zoom Super-Tele G Master FE 100-400 mm 1枚目

Ada teknologi Nano AR coating dan fluorine coating yang menjaga kualitas lensa

7

Canon

EF 70-200mm f/2.8L USM

Canon EF 70-200mm f/2.8L USM 1枚目

Tangkap gambar beresolusi tinggi makin praktis dengan empat elemen kaca UD

8

SIGMA

150-600mm F5-6.3 DG OS HSM

SIGMA 150-600mm F5-6.3 DG OS HSM  1枚目

Focal length besar untuk memotret objek superjauh

9

Nikon

AF-S NIKKOR 200-500mm f/5.6E ED VR

Nikon AF-S NIKKOR 200-500mm f/5.6E ED VR 1枚目

Fokus cepat untuk hasil foto yang lebih optimal

10

Olympus

M.Zuiko ED 40-150mm f2.8 PRO

Olympus  M.Zuiko ED 40-150mm f2.8 PRO 1枚目

Desain kukuh untuk hadapi kondisi ekstrem

Perincian produk
Close
No.1

CanonEF 75-300mm f/4-5.6 III

Mulai dari Rp2.000.000,00

Ringan dan compact! Ideal untuk penggunaan sehari-hari

Jika Anda mencari lensa tele untuk digunakan sehari-hari, kami merekomendasikan produk dari Canon ini. Lensa ini diketahui memiliki bentuk yang compact dan ringan sehingga praktis saat dibawa ke mana-mana. Lensa ini bisa digunakan untuk beragam aktivitas, baik di indoor maupun outdoor.


Kelebihan lainnya, lensa ini juga memiliki range focal length yang cukup luas sehingga mampu memperbesar objek yang jauh. Sistem autofocus-nya membuat Anda menangkap objek dengan makin mudah. Bahkan, lensa ini juga menawarkan fokus bokeh untuk membuat hasil tangkapan Anda makin indah.

No.2

FujifilmFujinon XF 55-200mm F3.5-4.8 R LM OIS

Mulai dari Rp9.999.000,00

Lensa tele yang didesain khusus untuk kamera mirrorless

Jika Anda mencari lensa tele untuk kamera mirrorless, pertimbangkanlah produk ini. Pasalnya, lensa ini memiliki beragam fitur yang memungkinkan Anda bereksplorasi. Tidak hanya telefoto close-up, lensa ini mempunyai kemampuan telefoto super. Anda pun dapat mengabadikan momen-momen keseharian Anda.


Masih ada berbagai fitur lainnya yang membuat Anda memotret objek dengan mudah. Konfigurasi lensa ini mencakup satu elemen asferis dan dua elemen lensa ED. Terlebih lagi, salah satu elemen lensa ED tersebut merupakan elemen Super ED. Hasil foto pun minim chromatic aberration dan memberikan ketajaman dari sudut ke sudut di seluruh rentang zoom.

No.3

SIGMAAPO 70-300mm F4-5.6 DG MACRO

Mulai dari Rp2.900.000,00

Abadikan momen indah Anda agar traveling makin menyenangkan

Produk dari Sigma ini merupakan lensa zoom telefoto yang ringkas sehingga pas dibawa bepergian. Jika Anda mencari travel lens, ini produk yang tidak perlu Anda ragukan lagi. Lensa ini didesain agar Anda dapat mudah membawanya mobile.


Hasil tangkapan lensanya cocok untuk mengabadikan pemandangan di berbagai tempat yang Anda kunjungi. Misalnya, untuk memotret bunga-bunga di taman dan hewan di kebun binatang. Focal length lensa juga cocok untuk memotret candid dan anak-anak yang sedang bermain. Ke mana pun Anda pergi, lensa ini akan menjadi jadi teman yang menyenangkan.

No.4

Tamron AF 70-300mm Nikon f/4-5.6 Macro Di LD

Mulai dari Rp1.515.000,00

Hasil jepretan bersih, minim chromatic aberration

Salah satu hal yang paling dihindari oleh para fotografer adalah hasil jepretan yang mengalami chromatic aberration. Chromatic aberration adalah halo atau bayangan tipis berwarna ungu, hijau, atau merah. Bayangan tersebut mengakibatkan hasil foto menjadi cacat dan kurang tajam. Nah, untuk menghindari hal itu, ada baiknya Anda menggunakan lensa ini.


Lensa tele dari Tamron ini memiliki elemen kaca LD yang mampu mengurangi berbagai penyimpangan warna dan meminimalkan efek chromatic aberration. Lensa juga menggunakan teknologi coating berlapis. Dengan begitu, efek ghosting dan flare yang terjadi karena refleksi cahaya dapat diminimalkan. Selain itu, harganya pun tergolong bersahabat!

No.5

SonyE 55-210mm F4.5-6.3 OSSSEL55210

Mulai dari Rp3.998.889,00

Gambar halus dan tidak blur berkat Optical SteadyShot

Lensa Sony SEL55210 ini dilengkapi stabilisasi gambar Optical SteadyShot. Berkat fitur tersebut, Anda bisa mengambil gambar yang tajam dan stabil setiap saat. Stabilisasi dengan teknologi Sony ini memastikan hasil foto dan video terlihat lebih halus dan tidak blur. Hal ini tentu akan membantu Anda saat harus memotret tanpa tripod. Kemudian, mekanisme fitur penstabil gambar juga tidak berisik selama merekam film.

No.6

SonyLensa Zoom Super-Tele G Master FE 100-400 mmSEL100400GM

Mulai dari Rp37.990.000,00

Ada teknologi Nano AR coating dan fluorine coating yang menjaga kualitas lensa

Produk dari Sony ini dibuat menggunakan teknologi Nano AR coating dan fluorine coating. Nano AR coating memungkinkan transmisi cahaya yang akurat sekaligus menekan pantulan yang dapat menyebabkan flare dan ghosting. Lensa ini cocok bila Anda menginginkan kejernihan yang outstanding pada hasil jepretan Anda.


Di sisi lain, fluorine coating melindungi lensa dari berbagai kotoran, seperti air, minyak, sidik jari dan lainnya. Berkat itu pula kotoran yang menempel dapat dengan mudah dibersihkan. Selain melindungi lensa, fluorine coating mengurangi kekhawatiran lensa akan jadi kotor saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

No.7

CanonEF 70-200mm f/2.8L USM

Mulai dari Rp24.250.000,00

Tangkap gambar beresolusi tinggi makin praktis dengan empat elemen kaca UD

Lensa EF 70-200mm f/2.8L USM dari Canon adalah lensa zoom telefoto berkinerja tinggi dengan aperture maksimum f/2.8. Lensa ini memiliki empat elemen kaca UD yang berfungsi mengoreksi aberasi kromatik.


Berkat fitur tersebut, gambar beresolusi tinggi dengan kontras yang baik pun bisa dihasilkan. Ada juga USM (ultrasonic autofocus motor) yang membuat lensa dapat fokus otomatis dengan cepat, halus, dan senyap. Apabila Anda tidak hanya mengutamakan kualitas, tetapi juga kontras yang balance, inilah produk yang tepat.

No.8

SIGMA150-600mm F5-6.3 DG OS HSM

Mulai dari Rp15.500.000,00

Focal length besar untuk memotret objek superjauh

Apakah Anda seorang fotografer profesional yang sedang mencari lensa super-telephoto? Produk dari SIGMA ini layak untuk Anda pertimbangkan. Lensa ini memiliki focal length yang superbesar sehingga dapat memotret objek yang sangat jauh dengan jelas.


Anda dapat menggunakan lensa ini untuk menyaksikan pertandingan olahraga atau konser outdoor. Mengamati burung dan binatang di alam liar juga bisa dilakukan dengan lensa ini. Untuk mendukung penggunaannya, lensa didesain tahan debu dan percikan air.

No.9

NikonAF-S NIKKOR 200-500mm f/5.6E ED VR

Mulai dari Rp18.805.000,00

Fokus cepat untuk hasil foto yang lebih optimal

Bila Anda tidak ingin melewatkan sedikit pun momen-momen krusial untuk difoto, lensa ini wajib dimiliki. Lensa ini dilengkapi mekanisme diafragma elektromagnetik, VR (vibration reduction), dan SWM (silent wave motor). Lensa pun tidak hanya stabil, tetapi juga sangat cepat fokus ke objek yang Anda bidik.

Terlebih lagi, ketika Anda mengeset lensa ini ke sport mode, VR-nya dapat bekerja optimal sehingga lensa cepat fokus. Dengan begitu, Anda bisa mengabadikan semua momen terbaik menggunakan kamera Anda. Ditambah dengan adanya ED (extra-low dispersion) glass, Anda pun akan memperoleh foto beresolusi tinggi.
No.10

Olympus M.Zuiko ED 40-150mm f2.8 PRO

Mulai dari Rp23.279.000,00

Desain kukuh untuk hadapi kondisi ekstrem

Olympus menghadirkan lensa tele yang kukuh dan kuat sehingga cocok digunakan pada kondisi ekstrem. Lensa tele ini didesain tahan debu, tahan percikan, dan tahan terhadap suhu dingin. Ketahanan tersebut didukung oleh segel yang tersebar di 11 bagian bodi lensa untuk memastikan kinerja tetap baik dalam berbagai lingkungan.

Jika Anda suka bepergian ke beragam tempat dengan berbagai kondisi, inilah lensa yang tepat dipilih! Dengan lensa ini, Anda dapat memotret di mana pun kapan pun, dan dalam situasi apa pun.

Baca juga rekomendasi aksesori fotografi lainnya di sini

Masih ada berbagai aksesori fotografi lain yang dapat Anda digunakan sehingga menghasilkan foto yang bagus. Beberapa aksesori tersebut di antaranya filter lensa, tripod, blower, dan lainnya. Anda bisa membaca lebih lanjut mengenai seluruh item tersebut di sini.

Kesimpulan

Dalam memilih lensa tele, sesuaikanlah focal length lensa dengan jarak dan jenis objek foto. Baik untuk foto portrait, indoor, maupun outdoor, hasilnya akan lebih memuaskan bila focal length-nya ideal.


Anda juga harus memilih lensa tele dengan bobot dan ukuran yang tepat. Lalu, hasil foto akan makin bagus dengan adanya fitur image stabilization. Jadi, pilihlah lensa tele yang paling sesuai kebutuhan Anda. Semoga ulasan kami dapat membantu Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer